Koleksi hand tools [Part 07]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

yanuarra wrote: Sat Aug 28, 2021 2:46 Apa wheel hub perlu juga dibersihkan mbah :big_think:

IMG_20210828_094458.jpg

perlu. kalo udah bersih, wajip oles copper grease.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4631
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Profith83 »

marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 2:04
Profith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 1:13

Untuk PER ANKI diesel karena bobot lebih berat, kalau direm moncongnya ngayun ke depan cukup parah.
Apakah menambahkan spring buffer akan bagus untuk ikut menahan beban? apakah kaki2x lebih awet pakai ini?
sekedar contoh bukan sales ataupun pemilik toko
https://www.tokopedia.com/springautopar ... an-belkang
spring buffer itu mirip seperti karet stopper yang ada di setiap sisi roda. jadi hanya efektif bekerja saat muatan atau beban penuh.
spring buffer tidak akan mengobati nose dive saat hard braking.
penyebab nose dive bisa karena shock dan/atau per sudah lemah, atau memang konstruksi suspensi dan rem-nya seperti itu.

ada 1 mobil yang patut ditiru design suspensi dan sistem remnya, peugeot 504. mau hard braking seperti apapun, itu mobil ngga akan bisa nose dive.
Sip om, soalnya nih shock ANKI banyak yang bocor di group, dan saya juga kena, pas apes saja mungkin.
Harga baru shock Innova reborn lebih murah dr Innova yg lama. 550 rb an vs 360 rb an
Curiga kualitas masih bagus yang lama.

Saya pikir dengan adanya spring buffer membuat per ketahan, jadi kerjanya shock absorber tidak terlalu berat.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

Profith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 3:26
Harga baru shock Innova reborn lebih murah dr Innova yg lama. 550 rb an vs 360 rb an
Curiga kualitas masih bagus yang lama.



itu harga 1pc atau sepasang?

kalo mau lebih awet ya cari merk aftermarket atau ganti pakai coilover kan banyak yang bisa custom sekarang.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by yanuarra »

marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 2:58
yanuarra wrote: Sat Aug 28, 2021 2:46 Apa wheel hub perlu juga dibersihkan mbah :big_think:

IMG_20210828_094458.jpg

perlu. kalo udah bersih, wajip oles copper grease.
Iya nih mbah barusan bersihin pake penetran trus disikat..trakhir semprot brake&part cleaner..

ini buka gara2 ban belakang yg kanan gembos bos bos..habis angine.. dicek pake air sabun ternyata iya ada paku :mky_01:

copper grease blm punya mbah :ungg:
tp kayanya perlu yah, biar ga lengket :big_smile]
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4631
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Profith83 »

marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 3:44
Profith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 3:26
Harga baru shock Innova reborn lebih murah dr Innova yg lama. 550 rb an vs 360 rb an
Curiga kualitas masih bagus yang lama.



itu harga 1pc atau sepasang?

kalo mau lebih awet ya cari merk aftermarket atau ganti pakai coilover kan banyak yang bisa custom sekarang.
harga per pieces om
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 3:44
itu harga 1pc atau sepasang?

360rb mau sepasang kang? udah murah kang :mky_01:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1840
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by MSU »

marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 2:04
Profith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 1:13

Untuk PER ANKI diesel karena bobot lebih berat, kalau direm moncongnya ngayun ke depan cukup parah.
Apakah menambahkan spring buffer akan bagus untuk ikut menahan beban? apakah kaki2x lebih awet pakai ini?
sekedar contoh bukan sales ataupun pemilik toko
https://www.tokopedia.com/springautopar ... an-belkang


spring buffer itu mirip seperti karet stopper yang ada di setiap sisi roda. jadi hanya efektif bekerja saat muatan atau beban penuh.
spring buffer tidak akan mengobati nose dive saat hard braking.
penyebab nose dive bisa karena shock dan/atau per sudah lemah, atau memang konstruksi suspensi dan rem-nya seperti itu.

ada 1 mobil yang patut ditiru design suspensi dan sistem remnya, peugeot 504. mau hard braking seperti apapun, itu mobil ngga akan bisa nose dive.
Dulu di 405 juga ga nose dive mbah...pas di rem buntut-nya ya ikut turun...perancis mmg mantep..jangan2 teknologi ini dibawa terus ke seri2 berikutnya
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1840
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by MSU »

marmut wrote: Fri Aug 27, 2021 14:56
Profith83 wrote: Fri Aug 27, 2021 7:43

Iya panduan service manual bisa beli dimana yah? apakah Toyota di CD nya itu ada yah?
Kapan hari coba baca CD nya Toyota Innova kok gak kedetect


service manual beda dengan manual book.

service manual hanya ditujukan untuk mekanik. sedangkan manual book, ditujukan untuk pengguna kendaraan.
isinya manual book itu dasar-dasar pengenalan dan tata cara pengoperasian sama perawatan ringan.

ini contoh service manual :



IMG20210827213742.jpg
IMG20210827213849.jpg
IMG_20210827_214942.jpg
IMG20210827213924.jpg



nih, buat yang mau stel klep. posisi feeler blade terhadap camshaft :



IMG20210827213948.jpg



IMG_20210827_215145.jpg
IMG20210827214303.jpg



wiring diagram :




IMG20210827214344.jpg



terimakasih saya ucapkan khusus kepada mbah
MSU
:emo-flowerforyou:
Sama2 mbah...syukurlah lebih kepake buku itu di tangannya mbah
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sat Aug 28, 2021 4:20

360rb mau sepasang kang? udah murah kang :mky_01:

mangka dari itu saya tanya supaya jelas.... kok cuma 550rb buat shock depan? sementara 12 taun lalu saya beli shock depan aja udah hampir 1,5 yuta... itu cuman dapet boge lho... generik, belum yang genuine part.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

MSU wrote: Sat Aug 28, 2021 4:25

Dulu di 405 juga ga nose dive mbah...pas di rem buntut-nya ya ikut turun...perancis mmg mantep..jangan2 teknologi ini dibawa terus ke seri2 berikutnya


ya, betul. 405 juga.
sayangnya di 505 nggak seperti itu. apa karena 504 dan 405 brake master cylinder-nya single output ya?
ada penjelasan mbah? atau mungkin mbah
Omnibus
pernah tau masalah perbedaan brake master cylinder yang outputnya 1 dan 2?

ini master cylinder mobil pada umumnya, 2 output, untuk belakang dan untuk depan :



BMW-34311156643-34-31-1-156-643-SF-Ate-Brake-Master-Cylinder-1.jpg


ini yang single output :


peugeot-hauptbremszylinder-p-504-einkreis-break-pick-up-206mm-10701075-berline-P74058.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1840
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by MSU »

marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 4:41
MSU wrote: Sat Aug 28, 2021 4:25

Dulu di 405 juga ga nose dive mbah...pas di rem buntut-nya ya ikut turun...perancis mmg mantep..jangan2 teknologi ini dibawa terus ke seri2 berikutnya


ya, betul. 405 juga.
sayangnya di 505 nggak seperti itu. apa karena 504 dan 405 brake master cylinder-nya single output ya?
ada penjelasan mbah? atau mungkin mbah
Omnibus
pernah tau masalah perbedaan brake master cylinder yang outputnya 1 dan 2?

ini master cylinder mobil pada umumnya, 2 output, untuk belakang dan untuk depan :




BMW-34311156643-34-31-1-156-643-SF-Ate-Brake-Master-Cylinder-1.jpg



ini yang single output :



peugeot-hauptbremszylinder-p-504-einkreis-break-pick-up-206mm-10701075-berline-P74058.jpg
Duh ilmu saya ga sampe situ mbah...dulu cari penyebab lampu sein redup aja bertahun2 wkwk...
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 4:41
MSU wrote: Sat Aug 28, 2021 4:25

Dulu di 405 juga ga nose dive mbah...pas di rem buntut-nya ya ikut turun...perancis mmg mantep..jangan2 teknologi ini dibawa terus ke seri2 berikutnya


ya, betul. 405 juga.
sayangnya di 505 nggak seperti itu. apa karena 504 dan 405 brake master cylinder-nya single output ya?
ada penjelasan mbah? atau mungkin mbah
Omnibus
pernah tau masalah perbedaan brake master cylinder yang outputnya 1 dan 2?

ini master cylinder mobil pada umumnya, 2 output, untuk belakang dan untuk depan :




BMW-34311156643-34-31-1-156-643-SF-Ate-Brake-Master-Cylinder-1.jpg



ini yang single output :



peugeot-hauptbremszylinder-p-504-einkreis-break-pick-up-206mm-10701075-berline-P74058.jpg
yg setau nubie sirkuit rem itu biasanya dibikin 2 jalur dan diagonal. jd 1 jalur minyak rem utk FR/RH & RR/LH dan 1 jalurnya lagi utk FR/LH & RR/RH. itu juga yg mendictate kenapa bleeding minyak rem harus diagonal.

peraturan diagonal itu menjadi standard international bagi seluruh produsen mobil sejak tahun brp sy lupa, sbg redundancy measure utk menghindari rem blong, jd kl 1 sirkuit fail msh ada 1 sirkuit lain.

mengenai ga nose dive itu juga sy berasa di bmw e36. waktu itu punya msh gress bareng sama mersi w202 di rumah yg jg gress. yg bmw ga nose dive sementara yg w202 lbh nose dive. sy lbh suka rem nya bmw (ate) dibanding w202 (lucas). tp rasanya itu tergantung juga dr setting berapa besar braking force disc brake belakang deh. semakin besar semakin dia bikin suspensi belakang mendem kebawah. again, nubie speaking. :big_grin:


Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Fri Aug 27, 2021 18:19
DOHC wrote: Fri Aug 27, 2021 10:50
Dat510 wrote: Fri Aug 27, 2021 7:58 Ngomong2 masalah TW, my 730/12 is one of my best buys gara2 thread ini, inget dlu saya pertama2 nanya dsni ngga tau apa itu TW & gimana cara kerjanya, mbah yanuarra sampe bngung sama pertanyaan saya saking ngga jelas nya :mky_07:

Dlu saya bongpas velg 1 sisi aja udah keringetan & butuh refill pake nasi padang 2 bungkus, gara2 ngelepas nya setengah mati efek dikencengin sekuat tenaga & ngencenginnya lagi pun sekuat tenaga sampe ngek2 injek2. Sekarang pake TW ngencengin enteng pake banget, pas ngelepas pun bisa cuma pake ratchet (tapi saya lebih seneng pake kunci palang, begitu kendor langsung spinnnnn).
Hari minggu kemarin rotasi 4 ban no problem at all.
gapapa, aku dulu jg gt

beberapa taon malang melintang dsini modal pipa besi doank , ampe patahin baut roda inofa ama agya masing2 skali , tetep masi blom kapok

ampe di tret ini baru di marahin, diracunin pelan2 ama TW , ampe di kasi vocer free entry masas se sabes mabes gunsa lodan ancol ama mbah masas
ehhh, keracunan jadinya skrg , ampir smua baut di mobil saya ud d tork :mky_01:
buat yg ngga tau, ini kisah nyata lho

utk membuat mbah delko mau beralih dr pipa besi ke TW saya hrs merayu dgn segala cara, mirip susahnya kaya mau mindahin org2 yg tinggal di bantaran sungai ke rusun. :weekk:

terpaksa sy keluarin jurus kasih free voucher masas segepok, free trelek oglek beta, free makan malam bersama chef tangan kecil imut2 berukuran lingkar dada 32C kesukaan dia, dan cicilan pembayaran 60x bunga 0%.

akhirnya mau deh mbah delko meninggalkan kehidupan lamanya dan beralih ke TW. meskipun yg namanya org udah kecanduan kronis, sy tau dia masih suka curi2 kesempatan pake pipa besinya lagi. biarlah, namanya libra, susah move on

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Hah ? Si chef itu masa 32 C mbah ??yakin saya paling gede jg 32B itu..

Btw...


Trus mbah yg ono jg ikutan pemufakatan jahat

Stelah si TW dateng

Saban ari dpancing2 mulu buat nambah insert , pake dikasi liat mulu lagi koleksi nya yg ampe slusin lebi tuh

Pake nanya2 torsi baut shock inofa

Makanya bener kan kl kita orang bilang ini tret sarang penyamun
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 3:26
marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 2:04
Profith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 1:13

Untuk PER ANKI diesel karena bobot lebih berat, kalau direm moncongnya ngayun ke depan cukup parah.
Apakah menambahkan spring buffer akan bagus untuk ikut menahan beban? apakah kaki2x lebih awet pakai ini?
sekedar contoh bukan sales ataupun pemilik toko
https://www.tokopedia.com/springautopar ... an-belkang
spring buffer itu mirip seperti karet stopper yang ada di setiap sisi roda. jadi hanya efektif bekerja saat muatan atau beban penuh.
spring buffer tidak akan mengobati nose dive saat hard braking.
penyebab nose dive bisa karena shock dan/atau per sudah lemah, atau memang konstruksi suspensi dan rem-nya seperti itu.

ada 1 mobil yang patut ditiru design suspensi dan sistem remnya, peugeot 504. mau hard braking seperti apapun, itu mobil ngga akan bisa nose dive.
Sip om, soalnya nih shock ANKI banyak yang bocor di group, dan saya juga kena, pas apes saja mungkin.
Harga baru shock Innova reborn lebih murah dr Innova yg lama. 550 rb an vs 360 rb an
Curiga kualitas masih bagus yang lama.

Saya pikir dengan adanya spring buffer membuat per ketahan, jadi kerjanya shock absorber tidak terlalu berat.
Spring buffer yah

Lupa perna ketik dmana, tp yg jlas kl saya sehh ga bakal beli gtuan

Mending ganti shock bagusan, atau ganti lebi cepet, atau pasang coilover kl kbanyakan wang, atau ganti ama pipa besi kaku skalian kaya mobil odong2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 4:33
Omnibus wrote: Sat Aug 28, 2021 4:20

360rb mau sepasang kang? udah murah kang :mky_01:

mangka dari itu saya tanya supaya jelas.... kok cuma 550rb buat shock depan? sementara 12 taun lalu saya beli shock depan aja udah hampir 1,5 yuta... itu cuman dapet boge lho... generik, belum yang genuine part.
Shock mobil skrg ud murah2 jauh mbah

Jaman sby masi bareng JK aj, saya perna ganti shock ferio, sbiji merk showa aj ud 1.1 jt beli ama istana shock atrium.. kl d imora 1.5 jt sbiji.. itu harga ori showa honda yg kerasnya berasa tulang blakang begeser dr panggul kl liwat jalan jelek
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Aug 28, 2021 5:30
marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 4:41
MSU wrote: Sat Aug 28, 2021 4:25

Dulu di 405 juga ga nose dive mbah...pas di rem buntut-nya ya ikut turun...perancis mmg mantep..jangan2 teknologi ini dibawa terus ke seri2 berikutnya


ya, betul. 405 juga.
sayangnya di 505 nggak seperti itu. apa karena 504 dan 405 brake master cylinder-nya single output ya?
ada penjelasan mbah? atau mungkin mbah
Omnibus
pernah tau masalah perbedaan brake master cylinder yang outputnya 1 dan 2?

ini master cylinder mobil pada umumnya, 2 output, untuk belakang dan untuk depan :




BMW-34311156643-34-31-1-156-643-SF-Ate-Brake-Master-Cylinder-1.jpg



ini yang single output :



peugeot-hauptbremszylinder-p-504-einkreis-break-pick-up-206mm-10701075-berline-P74058.jpg
yg setau nubie sirkuit rem itu biasanya dibikin 2 jalur dan diagonal. jd 1 jalur minyak rem utk FR/RH & RR/LH dan 1 jalurnya lagi utk FR/LH & RR/RH. itu juga yg mendictate kenapa bleeding minyak rem harus diagonal.

peraturan diagonal itu menjadi standard international bagi seluruh produsen mobil sejak tahun brp sy lupa, sbg redundancy measure utk menghindari rem blong, jd kl 1 sirkuit fail msh ada 1 sirkuit lain.

mengenai ga nose dive itu juga sy berasa di bmw e36. waktu itu punya msh gress bareng sama mersi w202 di rumah yg jg gress. yg bmw ga nose dive sementara yg w202 lbh nose dive. sy lbh suka rem nya bmw (ate) dibanding w202 (lucas). tp rasanya itu tergantung juga dr setting berapa besar braking force disc brake belakang deh. semakin besar semakin dia bikin suspensi belakang mendem kebawah. again, nubie speaking. :big_grin:


Image
Mbah

Kl bimmer (e36) Vs merc (w212)

Si bimmer lebi kalem ngeremnya bukannya gara2 faktor 50:50 weight distribution nya yah.. khas bimmer banget kan tu mbah


# nubie balik nongkrong nyari mangsa lagi depan musatek :ungg: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4631
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Sat Aug 28, 2021 6:22
Profith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 3:26
marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 2:04

spring buffer itu mirip seperti karet stopper yang ada di setiap sisi roda. jadi hanya efektif bekerja saat muatan atau beban penuh.
spring buffer tidak akan mengobati nose dive saat hard braking.
penyebab nose dive bisa karena shock dan/atau per sudah lemah, atau memang konstruksi suspensi dan rem-nya seperti itu.

ada 1 mobil yang patut ditiru design suspensi dan sistem remnya, peugeot 504. mau hard braking seperti apapun, itu mobil ngga akan bisa nose dive.
Sip om, soalnya nih shock ANKI banyak yang bocor di group, dan saya juga kena, pas apes saja mungkin.
Harga baru shock Innova reborn lebih murah dr Innova yg lama. 550 rb an vs 360 rb an
Curiga kualitas masih bagus yang lama.

Saya pikir dengan adanya spring buffer membuat per ketahan, jadi kerjanya shock absorber tidak terlalu berat.
Spring buffer yah

Lupa perna ketik dmana, tp yg jlas kl saya sehh ga bakal beli gtuan

Mending ganti shock bagusan, atau ganti lebi cepet, atau pasang coilover kl kbanyakan wang, atau ganti ama pipa besi kaku skalian kaya mobil odong2
gapapa deh 5 thn sekali ganti shock. Supaya kali ini ganti sepasang kaut sampai 5 thn (padahal yang kanan tidak bocor)
TAPI
Pernah dapat sharing dr group sebelah, shock ANKI tidak bocor, tapi begitu dibuka .... LAH kok tidak balik keatas batang shock nya ....
alias mati.

Ya memang design 3 atau 4 tahun tergantung hoki dan pemakaian, terutama yang diesel,
Mungkin standard dia Innova bensinbsa tahan 7 thn, begitu dipakai di diesel gak kuat karena melewati limit wakakaakak :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sat Aug 28, 2021 6:29

Mbah

Kl bimmer (e36) Vs merc (w212)

Si bimmer lebi kalem ngeremnya bukannya gara2 faktor 50:50 weight distribution nya yah.. khas bimmer banget kan tu mbah


# nubie balik nongkrong nyari mangsa lagi depan musatek :ungg: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
bukan mbah, rem nya emang beda rasa juga. makanya ampe skrg sy msh pake tuh minyak rem ate.

btw mersi w202 mbah, bukan w212. :big_cry:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 6:51
gapapa deh 5 thn sekali ganti shock. Supaya kali ini ganti sepasang kaut sampai 5 thn (padahal yang kanan tidak bocor)
TAPI
Pernah dapat sharing dr group sebelah, shock ANKI tidak bocor, tapi begitu dibuka .... LAH kok tidak balik keatas batang shock nya ....
alias mati.

Ya memang design 3 atau 4 tahun tergantung hoki dan pemakaian, terutama yang diesel,
Mungkin standard dia Innova bensinbsa tahan 7 thn, begitu dipakai di diesel gak kuat karena melewati limit wakakaakak :big_biglaugh: :big_biglaugh:
shock nya sama ga ya dgn fortuner? ini ane ada nih nganggur. baru jalan 1000km udah dilepas. :big_grin:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sat Aug 28, 2021 5:30

yg setau nubie sirkuit rem itu biasanya dibikin 2 jalur dan diagonal. jd 1 jalur minyak rem utk FR/RH & RR/LH dan 1 jalurnya lagi utk FR/LH & RR/RH. itu juga yg mendictate kenapa bleeding minyak rem harus diagonal.

peraturan diagonal itu menjadi standard international bagi seluruh produsen mobil sejak tahun brp sy lupa, sbg redundancy measure utk menghindari rem blong, jd kl 1 sirkuit fail msh ada 1 sirkuit lain.

mengenai ga nose dive itu juga sy berasa di bmw e36. waktu itu punya msh gress bareng sama mersi w202 di rumah yg jg gress. yg bmw ga nose dive sementara yg w202 lbh nose dive. sy lbh suka rem nya bmw (ate) dibanding w202 (lucas). tp rasanya itu tergantung juga dr setting berapa besar braking force disc brake belakang deh. semakin besar semakin dia bikin suspensi belakang mendem kebawah. again, nubie speaking. :big_grin:


Image


mbah, sudah pernah kelolodan gagang trelek? kalo masih ngaku nubi saya jejelin gagang trelek tekiro lho....

kalo di 405 sama 504 itu, dari master atas keluar 1 pipa besar.
nah dari pipa besar itu masuk ke equalizer yang ngebagi depan belakang, sepertinya sama rata. entahlah, saya lupa nggak memperhatiken.

tul, be em vve juga pantatnya turun kalo direm keras. enak.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sat Aug 28, 2021 7:26

shock nya sama ga ya dgn fortuner? ini ane ada nih nganggur. baru jalan 1000km udah dilepas. :big_grin:


sama mbah.
mau dijual 5 juta sepasang kan? barang bekas milik seleb kondang memang lebih mahal... ma'lum.

:mky_03:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

DOHC wrote: Sat Aug 28, 2021 6:29

Mbah

Kl bimmer (e36) Vs merc (w212)

Si bimmer lebi kalem ngeremnya bukannya gara2 faktor 50:50 weight distribution nya yah.. khas bimmer banget kan tu mbah


# nubie balik nongkrong nyari mangsa lagi depan musatek :ungg: :ngacir: :ngacir: :ngacir:

e36 mirip 405. hanya saja travel pedal-nya si peugeot lebih panjang sedikit.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11861
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by marmut »

MSU wrote: Sat Aug 28, 2021 4:43
...dulu cari penyebab lampu sein redup aja bertahun2 wkwk...

ground nggak beres atau konektor ada kotoran. karena kalo tarik kabel langsung dari aki (positif & negatif) pasti langsung melotot bohlamnya.

peugeot kan? saya juga ngalamin. kenyaaaang....

:mky_03:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 7:29
Omnibus wrote: Sat Aug 28, 2021 7:26

shock nya sama ga ya dgn fortuner? ini ane ada nih nganggur. baru jalan 1000km udah dilepas. :big_grin:


sama mbah.
mau dijual 5 juta sepasang kan? barang bekas milik seleb kondang memang lebih mahal... ma'lum.

:mky_03:
hehehe barang bekas dilepas sama tangan omnibus lho ...... mau sy kasih grafir pahatan juga bisa ada tulisan Omnibus. jamin lurus lah ga miring2 kaya si Coys. :big_biglaugh:

terserah mbah profith aja, ga tau msh worth it ga setelah ongkir bdg-sby. mau di hand carry pickup ke bdg jg boleh.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4631
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Koleksi hand tools [Part 07]

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Sat Aug 28, 2021 7:40
marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 7:29
Omnibus wrote: Sat Aug 28, 2021 7:26

shock nya sama ga ya dgn fortuner? ini ane ada nih nganggur. baru jalan 1000km udah dilepas. :big_grin:


sama mbah.
mau dijual 5 juta sepasang kan? barang bekas milik seleb kondang memang lebih mahal... ma'lum.

:mky_03:
hehehe barang bekas dilepas sama tangan omnibus lho ...... mau sy kasih grafir pahatan juga bisa ada tulisan Omnibus. jamin lurus lah ga miring2 kaya si Coys. :big_biglaugh:

terserah mbah profith aja, ga tau msh worth it ga setelah ongkir bdg-sby. mau di hand carry pickup ke bdg jg boleh.
malah tertarik, om ganti shock merek apa? :big_smile]
Shock aslinya simpan saja, nanti jual bekas mobil masih ORI