Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by kompresorz »

saya brp tahun pake oli pabrikan malah berlumpur ky tanah gitu jadi dikerok bersihkannya..kapok

skrg lg cobain merk H ktnya dr idemitsu..walo kurang yakin benar...tapi cobain selagi garansi n gratis jasa aja..setelah itu ke toda..

kalo saya sih sebenarnya yakin dengan merk pertamina..pake brp tahun tetap bersih..tar mau cobain fastron gold ah..
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by Jambangan »

kompresorz wrote:saya brp tahun pake oli pabrikan malah berlumpur ky tanah gitu jadi dikerok bersihkannya..kapok

skrg lg cobain merk H ktnya dr idemitsu..walo kurang yakin benar...tapi cobain selagi garansi n gratis jasa aja..setelah itu ke toda..

kalo saya sih sebenarnya yakin dengan merk pertamina..pake brp tahun tetap bersih..tar mau cobain fastron gold ah..
Oli honda ya om??
Pake yg 5W-30 atau yg 0W-20??
Ane nanti servis 10rb KM jg mo nyobain oli honda. Sekarang sih msh pake motul htech
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by kompresorz »

@bro jambangan...

ya honda biru 5-30...di beres 90rb..
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by VanzMatic »

Yang eneos gimana ya?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by ilhami »

Oli oem pabrikan apa mencantumkan sertifikasi MB?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by Turboman »

ilhami wrote:Oli oem pabrikan apa mencantumkan sertifikasi MB?
Mercedes Genuine Oil lah tentunya........
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by Turboman »

kompresorz wrote:saya brp tahun pake oli pabrikan malah berlumpur ky tanah gitu jadi dikerok bersihkannya..kapok
.
Kalau boleh tahu ini :
- Pakai oli apa ?
- Jalan brp Km or durasi brp bulan ?
- Di mobil apa ?

Kalau mesin 1MZ-FE atau bbrp type BMW Gasoline inline 6 mmg ada yg "hobby" bikin sludge, tapi itupun biasanya terjadi jika ganti oli kelewat jauh.
* Bukan ajakan Beli *
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by kompresorz »

@mod turbo..

hahaha mod lupa pernah dibahas..

di e36 320 7 tahun pake oli logonya mod..kilometer ikutin lampu servis mod..saya lupa seri 5-30/5-40/10-40 krn selesai lgsg bayar gak cek detail...cukup tebal saya lihat sendiri lumpurnya krn ganti di toko oli..
sori mod pendapat saya kalo emang jenis mesinnya tp setelah saya pake fastron 10-40 bbrp tahun sampe ganti yg lain trus kmrn baru ganti cover klep n packing klep saya lihat bersih warna alumunium gak ada warna coklat keras..pdhl saya ganti oli selalu lewat kilometer..fastron 10/40 bisa 6ribuan..sainz 5-30 bisa 11-12ribu..tar mau coba fasron gold..
User avatar
4lICe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat Aug 03, 2013 10:48
Location: riau

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by 4lICe »

Pake oli motor aja om.

Oli motor dirancang lebih ekstrim timbang oli mobil. Mesin motor berkitir 2Xlipat bahkan lebih dari mesin mobil. Mesin motor masih banyak berdesain minim pendingin kebanyakan belom radiator. Jadi oli motor emang diramu lebih ekstrim timbang oli mobil.
Saya udah buktikan 4taonan innova pake oli motor AHM type kopling bukan matic. Baek" aja koq mesinnya; yg terpenting oli motor harga lebih murah timbang oli khusus mobil hehe
MacGyver Conventional


Manual Tech Super Hyper Primitive


Katrox Terasing Sejati
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by nugroho bagor »

Penasaran sama fastron diesel dan ini oli berani sampai 10 ribu km kagak ya
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by FMEAKD »

nugroho bagor wrote:Penasaran sama fastron diesel dan ini oli berani sampai 10 ribu km kagak ya

Sampe linta benua kayak di iklan :mky_03:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by vipere »

livina saya dari baru sampe umur 6 tahun (100 rb km), pakainya oli Nissan terus (NGO), baik oli mesin maupun oli AT nya. pernah sekali coba shell, malah suara mesinnya jadi kasar.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by DOHC »

vipere wrote:livina saya dari baru sampe umur 6 tahun (100 rb km), pakainya oli Nissan terus (NGO), baik oli mesin maupun oli AT nya. pernah sekali coba shell, malah suara mesinnya jadi kasar.
ngo yg brapa dl nehh om ?? 5 atau 10-30 ?? ganti tiap brapa km ?? kl ngikutin ganti tiap 10 rebu.... siap2 dapat "kejutan" pas buka enjin head cover nya... :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by vipere »

DOHC wrote:
vipere wrote:livina saya dari baru sampe umur 6 tahun (100 rb km), pakainya oli Nissan terus (NGO), baik oli mesin maupun oli AT nya. pernah sekali coba shell, malah suara mesinnya jadi kasar.
ngo yg brapa dl nehh om ?? 5 atau 10-30 ?? ganti tiap brapa km ?? kl ngikutin ganti tiap 10 rebu.... siap2 dapat "kejutan" pas buka enjin head cover nya... :upss: :upss:
yang 5 kan baru keluar belakangan ini aja..kalo dulu sih gantinya yg 10-30..setelah 5 keluar pake yang 5-30. Ganti tiap 5000 km ,om.
kalo maticnya kuras tiap 30 ribu km.
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by dream_theater »

nugroho bagor wrote:Penasaran sama fastron diesel dan ini oli berani sampai 10 ribu km kagak ya
Kebetulan lagi pake fastron diesel di mobil bensin ane nih om...
Kesannya, di kilometer2 awal mobil tidak seenteng pake oli buat bensin (sebelomnya pake BM1 buat bensin)...tp lama2 makin kesini makin enak... :frm_tumbleft: ini aja udah lewat jadwal (jadwal dari toko oli sih..).
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by nugroho bagor »

dream_theater wrote:
nugroho bagor wrote:Penasaran sama fastron diesel dan ini oli berani sampai 10 ribu km kagak ya
Kebetulan lagi pake fastron diesel di mobil bensin ane nih om...
Kesannya, di kilometer2 awal mobil tidak seenteng pake oli buat bensin (sebelomnya pake BM1 buat bensin)...tp lama2 makin kesini makin enak... :frm_tumbleft: ini aja udah lewat jadwal (jadwal dari toko oli sih..).
Jadwalnya emang mau berapa KM om, :ungg: dipakainnya
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by newrubble »

kalo kejelekan diungkap artinya ada cacat tersembunyi

dimana logic?

oil officially supplied under long time contract to maintain factory warranty in every authorized workshop

apa ada authorized workshop network jebol factory warranty

sy mobil brand apapun selalu pakai official lubricant officially suggested by authorized w/s

kalo sampai bikin jebol ...itu yg sy tggu
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by g1ng2 »

newrubble wrote:kalo kejelekan diungkap artinya ada cacat tersembunyi
dimana logic?
oil officially supplied under long time contract to maintain factory warranty in every authorized workshop
apa ada authorized workshop network jebol factory warranty
sy mobil brand apapun selalu pakai official lubricant officially suggested by authorized w/s
kalo sampai bikin jebol ...itu yg sy tggu
harus ditelusuri juga jelek itu kenapa? kalau keluar dari refinery semua ada proses pengecekan kualitas sesuai MSDS karena kualitas pasti di jaga..
Selalu ada tapinya... ketika orang semakin tamak, oli palsu beredar, apa isi oli palsu??? :big_dunno: :big_dunno: kemasan gampang dibikin mirip.. isi beda jauh.
Ada kabar oli palsu yang beredar di Indonesia bisa lebih dari 25%, karena laporan pemalsu oli seringkali pelakunya lolos dari jerat hukum :mky_02:
pernah dapet sharing dari teman yang di industri oli, ada mobil yang katanya mesinnya jebol setelah ganti oli merk "A" katanya dibeli dari toko, dibawa ke lab, ada kandungan solvent di oli-nya :big_dunno:
akibat lain, orang semakin takut untuk ganti oli lama2,yang harusnya bisa sampe 10rb km, akhirnya 5rb km udah ganti... (untuk pemakaian normal, tidak tiap hari kena macet parah).
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by newrubble »

di indo jerat pasti ada
hukum blm pasti ada ...kecuali offer tdk cocok ...baru jerathukum ada
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by Turboman »

Kalo di BeRes ganti oli pake oli OEM, pastikan pakai yg botol literan atau gallonan

Hindari yang dari drum

u know lah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by g1ng2 »

newrubble wrote:di indo jerat pasti ada
hukum blm pasti ada ...kecuali offer tdk cocok ...baru jerathukum ada
:mky_01: simpel tapi dalem...
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by Suryaputra »

Saya pakai Honda Auto Oil 0W-20... dpt harga 540rb per galon.

Yg perlu diperhatikan angka viskositas belakangnya aja, krn di indo belum ada W (winter) :e-whistle:

Sy coba ganti per 10rb Km, rute dalkot dan tol,
So far so good.. mesin bersih, halus dan aksel enteng :mrgreen:

Untuk masalah performa dan kebersihan mesin, Yg memberikan pengaruh lbh signifikan itu penggunaan BBM.. Minimal pakai ron 92 deh.. pake ron 95 lbh mantep lg *gak tega ksh ron88 :frm_bang_head:

Untuk masalah lumpur.. ya yg penting jgn pakai oli artis dan periode ganti oli maksimal 6 bln atau jgn lwt dr 10rb-an Km.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
budi46
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 363
Joined: Fri Oct 09, 2015 15:54

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by budi46 »

Kalo menurut gw bro,,yang penting rutin gantiii,,, :big_smile]
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by arfs »

up lagi ah...
Tokides saya garansi nya udah habis.
Dari baru selalu pake TGMO 15W-40 dan ganti per 10rb km (karena dapet voucher pelumas nya per 10rb km s/d 50rb km).
Sepertinya pas servis 50rb km ini bakal jadi terakhir kali nya pake oli itu (karena masih ada voucher nya sayang kalau tidak dipakai).
*pengen coba oli kebanggan member 2KD forum sebelah, mobil 1 delvac...

Sama hal nya dengan ANGL saya selalu pake NGO ganti per 10rb km.
Servis pertama (1000km) pake yg gratisan nya semi-synthetic 10w-30 sampe 10rb.
Lalu setelah itu sampai 40rb km ganti pakai NGO yg fully-synthetic 5w-30
Masih fine2 aja dua-duanya.

Tapi setelah baca thread ini pengen lsg ganti oli merk yg terpercaya aja untuk servis berikut nya.

yg paling gawat bokap ane, pas mau servis 40rb livina awal tahun ini. Sempat saya belikan shell hx8 full-synthetic 5w-30 buat ganti olinya.
(Ane beli oli bagusan dari NGO nya karena pernah baca di sub-forum SM kalau kapasitas oli livina cuman 3 liter jadi lifetime oli nya lebih cepat babak-belur karena perputaran oli nya lebih cepat dibanding mesin 1500cc lain nya yg kapasitas oli mesin nya lebih banyak.)

Pas mau jalan ke beres ane bilang ke bokap ganti pake oli ini aja yah, yg ada malah di omelin sama bokap.
"Ngapain pake oli itu, pake oli standard pabrikan nya aja. Itu gpp pasti uda ada standard nya. Papa aja dulu (pas pake) eterna pake oli mesin truk juga gk masalah tetep bisa jalan." :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
Akhirnya ywd di simpen lah itu 3 botol (@1 liter) shx8 nya.

Setelah ini aja ane jg bingung mau diskusi buat perawatan selanjut nya masih mau di beres atau bengkel umum aja mengingat garansi juga udah habis. :big_dunno:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mengungkap kejelekan Oli merk Pabrikan

Post by DOHC »

lipina mahh pake bengkel luar aj... tp jgn yg abal2 punya...

btw oli pabrikan NGO yg 5-30 lumayan koq... ane kadang masi sering pake buat ipah ane... kl yg 10-30 br ane ogahh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: