Supersedan wrote:Om mau tanya yg pernah pake primacy 4, ban depan saya kok ada garis gini ya di ban sebelah kiri dan kanan. Yg belakang gak ada saya cek.. (pemakaian 1 bulan, kurang lebih kalan 1.500km)
Saya pikir gesrot tapi gak pernah ngerasain gesrot.
Barusan browsing ban Primacy bekas pakai jg ada yg ada garis di bagian tapak ban ada juga yg gak ada garis. Jadi bingung hehe
Mungkin yg pernah pakai bisa kasih jawaban
Saya pake Primacy 4, barusan diliat ada garis. Produksi 2021
Baiklah om, hati jadi tenang
Masih bingung aja liat2 primacy second yg dijual di indo maupun LN kok ada yg begaris, ada yg enggak ya.
Primacy 4 saya produki maret 2022.
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Sun Oct 02, 2022 8:16
by c_adhi_k
Kalau goodyear atm 2 jakarta toko yang ready dimana ya
Yang r15
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Sun Oct 02, 2022 8:24
by Suryaputra
c_adhi_k wrote: Sun Oct 02, 2022 8:16
Kalau goodyear atm 2 jakarta toko yang ready dimana ya
Yang r15
Better tanya punya kunci momen apa nggak?
Atau bawa sendiri ajah
Set di ~110 NM
Kalau yang penting kenceng gimana om?
Jangan yg penting kenceng om... Itu kemarin saya ganti di sm motorsport, ngencengin pake mesin impak.. Anjir mau rotasi ban sendiri harus ngebuka pake bantuan selongsong besi buat buka ban isuzu elf yg panjang 1 meter.. Padahal kalau momennya bener tinggal buka pake kunci roda dihentak kaki langsung bisa kendor.
Saya biasa ngencengin modal kunci roda ditekan pakai kedua tangan + berat badan.
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Sun Oct 02, 2022 11:19
by supriyadi
Jangan yg penting kenceng om... Itu kemarin saya ganti di sm motorsport, ngencengin pake mesin impak.. Anjir mau rotasi ban sendiri harus ngebuka pake bantuan selongsong besi buat buka ban isuzu elf yg panjang 1 meter.. Padahal kalau momennya bener tinggal buka pake kunci roda dihentak kaki langsung bisa kendor.
Saya biasa ngencengin modal kunci roda ditekan pakai kedua tangan + berat badan.
[/quote]
Tetangga saya ngencengin baut roda Terrano, pake diinjak kunci rodanya. Akhirnya patah 2 bautnya. Dipikir Isuzu Elf pake main injak kunci roda
Kalo saya ngencengin baut roda cukup modal berat badan saja. Bunyi tek 1x udah cukup
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Sun Oct 02, 2022 11:36
by Suryaputra
Yah itulah gunanya kunci momen / kunci torsi
Not too tight
Not too loose
Just perfect within torque range
Kalo 110 NM itu = ibarat pakai kunci trelek panjang 1M dikasih beban kurleb 11 kg di ujung
Derat gak rusak/ slek/ patah,
dan baut roda jg gak bakal copot
Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Sun Oct 02, 2022 12:20
by marmut
Suryaputra wrote: Sun Oct 02, 2022 11:36
Yah itulah gunanya kunci momen / kunci torsi
Not too tight
Not too loose
Just perfect within torque range
Kalo 110 NM itu = ibarat pakai kunci trelek panjang 1M dikasih beban kurleb 11 kg di ujung
Derat gak rusak/ slek/ patah,
dan baut roda jg gak bakal copot
lebih berguna lagi kalo punya dan dipajang di tempatnya. jangan diem² aja, atau nanti kena kutukan mbah tugel a.k.a mbah taman lawang....
Better tanya punya kunci momen apa nggak?
Atau bawa sendiri ajah
Set di ~110 NM
Kalau yang penting kenceng gimana om?
Jangan yg penting kenceng om... Itu kemarin saya ganti di sm motorsport, ngencengin pake mesin impak.. Anjir mau rotasi ban sendiri harus ngebuka pake bantuan selongsong besi buat buka ban isuzu elf yg panjang 1 meter.. Padahal kalau momennya bener tinggal buka pake kunci roda dihentak kaki langsung bisa kendor.
Saya biasa ngencengin modal kunci roda ditekan pakai kedua tangan + berat badan.
Mekanik jaman sekarang ya...mestinya pake impact tu utk buka aja...utk kencengin baut mesti di crosscheck lebih keren lagi kl pake kunci torsi
Kalo saya di bengkel lain yg pake impact malah kurang kenceng...standard sy di kunci roda L tu diinjek pelan sampe ga mutar lg (berat sy 58kg)
Better tanya punya kunci momen apa nggak?
Atau bawa sendiri ajah
Set di ~110 NM
Kalau yang penting kenceng gimana om?
Penting punya kunci momen/ torsi sendiri.
karena sudah dijelasin sama suhu" di atas.
selain itu juga kudu rotasi ban tiap 6 bulan sekali (klo sering dipakai mobil nya).
atau pas ganti ban serep karena (amit") kempes di tengah jalan.
Relatip gak mahal koq,
- Kunci torsi merk jetjo tools / lakoni pro - max 120 NM
- sambungan kunci sok / extension drive 1/2" panjang 5"
- kunci sok baut roda sesuai ukuran
gak sampai 1jt
cukup buat home use
dah test sama kunci momen Tohnici punya bengkel resmi, kurleb sama di 110 NM
Suryaputra wrote: Sun Oct 02, 2022 11:36
Yah itulah gunanya kunci momen / kunci torsi
Not too tight
Not too loose
Just perfect within torque range
Kalo 110 NM itu = ibarat pakai kunci trelek panjang 1M dikasih beban kurleb 11 kg di ujung
Derat gak rusak/ slek/ patah,
dan baut roda jg gak bakal copot
lebih berguna lagi kalo punya dan dipajang di tempatnya. jangan diem² aja, atau nanti kena kutukan mbah tugel a.k.a mbah taman lawang....
Hbs makan gorengan ni malam, trus bakar lemak -> rotasi ban, suhuu
sekedar masukan mbah, rem tangan jangan dipasang pas ngetorsi, lepas aja rem tangannya kan ketahan sama parking pawl transmisi. soalnya kl direm tangan posisi drum nya belum tentu mentok rata paling dalem. bisa nantinya bunyi atau si mur roda malah jd undertorque pas drum itu settling.
lebih berguna lagi kalo punya dan dipajang di tempatnya. jangan diem² aja, atau nanti kena kutukan mbah tugel a.k.a mbah taman lawang....
Hbs makan gorengan ni malam, trus bakar lemak -> rotasi ban, suhuu
sekedar masukan mbah, rem tangan jangan dipasang pas ngetorsi, lepas aja rem tangannya kan ketahan sama parking pawl transmisi. soalnya kl direm tangan posisi drum nya belum tentu mentok rata paling dalem. bisa nantinya bunyi atau si mur roda malah jd undertorque pas drum itu settling.
Iya mbah takut muter dikit kan ya rodanya klo direm tangan.
Jadi Pas posisi gak didongkrak (ban napak tanah) sy cek lg semua roda sampai cetek 2x
...mestinya pake impact tu utk buka aja...utk kencengin baut mesti di crosscheck lebih keren lagi kl pake kunci torsi
imo, pake impek gun buat ngencengin nggak masalah asalkan set torsi di level rendah.
saya biasa set torsi impek di level 1 atau 2 (dari 5 level) buat pasang lug nut, setelah itu kencengin sesuai torsi yang diminta.
sekedar masukan mbah, rem tangan jangan dipasang pas ngetorsi, lepas aja rem tangannya kan ketahan sama parking pawl transmisi. soalnya kl direm tangan posisi drum nya belum tentu mentok rata paling dalem. bisa nantinya bunyi atau si mur roda malah jd undertorque pas drum itu settling.
bukannya bisa dicegah dengan cara tarik rem tangan dulu sebelum ngendorin lug nut?
kalau roda sudah terlepas baru tarik rem tangan, memang bener bisa kaya gitu kejadiannya walaupun kecil kemungkinan.
kenapa saya bilang kecil kemungkinan? karena banyak sekali mobil yang hub-drum tidak diberi anti seize.....
bagusan ngencengin busi atawa oil pan pake impek gun jg
drain plug oil pan ngapain dikencengin? hand tight aja.... yang penting mobil aman dipake 3-4 hari sampe olinya habis dijalan.
ngana masi inget kan tempo ari kita orang perna crita soal nyenai lobang baut drain oil pan kisup 5K , minimal sekebon binatang kuar smua,
belom lg kl gagal
perkara hand tight masi ada kmungkinan aman ampe gantol brikut nya
Wkwkwkw
Yg megang kudu otot kuat tulang besi dong mbah
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Wed Oct 05, 2022 11:22
by FRD
om2 mohon info dan sarannya donk.. mau ganti ban bawaan avanza, Dunlop SP10 185/70-14..
nah rencana mau upsize aja jadi 195/70-14, kebetulan mmg suka ban yg rada gendutan gt
setelah cari2 ban dengan budget max 1jt/pcs (kl bisa di kepala 6xx - 8xx lbh bagus) ketemunya Michelin XM2+, Dunlop LM705, Continental CC6..
prioritas sy ke ban comfort dan silent sih, kebetulan udh pernah cobain pake Primacy4 jd standar ban sy jd rusak , nah niatnya mmg cari yg senyaman dan sesenyap Primacy4 dengan harga kere hore
tp dari ketiga ban itu jdnya bikin makin bimbang.. kl ngejar merk saya pasti dah ambil Michelin XM2+ 195/70-14 meskipun mmg overprice (kena di 1.290jt/pc),
sedangkan kl mau Continental CC6 harus rela ga jd upsize krn pake ukuran stdnya 185/70-14, serta harus beli online ataupun ke luar kota (Malang / Surabaya) krn di kota sy nga ada yg jual conti
pilihan terakhir ada di Dunlop LM705 yg mana ada ukuran 195/70-14 dan harganya cengli bgt (kena di 765rb/pc) tp sy sejujurnya kurang sreg aja krn pengen ganti suasana masa pake dunlop terus
mungkin ada saran merk dan tipe lain serta review mengenai pilihan2 ban yg saya sebutin di atas.. terima kasih
Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4
Posted: Wed Oct 05, 2022 11:31
by sh00t
FRD wrote: Wed Oct 05, 2022 11:22
om2 mohon info dan sarannya donk.. mau ganti ban bawaan avanza, Dunlop SP10 185/70-14..
nah rencana mau upsize aja jadi 195/70-14, kebetulan mmg suka ban yg rada gendutan gt
setelah cari2 ban dengan budget max 1jt/pcs (kl bisa di kepala 6xx - 8xx lbh bagus) ketemunya Michelin XM2+, Dunlop LM705, Continental CC6..
prioritas sy ke ban comfort dan silent sih, kebetulan udh pernah cobain pake Primacy4 jd standar ban sy jd rusak , nah niatnya mmg cari yg senyaman dan sesenyap Primacy4 dengan harga kere hore
tp dari ketiga ban itu jdnya bikin makin bimbang.. kl ngejar merk saya pasti dah ambil Michelin XM2+ 195/70-14 meskipun mmg overprice (kena di 1.290jt/pc),
sedangkan kl mau Continental CC6 harus rela ga jd upsize krn pake ukuran stdnya 185/70-14, serta harus beli online ataupun ke luar kota (Malang / Surabaya) krn di kota sy nga ada yg jual conti
pilihan terakhir ada di Dunlop LM705 yg mana ada ukuran 195/70-14 dan harganya cengli bgt (kena di 765rb/pc) tp sy sejujurnya kurang sreg aja krn pengen ganti suasana masa pake dunlop terus
mungkin ada saran merk dan tipe lain serta review mengenai pilihan2 ban yg saya sebutin di atas.. terima kasih
FRD wrote: Wed Oct 05, 2022 11:22
om2 mohon info dan sarannya donk.. mau ganti ban bawaan avanza, Dunlop SP10 185/70-14..
nah rencana mau upsize aja jadi 195/70-14, kebetulan mmg suka ban yg rada gendutan gt
setelah cari2 ban dengan budget max 1jt/pcs (kl bisa di kepala 6xx - 8xx lbh bagus) ketemunya Michelin XM2+, Dunlop LM705, Continental CC6..
prioritas sy ke ban comfort dan silent sih, kebetulan udh pernah cobain pake Primacy4 jd standar ban sy jd rusak , nah niatnya mmg cari yg senyaman dan sesenyap Primacy4 dengan harga kere hore
tp dari ketiga ban itu jdnya bikin makin bimbang.. kl ngejar merk saya pasti dah ambil Michelin XM2+ 195/70-14 meskipun mmg overprice (kena di 1.290jt/pc),
sedangkan kl mau Continental CC6 harus rela ga jd upsize krn pake ukuran stdnya 185/70-14, serta harus beli online ataupun ke luar kota (Malang / Surabaya) krn di kota sy nga ada yg jual conti
pilihan terakhir ada di Dunlop LM705 yg mana ada ukuran 195/70-14 dan harganya cengli bgt (kena di 765rb/pc) tp sy sejujurnya kurang sreg aja krn pengen ganti suasana masa pake dunlop terus
mungkin ada saran merk dan tipe lain serta review mengenai pilihan2 ban yg saya sebutin di atas.. terima kasih
falken sincera sn832 kalau ada om. bonus di musim hujan gini juara banget. saya jg baru beli 195 60 15 di avanza 2010. dulunya ex user cc6.