Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Otomotif Korea di Indonesia boleh dianggap sudah mati lah.....No offence ya
10 tahun ditunggu action langsung Principal gak kunjung datang & tetap tidak ada tanda2 prinsipal-nya mau turun lgs di Indo. (Bahkan di Thailand juga)
Spt nya H / K benar2 tidak tertarik menggarap pasar ASEAN dgn serius
Coba liat deh resto2 Korea yg "native" yg tamu-nya mostly Koreans.....liat di parkiran, ada gak yg pake H / K ?
Malah ane pernah bbrp X liat ada orang Korea lagi liat2 en nanya2 ANKI / VRZ yg dipamerin di mall.
Beda dgn elektroniknya......Prinsipal Samsung dan LG turun lgs, makanya hasilnya dahsyat.
10 tahun ditunggu action langsung Principal gak kunjung datang & tetap tidak ada tanda2 prinsipal-nya mau turun lgs di Indo. (Bahkan di Thailand juga)
Spt nya H / K benar2 tidak tertarik menggarap pasar ASEAN dgn serius
Coba liat deh resto2 Korea yg "native" yg tamu-nya mostly Koreans.....liat di parkiran, ada gak yg pake H / K ?
Malah ane pernah bbrp X liat ada orang Korea lagi liat2 en nanya2 ANKI / VRZ yg dipamerin di mall.
Beda dgn elektroniknya......Prinsipal Samsung dan LG turun lgs, makanya hasilnya dahsyat.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
aftersales wuling ini GM banget ya.....design dealer sampe scenario servicenya mirip chevy.....iyalah wong mesinnya spin 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
klien ane org korea, pakenya triton. itu juga pas mau beli nanya ane dulu. tdnya mw beli ranger.... ane sendiri waktu itu malah pake hyundae.....Turboman wrote:Otomotif Korea di Indonesia boleh dianggap sudah mati lah.....No offence ya
10 tahun ditunggu action langsung Principal gak kunjung datang & tetap tidak ada tanda2 prinsipal-nya mau turun lgs di Indo. (Bahkan di Thailand juga)
Spt nya H / K benar2 tidak tertarik menggarap pasar ASEAN dgn serius
Coba liat deh resto2 Korea yg "native" yg tamu-nya mostly Koreans.....liat di parkiran, ada gak yg pake H / K ?
Malah ane pernah bbrp X liat ada orang Korea lagi liat2 en nanya2 ANKI / VRZ yg dipamerin di mall.
Beda dgn elektroniknya......Prinsipal Samsung dan LG turun lgs, makanya hasilnya dahsyat.

Sent from my MI 5
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Thu Jul 06, 2017 8:33
- Location: semarang
- Daily Vehicle: pajero
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Ada wuling, ada xpander, masih akan ada brand2 baru apalagi ya yg bakal membanjiri pasar?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Mobil Korea memang kurang booming di pasar Asia. Padahal tuh mobil kualitas nya bagus dan masuk Top 5 penjualan global dunia.Turboman wrote:Otomotif Korea di Indonesia boleh dianggap sudah mati lah.....No offence ya
10 tahun ditunggu action langsung Principal gak kunjung datang & tetap tidak ada tanda2 prinsipal-nya mau turun lgs di Indo. (Bahkan di Thailand juga)
Spt nya H / K benar2 tidak tertarik menggarap pasar ASEAN dgn serius
Coba liat deh resto2 Korea yg "native" yg tamu-nya mostly Koreans.....liat di parkiran, ada gak yg pake H / K ?
Malah ane pernah bbrp X liat ada orang Korea lagi liat2 en nanya2 ANKI / VRZ yg dipamerin di mall.
Beda dgn elektroniknya......Prinsipal Samsung dan LG turun lgs, makanya hasilnya dahsyat.
Tapi merk apapun juga kalau masuk Indonesia memang susah... Sebab cara pandang dan cara pikir kebanyakan orang di Indonesia kan unik (kata lain dari aneh).
Ga usah omong mobil, ngomong produksi bahan pangan aja cara pikir dan cara pandang disini kan unik, ga mau diajak maju dengan cara modern yang menghasilkan lebih bagus, selain bukan karena tidak percaya dan karena kebiasaan nya seperti itu, juga karena ga mau keluarin modal extra [emoji23]
Intinya semua maunya jalan di tempat, melakukan rutinitas seperti biasanya, dan berharap ada kemajuan hasil.
Demikian pula dengan brand otomotif di Indonesia, yang mendarah daging di Indonesia juga merk² tertentu. Alasan ASS bagus, RV memadai, ataupun sparepart mudah, itu hanya semi kamuflase, karena walaupun seandainya kompetitor menawarkan hal yang sama pun, ada skeptisisme dan impresi negatif terhadap brand² selain yang udah nempel di otak.
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Emang saya bilang skrg? Hahaha... Kan saya bilangnya "suatu saat". Emang nanti dulu kok.artoodetoo wrote: Ilustrasi ponsel saya pikir gak terlalu tepat sih. Brand Korea sudah lama meruntuhkan brand Jepang untuk urusan ponsel. Di otomotif? Nanti dulu.
Tapi untuk yg dibold, saya setuju banget. Biar kita konsumen mendapatkan "hak" kita untuk memperoleh mobil yang layak dari berbagai sisi, ya keamanan, ya kenyamanan
Dulu ponsel cina juga awalnya gak booming.
Wuling gak bakal ngenes lah kalo liat pnerimaan masyarakat bagus gini. Semoga performance nya bisa di maintain. Dealer g cm mikir yang di kota besar tp di daerah jg uda pada jalan... Should be good.
Mrk gak asal lempar produk fitur banyak harga murah... Tapi juga brand awareness nya ditingkatkan. Mau bukti? Liat aja cyber army nya... Blom dealership yang diem2 dah banyak. Trus sewa hall besar di GIIAS kemaren. Merek yang cukup gila awal aja dah brani sewa hall sebesar itu.
Sent from my Redmi 4X
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Toyota berhasil membentuk mindset konsumennya bukan karena fisik produknya, tp aftersales dan resale value
Sama mindset itu msh melekat di masyarakat, toyota pasti msh merasa diatas angin.
Sent from my Lenovo K910L
Sama mindset itu msh melekat di masyarakat, toyota pasti msh merasa diatas angin.
Sent from my Lenovo K910L
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
At least, Wuling berani ambil resiko dengan investasi langsung despite untuk tahap awal masih dalam proses belajar
Jauh lebih baik dibanding dengan mobil korea yang line produknya sudah bagus tapi tetap merasa underdog & inferiority complex menghadapi mobil Jepang
Jauh lebih baik dibanding dengan mobil korea yang line produknya sudah bagus tapi tetap merasa underdog & inferiority complex menghadapi mobil Jepang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Fri May 19, 2017 14:39
- Location: jakarta utara
- Daily Vehicle: Avanza
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
kalau saya pernah jj ke vietnam, merk H/K miring laku di truck n bus. truck kepala biru sering lalu lalang. bis nya merk K mirip tj yg sdh airsuspension.Turboman wrote:Otomotif Korea di Indonesia boleh dianggap sudah mati lah.....No offence ya
10 tahun ditunggu action langsung Principal gak kunjung datang & tetap tidak ada tanda2 prinsipal-nya mau turun lgs di Indo. (Bahkan di Thailand juga)
Spt nya H / K benar2 tidak tertarik menggarap pasar ASEAN dgn serius
Coba liat deh resto2 Korea yg "native" yg tamu-nya mostly Koreans.....liat di parkiran, ada gak yg pake H / K ?
Malah ane pernah bbrp X liat ada orang Korea lagi liat2 en nanya2 ANKI / VRZ yg dipamerin di mall.
Beda dgn elektroniknya......Prinsipal Samsung dan LG turun lgs, makanya hasilnya dahsyat.
merk M kurang gigit disana malahan ya
Sent from my SM-G610F
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Minggu lalu ke ITC Permata Hijau, ada wuling confero s dan datsun go sebelah2an di pajang.
Kualitas cat wuling perlu improvement. Tangan kiri elus2 cat datsun and tangan kanan elus2 cat wuling. Terasa sekali bedanya, si wuling terasa sekali kulit jeruknya, si datsun halus n licin.
Dgn situasi cuaca di Indo yg 2 musim dgn tingkat kelembaban tinggi, akankah cat si wuling bisa bertahan 3 tahun tidak memudar?
Kualitas cat wuling perlu improvement. Tangan kiri elus2 cat datsun and tangan kanan elus2 cat wuling. Terasa sekali bedanya, si wuling terasa sekali kulit jeruknya, si datsun halus n licin.
Dgn situasi cuaca di Indo yg 2 musim dgn tingkat kelembaban tinggi, akankah cat si wuling bisa bertahan 3 tahun tidak memudar?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
wuling itu hanya akan sebagai produk 'kelas bawah' di pasar sini. susah untuk lebih tinggi lagi. pasang harga murah itu bagus tapi itu juga 'bumerang'
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Sudah mulai goyah dominasinya. Digerogotin Xpander dam Wuling.
http://m.liputan6.com/otomotif/read/306 ... ulai-goyah
http://m.liputan6.com/otomotif/read/306 ... ulai-goyah
Bwahahaha....saya geli terus melihat video ini. Avanza Limited edition captain seat dan terutama ban cadangan Rush yang masuk ke bagasi dengan seat belt disampingnya ckckckck.... gitu masih dianggap mobil konsep. Tidak habis pikir dan aneh aneh saja hahaha. Semoga semakin banyak video seperti ini. Thumbs up.gobale wrote: Mon Aug 21, 2017 1:16baru ngeh ternyata itu ban cadangan rush dipindahin ke dalam kabinkirain pindah ke kolong...
ckckk males banget sekarang kerjanya design engineer tam ya ?
baru ngeh juga liat di yutub b channel innova Q bensin dapet new entertaintment system monitor di taro di konsol tengah...![]()
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
- Location: Solo
- Daily Vehicle: GerobakPerang
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Tahun depan? masih tetap nomor satu sih Avanza tapi ya itu, jaraknya mungkin terkoreksi jauh. Expander mau tidak mau, diakui maupun tidak diakui sangat tinggi penjualannya, meski sekarang menghadapi masalah pertamanya di iddle stasioner yang beberapa unit naik turun. Wuling? mungkin belum di tahun depan, tapi kalo serius digarap, dan bebarapa tahun pertama sukses menghadapi kerasnya persaingan dengan ditunjukan kualitas yang baik, pasti masa depannya cukup baguslah (siap2 New Grand Livina juga awal tahun depan launching).
Innova? tetap akan menjadi raja di kelas menengah MPV, (pandangan subyektif ya) saya baru bisa move on dari Kijang ya akhir tahun ini, dari tahun 92 pakai Kijang Kencana, 97 pakai LSX Diesel, dan 2013 pakai Innova Dono, blas samasekali gak ada keluhan. Pindah karena ingin merasakan sensasi SUV aja. Apalagi Innova reborn yang udah bebas dari masalah transmisi dan turbonya itu enak sekali naikannya (meski sedikit overpriced, tapi gak ada masalah, ambil aja G Diesel, itu sudah sangat melebihi ekspektasi)
Innova? tetap akan menjadi raja di kelas menengah MPV, (pandangan subyektif ya) saya baru bisa move on dari Kijang ya akhir tahun ini, dari tahun 92 pakai Kijang Kencana, 97 pakai LSX Diesel, dan 2013 pakai Innova Dono, blas samasekali gak ada keluhan. Pindah karena ingin merasakan sensasi SUV aja. Apalagi Innova reborn yang udah bebas dari masalah transmisi dan turbonya itu enak sekali naikannya (meski sedikit overpriced, tapi gak ada masalah, ambil aja G Diesel, itu sudah sangat melebihi ekspektasi)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 601
- Joined: Mon Oct 02, 2017 10:20
- Location: Jakarta
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Karena suka atau tidak suka karakter sebagian besar masyarakat Indonesia tidak kritis dan tidak mau keluar dari zona nyaman, ditambah lagi inkonsistensi pabrikan pesaing avanza. Contohnya Er3, saat launching hanya MT, kemudian konyolnya setelah facelift ABS dibuang. Mobily, setelah facelift fitur pemanis eksterior yg disukai mayoritas masyarakat Indonesia seperti lampu proyektor dibuang ditambah lagi ada BRV, jadi masyarakat punya pilihan lain. Batu nisan terlalu lama FMC Grand Livina. Xpander semoga tahun depan survive merapatkan angka penjualan dengan avanza. Semoga Wuling juga. Exora, ATPMnya sudah mati suri, apa yg mau diharapkan, ditambah sentimen antar negara. Semoga ada pabrikan mapan lain yang berani jor2an untuk investasi&konsisten bertarung di pasar LMPV, karena diluar sana masih ada bbrp LMPV kelas rakyat seperti Renault/Dacia Lodgy, Ford C-max, dsb.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4361
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
kalau bicara volume emang avanza itu sangar, tapi kalau bicara untuk pemakaian pribadi kok saya ga janji ya ada lebih dari 50% buyer avanza untuk non fleet. liat aja itu kendaraan bank, bumn, pemda tiap tahun pengadaan pasti avanza. sampe disini aja itu avanza G diapke telkom buat manjat tiang...
liat aja sodaranya si xenia.. nah menurut saya logisnya avanza untuk pribadi itu ya ga beda banyak dari xenia. bisa jadi user yang beli xenia itu emang budget cuma ada buat xenia, sedngakan user yang beli avanza itu ya ga mau beli xenia karena khawatir RV katanya lebih jatoh dan kalah liquid dari avanza.
tapi market sekarang sejak LCGC dan LMPV masuk emang shifting banget. baguslah banyak pabrikan yang masuk biar perang bertubi2... biar banjir fitur terus kaya sekarang. apalagi kalau wuling emang beneran berani buang uang terus buat 3S, terus mitsu dengan xpander bisa perform terus kaya gini, jga kali2 itu indomobil insaf mau perbaiki si nissan. tapi kalau ini kontender the big three passenger ga mamapu terus2an ngelawan ya balik jaman batu lagi..
liat aja sodaranya si xenia.. nah menurut saya logisnya avanza untuk pribadi itu ya ga beda banyak dari xenia. bisa jadi user yang beli xenia itu emang budget cuma ada buat xenia, sedngakan user yang beli avanza itu ya ga mau beli xenia karena khawatir RV katanya lebih jatoh dan kalah liquid dari avanza.
tapi market sekarang sejak LCGC dan LMPV masuk emang shifting banget. baguslah banyak pabrikan yang masuk biar perang bertubi2... biar banjir fitur terus kaya sekarang. apalagi kalau wuling emang beneran berani buang uang terus buat 3S, terus mitsu dengan xpander bisa perform terus kaya gini, jga kali2 itu indomobil insaf mau perbaiki si nissan. tapi kalau ini kontender the big three passenger ga mamapu terus2an ngelawan ya balik jaman batu lagi..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
sebenernya adalah dimana orang itu percaya dengan merk dan model yang mereka jual, contohnya panther dulu salah satu pesaing berat toyota, sayang nggak ngikutin perkembangan jaman, terus ada suzuki yang juga dulu kayak kacang macem baleno. sebenernya memang harus diakui astra memang menjawab permintaan konsumen dibalik mungkin banyak yang minta fitur keselamatan dan lain lain. Tingginya penjualan adalah bukti bahwa atpm mampu menjawab kebutuhan konsumen sesungguhnya, seusai dengan budaya setempat. karena di luar negri toyota juga sebagai salah satu mobil terlaris di pasar USDM dengan corolla dan camry. Menurut saya sih toyota pinter dalam membaca budaya pasar
diclaimer : bukan sales toyota, hanya melihat dari sisi strategi brand
diclaimer : bukan sales toyota, hanya melihat dari sisi strategi brand
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 672
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Satu hal lagi.. BRAND..
Apalagi keputusan membeli mobil melibatkan juga menteri keuangan keluarga..
Brand itu penting bagi emak2, apalagi waktu kumpul2 arisan..
Kalopun toh membeli second brand karena pertimbangan budget sebagai mobil pertama pasti mereka akan set target next car adalah brand yg lebih bagus..
Kalo sudah punya mobil lalu beli lagi second brand spt wuling, pasti dijadiin mobil kedua bukan mobil utama..
Seperti handphone. Yang pny 2 handphone, satu brand terkenal satunya lagi second brand, ane nyakin buat hape utama nya yg brand terkenal..
Yah begitulah brand.. Suatu hal yg ada, tapi sulit dipegang dan sulit di logika..
Apalagi keputusan membeli mobil melibatkan juga menteri keuangan keluarga..
Brand itu penting bagi emak2, apalagi waktu kumpul2 arisan..
Kalopun toh membeli second brand karena pertimbangan budget sebagai mobil pertama pasti mereka akan set target next car adalah brand yg lebih bagus..
Kalo sudah punya mobil lalu beli lagi second brand spt wuling, pasti dijadiin mobil kedua bukan mobil utama..
Seperti handphone. Yang pny 2 handphone, satu brand terkenal satunya lagi second brand, ane nyakin buat hape utama nya yg brand terkenal..
Yah begitulah brand.. Suatu hal yg ada, tapi sulit dipegang dan sulit di logika..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Intinya sih kalau mobilnya gak laku ya jangan nyalahin pembelinya. Pembeli itu punya pertimbangan sendiri-sendiri kenapa memutuskan membeli produk tersebut. Kalau kompetitor avanza gak bisa bersaing dengan avanza, yang salah ya si kompetitornya, salah sendiri gak bisa jualan produknya berdasarkan apa yg calon pembeli butuhkan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 435
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Atau mindset beberapa pembeli nya harus dirubah?Penikmat_Kopi wrote: Wed Dec 20, 2017 15:23 Intinya sih kalau mobilnya gak laku ya jangan nyalahin pembelinya. Pembeli itu punya pertimbangan sendiri-sendiri kenapa memutuskan membeli produk tersebut. Kalau kompetitor avanza gak bisa bersaing dengan avanza, yang salah ya si kompetitornya, salah sendiri gak bisa jualan produknya berdasarkan apa yg calon pembeli butuhkan.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
huaaahahahaha saya tertawa pagi ini baca postingan" disini, dimana logicnya mindset permintaan pasar (pembeli) harus dirubah ? mindset pasar akan bergerak (berubah) mengikuti pertumbuhan ekonomi yang ada, hukum ekonomi itu produsen memenuhi kebutuhan/permintaan pasar (bukan sebaliknya). Misal kalau pasar butuhnya cuma "A" ya produsen akan kasih "A", kalaupun ada produsen yang menambahkan "B" "C" dst supaya terlihat lebih belum tentu pasar akan menerima, karena yang dibutuhkan pasar "A" saja sudah cukup. Sejak kapan pembeli harus dirubah mindsetnya ? Supaya yang ngga kebagian pasar bisa makan juga ? hahaha
Selama ekonomi indonesia terus di level seperti sekarang, ya standard permintaan pasar akan sekedar segini aja, makanya mobil dengan low spek dan jaminan low price parts & maintenance akan terus mendominasi di negara dengan low economy growth (atau malah economy fall ?) haha
Selama ekonomi indonesia terus di level seperti sekarang, ya standard permintaan pasar akan sekedar segini aja, makanya mobil dengan low spek dan jaminan low price parts & maintenance akan terus mendominasi di negara dengan low economy growth (atau malah economy fall ?) haha
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Oct 26, 2017 12:08
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
"pinter dagang" ...... itu......
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7654
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
mobil mobil yg sdh sesuai dgn isi dompet n gaji bulanan pegawe rendahan (rendah gaji tinggi pangkat tinggi gengsi sempit fikir punya tanggungan byk)
(hrs) terliat seolah modern pdhl energized dr bensin bensin tinggi pollutant
terbuat u tdk akan pernah jadi ampas (di tempat lain klaar di pake jadi ampas) krn hrs laku bagus pas di jual lg utuh (di tempat lain ampas itu di potong potong)
(hrs) terliat seolah modern pdhl energized dr bensin bensin tinggi pollutant
terbuat u tdk akan pernah jadi ampas (di tempat lain klaar di pake jadi ampas) krn hrs laku bagus pas di jual lg utuh (di tempat lain ampas itu di potong potong)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
haha setuju, berarti yang harusnya diubah tuh bukan mindset pembeli, tapi mindset para komentator ya gan haha, yang mintanya lebih dengan duit pas pasan, hello teknologi itu mahal dan toyota punya standar sendiricalonjenazah wrote: Wed Dec 20, 2017 21:07 huaaahahahaha saya tertawa pagi ini baca postingan" disini, dimana logicnya mindset permintaan pasar (pembeli) harus dirubah ? mindset pasar akan bergerak (berubah) mengikuti pertumbuhan ekonomi yang ada, hukum ekonomi itu produsen memenuhi kebutuhan/permintaan pasar (bukan sebaliknya). Misal kalau pasar butuhnya cuma "A" ya produsen akan kasih "A", kalaupun ada produsen yang menambahkan "B" "C" dst supaya terlihat lebih belum tentu pasar akan menerima, karena yang dibutuhkan pasar "A" saja sudah cukup. Sejak kapan pembeli harus dirubah mindsetnya ? Supaya yang ngga kebagian pasar bisa makan juga ? hahaha
Selama ekonomi indonesia terus di level seperti sekarang, ya standard permintaan pasar akan sekedar segini aja, makanya mobil dengan low spek dan jaminan low price parts & maintenance akan terus mendominasi di negara dengan low economy growth (atau malah economy fall ?) haha


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1214
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
Yg ribut kan yg beli mobil merk laen tp was2 jg harga jual bekas nya takut jatoh
Jd ajak rame2 pindah merk dia jg biar sama2 rasain kalo jual bekas nya jatoh bkn dia aja yg rugi
Jd ajak rame2 pindah merk dia jg biar sama2 rasain kalo jual bekas nya jatoh bkn dia aja yg rugi
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sat May 06, 2017 11:04
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: XV40
Re: Mengapa Sulit Runtuhkan Dominasi Avanza-Innova?
hehe pembeli biasanya membeli barang sesuai yang dibutuhkan (paling sesuai isi dompet), kalau memang butuh yang fiturnya lebih ya mereka akan ambil yg fitur lebih (lebih kuras isi dompet sampai habis). Makanya ada pasarnya masing masing.Mkresnap wrote: Thu Dec 21, 2017 3:26
haha setuju, berarti yang harusnya diubah tuh bukan mindset pembeli, tapi mindset para komentator ya gan haha, yang mintanya lebih dengan duit pas pasan, hello teknologi itu mahal dan toyota punya standar sendiribanyak fitur mubazir yang dikasih sama mazda contohnya, saya akuin keamanan mazda top punya, tapi di jalan indo pake scbs ngerem terus tuh mobil gara gara motor nyelip nyelip haha
kalo dikasih elektrikal banyak nanti komen lagi bensin boros lah nggak awetlah. HEY lu pikir sensor tahan berapa lama. Maunya barang yang sempurna tapi budget pas pasan gini ini nih HAHAHA
Nah yg lucunya kan biasanya orang orang sini bukan pembeli, bahkan calon pembeli saja bukan (tidak punya dompet), selalu membandingkan standard yg ada, dan meminta fitur lebih (padahal beli saja tidak), Begitu yang laku dipasaran yang featureless (paling jelek) menurut mereka, disalah salahin/dijelek jelekin yg pada beli featureless tadi mending beli yang ini mending yang itu (ingat padahal yg jelek jelekin punya dompet saja tidak), padahal hasil penjualan menunjukkan memang batas kebutuhan (kemampuan) mayoritas orang sini ya sekedar disitu (jaminan low price, low parts & maintenance price, low fuel consumption & quality, yg high durability).