salam kenal om, saya owner V hybrid juga. Di saya sih pasang projie di tempat foglamp-nya, waktu ke tol cisumdawu malam hari sangat membantu. Dan pastikan cari bengkel yg pasangnya tanpa potong kabel agar ga rusak garansi.Merdhi wrote: Fri Jan 10, 2025 2:28 Share pengalaman baru meminang zenix di akhir 2024 kemarin.
sblmnya saya user Reborn Diesel 2018 V, karena covid tapi harus WFO dikantor baru ditambah kondisi ekonomi terpaksa punya 2 mobil ganjil genap akhirnya downgrade ke ANGL 2014 dan vios gen2 2012 (sedih bgt waktu itu lepas cuma di 295jt). punya dana lebih dan capek rawat 2 mobil tua yang banyak jajannya, akhirnya mutusin ambil mobil baru. ambil mobil baru meskipun high cost diawal, tapi at least selama 3 taun aman dgn free service dan garansi jadi sangat memudahkan untuk atur cashflow rumah tangga (jadi bisa budgeting buat other project).
-- cut --
oiya yang paling mengganjal di jinik ini adalah masalah perlampuan, yang menurut saya kurang terang, tapi kalau ditambah projie or forlamp or lampu2 apapun itu garansi jadi void kata atpm. jadi lampu ini gada solusi.
Kalau hybrid sih menurut saran dari yutup luar (car care nut atau yg weber auto, lupa), hybridnya Toyota itu irit tapi cara nyetirnya harus sebanyak mungkin "coasting". singkatnya :Lee27 wrote: Wed Sep 18, 2024 5:44 Ingin share impresi singkat road trip sby-jogja 4 hari pake zenix q tipe tertinggi, pinjam punya kakak.
Kondisi full penumpang sampe baris ketiga, plus barang di bagasi.
Ada dua issue yang menjadi concern.
Pertama. Dengan kecepatan rata-rata 120-130km/h selama di tol, saya merasakan mobil ini guncangannya terasa cukup keras. Mungkin efek velg dan ban tipe q yang cenderung tipis. Kami biasa road trip dengan ANPS tahun 2022, menurut kami untuk kenyamanan masih menang di ANPS, baik dari segi suspensi maupun kenyamanan jok. Istri n anak2 agak susah tidur, smntara klo pake ANPS gampang pules. Asumsi saya dulu, klo lewat tol udah pasti lebih nyaman zenix, sementara klo lewat jalan biasa lebih nyaman ANPS. Ternyata ngga juga, jangan2 ANPS memang lebih nyaman di 2 rute itu(?).
Klo dr segi mesin sih no complain zenix ini. Enak karakternya. Adaptive cruise controlnya juga sangat membantu.
Kedua. FC mentok di 1/15 apa termasuk normal ya? (*kaki cenderung sekolah), rute transjawa dan sempat bermacet-macet kondisi stop n go di jalanan jogja. Reviewer2 itu bisa dapat 1:18 - 1:20km/l. Apa saya yg kurang lama makenya? atau ada tips2 nya. Ngga irit-irit banget ya klo hanya 1:15km/l.
Printilan lain yg kurang, mungkin sama dengan yg sudah dibahas sebelumnya. Kualitas interior yang biasa saja, ngga ada autodoorlock, HU yang biasa saja, SoundSystem krg bagus untuk kelas 600jt-an, & RSE belakang sering tidak respon. Untuk rattling sih ngga ada masalah kmrn, mungkin karena mobil masih hitungan 4 bulan.
Oh ya kemarin smpt ada insiden dan harus ganti ban baru di jogja. Saya periksa ban cadangan, alamakk.. velg kaleng enasave, itupun ngga ngerti ukurannya berapa. Okelah, mesti nyari baru dan ternyataa nyari dunlop spsport 050maxx bawaan ini agak susaah. Sudah ke w*bowo, mar*ban, ott*ban, akhirnya nemu di jogjaspe*d jl magelang. Itupun katanya stok hanya ada 4. Kenapa bannya masih jarang ya?
Saya penasaran juga, untuk kenyamanan idealnya berapa ya ukuran velg dan bannya? Misal mau ganti ke michelin primacy.
- jaga max speed di 100kmh, diatas itu mesin listrik (motor) jarang ikutan sehingga mesin bensin kerja terus = boros
- maksimalkan motor yg kerja / bantu, jadi kalau turunan sering-sering di lepas agar charging
- gaya nyetir rada sruntulan malah lebih irit daripada konstan 120kmh. Ini karena pas deacceleration mesin bensin off, baru nyala lagi ketika gas gede.
ni hybridnya toyota malah akan irit banget ke rute seperti pansela yg relatif kosong dan sedikit naik-turun.