Sesuai anjuran mbah tikus barbel edun alias mbah marmut .... Timken omProfith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 6:30 @omnibus
Kasih bisikan dong grease yg cukup kuat pakai 4sd5 thn ke depan untuk CV joint dan steering rack.
Type dan merek apa yg lumayan bagus. Kalau ada sekalian juga dengan toko online nya.
Om punya biasanya pakai grease kan lumayan
Mobilio Users
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Mobilio Users
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobilio Users
Tidak, baru jalan 50 rebuProfith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 7:51Waktu itu CV joint di KM 120rb dan 5 thn yah?DOHC wrote: Tue Aug 18, 2020 6:44Cv joint vet kmaren waktu buka sehh masi lmayan om, rada encer tp ga ampe kaya oli encernya.. bearing2 joint nya jg mulus ga ad lecet.. boot nya jg masi bagus, jd pake lgProfith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 6:27
CV joint pengalaman buka di HRV masih bagus yah om?
Siap boot steering rack akan diganti pakai NLGI3
Kan pas odo 70an rebu perna claim as roda kiri kanan
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobilio Users
Om
Itu d ruang spakbor belakang kiri kanan, ud ad titik2 karat blom, terutama d lipetan2 nya
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobilio Users
posisi lihatnya dari rongga ban berarti yah om?
Mobilio saya tidak ada karat karena saya anti karat
HRV karena masih 1 thn KM masih 6500, tadi ngolong dari dalam ban tidak terlihat karena ada lapisan karton.
Ngolong dari belakang spakbor tidak ada karatan.
Punya om HRV ada karat? daerah mana, posting disini om gambarnya
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobilio Users
iya, diliat dr rongga ruang banProfith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 9:08posisi lihatnya dari rongga ban berarti yah om?
Mobilio saya tidak ada karat karena saya anti karat
HRV karena masih 1 thn KM masih 6500, tadi ngolong dari dalam ban tidak terlihat karena ada lapisan karton.
Ngolong dari belakang spakbor tidak ada karatan.
Punya om HRV ada karat? daerah mana, posting disini om gambarnya
d anti karat yah, bagus lah
hrv saya masi aman om, ud saya buka2 ampe copotin lapisan karton nya jg aman jaya
ini saya td mendadak inget kmaren2 ini d kantor, ada brio ama mobilio kpunyaan temen, 2 2 nya aneh nya d bagian spakbor blakang ud pada berkarat,
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mobilio Users
josomba wrote: Tue Aug 18, 2020 8:11Sesuai anjuran mbah tikus barbel edun alias mbah marmut .... Timken omProfith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 6:30 @omnibus
Kasih bisikan dong grease yg cukup kuat pakai 4sd5 thn ke depan untuk CV joint dan steering rack.
Type dan merek apa yg lumayan bagus. Kalau ada sekalian juga dengan toko online nya.
Om punya biasanya pakai grease kan lumayan
timken.jpg
ngana kasi liat timken. tapi kenapa ngana pe oto pake merk syel kardus...?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobilio Users
jij blg cobra bagus, tp kenapa jij rekomen timkenmarmut wrote: Tue Aug 18, 2020 13:18josomba wrote: Tue Aug 18, 2020 8:11Sesuai anjuran mbah tikus barbel edun alias mbah marmut .... Timken omProfith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 6:30 @omnibus
Kasih bisikan dong grease yg cukup kuat pakai 4sd5 thn ke depan untuk CV joint dan steering rack.
Type dan merek apa yg lumayan bagus. Kalau ada sekalian juga dengan toko online nya.
Om punya biasanya pakai grease kan lumayan
timken.jpg
ngana kasi liat timken. tapi kenapa ngana pe oto pake merk syel kardus...?
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mobilio Users
semua bagus mbah. toh sama-sama buat lumasi rel pintu pagar kan?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mobilio Users
DOHC wrote: Tue Aug 18, 2020 13:14iya, diliat dr rongga ruang banProfith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 9:08posisi lihatnya dari rongga ban berarti yah om?DOHC wrote: Tue Aug 18, 2020 8:54
Om
Itu d ruang spakbor belakang kiri kanan, ud ad titik2 karat blom, terutama d lipetan2 nya
Mobilio saya tidak ada karat karena saya anti karat
HRV karena masih 1 thn KM masih 6500, tadi ngolong dari dalam ban tidak terlihat karena ada lapisan karton.
Ngolong dari belakang spakbor tidak ada karatan.
Punya om HRV ada karat? daerah mana, posting disini om gambarnya
d anti karat yah, bagus lah
hrv saya masi aman om, ud saya buka2 ampe copotin lapisan karton nya jg aman jaya
ini saya td mendadak inget kmaren2 ini d kantor, ada brio ama mobilio kpunyaan temen, 2 2 nya aneh nya d bagian spakbor blakang ud pada berkarat,
spakbor? sering kena pipis meong atau guguk?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobilio Users
Brio dan mobilio tidak ada pelapis langsung besi plat.DOHC wrote: Tue Aug 18, 2020 13:14iya, diliat dr rongga ruang banProfith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 9:08posisi lihatnya dari rongga ban berarti yah om?DOHC wrote: Tue Aug 18, 2020 8:54
Om
Itu d ruang spakbor belakang kiri kanan, ud ad titik2 karat blom, terutama d lipetan2 nya
Mobilio saya tidak ada karat karena saya anti karat
HRV karena masih 1 thn KM masih 6500, tadi ngolong dari dalam ban tidak terlihat karena ada lapisan karton.
Ngolong dari belakang spakbor tidak ada karatan.
Punya om HRV ada karat? daerah mana, posting disini om gambarnya
d anti karat yah, bagus lah
hrv saya masi aman om, ud saya buka2 ampe copotin lapisan karton nya jg aman jaya
ini saya td mendadak inget kmaren2 ini d kantor, ada brio ama mobilio kpunyaan temen, 2 2 nya aneh nya d bagian spakbor blakang ud pada berkarat,
HRV ada lapisan karton. Kalau lihat harus copot berarti yah? Susah gak copotnya? Ada resiko karat? Apa dah dilapisin ulang sama penetrant misal penray?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Mobilio Users
Kita orang pake stp biru, yang kalengnya dibeli circa 98/99marmut wrote: Tue Aug 18, 2020 13:18
ngana kasi liat timken. tapi kenapa ngana pe oto pake merk syel kardus...?


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobilio Users
gampang koq copotin nya, pake baut 10 ama beberapa klip plastikProfith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 14:17
Brio dan mobilio tidak ada pelapis langsung besi plat.
HRV ada lapisan karton. Kalau lihat harus copot berarti yah? Susah gak copotnya? Ada resiko karat? Apa dah dilapisin ulang sama penetrant misal penray?
tp bsa jg di congkel dikit buat di intip yg sisi pinggir2 nya..
body nya masi polosan, ga ada lapisan undercoat.. cuman besi di cat dasar doank, tp aman kayanya, ud ad lapisan karton lindungi
bener2 jgmarmut wrote: Tue Aug 18, 2020 13:56DOHC wrote: Tue Aug 18, 2020 13:14
iya, diliat dr rongga ruang ban
d anti karat yah, bagus lah
hrv saya masi aman om, ud saya buka2 ampe copotin lapisan karton nya jg aman jaya
ini saya td mendadak inget kmaren2 ini d kantor, ada brio ama mobilio kpunyaan temen, 2 2 nya aneh nya d bagian spakbor blakang ud pada berkarat,
spakbor? sering kena pipis meong atau guguk?
kadang meong ama guk2 pipis nya aj bisa offside
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mobilio Users
masa iya meong guk2 kencing diatas ban? itu posisi di spakbor bagian dalam rumah roda kan. gimana caranya nyembur kesitu, emangnya sambil akrobat kencingnya.DOHC wrote: Tue Aug 18, 2020 16:15gampang koq copotin nya, pake baut 10 ama beberapa klip plastikProfith83 wrote: Tue Aug 18, 2020 14:17
Brio dan mobilio tidak ada pelapis langsung besi plat.
HRV ada lapisan karton. Kalau lihat harus copot berarti yah? Susah gak copotnya? Ada resiko karat? Apa dah dilapisin ulang sama penetrant misal penray?
tp bsa jg di congkel dikit buat di intip yg sisi pinggir2 nya..
body nya masi polosan, ga ada lapisan undercoat.. cuman besi di cat dasar doank, tp aman kayanya, ud ad lapisan karton lindungi
bener2 jgmarmut wrote: Tue Aug 18, 2020 13:56DOHC wrote: Tue Aug 18, 2020 13:14
iya, diliat dr rongga ruang ban
d anti karat yah, bagus lah
hrv saya masi aman om, ud saya buka2 ampe copotin lapisan karton nya jg aman jaya
ini saya td mendadak inget kmaren2 ini d kantor, ada brio ama mobilio kpunyaan temen, 2 2 nya aneh nya d bagian spakbor blakang ud pada berkarat,
spakbor? sering kena pipis meong atau guguk?
kadang meong ama guk2 pipis nya aj bisa offside
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobilio Users
Om @Omnibus @DOHC
Tanya om.
Steering rack selain boot nya yang diberi grease. Bagaian apalagi yang perlu diberi grease dari setir sampai steering rack assy.
Saya lagi bingung bayangin dalamannya steering rack. Kalau yang pakai oil power steering, maka tinggal ganti oli power steering pasti tuh komponen setir bisa tahan puluhan tahun.
Kalau steering rack mobilio, yang bisa diberi grease di boot nya steering rack. Kiri dan kanan masing masing 1 bagian, total 2 bagian.
Sedangkan steering rack assy sendiri 1 gelondong sepertinya ada grease di dalamnya. Apakah tidak perlu di grease ulang?
ataukah bisa dibilang tidak perlu perawatan, seperti bearing kalau rusak diganti.
ataukah bisa dirawat tetapi sangat sudah bongkarnya
Tanya om.
Steering rack selain boot nya yang diberi grease. Bagaian apalagi yang perlu diberi grease dari setir sampai steering rack assy.
Saya lagi bingung bayangin dalamannya steering rack. Kalau yang pakai oil power steering, maka tinggal ganti oli power steering pasti tuh komponen setir bisa tahan puluhan tahun.
Kalau steering rack mobilio, yang bisa diberi grease di boot nya steering rack. Kiri dan kanan masing masing 1 bagian, total 2 bagian.
Sedangkan steering rack assy sendiri 1 gelondong sepertinya ada grease di dalamnya. Apakah tidak perlu di grease ulang?
ataukah bisa dibilang tidak perlu perawatan, seperti bearing kalau rusak diganti.
ataukah bisa dirawat tetapi sangat sudah bongkarnya
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobilio Users
masa iya meong guk2 kencing diatas ban? itu posisi di spakbor bagian dalam rumah roda kan. gimana caranya nyembur kesitu, emangnya sambil akrobat kencingnya.
[/quote]
Bukan yg posisi d atas ban om
Tp bagian yg dket trisplang, deket bushing trailing arm, dsitu kan sweet spot buat kotoran lumpur, pasir dkk numpuk jg
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobilio Users
Steering rack, mau itu hidrolik atau elektrik, tetep bagian gigi2 rack n pinion nya harus d vet omProfith83 wrote: Wed Aug 19, 2020 2:36 Om @Omnibus @DOHC
Tanya om.
Steering rack selain boot nya yang diberi grease. Bagaian apalagi yang perlu diberi grease dari setir sampai steering rack assy.
Saya lagi bingung bayangin dalamannya steering rack. Kalau yang pakai oil power steering, maka tinggal ganti oli power steering pasti tuh komponen setir bisa tahan puluhan tahun.
Kalau steering rack mobilio, yang bisa diberi grease di boot nya steering rack. Kiri dan kanan masing masing 1 bagian, total 2 bagian.
Sedangkan steering rack assy sendiri 1 gelondong sepertinya ada grease di dalamnya. Apakah tidak perlu di grease ulang?
ataukah bisa dibilang tidak perlu perawatan, seperti bearing kalau rusak diganti.
ataukah bisa dirawat tetapi sangat sudah bongkarnya
Sperti yg ud saya sering blg, ini kerjaan gampang koq
Tinggal buka oetiker klem boot steering rack, gerakin setir full mentok kiri, vet bagian gear yg kliatan, lalu full lock ke kanan, vet bagian gear yg kliatan.. pasang lg boot dan klem dgn oetikerclamp.. selsai
Malah dl saya biasa kerjain sendiri, cuman dmarahin ama om omnibus, krn wajip pake oetiker clamp, sdgkan saya dl cuman pake cable ties
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mobilio Users
"Sedangkan steering rack assy sendiri 1 gelondong sepertinya ada grease di dalamnya. Apakah tidak perlu di grease ulang?"Profith83 wrote: Wed Aug 19, 2020 2:36 Om @Omnibus @DOHC
Tanya om.
Steering rack selain boot nya yang diberi grease. Bagaian apalagi yang perlu diberi grease dari setir sampai steering rack assy.
Saya lagi bingung bayangin dalamannya steering rack. Kalau yang pakai oil power steering, maka tinggal ganti oli power steering pasti tuh komponen setir bisa tahan puluhan tahun.
Kalau steering rack mobilio, yang bisa diberi grease di boot nya steering rack. Kiri dan kanan masing masing 1 bagian, total 2 bagian.
Sedangkan steering rack assy sendiri 1 gelondong sepertinya ada grease di dalamnya. Apakah tidak perlu di grease ulang?
ataukah bisa dibilang tidak perlu perawatan, seperti bearing kalau rusak diganti.
ataukah bisa dirawat tetapi sangat sudah bongkarnya
justru ini yg dr kemarin dimaksud. bukan rubbernya. tapi utk akses ke steering rack, rubbernya perlu digeser dgn melepaskan klem. fotonya sdh banyak diposting sy atau mbah marmut, dicari aja om.
ohh daerah situ toh yg dikamsud.DOHC wrote: Wed Aug 19, 2020 2:44
Bukan yg posisi d atas ban om
Tp bagian yg dket trisplang, deket bushing trailing arm, dsitu kan sweet spot buat kotoran lumpur, pasir dkk numpuk jg
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mobilio Users
mbah, gampang itu kl sdh pernah. bagi yg belum pernah itu kaya jalan dlm gelap.DOHC wrote: Wed Aug 19, 2020 2:49
Steering rack, mau itu hidrolik atau elektrik, tetep bagian gigi2 rack n pinion nya harus d vet om
Sperti yg ud saya sering blg, ini kerjaan gampang koq
Tinggal buka oetiker klem boot steering rack, gerakin setir full mentok kiri, vet bagian gear yg kliatan, lalu full lock ke kanan, vet bagian gear yg kliatan.. pasang lg boot dan klem dgn oetikerclamp.. selsai
Malah dl saya biasa kerjain sendiri, cuman dmarahin ama om omnibus, krn wajip pake oetiker clamp, sdgkan saya dl cuman pake cable ties
btw bukan marahin. mana berani lah sy marah2in org, hormat grakk.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobilio Users
Maklum, saya kan lulusan institute et batu makam lipindut, makanya slaen lipindut, apa sehh yg bsa lebi susahOmnibus wrote: Wed Aug 19, 2020 3:02mbah, gampang itu kl sdh pernah. bagi yg belum pernah itu kaya jalan dlm gelap.DOHC wrote: Wed Aug 19, 2020 2:49
Steering rack, mau itu hidrolik atau elektrik, tetep bagian gigi2 rack n pinion nya harus d vet om
Sperti yg ud saya sering blg, ini kerjaan gampang koq
Tinggal buka oetiker klem boot steering rack, gerakin setir full mentok kiri, vet bagian gear yg kliatan, lalu full lock ke kanan, vet bagian gear yg kliatan.. pasang lg boot dan klem dgn oetikerclamp.. selsai
Malah dl saya biasa kerjain sendiri, cuman dmarahin ama om omnibus, krn wajip pake oetiker clamp, sdgkan saya dl cuman pake cable ties
btw bukan marahin. mana berani lah sy marah2in org, hormat grakk.

Ohh marah2 jg gpp mbah, apalagi sambil sambit2in stahlwille atau bahco nya, saya nrima koq
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mobilio Users
DOHC wrote: Wed Aug 19, 2020 2:49
-
Malah dl saya biasa kerjain sendiri, cuman dmarahin ama om omnibus, krn wajip pake oetiker clamp, sdgkan saya dl cuman pake cable ties
cable ties masih mevvah. saya pake kawat dipuntir tang....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobilio Users
justru ini yg dr kemarin dimaksud. bukan rubbernya. tapi utk akses ke steering rack, rubbernya perlu digeser dgn melepaskan klem. fotonya sdh banyak diposting sy atau mbah marmut, dicari aja om.Omnibus wrote: Wed Aug 19, 2020 2:53"Sedangkan steering rack assy sendiri 1 gelondong sepertinya ada grease di dalamnya. Apakah tidak perlu di grease ulang?"Profith83 wrote: Wed Aug 19, 2020 2:36 Om @Omnibus @DOHC
Tanya om.
Steering rack selain boot nya yang diberi grease. Bagaian apalagi yang perlu diberi grease dari setir sampai steering rack assy.
Saya lagi bingung bayangin dalamannya steering rack. Kalau yang pakai oil power steering, maka tinggal ganti oli power steering pasti tuh komponen setir bisa tahan puluhan tahun.
Kalau steering rack mobilio, yang bisa diberi grease di boot nya steering rack. Kiri dan kanan masing masing 1 bagian, total 2 bagian.
Sedangkan steering rack assy sendiri 1 gelondong sepertinya ada grease di dalamnya. Apakah tidak perlu di grease ulang?
ataukah bisa dibilang tidak perlu perawatan, seperti bearing kalau rusak diganti.
ataukah bisa dirawat tetapi sangat sudah bongkarnya
justru ini yg dr kemarin dimaksud. bukan rubbernya. tapi utk akses ke steering rack, rubbernya perlu digeser dgn melepaskan klem. fotonya sdh banyak diposting sy atau mbah marmut, dicari aja om.
ohh daerah situ toh yg dikamsud.DOHC wrote: Wed Aug 19, 2020 2:44
Bukan yg posisi d atas ban om
Tp bagian yg dket trisplang, deket bushing trailing arm, dsitu kan sweet spot buat kotoran lumpur, pasir dkk numpuk jg
Kalau yang rubber gede kelihatan om. Berarti ada 2 tempat. Kiri satu, Kanan satu.
Tapi selain dari rubber boot yang gede itu apakah ada bagian lain di steering rack yang bisa di grease?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Mobilio Users
Kawat bisa juga ... kuat tuh kawat om. Kawat yang diameter 1mm sampai 1.2mm
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobilio Users
Profith83 wrote: Wed Aug 19, 2020 6:38Kawat bisa juga ... kuat tuh kawat om. Kawat yang diameter 1mm sampai 1.2mm
jangan
kawat ujungnya tajem, bsa sobek boot karet nanti
kl ud sobek, musti ganti boot nya, kluar wang lg
steering paling rack n pinion nya aj d vet
kl iseng, skalian joint steer collumn jg
kl masi rajin jg, skalian copotin smua joint2 di kaki2 mobil, yg bushing2 karet kasi vet silicon
kl masi pengen lebi awet lg... sand blasting kepala babi rem, knuckle steering, crossmember, trus di flinkote, trus di cat glossy black
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mobilio Users
Profith83 wrote: Wed Aug 19, 2020 6:36
Kalau yang rubber gede kelihatan om. Berarti ada 2 tempat. Kiri satu, Kanan satu.
Tapi selain dari rubber boot yang gede itu apakah ada bagian lain di steering rack yang bisa di grease?
1. rubber boot / boot setir selalu ada 2, sisi kiri 1, sisi kanan 1.
2. yang diberi grease bukan rubber boot-nya, tapi rack steer yang bersinggungan langsung dengan pinion gear.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Mobilio Users
rubber boot itulah pintu gerbang menuju steering rack om. ga ada bagian lain sih steering rack yg perlu grease cuma itu utamanya.Profith83 wrote: Wed Aug 19, 2020 6:36
Kalau yang rubber gede kelihatan om. Berarti ada 2 tempat. Kiri satu, Kanan satu.
Tapi selain dari rubber boot yang gede itu apakah ada bagian lain di steering rack yang bisa di grease?
kl mau paling tie rod end, rack end (long tie rod) dan ball joint di lower arm yg bisa diregrease tp perlu special adaptor utk grease gun nya yg bentuk jarum spy bisa masuk sela2 boot.