*air filter ini selalu di cuci bersihkan tiap 5000km sesuai saran petunjuk merk itu di box nya..
Tiba2 bisa deform seperti itu...











Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Ngak disemprot directly (face to face) ke arah filter nya Om, tapi di semprot anginnya dgn kompressor angin tekanan secukupnya dari arah samping saja biar bila ada debu yg masih nempel, setelah filter di bersihkan pakai kuas halus maka debunya bisa lepas. Inilah penampakan filter K&N nya skrg setelah setahun lebih terpasang dan belum pernah dicuci yg di copot dari box filter udara mobil Nissan All New Grand Livina 2014 saya.marzoochi wrote:Filter K&N malah di petunjuknya tidak boleh disemprot angin kompresor oom, malah oli nya ga ada di cotton gauze dan akibatny ga bisa nangkap debu.
Sebaiknya memang dicuci dan diberi oil lgi
Filter K&N TIDAK BOLEH KENA UDARA BERTEKANAN dan BRUSH.Herman7103 wrote: Mon Jul 08, 2019 11:21Ngak disemprot directly (face to face) ke arah filter nya Om, tapi di semprot anginnya dgn kompressor angin tekanan secukupnya dari arah samping saja biar bila ada debu yg masih nempel, setelah filter di bersihkan pakai kuas halus maka debunya bisa lepas. Inilah penampakan filter K&N nya skrg setelah setahun lebih terpasang dan belum pernah dicuci yg di copot dari box filter udara mobil Nissan All New Grand Livina 2014 saya.IMG_20190708_175537.jpeg
Udara di negara donald trump beda ama di Indonesia... jauh lebih bersih dsnkunaskun wrote: Mon Jul 08, 2019 13:40 K&N ini memang ekstrem juga si, buat bersihkan rekomendasinya bisa sampe 50 ribu miles = 70 ribu km..![]()
kaya kalah kuat dengan kevakuman mesin ya? amit2 itu pecahan filter ada yang masuk ruang mesin. kalau dulu saya sempat tertarik tapi kepikiran kata yang jualan K&N dan ginian, plong mah iya tapi nyaring ga tuarfs wrote: Sun Jul 07, 2019 16:39 Air Filter stainless steel inisial merk F***** setelah dipakai kurang lebih 5 tahun dengan jarak tempuh 60 rb an di grand livina cvt.
*air filter ini selalu di cuci bersihkan tiap 5000km sesuai saran petunjuk merk itu di box nya..
Tiba2 bisa deform seperti itu...![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
tapi kalau teman saya yang pernah stay di US, tergantung daerah mana, setiap daerah berbeda2 kualitas udaranya. dan menurut dia si, ini mah cara iklan K&N aja biar dibilang produk dia bagus, ga bikin repot, kalau ga siapa yang mau beli
yg ane bold.kunaskun wrote: Mon Jul 08, 2019 13:51
tapi kalau teman saya yang pernah stay di US, tergantung daerah mana, setiap daerah berbeda2 kualitas udaranya. dan menurut dia si, ini mah cara iklan K&N aja biar dibilang produk dia bagus, ga bikin repot, kalau ga siapa yang mau beliudah lebih mahal dari aslinya eh bikin repot cuci2 terus
dan memang yg ngomong ini pake juga K&N di US, alesannya: beli satu pakenya lama dihitung2 irit filter udara, dan lifetime warranty jadi kalau ada apa2 tinggal klaim (apalagi USA itu kan urusan warranty bener2 maksimal).
Dunno dah apakah vacum nya livina cvt sekuat itu... apa mungkin kena heat soak dari mesin hr15de yg terkenal panas...kunaskun wrote: Mon Jul 08, 2019 13:48 kaya kalah kuat dengan kevakuman mesin ya? amit2 itu pecahan filter ada yang masuk ruang mesin. kalau dulu saya sempat tertarik tapi kepikiran kata yang jualan K&N dan ginian, plong mah iya tapi nyaring ga tumakanya pake K&N lagi d
Masi mending kaya gt om, dl di lipindut ane perna make yg kertas aj ampe jebol, trus masi untung sobekan nya stuck d throttle body, trus rpm lg naek turun.. kl ampe keisep mesin sehh alamat pecahin celengan..arfs wrote: Tue Jul 09, 2019 2:18Dunno dah apakah vacum nya livina cvt sekuat itu... apa mungkin kena heat soak dari mesin hr15de yg terkenal panas...kunaskun wrote: Mon Jul 08, 2019 13:48 kaya kalah kuat dengan kevakuman mesin ya? amit2 itu pecahan filter ada yang masuk ruang mesin. kalau dulu saya sempat tertarik tapi kepikiran kata yang jualan K&N dan ginian, plong mah iya tapi nyaring ga tumakanya pake K&N lagi d
Kapok dah beli "stainless steel" air filter... Untuk blm knp knp mesin nya selama pemakaian itu...
Tp dah lsg ilfeel setelah lihat bisa kyk gitu ... ogah make lg...
IMHO, konstruksi frame (bingkai) filternya sepertinya cuma karet doank, bukan metal.kunaskun wrote: Mon Jul 08, 2019 13:48kaya kalah kuat dengan kevakuman mesin ya? amit2 itu pecahan filter ada yang masuk ruang mesin. kalau dulu saya sempat tertarik tapi kepikiran kata yang jualan K&N dan ginian, plong mah iya tapi nyaring ga tuarfs wrote: Sun Jul 07, 2019 16:39 Air Filter stainless steel inisial merk F***** setelah dipakai kurang lebih 5 tahun dengan jarak tempuh 60 rb an di grand livina cvt.
*air filter ini selalu di cuci bersihkan tiap 5000km sesuai saran petunjuk merk itu di box nya..
Tiba2 bisa deform seperti itu...![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
makanya pake K&N lagi d
By the way thank you for you information and notedkunaskun wrote:Filter K&N TIDAK BOLEH KENA UDARA BERTEKANAN dan BRUSH.Herman7103 wrote: Mon Jul 08, 2019 11:21Ngak disemprot directly (face to face) ke arah filter nya Om, tapi di semprot anginnya dgn kompressor angin tekanan secukupnya dari arah samping saja biar bila ada debu yg masih nempel, setelah filter di bersihkan pakai kuas halus maka debunya bisa lepas. Inilah penampakan filter K&N nya skrg setelah setahun lebih terpasang dan belum pernah dicuci yg di copot dari box filter udara mobil Nissan All New Grand Livina 2014 saya.IMG_20190708_175537.jpeg
CAN I USE COMPRESSED AIR TO DRY MY K&N[emoji2400] FILTER FASTER?
K&N[emoji2400] recommends against using compressed air to dry your air filter, as compressed air may rip and tear the filter fibers. Always allow the filter to dry naturally.
CAN I USE A BRUSH TO HELP DISLODGE DIRT ON MY FILTER BEFORE CLEANING?
K&N[emoji2400] does not recommend the use of brushes to clean air filters, as the bristles from a brush may rip and degrade the filter media.
https://www.knfilters.com/faq#cleaning
https://www.knfilters.com/cleaning
K&N ini memang ekstrem juga si, buat bersihkan rekomendasinya bisa sampe 50 ribu miles = 70 ribu km..![]()
cuma saya setelah belasan tahun pake filter cotton gauze kaya gini, setahun sekali atau tiap 10 ribu km. dan secara berkala diputer2 itu filter jadi rata "mampet"nya. lagian pengalaman semakin lama ga dicuci, kotorannya makin "lengket" dan makin lama bersihinnya.
saya bersihin pake APC + kuas cat, direndam APC + Air, dikuas2in, siram air, dan memang berulang2 sampe itu permukaan filter pas basah ditoel tangan nyaris ga ada item2 nempel. aplikasikan oli K&N pun memang lama, seharian baru tiris, maka saya pake yang model kalengan spray jadi hitungan jam sudah bisa dipake.
repot? memang, tapi sepadan dengan performanya.
kalau sepengalaman saya, hanya saat awal saja terasa efeknya dan itupun ndak signifikan. Akhirnya balik lagi ke filter standarerwinign wrote: Mon Feb 19, 2018 15:42 halo semua, mobil saya filter udara nya udah mulai minta ganti (waktu di snd dibilangin sama mekaniknya, keliatan udah item di kertas filternya), kalo diganti pake 2 filter udara aftermarket apa ngefek banyak ke performa?
Rasanya kalo k&n banyak palsu nya sih rata2 di open filter nya ya.. yang replacement sih setau saya ga ada palsunya..MSU wrote:better ori aja dah...kalo ga punya kompresor juga bersihinnya tinggal diketok2 aja..
merk K&N ati2 banyak banget palsunya
merk ori kl kemahalan, bisa subtitusi ke sakura / denso...harusnya kedua merk itu cukup terbukti kualitasnya
Ok ane lsg beli air filter livina yg sakura atau asli nissin deh.DOHC wrote: Tue Jul 09, 2019 3:16 Masi mending kaya gt om, dl di lipindut ane perna make yg kertas aj ampe jebol, trus masi untung sobekan nya stuck d throttle body, trus rpm lg naek turun.. kl ampe keisep mesin sehh alamat pecahin celengan..
yup...open filter-nya maksud ane...tp sebaiknya jaga2 juga untuk versi replacement-naylightarmy10 wrote: Tue Jul 09, 2019 6:27Rasanya kalo k&n banyak palsu nya sih rata2 di open filter nya ya.. yang replacement sih setau saya ga ada palsunya..MSU wrote:better ori aja dah...kalo ga punya kompresor juga bersihinnya tinggal diketok2 aja..
merk K&N ati2 banyak banget palsunya
merk ori kl kemahalan, bisa subtitusi ke sakura / denso...harusnya kedua merk itu cukup terbukti kualitasnya
filter nissin yg kertas jg ati2 om, bsa ad yg aspal nya.. ane waktu itu jg kayanya dapet yg aspal, pinggiran bingkai nya bukan dr besi kaya bawaan nissin..arfs wrote: Tue Jul 09, 2019 7:30Ok ane lsg beli air filter livina yg sakura atau asli nissin deh.DOHC wrote: Tue Jul 09, 2019 3:16 Masi mending kaya gt om, dl di lipindut ane perna make yg kertas aj ampe jebol, trus masi untung sobekan nya stuck d throttle body, trus rpm lg naek turun.. kl ampe keisep mesin sehh alamat pecahin celengan..
Soalnya sekarang lagi pakai air filter nya asli bawaan dari mobil pas baru, alias ud berumur 6 tahun sama kyk mobil nya...
Jd dulu km 15 / 20rb ganti ke si air filter "stainless steel, yg asli bawaan mobil nya di simpen di kotak air filter si "stainless steel" itu...
Walaupun di simpen di laci di kamar tp jgdkut kertas filter nya jebol kyk cerita om klep...
thx fyi...
Ok noted, om klep thanks again for your further info.DOHC wrote: Tue Jul 09, 2019 9:10 filter nissin yg kertas jg ati2 om, bsa ad yg aspal nya.. ane waktu itu jg kayanya dapet yg aspal, pinggiran bingkai nya bukan dr besi kaya bawaan nissin..
btw kl filter nya aseli sehh kayanya jarang bsa ampe jebol om, ntuh bingkai dr besi plus kertas nya kaku tebel.. dan kl jaman dl beres masi jual versi yg busa punya, bsa di cuci dan aseli dari jepun sana.. tinggal plug n play.. entah skrg masi dijual ga