yanuarra wrote: Sat Aug 28, 2021 2:46 Apa wheel hub perlu juga dibersihkan mbah![]()
IMG_20210828_094458.jpg
perlu. kalo udah bersih, wajip oles copper grease.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
yanuarra wrote: Sat Aug 28, 2021 2:46 Apa wheel hub perlu juga dibersihkan mbah![]()
IMG_20210828_094458.jpg
Sip om, soalnya nih shock ANKI banyak yang bocor di group, dan saya juga kena, pas apes saja mungkin.marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 2:04spring buffer itu mirip seperti karet stopper yang ada di setiap sisi roda. jadi hanya efektif bekerja saat muatan atau beban penuh.Profith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 1:13
Untuk PER ANKI diesel karena bobot lebih berat, kalau direm moncongnya ngayun ke depan cukup parah.
Apakah menambahkan spring buffer akan bagus untuk ikut menahan beban? apakah kaki2x lebih awet pakai ini?
sekedar contoh bukan sales ataupun pemilik toko
https://www.tokopedia.com/springautopar ... an-belkang
spring buffer tidak akan mengobati nose dive saat hard braking.
penyebab nose dive bisa karena shock dan/atau per sudah lemah, atau memang konstruksi suspensi dan rem-nya seperti itu.
ada 1 mobil yang patut ditiru design suspensi dan sistem remnya, peugeot 504. mau hard braking seperti apapun, itu mobil ngga akan bisa nose dive.
Profith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 3:26
Harga baru shock Innova reborn lebih murah dr Innova yg lama. 550 rb an vs 360 rb an
Curiga kualitas masih bagus yang lama.
Iya nih mbah barusan bersihin pake penetran trus disikat..trakhir semprot brake&part cleaner..
harga per pieces ommarmut wrote: Sat Aug 28, 2021 3:44Profith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 3:26
Harga baru shock Innova reborn lebih murah dr Innova yg lama. 550 rb an vs 360 rb an
Curiga kualitas masih bagus yang lama.
itu harga 1pc atau sepasang?
kalo mau lebih awet ya cari merk aftermarket atau ganti pakai coilover kan banyak yang bisa custom sekarang.
360rb mau sepasang kang? udah murah kang
Dulu di 405 juga ga nose dive mbah...pas di rem buntut-nya ya ikut turun...perancis mmg mantep..jangan2 teknologi ini dibawa terus ke seri2 berikutnyamarmut wrote: Sat Aug 28, 2021 2:04Profith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 1:13
Untuk PER ANKI diesel karena bobot lebih berat, kalau direm moncongnya ngayun ke depan cukup parah.
Apakah menambahkan spring buffer akan bagus untuk ikut menahan beban? apakah kaki2x lebih awet pakai ini?
sekedar contoh bukan sales ataupun pemilik toko
https://www.tokopedia.com/springautopar ... an-belkang
spring buffer itu mirip seperti karet stopper yang ada di setiap sisi roda. jadi hanya efektif bekerja saat muatan atau beban penuh.
spring buffer tidak akan mengobati nose dive saat hard braking.
penyebab nose dive bisa karena shock dan/atau per sudah lemah, atau memang konstruksi suspensi dan rem-nya seperti itu.
ada 1 mobil yang patut ditiru design suspensi dan sistem remnya, peugeot 504. mau hard braking seperti apapun, itu mobil ngga akan bisa nose dive.
Sama2 mbah...syukurlah lebih kepake buku itu di tangannya mbahmarmut wrote: Fri Aug 27, 2021 14:56Profith83 wrote: Fri Aug 27, 2021 7:43
Iya panduan service manual bisa beli dimana yah? apakah Toyota di CD nya itu ada yah?
Kapan hari coba baca CD nya Toyota Innova kok gak kedetect
service manual beda dengan manual book.
service manual hanya ditujukan untuk mekanik. sedangkan manual book, ditujukan untuk pengguna kendaraan.
isinya manual book itu dasar-dasar pengenalan dan tata cara pengoperasian sama perawatan ringan.
ini contoh service manual :
IMG20210827213742.jpg
IMG20210827213849.jpg
IMG_20210827_214942.jpg
IMG20210827213924.jpg
nih, buat yang mau stel klep. posisi feeler blade terhadap camshaft :
IMG20210827213948.jpg
IMG_20210827_215145.jpg
IMG20210827214303.jpg
wiring diagram :
IMG20210827214344.jpg
terimakasih saya ucapkan khusus kepada mbahMSU![]()
MSU wrote: Sat Aug 28, 2021 4:25
Dulu di 405 juga ga nose dive mbah...pas di rem buntut-nya ya ikut turun...perancis mmg mantep..jangan2 teknologi ini dibawa terus ke seri2 berikutnya
pernah tau masalah perbedaan brake master cylinder yang outputnya 1 dan 2?Omnibus
Duh ilmu saya ga sampe situ mbah...dulu cari penyebab lampu sein redup aja bertahun2 wkwk...marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 4:41MSU wrote: Sat Aug 28, 2021 4:25
Dulu di 405 juga ga nose dive mbah...pas di rem buntut-nya ya ikut turun...perancis mmg mantep..jangan2 teknologi ini dibawa terus ke seri2 berikutnya
ya, betul. 405 juga.
sayangnya di 505 nggak seperti itu. apa karena 504 dan 405 brake master cylinder-nya single output ya?
ada penjelasan mbah? atau mungkin mbahpernah tau masalah perbedaan brake master cylinder yang outputnya 1 dan 2?Omnibus
ini master cylinder mobil pada umumnya, 2 output, untuk belakang dan untuk depan :
BMW-34311156643-34-31-1-156-643-SF-Ate-Brake-Master-Cylinder-1.jpg
ini yang single output :
peugeot-hauptbremszylinder-p-504-einkreis-break-pick-up-206mm-10701075-berline-P74058.jpg
yg setau nubie sirkuit rem itu biasanya dibikin 2 jalur dan diagonal. jd 1 jalur minyak rem utk FR/RH & RR/LH dan 1 jalurnya lagi utk FR/LH & RR/RH. itu juga yg mendictate kenapa bleeding minyak rem harus diagonal.marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 4:41MSU wrote: Sat Aug 28, 2021 4:25
Dulu di 405 juga ga nose dive mbah...pas di rem buntut-nya ya ikut turun...perancis mmg mantep..jangan2 teknologi ini dibawa terus ke seri2 berikutnya
ya, betul. 405 juga.
sayangnya di 505 nggak seperti itu. apa karena 504 dan 405 brake master cylinder-nya single output ya?
ada penjelasan mbah? atau mungkin mbahpernah tau masalah perbedaan brake master cylinder yang outputnya 1 dan 2?Omnibus
ini master cylinder mobil pada umumnya, 2 output, untuk belakang dan untuk depan :
BMW-34311156643-34-31-1-156-643-SF-Ate-Brake-Master-Cylinder-1.jpg
ini yang single output :
peugeot-hauptbremszylinder-p-504-einkreis-break-pick-up-206mm-10701075-berline-P74058.jpg
Omnibus wrote: Fri Aug 27, 2021 18:19buat yg ngga tau, ini kisah nyata lhoDOHC wrote: Fri Aug 27, 2021 10:50gapapa, aku dulu jg gtDat510 wrote: Fri Aug 27, 2021 7:58 Ngomong2 masalah TW, my 730/12 is one of my best buys gara2 thread ini, inget dlu saya pertama2 nanya dsni ngga tau apa itu TW & gimana cara kerjanya, mbah yanuarra sampe bngung sama pertanyaan saya saking ngga jelas nya![]()
Dlu saya bongpas velg 1 sisi aja udah keringetan & butuh refill pake nasi padang 2 bungkus, gara2 ngelepas nya setengah mati efek dikencengin sekuat tenaga & ngencenginnya lagi pun sekuat tenaga sampe ngek2 injek2. Sekarang pake TW ngencengin enteng pake banget, pas ngelepas pun bisa cuma pake ratchet (tapi saya lebih seneng pake kunci palang, begitu kendor langsung spinnnnn).
Hari minggu kemarin rotasi 4 ban no problem at all.
beberapa taon malang melintang dsini modal pipa besi doank , ampe patahin baut roda inofa ama agya masing2 skali , tetep masi blom kapok
ampe di tret ini baru di marahin, diracunin pelan2 ama TW , ampe di kasi vocer free entry masas se sabes mabes gunsa lodan ancol ama mbah masas
ehhh, keracunan jadinya skrg , ampir smua baut di mobil saya ud d tork![]()
utk membuat mbah delko mau beralih dr pipa besi ke TW saya hrs merayu dgn segala cara, mirip susahnya kaya mau mindahin org2 yg tinggal di bantaran sungai ke rusun.
terpaksa sy keluarin jurus kasih free voucher masas segepok, free trelek oglek beta, free makan malam bersama chef tangan kecil imut2 berukuran lingkar dada 32C kesukaan dia, dan cicilan pembayaran 60x bunga 0%.
akhirnya mau deh mbah delko meninggalkan kehidupan lamanya dan beralih ke TW. meskipun yg namanya org udah kecanduan kronis, sy tau dia masih suka curi2 kesempatan pake pipa besinya lagi. biarlah, namanya libra, susah move on
![]()
![]()
![]()
Spring buffer yahProfith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 3:26Sip om, soalnya nih shock ANKI banyak yang bocor di group, dan saya juga kena, pas apes saja mungkin.marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 2:04spring buffer itu mirip seperti karet stopper yang ada di setiap sisi roda. jadi hanya efektif bekerja saat muatan atau beban penuh.Profith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 1:13
Untuk PER ANKI diesel karena bobot lebih berat, kalau direm moncongnya ngayun ke depan cukup parah.
Apakah menambahkan spring buffer akan bagus untuk ikut menahan beban? apakah kaki2x lebih awet pakai ini?
sekedar contoh bukan sales ataupun pemilik toko
https://www.tokopedia.com/springautopar ... an-belkang
spring buffer tidak akan mengobati nose dive saat hard braking.
penyebab nose dive bisa karena shock dan/atau per sudah lemah, atau memang konstruksi suspensi dan rem-nya seperti itu.
ada 1 mobil yang patut ditiru design suspensi dan sistem remnya, peugeot 504. mau hard braking seperti apapun, itu mobil ngga akan bisa nose dive.
Harga baru shock Innova reborn lebih murah dr Innova yg lama. 550 rb an vs 360 rb an
Curiga kualitas masih bagus yang lama.
Saya pikir dengan adanya spring buffer membuat per ketahan, jadi kerjanya shock absorber tidak terlalu berat.
Shock mobil skrg ud murah2 jauh mbahmarmut wrote: Sat Aug 28, 2021 4:33
mangka dari itu saya tanya supaya jelas.... kok cuma 550rb buat shock depan? sementara 12 taun lalu saya beli shock depan aja udah hampir 1,5 yuta... itu cuman dapet boge lho... generik, belum yang genuine part.
MbahOmnibus wrote: Sat Aug 28, 2021 5:30yg setau nubie sirkuit rem itu biasanya dibikin 2 jalur dan diagonal. jd 1 jalur minyak rem utk FR/RH & RR/LH dan 1 jalurnya lagi utk FR/LH & RR/RH. itu juga yg mendictate kenapa bleeding minyak rem harus diagonal.marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 4:41MSU wrote: Sat Aug 28, 2021 4:25
Dulu di 405 juga ga nose dive mbah...pas di rem buntut-nya ya ikut turun...perancis mmg mantep..jangan2 teknologi ini dibawa terus ke seri2 berikutnya
ya, betul. 405 juga.
sayangnya di 505 nggak seperti itu. apa karena 504 dan 405 brake master cylinder-nya single output ya?
ada penjelasan mbah? atau mungkin mbahpernah tau masalah perbedaan brake master cylinder yang outputnya 1 dan 2?Omnibus
ini master cylinder mobil pada umumnya, 2 output, untuk belakang dan untuk depan :
BMW-34311156643-34-31-1-156-643-SF-Ate-Brake-Master-Cylinder-1.jpg
ini yang single output :
peugeot-hauptbremszylinder-p-504-einkreis-break-pick-up-206mm-10701075-berline-P74058.jpg
peraturan diagonal itu menjadi standard international bagi seluruh produsen mobil sejak tahun brp sy lupa, sbg redundancy measure utk menghindari rem blong, jd kl 1 sirkuit fail msh ada 1 sirkuit lain.
mengenai ga nose dive itu juga sy berasa di bmw e36. waktu itu punya msh gress bareng sama mersi w202 di rumah yg jg gress. yg bmw ga nose dive sementara yg w202 lbh nose dive. sy lbh suka rem nya bmw (ate) dibanding w202 (lucas). tp rasanya itu tergantung juga dr setting berapa besar braking force disc brake belakang deh. semakin besar semakin dia bikin suspensi belakang mendem kebawah. again, nubie speaking.
![]()
gapapa deh 5 thn sekali ganti shock. Supaya kali ini ganti sepasang kaut sampai 5 thn (padahal yang kanan tidak bocor)DOHC wrote: Sat Aug 28, 2021 6:22Spring buffer yahProfith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 3:26Sip om, soalnya nih shock ANKI banyak yang bocor di group, dan saya juga kena, pas apes saja mungkin.marmut wrote: Sat Aug 28, 2021 2:04
spring buffer itu mirip seperti karet stopper yang ada di setiap sisi roda. jadi hanya efektif bekerja saat muatan atau beban penuh.
spring buffer tidak akan mengobati nose dive saat hard braking.
penyebab nose dive bisa karena shock dan/atau per sudah lemah, atau memang konstruksi suspensi dan rem-nya seperti itu.
ada 1 mobil yang patut ditiru design suspensi dan sistem remnya, peugeot 504. mau hard braking seperti apapun, itu mobil ngga akan bisa nose dive.
Harga baru shock Innova reborn lebih murah dr Innova yg lama. 550 rb an vs 360 rb an
Curiga kualitas masih bagus yang lama.
Saya pikir dengan adanya spring buffer membuat per ketahan, jadi kerjanya shock absorber tidak terlalu berat.
Lupa perna ketik dmana, tp yg jlas kl saya sehh ga bakal beli gtuan
Mending ganti shock bagusan, atau ganti lebi cepet, atau pasang coilover kl kbanyakan wang, atau ganti ama pipa besi kaku skalian kaya mobil odong2
bukan mbah, rem nya emang beda rasa juga. makanya ampe skrg sy msh pake tuh minyak rem ate.DOHC wrote: Sat Aug 28, 2021 6:29
Mbah
Kl bimmer (e36) Vs merc (w212)
Si bimmer lebi kalem ngeremnya bukannya gara2 faktor 50:50 weight distribution nya yah.. khas bimmer banget kan tu mbah
# nubie balik nongkrong nyari mangsa lagi depan musatek![]()
![]()
![]()
![]()
shock nya sama ga ya dgn fortuner? ini ane ada nih nganggur. baru jalan 1000km udah dilepas.Profith83 wrote: Sat Aug 28, 2021 6:51
gapapa deh 5 thn sekali ganti shock. Supaya kali ini ganti sepasang kaut sampai 5 thn (padahal yang kanan tidak bocor)
TAPI
Pernah dapat sharing dr group sebelah, shock ANKI tidak bocor, tapi begitu dibuka .... LAH kok tidak balik keatas batang shock nya ....
alias mati.
Ya memang design 3 atau 4 tahun tergantung hoki dan pemakaian, terutama yang diesel,
Mungkin standard dia Innova bensinbsa tahan 7 thn, begitu dipakai di diesel gak kuat karena melewati limit wakakaakak![]()
![]()
Omnibus wrote: Sat Aug 28, 2021 5:30
yg setau nubie sirkuit rem itu biasanya dibikin 2 jalur dan diagonal. jd 1 jalur minyak rem utk FR/RH & RR/LH dan 1 jalurnya lagi utk FR/LH & RR/RH. itu juga yg mendictate kenapa bleeding minyak rem harus diagonal.
peraturan diagonal itu menjadi standard international bagi seluruh produsen mobil sejak tahun brp sy lupa, sbg redundancy measure utk menghindari rem blong, jd kl 1 sirkuit fail msh ada 1 sirkuit lain.
mengenai ga nose dive itu juga sy berasa di bmw e36. waktu itu punya msh gress bareng sama mersi w202 di rumah yg jg gress. yg bmw ga nose dive sementara yg w202 lbh nose dive. sy lbh suka rem nya bmw (ate) dibanding w202 (lucas). tp rasanya itu tergantung juga dr setting berapa besar braking force disc brake belakang deh. semakin besar semakin dia bikin suspensi belakang mendem kebawah. again, nubie speaking.
![]()
Omnibus wrote: Sat Aug 28, 2021 7:26
shock nya sama ga ya dgn fortuner? ini ane ada nih nganggur. baru jalan 1000km udah dilepas.![]()
DOHC wrote: Sat Aug 28, 2021 6:29
Mbah
Kl bimmer (e36) Vs merc (w212)
Si bimmer lebi kalem ngeremnya bukannya gara2 faktor 50:50 weight distribution nya yah.. khas bimmer banget kan tu mbah
# nubie balik nongkrong nyari mangsa lagi depan musatek![]()
![]()
![]()
![]()
hehehe barang bekas dilepas sama tangan omnibus lho ...... mau sy kasih grafir pahatan juga bisa ada tulisan Omnibus. jamin lurus lah ga miring2 kaya si Coys.
malah tertarik, om ganti shock merek apa?Omnibus wrote: Sat Aug 28, 2021 7:40hehehe barang bekas dilepas sama tangan omnibus lho ...... mau sy kasih grafir pahatan juga bisa ada tulisan Omnibus. jamin lurus lah ga miring2 kaya si Coys.
terserah mbah profith aja, ga tau msh worth it ga setelah ongkir bdg-sby. mau di hand carry pickup ke bdg jg boleh.