Saya kalau pakai Ertiga MT untuk di Bandung, FC real dalkotnya berkisar di 10-12Kpl.. Kalau di MID sih tampilnya antara 12-13an Kpl.. itu juga udah campur jalur tol, lumayan boros juga ya
karena rumah di Cimahi dan Kampus di Ciumbuleuit, FCnya jadi campur aduk

Perginya:
- via tol Baros ke Pasteur : bisa gliding jadi lumayan ngirit
- exit pasteur: sering macet ngantri traffic light, jadi lebih boros
- cipaganti-ciumbuleuit: nanjak terus, boross
Pulangnya:
- kalau lancar bisa full gliding dari Ciumbuleuit-Cihampelas-Djundjunan

kalau macet ya pasti boros jadinya

- kolong Pasupati ke pintu tol Pasteur: kalau jam pulang kerja, makasih deh macetnya.. mending pulang diatas jam 7 malem deh..
- tol Pasteur ke Baros : kebanyakan jalurnya nanjak, jadi agak susah untuk banyak gliding
solusi: Pakai motor aja, Bandung masih nyaman untuk naik motor
billyd1773dz wrote:
konon mbl jaman skrng agresifitas ecu utk masuk ke mode dfco punya peranan penting bwat dapat fc dewa. ya iyalah running without fuel.. tinggal seberapa jauh dia bisa gliding di mode dfco.... ini hubunganya ke desain low rolling resistant dan traffic itu sendiri, so seperti yg om ola bilang, ini tidak nunjukin fc sebenarnya/cara yg salah utk tahu fc....
oiya untuk Ertiga (dan nampaknya Swift juga), nampaknya cukup agresif untuuk masuk ke mode DFCO terutama di gigi 3 ke atas.. kalau di gigi 2 lepas gas, real time FC di MID paling banter di 10Kpl, tapi kalau di gigi 3 ke atas begitu lepas gas umumnya diatas 14Kpl.. mungkin untuk gigi 1 dan 2 tidak masuk mode DFCO agar tidak terlalu endut-endutan

selain itu juga ada switch di pedal kopling yang konon kalau kopling diinjak langsung ke mode DFCO, karena pernah ada pengguna ertiga yg switchnya rusak menyebabkan jalannya mobil jadi tersendat..