Bbrp kl mobil dihajar motor. Terparah 2009 di Crbon. Ditabrak motor dr blakang. Yg bawa motor gak punya sim & stnk-motor baru kredit lgsng bawa plang kampung jg.ongisnade wrote:Pengalaman Service 6 bulan Pertama/10 rb km.
Minggu lalu saya service 6 bulan pertama/10 rb km di Mazda Adityawarman Surabaya. Berangkat jam 04:30 pagi sampai di beres jam 07:45, lumayan cepat dipagi hari tidak terlalu kena macet. Beres sudah buka tapi baru bagian cleaning service yang datang. Jam 08:00 petugas sdh datang, seperti biasa dikasih welcome drink. Langsung disampaikan keluhan belakangan sering bunyi ngelitik saat akselerasi. Langsung dijelasin sama teknisi harus buka dan bersihin intake manifold dan ruang bakar. Penyebab nglitik katanya ada uap oli dari crank case yang masuk ke intake manifold dan bikin kotor disitu periodically harus dibersihkan. Estimasi service selesai lewat jam 12 siang. Seperti saat service 1000 km, menikmati hidangan free soft drink dan snack dll dan sudah pasti pijat kursi gratis. Lumayan buat ngilangin pegel kaki habis nyetir 3.5 jam.
Dan seperti yang lalu, jam 12 tepat hidangan free lunch datang, langsung sikat, lumayan. Saat nungguin ngobrol sama foreman bengkel orangnya enak. Dijelasin detail kenapa bisa ngelitik dll, rupanya orangnya suka juga oprek mesin dari ganti header dll, termasuk saya tanya kenapa oli dari crank case gak ditampung di oil catch tank, rupanya dia sudah experiment di Mazda 2, tapi masalahnya system suka CE kalau jalur uap oli ke intake manifold ditutup. Kasus ngelitik katanya kebanyakan usernya wanita, karena katanya gak pernah italian tune up. Wah masuk akal juga ya karena selama ini kebanyakan dipake istri saya dan disayang-sayang gak pernah main rpm tinggi. Disaranin sesekali digeber di rpm tinggi untuk membersihkan kerak carbon.
Jam setengah dua siang service dah selesai. Overall puas pelayanan di beres ini, semua dijelasin secara teknikal.Total biaya termasuk ganti oli 1 jutaan. Langsung pulang.
Saat memasuki tol pandaan yang sepi tiba saatnya untuk menggeber simerah sesuai omongan si foreman bengkel. Langsung tancap 175 km/h, main di gigi 4/5 gak pernah 6, rpm 4000-5000 an. Ternyata beda sekali dengan sebelum service, ngelitik hilang, suara mesin lebih halus even high rev. O ya penunjukan kecepatan di speedometer sama dengan di GPS. Kalau di fortuner beda lebih tinggi 5 km/h dari GPS. Jadi 175 km real. Mobil masih stabil dan rasanya jadi pede handlingnya mantap meskipun jalan tolnya cor bumpy![]()
Sampai dirumah langsung buka kap mesin dan ternyata ada perubahan significant. Biasanya ruang mesin terasa panas sekali kalau dipegang. Sekarang jauh lebih dingin, mungkin pengaruh ganti oli. Mungkin kedepanya ganti oli per 5 rb km. Sekarang sudah gak ada lagi suara ngelitik disegala kecepatan.
Demikian pengalaman service 6 bulan pertama/10 rb km.
Ada cerita seminggu sebelum service simerah dihajar motor dari sebelah kiri waktu dibawa istri jemput anak les saya lagi gak dirumah. Pintu kiri penyok, dasar motor ugal-ugalan ngebut diperempatan. Tidak ada yang cedera. Namun karena kecerobohon pengendara motor sama polisi disuruh ganti kerusakan, dia ampun ampun nangis megakui kesalahannya. Akhirnya dia bersedia ganti 1 juta, (sebetulnya saya juga kasihan dia orang gak punya), tapi sebagai pelajaran buat dia kami ambil juga duit itu. Yah memang sudah resiko di jalan.
Begini kondisi simerah setelah ditabrak, sudah masuk bengkel di Malang.
Boro2 mnta gnti gara2 kaca belakang retak yg ada bikernya minta diongkosin plang gara2 motor wa suruh polisi kandangin di polsek setempat.
Plajaran kl ada apa2 skrg lgsng aja pake polisi biar org2 kyk gitu ngerasain susah gra2 prbuatan tolol-ceroboh mrk.
Sent from my SM-N910H using Tapatalk