Page 4 of 12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Wed Apr 23, 2025 1:56
by sahabatq8
ivancandinegara wrote: Tue Apr 22, 2025 16:14
sahabatq8 wrote: Tue Apr 22, 2025 7:53 Kalo under 100rb sih , better jangan pake 0w20... Ngeri. Masalahnya saat baru 0w20, saat selsai pemakaian visconya udah drop 😅
Hmm, ini dgn asumsi pemakaian berapa km atau bulan kah om? Dan, under 100k better pake 5w-30 gitu kah?
Kalo hasil hasil beberapa tes lab kebelakang pemakaian 5000-7000 an km. Kalo saya pribadi sih gitu, dengan budget minim bikin oli 5w30 yang bagus lebih gampang daripada bikin 0w20 yang bagus.

Kalo bikin 0w20 tapi baseoil & additif gak pake yang top tier ya jadinya begitu viscositynya ngedrop pas udah kena wear and tear.
Kecuali mungkin kalo misalnya engine loadnya rendah sekali mungkin gpp. In general sih cari yang ada pdsnya juga, agak tanda tanya qualitas olinya kalau pds aja gak ada.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Wed Apr 23, 2025 2:23
by Chr1stm1
darrelund wrote: Tue Apr 22, 2025 13:07 barusan ke azko (ace) moi

aditip ams perf.imp disc 50% jadi 114rb

siapa tau kan.....
sikat om
Kalo saya udah ta sikat aja, selama segel masih aman dan cairan bening..
Pas 2021 - 2022 bbrp x pake, feelnya enak.
Mirip kayak schaefer 131tt

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Wed Apr 23, 2025 2:54
by kayukayuthe5th
Suryaputra wrote: Tue Apr 22, 2025 12:16
kayukayuthe5th wrote: Tue Apr 22, 2025 11:42
iflanqst wrote: Tue Apr 22, 2025 10:11

maaf ikut nimbrung, dari 3 itu yg udah dpake d CX-5, paling enak feel-nya yg mana om?
jelas Q8.
Api sp mbah?
yah kan pilihan diatas TS ada 3 (MGO, Q8, Eneos x silver) itu sih milih Q8 yah. kalo API SP dan details sih tanya suhu @sahabatq8 aja deh hehe

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Wed Apr 23, 2025 4:11
by severmaya
ivancandinegara wrote: Tue Apr 22, 2025 3:16
t105erd wrote: Tue Apr 22, 2025 0:17 Kalo baru ambil mobil 2nd memang ada baiknya ganti fluida semua pak, biar tenang aja dan record nya kita tau untuk kedepanya. Bisa pakai 5W30 atau 0W20, kalo sering jalan lebih baik pakai yg full sintetis. Coba pakai 0W20 dulu apakah ada pengurangan signifikan atau nggak, soalnya di banyak artikel mesin 2AZ-FE ini emang ada problem di oil consumption, jadi siapin aja 1 botol buat top up, kalo kapasitas 4.3L sisa 0.7L nya bisa buat nambah2. Lengkapnya bisa baca di bawah ini.

https://www.toyota-club.net/files/faq/0 ... az_eng.htm

kalo matik pakai yg sesuai spek aja, kalo saya sih pakai oli matik yg sapujagat (Spirax S6), drain and fill biasa, nanti temen2 yg lebih ahli bisa nambahin soal prosedur ganti oli matik.
Thank you, om. Cara cek pengurangan cuma lewat dipstick aja kan yah?

Untuk oli mesin 0w-20 ada rekomendasi under 100k kah? Di CX-5 saya sejauh ini pake MGO, Eneos X Titanium, dan Q8 D1FE. Next mau coba SHU dan PFG.
Maaf oot, om dari CX5 ke harrier gimana impresinya? Plus minusnya? Saya juga dulu pengen coba pelihara salah satu dari dua mobil ini, tapi ga jadi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Wed Apr 23, 2025 4:42
by Suryaputra
kayukayuthe5th wrote: Wed Apr 23, 2025 2:54
Suryaputra wrote: Tue Apr 22, 2025 12:16
kayukayuthe5th wrote: Tue Apr 22, 2025 11:42
jelas Q8.
Api sp mbah?
yah kan pilihan diatas TS ada 3 (MGO, Q8, Eneos x silver) itu sih milih Q8 yah. kalo API SP dan details sih tanya suhu @sahabatq8 aja deh hehe
:mky_03: :mky_03:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Wed Apr 23, 2025 7:02
by ivancandinegara
sahabatq8 wrote: Wed Apr 23, 2025 1:56 Kalo hasil hasil beberapa tes lab kebelakang pemakaian 5000-7000 an km. Kalo saya pribadi sih gitu, dengan budget minim bikin oli 5w30 yang bagus lebih gampang daripada bikin 0w20 yang bagus.

Kalo bikin 0w20 tapi baseoil & additif gak pake yang top tier ya jadinya begitu viscositynya ngedrop pas udah kena wear and tear.
Kecuali mungkin kalo misalnya engine loadnya rendah sekali mungkin gpp. In general sih cari yang ada pdsnya juga, agak tanda tanya qualitas olinya kalau pds aja gak ada.
I see, noted om. PDS bener juga sih, kalo itu aja gak niat makin tanda tanya kualitasnya.
severmaya wrote: Wed Apr 23, 2025 4:11 Maaf oot, om dari CX5 ke harrier gimana impresinya? Plus minusnya? Saya juga dulu pengen coba pelihara salah satu dari dua mobil ini, tapi ga jadi
So far 5 hari terakhir impresinya nyaman banget sih om, tapi lumayan lebih limbung even utk pemakaian dalkot. Bawaannya pengen nyetir santai kalo Harrier. Btw, unit saya terpaut 9 tahun (2008 vs 2017, atau rilisnya 2003 vs 2012).

--------------------------------------------------------------------------------

Btw, izin tanya lagi: oil sludge vs oil varnish vs kerak oli mesin, ini beda atau sama yah? Dan, solusinya seperti apa? Saya pernah baca salah satunya bisa pake oli mesin diesel daripada pake PTT engine flush utk kasus oil sludge. Saya waktu angkut Harrier, dari inspektornya ada catatan "bekas kerak di ruang mesin (ex bongkar head atas)".

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Wed Apr 23, 2025 7:56
by sahabatq8
ivancandinegara wrote: Wed Apr 23, 2025 7:02
sahabatq8 wrote: Wed Apr 23, 2025 1:56 Kalo hasil hasil beberapa tes lab kebelakang pemakaian 5000-7000 an km. Kalo saya pribadi sih gitu, dengan budget minim bikin oli 5w30 yang bagus lebih gampang daripada bikin 0w20 yang bagus.

Kalo bikin 0w20 tapi baseoil & additif gak pake yang top tier ya jadinya begitu viscositynya ngedrop pas udah kena wear and tear.
Kecuali mungkin kalo misalnya engine loadnya rendah sekali mungkin gpp. In general sih cari yang ada pdsnya juga, agak tanda tanya qualitas olinya kalau pds aja gak ada.
I see, noted om. PDS bener juga sih, kalo itu aja gak niat makin tanda tanya kualitasnya.
severmaya wrote: Wed Apr 23, 2025 4:11 Maaf oot, om dari CX5 ke harrier gimana impresinya? Plus minusnya? Saya juga dulu pengen coba pelihara salah satu dari dua mobil ini, tapi ga jadi
So far 5 hari terakhir impresinya nyaman banget sih om, tapi lumayan lebih limbung even utk pemakaian dalkot. Bawaannya pengen nyetir santai kalo Harrier. Btw, unit saya terpaut 9 tahun (2008 vs 2017, atau rilisnya 2003 vs 2012).

--------------------------------------------------------------------------------

Btw, izin tanya lagi: oil sludge vs oil varnish vs kerak oli mesin, ini beda atau sama yah? Dan, solusinya seperti apa? Saya pernah baca salah satunya bisa pake oli mesin diesel daripada pake PTT engine flush utk kasus oil sludge. Saya waktu angkut Harrier, dari inspektornya ada catatan "bekas kerak di ruang mesin (ex bongkar head atas)".
Pds itu kadang bukanya gak niat, sengaja karena saking berfluktuasinya speknya beli beda batch bisa beda :big_weee:. Dari warna aja bisa beda. Kadang drum sama botol warnanya beda padahal sama sama dari distributor resmi :big_biglaugh: Kalo oli yang ada approvalnya kan gak bisa begitu, formula berubah ya approval di cabut dulu.


Oil sludge = lengket lengket udah kyk lumpur ngegel gitu olinya.
Kalo menurut saya satu satunya solusi yang bener-bener tuntas itu ya harus bongkar mesin. Kalo dikasih engine flush/flushing oil. Bisa memperparah , saluran bisa ada yang mampet kena rontokan sludge. Gak mungkin bisa 100% larut. Bohuat lah kalo udah sludge, mau gak mau. Asal oli kita sesuai spek, asli, dan pemakaian sesuai kemampuan oli. Ini gak akan pernah terjadi.

Varnish/kerak itu lapisan oli tipis yang ke panggang di permukaan besinya. Biasanya mobil dipake masih normal. Ini masih bisa diakalin pake engine flush/flushing oil atau pake oli bagus. Semua ada pros n consnya. Saya pribadi prefer pake engine flush daripada flushing oil karena proteksi antiwear flushing oil itu sangat buruk, encernya kyk oli hidrolic, kebayang gak mobil yang seharusnya pake 5w30 ato 5w40 dikasih oli yang lebih encer dari 0w8 buat cuci cuci :big_biglaugh: . Secara visual sih ruang oli paling bersih karena keguyur segitu banyak oli encer tapi biasanya pas "flushing" di idle aja suara mesin kasar. Flushing oil dan engine flush sama sama ada resiko ada sekian berapa persen yang kecampur oli baru, menurunkan kinerja si oli baru.

The best (and most expensive) menurut saya pake aja oli top tier dan oci diperpendek varnish/kerak tipis lama lama ilang karena oli bagus detergentnya juga bagus. Sering sih denger orang pake oli diesel karena detergentnya lebih bagus, tapi kalo saya pribadi prefer oli bensin atau bensin/diesel karena sebenernya oli diesel itu detergentnya lebih optimized buat soot. Idealnya sih selalu pake oli spek tepat dan oci sesuai kemampuan oli yang dipake. Oli kelas 5000 ya jangan lebih. Kalo pake oli top tier ya mau 12rb km juga gak masalah (tes lab kalo mau lebih tenang).

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Wed Apr 23, 2025 8:32
by MSU
sahabatq8 wrote: Wed Apr 23, 2025 7:56
ivancandinegara wrote: Wed Apr 23, 2025 7:02
sahabatq8 wrote: Wed Apr 23, 2025 1:56 Kalo hasil hasil beberapa tes lab kebelakang pemakaian 5000-7000 an km. Kalo saya pribadi sih gitu, dengan budget minim bikin oli 5w30 yang bagus lebih gampang daripada bikin 0w20 yang bagus.

Kalo bikin 0w20 tapi baseoil & additif gak pake yang top tier ya jadinya begitu viscositynya ngedrop pas udah kena wear and tear.
Kecuali mungkin kalo misalnya engine loadnya rendah sekali mungkin gpp. In general sih cari yang ada pdsnya juga, agak tanda tanya qualitas olinya kalau pds aja gak ada.
I see, noted om. PDS bener juga sih, kalo itu aja gak niat makin tanda tanya kualitasnya.
severmaya wrote: Wed Apr 23, 2025 4:11 Maaf oot, om dari CX5 ke harrier gimana impresinya? Plus minusnya? Saya juga dulu pengen coba pelihara salah satu dari dua mobil ini, tapi ga jadi
So far 5 hari terakhir impresinya nyaman banget sih om, tapi lumayan lebih limbung even utk pemakaian dalkot. Bawaannya pengen nyetir santai kalo Harrier. Btw, unit saya terpaut 9 tahun (2008 vs 2017, atau rilisnya 2003 vs 2012).

--------------------------------------------------------------------------------

Btw, izin tanya lagi: oil sludge vs oil varnish vs kerak oli mesin, ini beda atau sama yah? Dan, solusinya seperti apa? Saya pernah baca salah satunya bisa pake oli mesin diesel daripada pake PTT engine flush utk kasus oil sludge. Saya waktu angkut Harrier, dari inspektornya ada catatan "bekas kerak di ruang mesin (ex bongkar head atas)".
Pds itu kadang bukanya gak niat, sengaja karena saking berfluktuasinya speknya beli beda batch bisa beda :big_weee:. Dari warna aja bisa beda. Kadang drum sama botol warnanya beda padahal sama sama dari distributor resmi :big_biglaugh: Kalo oli yang ada approvalnya kan gak bisa begitu, formula berubah ya approval di cabut dulu.


Oil sludge = lengket lengket udah kyk lumpur ngegel gitu olinya.
Kalo menurut saya satu satunya solusi yang bener-bener tuntas itu ya harus bongkar mesin. Kalo dikasih engine flush/flushing oil. Bisa memperparah , saluran bisa ada yang mampet kena rontokan sludge. Gak mungkin bisa 100% larut. Bohuat lah kalo udah sludge, mau gak mau. Asal oli kita sesuai spek, asli, dan pemakaian sesuai kemampuan oli. Ini gak akan pernah terjadi.

Varnish/kerak itu lapisan oli tipis yang ke panggang di permukaan besinya. Biasanya mobil dipake masih normal. Ini masih bisa diakalin pake engine flush/flushing oil atau pake oli bagus. Semua ada pros n consnya. Saya pribadi prefer pake engine flush daripada flushing oil karena proteksi antiwear flushing oil itu sangat buruk, encernya kyk oli hidrolic, kebayang gak mobil yang seharusnya pake 5w30 ato 5w40 dikasih oli yang lebih encer dari 0w8 buat cuci cuci :big_biglaugh: . Secara visual sih ruang oli paling bersih karena keguyur segitu banyak oli encer tapi biasanya pas "flushing" di idle aja suara mesin kasar. Flushing oil dan engine flush sama sama ada resiko ada sekian berapa persen yang kecampur oli baru, menurunkan kinerja si oli baru.

The best (and most expensive) menurut saya pake aja oli top tier dan oci diperpendek varnish/kerak tipis lama lama ilang karena oli bagus detergentnya juga bagus. Sering sih denger orang pake oli diesel karena detergentnya lebih bagus, tapi kalo saya pribadi prefer oli bensin atau bensin/diesel karena sebenernya oli diesel itu detergentnya lebih optimized buat soot. Idealnya sih selalu pake oli spek tepat dan oci sesuai kemampuan oli yang dipake. Oli kelas 5000 ya jangan lebih. Kalo pake oli top tier ya mau 12rb km juga gak masalah (tes lab kalo mau lebih tenang).
ngomongin soal oil flush....mayoritas memang encer2 kayak solar...
cuma 1 yg seingat saya mirip2 kayak oli biasa...castrol engine shampoo (saya bukan sales-nya)..

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Wed Apr 23, 2025 8:41
by sahabatq8
MSU wrote: Wed Apr 23, 2025 8:32
sahabatq8 wrote: Wed Apr 23, 2025 7:56
ivancandinegara wrote: Wed Apr 23, 2025 7:02

I see, noted om. PDS bener juga sih, kalo itu aja gak niat makin tanda tanya kualitasnya.



So far 5 hari terakhir impresinya nyaman banget sih om, tapi lumayan lebih limbung even utk pemakaian dalkot. Bawaannya pengen nyetir santai kalo Harrier. Btw, unit saya terpaut 9 tahun (2008 vs 2017, atau rilisnya 2003 vs 2012).

--------------------------------------------------------------------------------

Btw, izin tanya lagi: oil sludge vs oil varnish vs kerak oli mesin, ini beda atau sama yah? Dan, solusinya seperti apa? Saya pernah baca salah satunya bisa pake oli mesin diesel daripada pake PTT engine flush utk kasus oil sludge. Saya waktu angkut Harrier, dari inspektornya ada catatan "bekas kerak di ruang mesin (ex bongkar head atas)".
Pds itu kadang bukanya gak niat, sengaja karena saking berfluktuasinya speknya beli beda batch bisa beda :big_weee:. Dari warna aja bisa beda. Kadang drum sama botol warnanya beda padahal sama sama dari distributor resmi :big_biglaugh: Kalo oli yang ada approvalnya kan gak bisa begitu, formula berubah ya approval di cabut dulu.


Oil sludge = lengket lengket udah kyk lumpur ngegel gitu olinya.
Kalo menurut saya satu satunya solusi yang bener-bener tuntas itu ya harus bongkar mesin. Kalo dikasih engine flush/flushing oil. Bisa memperparah , saluran bisa ada yang mampet kena rontokan sludge. Gak mungkin bisa 100% larut. Bohuat lah kalo udah sludge, mau gak mau. Asal oli kita sesuai spek, asli, dan pemakaian sesuai kemampuan oli. Ini gak akan pernah terjadi.

Varnish/kerak itu lapisan oli tipis yang ke panggang di permukaan besinya. Biasanya mobil dipake masih normal. Ini masih bisa diakalin pake engine flush/flushing oil atau pake oli bagus. Semua ada pros n consnya. Saya pribadi prefer pake engine flush daripada flushing oil karena proteksi antiwear flushing oil itu sangat buruk, encernya kyk oli hidrolic, kebayang gak mobil yang seharusnya pake 5w30 ato 5w40 dikasih oli yang lebih encer dari 0w8 buat cuci cuci :big_biglaugh: . Secara visual sih ruang oli paling bersih karena keguyur segitu banyak oli encer tapi biasanya pas "flushing" di idle aja suara mesin kasar. Flushing oil dan engine flush sama sama ada resiko ada sekian berapa persen yang kecampur oli baru, menurunkan kinerja si oli baru.

The best (and most expensive) menurut saya pake aja oli top tier dan oci diperpendek varnish/kerak tipis lama lama ilang karena oli bagus detergentnya juga bagus. Sering sih denger orang pake oli diesel karena detergentnya lebih bagus, tapi kalo saya pribadi prefer oli bensin atau bensin/diesel karena sebenernya oli diesel itu detergentnya lebih optimized buat soot. Idealnya sih selalu pake oli spek tepat dan oci sesuai kemampuan oli yang dipake. Oli kelas 5000 ya jangan lebih. Kalo pake oli top tier ya mau 12rb km juga gak masalah (tes lab kalo mau lebih tenang).
ngomongin soal oil flush....mayoritas memang encer2 kayak solar...
cuma 1 yg seingat saya mirip2 kayak oli biasa...castrol engine shampoo (saya bukan sales-nya)..
Iya cuma kalo engine flush pada umumnya itu kan cuma 200-300ml di campur sama oli aslinya. Visconya dropnya gak terlalu banyak

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Wed Apr 23, 2025 9:30
by ivancandinegara
sahabatq8 wrote: Wed Apr 23, 2025 7:56 Pds itu kadang bukanya gak niat, sengaja karena saking berfluktuasinya speknya beli beda batch bisa beda :big_weee:. Dari warna aja bisa beda. Kadang drum sama botol warnanya beda padahal sama sama dari distributor resmi :big_biglaugh: Kalo oli yang ada approvalnya kan gak bisa begitu, formula berubah ya approval di cabut dulu.


Oil sludge = lengket lengket udah kyk lumpur ngegel gitu olinya.
Kalo menurut saya satu satunya solusi yang bener-bener tuntas itu ya harus bongkar mesin. Kalo dikasih engine flush/flushing oil. Bisa memperparah , saluran bisa ada yang mampet kena rontokan sludge. Gak mungkin bisa 100% larut. Bohuat lah kalo udah sludge, mau gak mau. Asal oli kita sesuai spek, asli, dan pemakaian sesuai kemampuan oli. Ini gak akan pernah terjadi.

Varnish/kerak itu lapisan oli tipis yang ke panggang di permukaan besinya. Biasanya mobil dipake masih normal. Ini masih bisa diakalin pake engine flush/flushing oil atau pake oli bagus. Semua ada pros n consnya. Saya pribadi prefer pake engine flush daripada flushing oil karena proteksi antiwear flushing oil itu sangat buruk, encernya kyk oli hidrolic, kebayang gak mobil yang seharusnya pake 5w30 ato 5w40 dikasih oli yang lebih encer dari 0w8 buat cuci cuci :big_biglaugh: . Secara visual sih ruang oli paling bersih karena keguyur segitu banyak oli encer tapi biasanya pas "flushing" di idle aja suara mesin kasar. Flushing oil dan engine flush sama sama ada resiko ada sekian berapa persen yang kecampur oli baru, menurunkan kinerja si oli baru.

The best (and most expensive) menurut saya pake aja oli top tier dan oci diperpendek varnish/kerak tipis lama lama ilang karena oli bagus detergentnya juga bagus. Sering sih denger orang pake oli diesel karena detergentnya lebih bagus, tapi kalo saya pribadi prefer oli bensin atau bensin/diesel karena sebenernya oli diesel itu detergentnya lebih optimized buat soot. Idealnya sih selalu pake oli spek tepat dan oci sesuai kemampuan oli yang dipake. Oli kelas 5000 ya jangan lebih. Kalo pake oli top tier ya mau 12rb km juga gak masalah (tes lab kalo mau lebih tenang).
Thanks, om. Lumayan dpt gambarannya skrg. Sepertinya cuma varnish aja kalo gitu Harrier saya. Kalo bener, kemungkinan saya pake oli diesel 5w-30 atau 10w-30 yg ada API SL juga, pake 2500-3000 km aja. Sambil dicek kalo uda bersih baru dimasukin oli yg bener mau dipakai.

Di CX-5 so far pake Q8 jalan 12000 km. So far based on feeling sih aman, bulan depan pas 6 bulan di 13000 km mau ganti sekaligus tes lab. Dari 12000 km itu sekitar 50% di tol transjawa atau pantura ke Bali sih, makanya mungkin ngebantu juga.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Wed Apr 23, 2025 11:09
by sahabatq8
ivancandinegara wrote: Wed Apr 23, 2025 9:30
sahabatq8 wrote: Wed Apr 23, 2025 7:56 Pds itu kadang bukanya gak niat, sengaja karena saking berfluktuasinya speknya beli beda batch bisa beda :big_weee:. Dari warna aja bisa beda. Kadang drum sama botol warnanya beda padahal sama sama dari distributor resmi :big_biglaugh: Kalo oli yang ada approvalnya kan gak bisa begitu, formula berubah ya approval di cabut dulu.


Oil sludge = lengket lengket udah kyk lumpur ngegel gitu olinya.
Kalo menurut saya satu satunya solusi yang bener-bener tuntas itu ya harus bongkar mesin. Kalo dikasih engine flush/flushing oil. Bisa memperparah , saluran bisa ada yang mampet kena rontokan sludge. Gak mungkin bisa 100% larut. Bohuat lah kalo udah sludge, mau gak mau. Asal oli kita sesuai spek, asli, dan pemakaian sesuai kemampuan oli. Ini gak akan pernah terjadi.

Varnish/kerak itu lapisan oli tipis yang ke panggang di permukaan besinya. Biasanya mobil dipake masih normal. Ini masih bisa diakalin pake engine flush/flushing oil atau pake oli bagus. Semua ada pros n consnya. Saya pribadi prefer pake engine flush daripada flushing oil karena proteksi antiwear flushing oil itu sangat buruk, encernya kyk oli hidrolic, kebayang gak mobil yang seharusnya pake 5w30 ato 5w40 dikasih oli yang lebih encer dari 0w8 buat cuci cuci :big_biglaugh: . Secara visual sih ruang oli paling bersih karena keguyur segitu banyak oli encer tapi biasanya pas "flushing" di idle aja suara mesin kasar. Flushing oil dan engine flush sama sama ada resiko ada sekian berapa persen yang kecampur oli baru, menurunkan kinerja si oli baru.

The best (and most expensive) menurut saya pake aja oli top tier dan oci diperpendek varnish/kerak tipis lama lama ilang karena oli bagus detergentnya juga bagus. Sering sih denger orang pake oli diesel karena detergentnya lebih bagus, tapi kalo saya pribadi prefer oli bensin atau bensin/diesel karena sebenernya oli diesel itu detergentnya lebih optimized buat soot. Idealnya sih selalu pake oli spek tepat dan oci sesuai kemampuan oli yang dipake. Oli kelas 5000 ya jangan lebih. Kalo pake oli top tier ya mau 12rb km juga gak masalah (tes lab kalo mau lebih tenang).
Thanks, om. Lumayan dpt gambarannya skrg. Sepertinya cuma varnish aja kalo gitu Harrier saya. Kalo bener, kemungkinan saya pake oli diesel 5w-30 atau 10w-30 yg ada API SL juga, pake 2500-3000 km aja. Sambil dicek kalo uda bersih baru dimasukin oli yg bener mau dipakai.

Di CX-5 so far pake Q8 jalan 12000 km. So far based on feeling sih aman, bulan depan pas 6 bulan di 13000 km mau ganti sekaligus tes lab. Dari 12000 km itu sekitar 50% di tol transjawa atau pantura ke Bali sih, makanya mungkin ngebantu juga.
D1 FE 0w20 ya? Seharusnya aman. Saya sebelumnya rutin pake itu di xtrail t32. Kena macet jakarta , 12rb km /7 bulan sih masih aman, mungkin maxnya di 15rb km kalo liat hasil tes lab. Hasil labnya pernah saya posting disini. Sekarang lagi mau nyoba lagi yang spek beda 15rb km

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Wed Apr 23, 2025 13:41
by ravennaras
misi om, ada yang pernah coba Adnoc Voyager Star Plus Eco 5W-30?, based on PDS yang dari webnya menarik ya, niatnya mau dipakai oci interval panjang per 9-12 bulan dengan pemakaian mobil paling hanya 6rb km pertahun dengan rute 70% tol 30% dalam kota, apakah aman?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Wed Apr 23, 2025 23:23
by alvn48
Halo om, mau tanya kalau penggantian ATF palisade apakah boleh pakai flushing machine atau cukup buang & tap aja? Thankyou…

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Thu Apr 24, 2025 1:06
by t105erd
ravennaras wrote: Wed Apr 23, 2025 13:41 misi om, ada yang pernah coba Adnoc Voyager Star Plus Eco 5W-30?, based on PDS yang dari webnya menarik ya, niatnya mau dipakai oci interval panjang per 9-12 bulan dengan pemakaian mobil paling hanya 6rb km pertahun dengan rute 70% tol 30% dalam kota, apakah aman?
enteng...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Thu Apr 24, 2025 9:00
by well
Cooming soon..
Tidak lama lg yg lain jg pada bermunculan..
Bukan ajakan membeli dan bukan salesnya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Thu Apr 24, 2025 9:08
by pitikkobong
ravennaras wrote: Wed Apr 23, 2025 13:41 misi om, ada yang pernah coba Adnoc Voyager Star Plus Eco 5W-30?, based on PDS yang dari webnya menarik ya, niatnya mau dipakai oci interval panjang per 9-12 bulan dengan pemakaian mobil paling hanya 6rb km pertahun dengan rute 70% tol 30% dalam kota, apakah aman?
saya pakai silver plus eco 5w-30 selama 7 bulan aja puas bgt, apalagi star plus mustinya lebih bagus lg, dan utk pemakaian segitu mestinya bisa bgt. tp menurut pendapat pribadi, apa ga overkill pk star plus? kl cm kejar 9-12bln/6rb km

eh br cek di ecomm ternyata skrg star plus lebih murah dari silver plus. aneh jg ya. :big_biglaugh:

gasss aja ommm

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Thu Apr 24, 2025 9:21
by plesm
misi numpang nanya om2 sekalian,

kalo buat innova 2KD, oli yang cocok kira2 yang mana ya dari 2 ini?
- PTT DYNAMIC EXTRA LONG DRAIN 10W40
- Q8 FT 7000 10W30
harganya mirip2 soalnya...

untuk pemakaian kira2 50-60km per hari 70% tol, 30% dalkot, cuma sering macet (2 jam ++)

thank you

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Thu Apr 24, 2025 10:26
by ravennaras
t105erd wrote: Thu Apr 24, 2025 1:06
ravennaras wrote: Wed Apr 23, 2025 13:41 misi om, ada yang pernah coba Adnoc Voyager Star Plus Eco 5W-30?, based on PDS yang dari webnya menarik ya, niatnya mau dipakai oci interval panjang per 9-12 bulan dengan pemakaian mobil paling hanya 6rb km pertahun dengan rute 70% tol 30% dalam kota, apakah aman?
enteng...
siap om thanksss
pitikkobong wrote: Thu Apr 24, 2025 9:08
ravennaras wrote: Wed Apr 23, 2025 13:41 misi om, ada yang pernah coba Adnoc Voyager Star Plus Eco 5W-30?, based on PDS yang dari webnya menarik ya, niatnya mau dipakai oci interval panjang per 9-12 bulan dengan pemakaian mobil paling hanya 6rb km pertahun dengan rute 70% tol 30% dalam kota, apakah aman?
saya pakai silver plus eco 5w-30 selama 7 bulan aja puas bgt, apalagi star plus mustinya lebih bagus lg, dan utk pemakaian segitu mestinya bisa bgt. tp menurut pendapat pribadi, apa ga overkill pk star plus? kl cm kejar 9-12bln/6rb km

eh br cek di ecomm ternyata skrg star plus lebih murah dari silver plus. aneh jg ya. :big_biglaugh:

gasss aja ommm
thankss om, nah iya om di toko oren beli 5l ditambah vocer di ane cuma kena 120rb per liternya :big_smile]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Thu Apr 24, 2025 10:52
by t105erd
plesm wrote: Thu Apr 24, 2025 9:21 misi numpang nanya om2 sekalian,

kalo buat innova 2KD, oli yang cocok kira2 yang mana ya dari 2 ini?
- PTT DYNAMIC EXTRA LONG DRAIN 10W40
- Q8 FT 7000 10W30
harganya mirip2 soalnya...

untuk pemakaian kira2 50-60km per hari 70% tol, 30% dalkot, cuma sering macet (2 jam ++)

thank you
PTT lah...
"extra long" gitu loh, yg kelas oli diesel kere nya aja bisa diajak longdrain. Apalagi ada kemasan drum2an nya kan, lebih ekonomis.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Thu Apr 24, 2025 12:42
by ilhami
chatgpt dan google kok aneh karena menyebut oli mesin melumasi CVT motor
"motor matic pakai oli mobil"

chatgpt:
⚠️ Risiko Jika Motor Matic Pakai Oli Mobil:
🛞 Slip pada kampas kopling CVT
Friction modifier dalam oli mobil bisa membuat komponen CVT jadi licin

google:

Tidak disarankan menggunakan oli mobil untuk motor matic, karena oli mobil dirancang untuk kopling kering pada mobil, sedangkan motor matic memiliki kopling basah. Oli mobil tidak memiliki bahan-bahan yang diperlukan untuk melumasi kopling basah pada motor, sehingga dapat menyebabkan masalah seperti selip kopling.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Thu Apr 24, 2025 15:02
by sahabatq8
plesm wrote: Thu Apr 24, 2025 9:21 misi numpang nanya om2 sekalian,

kalo buat innova 2KD, oli yang cocok kira2 yang mana ya dari 2 ini?
- PTT DYNAMIC EXTRA LONG DRAIN 10W40
- Q8 FT 7000 10W30
harganya mirip2 soalnya...

untuk pemakaian kira2 50-60km per hari 70% tol, 30% dalkot, cuma sering macet (2 jam ++)

thank you
Kalo sesuai buku manual sebenernya 2kd cocoknya pake buntut 40. Cuma menurut hasil tes lab sih pake 10w30/5w30 asal cooling system sehat masih aman. Minusnya suara mesin lebih alus pake buntut 40. Kalo dari Q8 ada T800 10w40 itu mungkin lebih apple to apple. Kalau FT 7000 kelasnya lebih tinggi, fully Synthetic.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Fri Apr 25, 2025 1:55
by Supersedan
ravennaras wrote: Wed Apr 23, 2025 13:41 misi om, ada yang pernah coba Adnoc Voyager Star Plus Eco 5W-30?, based on PDS yang dari webnya menarik ya, niatnya mau dipakai oci interval panjang per 9-12 bulan dengan pemakaian mobil paling hanya 6rb km pertahun dengan rute 70% tol 30% dalam kota, apakah aman?
Lagi pake di mobilio yg 0w20, jalan 7 bulan, KM sekitar 5000an.
Akhir2 ini sering naik motor, jadi jarang dipake mobilnya, rencana mau pake sampe 12 bulan.

Kemarin di tol cruising 100-120km/jam sekirar 4 jam nonstop, mesin rasanya effortless, enteng & halus.
Kemungkinan besar bakal pake oli ini lg pengganti oli berikutnya.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Fri Apr 25, 2025 2:50
by plesm
sahabatq8 wrote: Thu Apr 24, 2025 15:02 Kalo sesuai buku manual sebenernya 2kd cocoknya pake buntut 40. Cuma menurut hasil tes lab sih pake 10w30/5w30 asal cooling system sehat masih aman. Minusnya suara mesin lebih alus pake buntut 40. Kalo dari Q8 ada T800 10w40 itu mungkin lebih apple to apple. Kalau FT 7000 kelasnya lebih tinggi, fully Synthetic.
ok om thanks for the response, kayanya mau coba yg FT 7000 supaya mesin lebih awet. Cuma emang bener di manual mintanya buntut 40 jadi bakal consider t800 juga... :big_okay:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Fri Apr 25, 2025 6:09
by Opeakkk
pitikkobong wrote: Thu Apr 24, 2025 9:08
ravennaras wrote: Wed Apr 23, 2025 13:41 misi om, ada yang pernah coba Adnoc Voyager Star Plus Eco 5W-30?, based on PDS yang dari webnya menarik ya, niatnya mau dipakai oci interval panjang per 9-12 bulan dengan pemakaian mobil paling hanya 6rb km pertahun dengan rute 70% tol 30% dalam kota, apakah aman?
saya pakai silver plus eco 5w-30 selama 7 bulan aja puas bgt, apalagi star plus mustinya lebih bagus lg, dan utk pemakaian segitu mestinya bisa bgt. tp menurut pendapat pribadi, apa ga overkill pk star plus? kl cm kejar 9-12bln/6rb km

eh br cek di ecomm ternyata skrg star plus lebih murah dari silver plus. aneh jg ya. :big_biglaugh:

gasss aja ommm
Mau tanya om, penguapan nya gimana pake silver plus eco ?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Posted: Fri Apr 25, 2025 8:23
by pitikkobong
Opeakkk wrote: Fri Apr 25, 2025 6:09
Mau tanya om, penguapan nya gimana pake silver plus eco ?
sejauh ini aman om, belum ada tanda² penguapan.