2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Xous »

Klo sy nanya simpel aja, d luar stp grup toyota, dai, honda,suzuki,nissan. yg baru2 lah, kira2 bgmn ball joint dkk, ex chevi, ford, subaru jaman sblm skg berhenti kena pajak. hyundai jg klo perlu. biar bs fair. Konsekuensi pake barang g "umum" yah gini harusnya seh. klo mau mudah, bli mainstream aj. *kembali ke gubuk nunggu respon rekan2 laen yg pny mbl unik2 brandnya.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by kunaskun »

nissan aja ga stok semua tuh part disebutin tetep butuh inden dan setuju kalau mau mudah beli mainstream jangan coba2 pake yang lain, toyota sampe baut roda aja biasanya ready stok di beres :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by ChZ »

HouseOfDetailing wrote:Ketika APM merasa mereka hanya jual 500 unit per tahun...inilah yang terjadi.Fail,and belum siap naik liga Astra n HPM.
Well selama Mazda baiknya cuma sama medket ane masih gak yakin :ngacir:

Di sisusi ane waktu repair tabrakan kemaren gak sampe sebulan barang udah lengkap, masangnya itu kamfretos dimolor-molorin.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by FRD »

ChZ wrote:
HouseOfDetailing wrote:Ketika APM merasa mereka hanya jual 500 unit per tahun...inilah yang terjadi.Fail,and belum siap naik liga Astra n HPM.
Well selama Mazda baiknya cuma sama medket ane masih gak yakin :ngacir:
saya juga :ungg: :ngacir:
:big_smoking:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Turboman »

Tambahan barang2 yg wajib disediakan ready stock oleh APM :

Cooling system :
- Electro motor fan radiator & AC (motor-nya aja)
- Radiator core (utk antisipasi user yg alamin frontal collision)

AC :
- Receiver dryer
- Expansion valve
- Magnetic clutch kompressor AC
- Evaporator (indent 2 hari masih bisa diterima)
- Kondensor (ini utk antisipasi user yg mengalami frontal collision)

Intinya jika APM sudah berani pasang target penjualan maka harus konsekuensi dgn after salesnya

Parts agak mahal asal Ready Stock ya oke, atau jika parts2 tertentu harus indent ga lebih dari 2 hari ya oke......tapi kalo parts udah mahal trus harus indent berminggu minggu.......ya.....yaa yaa yaaaa yaaaaaaaaaaaaahhhhh........

Canda Mode ON :
Kasarnya : "Eloe udah hamilin anak orang maka eloe wajib nikahin + nafkahin" :mrgreen:

Ada opini :
+ "Yaa gak bisa dibandingin ama T / D / H / Isz......bla bla......"

Ya kembali lagi, "siapapun hamilin anak orang ya harus nikahin"

+ Ada opini : bandingin dong ama APM yang juga setengah2

Ya itu sama aja bandingin dgn yang "hamilin anak orang trus lari kabur tanpa jejak"
:wkkk:

Betewe ini kita sih obrolan canda aja yaaa.......heheheh.....intinya saya sih appreciate bisnis yg Professional-lah

IMO ajah
* Bukan ajakan Beli *
ahmad88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Sat Aug 01, 2009 19:38

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by ahmad88 »

kalau high pressure fuel pump harusnya ready stock juga tidak? :) mobil2 direct injection, kalo fuel pumpnya ngaco repot juga hahah.. kyk mobil saya.

Turboman wrote:Tambahan barang2 yg wajib disediakan ready stock oleh APM :

Cooling system :
- Electro motor fan radiator & AC (motor-nya aja)
- Radiator core (utk antisipasi user yg alamin frontal collision)

AC :
- Receiver dryer
- Expansion valve
- Magnetic clutch kompressor AC
- Evaporator (indent 2 hari masih bisa diterima)
- Kondensor (ini utk antisipasi user yg mengalami frontal collision)

Intinya jika APM sudah berani pasang target penjualan maka harus konsekuensi dgn after salesnya

Kasarnya : "Eloe udah hamilin anak orang maka eloe wajib nikahin + nafkahin"

Ada opini :
+ "Yaa gak bisa dibandingin ama T / D / H / Isz......bla bla......"

Ya kembali lagi, "siapapun hamilin anak orang ya harus nikahin"

+ Ada opini : bandingin dong ama APM yang juga setengah2

Ya itu sama aja bandingin dgn yang "hamilin anak orang trus lari kabur tanpa jejak"
:wkkk:

Betewe ini kita sih obrolan canda aja yaaa.......heheheh.....intinya saya sih appreciate bisnis yg Professional-lah

IMO ajah
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Turboman »

ahmad88 wrote:kalau high pressure fuel pump harusnya ready stock juga tidak? :) mobil2 direct injection, kalo fuel pumpnya ngaco repot juga hahah.. kyk mobil saya.
wajib stok juga......dalam jumlah terbatas ya gpp.....karena kasusnya jarang2

Or kalo misalnya harus indent ya asal ga lebih dr seminggu......wong kirim barang sesama negara Asia mah cepet
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Fiz »

wah sy dapet ilmu juga dari om sharingnya om turbo.. :frm_tumbright:

btw, cx-5 itu bukannya skrg udah cbu thai/malay ya?
trus bukannya mazda indo udah bikin werehouse sparepart disini kan?
mungkin gak, ada perbedaan kebijakan dibanding T D atau H, dimana T D H rata2 produknya sudah ckd, jadi part2 bisa diproduksi sendiri/stock dipabriknya, jadi ketika ada pemesanan langsung dikirim.. makanya estimasi ready stoknya 1-2hari seperti om turbo bilang..

sedangkan mazda, karna warehousenya terpusat, mungkin ada sistem birokasi yg belum matang, sehingga pemesanan dari bengkel harus kesini dan kesitu, kemudian barang dari werehouse pusat juga harus kesini dan kesitu baru bisa sampe kepelanggan.. :e-think:

tapi ngeliat pengalaman om lava yang notabene tinggal dipusat indonesia.. yaa termasuk lama juga ya..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Turboman »

Fiz wrote:wah sy dapet ilmu juga dari om sharingnya om turbo.. :frm_tumbright:

btw, cx-5 itu bukannya skrg udah cbu thai/malay ya?
trus bukannya mazda indo udah bikin werehouse sparepart disini kan?
mungkin gak, ada perbedaan kebijakan dibanding T D atau H, dimana T D H rata2 produknya sudah ckd, jadi part2 bisa diproduksi sendiri/stock dipabriknya, jadi ketika ada pemesanan langsung dikirim.. makanya estimasi ready stoknya 1-2hari seperti om turbo bilang..

sedangkan mazda, karna warehousenya terpusat, mungkin ada sistem birokasi yg belum matang, sehingga pemesanan dari bengkel harus kesini dan kesitu, kemudian barang dari werehouse pusat juga harus kesini dan kesitu baru bisa sampe kepelanggan.. :e-think:

tapi ngeliat pengalaman om lava yang notabene tinggal dipusat indonesia.. yaa termasuk lama juga ya..
Nah itu dia

Kalo feeling kuat saya sih jika harus tunggu 2 - 3 minggu itu bukan krn birokrasi, tapi karena stoknya kosong......jadi harus order dulu ke Jepun.....

Kalo di lingkungan Auto 2000 jika ada barang yg gak ready mrk order ke TAM dan biasanya besoknya atau paling lambat lusa-nya udah masuk ke BeRes tsb, harusnya di BeRes2 lain juga sama. Di TAM juga kadang ada barang2 yg gak ready tapi itu biasanya parts2 tertentu utk mobil2 tahun tua atau parts2 tertentu (very slow moving) mobil2 yg populasi dikit, kayak saya pernah order Fuel Cooler ex HiLux ya nunggu-nya lama, krn banyak yg pesan, TAM hanya forecast parts tsb utk HiLux D4 D yg mereka jual, padahal yang banyak beli Fuel Cooler justru pengguna Ipah D4 D
:wkkk:

Ya intinya kita sebagai konsumen mobil ini.....kita beli mobilnya.....bukan dikasih oleh ATPM...maka sudah sepantasnya APM menyajikan kenyamanan bagi pembeli

tapi memang gak dipungkiri di Indo banyak APM yang modus dagangnya kayak IU........ditambah lagi banyak konsumen kita yang "nrimo".......
* Bukan ajakan Beli *
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by kunaskun »

Turboman wrote:Tambahan barang2 yg wajib disediakan ready stock oleh APM :

Cooling system :
- Electro motor fan radiator & AC (motor-nya aja)
- Radiator core (utk antisipasi user yg alamin frontal collision)

AC :
- Receiver dryer
- Expansion valve
- Magnetic clutch kompressor AC
- Evaporator (indent 2 hari masih bisa diterima)
- Kondensor (ini utk antisipasi user yg mengalami frontal collision)

Intinya jika APM sudah berani pasang target penjualan maka harus konsekuensi dgn after salesnya

Parts agak mahal asal Ready Stock ya oke, atau jika parts2 tertentu harus indent ga lebih dari 2 hari ya oke......tapi kalo parts udah mahal trus harus indent berminggu minggu.......ya.....yaa yaa yaaaa yaaaaaaaaaaaaahhhhh........

Canda Mode ON :
Kasarnya : "Eloe udah hamilin anak orang maka eloe wajib nikahin + nafkahin" :mrgreen:

Ada opini :
+ "Yaa gak bisa dibandingin ama T / D / H / Isz......bla bla......"

Ya kembali lagi, "siapapun hamilin anak orang ya harus nikahin"

+ Ada opini : bandingin dong ama APM yang juga setengah2

Ya itu sama aja bandingin dgn yang "hamilin anak orang trus lari kabur tanpa jejak"
:wkkk:

Betewe ini kita sih obrolan canda aja yaaa.......heheheh.....intinya saya sih appreciate bisnis yg Professional-lah

IMO ajah
ga ngerti analogi hamilin anak orang dengan spare part? :big_think:

buat ane lead time 2 hari pun ga make sense apalagi slow moving part macam kondensor, kompressor dll. pabrikan juga ada perhitungan selain kecelakaan seharusnya umur pakai berapa lama dan stok berapa lama. bisa bangkrut beres kalau disuruh stok semua slow moving part atau medium moving part, karena part tsb ga ada yang beli. begitu juga pabrikan yang harus bayar di muka ke supplier part tsb.

lagian lead time 2 hari, apa iya kapasitas beres tsb bisa langsung kerjakan? kecuali bengkel umum dan toko spare part umum. toko spare part umum aja kadang musti nginden sekian hari, padahal itu jalur express langsung ke supplier.

buat ane part fast moving yang selalu dan wajib terpakai di buku service itu betul harus ready stock, sisanya? nginden ga masalah, toh ga ada part tsb mobil tetep jalan kan?.

bukan masalah kewajiban pabrikan dan brand tsb. well walau emang bener si kalau namanya slow or medium moving part avanza atau xenia mesti inden karena logikanya segitu banyak yang dijual masa iya ga ada yang rusak, bisa disamakan dengan jual dikit secara ga langsung slow or medium moving part juga dikit = inden. belum lagi bicara soal standarisasi beres yang ga usah bicara beda brand, sesama brand aja kualitasnya beda2.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Turboman »

kunaskun wrote:
ga ngerti analogi hamilin anak orang dengan spare part? :big_think:

buat ane lead time 2 hari pun ga make sense apalagi slow moving part macam kondensor, kompressor dll. pabrikan juga ada perhitungan selain kecelakaan seharusnya umur pakai berapa lama dan stok berapa lama. bisa bangkrut beres kalau disuruh stok semua slow moving part atau medium moving part, karena part tsb ga ada yang beli. begitu juga pabrikan yang harus bayar di muka ke supplier part tsb.

lagian lead time 2 hari, apa iya kapasitas beres tsb bisa langsung kerjakan? kecuali bengkel umum dan toko spare part umum. toko spare part umum aja kadang musti nginden sekian hari, padahal itu jalur express langsung ke supplier.

buat ane part fast moving yang selalu dan wajib terpakai di buku service itu betul harus ready stock, sisanya? nginden ga masalah, toh ga ada part tsb mobil tetep jalan kan?.

bukan masalah kewajiban pabrikan dan brand tsb. well walau emang bener si kalau namanya slow or medium moving part avanza atau xenia mesti inden karena logikanya segitu banyak yang dijual masa iya ga ada yang rusak, bisa disamakan dengan jual dikit secara ga langsung slow or medium moving part juga dikit = inden. belum lagi bicara soal standarisasi beres yang ga usah bicara beda brand, sesama brand aja kualitasnya beda2.
Ya ga pa pa kalo itu pilihan ente Kun.....hehe

Kalo buat ane pribadi mah utk sebuah mobil opersional / kuda kerja sehari2, jika spare parts gak tersedia yang sucks-lah......

Utk Indent parts dalam itungan 2 - 3 hari sih ya masih masuk toleransi, sampe seminggu yah masi oke lahh utk parts very slow moving....tutup mata..... kalo parts medium moving sampe berminggu2 sih dodol ah.....kecuali kalo ada Force Majeur yah, kayak semisal habis bencana banjir hebat, banyak berbagai parts mendadak kosong, bahkan sampe ECU / CU SRS / CU EPS pada kosong & mesti indent lama, yah itu kita maklumi

Dulu BMW kan pernah ada iklan, spare parts selambat lambatnya delivery 1 atau 2 X 24 jam atau Gratis....nah itu baru Professional
...Top dah
:big_exellent:

Kecuali kalo kita bangun mobil Vintage yaa lain cerita......hunting2 parts orisinil malah itu seni-nya.....hihihihih

Okeh dech
:big_peace:

P.S. :
Kun, monitor milis Innova lagi dong :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Xous »

@om kun, nice komen om.
@mod turbo, santai mod, ane msh jomblo, blm hamilin anak orang haha.
"+ Ada opini : bandingin dong ama APM yang juga setengah2

Ya itu sama aja bandingin dgn yang "hamilin anak orang trus lari kabur tanpa jejak" "
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by sintoni »

Hauhauaha, lg ngmgin fuel pump, ane ikut nimbrung.

Kebetulan hampir setahun yang lalu, mobil mazda ane tiba2 mogok, pas lg macet2an. Emang udah ada batuk2nya sebelumnya.

Distarter ga bisa, dijumper ga bisa.

Ternyata abis diderek ke Mazda, ketahuan kalo fuel pump rusak.

Disiruh inden 3 minggu rasanya, secara ambil barang di Singapore atau di Jepang ya, lupa saya. Sempat kepikiran mau ambil Wahlbro aja dari US, dengan biaya yang lebih murah, tapi setelah dipikir2, takut kena cukai dll, jadi akhirnya ambil di Mazda.

Harga fuel pumpnya sekitar 3 juta, tapi ongkos kerjanya 1 jutaan. Hehehe.

Begitu pengalaman saya dengan ganti fuel pump di Mazda surabaya. Heheheh.
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Xous »

@bro toni, nice share bro. Smoga skg lbh cepat.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Turboman »

Kalo mesin GDI alias Common Rail Gasoline ya better kita jaga baik2, secara spare parts-nya belum meluas di sini

Dulu juga pernah liat Toyota Noah JDM mesin kode x AZ-FSE ngendon di sebuah bengkel spesialis CBU di Bdg, HP pump-nya order dulu......Tapi ini mobil versi IU
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by sandal »

FRD wrote:
ChZ wrote:
HouseOfDetailing wrote:Ketika APM merasa mereka hanya jual 500 unit per tahun...inilah yang terjadi.Fail,and belum siap naik liga Astra n HPM.
Well selama Mazda baiknya cuma sama medket ane masih gak yakin :ngacir:
saya juga :ungg: :ngacir:
Saya juga :ungg: :ngacir: :ngacir:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
808BB
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Fri Apr 11, 2014 9:53
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: ANH30 FJA300

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by 808BB »

Waah lagi share pengalaman sama stock spareparts mazda ya.
Gue sih selama ini ga pernah ganti yang disebutin diatas, tapi udah pernah ganti kap mesin, grill dan kaca depan. Untuk kasus kaca depan udah 2x ganti.

Kalo untuk kap mesin kaca depan barangnya sih ready cuma ya kirim ke luar kota lama. Jadi gue anggap normal.
Nah kalo kayak kaca depan itu masuk apa tuh slow moving apa gimana ?

Harga nya sih tapi dahsyat kaca depannya buat ukuran mobil jepang. Terakhir ganti udah 12 jutaan :big_slap:
GGL15 Obsidian
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 907
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by tesna »

dulu gue mau service mazda 3 gue di beres bintaro.. guess what.. filter oli lg out of stock wakakaka.. akhirnya skrg gue selalu ke beres pondok indah.. part lebih tersedia dan so far sih gue pernah order o2 sensor, radiator reservoir, coil on plug, etc rata2 inden 2-3 hari order ke mazda pusat. di dutamas pun sparepart macam mangkok shockbreake support, bushing arm suprisingly ready stock.. yah tp ya mazda 3 kan mobil yg lebih jarang dr cx5.. harusnya sih yah cx5 lebih baik sparepart availabilitynya.

nah klo part slow moving macam headlamp/stoplamp yang jarang rusak ini inden nya bisa 1 bulan...

dan harga sparepartnya wajar jg rada mahal sih, hampir semua barang yg gue order made in japan semua.. ga ada made in thailand... sampe gue pernah beli wiper pun made in belgium... gimana coba ga mahal??
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
ahmad88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Sat Aug 01, 2009 19:38

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by ahmad88 »

Klo pengalaman saya di VW lain lagi, VW Golf 2011 out of warranty, high pressure fuel pump (HPFP) saya lemot, jadi starter panjang kalo panas. Di inepin di VW 3 minggu, part sih ready di sunter, yg lama robbing part untuk confirm diagnosa.

Setelah confirm problem setuju ganti, biaya part 7 jt :big_think: eh terus ingat di VW ada policy "good will", walau out of warranty kalo part yg rusak gak common dan masuk dlm daftar known problem, ada kemungkinan dapat good will. Sebenarnya gak expect banyak, tapi ternyata ini goodwill-nya 100% aka FREE. Not too bad.

sintoni wrote:Hauhauaha, lg ngmgin fuel pump, ane ikut nimbrung.

Kebetulan hampir setahun yang lalu, mobil mazda ane tiba2 mogok, pas lg macet2an. Emang udah ada batuk2nya sebelumnya.

Distarter ga bisa, dijumper ga bisa.

Ternyata abis diderek ke Mazda, ketahuan kalo fuel pump rusak.

Disiruh inden 3 minggu rasanya, secara ambil barang di Singapore atau di Jepang ya, lupa saya. Sempat kepikiran mau ambil Wahlbro aja dari US, dengan biaya yang lebih murah, tapi setelah dipikir2, takut kena cukai dll, jadi akhirnya ambil di Mazda.

Harga fuel pumpnya sekitar 3 juta, tapi ongkos kerjanya 1 jutaan. Hehehe.

Begitu pengalaman saya dengan ganti fuel pump di Mazda surabaya. Heheheh.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by kunaskun »

Turboman wrote: Ya ga pa pa kalo itu pilihan ente Kun.....hehe

Kalo buat ane pribadi mah utk sebuah mobil opersional / kuda kerja sehari2, jika spare parts gak tersedia yang sucks-lah......

Utk Indent parts dalam itungan 2 - 3 hari sih ya masih masuk toleransi, sampe seminggu yah masi oke lahh utk parts very slow moving....tutup mata..... kalo parts medium moving sampe berminggu2 sih dodol ah.....kecuali kalo ada Force Majeur yah, kayak semisal habis bencana banjir hebat, banyak berbagai parts mendadak kosong, bahkan sampe ECU / CU SRS / CU EPS pada kosong & mesti indent lama, yah itu kita maklumi
:mky_01:

nah kalau buat tempur ga ada spare part emang nyebelin, tapi ya kan biasanya pun part yang dipake buat kendaraan perang pasti fast moving lah, masa iya kendaraan perang setahun sekali ganti kondensor or part ac or part kaki2? belum tentu kan kecuali akap kalimantan atau kendaraan tambang = cari penyakit pake mobil aneh2 tapi kalau operasional dalkot saya rasa 2-3 hari medium moving okelah.

ya apalagi force majeure.

ane si dulu di jkt aja indent wiper arm belakang avanza seminggu kurleb, itu wiper arm satu assy dari batang karet wiper sampe ke cantolan di dudukan motornya. medium moving part kan itu harusnya.
Dulu BMW kan pernah ada iklan, spare parts selambat lambatnya delivery 1 atau 2 X 24 jam atau Gratis....nah itu baru Professional
...Top dah
:big_exellent:

Kecuali kalo kita bangun mobil Vintage yaa lain cerita......hunting2 parts orisinil malah itu seni-nya.....hihihihih

Okeh dech
:big_peace:

P.S. :
Kun, monitor milis Innova lagi dong :mrgreen:
kayanya sekarang jaminan part gini 3x 24 jam ya? itu aja T&C panjang kayanya :mky_05:

milis innova? :mky_03:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12534
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Suryaputra »

Klo bicara ASS, Honda sama Toyota gakda lawan.. at least Suzuki.

Tapi mainstream model yah, bukan CBU juga :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by ChZ »

tesna wrote:dulu gue mau service mazda 3 gue di beres bintaro.. guess what.. filter oli lg out of stock wakakaka.. akhirnya skrg gue selalu ke beres pondok indah.. part lebih tersedia dan so far sih gue pernah order o2 sensor, radiator reservoir, coil on plug, etc rata2 inden 2-3 hari order ke mazda pusat. di dutamas pun sparepart macam mangkok shockbreake support, bushing arm suprisingly ready stock.. yah tp ya mazda 3 kan mobil yg lebih jarang dr cx5.. harusnya sih yah cx5 lebih baik sparepart availabilitynya.

nah klo part slow moving macam headlamp/stoplamp yang jarang rusak ini inden nya bisa 1 bulan...

dan harga sparepartnya wajar jg rada mahal sih, hampir semua barang yg gue order made in japan semua.. ga ada made in thailand... sampe gue pernah beli wiper pun made in belgium... gimana coba ga mahal??
Hmmm berarti masalahnya ada pada dealer masing-masing ya oom? More or less like Honda... setau saya diler Mazda juga dipegang perorangan.

Tadi si kucing gila protes di BBM, soalnya dia nanya bearing roda ready stock. Jadi dugaan saya tergantung bengkel kayaknya
ahmad88 wrote:Klo pengalaman saya di VW lain lagi, VW Golf 2011 out of warranty, high pressure fuel pump (HPFP) saya lemot, jadi starter panjang kalo panas. Di inepin di VW 3 minggu, part sih ready di sunter, yg lama robbing part untuk confirm diagnosa.

Setelah confirm problem setuju ganti, biaya part 7 jt :big_think: eh terus ingat di VW ada policy "good will", walau out of warranty kalo part yg rusak gak common dan masuk dlm daftar known problem, ada kemungkinan dapat good will. Sebenarnya gak expect banyak, tapi ternyata ini goodwill-nya 100% aka FREE. Not too bad.
VW ini surprisingly royal sekali kalo ngomong policy dealer, lebih royal dari Toyota malah saya rasa. Toyota sih spare parts murah jadi wajar, lha ini VW sudah berapa ekor DSG yang mechatronicnya failure tetep diganti gratis padahal partnya puluhan jeti :big_biglaugh:

udah di luar masa garansi juga kalo ada kerusakan dikasih free, kayak Mechatronic DSG itu juga saya denger dari orang nuvolks diganti gratis tis tis walaupun sudah out of warranty.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ahmad88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Sat Aug 01, 2009 19:38

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by ahmad88 »

Itu betul klo vw, tpi klo sampai mesin jebol gara2 minum selang kuning aka premium, nangis darah. 1 blok mesin suruh ganti sendiri, 105jt hahaha..

Dia royal klo itu bagian dari flaw/defect dia. Kayak DSG related, karena mmg reliability issue, HPFP juga masuk dlm kategory itu walau gak semua.

ChZ wrote:
tesna wrote:dulu gue mau service mazda 3 gue di beres bintaro.. guess what.. filter oli lg out of stock wakakaka.. akhirnya skrg gue selalu ke beres pondok indah.. part lebih tersedia dan so far sih gue pernah order o2 sensor, radiator reservoir, coil on plug, etc rata2 inden 2-3 hari order ke mazda pusat. di dutamas pun sparepart macam mangkok shockbreake support, bushing arm suprisingly ready stock.. yah tp ya mazda 3 kan mobil yg lebih jarang dr cx5.. harusnya sih yah cx5 lebih baik sparepart availabilitynya.

nah klo part slow moving macam headlamp/stoplamp yang jarang rusak ini inden nya bisa 1 bulan...

dan harga sparepartnya wajar jg rada mahal sih, hampir semua barang yg gue order made in japan semua.. ga ada made in thailand... sampe gue pernah beli wiper pun made in belgium... gimana coba ga mahal??
Hmmm berarti masalahnya ada pada dealer masing-masing ya oom? More or less like Honda... setau saya diler Mazda juga dipegang perorangan.

Tadi si kucing gila protes di BBM, soalnya dia nanya bearing roda ready stock. Jadi dugaan saya tergantung bengkel kayaknya
ahmad88 wrote:Klo pengalaman saya di VW lain lagi, VW Golf 2011 out of warranty, high pressure fuel pump (HPFP) saya lemot, jadi starter panjang kalo panas. Di inepin di VW 3 minggu, part sih ready di sunter, yg lama robbing part untuk confirm diagnosa.

Setelah confirm problem setuju ganti, biaya part 7 jt :big_think: eh terus ingat di VW ada policy "good will", walau out of warranty kalo part yg rusak gak common dan masuk dlm daftar known problem, ada kemungkinan dapat good will. Sebenarnya gak expect banyak, tapi ternyata ini goodwill-nya 100% aka FREE. Not too bad.
VW ini surprisingly royal sekali kalo ngomong policy dealer, lebih royal dari Toyota malah saya rasa. Toyota sih spare parts murah jadi wajar, lha ini VW sudah berapa ekor DSG yang mechatronicnya failure tetep diganti gratis padahal partnya puluhan jeti :big_biglaugh:

udah di luar masa garansi juga kalo ada kerusakan dikasih free, kayak Mechatronic DSG itu juga saya denger dari orang nuvolks diganti gratis tis tis walaupun sudah out of warranty.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by sintoni »

ahmad88 wrote:Itu betul klo vw, tpi klo sampai mesin jebol gara2 minum selang kuning aka premium, nangis darah. 1 blok mesin suruh ganti sendiri, 105jt hahaha..

Dia royal klo itu bagian dari flaw/defect dia. Kayak DSG related, karena mmg reliability issue, HPFP juga masuk dlm kategory itu walau gak semua.

ChZ wrote:
tesna wrote:dulu gue mau service mazda 3 gue di beres bintaro.. guess what.. filter oli lg out of stock wakakaka.. akhirnya skrg gue selalu ke beres pondok indah.. part lebih tersedia dan so far sih gue pernah order o2 sensor, radiator reservoir, coil on plug, etc rata2 inden 2-3 hari order ke mazda pusat. di dutamas pun sparepart macam mangkok shockbreake support, bushing arm suprisingly ready stock.. yah tp ya mazda 3 kan mobil yg lebih jarang dr cx5.. harusnya sih yah cx5 lebih baik sparepart availabilitynya.

nah klo part slow moving macam headlamp/stoplamp yang jarang rusak ini inden nya bisa 1 bulan...

dan harga sparepartnya wajar jg rada mahal sih, hampir semua barang yg gue order made in japan semua.. ga ada made in thailand... sampe gue pernah beli wiper pun made in belgium... gimana coba ga mahal??
Hmmm berarti masalahnya ada pada dealer masing-masing ya oom? More or less like Honda... setau saya diler Mazda juga dipegang perorangan.

Tadi si kucing gila protes di BBM, soalnya dia nanya bearing roda ready stock. Jadi dugaan saya tergantung bengkel kayaknya
ahmad88 wrote:Klo pengalaman saya di VW lain lagi, VW Golf 2011 out of warranty, high pressure fuel pump (HPFP) saya lemot, jadi starter panjang kalo panas. Di inepin di VW 3 minggu, part sih ready di sunter, yg lama robbing part untuk confirm diagnosa.

Setelah confirm problem setuju ganti, biaya part 7 jt :big_think: eh terus ingat di VW ada policy "good will", walau out of warranty kalo part yg rusak gak common dan masuk dlm daftar known problem, ada kemungkinan dapat good will. Sebenarnya gak expect banyak, tapi ternyata ini goodwill-nya 100% aka FREE. Not too bad.
VW ini surprisingly royal sekali kalo ngomong policy dealer, lebih royal dari Toyota malah saya rasa. Toyota sih spare parts murah jadi wajar, lha ini VW sudah berapa ekor DSG yang mechatronicnya failure tetep diganti gratis padahal partnya puluhan jeti :big_biglaugh:

udah di luar masa garansi juga kalo ada kerusakan dikasih free, kayak Mechatronic DSG itu juga saya denger dari orang nuvolks diganti gratis tis tis walaupun sudah out of warranty.
Ford jg ga ya? Kan beberapa produkny jg pake double clutch.
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by KodokPushUp »

lava85 wrote:-cut-
Sabtu besok saya ada penggantian part lagi under warranty untuk wheel HUbnya, konon informasi yang saya dengar hub yang batch awal bisa masuk air jadi karat n lama2 takut macet. Indent untuk part ini agak lama, sekitar 1 - 2 bulan. Klaim saya sendiri dari awal June 2015 namun sudah dikabarkan ready minggu ini. Estimasi harga hub ini sekitar 6 juta sepasang, nanti kalau sudah ada invoicenya saya uplot lagi apabila perlu.
Claim under warranty wheel hub di beres mana om?
Kemaren ane claim wheel hub, katanya ribet, dan katanya harus ada kasusnya bunyi ngung ngung ngung kalo kecepatan diatas 80 kmh, baru bisa claim.
Ane bilang ada temen yg claim wheel hub, karena batch awal cacat, katanya ga bisa, malah ditanya bisa claim di beres mana.
Dapet info dari SA si claim nya ga bisa bareng2, mesti 1 1 part, emang gitu ya?
Pas di cek, bermasalah long tie rod sama steering rack, diganti nya 1 long tie rod dulu, katanya nunggu seminggu lagi claim steering rack, lah kok aneh.
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil: