Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
maskopat wrote:sedan lebih cepat dan stabil daripada MPV?
ada yang berani sedannya lawan MPV ini?
Bandingkan dengan sedan balap juga coba
Poin ttg fisika itu udah bener. Makanya mobil F-1 dibikin rendah serendah mungkin, bukan jangkung.
ane sebenernya nyari informasi peugeot 806 yang juara 3 di suatu balapan (kalo gak salah di balap touring atau LeMans, lupa banget detailnya) yang kalo gak salah 806 mengalahkan sedan2 sport car. waktu itu peugeot lagi nyeleneh nurunin MPV untuk balapan.
pointnya, teori itu emang benar, tapi beberapa case, sangat bergantung pada design dan struktur mobil itu sendiri..
maksudnya pug 806 yg ini yaa ?
well..mpv bisa sehebat itu tentu karena modifikasi besar...
tapi kalo bicara kondisi apa adanya (stock)...sedan sudah terlahir dng center of gravity yg rendah...kalopun bicara keduanya sama2 dimodif, untuk improve handling sedan masih tetap lebih mudah dibanding mpv
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
Ladder versus monocoque (lagi). IMO, ane yang tradisionalis penyuka SUV ladder RWD ini, jelas milih ladder ketimbang mono. Tapi, secara obyektif, ane percaya banget kalo sebangsa X-Trail ato CRV kalo cuman dipake sampe 10 taun dalkot dengan medan yang aspal mulus sampe setengah mulus, fine2 aja dan kuat2 aja kok. Paling2 mekanisme penggerak roda depannya yang rada kalah dikit ketimbang RWD yang nyaris trouble free. Tapi kalo soal struktur, sami mawonlah kekuatan mono versus ladder, bila pemakaian jalan raya dalkot.
Nha, kalo uda bicara medan ancur, lain lagilah ceritanya.
sangat bergantung tentang definisi kekuatan itu sendiri.. dari sisi mana kita mau lihat. dan tidak ada hubungannya mau FWD atau RWD. ini nantinya kembali lagi ke design struktur dan material yang digunakan.
ane masih bingung kenapa FWD selalu dibilang lemah? bisa dijelaskan di mana kelemahan kaki2 FWD vs RWD?
cieeeehhhh
maskopat jd fans FWD nehhhh
kalo ngomong kekuatan, ane msh bingung dimana kuat dan gak kuatnya..
tapi kalo bawa dan impresi, RWD tobh dah...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ane sebenernya nyari informasi peugeot 806 yang juara 3 di suatu balapan (kalo gak salah di balap touring atau LeMans, lupa banget detailnya) yang kalo gak salah 806 mengalahkan sedan2 sport car. waktu itu peugeot lagi nyeleneh nurunin MPV untuk balapan.
pointnya, teori itu emang benar, tapi beberapa case, sangat bergantung pada design dan struktur mobil itu sendiri..
maksudnya pug 806 yg ini yaa ?
well..mpv bisa sehebat itu tentu karena modifikasi besar...
tapi kalo bicara kondisi apa adanya (stock)...sedan sudah terlahir dng center of gravity yg rendah...kalopun bicara keduanya sama2 dimodif, untuk improve handling sedan masih tetap lebih mudah dibanding mpv
ane belum ketemu berita performa 806 versi balap ini om... lagi nyari2 juga sih. kalo gak salah lawannya waktu itu porsche 911, M3, dan beberapa mobil sport papan atas.. (bukan di atas papan cucian ye....)
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
maskopat wrote:nah, masalahnya sudah ada bukti FWD yang awet hingga 100 rb mile... sebuah honda accord... di mobil RWD sudah ada bukti?
100K miles.
Equal ama 160K KM. Di RWD gimana? Gak usah jauh2, Kijang Super bokap, 87 dan 96, entah udah berapa kali odo nya yang max 100K KM itu balik ke nol, tanpa ada gangguan berarti di penerus daya belakangnya. Paling pol ganti bearing hehehe.... Resepnya cuman rutin ganti oli gardan ama ngelumasin bearing pake grease.
maskopat wrote:sangat bergantung tentang definisi kekuatan itu sendiri.. dari sisi mana kita mau lihat. dan tidak ada hubungannya mau FWD atau RWD. ini nantinya kembali lagi ke design struktur dan material yang digunakan.
ane masih bingung kenapa FWD selalu dibilang lemah? bisa dijelaskan di mana kelemahan kaki2 FWD vs RWD?
Secara umum, ane percaya FWD lebih lemah soal drivetrain nya, karena penggerak depannya yang sekaligus buat belok2 itu. Asumsikan material sama, pemakaian dan perawatan sama, ane percaya FWD kalah badak versus RWD untuk periode tertentu, soal DRIVETRAIN loh y. Sistem penerus daya ke roda yang bergerak.
Bedewei, ini pertanyaan penasaran ane, pengen tau nih: ada gak y mobil berladder sejati (bukan campuran) yang FWD? Ane belom nemu, info plis....
maskopat wrote:sangat bergantung tentang definisi kekuatan itu sendiri.. dari sisi mana kita mau lihat. dan tidak ada hubungannya mau FWD atau RWD. ini nantinya kembali lagi ke design struktur dan material yang digunakan.
ane masih bingung kenapa FWD selalu dibilang lemah? bisa dijelaskan di mana kelemahan kaki2 FWD vs RWD?
Secara umum, ane percaya FWD lebih lemah soal drivetrain nya, karena penggerak depannya yang sekaligus buat belok2 itu. Asumsikan material sama, pemakaian dan perawatan sama, ane percaya FWD kalah badak versus RWD untuk periode tertentu, soal DRIVETRAIN loh y. Sistem penerus daya ke roda yang bergerak.
Bedewei, ini pertanyaan penasaran ane, pengen tau nih: ada gak y mobil berladder sejati (bukan campuran) yang FWD? Ane belom nemu, info plis....
dari statement ini, apakah dapat ane simpulkan bahwa kaki2 fortuner v yang menggunakan full time 4WD akan kalah badak dibanding fortuner G (2WD)...
dengan ikut menggerakkan roda depan, harusnya fortuner V akan lebih cepat rusak untuk bagian driveterain.. mohon pencerahan dari cowo malam nan macho...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Ane jg kurang mengerti dimana lemah nya fwd...kalau lebih lemah di karet boot yang vital iya....seberapa sering kerusakan di sistem penerus gerak dibanding rwd?
Setau ane rwd juga ada aus nya di kopel dan gigi gardan..cmiiw
Mengenai komponen lain seperti bearing tie rod balljoint dsb nya ane merasa lebih ke arah ketelatenan dan daya angkut beban mobil tsb....dan tentu seperti disebut oom kopat dari kekuatan material parts tsb...cmiiw sekali lagi:)
Oiya, accord dan civic, corolla, sentra taun jebot dgn mileage tinggi banyak kok yang bebas masalah penerus gerak:)
Volvo is known for its high safety standards.[clarification needed] Owners are often proud of achieving high mileage;[10] one well-documented 1966 Volvo P1800 has been driven over 2.8 million miles, a Guinness World Record for most miles driven by a single owner in a non-commercial vehicle.[11] According to some figures, the average age of a Volvo being discarded is 19.8 years, second only to Mercedes.[12]
Ladder versus monocoque (lagi). IMO, ane yang tradisionalis penyuka SUV ladder RWD ini, jelas milih ladder ketimbang mono. Tapi, secara obyektif, ane percaya banget kalo sebangsa X-Trail ato CRV kalo cuman dipake sampe 10 taun dalkot dengan medan yang aspal mulus sampe setengah mulus, fine2 aja dan kuat2 aja kok. Paling2 mekanisme penggerak roda depannya yang rada kalah dikit ketimbang RWD yang nyaris trouble free. Tapi kalo soal struktur, sami mawonlah kekuatan mono versus ladder, bila pemakaian jalan raya dalkot.
Nha, kalo uda bicara medan ancur, lain lagilah ceritanya.
sangat bergantung tentang definisi kekuatan itu sendiri.. dari sisi mana kita mau lihat. dan tidak ada hubungannya mau FWD atau RWD. ini nantinya kembali lagi ke design struktur dan material yang digunakan.
ane masih bingung kenapa FWD selalu dibilang lemah? bisa dijelaskan di mana kelemahan kaki2 FWD vs RWD?
AFAIK, sistem RWD sudah ada lbh dulu dibanding FWD.CMIIW
jadi sementara disaat sistem FWD masih dalam proses pengembangan, sedangkan sistem RWD sudah mencapai titik kesempurnaan dr konstruksinya sehingga bisa dibilang nyaris trouble free. Sistem RWD sendiri gak lahir langsung sempurna, kalo kita ingat jaman 80's di koran2 sering sekali berita kecelakaan mobil terjungkal atau kebakaran karena cross joint kopelnya lepas secara tiba2....sampe2 disaat itu banyak orang yg memasang besi plat U atau rantai untuk menahan kopel supaya jgn sampe jatuh jika incase cross joint putus.
seiring dengan perkembangan tenologi, saya yakin nanti juga lama2 sistem FWD akan menemukan titik kesempurnaan konstruksinya hingga bisa sama2 almost trouble free, dan contoh sekarang ini, pabrikan JEEP yg notabene spesialis mbl offroad juga mulai menerapkan sistem tsb di line up nya (Jeep Patriot)
The Patriot uses a four-cylinder 2.0 L or 2.4 L GEMA gasoline I4 engine [2] In the U.S. the base car features front-wheel drive, but a choice of two electronically controlled four-wheel drive systems is optional.
Patriot memang bukan untuk offroad ekstrim (softroader), tapi jika pabrikan spesialis mbl badak sekelas JEEP sudah mempercayakan sistem FWD diline up-nya, berarti ada kemungkinan untuk skrg ini sistem FWD tsb sudah bisa diandalkan.
IMHO dan CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
IMHO:
Sistem powertrain FWD kalau mau dibuat sangat robust bisa saja, tinggal gunakan komponen CV Joint yg terbuat dari Boron Steel / Tungsten Carbide Steel serta Grease High Performance spt buatan Royal Purple misalnya.
Masalahnya : kembali ke Cost & efek thd harga jual mobilnya
walah gak usah bahas jauh2 kekuatan FWD atau RWD yg unggul, kan kita beli bukan untuk angkut barang dan kita pakai paling lama juga 5 tahun...ngapain juga pusing2...ini dari sisi konsumen aliran tiap 4 tahun ganti....
abrof wrote:walah gak usah bahas jauh2 kekuatan FWD atau RWD yg unggul, kan kita beli bukan untuk angkut barang dan kita pakai paling lama juga 5 tahun...ngapain juga pusing2...ini dari sisi konsumen aliran tiap 4 tahun ganti....
yang FWD kayaknya cuman Honda Accord 90 yg paling jauh 1 juta mil km....masih banyak yg RWD yg jauh di atas 1 juta mil....sebenarnya costnya lebih besar mana nih? FWD atau RWD?
Sepertinya rekor2 begini lebih ttg ngototnya si pemilik ngerawat, bukan soal fwd rwd. Kalo mau dirawat dan ada spare partnya...kan tinggal ganti aja, masuk record book deh
Sama saja lah...cuma umum nya disini ladder frame + fwd...kalau monocoque + rwd(yang ini nih kayanya asik) kebanyakan mobil lux yang harga nya juga lux...Ђεђεђε Ђεђεђε™ cmiiw
Kalo torque gede2 (kaya mobil2 mahal), emang enakan RWD sih. Kalo gede bener fwd setir jadi gak enak pas dibejek (torque steer). Tapi katanya ada teknologi2 baru yg me minimize gejala ini.
FortunerMan wrote:Kalo torque gede2 (kaya mobil2 mahal), emang enakan RWD sih. Kalo gede bener fwd setir jadi gak enak pas dibejek (torque steer). Tapi katanya ada teknologi2 baru yg me minimize gejala ini.
kalo masalah enak2an, mungkin RWD relatif lebih enak untuk torsi besar. apalagi untuk akselerasi. dengan bobot bergeser ke roda belakang, RWD akan lebih diunggulkan untuk akselerasi.
tapi kalo bicara kekuatan, ada informasi civic tahun 78-an yang masalah dengan driveterain atau powerterain? kalo gak salah civic ini sudah FWD.. kalo ada info, bisa di-share dimari agar jadi sesuatu banget...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ane sih belum pernah dengar civic 78-an yang masalah di powertrain atau drivetrain ya om...
malah lebih sering denger kopel join putus seperti yang diceritakan di atas. temen ane malah SL nya yang putus kopel joinnya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Cost lbh tinggi sistem RWD.
Ketahanan jg lbh tinggi RWD.
Makanya RWD biasanya dipake mbl dgn beban berat.
kalo ane duga sih, mobil pengangkut beban berat dibuat RWD lebih karena distribusi beban yang ke belakang. kalo ente bisa bikin mobil pengangkut dengan beban di depan dengan nyaman dan aman, ane yakin orang akan beralih ke FWD...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green