Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by azu »

Mumpung lagi bahas engine flush, tahapan flushing kalau kayak gini baik tidak:

1. Oli dan Filter tidk diganti dulu, masukkan Engine Flush, running mesin 15 menit idle, buang oli dan lepas filter, dorong pakai Mesran 1 Liter, ganti filter baru dan isi oli baru.

Atau harus cara 2 seperti ini:

2. Buang oli dan ganti filter, masukkan oli baru dan engine flush, running mesin 15 menit idle, buang oli dan lepas filter, dorong pakai Mesran 1 Liter, ganti filter baru dan isi oli baru.

Kalau pakai cara 1 saja apakah sudah cukup? Karena lumayan juga beli oli baru hanya untuk flush saja kalau pakai cara 2. Tapi beberapa kali baca ada yg bilang harus pakai cara 2.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by a2agarage »

erwinign wrote:
a2agarage wrote: Tue Apr 21, 2020 4:56
erwinign wrote: Kondisi internal mesin dr lubang tuang oli kyk gimana om? Kadang kl ndak parah2 banget engine flush bkn solusi. Solusi plg murah ya tuang oli murah kyk mesran seliter. Murah krn kyk yg dah dibilang diatas, oli cuman numpang lewat thok buat dorong sisa oli lama

Bs jg kl record sblm ini samsek ndak pernah pake eng flush boleh lah sekali2 pakai.
ntu dia om... slama ini kena flush terus tiap 6bln / kurleb 8-9rb km. skrng udh 95rb km, = 9x flush. yg jd prtanyaan skrng flushnya mitsu aman gk ya?

fyi kena flush trs otomatis kalo ane cek ujung dipstik, lubang pngisian, lubang pmbuangan jadi bersih om [emoji23][emoji23][emoji23][emoji23]
Wah jangan pakek eng flush dl om abis ini (cek lubang isi oli, di internal mesin warna kyk varnish apa ndak. Kl ndak ndak usah pake). Stl itu tiap drain oli mesin, pas dah ngucur dikit lsg suntak oli murah 1lt. + cek paking2 (terutama degsel yg plg kejangkau) msh bagus apa ndak
newbie gk tau warna varnish suhu wkwk....
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by benzz89 »

a2agarage wrote:
erwinign wrote:
a2agarage wrote: Tue Apr 21, 2020 4:56 ntu dia om... slama ini kena flush terus tiap 6bln / kurleb 8-9rb km. skrng udh 95rb km, = 9x flush. yg jd prtanyaan skrng flushnya mitsu aman gk ya?

fyi kena flush trs otomatis kalo ane cek ujung dipstik, lubang pngisian, lubang pmbuangan jadi bersih om [emoji23][emoji23][emoji23][emoji23]
Wah jangan pakek eng flush dl om abis ini (cek lubang isi oli, di internal mesin warna kyk varnish apa ndak. Kl ndak ndak usah pake). Stl itu tiap drain oli mesin, pas dah ngucur dikit lsg suntak oli murah 1lt. + cek paking2 (terutama degsel yg plg kejangkau) msh bagus apa ndak
newbie gk tau warna varnish suhu wkwk....
Coba cyclinder head dibuka Om... jangan2 warna internal jeroan mesin sudah bukan varnish lagi tapi jadi mengkilap bisa ngaca saking bersihnya tiap 6 bulan dipakein engine flush Hahahaha...

Ini mah namanya si Om mendukung beres makin kaya raya. Ane dulu sebelum ngerti juga disuruh engine flush tiap 20 ribu km, tapi sekarang ane sudah ngerti & lebih baik pakai oli full syn asli berkualitas & gak pernah pakai2 engine flush begituan lagi.
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by a2agarage »

a2agarage wrote:
marmut wrote:
a2agarage wrote: Thu Apr 09, 2020 7:49 ijin bertapa para suhu...

kalo flush pake amsoil ini apakah bagus utk kondisi engine sperti apa atau sama saja? atau ada referensi flush engine dgn merk2 tertentu utk kondisi mesin tertentu... ehmm.... lebih umum sih butuh gambaran ilmu ttg flush...

mohon ptunjuk para suhu.Screenshot_20200409-144717_Tokopedia.jpg

masukin cairan engine flush kedalam mesin hanya dilakukan sebagai opsi terakhir, atau saat sludge / lumpur sudah tidak bisa tertolong lagi.
coba lubang pengisian oli dan ujung dipstick difoto lalu posting disini, nanti baru bisa ketauan apa langkah berikutnya.
sukur-sukur bisa foto mesin dalam keadaan valve cover terbuka supaya lebih jelas.
kondisinya sperti ini... gimana mnurut suhu?
20200410_070932.jpg
20200410_071030.jpg
20200410_071019.jpg
ane udh pernah post... kira2 bgini nih om.. hasil flush 9x.... [emoji23][emoji23][emoji23][emoji23][emoji23]
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11941
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

azu wrote: Tue Apr 21, 2020 5:18 Mumpung lagi bahas engine flush, tahapan flushing kalau kayak gini baik tidak:

1. Oli dan Filter tidk diganti dulu, masukkan Engine Flush, running mesin 15 menit idle, buang oli dan lepas filter, dorong pakai Mesran 1 Liter, ganti filter baru dan isi oli baru.

Atau harus cara 2 seperti ini:

2. Buang oli dan ganti filter, masukkan oli baru dan engine flush, running mesin 15 menit idle, buang oli dan lepas filter, dorong pakai Mesran 1 Liter, ganti filter baru dan isi oli baru.

Kalau pakai cara 1 saja apakah sudah cukup? Karena lumayan juga beli oli baru hanya untuk flush saja kalau pakai cara 2. Tapi beberapa kali baca ada yg bilang harus pakai cara 2.

keduanya tidak salah.

masalahnya, tergantung kondisi di dalam mesin seperti apa, harus diperiksa dulu. setelah ketauan, baru bisa divonis ambil langkah 1 atau langkah 2.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

Kl internal enjin blm tralu parah ampe jalur oli mampet, sebenernya ga perlu enjin flush koq.. ikutin saran mbah turbo aj pake oli diesel, atau kl masi ngerasa sayang buang2 oli diesel, pake aj oli full syn yg bagusan, interval penggantian di cepetin.. djamin bersih sendiri koq

Ud ane buktiin sendiri d mobil2 ane.. beberapa pej kebelakang ad foto daleman hrv ane odo 110 rebu, perna kena sludge d odo 80 rebu, cuman modalin oli full syn ama interval ganti d cepetin, kinclong lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Luther
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sun Sep 01, 2019 15:42
Location: Medan
Daily Vehicle: ANGL CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Luther »

azu wrote: Tue Apr 21, 2020 5:18 Mumpung lagi bahas engine flush, tahapan flushing kalau kayak gini baik tidak:

1. Oli dan Filter tidk diganti dulu, masukkan Engine Flush, running mesin 15 menit idle, buang oli dan lepas filter, dorong pakai Mesran 1 Liter, ganti filter baru dan isi oli baru.

Atau harus cara 2 seperti ini:

2. Buang oli dan ganti filter, masukkan oli baru dan engine flush, running mesin 15 menit idle, buang oli dan lepas filter, dorong pakai Mesran 1 Liter, ganti filter baru dan isi oli baru.

Kalau pakai cara 1 saja apakah sudah cukup? Karena lumayan juga beli oli baru hanya untuk flush saja kalau pakai cara 2. Tapi beberapa kali baca ada yg bilang harus pakai cara 2.
Kl saya pakai cara no 1 om tp hanya 10 menit...Diperhatikan aturan pakai nya, krn mekanik bengkel langganan info ada aja yg proses engine flush oil nya ga sesuai aturan pakai, bs dr volume cairan engine flush yg ga disesuaikan dgn volume oil mesin nya, waktu idle ga sesuai menit nya, filter oli lama ga diganti n proses drain oli lama nya kurang sabar...Utk mobil bekas kata nya perlu threatment ini, logis sih bekas rawatan org bertahun2 ga tau spt apa, lbh bagus lg kl dipadukan dgn ganti oli pakai alat (mesin) yg istilahnya cuci darah, cukup 1 kali aja, sisa nya tinggal rutin ganti oli yg kategori best value n jgn ngirit utk filter oli... :big_peace:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by azu »

untuk mesin 1NZ-FE saya ini sudah jalan 140.000Km dan 2.100 km terakhir pakai oli diesel PTT Dynamic 10W-30, tujuan awalnya ya mau coba cuci mesin itu. Belinya yang paket 8 liter biar bisa untuk 2 kali ganti oli. Mohon sarannya untuk diganti di Km berapa oli ini :mky_02: Tapi pas liat dari tutup pengisian oli sih masih tebel sludgenya, makanya kepikiran untuk pakai Engine Flush

Berikut adalah kondisi jeroan mesin tahun lalu saat ganti paking tutup head
head.jpg
saat itu tidak diapa2in sih sama bengkelnya, hanya sludge yang berada di tutup head yang dibersihkan oleh bengkel.


Untuk kondisi saat ini setelah 2.100 Km pakai PTT Dynamic 10W-30, berikut beberapa fotonya:

Lubang pengisian oli:
pengisian.jpg
Terlihat ada sludge

Tutup pengisian oli:
tutup.jpg
Mirip dengan kondisi dalam lubang pengisian olu :mky_01:

Dipstick:
dips1.jpg
Ada noda coklat, nampaknya sludge

Dipstick bagian ujungnya setelah dilap dengan tissue
dips2.jpg
Noda coklat tetap tidak hilang


Rencana awalnya sih saya akan seperti ini:
1. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.

tapi karena ada rencana pakai Engine Flush dan tadi ada masukan untuk cuci pakai oli Diesel itu cukup hanya 1000-2000 Km, mungkin rencana saya nanti jadi seperti ini:
2. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, pakai Engine Flush, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.

Kira-kira kalau dari tampilan kondisi mesin seperti di atas baiknya gimana ya?

Terima kasih sebelumnya :ungg:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
Luther
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sun Sep 01, 2019 15:42
Location: Medan
Daily Vehicle: ANGL CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Luther »

azu wrote: Tue Apr 21, 2020 7:27 untuk mesin 1NZ-FE saya ini sudah jalan 140.000Km dan 2.100 km terakhir pakai oli diesel PTT Dynamic 10W-30, tujuan awalnya ya mau coba cuci mesin itu. Belinya yang paket 8 liter biar bisa untuk 2 kali ganti oli. Mohon sarannya untuk diganti di Km berapa oli ini :mky_02: Tapi pas liat dari tutup pengisian oli sih masih tebel sludgenya, makanya kepikiran untuk pakai Engine Flush

Berikut adalah kondisi jeroan mesin tahun lalu saat ganti paking tutup head
head.jpg
saat itu tidak diapa2in sih sama bengkelnya, hanya sludge yang berada di tutup head yang dibersihkan oleh bengkel.


Untuk kondisi saat ini setelah 2.100 Km pakai PTT Dynamic 10W-30, berikut beberapa fotonya:

Lubang pengisian oli:
pengisian.jpg
Terlihat ada sludge

Tutup pengisian oli:
tutup.jpg
Mirip dengan kondisi dalam lubang pengisian olu :mky_01:

Dipstick:
dips1.jpg
Ada noda coklat, nampaknya sludge

Dipstick bagian ujungnya setelah dilap dengan tissue
dips2.jpg
Noda coklat tetap tidak hilang


Rencana awalnya sih saya akan seperti ini:
1. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.

tapi karena ada rencana pakai Engine Flush dan tadi ada masukan untuk cuci pakai oli Diesel itu cukup hanya 1000-2000 Km, mungkin rencana saya nanti jadi seperti ini:
2. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, pakai Engine Flush, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.

Kira-kira kalau dari tampilan kondisi mesin seperti di atas baiknya gimana ya?

Terima kasih sebelumnya :ungg:
Kl saya di posisi om, sebelum turmes jd pilihan terakhir, dicoba engine flush dl tp pakai yg liqui moly oil sludge remover (öl schlamm spülung), dmn pemakaian nya memang khusus utk yg kondisi sludge nya udh parah, campurkan sesuai volume oli mesin n pakai 100-200 km sebelum pergantian oli, utk oli diesel ada yg murmer spt mediteran sx (pemakaian selama threatment), pergantian oli nya singkat aja, di 2-3rb km, oli nya murmer ini...Sekedar saran aja ya om :big_peace:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11941
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

azu wrote: Tue Apr 21, 2020 7:27 untuk mesin 1NZ-FE saya ini sudah jalan 140.000Km dan 2.100 km terakhir pakai oli diesel PTT Dynamic 10W-30, tujuan awalnya ya mau coba cuci mesin itu. Belinya yang paket 8 liter biar bisa untuk 2 kali ganti oli. Mohon sarannya untuk diganti di Km berapa oli ini :mky_02: Tapi pas liat dari tutup pengisian oli sih masih tebel sludgenya, makanya kepikiran untuk pakai Engine Flush

Berikut adalah kondisi jeroan mesin tahun lalu saat ganti paking tutup head
head.jpg
saat itu tidak diapa2in sih sama bengkelnya, hanya sludge yang berada di tutup head yang dibersihkan oleh bengkel.


Untuk kondisi saat ini setelah 2.100 Km pakai PTT Dynamic 10W-30, berikut beberapa fotonya:

Lubang pengisian oli:
pengisian.jpg
Terlihat ada sludge

Tutup pengisian oli:
tutup.jpg
Mirip dengan kondisi dalam lubang pengisian olu :mky_01:

Dipstick:
dips1.jpg
Ada noda coklat, nampaknya sludge

Dipstick bagian ujungnya setelah dilap dengan tissue
dips2.jpg
Noda coklat tetap tidak hilang


Rencana awalnya sih saya akan seperti ini:
1. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.

tapi karena ada rencana pakai Engine Flush dan tadi ada masukan untuk cuci pakai oli Diesel itu cukup hanya 1000-2000 Km, mungkin rencana saya nanti jadi seperti ini:
2. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, pakai Engine Flush, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.

Kira-kira kalau dari tampilan kondisi mesin seperti di atas baiknya gimana ya?

Terima kasih sebelumnya :ungg:

itu kerak oli, bukan sludge. tolong dibedakan.
penyebab oli berkerak antara lain :
- tidak pernah RPM tinggi.
- jarang jalan.
- sering kena macet.
- kadar deterjen dalam oli kurang.

kalau kondisi seperti itu, saran saya tetap pakai oli diesel dengan SAE yang sesuai seperti di manual book (5w-30 atau 10w-30).

sampai berapa KM pemakaiannya?
-> 5000 KM atau 5-6 bulan (mana yang tercapai lebih dulu) bisa.

sampai berapa kali pemakaiannya?
-> ya seterusnya saja sampai mesin bersih.
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Herman7103 »

Turut Prihatin saya lihat kondisi postingan di mesin 1NZ-FE saya ini sudah jalan 140.000Km diatas saya dan akhirnya barusan saya intip kondisi di mesin mobil Nissan All New Grand Livina tahun 2014 HR15 DE.Twin VTC, yg dari tahun 2014 sampai dengan sekarang selalu di isi BBM termurah premium ron 88 sampai dengan odo read menuju 82 ribu KM, dimana selalu tiap 6 atau 7 bulan ganti oli mesin dan filter oli mesinnya juga dan oli mesin selalu full synthetic 5W30 API SN yg bukan oli ACDC so far so good lah karena suara mesin masih halus dan performa masih bagus selama mobil dibawa jalan, saat dibuka tempat pengisian oli mesinnya masih Clean and No Sludge. I like Engine Oil full synthetic 5W30 API SN so far so good .

IMG_20200421_175003.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12745
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

Oli dgn std API SN emang punya detergent yg bagus buat jaga mesin tetap bersih dlm kondisi interval ganti oli normal.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Herman7103 »

Yup setuju dari pengalaman piara mobil satu satunya di garasi memang saya merasa cocok dengan oli SAE 5W30 API SN dan tidak pernah sekalipun telat ganti oli mesin tiap 6 atau 7 bulan max beserta ganti filter olinya juga dan selama 6 tahun pakai nissan all new grand livina ini belum pernah masa pakai olinya sampai 10 ribu KM Wkwkwk , rata rata paling 6 atau max 7 bulan itu menempuh max 7500 km, even walau skrg pakai oli Schaeffer Supreme 9000 5W30 API SN karena mobil ini, mobil satu satunya untuk transportasi keluarga jadi mesinnya harus selalu prima yang rencananya saya gunakan untuk 10 tahun kedepan karena memang irit dan BBM nya selalu premium bener bener ngak bikin dompet tipis.
:glodak:
HR15DE 2014
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4052
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by yanuarra »

erwinign wrote: Tue Apr 21, 2020 5:12
a2agarage wrote: Tue Apr 21, 2020 4:56
erwinign wrote:
Kondisi internal mesin dr lubang tuang oli kyk gimana om? Kadang kl ndak parah2 banget engine flush bkn solusi. Solusi plg murah ya tuang oli murah kyk mesran seliter. Murah krn kyk yg dah dibilang diatas, oli cuman numpang lewat thok buat dorong sisa oli lama

Bs jg kl record sblm ini samsek ndak pernah pake eng flush boleh lah sekali2 pakai.
ntu dia om... slama ini kena flush terus tiap 6bln / kurleb 8-9rb km. skrng udh 95rb km, = 9x flush. yg jd prtanyaan skrng flushnya mitsu aman gk ya?

fyi kena flush trs otomatis kalo ane cek ujung dipstik, lubang pngisian, lubang pmbuangan jadi bersih om [emoji23][emoji23][emoji23][emoji23]
Wah jangan pakek eng flush dl om abis ini (cek lubang isi oli, di internal mesin warna kyk varnish apa ndak. Kl ndak ndak usah pake). Stl itu tiap drain oli mesin, pas dah ngucur dikit lsg suntak oli murah 1lt. + cek paking2 (terutama degsel yg plg kejangkau) msh bagus apa ndak
Warna varnish itu yang ky gmn ya om?
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4052
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by yanuarra »

DOHC wrote: Tue Apr 21, 2020 4:33 Tjap kerang harga sultan, mending skalian pake amsoil, ud ketauan sultan beneran

Atau skalian beli si kerang d toda, harga jg sgituan tp ud termasuk ongkos digantiin oli nya
Pengguna amsoil nyimak :big_smoking:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

yanuarra wrote: Tue Apr 21, 2020 15:36
erwinign wrote: Tue Apr 21, 2020 5:12
a2agarage wrote: Tue Apr 21, 2020 4:56 ntu dia om... slama ini kena flush terus tiap 6bln / kurleb 8-9rb km. skrng udh 95rb km, = 9x flush. yg jd prtanyaan skrng flushnya mitsu aman gk ya?

fyi kena flush trs otomatis kalo ane cek ujung dipstik, lubang pngisian, lubang pmbuangan jadi bersih om [emoji23][emoji23][emoji23][emoji23]
Wah jangan pakek eng flush dl om abis ini (cek lubang isi oli, di internal mesin warna kyk varnish apa ndak. Kl ndak ndak usah pake). Stl itu tiap drain oli mesin, pas dah ngucur dikit lsg suntak oli murah 1lt. + cek paking2 (terutama degsel yg plg kejangkau) msh bagus apa ndak
Warna varnish itu yang ky gmn ya om?
Sejenis plitur kayu itu om, kuning kecoklatan yg nempel di part internal mesin
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1142
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by azu »

Luther wrote: Tue Apr 21, 2020 8:24
Kl saya di posisi om, sebelum turmes jd pilihan terakhir, dicoba engine flush dl tp pakai yg liqui moly oil sludge remover (öl schlamm spülung), dmn pemakaian nya memang khusus utk yg kondisi sludge nya udh parah, campurkan sesuai volume oli mesin n pakai 100-200 km sebelum pergantian oli, utk oli diesel ada yg murmer spt mediteran sx (pemakaian selama threatment), pergantian oli nya singkat aja, di 2-3rb km, oli nya murmer ini...Sekedar saran aja ya om :big_peace:
kondisi mesin sih masih oke om, tenaga masih dapet dan masih irit juga rasanya..

ternyata ada juga ya oil sludge remover.. bisa jadi pertimbangan kalau ternyata nanti sludgenya parah :mky_02:

marmut wrote: Tue Apr 21, 2020 9:16

itu kerak oli, bukan sludge. tolong dibedakan.
penyebab oli berkerak antara lain :
- tidak pernah RPM tinggi.
- jarang jalan.
- sering kena macet.
- kadar deterjen dalam oli kurang.

kalau kondisi seperti itu, saran saya tetap pakai oli diesel dengan SAE yang sesuai seperti di manual book (5w-30 atau 10w-30).

sampai berapa KM pemakaiannya?
-> 5000 KM atau 5-6 bulan (mana yang tercapai lebih dulu) bisa.

sampai berapa kali pemakaiannya?
-> ya seterusnya saja sampai mesin bersih.


siap suhu :frm_salut:

Berarti kedepannya saya bisa pakai dulu PTT Dynamic 10W-30 dulu ya sampai mesin bersih :mky_02:
Pengennya sih pakai oli 5W-30, tapi oli diesel yang 5W-30 ini harganya lumayan mahal untuk mobil tuwir gini :ungg:

sebagai tambahan, riwayat mobil ini sih sejauh yang saya inget:

Mobil tahun 2007, om saya beli tahun 2008. Selama 5 tahun (2008-2013) sih perawatan di BeRes Toyota terus, kemungkinan olinya pakai TMO tapi intervalnya ya 10.000 Km sesuai standar BeRes Toyota. BBM Premium always. Penggunaan harian di Bandung - Cianjur, jadi jarang ketemu macet.
Tahun 2013-2017 penggunaannya di Jakarta ya jadinya pasti sering kena macet tapi seminggu sekali pasti ke Bandung tapi seinget saya udah jarang ke BeRes Toyota dan seinget saya udah mulai pakai Pertalite.
Tahun 2017 akhir, saya beli ini mobil karena udah ada momongan jadi butuh mobil dan kebetulan om saya ini nawarin. Karena saya tau beliau lumayan apik, ya akhirnya saya ambil. 2017-2018 posisi mobil di Jakarta, tapi minimal sebulan sekali pasti ke Bandung. BBM pakai Pertamax/Shell Super. Tahun 2019-sekarang posisi mobil di Bandung, harian jarak dekat paling masuk tol seminggu sekali aja dan BBM pakai Shell V-Power. Selama saya pakai sih olinya pakai Shell Helix Astra 5W-30, baru awal tahun ini saya ganti pakai PTT Dynamic 10W-30 karena pengen coba bersihin mesinnya. Tapi rasanya pakai PTT ini malah lebih irit dan tarikan juga lebih enak dibanding pakai Shell Astra, padahal lebih kental viskositasnya :mky_01:

Dan yang pasti harganya jatuhnya lebih murah cuma 630ribu udah dapet 8 liter bisa untuk dua kali ganti oli, mana kalau pakai Shell Astra harga Filter Aspira di SnD mahal banget sampai 80 ribuan, padahal di pasaran paling mahal cuma 30 ribuan :off_no:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD


Disclaimer:
Hanya berbagi informasi, bukan ajakan untuk membeli.
Buy at your own risk. Keputusan ada di diri Anda sendiri.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

Herman7103 wrote: Tue Apr 21, 2020 11:16 Turut Prihatin saya lihat kondisi postingan di mesin 1NZ-FE saya ini sudah jalan 140.000Km diatas saya dan akhirnya barusan saya intip kondisi di mesin mobil Nissan All New Grand Livina tahun 2014 HR15 DE.Twin VTC, yg dari tahun 2014 sampai dengan sekarang selalu di isi BBM termurah premium ron 88 sampai dengan odo read menuju 82 ribu KM, dimana selalu tiap 6 atau 7 bulan ganti oli mesin dan filter oli mesinnya juga dan oli mesin selalu full synthetic 5W30 API SN yg bukan oli ACDC so far so good lah karena suara mesin masih halus dan performa masih bagus selama mobil dibawa jalan, saat dibuka tempat pengisian oli mesinnya masih Clean and No Sludge. I like Engine Oil full synthetic 5W30 API SN so far so good .


IMG_20200421_175003.jpg
Coba pake senter liat rante keteng nya om, krn posisi lubang pengisian oli hr15de itu kehalang cekungan besi tsb, makanya sludge ga mungkin atau susah naek ke tutup oli

Btw, dl waktu ane masi pake old nissan grand livina l10 hr15de single cvtc single injector sejauh 130 rebu jg bersih2 aj sehh daleman nya, ganti oli tiap 7000 maks pake oli mahal, mesin suara normal walaupun penguapan oli ckup tinggi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3068
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by josomba »

DOHC wrote: Wed Apr 22, 2020 5:28
Coba pake senter liat rante keteng nya om, krn posisi lubang pengisian oli hr15de itu kehalang cekungan besi tsb, makanya sludge ga mungkin atau susah naek ke tutup oli

Btw, dl waktu ane masi pake old nissan grand livina l10 hr15de single cvtc single injector sejauh 130 rebu jg bersih2 aj sehh daleman nya, ganti oli tiap 7000 maks pake oli mahal, mesin suara normal walaupun penguapan oli ckup tinggi
Mbah, sebut spek mobilnya kurang lengkap mbah, tipe transmisi, seri, kode rangka, dan kode mesinnya belum .....

:big_weee: :big_biglaugh:
Image
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Herman7103 »

DOHC wrote:
Herman7103 wrote: Tue Apr 21, 2020 11:16 Turut Prihatin saya lihat kondisi postingan di mesin 1NZ-FE saya ini sudah jalan 140.000Km diatas saya dan akhirnya barusan saya intip kondisi di mesin mobil Nissan All New Grand Livina tahun 2014 HR15 DE.Twin VTC, yg dari tahun 2014 sampai dengan sekarang selalu di isi BBM termurah premium ron 88 sampai dengan odo read menuju 82 ribu KM, dimana selalu tiap 6 atau 7 bulan ganti oli mesin dan filter oli mesinnya juga dan oli mesin selalu full synthetic 5W30 API SN yg bukan oli ACDC so far so good lah karena suara mesin masih halus dan performa masih bagus selama mobil dibawa jalan, saat dibuka tempat pengisian oli mesinnya masih Clean and No Sludge. I like Engine Oil full synthetic 5W30 API SN so far so good .


IMG_20200421_175003.jpg
Coba pake senter liat rante keteng nya om, krn posisi lubang pengisian oli hr15de itu kehalang cekungan besi tsb, makanya sludge ga mungkin atau susah naek ke tutup oli

Btw, dl waktu ane masi pake old nissan grand livina l10 hr15de single cvtc single injector sejauh 130 rebu jg bersih2 aj sehh daleman nya, ganti oli tiap 7000 maks pake oli mahal, mesin suara normal walaupun penguapan oli ckup tinggi
Saya sih yakin ngak ada sludge dan memang clean tapi nanti coba kalau memungkinkan intip dgn Inspection device Borescope di bengkel yg ada alat tsb di palembang karena sektor engine dan transmisi mobil dari tahun 2014 belum pernah dibongkar.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11941
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

DOHC wrote: Wed Apr 22, 2020 5:28

Coba pake senter liat rante keteng nya om, krn posisi lubang pengisian oli hr15de itu kehalang cekungan besi tsb, makanya sludge ga mungkin atau susah naek ke tutup oli

Btw, dl waktu ane masi pake old nissan grand livina l10 hr15de single cvtc single injector sejauh 130 rebu jg bersih2 aj sehh daleman nya, ganti oli tiap 7000 maks pake oli mahal, mesin suara normal walaupun penguapan oli ckup tinggi

Nissan All New Grand Livina dengan mesin HR15DE Twin VTC itu nda mungkin ada sludge om. ini mesin paling sempurna sejagat raya dengan efisiensi volumetrik 6 juta persen.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1374
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by arfs »

azu wrote: Tue Apr 21, 2020 7:27 Rencana awalnya sih saya akan seperti ini:
1. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 4.000Km, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.

tapi karena ada rencana pakai Engine Flush dan tadi ada masukan untuk cuci pakai oli Diesel itu cukup hanya 1000-2000 Km, mungkin rencana saya nanti jadi seperti ini:
2. Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, Ganti oli PTT Diesel dan filter, pakai sejauh 2.500Km, pakai Engine Flush, baru ganti oli bagusan yang 5W-30.

Kira-kira kalau dari tampilan kondisi mesin seperti di atas baiknya gimana ya?

Terima kasih sebelumnya :ungg:
Kebetulan dulu saya juga pernah kyk om "cuci jeroan mesin" pake oli diesel PTT dynamic commonrail 10w30 di hr15detwincvtctwininjectors, saya coba hajar 5rb km lalu ganti oli dengan oli yang sama tanpa cairan engine flush berikut filter oli dipakai 5rb km lagi - gpp koq om.
Karena walaupun itu oli untuk mesin diesel tapi ada API SL dan ACEA A3/B4.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

:big_think:
josomba wrote: Wed Apr 22, 2020 5:53
DOHC wrote: Wed Apr 22, 2020 5:28
Coba pake senter liat rante keteng nya om, krn posisi lubang pengisian oli hr15de itu kehalang cekungan besi tsb, makanya sludge ga mungkin atau susah naek ke tutup oli

Btw, dl waktu ane masi pake old nissan grand livina l10 hr15de single cvtc single injector sejauh 130 rebu jg bersih2 aj sehh daleman nya, ganti oli tiap 7000 maks pake oli mahal, mesin suara normal walaupun penguapan oli ckup tinggi
Mbah, sebut spek mobilnya kurang lengkap mbah, tipe transmisi, seri, kode rangka, dan kode mesinnya belum .....

:big_weee: :big_biglaugh:
Dah lengkap koq om

L10 itu kode chasis nya, hr15de itu mesin, kode transmisi manual ane perna post d forum ini cuman lupa dmana.. nanti ane coba cari lg

Btw penulisan yg benar tuh musti begini

Old nissan grand livina l10 hr15de 109 hp single vtc single injector with tumble flaps intake manifold

marmut wrote: Wed Apr 22, 2020 6:57
DOHC wrote: Wed Apr 22, 2020 5:28

Coba

Nissan All New Grand Livina dengan mesin HR15DE Twin VTC itu nda mungkin ada sludge om. ini mesin paling sempurna sejagat raya dengan efisiensi volumetrik 6 juta persen.
Enjin resing itu mbah, oli nya aj musti kelas keraton, bensin jg oktan 10000 biar ga glitik... saking efisien nya ganti oli jg kayanya ga perlu, tinggal d top up aj
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1108
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

benzz89 wrote: Fri Apr 17, 2020 12:46
rendr wrote:
benzz89 wrote: Thu Apr 16, 2020 11:00 Wah Om rendr kritis juga nih yah... jadi kebetulan ane masih ada stock Q8 masih segel 1 botol (beli on line kebanyakan), lalu ane juga pengen liat 4 botol Amsoil itu di deep stick sampai di mana batas max & min nya.

Tadi sih cek sudah mendekati max yah di deep sticknya, memang target 3/4 dari max aja sih (gak mau sampai batas atas max)... which is kata master2 suhu per lendiran oli di sini bikin mesin jadi tambah ngacirrrr [emoji16]

Besok pagi ane mau cek deep stick lagi rencananya, kalau kurang2 dikit ane top up aja pakai ex stock Q8 itu, toh SAE nya juga sama2 0-W20, daripada nganggur itu oli gak tau mau diapain [emoji38]

Sekali lagi tebakan Om bener tuh tempat ane ganti olinya. Distributor resminya dari Amsoil yah katanya, makanya harganya jauh lebih murah banding Todai.

Sebelum ganti ane sudah cek di Todai kena 235 ribu per botol tuh Amsoilnya, gak pake mikir langsung ane ngacir ke cakra aja deh, selisih 200 ribu kalau beli 4 botol cuyyy, lumayan bisa buat beli pertamax 20 liter lebih [emoji4]
Oh ada sisa stok 1 botol lg toh ternyata... Hehe
:mky_01:

So far amsoil termurah kyknya disana sih, dan udh include jasa ya harganya.. tambah good value..

Harga amsoil disana sih susah lawannya ya, Denger2 dari toko sebelah, dia itu borong amsoil jumlahnya guede bgt.. makanya harganya bisa segitu..

Btw IMHO kalo di manualbook recommend buntut 30, prefer pake 30 kurus kyk 0w30 atau 5w30 kelas amsoil SS/schaeffer/kendall (kalo msh ada ini berdua) buat reduce metal wear nya.. eman bener mesinnya om baru jalan 20k km.. garage queen nih
:mky_02:
Btw tadi pagi ane cek deep stick berkali2 (susah cek nya karena oli masih bening/saru) posisi indikasi oli kira2 berada di 3/4 menuju full (titik atas), jadi ane tidak/belum top up Q8.

Jadi sebenarnya 4 botol cukup berikut ganti filter oli kalau kita memang targetnya 75% dari indikator deep stick oli, hanya memang tetap harus sering pantau kalau2 ada penguapan kedepannya. Pengalaman pakai Q8 sih tidak pernah top up sama sekali dalam 13 bulan, memang jalannya gak jauh2 sih ini si Camry. [emoji4]

Si Cakra ini memang "pegang" merek Amsoil, ane liat sih sulit lawan harga dia baik di on line maupun di off line, jaminan asli juga barangnya + free jasa kalau ganti oli di sana, jadi tidak ada alasan ane beli & ganti oli merek Amsoil di tempat lain.

Ane sudah sulit berpaling dari buntut W20 kayanya Om, mobil jadi enteng banget, apalagi karakter mesin 2AZ-FE ini toel dikit langsung lompat mobilnya, enak banget buat stop & go dalam kota, beda karakter ama 2GR-FE 3.500 CC yang enaknya di RPM atas (kebetulan ane pernah pakai Highlander AWD di New Zealand) buat salip2 di high speed enak banget (low RPM nya biasa aja/tidak galak), begitu juga dengar suara mesin V6 nya saat lagi high revv juga nikmat, cuman bayar bengsin nya enak juga nguras dompet gara2 AWD borosss... sorry jadi oot nih [emoji38]

Ya karena ini mobil juga bukan buat harian jadi ane gak khawatir cekokin buntut W20, toh selama ini juga tidak ada penguapan oli pakai buntut W20 di Q8, asal jangan sering2 high revv menuju red line aja dalam jangka waktu lama.

Penting ane enjoy riding aja saat bawa ini mobil, akselerasi instan, bensin jadi lebih irit, suara tetap halus, start up juga enteng. Lari di tol mau seberapa kenceng sih di Indo, lebih penting karakter instan akselerasi di low RPM kalau ane sih, buat stop & go & nyalip2 di low speed enakkkk [emoji16]
i see... udh kena racun disini, susah lepas
:mky_01:

betul ane juga sempet beberapa kali bawa 2AZ FE, paling berkesan di XV30 2.4 (sayang belom jodoh) itu torsi di rpm bawahnya emang enak bgt buat stop n go di dalem kota... kebalikannya di 1MZ FE...
:ngacir:

cuman kudu extra perhatian buat fuel system aja sih paling kondisi short trip or severe driving gini.. terutama buat mobil2 berkatalis..

snoepje wrote: Sat Apr 18, 2020 2:46
rendr wrote: Fri Apr 17, 2020 11:52
Oh ada sisa stok 1 botol lg toh ternyata... Hehe
:mky_01:

So far amsoil termurah kyknya disana sih, dan udh include jasa ya harganya.. tambah good value..

Harga amsoil disana sih susah lawannya ya, Denger2 dari toko sebelah, dia itu borong amsoil jumlahnya guede bgt.. makanya harganya bisa segitu..

Btw IMHO kalo di manualbook recommend buntut 30, prefer pake 30 kurus kyk 0w30 atau 5w30 kelas amsoil SS/schaeffer/kendall (kalo msh ada ini berdua) buat reduce metal wear nya.. eman bener mesinnya om baru jalan 20k km.. garage queen nih
:mky_02:
beberapa bulan lalu waktu ganti oli di cabang taman ratu, saya lihat disana banyak amsoil buntut 30 yang label lama om.

pastiin aja yang dituang ke mobil kita yang label baru.
label lama ini yang mana ya?

btw emang banyak stok oli lama2 sampe botolnya pada kempot, sayang ane tanyain diskon ga ada..
:ngacir:
gaspol resing tim
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by benzz89 »


DOHC wrote::big_think:
josomba wrote: Wed Apr 22, 2020 5:53
DOHC wrote: Wed Apr 22, 2020 5:28
Coba pake senter liat rante keteng nya om, krn posisi lubang pengisian oli hr15de itu kehalang cekungan besi tsb, makanya sludge ga mungkin atau susah naek ke tutup oli

Btw, dl waktu ane masi pake old nissan grand livina l10 hr15de single cvtc single injector sejauh 130 rebu jg bersih2 aj sehh daleman nya, ganti oli tiap 7000 maks pake oli mahal, mesin suara normal walaupun penguapan oli ckup tinggi
Mbah, sebut spek mobilnya kurang lengkap mbah, tipe transmisi, seri, kode rangka, dan kode mesinnya belum .....

:big_weee: :big_biglaugh:
Dah lengkap koq om

L10 itu kode chasis nya, hr15de itu mesin, kode transmisi manual ane perna post d forum ini cuman lupa dmana.. nanti ane coba cari lg

Btw penulisan yg benar tuh musti begini

Old nissan grand livina l10 hr15de 109 hp single vtc single injector with tumble flaps intake manifold

marmut wrote: Wed Apr 22, 2020 6:57
DOHC wrote: Wed Apr 22, 2020 5:28

Coba

Nissan All New Grand Livina dengan mesin HR15DE Twin VTC itu nda mungkin ada sludge om. ini mesin paling sempurna sejagat raya dengan efisiensi volumetrik 6 juta persen.
Enjin resing itu mbah, oli nya aj musti kelas keraton, bensin jg oktan 10000 biar ga glitik... saking efisien nya ganti oli jg kayanya ga perlu, tinggal d top up aj
Engine aneh sih emang HR15DE ini, OGL 1.5 A/T 2011 ane dari isi pertalite, pertamax sampai pertamax plus (pertabo blom ada) tetap aja ngelitik terus, akhirnya saking keselnya ane kasih premium aja sekalian, timing pengapian ane minta beres mundurin semundur2nya, oli kasih 5W-30.

Ganti aki di Shop n Drive gak mau kasih garansi panjang, tekor katanya ama ini mobil, sering jebol aki karena panas mesinnya, tobat...tobat deh ama ini engine [emoji23]