wahh disini yang inden mirage banyak juga yasandie_m wrote:brio disini hampir 180jt tipe termahalnya... (emang mahal nian uy..)
duo ay-ag pasti ngga jadi pilihan saya, karena ini calon mobil sejuta umat (baca: pasaran) di indonesia... hehe..
march.. katanya boros ya buat ukuran mobil segitu
kia-hyundai ngga saya ambil krn lebih condong ke aftersalesnya yg masih minim disini
saya udah indent ambil yang gls di bandar lampung, unitnya ready awal bulan depan
diskonnya cuma sejuta, bonus solargard sama talang air doang.. nasipp..
minta gps sama salesnya, boleh katanya tapi harus ngambil pjs... sett dahh...
bedanya dengan tipe lain di exceed ada start/stop button, immobilizer, ebd, rear spoiler, foglamp
exceed dan gls headlampnya udah auto leveling, yang glx belom ada >> ini saya aga ragu
semua varian ada abs dan airbag di driver side
interior menurut saya bagus, head unit, tombol ac digital, speedo cluster
cuma saya kurang suka sama jok belakangnya, modelnya rata
udah test drive tipe yang exceed
tarikan bawah agak berat, tapi katanya ini ciri khas invecs cvt, yg bikin mobil lebih irit
tes di tanjakan sekitar 30an derajat, berhenti trus jalan lagi ga ada masalah. mobil isi 3 orang dewasa satu anak kecil..
overall sih saya puas setelah test drive.. makanya langsung indent
FC kata salesnya 1:17-18 buat dalkot isi premium, buat bandar lampung ya bukan jakarta..
perlu di buktikan nih nanti
udah ada yang pake mirage...??
tolong review nya dong...
Mirage - Brio - March - Picanto - Splash
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
B1LLI
- Member of Junior Mechanic

- Posts: 37
- Joined: Sun Jun 03, 2012 4:01
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
-
RVR
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
sandie_m wrote:brio disini hampir 180jt tipe termahalnya... (emang mahal nian uy..)
duo ay-ag pasti ngga jadi pilihan saya, karena ini calon mobil sejuta umat (baca: pasaran) di indonesia... hehe..
march.. katanya boros ya buat ukuran mobil segitu
kia-hyundai ngga saya ambil krn lebih condong ke aftersalesnya yg masih minim disini
saya udah indent ambil yang gls di bandar lampung, unitnya ready awal bulan depan
diskonnya cuma sejuta, bonus solargard sama talang air doang.. nasipp..
minta gps sama salesnya, boleh katanya tapi harus ngambil pjs... sett dahh...
bedanya dengan tipe lain di exceed ada start/stop button, immobilizer, ebd, rear spoiler, foglamp
exceed dan gls headlampnya udah auto leveling, yang glx belom ada >> ini saya aga ragu
semua varian ada abs dan airbag di driver side
interior menurut saya bagus, head unit, tombol ac digital, speedo cluster
cuma saya kurang suka sama jok belakangnya, modelnya rata
udah test drive tipe yang exceed
tarikan bawah agak berat, tapi katanya ini ciri khas invecs cvt, yg bikin mobil lebih irit
tes di tanjakan sekitar 30an derajat, berhenti trus jalan lagi ga ada masalah. mobil isi 3 orang dewasa satu anak kecil..
overall sih saya puas setelah test drive.. makanya langsung indent
FC kata salesnya 1:17-18 buat dalkot isi premium, buat bandar lampung ya bukan jakarta..
perlu di buktikan nih nanti
udah ada yang pake mirage...??
tolong review nya dong...
RVR wrote:Mirage ok juga
Udah nyoba bentaran
Vibrasi 3 cyl ga terlalu dominan
Ketutup ama suara sportynya
Kalau pake sport muffler pasti mantab deh....
-
Tomiko_Van
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 439
- Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
Kembali ke topic awal, sepertinya bung-TS juga harus memikirkan Nissan March kembali. Pada suatu kesempatan, sy menjajal kembali March ini, ternyata memang March ini produk unggulan. Terlepas dari cap March ini tidak irit (yg ternyata hanya salah persepsi dan pemberitaan), secara produk March ini patut diperhitungkan.
Faktor penting yg dipunya March itu dimensi yg paling besar, terutama untuk interior space. Mencoba duduk di belakang/depan, lega. Rasanya hanya sedikit lebih sempit dibanding Yaris (yg secara level diatas March), bahkan lebih lega dibanding Suzuki Swift (yg terbaru juga). Selain itu secara design exterior, March ini cukup "lucu" atau "imut" dibanding pesaing2nya (Picanto = futuristik, Brio = aggressive).
Satu lagi yg jadi pertimbangan adalah saat ini march sepertinya sedang ada diskon sampai 8jt (mungkin bisa dinego lagi), jadi type manual bisa di angka 130an jt.
Faktor penting yg dipunya March itu dimensi yg paling besar, terutama untuk interior space. Mencoba duduk di belakang/depan, lega. Rasanya hanya sedikit lebih sempit dibanding Yaris (yg secara level diatas March), bahkan lebih lega dibanding Suzuki Swift (yg terbaru juga). Selain itu secara design exterior, March ini cukup "lucu" atau "imut" dibanding pesaing2nya (Picanto = futuristik, Brio = aggressive).
Satu lagi yg jadi pertimbangan adalah saat ini march sepertinya sedang ada diskon sampai 8jt (mungkin bisa dinego lagi), jadi type manual bisa di angka 130an jt.
アイドリング!!!
-
RVR
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
ayo para bro, boss,
@wallace
@maskopat
@ryansteel
@carslover
@.........yg lain
review mirage dunk.....
hehehe
@wallace
@maskopat
@ryansteel
@carslover
@.........yg lain
review mirage dunk.....
hehehe
-
mklasse
- New Member of Senior Mechanic

- Posts: 165
- Joined: Fri Oct 19, 2007 12:18
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
Kalo dari design sih saya pilih Picanto.. ga tau sih menurut saya designnya yg paling bagus dan harga juga dibawah rival jepangnya.
Kalo duitnya berlebih, cuma disetir sendirian doang, dan ga takut resale value yg masih belum jelas, bisa pilih Smart, lumayan sekarang lg diskon gede. Udah mau facelift kyknya.
Kalo duitnya berlebih, cuma disetir sendirian doang, dan ga takut resale value yg masih belum jelas, bisa pilih Smart, lumayan sekarang lg diskon gede. Udah mau facelift kyknya.
-
VanzMatic
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
Agya leganya ajib deh... Sayang udh ada mobil.. Legaa..Tomiko_Van wrote:Kembali ke topic awal, sepertinya bung-TS juga harus memikirkan Nissan March kembali. Pada suatu kesempatan, sy menjajal kembali March ini, ternyata memang March ini produk unggulan. Terlepas dari cap March ini tidak irit (yg ternyata hanya salah persepsi dan pemberitaan), secara produk March ini patut diperhitungkan.
Faktor penting yg dipunya March itu dimensi yg paling besar, terutama untuk interior space. Mencoba duduk di belakang/depan, lega. Rasanya hanya sedikit lebih sempit dibanding Yaris (yg secara level diatas March), bahkan lebih lega dibanding Suzuki Swift (yg terbaru juga). Selain itu secara design exterior, March ini cukup "lucu" atau "imut" dibanding pesaing2nya (Picanto = futuristik, Brio = aggressive).
Satu lagi yg jadi pertimbangan adalah saat ini march sepertinya sedang ada diskon sampai 8jt (mungkin bisa dinego lagi), jadi type manual bisa di angka 130an jt.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
Tomiko_Van
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 439
- Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
hehee, om VanzMatic bisa aja nih... kalau sy mungkin ambil duo llgc itu kalau misal dana atau budget benar2 jd pertimbangan utama.
Kalau kondisi dana ada lebih, mgkn akan ambil yg diatasnya (sprti yg direkomendasi di topic ini, march atau brio atau mirage)
Kalau kondisi dana ada lebih, mgkn akan ambil yg diatasnya (sprti yg direkomendasi di topic ini, march atau brio atau mirage)
アイドリング!!!
-
marama
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 935
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
Agya / ayla masih pakai cable gas, blm DBW, knapa nanggung ya teknologi nya, blm VVTi juga, apa sengaja biar 2th lg kluar yg VVTi + naik harga?VanzMatic wrote:
Agya leganya ajib deh... Sayang udh ada mobil.. Legaa..Agya TRD matic, sekira 120-an. All tipe SRS airbag..
-
Turboman
- SM Specialist

- Posts: 22098
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
Review test drive Mirage udah nongol di APGRVR wrote:ayo para bro, boss,
@wallace
@maskopat
@ryansteel
@carslover
@.........yg lain
review mirage dunk.....
hehehe
Happy reading
* Bukan ajakan Beli *
-
andy1800
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
tulll.... wai notmarama wrote:Agya / ayla masih pakai cable gas, blm DBW, knapa nanggung ya teknologi nya, blm VVTi juga, apa sengaja biar 2th lg kluar yg VVTi + naik harga?VanzMatic wrote:
Agya leganya ajib deh... Sayang udh ada mobil.. Legaa..Agya TRD matic, sekira 120-an. All tipe SRS airbag..
besides, konsumen 80 jtan ga terlalu concern hal2 gituan
-
VanzMatic
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
March dan Mirage, kalo ane pribadi, coret.Tomiko_Van wrote:hehee, om VanzMatic bisa aja nih... kalau sy mungkin ambil duo llgc itu kalau misal dana atau budget benar2 jd pertimbangan utama.
Kalau kondisi dana ada lebih, mgkn akan ambil yg diatasnya (sprti yg direkomendasi di topic ini, march atau brio atau mirage)
Brio aja deh.
Fitur lengkap, cuman yg bikin eneg: Desainnya. Grill nya jelek dengan aksen krom tebel gitu. Belakangnya...jadi kebanting dengan desain depannya. Kayak ngga nyatu gitu...
IMO aja nih...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
VanzMatic
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
Konsumen yg sudah bisa beli mobil level 150jt up aja masih sebodo amat apa itu DBW, dan vvt-i.andy1800 wrote:tulll.... wai notmarama wrote:Agya / ayla masih pakai cable gas, blm DBW, knapa nanggung ya teknologi nya, blm VVTi juga, apa sengaja biar 2th lg kluar yg VVTi + naik harga?VanzMatic wrote:
Agya leganya ajib deh... Sayang udh ada mobil.. Legaa..Agya TRD matic, sekira 120-an. All tipe SRS airbag..
besides, konsumen 80 jtan ga terlalu concern hal2 gituan
Lagipula, konsumen yg dibidik segmen 100jt, yaa praktis yg baru naik level dari motorist kan...?
Dikenalkannya yaa dengan teknologi yang sederhana dulu aja lahh.. Biar nyambung dulu...
Toh, urgensinya beli di level itu adalah ngga kepanasan, ngga keujanan, ngga bikin sengsara anggota keluarga seperti kalau naik motor..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
mklasse
- New Member of Senior Mechanic

- Posts: 165
- Joined: Fri Oct 19, 2007 12:18
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
Oh mereka peduli om... kalo dikasih embel2 "teknologi yang bisa ngirit bensin"VanzMatic wrote: Konsumen yg sudah bisa beli mobil level 150jt up aja masih sebodo amat apa itu DBW, dan vvt-i.
kalo yang ga bisa ngirit bensin mah sebodo amat
Joking aside, setuju sama om, konsumen pasar mobil 100jt emang yang penting fitur2 kenyamanan dan kepraktisan lebih penting, nggak terlalu technical sampe ke teknologi2 mesinnya..
-
Tomiko_Van
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 439
- Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
kalau mengenai duo baru agya-ayla, sy nggak komen banyak deh, pokoknya you'll get what you pay.
Tp yg bagus disini, setiap kandidat punya bargain & nilai plus yg berbeda2. Ada yg fokus di exterior, ada yg fokus di dimensi lega, ada yg fokus di mesin, dan yg pasti ada yg fokus di harga...
Tinggal konsumen saja yg pas yg mana. Kl sy pertimbangannya sih design, dimensi & mesin, jd sdh tahu kira2 pilih yg mana, hehehee
Tp yg bagus disini, setiap kandidat punya bargain & nilai plus yg berbeda2. Ada yg fokus di exterior, ada yg fokus di dimensi lega, ada yg fokus di mesin, dan yg pasti ada yg fokus di harga...
Tinggal konsumen saja yg pas yg mana. Kl sy pertimbangannya sih design, dimensi & mesin, jd sdh tahu kira2 pilih yg mana, hehehee
アイドリング!!!
-
VanzMatic
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
Drive by wire yg sy maksud, bukan sebuah teknologi yg murah. Begitu juga vvt-i apalagi dual vvt-i.mklasse wrote:Oh mereka peduli om... kalo dikasih embel2 "teknologi yang bisa ngirit bensin"VanzMatic wrote: Konsumen yg sudah bisa beli mobil level 150jt up aja masih sebodo amat apa itu DBW, dan vvt-i.![]()
kalo yang ga bisa ngirit bensin mah sebodo amat![]()
Joking aside, setuju sama om, konsumen pasar mobil 100jt emang yang penting fitur2 kenyamanan dan kepraktisan lebih penting, nggak terlalu technical sampe ke teknologi2 mesinnya..
DBW memang memberi efek irit bahan bakar, tapi tentu saja maintenance cost lebih besar, respons mobil tidak secepat respons kalau masih pakai kabel sling baja.
Jangan kata mobil..
Yang di motor aja, karburator vakum, malah diganti karbu konvensional kan?
Kalau ngga salah, di Honda Karisma juga terjadi kasus begitu. Kabel sling baja dari grip gas, tidak langsung menggerakkan skep karbu, melainkan untuk menggerakkan throttle switch terlebih dahulu, agar bahan bakar lebih irit.
Apa yang terjadi?
Banyak yang mematikan fungsi throttle switch, dan mengganti dengan yang biasa.
Ini ilustrasi fakta, bahwa rata2 pemikiran mereka yg baru pindah ke mobil sebagai first entry user (bukan sebagai komunitas hoby), pemahaman mereka masih segitu.
Karena itu, teknologi yang dihadirkan pun harusnya sesuai dengan 'jalan pemikiran' mereka saat itu.
Ngga yakin?
Coba lihat, kenapa belum berteknologi vvt-i?
Salah satu konsekuensi logis memakai mesin berteknologi vvt-i, agar fungsi fitur tersebut memberikan performa maksimal, maka oli yang dipergunakan seharusnya oli spesifikasi kekentalan 5w30, API SM.
Entry user mobil mana yang ngga jantungan, mengetahui harga oli dengan teknologi seperti diatas mencapai minimal 110rb / liter? Kalau kapasitas olinya sekira 2,5-3 liter, untuk oli saja mereka kudu belanja 330-360rb. Belum ongkos.
Bisa saja diisikan oli 10w40, walaupun kadang adaa juga yang keterlaluan banget mengisikan mesin ber vvt-i dengan oli 20w50.. Ini bukan joking.
Kalau diisi spek 10w40, yaa paling performa nya yang drop, tarikan rada berat
Karena itulah, mobil ini masuk kategori low cost. Low cost disini bukan melulu berarti rendah biaya produksi, tapi juga rendah biaya perawatan..
Kabin minimalis? Ya itu juga penting. Kenapa? First entry user, bahkan yang baru belajar nyetir mobil, akan dimudahkan dengan fitur2 interior yang sederhana.
Contoh nyata, waktu saya ngajari istri saya nyetir sebuah gerobak kaleng saya, yang mana bagi sementara orang, terlalu sederhana, ternyata bagi seorang yg baru belajar nyetir, membingungkan lo, kalau masih harus cari tau, mana tombol ac, mana rem tangan, mana speedometer, mana itu yg namanya tachometer..
Boro2 cari tau... Fungsi tachometer aja pada ngga ngeh.. Nyetel spion elektrik aja rada bingung.
Mau bilang apa? Memang begitulah kenyataannya..
Kenapa saya tidak condong ke Mirage? Maaf , itu ada personal reason saya, dimana saya sudah tidak respek lagi dengan produk2 Mitsu sejak keluarnya edisi Lancer bergaya evo7. Saya lebih baik miara T120ss yg 1300cc lama, atau Lanceer SL kayak punya om Kopat, daripada harus bertebal muka mengendarai Mitsu yang sekarang.
Kenapa tidak condong ke Brio? Hanya ke masalah penampilan. Kalau dari price positioning dengan fitur2nya yang banyak, terbilang bagus kalau Honda kasih harga segitu.
Yang merk lain? Aduh maaf, saya masih belum percaya. Itu aja...
Maaf kebanyakan berceloteh...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
nugroho bagor
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5508
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D Matic
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
Gpp om saya first entry n seneng baca»kutu buku kok
-
dieselkiki
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
ni gaya alay kira kira bida jd kek avania gak ya ? tinggal isi bensin, jalan, ibarat kata maintenancenya ya servis berkala tok gak ada penyakit macam-macam gitu.
om vm..nanya
itu beli drl berapa dan di mana ? pasangnya di bemper pake apa ? dipasangin sekalian gak ?
om vm..nanya
itu beli drl berapa dan di mana ? pasangnya di bemper pake apa ? dipasangin sekalian gak ?
- faith humanity freedom -
-
VanzMatic
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
Hahah... itu DRL 250rb-an aja om.. murahan..dieselkiki wrote:ni gaya alay kira kira bida jd kek avania gak ya ? tinggal isi bensin, jalan, ibarat kata maintenancenya ya servis berkala tok gak ada penyakit macam-macam gitu.
om vm..nanya
itu beli drl berapa dan di mana ? pasangnya di bemper pake apa ? dipasangin sekalian gak ?
Keliatannya sih gaya alay ini memang dciptakan untuk tinggal isi bensin, jalan.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
Tomiko_Van
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 439
- Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
oot sedikit, tentang technology di mobil 'murah' menurut sy lbh ke kebijakan pabrikan, mau dimasukan atau nggak. bisajadi kebijakan pabrikan karena issue komersial (baca harga) atau sebab lainnya. tp untuk lebih jelasnya ya harus dari informasi para petinggi tam-adm.
Contoh teknology di mobil 'murah' duo avz-xna yg ternyata dikasih teknology terbaru spt vvt-i dan eps. agya kan sdh ada airbag, herannya avz-xna malah belum ada airbag.
Contoh teknology di mobil 'murah' duo avz-xna yg ternyata dikasih teknology terbaru spt vvt-i dan eps. agya kan sdh ada airbag, herannya avz-xna malah belum ada airbag.
アイドリング!!!
-
VanzMatic
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
Betulll bro...Tomiko_Van wrote:oot sedikit, tentang technology di mobil 'murah' menurut sy lbh ke kebijakan pabrikan, mau dimasukan atau nggak. bisajadi kebijakan pabrikan karena issue komersial (baca harga) atau sebab lainnya. tp untuk lebih jelasnya ya harus dari informasi para petinggi tam-adm.
Contoh teknology di mobil 'murah' duo avz-xna yg ternyata dikasih teknology terbaru spt vvt-i dan eps. agya kan sdh ada airbag, herannya avz-xna malah belum ada airbag.
Avz ada ABS, nggada airbag.
Agya, ada Airbag, nggada ABS..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
y_anjasrana
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 8857
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
[quote]Coba lihat, kenapa belum berteknologi vvt-i?
Salah satu konsekuensi logis memakai mesin berteknologi vvt-i, agar fungsi fitur tersebut memberikan performa maksimal, maka oli yang dipergunakan seharusnya oli spesifikasi kekentalan 5w30, API SM.
Entry user mobil mana yang ngga jantungan, mengetahui harga oli dengan teknologi seperti diatas mencapai minimal 110rb / liter? Kalau kapasitas olinya sekira 2,5-3 liter, untuk oli saja mereka kudu belanja 330-360rb. Belum ongkos.[quote]
baru tau mesin vvt-i hrs pakai 5w30 nih.. apanja ane selalu dikasih 10w40. tp emang klu pakai oli terlalu mahal, bikin orang malas ganti oli. ujung2nya mesin cepet rusak, dan lalu mobilnya dibilang jelek n murahan....
klu ane mensiasati harga oli mahal, ya maintenance sendiri. klu belum bisa, ya tinggal tongkrongin mobil waktu servis rutin. masa sih 10 kali liat ga bisa-bisa.....
Salah satu konsekuensi logis memakai mesin berteknologi vvt-i, agar fungsi fitur tersebut memberikan performa maksimal, maka oli yang dipergunakan seharusnya oli spesifikasi kekentalan 5w30, API SM.
Entry user mobil mana yang ngga jantungan, mengetahui harga oli dengan teknologi seperti diatas mencapai minimal 110rb / liter? Kalau kapasitas olinya sekira 2,5-3 liter, untuk oli saja mereka kudu belanja 330-360rb. Belum ongkos.[quote]
baru tau mesin vvt-i hrs pakai 5w30 nih.. apanja ane selalu dikasih 10w40. tp emang klu pakai oli terlalu mahal, bikin orang malas ganti oli. ujung2nya mesin cepet rusak, dan lalu mobilnya dibilang jelek n murahan....
klu ane mensiasati harga oli mahal, ya maintenance sendiri. klu belum bisa, ya tinggal tongkrongin mobil waktu servis rutin. masa sih 10 kali liat ga bisa-bisa.....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
ilhami
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2697
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
sekarang mau pakai mesin teknologi apalagi?
Masa' mobil baru jaman sekarang masih pakai Oli mesran API SJ ?
Sebenarnya mobil murah juga murah perawatannya dan operasionalnya.
mesin 1000 cc vs 2400 cc jumlah literan olinya bisa beda 1-2 liter. Apalagi kalau dibanding mesin diesel yang bisa 8 liter. Itu saja sudah beda 100-200ribu sekali ganti.
Konsumsi jelas bbm lebih irit, karena body ringan.
Biaya jasa service tergantung cc juga (CMIIW).
Cicilannya juga beda di angka jutaan.
yang masih mikir begini pasti pindahan dari pemakai motor.
Masa' mobil baru jaman sekarang masih pakai Oli mesran API SJ ?
Sebenarnya mobil murah juga murah perawatannya dan operasionalnya.
mesin 1000 cc vs 2400 cc jumlah literan olinya bisa beda 1-2 liter. Apalagi kalau dibanding mesin diesel yang bisa 8 liter. Itu saja sudah beda 100-200ribu sekali ganti.
Konsumsi jelas bbm lebih irit, karena body ringan.
Biaya jasa service tergantung cc juga (CMIIW).
Cicilannya juga beda di angka jutaan.
yang masih mikir begini pasti pindahan dari pemakai motor.
-
y_anjasrana
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 8857
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
hari gini apa yg bisa dihemat, ya dilakukan juga. dgn begitu budgetnya bisa dialihkan utk yg lain. memang sudah resiko beli mobil baru, perawatannya jg sekelas teknologinya. klu mw yg murah bisa pakai mobil tua, tp perawatannya macem2....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
VanzMatic
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
Murah enggak nya juga masih relatif, bos...ilhami wrote:sekarang mau pakai mesin teknologi apalagi?
Masa' mobil baru jaman sekarang masih pakai Oli mesran API SJ ?
Sebenarnya mobil murah juga murah perawatannya dan operasionalnya.
mesin 1000 cc vs 2400 cc jumlah literan olinya bisa beda 1-2 liter. Apalagi kalau dibanding mesin diesel yang bisa 8 liter. Itu saja sudah beda 100-200ribu sekali ganti.
Konsumsi jelas bbm lebih irit, karena body ringan.
Biaya jasa service tergantung cc juga (CMIIW).
Cicilannya juga beda di angka jutaan.
yang masih mikir begini pasti pindahan dari pemakai motor.
Buat orang lain, buang duit 200rb mungkin seringan buang angin dari 'pintu belakang'.
Tapi buat saya, 200rb itu bisa untuk isi premium 2 minggu plus makan sepekan, bung..
DAN, itu bukan melulu stigma PASTI PINDAHAN DARI PEMAKAI MOTOR ya..
Bener kata om anjas.
Apa yang bisa dihemat, dihemat lah. Hidup lagi susah, tapi tuntutan juga ngga bisa kompromi, satu satunya jalan saat ini, ya penghematan.
Oia, Anda lupa ya, kalau seratus juta, Anda masih bisa pakai oli API SJ untuk mobil baru..?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
sandie_m
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 81
- Joined: Mon Jul 03, 2006 11:31
- Location: Bandar Lampung
Re: Mirage - Brio - i10 - Agya - March - Picanto
om vanzmatic, boleh tau kenapa kok kayanya "benci" banget sama produk mitsu...?
gpp kok saya menghargai kalo itu opini personal.. yahh.. masing2 kan punya hak untuk suka atau benci produk tertentu..
kali aja bisa membuka mata saya supaya ga beli mitsu lagi
jujur aja saya malah suka sama produk mitsu
dari pertama kali bisa beli mobil sampe sekarang dah punya anak tiga, piaraan saya dirumah mitsu semuanya. gak tau kenapa ya..
sedan, mpv, trus city car.. ya mudah2an kalo ada rejeki taun depan kebeli yg suv nya...
btw, mirage saya baru dateng besok dirumah, jadi blom bisa review..
tapi saya udah banyak koleksi2 gambar mirage2 di thailand buat bahan modifikasi
gpp kok saya menghargai kalo itu opini personal.. yahh.. masing2 kan punya hak untuk suka atau benci produk tertentu..
kali aja bisa membuka mata saya supaya ga beli mitsu lagi
jujur aja saya malah suka sama produk mitsu
dari pertama kali bisa beli mobil sampe sekarang dah punya anak tiga, piaraan saya dirumah mitsu semuanya. gak tau kenapa ya..
sedan, mpv, trus city car.. ya mudah2an kalo ada rejeki taun depan kebeli yg suv nya...
btw, mirage saya baru dateng besok dirumah, jadi blom bisa review..
tapi saya udah banyak koleksi2 gambar mirage2 di thailand buat bahan modifikasi

