Mantap share'nya om....964 wrote: Sun Feb 25, 2018 19:29Saya share pengalaman saya nyetir dari Kerinci ke Kota Jambi.pernahmiskin wrote: Sun Feb 25, 2018 18:31 Saya masih nunggu pakar road trip n kawan2 SM share cara nyetirnya...
Sambil mempelajari teknik nyetir yg lebih baik lg....
Om ginting sdh, ayo yg lain monggo!!
Biar kita saling berbagi teknik nyetir yg aman tentu'nya...
Jg tips seputar perjalanan, biar kondisi ga ngedrop...
Kalau sy pas lg ngedrop kondisi badan n ngantuk, paling susah cenderung ga bisa tidur dlm mobil....
Jd sebisa mungkin cr spbu yg ada atm, mobil parkir di area yg terpantau cctv, ambil tikar, sarung n bantal d bagasi(selalu ada), gelar tikar di emperan n mbatang /tidur kisaran 1 jam...ini kalau kondisi malam..
Kalau siang yg agak tricky, sebab masih belum ada mental kalau gelar tikar d tempat umum...
Jd paling mampir ke rumah makan/ warung makan yg ada saungnya, pesen makan, kelar makan kenyang numpang tidur 1 jam, numpang mandi lanjut perjalanan lg...
Saya nyetir dari Kerinci pukul 11 malam dari penginapan di Kayu Aro, setelah beberapa jam sebelumnya turun dari pendakian Gunung Kerinci. Kurang lebih timelinenya seperti ini. Di shelter 3 (tempat tertinggi untuk bisa mendirikan tenda) saya tidur dan bangun sekitar Subuh. Pukul 11 saya turun dari pendakian, saya jalan lebih dulu dari teman-teman yang lainnya, pukul 16.30 saya tiba di gerbang masuk pendaki. Karena saya lebih dulu dr yg lain, saya ke penginapan mengambil mobil, 17.30 saya jemput teman-teman ke penginapan. Selanjutnya saya packing barang, mandi, makan, dll. Pukul 23 saya berangkat ke kota Sungai Penuh untuk isi bbm. Pukul 00 dari Sungai penuh kami berangkat menuju Kota Jambi. Saya nyetir dan beberapa teman saya tidur secara bergiliran setelah capek dari pendakian. Hampir selalu ada teman yang menemani saya nyetir. Beberapa kali berhenti sebentar untuk istirahat namun masih saya yg nyetir. Sampai menjelang Subuh saya berhenti di Masjid untuk solat subuh. Selanjutnya saya dan teman-teman tidur di mobil di parkiran Masjid sampai pukul 7 pagi. Selanjutnya gantian teman saya yang nyetir, dan saya tidur tidak sampai 2 jam. Menjelang siang, saya kembali nyetir. Kurang lebih Zhuhur kami sampai ke tujuan di Kota Jambi dengan selamat tanpa kejadian yang tidak diinginkan.
Setiap orang punya caranya sendiri agar tetap konsentrasi dalam berkendara. Rokok, kopi, dan musik adalah teman saya nyetir, teman ngobrol itu bonus.
Rokok, kopi, dan musik
Idem om, sama,
minus kopi kalau sy, asam lambung
Jogja~Tulungagung kalau lewat selatan jalur sy jg om, hampir tiap 2 minggu sekali pp jogja~blitar sy...jar-jit-no wrote: Sun Feb 25, 2018 23:25 Ane pake cvt malah bisa menikmati nyetir di pegunungan. Walaupun mobilnya limbung bgt dan steering nya very slow, yg penting udah kenal batasnya mobil dan karakternya.
Minggu lalu jg baru libas rute jogja - tulungagung lwt ponorogo jam 10 malem fun aja. Kadang iseng ane cari "lawan" buat ngekor atau ane asepin sampe ga keliatan. Buat unsur fun dan ga boring nyetir..hehe
Kalo rule jalan pegunungan menurut ane sih :
1. Kenali karakter mobil dan batas maksimal kemampuan mobil kita
2. Tidak terlalu bernafsu buat overtaking,
3. Jangan memaksakan diri
Selama ini pakai mirage cvt aman aja sih, dan fun memang rute pegunungan..apalagi kalo dpt "lawan" yang enak..hehe
Kalau sy lewatnya, Jogja~ karangwuni(klaten)/kdg stasiun srowot tembus terminal wonogiri~ponorogo~trenggalek~t.agung ~blitar..
Jalur yg sy tulis jg lumayan menantang, liku2 khas pegunungan, gelap, tikungan cilukba tp syukur aspal sdh lumayan alus per 2017 kemaren....
Jalur itu relatif sangat aman dr penjahat jalanan, walaupun sepi n banyak hutan...