Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
papinski wrote: Tue Feb 20, 2018 13:02
posting pertama...mau nanya kalau dari Honda Jazz RS AT ganti All New Rush ini naik kelas atau sama aja ya....
Turun kelas om, ANR kelasnya BRV (which is Brio platform). Dari Jazz minimal ke HRV, itupun masih satu platform, baru terasa naik kelas beneran ke Civic/CRV.
Posting pertama juga, bosen jadi SR
wkwkwk, Congratz Posting pertama'nya, om, setelah 2 bulan lebih join akhirnya posting
papinski wrote: Tue Feb 20, 2018 13:02
posting pertama...mau nanya kalau dari Honda Jazz RS AT ganti All New Rush ini naik kelas atau sama aja ya....
Naik kapasitas penumpangnya, turun impresi berkendaranya
IMO, kalau emang dari kelas hatchback mau naik ke 7 seater tanpa turun kelas. Pertimbangkan Sienta/Freed lah minimal, karena basis mereka emang kelas Yaris/Jazz. Expander fenomenal sih, LMPV tapi rasa naiknya "mendekati" med MPV kayak ANKI, tp masih LMPV.
atau ya sekalian kayak Med MPV kayak ANKI, Xtrail.
Xtrail bukan med MPV om.. bantu saran, kalau dari jazz, bisa coba hunting secondnya nissan serena C26. Harga sekarang kayak brand new xpander
Nanti kalau ada waktu, saya kasih review after 4years pemakaian. Selama 4 tahun pemakaian tidak ada masalah berarti.
Kalau dari Jazz juga bisa coba Hyundai Santa Fe or Kia Sorento 2013-2014. Harga sekennya cuma se Rush baru.. Under 300 juta. Power gila, 440NM Torque.. hehehe..
Kenyamanan juga dapet.
3 tahun pakai sangat awet, tidak ada masalah apapun.
Naik kapasitas penumpangnya, turun impresi berkendaranya
IMO, kalau emang dari kelas hatchback mau naik ke 7 seater tanpa turun kelas. Pertimbangkan Sienta/Freed lah minimal, karena basis mereka emang kelas Yaris/Jazz. Expander fenomenal sih, LMPV tapi rasa naiknya "mendekati" med MPV kayak ANKI, tp masih LMPV.
atau ya sekalian kayak Med MPV kayak ANKI, Xtrail.
Xtrail bukan med MPV om.. bantu saran, kalau dari jazz, bisa coba hunting secondnya nissan serena C26. Harga sekarang kayak brand new xpander
Nanti kalau ada waktu, saya kasih review after 4years pemakaian. Selama 4 tahun pemakaian tidak ada masalah berarti.
papinski wrote: Tue Feb 20, 2018 13:02
posting pertama...mau nanya kalau dari Honda Jazz RS AT ganti All New Rush ini naik kelas atau sama aja ya....
Ada beberapa konsiderasi sih om..
1. Om butuh 7 seater ga? Karena 2 boil ini kan ga apple to apple. Kalo memang butuh 7 seater ya go for it.
2. 'Naik kelasnya dari segi apa dulu nih? Kalo dari sudut pandang ane sbg mahasiswa nih ya, kalo liat anak kampus yg bawa jazz dan sekelasnya itu pasti mikirnya "wih boilnya jazz". Tapi kalo yg bawa rusteri avxen dll ane mikirnya "paling mobil bokapnya ini yg dibawa". Tapi rushteri pasti lebih fresh dari jazz RS, secara jazz RS pertama kali launch hampir 10th yg lalu (2008 kan ya? Cmiiw)
3. Kalo dari yg pernah ane coba nih, menurut ane mobil toyota selalu tidak lebih fun to drive dari honda. Not even close.
Turun kelas om, ANR kelasnya BRV (which is Brio platform). Dari Jazz minimal ke HRV, itupun masih satu platform, baru terasa naik kelas beneran ke Civic/CRV.
Posting pertama juga, bosen jadi SR
alvin23 wrote: Tue Feb 20, 2018 13:40
rasanya turun kelas, trust me
Wistuwis wrote: Tue Feb 20, 2018 13:44
Turun kelas om
Masak dari Jazz RS AT 2013 ke All New Rush TRD Sportivo AT 2018 turun kelas?
Memang subjektif sih om. Apalagi awalnya gak disebutin model dan tahunnya.
Di rentang harga yg kurang lebih sama memang tergantung masing2 individu menilainya. Lebih ke perasaan.
Kalau melihat rush, yg terbayang adalah mobil utama, mobil tempur. Orang membeli mobil jenis itu karena nilai fungsionalnya. Ada harapan harga yg dikeluarkan terbayar oleh nilai fungsinya. Ada perhitungan untung rugi di sini. Dan nilai fungsionalnya mobil menjadi dominan.
Sedangkan jazz ini mobil alus. Persepsinya orang beli jazz ya sekedar beli aja, buat menuhin garasi, meskipun mungkin nilai fungsinya tidak sebesar mobil tempur lain. Tapi kelasnya dia memang buang2 uang, bukan mencari kembali modal dgn fungsi mobilnya. Bisa jadi pula pemilik jazz sdh punya mobil utama yg dipakai tempur.
Ahaha... Ini bicara persepsi pribadi lho. Validitasnya harus disurvey ala cak lontong...
Knalpot wrote: Wed Feb 21, 2018 2:58
Om2 kalau rushter ini casisnya termasuk ladder fram atau monocoque?
Kalau xpander itu ladder frame atau monocoque?
Untuk pemakaian jangka panjang kira2 berisikan yang mana ya antara keduanya ?
Turun kelas om, ANR kelasnya BRV (which is Brio platform). Dari Jazz minimal ke HRV, itupun masih satu platform, baru terasa naik kelas beneran ke Civic/CRV.
Posting pertama juga, bosen jadi SR
alvin23 wrote: Tue Feb 20, 2018 13:40
rasanya turun kelas, trust me
Wistuwis wrote: Tue Feb 20, 2018 13:44
Turun kelas om
Masak dari Jazz RS AT 2013 ke All New Rush TRD Sportivo AT 2018 turun kelas?
Memang subjektif sih om. Apalagi awalnya gak disebutin model dan tahunnya.
Di rentang harga yg kurang lebih sama memang tergantung masing2 individu menilainya. Lebih ke perasaan.
Kalau melihat rush, yg terbayang adalah mobil utama, mobil tempur. Orang membeli mobil jenis itu karena nilai fungsionalnya. Ada harapan harga yg dikeluarkan terbayar oleh nilai fungsinya. Ada perhitungan untung rugi di sini. Dan nilai fungsionalnya mobil menjadi dominan.
Sedangkan jazz ini mobil alus. Persepsinya orang beli jazz ya sekedar beli aja, buat menuhin garasi, meskipun mungkin nilai fungsinya tidak sebesar mobil tempur lain. Tapi kelasnya dia memang buang2 uang, bukan mencari kembali modal dgn fungsi mobilnya. Bisa jadi pula pemilik jazz sdh punya mobil utama yg dipakai tempur.
Ahaha... Ini bicara persepsi pribadi lho. Validitasnya harus disurvey ala cak lontong...
Jadii tetap turun kelas om
asumsi saya, "kelas" yang dimaksud itu berkaitan ride quality, image mobil, sama fitur didalam mobilnya.
Dari aspek2 itu, jazz ke rush memang turun kelas.
Ride quality jauh lebih refined Jazz. Image mobil seperti udah dijelaskan, Rush itu LSUV, mobil tempur, kalo Jazz udah masuk B segment (small Hatchback), kalo yang low hatchback ada Sirion, MIrage, March.
Fitur selain fitur safety juga jauh bagus Jazz kemana2. Seatbelt Rush itu fixed gak height adjusted, sunvisor ada kaca ndak, jok height adjusted ndak? Kelas suatu mobil salah satunya juga diliat dari printilan-printilan yang dibawa. Saya susah juga jelasinnya , tapi once you own it, pasti kerasa deh. Kasus yang sama juga bisa terasa pas bandingin Jazz dengan BRV, atau bandingin Sienta dengan Rush.
Ada bagus ada jeleknya unibody dan monocoque.. Kalau Unibody stiffnya cuma perludi bagian bawah aja, sedangkan kalau Monocoque untuk bikin sasis stiff perlu rancang ulang keseluruhan.. Disini mobil unibody yang pernah beredar sih yang saya tau cuma AX bersaudara dan Mazda8..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
imo,
selama pemakaian harian normal, nggak ada perbedaan besar antara chassis monocoque, ladder frame, dan unibody.
kecuali memang niat buat dipakai sprint rally atau balap di sirkuit atau rock crawling.
Masak dari Jazz RS AT 2013 ke All New Rush TRD Sportivo AT 2018 turun kelas?
Memang subjektif sih om. Apalagi awalnya gak disebutin model dan tahunnya.
Di rentang harga yg kurang lebih sama memang tergantung masing2 individu menilainya. Lebih ke perasaan.
Kalau melihat rush, yg terbayang adalah mobil utama, mobil tempur. Orang membeli mobil jenis itu karena nilai fungsionalnya. Ada harapan harga yg dikeluarkan terbayar oleh nilai fungsinya. Ada perhitungan untung rugi di sini. Dan nilai fungsionalnya mobil menjadi dominan.
Sedangkan jazz ini mobil alus. Persepsinya orang beli jazz ya sekedar beli aja, buat menuhin garasi, meskipun mungkin nilai fungsinya tidak sebesar mobil tempur lain. Tapi kelasnya dia memang buang2 uang, bukan mencari kembali modal dgn fungsi mobilnya. Bisa jadi pula pemilik jazz sdh punya mobil utama yg dipakai tempur.
Ahaha... Ini bicara persepsi pribadi lho. Validitasnya harus disurvey ala cak lontong...
Jadii tetap turun kelas om
asumsi saya, "kelas" yang dimaksud itu berkaitan ride quality, image mobil, sama fitur didalam mobilnya.
Dari aspek2 itu, jazz ke rush memang turun kelas.
Ride quality jauh lebih refined Jazz. Image mobil seperti udah dijelaskan, Rush itu LSUV, mobil tempur, kalo Jazz udah masuk B segment (small Hatchback), kalo yang low hatchback ada Sirion, MIrage, March.
Fitur selain fitur safety juga jauh bagus Jazz kemana2. Seatbelt Rush itu fixed gak height adjusted, sunvisor ada kaca ndak, jok height adjusted ndak? Kelas suatu mobil salah satunya juga diliat dari printilan-printilan yang dibawa. Saya susah juga jelasinnya , tapi once you own it, pasti kerasa deh. Kasus yang sama juga bisa terasa pas bandingin Jazz dengan BRV, atau bandingin Sienta dengan Rush.
ehem di rush yang nggak ada cuma seatbelt height adjuster selebihnya yang agan omongin ada semua
kalo menurut saya sih mungkin dari image ya karena build quality baik honda maupun toyota sekarang untuk yang under 300 ataupun mepet 300 rasanya mirip mirip lcgc pendapat saya haha
NYoman wrote: Wed Feb 21, 2018 10:00
Ada bagus ada jeleknya unibody dan monocoque.. Kalau Unibody stiffnya cuma perludi bagian bawah aja, sedangkan kalau Monocoque untuk bikin sasis stiff perlu rancang ulang keseluruhan.. Disini mobil unibody yang pernah beredar sih yang saya tau cuma AX bersaudara dan Mazda8..
agya cs bukan unibody ya om? soalnya pernah ngolong ada sasis yang dicat hitam nempel sama body lantai mobil (seperti dilas)
Knalpot wrote: Wed Feb 21, 2018 2:58
Om2 kalau rushter ini casisnya termasuk ladder fram atau monocoque?
Kalau xpander itu ladder frame atau monocoque?
Untuk pemakaian jangka panjang kira2 berisikan yang mana ya antara keduanya ?
Berisik maksudnya gimana om? Peredamannya apa gimana
Sepengalaman saya aja sih Om.. kalau monocoque itu paling cepet berisik.. glodakan gak jelas..
nah untuk long term use lebih tahan glodakan mana antara rush dan xp misalnya..
Knalpot wrote: Wed Feb 21, 2018 2:58
Om2 kalau rushter ini casisnya termasuk ladder fram atau monocoque?
Kalau xpander itu ladder frame atau monocoque?
Untuk pemakaian jangka panjang kira2 berisikan yang mana ya antara keduanya ?
Berisik maksudnya gimana om? Peredamannya apa gimana
Sepengalaman saya aja sih Om.. kalau monocoque itu paling cepet berisik.. glodakan gak jelas..
nah untuk long term use lebih tahan glodakan mana antara rush dan xp misalnya..
Logikannya sih FWD pasti tidak akan sekuat RWD untuk kaki2nya..
Tapi as long pemakaian normal (ga hajar lobang trus2an, ga sikat lewat bebatuan trus, ga ngebut hajar garis kejut kyak di aeon bsd, treknya jgn dibawa offroad, dkk) ya pasti sama2 aja ketahanannya..
Sepengalaman saya aja sih Om.. kalau monocoque itu paling cepet berisik.. glodakan gak jelas..
nah untuk long term use lebih tahan glodakan mana antara rush dan xp misalnya..
glodakan ngga ada hubungan dengan chassis.
itu masalah suspensi dan bagian lain yang berhubungan semisal tie rod, long tie rod, ball joint, karet support shock, bushing arm, link stabilizer.
Sepengalaman saya aja sih Om.. kalau monocoque itu paling cepet berisik.. glodakan gak jelas..
nah untuk long term use lebih tahan glodakan mana antara rush dan xp misalnya..
glodakan ngga ada hubungan dengan chassis.
itu masalah suspensi dan bagian lain yang berhubungan semisal tie rod, long tie rod, ball joint, karet support shock, bushing arm, link stabilizer.
Monocoque relatif akan lebih glodakan dibandingkan ladder frame. Kenapa? Karena monocoque umumnya lebih rumit dan lebih banyak part nya, sehingga dengan lebih banyak part, kemungkinan rusak salah satu part lebih banyak.
Selain itu, memang faktor road noise monocoque akan lebih berisik, karena suara dari jalan akan langsung ke Body, karena chassis dan body jadi 1. Sedangkan ladder frame biasanya di baut penghubung body dan chassis itu diberi karet Bushing lagi, dan ini membantu meredam getaran.
Tapi untuk pemakaian normal di dalam kota, saya akan pilih monocoque. Dari pengalaman pakai macam2 mobil, monocoque tetap lebih nyaman dinaiki dan di setir. Kelebihan ladder frame, durability, itu saja.
Monocoque relatif akan lebih glodakan dibandingkan ladder frame. Kenapa? Karena monocoque umumnya lebih rumit dan lebih banyak part nya, sehingga dengan lebih banyak part, kemungkinan rusak salah satu part lebih banyak.
-
bisa dijelaskan lebih rinci parts yang dimaksud lebih banyak pada monocoque ketimbang ladder frame?
Saya juga penasaran, parts apa yang dibilang rumit itu? Karena bedanya kan cuma body ditempel sama body jadi 1 dengan sasis aja
Kalau dilihat malah laderframe lebih banyak punya parts tuh, bushing yang harus ganti tiap 100rb km misalnya atau baut2 dan U clamp nya yang bisa dimakan karat dll..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Sepengalaman saya aja sih Om.. kalau monocoque itu paling cepet berisik.. glodakan gak jelas..
nah untuk long term use lebih tahan glodakan mana antara rush dan xp misalnya..
glodakan ngga ada hubungan dengan chassis.
itu masalah suspensi dan bagian lain yang berhubungan semisal tie rod, long tie rod, ball joint, karet support shock, bushing arm, link stabilizer.
Monocoque relatif akan lebih glodakan dibandingkan ladder frame. Kenapa? Karena monocoque umumnya lebih rumit dan lebih banyak part nya, sehingga dengan lebih banyak part, kemungkinan rusak salah satu part lebih banyak.
Selain itu, memang faktor road noise monocoque akan lebih berisik, karena suara dari jalan akan langsung ke Body, karena chassis dan body jadi 1. Sedangkan ladder frame biasanya di baut penghubung body dan chassis itu diberi karet Bushing lagi, dan ini membantu meredam getaran.
Tapi untuk pemakaian normal di dalam kota, saya akan pilih monocoque. Dari pengalaman pakai macam2 mobil, monocoque tetap lebih nyaman dinaiki dan di setir. Kelebihan ladder frame, durability, itu saja.
Kalau menurut ane, konstruksi monokok itu, part kaki-kakinya lebih mahal.
Coba misalnya bandingkan shockbreaker depan antara Ertiga dan Innova. Ertiga punya jauh lebih mahal. karena konstruksinya monokok itu which is sama kayak sedan.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Bentar2.. Ertiga suspensi depannya kalau di hitung harusnya lebih murah dan simpel lho dibanding Kijang..
McPherson (Ertiga) itu justru dibuat supaya lebih murah di bandingkan pakai Double Wishbone (Kijang or other car), tujuan utamanya pabrikan pakai McPherson itu untuk efisiensi biaya perancancagan dan pembelian parts itu sendiri.. Andai itu Ertiga pakai double wishbone saya rasa Ertiga gak bakal bisa di beli dengan harga segitu~
Jangan bandingkan dengan Suzuki, Suzuki itu memang terkenal dengan harga parts ya yang memang diatas rata2 mobil Jepang kebanyakan...
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
NYoman wrote: Thu Feb 22, 2018 5:02
Bentar2.. Ertiga suspensi depannya kalau di hitung harusnya lebih murah dan simpel lho dibanding Kijang..
McPherson (Ertiga) itu justru dibuat supaya lebih murah di bandingkan pakai Double Wishbone (Kijang or other car), tujuan utamanya pabrikan pakai McPherson itu untuk efisiensi biaya perancancagan dan pembelian parts itu sendiri.. Andai itu Ertiga pakai double wishbone saya rasa Ertiga gak bakal bisa di beli dengan harga segitu~
Jangan bandingkan dengan Suzuki, Suzuki itu memang terkenal dengan harga parts ya yang memang diatas rata2 mobil Jepang kebanyakan...
Boleh coba dicek aja langsung om.
even dibandingin avanza aja, shockbreaker depan innova lebih murah, karena saya ngalamin sendiri dulu pake avanza 2004 dan sekarang innova 2013.
Avanza jg McPherson kan.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor wrote: Thu Feb 22, 2018 5:05
Boleh coba dicek aja langsung om.
even dibandingin avanza aja, shockbreaker depan innova lebih murah, karena saya ngalamin sendiri dulu pake avanza 2004 dan sekarang innova 2013.
Avanza jg McPherson kan.
Saya ngga tau ada ladderframe fwd ngga, jadi ngga tau mesti bandingin kemana.
Biasanya fwd lebih mahal di bagian mounting karena melintang nahan beban mesin dan transmisi. Saya pernah punya Corona 91 dan E36 95, part oem-nya lebih mahal Corona untuk kaki kaki terutama mounting.
Knalpot wrote: Wed Feb 21, 2018 2:58
Om2 kalau rushter ini casisnya termasuk ladder fram atau monocoque?
Kalau xpander itu ladder frame atau monocoque?
Untuk pemakaian jangka panjang kira2 berisikan yang mana ya antara keduanya ?
evanbngdor wrote: Thu Feb 22, 2018 5:05
Boleh coba dicek aja langsung om.
even dibandingin avanza aja, shockbreaker depan innova lebih murah, karena saya ngalamin sendiri dulu pake avanza 2004 dan sekarang innova 2013.
Avanza jg McPherson kan.
Saya ngga tau ada ladderframe fwd ngga, jadi ngga tau mesti bandingin kemana.
Biasanya fwd lebih mahal di bagian mounting karena melintang nahan beban mesin dan transmisi. Saya pernah punya Corona 91 dan E36 95, part oem-nya lebih mahal Corona untuk kaki kaki terutama mounting.
mounting mahal atau murah bukan 100% karena FWD atau RWD nya sih, tp karena desain&material mounting itu sendiri.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T