Pajero sport vs fortuner

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by jalu »

maskopat wrote:
FortunerMan wrote:
maskopat wrote:sedan lebih cepat dan stabil daripada MPV?
ada yang berani sedannya lawan MPV ini?
Image
:mky_05:
Bandingkan dengan sedan balap juga coba :mrgreen:

Poin ttg fisika itu udah bener. Makanya mobil F-1 dibikin rendah serendah mungkin, bukan jangkung.
:mky_01:

ane sebenernya nyari informasi peugeot 806 yang juara 3 di suatu balapan (kalo gak salah di balap touring atau LeMans, lupa banget detailnya) yang kalo gak salah 806 mengalahkan sedan2 sport car. waktu itu peugeot lagi nyeleneh nurunin MPV untuk balapan.
pointnya, teori itu emang benar, tapi beberapa case, sangat bergantung pada design dan struktur mobil itu sendiri..
maksudnya pug 806 yg ini yaa ?

Image

well..mpv bisa sehebat itu tentu karena modifikasi besar...
tapi kalo bicara kondisi apa adanya (stock)...sedan sudah terlahir dng center of gravity yg rendah...kalopun bicara keduanya sama2 dimodif, untuk improve handling sedan masih tetap lebih mudah dibanding mpv
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by maskopat »

doq wrote:
maskopat wrote:
Nightster Guy wrote:Rame nih....

Ladder versus monocoque (lagi). IMO, ane yang tradisionalis penyuka SUV ladder RWD ini, jelas milih ladder ketimbang mono. Tapi, secara obyektif, ane percaya banget kalo sebangsa X-Trail ato CRV kalo cuman dipake sampe 10 taun dalkot dengan medan yang aspal mulus sampe setengah mulus, fine2 aja dan kuat2 aja kok. :) Paling2 mekanisme penggerak roda depannya yang rada kalah dikit ketimbang RWD yang nyaris trouble free. Tapi kalo soal struktur, sami mawonlah kekuatan mono versus ladder, bila pemakaian jalan raya dalkot.

Nha, kalo uda bicara medan ancur, lain lagilah ceritanya.
sangat bergantung tentang definisi kekuatan itu sendiri.. dari sisi mana kita mau lihat. dan tidak ada hubungannya mau FWD atau RWD. ini nantinya kembali lagi ke design struktur dan material yang digunakan.
ane masih bingung kenapa FWD selalu dibilang lemah? bisa dijelaskan di mana kelemahan kaki2 FWD vs RWD?
cieeeehhhh
maskopat jd fans FWD nehhhh :upss: :upss:
:ngacir:
kalo ngomong kekuatan, ane msh bingung dimana kuat dan gak kuatnya..
tapi kalo bawa dan impresi, RWD tobh dah... :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by maskopat »

jalu wrote:
maskopat wrote: :mky_01:

ane sebenernya nyari informasi peugeot 806 yang juara 3 di suatu balapan (kalo gak salah di balap touring atau LeMans, lupa banget detailnya) yang kalo gak salah 806 mengalahkan sedan2 sport car. waktu itu peugeot lagi nyeleneh nurunin MPV untuk balapan.
pointnya, teori itu emang benar, tapi beberapa case, sangat bergantung pada design dan struktur mobil itu sendiri..
maksudnya pug 806 yg ini yaa ?

Image

well..mpv bisa sehebat itu tentu karena modifikasi besar...
tapi kalo bicara kondisi apa adanya (stock)...sedan sudah terlahir dng center of gravity yg rendah...kalopun bicara keduanya sama2 dimodif, untuk improve handling sedan masih tetap lebih mudah dibanding mpv
ane belum ketemu berita performa 806 versi balap ini om... lagi nyari2 juga sih. kalo gak salah lawannya waktu itu porsche 911, M3, dan beberapa mobil sport papan atas.. (bukan di atas papan cucian ye....) :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by Nightster Guy »

maskopat wrote:nah, masalahnya sudah ada bukti FWD yang awet hingga 100 rb mile... sebuah honda accord... di mobil RWD sudah ada bukti? :e-think:
100K miles.

Equal ama 160K KM. Di RWD gimana? Gak usah jauh2, Kijang Super bokap, 87 dan 96, entah udah berapa kali odo nya yang max 100K KM itu balik ke nol, tanpa ada gangguan berarti di penerus daya belakangnya. Paling pol ganti bearing hehehe.... Resepnya cuman rutin ganti oli gardan ama ngelumasin bearing pake grease.
maskopat wrote:sangat bergantung tentang definisi kekuatan itu sendiri.. dari sisi mana kita mau lihat. dan tidak ada hubungannya mau FWD atau RWD. ini nantinya kembali lagi ke design struktur dan material yang digunakan.
ane masih bingung kenapa FWD selalu dibilang lemah? bisa dijelaskan di mana kelemahan kaki2 FWD vs RWD?
Secara umum, ane percaya FWD lebih lemah soal drivetrain nya, karena penggerak depannya yang sekaligus buat belok2 itu. Asumsikan material sama, pemakaian dan perawatan sama, ane percaya FWD kalah badak versus RWD untuk periode tertentu, soal DRIVETRAIN loh y. Sistem penerus daya ke roda yang bergerak.

Bedewei, ini pertanyaan penasaran ane, pengen tau nih: ada gak y mobil berladder sejati (bukan campuran) yang FWD? Ane belom nemu, info plis.... :)
Das Beste oder nichts.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by maskopat »

om NG, sori, bukan 100rb mile, tapi 1jt mile... maapin kebodohan ane mengingat...
monggo dinikmati beritanya.. http://news.discovery.com/autos/honda-o ... 10617.html
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by maskopat »

Nightster Guy wrote:
maskopat wrote:sangat bergantung tentang definisi kekuatan itu sendiri.. dari sisi mana kita mau lihat. dan tidak ada hubungannya mau FWD atau RWD. ini nantinya kembali lagi ke design struktur dan material yang digunakan.
ane masih bingung kenapa FWD selalu dibilang lemah? bisa dijelaskan di mana kelemahan kaki2 FWD vs RWD?
Secara umum, ane percaya FWD lebih lemah soal drivetrain nya, karena penggerak depannya yang sekaligus buat belok2 itu. Asumsikan material sama, pemakaian dan perawatan sama, ane percaya FWD kalah badak versus RWD untuk periode tertentu, soal DRIVETRAIN loh y. Sistem penerus daya ke roda yang bergerak.

Bedewei, ini pertanyaan penasaran ane, pengen tau nih: ada gak y mobil berladder sejati (bukan campuran) yang FWD? Ane belom nemu, info plis.... :)
dari statement ini, apakah dapat ane simpulkan bahwa kaki2 fortuner v yang menggunakan full time 4WD akan kalah badak dibanding fortuner G (2WD)...
dengan ikut menggerakkan roda depan, harusnya fortuner V akan lebih cepat rusak untuk bagian driveterain.. mohon pencerahan dari cowo malam nan macho... :mky_01:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by ZombiEE »

Ane jg kurang mengerti dimana lemah nya fwd...kalau lebih lemah di karet boot yang vital iya....seberapa sering kerusakan di sistem penerus gerak dibanding rwd?
Setau ane rwd juga ada aus nya di kopel dan gigi gardan..cmiiw
Mengenai komponen lain seperti bearing tie rod balljoint dsb nya ane merasa lebih ke arah ketelatenan dan daya angkut beban mobil tsb....dan tentu seperti disebut oom kopat dari kekuatan material parts tsb...cmiiw sekali lagi:)
Oiya, accord dan civic, corolla, sentra taun jebot dgn mileage tinggi banyak kok yang bebas masalah penerus gerak:)
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by Nightster Guy »

maskopat wrote:om NG, sori, bukan 100rb mile, tapi 1jt mile... maapin kebodohan ane mengingat...
monggo dinikmati beritanya.. http://news.discovery.com/autos/honda-o ... 10617.html
Udah ane duga. :) Ada, om Kopat! Mercedes ponton, masuk rekor dunia. Juga taxinya > http://www.youtube.com/watch?v=U9FCzlIuIUA. Plus Volvo Guinness juga > http://en.wikipedia.org/wiki/Volvo_Cars
Volvo is known for its high safety standards.[clarification needed] Owners are often proud of achieving high mileage;[10] one well-documented 1966 Volvo P1800 has been driven over 2.8 million miles, a Guinness World Record for most miles driven by a single owner in a non-commercial vehicle.[11] According to some figures, the average age of a Volvo being discarded is 19.8 years, second only to Mercedes.[12]
Das Beste oder nichts.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by ZombiEE »

Btw, term "cepat rusak" itu menurut nubietol sangat ambigu dan rancu...‎​‎​Ђεђεђε :D Ђεђεђε™
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by jalu »

maskopat wrote:
Nightster Guy wrote:Rame nih....

Ladder versus monocoque (lagi). IMO, ane yang tradisionalis penyuka SUV ladder RWD ini, jelas milih ladder ketimbang mono. Tapi, secara obyektif, ane percaya banget kalo sebangsa X-Trail ato CRV kalo cuman dipake sampe 10 taun dalkot dengan medan yang aspal mulus sampe setengah mulus, fine2 aja dan kuat2 aja kok. :) Paling2 mekanisme penggerak roda depannya yang rada kalah dikit ketimbang RWD yang nyaris trouble free. Tapi kalo soal struktur, sami mawonlah kekuatan mono versus ladder, bila pemakaian jalan raya dalkot.

Nha, kalo uda bicara medan ancur, lain lagilah ceritanya.
sangat bergantung tentang definisi kekuatan itu sendiri.. dari sisi mana kita mau lihat. dan tidak ada hubungannya mau FWD atau RWD. ini nantinya kembali lagi ke design struktur dan material yang digunakan.
ane masih bingung kenapa FWD selalu dibilang lemah? bisa dijelaskan di mana kelemahan kaki2 FWD vs RWD?
AFAIK, sistem RWD sudah ada lbh dulu dibanding FWD.CMIIW
jadi sementara disaat sistem FWD masih dalam proses pengembangan, sedangkan sistem RWD sudah mencapai titik kesempurnaan dr konstruksinya sehingga bisa dibilang nyaris trouble free. Sistem RWD sendiri gak lahir langsung sempurna, kalo kita ingat jaman 80's di koran2 sering sekali berita kecelakaan mobil terjungkal atau kebakaran karena cross joint kopelnya lepas secara tiba2....sampe2 disaat itu banyak orang yg memasang besi plat U atau rantai untuk menahan kopel supaya jgn sampe jatuh jika incase cross joint putus.

seiring dengan perkembangan tenologi, saya yakin nanti juga lama2 sistem FWD akan menemukan titik kesempurnaan konstruksinya hingga bisa sama2 almost trouble free, dan contoh sekarang ini, pabrikan JEEP yg notabene spesialis mbl offroad juga mulai menerapkan sistem tsb di line up nya (Jeep Patriot)
The Patriot uses a four-cylinder 2.0 L or 2.4 L GEMA gasoline I4 engine [2] In the U.S. the base car features front-wheel drive, but a choice of two electronically controlled four-wheel drive systems is optional.

http://en.wikipedia.org/wiki/Jeep_Patriot
Patriot memang bukan untuk offroad ekstrim (softroader), tapi jika pabrikan spesialis mbl badak sekelas JEEP sudah mempercayakan sistem FWD diline up-nya, berarti ada kemungkinan untuk skrg ini sistem FWD tsb sudah bisa diandalkan.

IMHO dan CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by ZombiEE »

Terima Kasih kakak pembina...as usual..a very informative piece...
FortunerMan

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by FortunerMan »

toyotaman wrote:Cuman fortuner yang 555 kg.
dan HUMMER :mrgreen:
toyotaman wrote:1000 lbs ? Itu cuman sekitar 500 kg Om. Kecil yah ? Mirip ama fortuner gitu. Mungkin curb weight Hummer udah berat banget.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by Turboman »

IMHO:
Sistem powertrain FWD kalau mau dibuat sangat robust bisa saja, tinggal gunakan komponen CV Joint yg terbuat dari Boron Steel / Tungsten Carbide Steel serta Grease High Performance spt buatan Royal Purple misalnya.

Masalahnya : kembali ke Cost & efek thd harga jual mobilnya

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by ZombiEE »

Tungsten carbide steel....mantap...ini ane yakin dah kekuatannya...buat pembelah gunung biasanya....‎​​メίίメίίメίί‎​​メίίメίίメίί
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by abrof »

walah gak usah bahas jauh2 kekuatan FWD atau RWD yg unggul, kan kita beli bukan untuk angkut barang dan kita pakai paling lama juga 5 tahun...ngapain juga pusing2...ini dari sisi konsumen aliran tiap 4 tahun ganti....
FortunerMan

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by FortunerMan »

abrof wrote:walah gak usah bahas jauh2 kekuatan FWD atau RWD yg unggul, kan kita beli bukan untuk angkut barang dan kita pakai paling lama juga 5 tahun...ngapain juga pusing2...ini dari sisi konsumen aliran tiap 4 tahun ganti....
Gpp lah dibahas, untuk menambah pengetahuan.
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by abrof »

yang FWD kayaknya cuman Honda Accord 90 yg paling jauh 1 juta mil km....masih banyak yg RWD yg jauh di atas 1 juta mil....sebenarnya costnya lebih besar mana nih? FWD atau RWD?
FortunerMan

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by FortunerMan »

Sepertinya rekor2 begini lebih ttg ngototnya si pemilik ngerawat, bukan soal fwd rwd. Kalo mau dirawat dan ada spare partnya...kan tinggal ganti aja, masuk record book deh
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by ZombiEE »

Sama saja lah...cuma umum nya disini ladder frame + fwd...kalau monocoque + rwd(yang ini nih kayanya asik) kebanyakan mobil lux yang harga nya juga lux...‎​‎​Ђεђεђε :D Ђεђεђε™ cmiiw
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by abrof »

jadi asal dirawat FWD juga ok kan?
FortunerMan

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by FortunerMan »

Kalo torque gede2 (kaya mobil2 mahal), emang enakan RWD sih. Kalo gede bener fwd setir jadi gak enak pas dibejek (torque steer). Tapi katanya ada teknologi2 baru yg me minimize gejala ini.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:Kalo torque gede2 (kaya mobil2 mahal), emang enakan RWD sih. Kalo gede bener fwd setir jadi gak enak pas dibejek (torque steer). Tapi katanya ada teknologi2 baru yg me minimize gejala ini.
kalo masalah enak2an, mungkin RWD relatif lebih enak untuk torsi besar. apalagi untuk akselerasi. dengan bobot bergeser ke roda belakang, RWD akan lebih diunggulkan untuk akselerasi.

tapi kalo bicara kekuatan, ada informasi civic tahun 78-an yang masalah dengan driveterain atau powerterain? kalo gak salah civic ini sudah FWD.. kalo ada info, bisa di-share dimari agar jadi sesuatu banget... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by BADAK »

abrof wrote:jadi asal dirawat FWD juga ok kan?
Cost lbh tinggi sistem RWD.
Ketahanan jg lbh tinggi RWD.
Makanya RWD biasanya dipake mbl dgn beban berat.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by maskopat »

abrof wrote:jadi asal dirawat FWD juga ok kan?
ane sih belum pernah dengar civic 78-an yang masalah di powertrain atau drivetrain ya om...
malah lebih sering denger kopel join putus seperti yang diceritakan di atas. temen ane malah SL nya yang putus kopel joinnya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Pajero sport vs fortuner

Post by maskopat »

BADAK wrote:
abrof wrote:jadi asal dirawat FWD juga ok kan?
Cost lbh tinggi sistem RWD.
Ketahanan jg lbh tinggi RWD.
Makanya RWD biasanya dipake mbl dgn beban berat.
kalo ane duga sih, mobil pengangkut beban berat dibuat RWD lebih karena distribusi beban yang ke belakang. kalo ente bisa bikin mobil pengangkut dengan beban di depan dengan nyaman dan aman, ane yakin orang akan beralih ke FWD... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green