Kalo disepeda pancal.. kebetulan udah dua taun pake tubeless. Enaknya kalo pake cairan.. kl bocor dikit g kerasa. Cmn waktunya ganti ban.. aga ribet bersihin cairan yg agak2 nempel dan ngeras. Kl nyumpel pentil siy g. Cmn kl jarang dipake.. dia mengeras.ginting wrote: Fri Dec 28, 2018 3:00 Sekedar info, kadang di bengkel ban tertentu ada yang nawarin cairan pencegah bocor katanya...dimasukkan ke dalam ban.
ternyata ada efek negativenya.
kalau jarang jarang isi angin ulang, maka itu cairan mampet di pentil sehingga saat ban kempes, kita gak bisa isi angin, karena pentil mampet oleh cairan itu.
Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Thu Jun 02, 2016 21:52
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 681
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
infrastruktur jalan tol sudah bagus dan banyak menghubungkan kota kota terutama di jawa.
tapi yang kurang adalah edukasi / knowledge cara menyetir dengan aman di jalan tol.
bisa2 jalan tol malah jadi buah simalakama, yaitu mesin pembunuh.
tapi yang kurang adalah edukasi / knowledge cara menyetir dengan aman di jalan tol.
bisa2 jalan tol malah jadi buah simalakama, yaitu mesin pembunuh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
Saya turut berbela sungkawa atas musibah ini.
Ya inilah pentingnya mobil perlu moose test, karena mobil GC tinggi COG juga lebih tinggi. Saya pernah bilang bahwa mobil GC tinggi mungkin memberikan rasa aman secara psikologis tapi tidak secara teknis untuk melaju di jalan Tol.
Di mobil GC tinggi kita dapat pandangan lebih luas kedepan tapi lebih banyak blindspot disamping.
Mobil GC tinggi juga umumnya memiliki travel suspensi lebih panjang dan profil ban lebih tebal. Pengaruhnya saat ban meletus posisi mobil akan turun lebih banyak dibagian ban yang meletus.
Dan ini juga yang saya maksud dengan error correction, not only about facing corner tapi juga koreksi handling ketika terjadi failure.
Saya juga baru saja touring dengan keluarga Jakarta - Surabaya PP tapi tidak tol semua. Rutenya
Jakarta - Jogja (lewat tol)
Jogja - Magetan (non tol)
Magetan - Surabaya (lewat tol)
Surabaya - Purworejo (lewat tol sampai solo)
Purworejo - Jakarta (lewat tol)
Kalau di tol luar kota saya cruising 120-140kpj karena di 100kpj suara mesin dan ban nyaris tidak terdengar yang malah buat saya mengantuk dan sulit mengenali jika ada yang salah di mobil. Di lingkungan jalan Tol, pengaruh tekanan angin menjadi sangat penting karena suhu akan meningkat dan dalam beberapa kondisi suhu ban bahkan bisa mendekati 100°C.
Saking pentingnya tekanan Ban untuk berkendara, bahkan ada pembalap Moto2 yang dianulir kemenangannya sekaligus di diskualifikasi karena tekanan angin motornya saat lomba hanya kurang 0,02Bar atau 0,3PSi
http://www.motogp.com/en/news/2018/10/2 ... ory/275323
http://tmcblog.com/2018/10/21/kenapa-te ... tegi-2018/
Ya inilah pentingnya mobil perlu moose test, karena mobil GC tinggi COG juga lebih tinggi. Saya pernah bilang bahwa mobil GC tinggi mungkin memberikan rasa aman secara psikologis tapi tidak secara teknis untuk melaju di jalan Tol.
Di mobil GC tinggi kita dapat pandangan lebih luas kedepan tapi lebih banyak blindspot disamping.
Mobil GC tinggi juga umumnya memiliki travel suspensi lebih panjang dan profil ban lebih tebal. Pengaruhnya saat ban meletus posisi mobil akan turun lebih banyak dibagian ban yang meletus.
Dan ini juga yang saya maksud dengan error correction, not only about facing corner tapi juga koreksi handling ketika terjadi failure.
Saya juga baru saja touring dengan keluarga Jakarta - Surabaya PP tapi tidak tol semua. Rutenya
Jakarta - Jogja (lewat tol)
Jogja - Magetan (non tol)
Magetan - Surabaya (lewat tol)
Surabaya - Purworejo (lewat tol sampai solo)
Purworejo - Jakarta (lewat tol)
Kalau di tol luar kota saya cruising 120-140kpj karena di 100kpj suara mesin dan ban nyaris tidak terdengar yang malah buat saya mengantuk dan sulit mengenali jika ada yang salah di mobil. Di lingkungan jalan Tol, pengaruh tekanan angin menjadi sangat penting karena suhu akan meningkat dan dalam beberapa kondisi suhu ban bahkan bisa mendekati 100°C.
Saking pentingnya tekanan Ban untuk berkendara, bahkan ada pembalap Moto2 yang dianulir kemenangannya sekaligus di diskualifikasi karena tekanan angin motornya saat lomba hanya kurang 0,02Bar atau 0,3PSi
http://www.motogp.com/en/news/2018/10/2 ... ory/275323
http://tmcblog.com/2018/10/21/kenapa-te ... tegi-2018/
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
Karena ini SUV family Atoyot yang ga lulus moose test.alvin23 wrote: Thu Dec 27, 2018 5:49Honestly, dengan kondisi jalan licin, pecah di depan, dan kecepatan tinggi...
Average driver kyk kita peluangnya kurang dr 50/50 sih...
Kalo diliat, rem baru nyala disaat terakhir pas udh ketarik ke kiri, sesaat sebelum nabrak bridge..
The fact that fortuner is SUV with high center of gravity doesnt help at all
Turut berduka untuk korban,semoga yang kritis cepat pulih
Harusnya bukan cuma bintang NCAP aja. Ada moose certified
Untuk ban B SUV tipe itu saja atau secara umum Om? Saya juga pakai ini.. Wah ngeri juga ini..supriyanto98 wrote: Wed Dec 26, 2018 5:51 ban fortuner std merk inisial B mudah meledak. punya saya udah 2x begitu. satu di fortuner 2015 bensin. 1 di vrz baru beli sebulan bannya pecah (posisi markir diem di tempat doang).
temen saya juga kejadian di vw polonya. exit puri tol tangerang. kec +-60kpj meleduk bannya.
dengar" merk B ini karet sintetisny kebanyakan jd getas.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 681
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
Pugman wrote: Fri Dec 28, 2018 7:00
Karena ini SUV family Atoyot yang ga lulus moose test.
Harusnya bukan cuma bintang NCAP aja. Ada moose certified
lah ngapain untuk keluar duit lagi, engga diapa2in juga barangnya udah pada laku.
malahan kalau kaga ada pajero sport dakar, vnt juga kaga akan masuk indo. buat apa ? udah laku kok...cuma karena market sharenya tergerus terus ya udah deh masukin type vnt.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 735
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
Kalau ban pecah (apalagi ban depan) high speed & jalan licin mau lulus moose test pun tidak akan menolong. Tp memang handling VNT agak kurang, kmrn nyetir mobil mertua yg VNT TRD 2.7 terasa bedanya ama ANF lmyn jauh dari segi handling, steering feel yg disconnected & rem yg ngelosor.
Disini yang megang peranan penting "BAN", kalau saya biasanya ban depan ditambahin 2 psi karena distribusi weight yg depan lbh berat, seperti Hillux yg akhirnya lulus moose test koreksinya dengan menambah 4 psi khusus ban depan & juga re-calibrated ESP system.
Disini yang megang peranan penting "BAN", kalau saya biasanya ban depan ditambahin 2 psi karena distribusi weight yg depan lbh berat, seperti Hillux yg akhirnya lulus moose test koreksinya dengan menambah 4 psi khusus ban depan & juga re-calibrated ESP system.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Thu Jul 05, 2018 6:04
- Location: Bandung
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
Okelah walaupun yg ga lulus Moose test itu Hilux (COG Dcab pasti beda dong boss sama 'wagon' kaya Fortuner), kita anggep Fortuner gak lulus Moose Test juga.Pugman wrote: Fri Dec 28, 2018 7:00
Karena ini SUV family Atoyot yang ga lulus moose test.
Harusnya bukan cuma bintang NCAP aja. Ada moose certified
Tapi kecelakaan ini beda jauh boss kondisinya sama Moose test. Ban pecah, jalanan basah, kita gak tau kondisi supirnya (ngantuk, lengah, dll), dan gak ada manuver mobil yg drastis kaya moose test. Ban pecah, mobil lari ke kiri, rem terlambat, nabrak pembatas.
Belom tentu juga mobil yang lulus Moose test tsb bakal selamat dengan kondisi begini hehe.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Sun Mar 05, 2017 7:05
- Location: Bandung
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
Kalo kejadian gini..ban meletus..apa VSC masih bisa membantu ga ya?? Kira2 kalo ban meletus gini manuver nya mesti gimana ya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
mata tua saya juga liat sama....pengendiesel wrote: Thu Dec 27, 2018 7:18 Kalo murni dari video tsb, gimana cara taunya kalo itu gara2 pecah ban? Mata tua ane ngeliatnya lebih ke aquaplanning![]()
Apa sudah ada korban selamat yg kasih keterangan kalo gara2 pecah ban?
taun 2000 pernah ngebut tol 160 ujan besar pagi hari selip goyang kekanan kiri ky lagu dangdut trs melintir ky gangsing lalu hantam trotoar pembatas jalan tol pas keluar cilandak jakarta hampir nyeberang jalur mirip seperti video itu...tapi bukan krn pecah ban...klo video itu hancur depan...saya hancur samping belakang...
taun 2004 siang dr karawang arah jakarta naik jaz lari 150an ninggalin kia carens II ambil jalur kiri tiba2 ada balok melintang kena ban kiri pecah mobil lompat lari ke kanan trs kekiri lagi ampe bahu jalan .untung kontener blakang jauh...bisa di gilas...
taun 2016 naik w205 pagi hari arah bogor ngebut gak tau lari brapa di tol kena lobang pecah lah tuh ban blakang kanan tapi masih tkendali...sampe velgnya gesrot aspal..krn AMG kuat tuh velg pinggiran aja gompal...maklum velg mahalll 40 jt/pis...
mknya sampe skrg paling takut ngebut kalo hujan...apalg malam ujan....maklum mata sudah tua...tidak ada fungsi mata ganda ky film gaban...
tapi masih selamat tidak cedera sedikitpun...rejeki orang soleh...Tuhan selalu beserta saya..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
Mbah, iki 1 jam 31 nenit dari Satelite Gate toll SBY sampe exit toll Karanganyar.
Mantep tenan yo mbah.
Mantep tenan yo mbah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1645
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
Koyoke numpak pesawat kuwi mbah...ginting wrote: Fri Dec 28, 2018 18:02 Mbah, iki 1 jam 31 nenit dari Satelite Gate toll SBY sampe exit toll Karanganyar.
Mantep tenan yo mbah.
IMG-20181228-WA0051.jpg
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Sun Apr 15, 2018 15:36
- Location: jakarta barat
- Daily Vehicle: Innova 2gd
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
Pugman wrote: Fri Dec 28, 2018 7:00 Untuk ban B SUV tipe itu saja atau secara umum Om? Saya juga pakai ini.. Wah ngeri juga ini..
yg saya dengar, secara keseluruhan. dr ban type HT road race smua sama.
dengar dr ex pabrik localnya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Mon Jul 16, 2012 4:24
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
klo pakai seatbelt semua mungkin hasilnya lain
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Mon Jul 16, 2012 4:24
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
klo pakai seatbelt semua mungkin hasilnya lain
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
bensinsolar wrote: Fri Dec 28, 2018 9:21 Kalau ban pecah (apalagi ban depan) high speed & jalan licin mau lulus moose test pun tidak akan menolong. Tp memang handling VNT agak kurang, kmrn nyetir mobil mertua yg VNT TRD 2.7 terasa bedanya ama ANF lmyn jauh dari segi handling, steering feel yg disconnected & rem yg ngelosor.
Disini yang megang peranan penting "BAN", kalau saya biasanya ban depan ditambahin 2 psi karena distribusi weight yg depan lbh berat, seperti Hillux yg akhirnya lulus moose test koreksinya dengan menambah 4 psi khusus ban depan & juga re-calibrated ESP system.
Pada keadaan pecah ban atau bahkan ban lepas justru sebisa mungkin dihindari melakukan braking, usahakan untuk menepikan mobil dan biarkan mobil melambat sendirinya, dalam beberapa skenario bisa menggunakan body mobil yang diserempetkan ke separator jalan untuk memperlambat mobil.nowtaps wrote: Fri Dec 28, 2018 11:13Okelah walaupun yg ga lulus Moose test itu Hilux (COG Dcab pasti beda dong boss sama 'wagon' kaya Fortuner), kita anggep Fortuner gak lulus Moose Test juga.Pugman wrote: Fri Dec 28, 2018 7:00
Karena ini SUV family Atoyot yang ga lulus moose test.
Harusnya bukan cuma bintang NCAP aja. Ada moose certified
Tapi kecelakaan ini beda jauh boss kondisinya sama Moose test. Ban pecah, jalanan basah, kita gak tau kondisi supirnya (ngantuk, lengah, dll), dan gak ada manuver mobil yg drastis kaya moose test. Ban pecah, mobil lari ke kiri, rem terlambat, nabrak pembatas.
Belom tentu juga mobil yang lulus Moose test tsb bakal selamat dengan kondisi begini hehe.
Kondisi kecelakaan dan pengujian itu tentu beda, tapi dalam hal ini ada kesamaan bahwa mobil mendapatkan gangguan handling secara tiba-tiba. Insightnya adalah kalau diberi gangguan terukur yang lebih kecil saja tidak lulus bagaimana menghandle gangguan yang lebih besar.
Pengujian moose test, tentu tidak serta merta menjamin selamat karena pengujian juga hanya dilakukan pada kecepatan 60kpj di area kering oleh driver profesional sementara kecepatan di tol bisa 2x lipat dengan driving skill yang tidak terukur. Sama juga dengan uji NCAP itu tidak menjamin keselamatan nyawa penumpang, Namun dengan tidak lulus uji moose test ini, artinya kita tahu bahwa mobil tersebut punya batasan handling yang lebih rendah dari yang lulus uji atau setidaknya jika mobil itu lulus memperbesar peluang selamat katakanlah dari 1% menjadi 1,1%. Karena sekelas sedan sekalipun belum tentu lolos dari kecelakaan seperti itu.
Ada mobil yang tadinya ga lulus lalu hanya menaikkan tekanan ban beberapa psi jadi lulus, ada juga yang harus menaikkan ukuran velg 2" lebih besar dan profil ban sedikit lebih tipis akhirnya lulus. Artinya dengan data2 itu pabrikan bisa memberikan rekomendasi lebih dalam terhadap keselamatan pengguna.
Kalau lihat benturan mobil, lebih kuat dugaan bahwa korban meninggal karena tidak pakai seatbelt.
Dalam hal modifikasi mobil sekarang banyak orang salah langkah, seperti upgrade power namun lupa upgrade rem dan suspensi
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
Sepertinya dalam case ini fortunernya lulus moose test sampai bablas nabrak pembatas.
Kalau gagal kan dia bakal terguling begitu oleng ke kiri.
Kalau gagal kan dia bakal terguling begitu oleng ke kiri.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: March HR15
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
Bisa jadi. Masih banyak lah yg egk bener pakai seatbelt. Ada yg pake seatbelt aja egk. Ada yg sekedar pakai melintang di depan dada saja yg di pinggang egk.
Yang paling sering sih. Penumpang belakang. Jarang banget pake seatbelt. Penumpang saya sendiri juga hampir egk pernah.


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 181
- Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55
Re: Ban Fortuner Pecah di Tol Madiun, 1 Tewas 2 Luka
saya juga bingung penyebab kecelakaannya karna pecah ban.. mungkin sengaja di bikin keterangan seperti itu supaya klo pecah ban murni yg salah driver dan owner mobilnya krn kurang memperhatikan piranti keselamatan berkendara dlm hal ini ban nya .... beda cerita klo penyebab nya krn aquaplaning bisa2 pihak jalan tol juga bisa disalahkan terkait ketidaklayakan struktur toll nya terkait irigasi air nya.. sorry bukan nya suuzon tp yg mengeluarkan pernyataan kan pihak toll berdasarkan rekaman cctv tanpa diperkuat keterangan saksi di dalam mobil tsb... sekian analisa sotoy ane. klo salah mohon jangan di bullykompresorz wrote: Fri Dec 28, 2018 15:12mata tua saya juga liat sama....pengendiesel wrote: Thu Dec 27, 2018 7:18 Kalo murni dari video tsb, gimana cara taunya kalo itu gara2 pecah ban? Mata tua ane ngeliatnya lebih ke aquaplanning![]()
Apa sudah ada korban selamat yg kasih keterangan kalo gara2 pecah ban?
taun 2000 pernah ngebut tol 160 ujan besar pagi hari selip goyang kekanan kiri ky lagu dangdut trs melintir ky gangsing lalu hantam trotoar pembatas jalan tol pas keluar cilandak jakarta hampir nyeberang jalur mirip seperti video itu...tapi bukan krn pecah ban...klo video itu hancur depan...saya hancur samping belakang...
taun 2004 siang dr karawang arah jakarta naik jaz lari 150an ninggalin kia carens II ambil jalur kiri tiba2 ada balok melintang kena ban kiri pecah mobil lompat lari ke kanan trs kekiri lagi ampe bahu jalan .untung kontener blakang jauh...bisa di gilas...
taun 2016 naik w205 pagi hari arah bogor ngebut gak tau lari brapa di tol kena lobang pecah lah tuh ban blakang kanan tapi masih tkendali...sampe velgnya gesrot aspal..krn AMG kuat tuh velg pinggiran aja gompal...maklum velg mahalll 40 jt/pis...
mknya sampe skrg paling takut ngebut kalo hujan...apalg malam ujan....maklum mata sudah tua...tidak ada fungsi mata ganda ky film gaban...
tapi masih selamat tidak cedera sedikitpun...rejeki orang soleh...Tuhan selalu beserta saya..