jalu wrote:
mengenai aditif2 gitu ternyata boss susah kasi approve, alasannya simpel krn itu mbl rental...kt boss kalo mesin jebol tinggal balikin aja ke vendor rental untuk diserpis.

Lg pula kami cuma ada 5 unit triton yg dipake tugas disini (4 unit tipe commonrail dan 1 unit tipe "jadulrail"

)
btw, si Triton jadulrail itulah yang paling setia bertugas, mesinnya bising tapi gak pernah cengeng, akselerasinya biasa2 aja tapi torsinya asik...selalu siap jadi towing machine disaat yang lain mesinnya ngambek, selalu siap berenang kalo lumpur/genangan air cukup dalam tanpa kuatir problem elektrikal...
Kalo begitu case-nya, maka utk staff sebetulnya lebih enak rental yg Triton HD-X atau L 200 aja, nah yg buat ente pake atau eksekutif / pimpinan pake baru yg Triton Exceed.
Sebetulnya penggunaan additip BBM pada mobil rental yg disewa dlm jangka panjang toh juga akan menguntungkan kita sbg user, percobaan saya di Diesel jadul IDI ToKiDies (punya sendiri ini mah), antara Biosolar polos vs dikasih additip kons BBM-nya beda, dgn driving style sama en rute jalanan sama dan ini udah saya amati scr berulang ulang, juga usia oli jadi sedikit lebih panjang (pembakaran lebih bersih). Kecuali kalau mobil tsb akan dikembalikan dalam waktu dekat yah wis deh.
Dan yg saya amati pada kondisi Nozzle yg bersih vs kotor, EGT juga ada sedikit beda saat akselerasi awal, menandakan saat nozzle kotor ada BBM yg terbakar percuma. (Pengamatan di Ipah D4 D saat sebelum dan sesudah Purging)
Lalau sebetulnya aplikasi elektronik pada mesin itu selain utk emisi / performa / efisiensi BBM, juga utk keamanan mesin itu sendiri, krn jika ECU membaca ada hal2 tertentu yg di asumsikan bisa berisiko bagi mesin maka lampu check engine akan menyala dan mesin masuk mode limp home.
kalo dari sisi user (utk mobil pribadi) aplikasi elektronik pada mobil akan terasa menyenangkan saat kita hendak modifikasi / menaikkan tenaga mesin, krn lebih mudah, dgn permainan tipu2 signal
Kalo di negara2 dgn regulasi emisi ketat maka mesin2 mekanikal pasti tersingkir karena gak sanggup ngikutin standard Euro 4, spt Panther (Tavera) di India yg terpaksa hrs pensiunin 4JA1-L & ganti mesin dgn Solanika CRD 2.0
Sedangkan di Indonesia kasusnya berbeda, krn Pemerintah "gak peduli" dgn perbaikan standard emisi dan perbaikan mutu BBM.
Kalo di Kalimantan mutu BBM jelek memang kita patut "merenung", krn Kalimantan sangat kaya akan batubara dimana batubara itu bisa diolah menjadi Synthetic Diesel Fuel berkualitas sgt tinggi (Fischer Tropsch process) dgn CN bisa mencapai di atas 70 serta bebas sulphur......