bisti wrote:LCGC itu kalo gk salah awalnya dari thailand yg mncoba menaikkan pangsa pasar otomotifnya dgn kasih insentif utk mobil hemat energi dan naikin industri thailand krn harus produk thailand...
akhirnya Indonesia yg bercita2 jadi raja otomotif ASEAN gk mau kalah mnarik industri otomotif ke Indonesia dgn iming2 pasar yg demikian besar dan perbandingan mobil per jumlah penduduk masih sangat kecil..
kalo thailand jual mobil 1 jt jumlah penduduk 60-70 jt.....harusnya jualan mobil di indonesia per taun 4 juta...nah lho...itu baru bandingin dgn thailand...mau dibandingin jepang..populasi 127jt jualan mobil 3,3 juta...berarti kalo indonesia jualan kayak level jepang harusnya sekitar 6-7 juta....tuh khan masih jauh level
saya pernah tinggal di jepang
saya tahu semua orang suka naik kereta..
tapi saya tahu juga bahwa semua keluarga punya mobil pribadi
disana mobil gk dibuat mahal krn itu menyangkut perekonomian jepang..pusing mereka kalo jualan mobilnya anjlok..
karena itu mobil lama dipajakin tinggi mobil baru murah..biar orang beli mobil baru..dan harga kei car srkitar 1 juta yen
atau 110 jutaan..sedan murah...
maksud saya kenapa industri otomotif indonesia harus dicibir...baru juga jualan 1juta aja dicibir katanya bikin macet...
yg saya pikir bagus ya:
1 perbaiki transportasi massal agar aman nyaman
2 tetap jalankan LCGC utk pemerataan agar level menengah kebawah bisa punya mobil baru
industri otomotif jg pilar ekonomi kok..brapa juta orang bekerja disana..
kalo jalan dipajakin...kota yg padat pajak mobil lebih mahal...itu saya setuju..
tapi kalo harga mobil dimahalin agar jakarta dan kota besar lain gakmacet dan efeknya orang daerah yg gk macet jg akhirnya gk mampu beli mobil...nah ini yg saya pikir kebijakan tidak adil dan bodoh
setuju om, sampe sekarang saya masih belum mampu memahami tudingan mobil LCGC sebagai penyebab kemacetan. logika saya sih, jika sesuatu itu dihukumi sebagai sebab-akibat, maka jika si sebab itu dihilangkan harusnya akibat yg ditimbulkan pun tidak terjadi. Artinya kalo kita mau mendikotomikan antara LCGC dan non LCGC, mestinya kita bisa melihat secara obyektif seandainya dalam satu hari mobil LCGC dilarang beroperasi, dan di hari yg lain mobil non LCGC (artinya city car; compact, medium hingga big MPV & SUV, dll) yg dilarang beroperasi kira2 di hari yg mana yg bakal macet?

Ga layak lah saya kira menyebut LCGC sebagai kebijakan bodoh jika acuan kebodohannya diambil dari akibat yg bisa ditimbulkan, padahal akibat tsb sebenarnya juga disebabkan oleh jenis mobil yg lain. toh sama2 berkontribusi pada kemacetan

sama aja kaya orang yg gondrong nuding yg rambutnya cepak akan menyebabkan berkembang biaknya kutu rambut. Padahal selama masih sama2 berambut ya sama2 berpotensi dihinggapi kutu kalo sama2 ga dirawat (malah yg gondrong lebih beresiko kan?)

sama2 pemilik rambut ya ga usah menuding model rambut tertentu yg bisa berkutu, toh sama2 rambut, beda model doang. Sama2 kendaraan pribadi, mau LCGC kek, mau city car kek, mau SUV kek sama2 "produk yg berkontribusi pada kemacetan"
Bukan bermaksud anti terhadap kendaraan pribadi, malah saya sih justru senang kalo harga mobil baru itu dibuat terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat, agar setiap keluarga bisa punya, karena kita juga harus tetap realistis, masih banyak kondisi2 tertentu yg tidak mungkin menggunakan kendaraan umum. Tapi penggunaannya memang perlu dibatasi, misal dg harga bbm yg mahal, parkir yg mahal atau aturan2 lain (yg menyentuh tidak hanya bagi orang berpenghasilan rendah tapi jg yg berpenghasilan tinggi), yg akan membuat orang berpikir untuk transportasi sehari2 menggunakan kendaraan umum lebih menguntungkan daripada kendaraan pribadi. Dan aturan2 tsb juga seharusnya berlaku untuk semua jenis, bukan hanya untuk mobil LCGC saja atau mobil jenis lain saja, selama masih sama2 kendaraan pribadi.
akan lebih mencerdaskan kalo trit yg membahas mobil LCGC itu lebih kepada soal teknis dari si mobil, sama seperti trit2 yg lain. Misalkan apakah mobil tsb layak digunakan? jangan2 baru sebulan udah rontok, jangan2 ditowel motor aja ringsek dan terbakar, misalnya loh ya..

jadi kalo ternyata tidak layak, nanti judul tritnya bisa diganti "bilang sama MS Hidayat, situ mau bunuh orang indonesia pelan2 ya? murah sih murah tapi standar keamanannya dipenuhi jg dong!"
