Sebenernya kedua pihak sama2 bener, cuma beda persepsi aja......
Yg penting (spt bos Abu udah bilang), kita sama2 tau bahwa platform GV, Cherokee, LR3 BERBEDA dengan platformnya SUV "sedan" spt CRV, Harrier, dll.....Soalnya yg kita perdebatkan kan bukan ttg platformnya, melainkan cuma penamaan platform tsb.
Kenapa kemaren2 itu saya tulis (yg diquote oleh bro Fortunerman) bahwa Monokok = Unibody?
Karena saya (dan mungkin bro Fortunerman) mengikuti mainstream American-English. Di US, kata "monocoque" itu gak lazim digunakan. Bule2 disono mungkin gak tau kali gimana pronounce/spelling kata "monocoque". Disono, mobil2 berbasis monokok lazimnya disebut dengan "Unibody", sedangkan mobil2 yg punya frame "campuran" spt GV juga disebut unibody, tapi biasanya ditambah embel2 informasi untuk menggambarkan "campuran" atau "integrated frame" nya.
Karena ketidak laziman penggunaan kata "monocoque", maka majalah2 otomotif terutama yg terbitan amerika, gak pernah (jarang sekali) tulis kata "monocoque" di artikel2nya. Mereka selalu menulis dengan istilah "Unibody". Sekarang coba kita liat dari cuplikan artikelnya Car and Driver yg diposting oleh bro GTR di hal 2 dan yg juga diquote sama bro Frank:
Majalah Car and Driver tulis:
"Among our soft-roaders, only the Jeep and the Suzuki felt genuinely trucklike, partly because both employ extra buttressing in their unibody construction"
Disitu jelas terlihat bahwa yg dimaksud dengan kata "Unibody" diatas oleh penulis Car and Criver adalah sasis Monokok, bukan integrated platform spt dimaksud oleh bro Frank. Kenapa saya bisa beranggapan begitu? Karena mereka menambahkan informasi tambahan frase "
because both employ extra buttressing" untuk menegaskan bahwa sasis ini beda dengan sasis yg pure monokok.
Contoh lainnya bisa juga dilihat di artikel dari edmunds (juga media auto US) yg juga dipost oleh bro GTR di hal 2:
Edmund menulis
"Like almost all other small SUVs, this Suzuki has carlike unibody construction. But in an unusual twist, Suzuki's designers kept off-road prowess in mind by integrating a ladder frame into the unibody design for improved flexibility and ruggedness"
Nah disini juga terlihat jelas bahwa kata Unibody yg ditulis sama penulis Edmunds mempunyai arti/maksud yg sama dengan pure monokok, tapi karena penulis mao menunjukkan perbedaan chasis GV ini dengan pure-monokok, maka penulis menambahkan lagi informasi tambahan spt yg saya bold diatas. kalo penulis edmunds mempunyai pemikiran yg sama dengan bro Frank (bahwa Unibody = Integrated platform), maka logikanya penulis gak perlu lagi tulis keterangan tambahan tsb di artikelnya.
Jadi penggunaan kata Unibody di US sama aja dengan penggunaan kata monocoque di sini. Jadi tergantung kita aja, mao ikut mainstream yang mana. Wikipediapun menurut saya itu juga tergantung siapa yg nulis. Kalo American yg tulis, maka bisa dipastikan bahwa penulis akan menggunakan kata "unibody" instead of "Monocoque". Contohnya kalo kita tulis "Honda CRV" di search engine-nya Wikipedia, maka bisa dilihat bahwa penulis menggunakan kata "Unibody" untuk menjelaskan platform CRV di artikelnya.
Mungkin contoh yg paling gampang adalah coba kita buka websitenya majalah car and driver (atau majalah otomotif US lainnya), lalu kita ketik kata "monocoque" di search engine-nya, maka hampir pasti/bisa dipastikan bahwa engga ada entries/artikel yg muncul yg berdasar pada keyword tsb. Sebaliknya, kalo kita ketik "Unibody", maka search engine akan menampilakan berpuluh2 atau mungkin beratus2 entries/artikel dari car and driver.
Kalo kita mao sedikit ilmiah, dibawah ini adalah artikel2 ttg honda CRV (Yg kita tau secara pasti bahwa platformnya bukan integrated platform spt GV, melainkan cuma car-like platform/monokok) dari majalah2 terbitan US, mereka semua menyebutnya dengan "unibody", bukan monocoque:
1. Review dari Motortrend u/CRV gen1 -
Honda engineers borrowed liberally from various platforms to assemble the company's first self-designed sport/utility. The CR-V unibody is complemented by the four-wheel independent suspension from the Civic platform
2. Review dari The Auto channel u/CRV 2008 -
The 2.4-liter four-cylinder engine has been further developed for a little more power and lower emissions. New engine mounts reduce the amount of noise and vibration transmitted to the unibody structure
3. Review dari Edmunds insideline u/ CRV 2007 -
To begin with, the unibody CR-V is equipped with Honda's ACE (Advanced Compatibility Engineering) body structure.
4. Review dari Car and Driver u/ CRV 2009 --
On the one hand, critics might say the unibody CR-V lacks some of the cargo room of big, traditional body-on-frame SUVs such as the Ford Explorer and that the frugal four-cylinder engine lacks the punch of something larger.
5. Review dari Wikipedia u/ CRV -
The chassis was a unibody design with a 4-wheel double wishbone suspension.
Sedangkan, dibawah ini adalah review ttg Honda Ridgeline (yg kita jg udah sama2 tau bahwa punya integrated platform/platform campuran, alias bukan pure-monokok) dari majalah2 yg sama spt diatas. Bisa kita liat majalah2 yg sama tsb juga menulis platform Ridgeline dgn kata Unibody, tapi biasanya ditambahin dgn informasi u/ bedain platform ini dengan pure-monokok spt yg digaris-bawahi dibawah ini.
1. Review dari Truck trend u/ Ridgeline -
the Ridgeline uses unibody construction, but adds a reinforced boxed ladder frame.
2. Review dari The Auto Channel u/ Ridgeline -
it is not made with body-on-frame construction, but with car-like unibody construction, a derivation of Honda's ``Global Light Truck'' platform like the Pilot SUV, but with 93 percent of the structural components transformed. The lower part of the structure is comprised of seven high-strength steel crossmembers that create a fully-boxed ladder frame integrated into the structure.
3. Review dari Edmunds u/ Ridgeline -
Rather than having a separate cab and bed, the Ridgeline's body unites the two. Underneath, the Ridgeline uses an architecture that combines the techniques of both unibody and full-frame construction
4. Review dari Car and Driver u/ Ridgeline -
the Ridgeline, which represents a new generation of truck with a unibody chassis, a four-wheel independent suspension, and even a trunk. Although the Ridgeline's chassis stems from the Pilot's, the structure is significantly changed, with 93 percent being unique to the new truck. A respectable 5000-pound tow rating results from the fiddling. The front-strut, rear-multilink suspension design is carried over from the Pilot, but it, too, has been strengthened to handle additional loads.
5. Review dari Wikipedia u/ Ridgeline -
The Honda Ridgeline uses unibody architecture ladder frame/unibody hybrid chassis. Honda claims this design gives it 2.5 times more bending rigidity.
Sekali lagi engga ada yg salah dengan kedua pendapat, cuma kita pilih aja mao ikutin mainstream yg mana? Tapi inget aja kalo majalah US bilang unibody, bukan selalu artinya integrated platform........
