[In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
entah mau ngetik apa di thread nya om billy selain mengatakan bagus sekali dan fotonya yg apik, walaupun saya tidak begitu faham saat ini (mungkin nanti sambil di cerna)
and, selamat ya om atas penghargaan nya
and, selamat ya om atas penghargaan nya
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
depan mcpherson dan belakang torsionbeam om...capman wrote: Tue Feb 14, 2017 6:23 congratz M2 nya oom, suspensi belakang pake torsion beam apa multilink ya om?

oyah di bagian blkng roda kanan ada semacam link arm saya gtw ini fungsinya bwat apa, awalnya sya kira swaybar.. tp bgtu di deketin bukan karna hanya sebelah. dugaan saya ini semacam leveling sensor. mungkin untuk lampu yang auto naik turun.
thx you om...ABEDUL wrote: Tue Feb 14, 2017 7:47 entah mau ngetik apa di thread nya om billy selain bagus sekali dan fotonya yg apik, walaupun saya tidak begitu faham saat ini (mungkin nanti sambil di cerna)
and, selamat ya om atas penghargaan nya

hahaha please do ask.. i'm welcome to discuss hehe

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Sun Jan 03, 2016 6:32
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
oow, maaf baru balik baca lagi oom bil, penyakit m2 lama sih biasanya di steering rack, intermediate shaft, engine mounting dan rotor gelombang, tapi di face-lift terakhir sebelum all new m2 ini dah semakin jarang sih
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
update =============================
dipasaran ada 2 header untuk M2sky yang populer, model 4 - 1 dan 4 - 2 - 1, dri "I" something dan "R" something keduanya bagus.. tergantung karakter mesin yang diingin kan dan menurut beberapa testimonial ini berhubungan dgn transmisinya juga. in theory, 4-1 akan lebih peaky dgn torsi fokus ke rpm atas, sedangkan 4-2-1 karakterny akan lebih flat dgn torque dri rpm tengah khas skyactiv. angka peak hp tertinggi ada di 4-1 hingga 157hp setelah pakai unichip. sedangkan 421 147hp pakai unichip juga, sama-sama dri tuner dan dyno yg sama. yg beda satu MT satu AT.
for me, sya pilih yg 421....
jadi beberapa minggu kemarin kiriman header + muffler akhirnya datang..

pemasanganya.... gampang-gampang sulit, errmm sulit sulit gampang, lebih tepatnya.. karna memang lebih sulit dibanding jazz atw mbl lain yg integrated header hanya menggunakna downpipe.

header standarnya gedheee.... dgn catconv besar ditengahnya, model 4-2-1nya juga meliuk-liuk seperti mie kusut...

setelah semua baut sudah dilepas, header tidak bisa langsung di keluarkan... di tarik keatas terlalu sempit, di tarik kebawah juga demikian.... malah beberapa teman mengatakan ada dudukan di header yang perlu di potong untuk mengeluarkanya...
setelah 4jam berusaha, akhirnya di putuskan stabilizer harus dilepas dulu.. baru header bisa diturunkan...
welll akhirnya bisa juga tampa motong2 hehehe

stabilizer bar yg menghalangi

beres..... headernya mirip trompet... panjang dan ada liukan melingkarnya... catconv sekarang sudah di lepas 1 yang di header... dan masih ada 1 lagi di centerpipe...
impression:
suara mesin hampirr sama... di bawah 2500rpm itu plek sama.. di atas itu suara sedikitt lebih garing dan mengaung.. yang pasti nyupirin nyokap keluarkota, beliau tidak sampai komplain.
tenaga, sengaja besoknya langsung di bawa keluar kota, karna "katanya" new exhaust ecu perlu waktu untuk relearning... setelah itu.. horeee.. peningkatan terasa dan nyata, saya rasa bukan placebo... dr 2500 hingga redline lebih terasa punchy dan torsi lebih ngisi. ke 170kmh lebih mudah. fc? saya rasa sama aja.

topspeed memang pernah di 181, tp itu dijalan kosong dan panjang.
berikutnya dual muffler...
pemasanganya lebih sulit eh bukan.. lebih mahal.. karna tidak plug n play. sengaja untuk muffler sebelah kirinya blm di las karna fitting bisa berbeda-beda tergantung diffusernya, dan perlu dilakukan bend dan penambahan pipa sedikit.
hasilnya

suara mesin... kini jd ngebass ... dri idle hingga rpm 2500 hilang ketutup suara mesin..... nyokap naik ini bentar langsung notice...... hmmmmm sejujurnya this is my first time pke knalpot "racing" di petrol.... memang suaranya masih jauh tidak sebrisik mbl teman saya yg pke muffler err... mungkin hks something ntah ori atw abal2..... yet still too much for me.. hrs membiasakan diri hehe.... performa.. hmmmm blm sempat dibawa keluar kota.. seharusnya sama saja, tp mungkin karna lebih berisik rasanya tidak seringan sblmnya.
sudah cukup? blum.. i need ovt remap hehe
dipasaran ada 2 header untuk M2sky yang populer, model 4 - 1 dan 4 - 2 - 1, dri "I" something dan "R" something keduanya bagus.. tergantung karakter mesin yang diingin kan dan menurut beberapa testimonial ini berhubungan dgn transmisinya juga. in theory, 4-1 akan lebih peaky dgn torsi fokus ke rpm atas, sedangkan 4-2-1 karakterny akan lebih flat dgn torque dri rpm tengah khas skyactiv. angka peak hp tertinggi ada di 4-1 hingga 157hp setelah pakai unichip. sedangkan 421 147hp pakai unichip juga, sama-sama dri tuner dan dyno yg sama. yg beda satu MT satu AT.
for me, sya pilih yg 421....

jadi beberapa minggu kemarin kiriman header + muffler akhirnya datang..


pemasanganya.... gampang-gampang sulit, errmm sulit sulit gampang, lebih tepatnya.. karna memang lebih sulit dibanding jazz atw mbl lain yg integrated header hanya menggunakna downpipe.

header standarnya gedheee.... dgn catconv besar ditengahnya, model 4-2-1nya juga meliuk-liuk seperti mie kusut...

setelah semua baut sudah dilepas, header tidak bisa langsung di keluarkan... di tarik keatas terlalu sempit, di tarik kebawah juga demikian.... malah beberapa teman mengatakan ada dudukan di header yang perlu di potong untuk mengeluarkanya...
setelah 4jam berusaha, akhirnya di putuskan stabilizer harus dilepas dulu.. baru header bisa diturunkan...
welll akhirnya bisa juga tampa motong2 hehehe


stabilizer bar yg menghalangi

beres..... headernya mirip trompet... panjang dan ada liukan melingkarnya... catconv sekarang sudah di lepas 1 yang di header... dan masih ada 1 lagi di centerpipe...
impression:
suara mesin hampirr sama... di bawah 2500rpm itu plek sama.. di atas itu suara sedikitt lebih garing dan mengaung.. yang pasti nyupirin nyokap keluarkota, beliau tidak sampai komplain.
tenaga, sengaja besoknya langsung di bawa keluar kota, karna "katanya" new exhaust ecu perlu waktu untuk relearning... setelah itu.. horeee.. peningkatan terasa dan nyata, saya rasa bukan placebo... dr 2500 hingga redline lebih terasa punchy dan torsi lebih ngisi. ke 170kmh lebih mudah. fc? saya rasa sama aja.

topspeed memang pernah di 181, tp itu dijalan kosong dan panjang.
berikutnya dual muffler...
pemasanganya lebih sulit eh bukan.. lebih mahal.. karna tidak plug n play. sengaja untuk muffler sebelah kirinya blm di las karna fitting bisa berbeda-beda tergantung diffusernya, dan perlu dilakukan bend dan penambahan pipa sedikit.
hasilnya

suara mesin... kini jd ngebass ... dri idle hingga rpm 2500 hilang ketutup suara mesin..... nyokap naik ini bentar langsung notice...... hmmmmm sejujurnya this is my first time pke knalpot "racing" di petrol.... memang suaranya masih jauh tidak sebrisik mbl teman saya yg pke muffler err... mungkin hks something ntah ori atw abal2..... yet still too much for me.. hrs membiasakan diri hehe.... performa.. hmmmm blm sempat dibawa keluar kota.. seharusnya sama saja, tp mungkin karna lebih berisik rasanya tidak seringan sblmnya.
sudah cukup? blum.. i need ovt remap hehe
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Wed Jan 06, 2016 14:09
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
top banget reviewnya om
saya juga pengguna mazda 2 gt juga, bener2 kalo di jam pulang kantor scbsnya suka nyala disaat yang gak tepat, sensornya sepertinya suka miss reading
btw ada tutor buat install android auto om? kalo ada boleh dibagi dong hehehe



saya juga pengguna mazda 2 gt juga, bener2 kalo di jam pulang kantor scbsnya suka nyala disaat yang gak tepat, sensornya sepertinya suka miss reading
btw ada tutor buat install android auto om? kalo ada boleh dibagi dong hehehe


-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
terimakasih om.. hehearseniussugi wrote: Tue Feb 28, 2017 15:56 top banget reviewnya om![]()
![]()
saya juga pengguna mazda 2 gt juga, bener2 kalo di jam pulang kantor scbsnya suka nyala disaat yang gak tepat, sensornya sepertinya suka miss reading
btw ada tutor buat install android auto om? kalo ada boleh dibagi dong hehehe![]()
![]()

klw scbs tiba2 nyala, lampu scbs di cluster nyala tidak om? punya saya rasanya tidak

ini om...

http://mazda3revolution.com/forums/2014 ... -beta.html
atau via All in one tweak
http://mazda3revolution.com/forums/2014 ... weaks.html
goodluck
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
mantep mods...
btw itu masda knapa header nya dbkin kaya mie kusut gt yahh... header replacementnya koq jg semi kusut gt mods ?? knapa ga yg plong lurus gt kbelakang macam mobil2 jepun skrg ??
btw, ntuh masda masi jor2an jg yahh kl bkin mobil... header aj masi dibikin terpisah... dibanding merek tetangga, header di cor jd satu ama enjin head... hadehh...
btw itu masda knapa header nya dbkin kaya mie kusut gt yahh... header replacementnya koq jg semi kusut gt mods ?? knapa ga yg plong lurus gt kbelakang macam mobil2 jepun skrg ??
btw, ntuh masda masi jor2an jg yahh kl bkin mobil... header aj masi dibikin terpisah... dibanding merek tetangga, header di cor jd satu ama enjin head... hadehh...
numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
hahaha... ntah lah, di belakang mesin ada ruang cukup besar untuk nyimpan header berukuran besar ini. konon ini sebabnya mesin skyactiv murni tidak bisa di pasang di sasis biasa, klw di paksakan harus pakai header 4-1 biasa yang lebih simple, dan CR lebih rendah seperti di biante.DOHC wrote: Sat Mar 11, 2017 8:10 mantep mods...
btw itu masda knapa header nya dbkin kaya mie kusut gt yahh... header replacementnya koq jg semi kusut gt mods ?? knapa ga yg plong lurus gt kbelakang macam mobil2 jepun skrg ??
btw, ntuh masda masi jor2an jg yahh kl bkin mobil... header aj masi dibikin terpisah... dibanding merek tetangga, header di cor jd satu ama enjin head... hadehh...
header harus dibikin melingkar2 soalnya tidak cukup panjang ruangnya, dibelakang header sudah ada cat kedua yang ada kabel sensornya, jadi tidak bisa di geser, al hasil harus dibikin melingkar demi konfigurasi 4-2-1 yang memang tidak bisa pendek.
jika pakai header M2sky yg 4-1 buatan "I" headernya lebih simple dan pendek tinggal lurus aja. lucunya malah lebih mahal harganya.... mungkin karna sudah punya nama hahaha
haha integrated header, seperti di ahon L dan R series, juga toyota NR dan KR, ford ecoboost dll.... tujuanya bwat nekan emisi... karna catconv bisa di letakin dekat dengan head.. pemanasan catconv jg jadi lebih cepat. selain itu tentu reducing production cost. di sisi lain, untuk mobil turbo integrated header lebih baik... karna jarak head ke turbo bisa sangat dekat. itu sebabnya L dan R series ahon konon cocok untuk di kasih keong ajaib. sedangkan ford ecoboost dri sananya sudah turbo.
mesin jenis ini membuat setiap ketukan pembakaran di cyld jd lebih samar sehingga suaranya "unik" baca: *peresan tebu*


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
Wah.. Ditunggu dyno testnya om...
Comparisson before vs afternya..
Oe penasaran sama grafik torque-nya, baik sebelum atau sesudahnya..

Comparisson before vs afternya..
Oe penasaran sama grafik torque-nya, baik sebelum atau sesudahnya..

SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Thu Jan 05, 2017 4:05
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
mantab reviewnya om
mobil inceran ane diantara fiesta ecoboost & polo
ada saran om pilih yg mana?
sempet cobain duduk di depan&belakang, kok berasa sempit ya, tapi suka banget dashboardnya berasa bawa mobil eropa
mobil inceran ane diantara fiesta ecoboost & polo
ada saran om pilih yg mana?
sempet cobain duduk di depan&belakang, kok berasa sempit ya, tapi suka banget dashboardnya berasa bawa mobil eropa
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
wah, g sempet before dynonya hahahhageofreyap wrote: Sat Mar 11, 2017 15:47 Wah.. Ditunggu dyno testnya om...
Comparisson before vs afternya..
Oe penasaran sama grafik torque-nya, baik sebelum atau sesudahnya..
![]()

afternya jg blm, mw bwat nyentul dulu duitny wkwkwkwkwk

btw remap uda selesai, by butt o meter sangat impresive 183kmh sangat mudah itu pas habis gigi 4 di rpm 7100 pindah gigi 5 jg masih narik... tp ya M2 gw ban masih enasave ecocrappytire suspensi standar sooo... ya angkat aja gasnya hahaha

bwat daily, 1000-2000rpm terasa kuat tp smooth, lewat 2000 ke 3000 ngejambak wkwkwk

draw backnya? musti ron 98
haha yap memang sempit om.....dinoo wrote: Sat Mar 25, 2017 9:03 mantab reviewnya om
mobil inceran ane diantara fiesta ecoboost & polo
ada saran om pilih yg mana?
sempet cobain duduk di depan&belakang, kok berasa sempit ya, tapi suka banget dashboardnya berasa bawa mobil eropa

saran gw di TD aja semua om wkwkwk


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
Up to 183km/h effortless ....wah bahaya nih.billyd1773dz wrote: Tue Mar 28, 2017 6:56 btw remap uda selesai, by butt o meter sangat impresive 183kmh sangat mudah itu pas habis gigi 4 di rpm 7100 pindah gigi 5 jg masih narik... tp ya M2 gw ban masih enasave ecocrappytire suspensi standar sooo... ya angkat aja gasnya hahahaterkahri teman dgn resep serupa ada yang sampai 195kmh. fyi speed limit M2 standar itu 188kmh
bwat daily, 1000-2000rpm terasa kuat tp smooth, lewat 2000 ke 3000 ngejambak wkwkwk
draw backnya? musti ron 98
![]()
Sblm nyentul perlu tes tarik dl sm civic turbo ni

4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
Ya utk ukuran 1.5 n.a om.... sma fc sih uda pasti sangat jauh wkwkwk...
Dan namanya petrol n.a musti mentokin rev dalam hal ini over rev.... Jd ya perlu effort, berisik uda pasti, seru iya afterall memang asiknya petrol seperti ini. Ditambah shifting agar pas d 7K dgn paddlshift, klw kelewat kena revlimit fuelcut pasti nyendat.. jd mainan baru yg seru aja. *Mainan baru* lol hahahha
beda dgn captiva 160kmh mode eco rpm ga lebih dr 3000 tampa sampai ngebangunin nyokap jg bisa.
Dan namanya petrol n.a musti mentokin rev dalam hal ini over rev.... Jd ya perlu effort, berisik uda pasti, seru iya afterall memang asiknya petrol seperti ini. Ditambah shifting agar pas d 7K dgn paddlshift, klw kelewat kena revlimit fuelcut pasti nyendat.. jd mainan baru yg seru aja. *Mainan baru* lol hahahha
beda dgn captiva 160kmh mode eco rpm ga lebih dr 3000 tampa sampai ngebangunin nyokap jg bisa.
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
Update =================
10.000km of owner ship
6 bulan sudah berlalu, dibanding captiva mbl ini lebih irit KMnya hahaha, wajar karna lebih sering dalkot dan kalau pun keluar kota hanya seputar jawa barat saja.
langsung sja
- setelah di pke 10rb km, suspensi rasanya jadi makin lembut, termasuk yg belakang dulu terasa stiff, skrng jd lebih lembut. efeknya : Limbung... terutama di jalan pegunungan rasanya bodyroll lebih banyak dari captiva, begitu juga grip lebih mudah habis. untungnya memang jadi lebih nyaman.
disisi lain, bahkan miata ND, banyak yg kritik bodyrollnya..... enjinernya berkilah "for the sake of fun to drive" hahaha
yg pasti.. well its body roll... yes its thrilling n fun, dan tdk perlu speed berlebih untuk mencapai batas thrill nya. tp sya jd hrs minta ijin penumpang dulu untuk di kocok2...
- Jok depan Mazda 2 jika di pakai lama, terasa kurang nyaman keras dan kecil untuk ukuran saya, terutama setelah coba milik CX3 yg lebih besar dan panjang,
- Rattling yg di keluhkan dri awal beli, somehow sudah hilang sendiri atau... sudah tidak di pedulikan haha
skrng relatif diam
- Smart City Brake Support selama saya pakai 1 dari 4 aktif dia berkerja pd waktu seharusnya. yg 3x tidak ada apa-apa atau motor motong sepintas dan tiba2 ngerem. yang 1x memang sedang ngobrol dan sempat "mengira" sudah nabrak mbl dpn yg nyelonong di perempatan karna "jduttt" nya memang kaya yg nabrak.... dan somehow mbl dpn ada baret2 di bemper blkng, tp orng itu tdk berhenti.... setelah berhenti damage check, tdk ada bekas apa-apa jd disimpulkan SCBS nya yg ngerem
-SCBS saat aktif kadang muncul info "SCBS activated" di HUD, kadang juga tidak.. so yes bikin aneh
==================================================
from this point forward, impression dri non std M2.
Ban ganti ke 215/45/r17 michelin premacy 3ST, velg 17x7.5 vossen rep gtw type nya.
yang mengejutkan ban justru malah jd lebih empuk di banding enasave 185/60r16 haha.... noise rasanya hampir sama, atau slightly better.. meski ban ini jauh lebih lebar dari ban std.
klik to enlarge

tarikan sudah pasti jd lebih berat d banding pke ban std
- ga kerasa modip seputar mesin sudah lewat 10jt hahahaha
ubahanya ya paket stage 1, Header 4-2-1 by rare, midpipe by BK dan muffler by rare. plus Remap by orange virus tune dan Autoexe Air Filter
perjalananya exhaust itu di robah-robah beberapa kali,mid pipe d plongin malah ngempos, dual muffler jg low revnya kurang gigit meski highrev lebih ngisi, skrng konfigurasi header, midpipe pke scott dan reso dan pke muffler std.. haha suaranya garing mirip std dan mid to high engine note dari header 4-2-1 long tubenya terdengar jelas, catalytic converter di mazda 2 ada 2 buah, di header dan di midpipe, keduanya jg sudah dilepas. memang klw muffler pling belkng d ganti juga highrev seharusny lebih keluar... tp yg bikin sulit karna saya pingin suara kaya std haha...
for now sya rasa berusaha stop dulu... meski hati masih penasaran dan as always mods its never enough.....
hasilnya?
blom dyno... soo... butt o meter... and some rough measurement
topspid.... klik to enlarge

topspeed 190kmh di dapat dri antara pasteur sampe cimahi... jln datar, ya imho cukup singkat. 185 itu pas abis gigi 4 di rpm 7100, setelah shift gigi 5 di atas 185 rasanya langsung drop dan ngeden sampai 190 hrs di angkat gas karna traffic
yg menarik.. perjalanan di lanjutin ke jakarta sambil masih cari2 kesempatan dpt topspid lagi sampai kejebak macet sblm cikampek fc nunjukin 5.1l/100km atau 19.6kml.......... well pdhl sama sekali tidak berusaha eco driving.
semua data ada di screen shoot atas.
karakter mesinya berbeda sekali dengan N.A biasa dan malah mengingatkan ke fiesta ecoboost, torsi kerasa dan mulai narik dari rpm 2000 - 5000 rasanya malah mirip fiesta ecoboost, yg kuat dari rpm bawah hingga rpm atas, tp tampa turbo lag. di 5500-7100 jika mesin n.a lain justru terus ningkat di peak torsi, disini flat saja meski tidak ngempos jg, ya mirip2 dgn ecoboost. cruise gigi 6 asal di atas rpm 2000 sampai torsi puncak masih bisa narik jd gigi 6 bukan pajangan saja, gigi 4 terasa ringan klw perlu di tarik langsung dri 40 ke 185 jg mudah tampa downshift.
bwat nyupir kencang biasanya gigi 3 dan 4, gigi 3 bisa sampai 140kmh di rpm 7100 (sblm nya mentok 125an di revlimit std)
rev limit di geser sedikit dari 6500 ke 7100, di mbl teman yg spek mirip dan sudah dyno, rpm 6000-7100 peak hp nya flat.
dari gigi 6 jika di kickdown hingga nekan tombol "klik" di pedal bisa langsung loncat ke gigi 3.
yang bilang paddleshift hanya mainan... benar sekali.. ini memang mainan yg sangat menyenangkan, apalagi di tambah throttle blip tiap dowh shift.. muantap...
transmisi memang shiftny sigap, dan memang sesekali terasa aga kasar, ratio transmisi gigi 1 skrng jadi jarang di pakai kec klw nanjak berat. jika launch dri gigi 1 kadang2 bikin esp berkedip2..
imho jika ratio di racik ulang agar pas gigi 2 redline di 100kmh seharusnya bisa lebih cepat lagi accelnya.
untuk cruise santai dalkot mbl mudah sekali jalan d rpm 1000-2000, tekan gas dikit, langsung jalan terasa nurut dan kuat. angkat gas asal speed diatas 20kmh langsung decelerate fuel cut out.
d tol gigi 6 speed 100 @ 2100rpm, cukup tinggi sih... tp itu jd pas di power band. nyusul2 santai bisa keep d rpm 2000-4000, pas di power band puncak.
yg paling kerasa itu soal fc... memang di banding mirage sya dulu dia lebih jarang diatas 20kml, tapi saat sya geber2 baik rata atau nanjak tdk lantas langsung drop jadi boros biasanya manteng saja di atas 13kml, dan langsung naik lg bgtu jln normal.. sya selalu pertamax turbo.
mid vs full to full spot on accurate.
akselerasi 0-100
10.2s
dan masih belum puas jg soal akselerasinya hahaha... dri berbagai media M2 std seharusnya di 11s an, versi luar banyak yg lebih kencang karna 5hp lebih besar, dan ada model yg punya i-eloop yg bisa ngilangin beban altenator ke mesin.
===============================================================
MZD Connect Android Auto mods kini sudah versi 1.02, ada beberapa perubahan berarti disini
- jauh lebih stabil, jarang sekali crash
- Suara noticeable lebih baik dibanding bluetooth
- colok ke hp AA langsung launch g perlu di aktifin di menu aplikasi
- bisa waze
- spotify bisa browse dan search lagu persis di hp.
- googleassistant bisa kerja seamless, beberapa kali menggunakan voice command rute ke kota2 besar atau nama jalan dia bisa mengenali voice english acakadut gw, bahkan klw lagi BT sendiri di mbl Google Assistant bisa di ajak ngobrol g jelas haha...
- MZD command/ joysticknya sudah fully compatible
- Resiko brick sudah jauh lebih rendah.
- Masih ada bug saat terima telpon
- Wired sering merepotkan
- Charging oneplus 3 di slot usb HUnya sangat-sangat lambat, cendrung tetap berkurang batrenya.

10.000km of owner ship
6 bulan sudah berlalu, dibanding captiva mbl ini lebih irit KMnya hahaha, wajar karna lebih sering dalkot dan kalau pun keluar kota hanya seputar jawa barat saja.
langsung sja
- setelah di pke 10rb km, suspensi rasanya jadi makin lembut, termasuk yg belakang dulu terasa stiff, skrng jd lebih lembut. efeknya : Limbung... terutama di jalan pegunungan rasanya bodyroll lebih banyak dari captiva, begitu juga grip lebih mudah habis. untungnya memang jadi lebih nyaman.
disisi lain, bahkan miata ND, banyak yg kritik bodyrollnya..... enjinernya berkilah "for the sake of fun to drive" hahaha

- Jok depan Mazda 2 jika di pakai lama, terasa kurang nyaman keras dan kecil untuk ukuran saya, terutama setelah coba milik CX3 yg lebih besar dan panjang,
- Rattling yg di keluhkan dri awal beli, somehow sudah hilang sendiri atau... sudah tidak di pedulikan haha

- Smart City Brake Support selama saya pakai 1 dari 4 aktif dia berkerja pd waktu seharusnya. yg 3x tidak ada apa-apa atau motor motong sepintas dan tiba2 ngerem. yang 1x memang sedang ngobrol dan sempat "mengira" sudah nabrak mbl dpn yg nyelonong di perempatan karna "jduttt" nya memang kaya yg nabrak.... dan somehow mbl dpn ada baret2 di bemper blkng, tp orng itu tdk berhenti.... setelah berhenti damage check, tdk ada bekas apa-apa jd disimpulkan SCBS nya yg ngerem
-SCBS saat aktif kadang muncul info "SCBS activated" di HUD, kadang juga tidak.. so yes bikin aneh
==================================================
from this point forward, impression dri non std M2.
Ban ganti ke 215/45/r17 michelin premacy 3ST, velg 17x7.5 vossen rep gtw type nya.
yang mengejutkan ban justru malah jd lebih empuk di banding enasave 185/60r16 haha.... noise rasanya hampir sama, atau slightly better.. meski ban ini jauh lebih lebar dari ban std.
klik to enlarge
tarikan sudah pasti jd lebih berat d banding pke ban std

- ga kerasa modip seputar mesin sudah lewat 10jt hahahaha

perjalananya exhaust itu di robah-robah beberapa kali,mid pipe d plongin malah ngempos, dual muffler jg low revnya kurang gigit meski highrev lebih ngisi, skrng konfigurasi header, midpipe pke scott dan reso dan pke muffler std.. haha suaranya garing mirip std dan mid to high engine note dari header 4-2-1 long tubenya terdengar jelas, catalytic converter di mazda 2 ada 2 buah, di header dan di midpipe, keduanya jg sudah dilepas. memang klw muffler pling belkng d ganti juga highrev seharusny lebih keluar... tp yg bikin sulit karna saya pingin suara kaya std haha...
for now sya rasa berusaha stop dulu... meski hati masih penasaran dan as always mods its never enough.....
hasilnya?
blom dyno... soo... butt o meter... and some rough measurement
topspid.... klik to enlarge
topspeed 190kmh di dapat dri antara pasteur sampe cimahi... jln datar, ya imho cukup singkat. 185 itu pas abis gigi 4 di rpm 7100, setelah shift gigi 5 di atas 185 rasanya langsung drop dan ngeden sampai 190 hrs di angkat gas karna traffic
yg menarik.. perjalanan di lanjutin ke jakarta sambil masih cari2 kesempatan dpt topspid lagi sampai kejebak macet sblm cikampek fc nunjukin 5.1l/100km atau 19.6kml.......... well pdhl sama sekali tidak berusaha eco driving.
semua data ada di screen shoot atas.
karakter mesinya berbeda sekali dengan N.A biasa dan malah mengingatkan ke fiesta ecoboost, torsi kerasa dan mulai narik dari rpm 2000 - 5000 rasanya malah mirip fiesta ecoboost, yg kuat dari rpm bawah hingga rpm atas, tp tampa turbo lag. di 5500-7100 jika mesin n.a lain justru terus ningkat di peak torsi, disini flat saja meski tidak ngempos jg, ya mirip2 dgn ecoboost. cruise gigi 6 asal di atas rpm 2000 sampai torsi puncak masih bisa narik jd gigi 6 bukan pajangan saja, gigi 4 terasa ringan klw perlu di tarik langsung dri 40 ke 185 jg mudah tampa downshift.
bwat nyupir kencang biasanya gigi 3 dan 4, gigi 3 bisa sampai 140kmh di rpm 7100 (sblm nya mentok 125an di revlimit std)
rev limit di geser sedikit dari 6500 ke 7100, di mbl teman yg spek mirip dan sudah dyno, rpm 6000-7100 peak hp nya flat.
dari gigi 6 jika di kickdown hingga nekan tombol "klik" di pedal bisa langsung loncat ke gigi 3.
yang bilang paddleshift hanya mainan... benar sekali.. ini memang mainan yg sangat menyenangkan, apalagi di tambah throttle blip tiap dowh shift.. muantap...
transmisi memang shiftny sigap, dan memang sesekali terasa aga kasar, ratio transmisi gigi 1 skrng jadi jarang di pakai kec klw nanjak berat. jika launch dri gigi 1 kadang2 bikin esp berkedip2..
imho jika ratio di racik ulang agar pas gigi 2 redline di 100kmh seharusnya bisa lebih cepat lagi accelnya.
untuk cruise santai dalkot mbl mudah sekali jalan d rpm 1000-2000, tekan gas dikit, langsung jalan terasa nurut dan kuat. angkat gas asal speed diatas 20kmh langsung decelerate fuel cut out.
d tol gigi 6 speed 100 @ 2100rpm, cukup tinggi sih... tp itu jd pas di power band. nyusul2 santai bisa keep d rpm 2000-4000, pas di power band puncak.
yg paling kerasa itu soal fc... memang di banding mirage sya dulu dia lebih jarang diatas 20kml, tapi saat sya geber2 baik rata atau nanjak tdk lantas langsung drop jadi boros biasanya manteng saja di atas 13kml, dan langsung naik lg bgtu jln normal.. sya selalu pertamax turbo.
mid vs full to full spot on accurate.
akselerasi 0-100
10.2s
dan masih belum puas jg soal akselerasinya hahaha... dri berbagai media M2 std seharusnya di 11s an, versi luar banyak yg lebih kencang karna 5hp lebih besar, dan ada model yg punya i-eloop yg bisa ngilangin beban altenator ke mesin.
===============================================================
MZD Connect Android Auto mods kini sudah versi 1.02, ada beberapa perubahan berarti disini
- jauh lebih stabil, jarang sekali crash
- Suara noticeable lebih baik dibanding bluetooth
- colok ke hp AA langsung launch g perlu di aktifin di menu aplikasi
- bisa waze
- spotify bisa browse dan search lagu persis di hp.
- googleassistant bisa kerja seamless, beberapa kali menggunakan voice command rute ke kota2 besar atau nama jalan dia bisa mengenali voice english acakadut gw, bahkan klw lagi BT sendiri di mbl Google Assistant bisa di ajak ngobrol g jelas haha...
- MZD command/ joysticknya sudah fully compatible
- Resiko brick sudah jauh lebih rendah.
- Masih ada bug saat terima telpon
- Wired sering merepotkan
- Charging oneplus 3 di slot usb HUnya sangat-sangat lambat, cendrung tetap berkurang batrenya.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
Superb review om..billyd1773dz wrote: Wed Aug 23, 2017 13:41 Update =================
10.000km of owner ship
-cut-
- setelah di pke 10rb km, suspensi rasanya jadi makin lembut, termasuk yg belakang dulu terasa stiff, skrng jd lebih lembut. efeknya : Limbung... terutama di jalan pegunungan rasanya bodyroll lebih banyak dari captiva, begitu juga grip lebih mudah habis. untungnya memang jadi lebih nyaman.
-cut-
Anw.. yg sy bold..
Ini serius apa hiperbola aja oom?

Handlingnya ga enak dg ya klo gtu utk ukuran small hatch.. sebab kalo di..let say fiesta.. kompare ke captiva sih kayanya beda dunia utk urusan body roll mah.. (walopun captiva rasanya emang terbaik di kelasnya)
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
Gambar d page 1 bnyk yg ilang.. damn... Ntar d reuplot de
Beda dgb miras yg bodyroll lebi parah, stir g akurat n ngayun lebi payah
Fiesta memang lebi flat...
Tune suspensi mazda sampai miata rasanya memang gini ya


Serius om... Hahaha, bodyroll M2 memang banyak, tp bukan bearti kurang lincah atw krng enak... Stirnya bgtu nurut dan akurat, suspensi masih firm, bahkan dia minim sekali tendensi understeer, malah pernah yg geser ekor /oversteer. Itu semua impresi pakai ban std, setelah ganti ban impresiny menyusulefact wrote: Wed Aug 23, 2017 15:01Superb review om..billyd1773dz wrote: Wed Aug 23, 2017 13:41 Update =================
10.000km of owner ship
-cut-
- setelah di pke 10rb km, suspensi rasanya jadi makin lembut, termasuk yg belakang dulu terasa stiff, skrng jd lebih lembut. efeknya : Limbung... terutama di jalan pegunungan rasanya bodyroll lebih banyak dari captiva, begitu juga grip lebih mudah habis. untungnya memang jadi lebih nyaman.
-cut-
Anw.. yg sy bold..
Ini serius apa hiperbola aja oom?![]()
Handlingnya ga enak dg ya klo gtu utk ukuran small hatch.. sebab kalo di..let say fiesta.. kompare ke captiva sih kayanya beda dunia utk urusan body roll mah.. (walopun captiva rasanya emang terbaik di kelasnya)
Beda dgb miras yg bodyroll lebi parah, stir g akurat n ngayun lebi payah
Fiesta memang lebi flat...
Tune suspensi mazda sampai miata rasanya memang gini ya


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Sat Feb 25, 2017 2:56
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Innova
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
Wah... Review Mazda2 paling lengkap nih... Itu kalo update MZDnya kita update sendiri dan ternyata brick bisa claim ke dealer ngga yah?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Fri Feb 03, 2017 16:34
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
Baca ini thread jadi akhirnya kepikiran buat ambil mazda lg.
Saya pemakai mazda 2 tipe v 2015 yang skrg dpakai bonyok untuk sehari hari..
Ini mobil memang paling fun to drive sih walaupn tipe v ga ada fitur apa2..
After sales jg bagus, blm lama kena gear box, dan ga lama langsuung d order ke jepang, selama masa nunggu, dkasih unit lokal..
Rencana tipe v mau djual, dganti sama tipe r 2017, secara disc nya dapet d atas 40 hahaha.
Kalo boleh tau untuk modifikasi awal supaya naikin hp, apa yg d lakuin ya ?? Hanya d remap ecu atau dpasang dastek ?
Saya pemakai mazda 2 tipe v 2015 yang skrg dpakai bonyok untuk sehari hari..
Ini mobil memang paling fun to drive sih walaupn tipe v ga ada fitur apa2..
After sales jg bagus, blm lama kena gear box, dan ga lama langsuung d order ke jepang, selama masa nunggu, dkasih unit lokal..
Rencana tipe v mau djual, dganti sama tipe r 2017, secara disc nya dapet d atas 40 hahaha.
Kalo boleh tau untuk modifikasi awal supaya naikin hp, apa yg d lakuin ya ?? Hanya d remap ecu atau dpasang dastek ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 285
- Joined: Fri Jan 19, 2018 4:05
- Location: Medan
- Daily Vehicle: Kia_rio
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
Om ts reviwnya komplit bener mantep.
Nanya donk soal adaptasi ecu pas ganti header apa memang perlu? Ampe harus bw kluar kota gt..
Nanya donk soal adaptasi ecu pas ganti header apa memang perlu? Ampe harus bw kluar kota gt..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Mon Mar 12, 2018 3:05
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
Dpt output brp om hp dab torsiny stlh di modif sbnyk itu?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
Mantep bgt review nya om, bikin mupeng pengen ambil M2 wkwkw irit bgt ya kayanya. Saya biasa pake mobil ATPM yg udh mabur trs ganti ke Sedan Honda L15Z aja udh ngerasa irit bgt, dalkot biasa 1:10 berubah ke 1:12 (rute Kb. Jeruk - JIEP Pulogadung jam berangkat kantor).
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Dec 22, 2018 2:51
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: None
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
Jadi bingung om milih ini atau polo vrs hehehe
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Wed Mar 27, 2019 6:11
Re: [In-depth Review] Mazda 2 GT 2016
"build quality look great, yet not so durable"
Maksudnya apa om? Gak durable? Jadi ragu pengen beli...
Maksudnya apa om? Gak durable? Jadi ragu pengen beli...