Grand Vitara 2.4

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

frank
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Mon Jan 05, 2009 2:54

Re: Grand Vitara 2.4

Post by frank »

Bahas dengan SANTUN…. seperti anak balita2 lain disini.



Ga usah pake (Lagi) :

FortunerMan wrote:
Les LIA dulu
Selamat belajar
.
Les LIA dulu
Selamat belajar
.
Les LIA dulu
Selamat belajar
.
Les LIA dulu
Selamat belajar
.
FortunerMan wrote: Ada ribuan info lainnya di internet...mau? :e-snooty:
frank wrote:mana nih om momod....panggilan.. panggilan...
Mending situ belajar nge-google dulu lol...
Mending situ belajar nge-google dulu lol...
Mending situ belajar nge-google dulu lol...
Siapa saja buktikan search di google: “unibody”, link mana yang ditempatkan sama google di paling atas???
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Grand Vitara 2.4

Post by Abu2 »

@frank : sebenarnya ane nangkepnya gak beda, tp ane gak tau bahasa inggris resminya untuk "monokok dgn built in ladder frame(chasis campuran)" makanya itu ane tulis body on frame..kalo ternyata ane salah nyebutinnya, mohon di mangapkan.. :mrgreen:

ane hanya gak tau nama resmi yg telah di sepakati/di setujui di dunia per-otomotif-an itu yg mana...hanya masalah kata2 khan? tetapi secara penjelasan teknis masing2 pasti dah pada tau , rangka monokok yg mana, rangka ladderframe yg mana, rangka monokok dgn builtin ladderframe yg mana..
ok ok ok ok ..?

ane yakin ini hanya masalah penggunaan nama resmi/sebutan aja, teknis detail konstruksi ane yakin dah sepaham semua...
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Grand Vitara 2.4

Post by Abu2 »

om naldo, boleh tau bocoran/info tentang improvement yg dilakukan suzy thd kaki2 GV 2.4 ini apa aja ya?

bbrp waktu lalu sempat nanya ke sales person , bahwa part number utk per dan SA masih sama ama yg tipe 2.0..
frank
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Mon Jan 05, 2009 2:54

Re: Grand Vitara 2.4

Post by frank »

@Abu2..
masalah perbedaan pendapat.
rangkuman anda:
abu2 wrote:1. monokok
2.ladderframe
3.body on Frame.
nah klasifikasi no. 2 & 3 itu masuk ke nomor 2:
FortunerMan wrote: 1. Monokok/Unibody (ini yg ini org kaga ngerti2...padahal udah referensi seribu biji)...ngotot monokok dan unibodi itu beda lol...
2. Body on frame/ladder frame
3. Campuran
jadi klasifikasi anda cuma ada 2, disitulah yg saya maksud ada perbedaan dgn pendapat lainnya.
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Grand Vitara 2.4

Post by mandala1 »

Come on guys let's discuss in peace.....
(Apa perlu gw panggil pak sjamsul masuk sini biar jadi oot?) :big_peace:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Grand Vitara 2.4

Post by Abu2 »

@frank: iya ane salah nulis tuh...tngkyu utk koreksinya..harusnya itu campuran
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Grand Vitara 2.4

Post by ZombiEE »

Abu2 wrote:tanya lagi neh, karena blm mencicip TD..
http://autos.okezone.com/index.php/Read ... -tapi-loyo


Ada delay beberapa detik akselerasi saat pedal kami injak dengan kerja mesin menyentuh rpm tinggi. Sangat mengganggu.

Tenaga baru keluar beberapa saat setelah saya menahan posisi kaki kanan dipedal gas dalam kondisi injak penuh. Menggelikan memang, sebuah SUV dengan kapasitas mesin yang cukup mumpuni secara matematis, yakni 2.400 cc DOHC VVT 16 valve, namun boyo untuk diajak berakselerasi di putaran awal.

Beberapa mobil dengan cc mesin di bawah ini saja bisa melakukan tugas sempurna baik di putaran bawah maupun diputaran atas. Walau demikian, boleh diakui, ketika rpm telah lewat dari angka 4.000, tenaga 2.4L-nya langsung melonjak. Sayang kami tidak bisa terlalu lama menahan dalam kondisi seperti itu. Sebab situasi jalan siang itu sangat padat.
nah di quote tsb di sebutkan boyo karena delay bbrp detik pd saat akselerasi
sebenarnya ini boyo karena delay pd TBW, ato memang power bandnya ada di RPM atas yah?sehingga rpm bawah seperti biasa aja..

pertanyaan yg sama.....tapi sy lebh condong percaya ke delay TBW...secara mesin 2.4 pasti tenaga lbh besar dari 2.0,,,,tapi TBW bisa laen settingan..:)
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Grand Vitara 2.4

Post by ZombiEE »

dipersilakan....mandala dan sjamsul masukk..hihihi...
guys..terus terang.,,,saya merasa sayang kalo sampai diskusi ini berakhir dgn sama2 tidak enak...secara u guys are knowledgeable...pasti akan menarik kalo diskusi nya kalo enak sama enak..sorry kalo salah pilih kata yah:) :big_peace:
FortunerMan

Re: Grand Vitara 2.4

Post by FortunerMan »

frank wrote:mana nih om momod....panggilan.. panggilan...
Yg lebih dahulu menuduh aneh2 sudah jelas , timeline gak bisa bohong (boleh di cek). Org diskusi lagi biasa2 saja (dgn GTR)...tiba2 mau dilapor ke momod. Apa yg mau di lapor? Ya terpaksa saya ngomong kaya sama org o'on, tidak ditujukan kpd GTR atau yg lainnya, tapi kepada anda, yg menuduh saya menyebar info bohong (lihat quote diatas).
frank
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 49
Joined: Mon Jan 05, 2009 2:54

Re: Grand Vitara 2.4

Post by frank »

sebelumnya ada yang pake wikipedia dan suruh orang lain jangan berkoar, baca & belajar dulu dari wikipedia :
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... w=previous
FortunerMan wrote:Yup...http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_Land_Cruiser_Prado versi org berduitnya pun sama mesin dgn Fortuner 4.0 V6
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 0&p=212131
FortunerMan wrote: Engine code 2TR-FE, silahkan baca sendiri http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_TR_engine
Dan juga share mesin dengan versi 4.0 V6 nya http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_Land_Cruiser_Prado
Mari membaca, supaya nggak asbun...
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... w=previous
FortunerMan wrote:lihat aja pemakaiannya http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_ZZ_engine
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 0&p=214157
FortunerMan wrote:Baca2 sedikit...http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_Hilux

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=100
FortunerMan wrote: Bener dong, mesin dan transmisi sama...suspension setup sama. Gampang kok google aja engine code 2TR-FE http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_TR_engine - Good value banget kan, seperti Prado buat org miskin-an he he...
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 3&start=50
FortunerMan wrote:Coba saja baca sejarah Hi-lux di Wiki http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_Hilux
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 9&p=228228
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 0&p=214669
FortunerMan wrote: Nih pelajaran gratis http://en.wikipedia.org/wiki/Body-on-frame . Belajar dikit mas, jangan berkoar dulu...
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=100
FortunerMan wrote:Invincible Hilux
http://en.wikipedia.org/wiki/Top_Gear:_Polar_Special
Baca2 aja, kalo mau tau
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=175
FortunerMan wrote: liat survey2 atau publikasi2 international (atau baca aja deh dari wikipedia), jelas2 disemua publikasi tsb,
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 0&p=265573
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 0&p=214157
FortunerMan wrote: Makanya jgn sombong, bacanya jadi ga bener tuh.
lah, jgn salahin sy hehehe, salahkan wikipedia dong
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 6&start=25
”FortunerMan” wrote: Landcruiser Prado aja pake mesin yang sama (1KD-FTV)
http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_KD_engine
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=4168
FortunerMan wrote: Yg versi 4 liter, 1GR-FE engine:
http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_GR_engine
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 66&p=76977
FortunerMan wrote:1GR-FE engine, also used by:
http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_GR_engine
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=6059
FortunerMan wrote:Dr dulu juga CR-V basisnya Civic http://en.wikipedia.org/wiki/Honda_CR-V... bisa aje sales Honda ngecap...

TAPI kalo kaya gitu, malah dibilang gini :
FortunerMan wrote:
Wikipedia tidak selalu benar.
Selamat belajar.
Macam mana...
jokosuryo1254
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sat Sep 13, 2008 13:52

Re: Grand Vitara 2.4

Post by jokosuryo1254 »

keripik rebuzzzzzzzzzzzz enak nih .....

jadi u gv 2.4 banyak kelemahannya yahhhh, jadi maseh diunggulkan yang tipe GV 2.0 dong...
waktu itu ane sempat mikir2 u nunnguin GV 2.4, tapi ya sudahlah, hanya mengacu dari sumber2 internet ane jadi ngambil subaru forester 2.0 matic th 2007.... tapi ane syukur banget tuh dengan tu boil .

tapi dari segala sisi ane doyan ama yang 2.0 manual .... 3 star deh ...
FortunerMan

Re: Grand Vitara 2.4

Post by FortunerMan »

frank wrote:Macam mana...
Masalahnya...Wikipedia juga bilang monokok = unibody. Situ aja yg gak ngerti bahasa inggris. Tapi tetap, info Wiki harus di double check. Makanya saya kasi sumber yg lain...dan ternyata betul istilah monokok adalah kata lain dr unibody. Udah dr 10 sumber, sampe Suzuki India pun bilang...GV = monokok. Car and Driver bilang GV = unibody. Artinya...monokok = unibody. Susah banget ya?
FortunerMan

Re: Grand Vitara 2.4

Post by FortunerMan »

jokosuryo1254 wrote:keripik rebuzzzzzzzzzzzz enak nih .....

jadi u gv 2.4 banyak kelemahannya yahhhh, jadi maseh diunggulkan yang tipe GV 2.0 dong...
waktu itu ane sempat mikir2 u nunnguin GV 2.4, tapi ya sudahlah, hanya mengacu dari sumber2 internet ane jadi ngambil subaru forester 2.0 matic th 2007.... tapi ane syukur banget tuh dengan tu boil .

tapi dari segala sisi ane doyan ama yang 2.0 manual .... 3 star deh ...
Di coba aja dulu bro, komentar orang di pake sbg masukan aja - gak usah terlalu di anggap kitab. Selera dan kebutuhan orang lain kan beda2. Kalo saya baca di majalah2 dgn penilai profesional sih fine2 aja tuh mesin, gak sebagus mesin CR-V atau RAV4...tp kan harganya juga beda (jauh). Dan yg sudah di bahas ampe rame, GV punya keunggulan dgn platform campurannya (monokok/unibody campur ladder frame)....lebih manteb buat jalanan Indonesia.
naldo

Re: Grand Vitara 2.4

Post by naldo »

Kaki2 saya ga tau improvementnya apa aja, yang pasti kalau mereka bilang parts number sama, itu salah. Parts numbernya beda dengan yang 2.0L
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Grand Vitara 2.4

Post by Abu2 »

naldo wrote:Kaki2 saya ga tau improvementnya apa aja, yang pasti kalau mereka bilang parts number sama, itu salah. Parts numbernya beda dengan yang 2.0L

aiihh..beda ya?.....asbun aja tuh sales.......tp kayaknya SA dan Per punya 2.4 bisa dipasangin ke 2.o ya ?
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Grand Vitara 2.4

Post by mandala1 »

^^sepertinya sih emang beda wan abu, pastinya ada perhitungan dari berat bobot mesin yg di gunakan,, secara mungkin bagian blk sama tapi depan biasanya sudah pasti beda...
Ambil contoh gampang : part number per keong kuda 1.6 sama kuda 2.0 beda, pernah eksperimen kuda 2.0 di pasang per keong kuda 1.6 (secara fisik kalo diliat tinggi d lebarnya hampir sama) tapi begitu selesai dipasang tuh kuda jadi nungging :mrgreen:
Inova bensin 2.0 kalo per keong depan di ganti sama per keong inova diesel 2.5 malah jadi ga karuan bantingannya.... :e-naughty:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Grand Vitara 2.4

Post by Abu2 »

secara bobot 2.4 gak berubah drastis, karenaJ24b ini dasarnya mesin j20a yg beda di bore & stroke nya---(dulu siapa yg bilang ama ane yah?koreksi ya jk salah) ..ya mgkn bs aja di aplikasikan..

kalo ipah 2.0 ke ipah 2.5 D4d, bobotnya beda bos, 2.5 D4d bobotnya jauh lebih berat-cmiiw..

mgkn ane cek dulu deh speknya...tp pernah peratiin detail, utk kaki2 depan 2,4, secara pandangan mata, sama persis dgn yg 2.0
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Grand Vitara 2.4

Post by mandala1 »

^^ oke...kalo gitu biar ga penasaran, langsung pesan aja shock nya yg 2.4,, PM in alamatnya deh nanti saya kirimin, ntar saya PM in juga no rekening saya supaya wan abu bisa transfer dulu :mrgreen:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Grand Vitara 2.4

Post by Abu2 »

eiit, nanti dulu, msti TD, setelah merasakan , lalu baru ambil kesimpulan..apa bs lbh baik dr XLG+eibach :big_peace:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Grand Vitara 2.4

Post by mandala1 »

^^ XLG maksudnya Excel G yah om??? Kalo iya mending ga usah....soalnya sama aja sama yg bawaan mobil, kan sama ajah rasanya....
Btw dulu saya pernah punya GV juga, kaenya sih bantingannya udah lumayan enak koq om.....
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Grand Vitara 2.4

Post by Risol1 »

Sebenernya kedua pihak sama2 bener, cuma beda persepsi aja......
Yg penting (spt bos Abu udah bilang), kita sama2 tau bahwa platform GV, Cherokee, LR3 BERBEDA dengan platformnya SUV "sedan" spt CRV, Harrier, dll.....Soalnya yg kita perdebatkan kan bukan ttg platformnya, melainkan cuma penamaan platform tsb.

Kenapa kemaren2 itu saya tulis (yg diquote oleh bro Fortunerman) bahwa Monokok = Unibody?
Karena saya (dan mungkin bro Fortunerman) mengikuti mainstream American-English. Di US, kata "monocoque" itu gak lazim digunakan. Bule2 disono mungkin gak tau kali gimana pronounce/spelling kata "monocoque". Disono, mobil2 berbasis monokok lazimnya disebut dengan "Unibody", sedangkan mobil2 yg punya frame "campuran" spt GV juga disebut unibody, tapi biasanya ditambah embel2 informasi untuk menggambarkan "campuran" atau "integrated frame" nya.

Karena ketidak laziman penggunaan kata "monocoque", maka majalah2 otomotif terutama yg terbitan amerika, gak pernah (jarang sekali) tulis kata "monocoque" di artikel2nya. Mereka selalu menulis dengan istilah "Unibody". Sekarang coba kita liat dari cuplikan artikelnya Car and Driver yg diposting oleh bro GTR di hal 2 dan yg juga diquote sama bro Frank:
Majalah Car and Driver tulis: "Among our soft-roaders, only the Jeep and the Suzuki felt genuinely trucklike, partly because both employ extra buttressing in their unibody construction"
Disitu jelas terlihat bahwa yg dimaksud dengan kata "Unibody" diatas oleh penulis Car and Criver adalah sasis Monokok, bukan integrated platform spt dimaksud oleh bro Frank. Kenapa saya bisa beranggapan begitu? Karena mereka menambahkan informasi tambahan frase "because both employ extra buttressing" untuk menegaskan bahwa sasis ini beda dengan sasis yg pure monokok.

Contoh lainnya bisa juga dilihat di artikel dari edmunds (juga media auto US) yg juga dipost oleh bro GTR di hal 2:
Edmund menulis "Like almost all other small SUVs, this Suzuki has carlike unibody construction. But in an unusual twist, Suzuki's designers kept off-road prowess in mind by integrating a ladder frame into the unibody design for improved flexibility and ruggedness"
Nah disini juga terlihat jelas bahwa kata Unibody yg ditulis sama penulis Edmunds mempunyai arti/maksud yg sama dengan pure monokok, tapi karena penulis mao menunjukkan perbedaan chasis GV ini dengan pure-monokok, maka penulis menambahkan lagi informasi tambahan spt yg saya bold diatas. kalo penulis edmunds mempunyai pemikiran yg sama dengan bro Frank (bahwa Unibody = Integrated platform), maka logikanya penulis gak perlu lagi tulis keterangan tambahan tsb di artikelnya.

Jadi penggunaan kata Unibody di US sama aja dengan penggunaan kata monocoque di sini. Jadi tergantung kita aja, mao ikut mainstream yang mana. Wikipediapun menurut saya itu juga tergantung siapa yg nulis. Kalo American yg tulis, maka bisa dipastikan bahwa penulis akan menggunakan kata "unibody" instead of "Monocoque". Contohnya kalo kita tulis "Honda CRV" di search engine-nya Wikipedia, maka bisa dilihat bahwa penulis menggunakan kata "Unibody" untuk menjelaskan platform CRV di artikelnya.
Mungkin contoh yg paling gampang adalah coba kita buka websitenya majalah car and driver (atau majalah otomotif US lainnya), lalu kita ketik kata "monocoque" di search engine-nya, maka hampir pasti/bisa dipastikan bahwa engga ada entries/artikel yg muncul yg berdasar pada keyword tsb. Sebaliknya, kalo kita ketik "Unibody", maka search engine akan menampilakan berpuluh2 atau mungkin beratus2 entries/artikel dari car and driver.

Kalo kita mao sedikit ilmiah, dibawah ini adalah artikel2 ttg honda CRV (Yg kita tau secara pasti bahwa platformnya bukan integrated platform spt GV, melainkan cuma car-like platform/monokok) dari majalah2 terbitan US, mereka semua menyebutnya dengan "unibody", bukan monocoque:
1. Review dari Motortrend u/CRV gen1 - Honda engineers borrowed liberally from various platforms to assemble the company's first self-designed sport/utility. The CR-V unibody is complemented by the four-wheel independent suspension from the Civic platform
2. Review dari The Auto channel u/CRV 2008 - The 2.4-liter four-cylinder engine has been further developed for a little more power and lower emissions. New engine mounts reduce the amount of noise and vibration transmitted to the unibody structure
3. Review dari Edmunds insideline u/ CRV 2007 - To begin with, the unibody CR-V is equipped with Honda's ACE (Advanced Compatibility Engineering) body structure.
4. Review dari Car and Driver u/ CRV 2009 -- On the one hand, critics might say the unibody CR-V lacks some of the cargo room of big, traditional body-on-frame SUVs such as the Ford Explorer and that the frugal four-cylinder engine lacks the punch of something larger.
5. Review dari Wikipedia u/ CRV - The chassis was a unibody design with a 4-wheel double wishbone suspension.

Sedangkan, dibawah ini adalah review ttg Honda Ridgeline (yg kita jg udah sama2 tau bahwa punya integrated platform/platform campuran, alias bukan pure-monokok) dari majalah2 yg sama spt diatas. Bisa kita liat majalah2 yg sama tsb juga menulis platform Ridgeline dgn kata Unibody, tapi biasanya ditambahin dgn informasi u/ bedain platform ini dengan pure-monokok spt yg digaris-bawahi dibawah ini.
1. Review dari Truck trend u/ Ridgeline - the Ridgeline uses unibody construction, but adds a reinforced boxed ladder frame.
2. Review dari The Auto Channel u/ Ridgeline - it is not made with body-on-frame construction, but with car-like unibody construction, a derivation of Honda's ``Global Light Truck'' platform like the Pilot SUV, but with 93 percent of the structural components transformed. The lower part of the structure is comprised of seven high-strength steel crossmembers that create a fully-boxed ladder frame integrated into the structure.
3. Review dari Edmunds u/ Ridgeline - Rather than having a separate cab and bed, the Ridgeline's body unites the two. Underneath, the Ridgeline uses an architecture that combines the techniques of both unibody and full-frame construction
4. Review dari Car and Driver u/ Ridgeline - the Ridgeline, which represents a new generation of truck with a unibody chassis, a four-wheel independent suspension, and even a trunk. Although the Ridgeline's chassis stems from the Pilot's, the structure is significantly changed, with 93 percent being unique to the new truck. A respectable 5000-pound tow rating results from the fiddling. The front-strut, rear-multilink suspension design is carried over from the Pilot, but it, too, has been strengthened to handle additional loads.
5. Review dari Wikipedia u/ Ridgeline - The Honda Ridgeline uses unibody architecture ladder frame/unibody hybrid chassis. Honda claims this design gives it 2.5 times more bending rigidity.

Sekali lagi engga ada yg salah dengan kedua pendapat, cuma kita pilih aja mao ikutin mainstream yg mana? Tapi inget aja kalo majalah US bilang unibody, bukan selalu artinya integrated platform........ :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Grand Vitara 2.4

Post by Risol1 »

Mungkin yg lebih tepat, 3 platform mobil secara general:
1. Unibody: secara garis besar bisa diebut unibody, tapi punya 2 karakter berbeda:
a. Pure monokok spt CRV
b. Campuran spt GV

2. Body on Frame

Karena sebenernya Unibody itu kan pada hakikatnya berarti "1 bodi"
Mungkin akan ada yg argue bahwa arti "UNI" berasal dari kata UNION yg artinya "gabungan" ladder frame dengan monocoque, TAPI bisa juga diartikan sbg "gabungan" rangka2/tulang2 yg membentuk platform monocoque.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Vitara 2.4

Post by GTR »

FortunerMan wrote:
frank wrote:Macam mana...
Masalahnya...Wikipedia juga bilang monokok = unibody. Situ aja yg gak ngerti bahasa inggris. Tapi tetap, info Wiki harus di double check. Makanya saya kasi sumber yg lain...dan ternyata betul istilah monokok adalah kata lain dr unibody. Udah dr 10 sumber, sampe Suzuki India pun bilang...GV = monokok. Car and Driver bilang GV = unibody. Artinya...monokok = unibody. Susah banget ya?
Bro fortunerman,
kalo dibilang monokok = unibody, ga tepat juga, soalnya nanti mobil2 monokok belakangan seperti ceria s/d dll di contoh bro frank tadi berani dibilang unibody?

intinya, asal jumlah bagian nya, monokok = one-piece, unibody = 2 piece yg "dilem" (penyatuan melalui proses / machining, bukan diikat baut2).
Unibody itu terlihat jelas dari 2 bagian yg digabungkan / disatukan..sesuai asal kata nya yaitu : UNITARY CONSTRUCTION; dan selalu ada kata related yg penting dalam unibody : "WELDED" yg artinya melalui proses penggabungan untuk menempel 2 bagian.
Seperti di wikipedia paragraf kedua:
Unibody, or unitary construction, is a related construction technique for automobiles in which the body is integrated into a single unit with the chassis rather than having a separate body-on-frame. The welded "Unit Body" is the predominant automobile construction technology today.

kalo monocoque, sesuai artinya di wikipedia paragraf pertama, marupakan one-piece, yah seperti aircraft itu:
Monocoque, from Greek for single (mono) and French for shell (coque), is a construction technique that supports structural load by using an object's external skin as opposed to using an internal frame or truss that is then covered with a non-load-bearing skin.

contoh di cherokee = monokok, ini versi bro fortunerman di posting thread lainnya.
Actually, cherokee = unibody & bukan monokok, (note : "frame" nya terlihat sangat jelas pada gambar)
"Pieces" ini terlihat jelas di Ridgeline dan GV:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
FortunerMan

Re: Grand Vitara 2.4

Post by FortunerMan »

GTR wrote: contoh di cherokee = monokok, ini versi bro fortunerman di posting thread lainnya.
Actually, cherokee = unibody & bukan monokok, (note : "frame" nya terlihat sangat jelas pada gambar)
"Pieces" ini terlihat jelas di Ridgeline dan GV:
Baca postingan nya si Risol aja deh bro, dia lebih bagus ngejelasinnya. Saya cuman kasi link2 aja...males ngetik

http://www.ebroadcast.com.au/ecars/Jeep ... /1996.html
The Cherokee (left) is of monocoque construction - no separate chassis - which permits a much lower car-like stance. The current Cherokee shape dates from 1979, with an update in 1984.
http://www.topgear.com/uk/jeep/cherokee ===> TOP GEAR udah yg ngomong, bukan saya...
Multi-link suspension on a solid monocoque mean that the Cherokee is always more than passably comfy. Soft-ish suspension helps iron out bumps and botox the smaller stuff into smoothness. There's plenty of space too. The only real comfort killer is the noisy diesel.
http://carsguide.news.com.au/site/news- ... _on_track/
Cherokee continues to be built on a monocoque platform with a five-link, coil sprung live rear axle and a wishbone coil sprung independent front end (IFS) with sway bars front and rear.
Cherokee bukan monokok? I don't know what else I can say bro...

http://en.wikipedia.org/wiki/Jeep_Cherokee_(XJ)
The Jeep Cherokee (XJ) is a unibody (monocoque) compact SUV. It shared the name of the original full-size SJ model, but having no true pickup truck heritage, it actually set the stage for the modern SUV.
http://www.oramagazine.com/pastIssues/0 ... le=finesse
When it was introduced in 1984, the Cherokee’s unibody construction caused some die-hard four-wheelers to gasp and raise eyebrows. Others scoffed or laughed derisively. Given the “rubber” chassis of the CJs of those days, one wonders how they felt it was superior... anyway, in the years since, the unibody has essentially proved itself worthy of the Jeep name.
Monokok = unibody
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Grand Vitara 2.4

Post by GTR »

FortunerMan wrote: Cherokee bukan monokok? I don't know what else I can say bro...

http://en.wikipedia.org/wiki/Jeep_Cherokee_(XJ)
The Jeep Cherokee (XJ) is a unibody (monocoque) compact SUV. It shared the name of the original full-size SJ model, but having no true pickup truck heritage, it actually set the stage for the modern SUV.
http://www.oramagazine.com/pastIssues/0 ... le=finesse
When it was introduced in 1984, the Cherokee’s unibody construction caused some die-hard four-wheelers to gasp and raise eyebrows. Others scoffed or laughed derisively. Given the “rubber” chassis of the CJs of those days, one wonders how they felt it was superior... anyway, in the years since, the unibody has essentially proved itself worthy of the Jeep name.
Monokok = unibody
makanya di review2 SUV ber-unibody itu walaupun bodynya mokokok, disertakan juga kata2 "unibody", karena memang ada ladder frame besar di bawahnya, seperti diagram unibody cherooke ini...itulah membuat cherokee tangguh di off-road..
kalo "monokok"nya lebih ditonjolkan, karena memang teknologi/enginnering ini lebih baru diaplikasikan di SUV belakangan.
kalo review2 di sedan/hatchback yg one-piece pure monokok, mereka bahas cuma dengan istilah monocoque, daripada unibody... cmiiw
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.