Flox2011 wrote: Sat Jul 23, 2022 13:56
Permisi member SM di mari. Cuma galau ambil LCGC karena dana bener2 mepet.
Setelah bikin thread tanya rekomendasi, mobil belum kebeli ada kebutuhan mendadak jadinya duit keburu ilang. Ada sisa 60 jt aj.
Pilihan dana 60jt antara (1) mobil 2000-an, atau (2) bayar DP beli LCGC. Bini ngebet banget pengen Sigra / Calya karena temen kampung semua belinya ya duo itu.
Masalah-nya gw kok gk sreg banget sm LCGC.
1. Paint lembut sekali. Kena spakbor pelan aj sdh baret dalem banget.
2. CC mesin kecil padahal rencana mobil pasti jarak jauh (+250 KM/trip).
3. Body tipis dan kualitas part meragukan. Temen gw Sigra langganan gantj bearing 6 bulan sekali karena kita tinggal di sawit.
Apa gwnya aj lebay segitu bencinya sm LCGC? Nah sekarang kan Kalau orang2 enak pakai LCGC kenapa seken tahun muda (2020) LCGC banyak banget?
Menurut saya, LCGC calya/sigra cukup sepanjang ga nyari yg neko2, dan sesuai peruntukannya.
Masih cukup aman untuk bawa keluarga dari titik A ke B, meskipun kenyamanan agak kompromi karena AC baris ke-2/3 pada sigra/calya itu cuman blower doank (bukan AC beneran).
Dan secara peraturan LCGC itu minumnya harus RON92 (Pertamax), yg skrg harganya lebih mahal daripada pertalite.
Tapi itu secara aturan, klo prakteknya di SPBU banyak jg LCGC yg isi pertalite.
Oia, bisa jadi salah satu alasan istri anda suka calya/sigra karena itu termasuk mobil baru.. atau mobil tahun muda.
Pikirannya: Mobil baru/tahun muda = relatif bebas masalah.. ga bikin pusing, ga mbengkel tiap minggu atau tiap bulan.
Jadi bisa untuk jalan2 terus.. wkwkwkwk...
Waspadalahhh...
slapnuts wrote: Wed Jul 27, 2022 2:49
Salah satu hal unik yang saya perhatikan ketika naik mobil teman/taksol adalah kebanyakan mereka set temperatur AC di mentok paling dingin untuk setelan manual, atau suhu Low/18 untuk climate control, dengan setelah blower 1. Hal ini bukannya malah membuat kompresor akan bekerja terus menerus karena suhu 18/low di kabin tentunya sulit diraih apalagi dengan setelan blower 1. Kenapa ga set temperatur di tengah / 22-25 dengan blower lebih kencang? toh sama-sama dingin juga. Atau mungkin tidak suka angin terlalu kencang?
Kalau saya di OS selalu set 24-25 setelah auto, kabin dingin, kompresor AC lebih sering istirahat dan ga bekerja terus menerus, ini saja sudah menggigil. Kalau di Jazz GK set 22-23 auto sudah sangat dingin di siang hari.
Saya termasuk aliran ini om.. Temperatur mentok atau 2/3 lebih, tapi blower di level 1 atau 2. Jadi keluar udara dingin tapi angin sepoi2

Klo pas diluaran panas banget, baru deh blower naek ke lv.3-4, atau maxcool sekalian.. Tapi jarang bgt sih.
Alasan yg saya pahami sampai skrg:
-Betul, karena tidak suka angin yg terlalu kencang. Kecuali pas panas bgt, butuh pendinginan segera..
-pengen dingin, tapi ga pengen bising bunyi blower. Klo bunyi kompresor ac masih okelah, agak teredam coz letaknya diruang mesin..
-biar magnetic clutch AC ga keseringan engage-disengage.. Itu cetak-cetek kompresor AC ke mesin ada umurnya jg.
Mungkin ada suhu-suhu per-AC-an disini yg bisa ngasih masukan..
Sory klo OOT..