Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
adityabp wrote: Wed Nov 18, 2020 2:57
Sebagai pemakai c24 yg masih trauma ganti bushing arm depan yg gak bertahan 1 bulan, saya mo tanya, itu masang "tusuk konde" kembali ke bushing gimana caranya om? Mesti digetok, atau cukup baut bushingnya aja yg diputer?
ngga ada getok-getok om.
tusuk konde toh istilahnya....
ini ngebahas kita ngga punya tools yang proper ya, alias dengan kunci ala kadarnya.
jadi si tusuk konde kemaren saya jepit ke ragum, musti kuat jepitnya, kalo enggak bakal mencolot. trus buka itu mur 11/16" boleh pake impact gun kalo ada, atau pake breaker bar panjang.
ada cara lain yang agak gila.
lepasin boljoin + 2 baut gantungan belakang + 3 baut tusuk konde, sisain 1 baut nomer 2 dari depan atau dari belakang, bebas mau yang mana.
kendorin sisa 1 baut tadi.
puter control arm 90° sampe mur gede tusuk konde ngadep ke arah samping mobil (arm kanan 90° CW, arm kiri 90° CCW), kencengin lagi baut tusuk kondenya sekitar 80an n.m.
dari arah samping mobil keliatan itu mur gede, silahkan kendorin, jangan lupa extension-nya. kemaren saya pake yang 10" + 5".
selamat mencoba.
*tambahan ilustrasi posisi breaker bar dan extension
Mbah rektor... Bukannya aspal musuh besarnya itu air yak? Kok malah nyerep air
jujur saya nggak ngerti awal mula kenapa mereka berdua bisa musuhan.
yang saya tau, aspal musti sekasar mungkin porinya sebagai drainase air. tapi disaat yang bersamaan musti sehalus mungkin porinya supaya awet nggak gampang lepas atau burak dan nggak berisik saat mobil melintas.
kalo aspal mau dibikin halus permukaannya, ya bagian tengah/as jalan harus lebih tinggi supaya air segera minggir dan bikin saluran drainase yang bagus di sepanjang jalan.
semoga saya nggak salah ngerti ya....
sepertinya ini yang dimaksud ;
20201118_104006-1.jpg
itu yang megang control arm ke body, yang ada baut 3 berderet sama 1 baut agak jauhan.
sebetulnya itu nggak perlu dilepas kalo ada kunci yang proper buat buka mur besar di sebelah kanan foto.
ini posisinya kalo di zoom out ;
20201118_104006.jpg
*untung yang nanya mahaguru, kalo enggak, gue suru ngolong sendiri.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
wakakakaka maha guru kok masih nanya tusuk konde apaan.
woo mobilnya nginep toh msh ada disitu. eh jempling ... jangan2 ownernya ada di SM lagi.
kalo urusan istilah, lain ladang lain belalang mbah.... wajar.
misal aja clutch shaft, disini ada yang kasi nama as blender, ada juga yang bilangnya kntl-kntlan.
wakakakaka maha guru kok masih nanya tusuk konde apaan.
woo mobilnya nginep toh msh ada disitu. eh jempling ... jangan2 ownernya ada di SM lagi.
kalo urusan istilah, lain ladang lain belalang mbah.... wajar.
misal aja clutch shaft, disini ada yang kasi nama as blender, ada juga yang bilangnya kntl-kntlan.
lg makan kupat tahu sm kacang bali matahari langsung ngakak. yg ngasih nama paling terakhir itu pasti mau gampangnya aja orangnya ....
wakakakaka maha guru kok masih nanya tusuk konde apaan.
woo mobilnya nginep toh msh ada disitu. eh jempling ... jangan2 ownernya ada di SM lagi.
kalo urusan istilah, lain ladang lain belalang mbah.... wajar.
misal aja clutch shaft, disini ada yang kasi nama as blender, ada juga yang bilangnya kntl-kntlan.
kl ga salah sy pernah denger malah kntl bebek om..
mungkin istilah2 kampus asemregesers tsb perlu kita rangkum jadi satu kli yah, sperti misal
- kepala babi = kaliper rem
- rante keteng : timing chain
- metal bulan = metal duduk
- trekstang / terot = tie rod
- tusuk konde / kntl bebek / kntl kntl an = bushing tusuk
- dst
tembus mbah kl garis marka jalan. kebetulan tadi ujan gede bangettt. tp kl jalanan yg habis ujan (hitam) ga keliatan. kayanya lampu apa juga ga tembus kl ini mah.
Ad mbah yg bsa tembus
Dl 1 dekade lalu waktu masi sering laga pantura, saya pake bohlam philips halogen yg extreme apa gt, 100 watt, tandem ama relay DIY, itu sinar nya terang banget tp kekuningan walaupun ga sekuning halogen standard 55 watt
Cuman itu bkin mika plastik nya cepet kalah
Btw si ultinon tembus yah, jd pengen..
Aspal basah abis kena ujan emang gak bakalan bisa ditembus. Pasti gelap gulita.
Itulah kenapa saya lebih suka beton karena "lebih terang" daripada aspal.
betul
untuk penglihatan pas ujan2an malem, beton jauh lebi enak
tp yg horor malah traksi nya.. dl jaman cipularang baru jadi, jalanan masi mayoritas beton, pas ujan2 an mantep bener
setiap kl saya ngerem, berasa begeser mobil nya padahal ban masi tebal (mobil belom ber ABS)
adityabp wrote: Wed Nov 18, 2020 2:57
Sebagai pemakai c24 yg masih trauma ganti bushing arm depan yg gak bertahan 1 bulan, saya mo tanya, itu masang "tusuk konde" kembali ke bushing gimana caranya om? Mesti digetok, atau cukup baut bushingnya aja yg diputer?
ngga ada getok-getok om.
tusuk konde toh istilahnya....
ini ngebahas kita ngga punya tools yang proper ya, alias dengan kunci ala kadarnya.
jadi si tusuk konde kemaren saya jepit ke ragum, musti kuat jepitnya, kalo enggak bakal mencolot. trus buka itu mur 11/16" boleh pake impact gun kalo ada, atau pake breaker bar panjang.
ada cara lain yang agak gila.
lepasin boljoin + 2 baut gantungan belakang + 3 baut tusuk konde, sisain 1 baut nomer 2 dari depan atau dari belakang, bebas mau yang mana.
kendorin sisa 1 baut tadi.
puter control arm 90° sampe mur gede tusuk konde ngadep ke arah samping mobil (arm kanan 90° CW, arm kiri 90° CCW), kencengin lagi baut tusuk kondenya sekitar 80an n.m.
dari arah samping mobil keliatan itu mur gede, silahkan kendorin, jangan lupa extension-nya. kemaren saya pake yang 10" + 5".
selamat mencoba.
*tambahan ilustrasi posisi breaker bar dan extension
20201118_102320.jpg
Hehehe, tusuk konde istilah saya aja krn 2 kata itu yg sekelebat muncul di kepala pas mo nulis di marih.
Oke, jadi sebenarnya mur 11/16'' (mur bushing) itu yg narik si tusuk konde ya om. CMIIW.
DOHC wrote: Wed Nov 18, 2020 6:11
mungkin istilah2 kampus asemregesers tsb perlu kita rangkum jadi satu kli yah, sperti misal
- kepala babi = kaliper rem
- rante keteng : timing chain
- metal bulan = metal duduk
- trekstang / terot = tie rod
- tusuk konde / kntl bebek / kntl kntl an = bushing tusuk
- dst
DOHC wrote: Wed Nov 18, 2020 6:11
mungkin istilah2 kampus asemregesers tsb perlu kita rangkum jadi satu kli yah, sperti misal
- kepala babi = kaliper rem
- rante keteng : timing chain
- metal bulan = metal duduk
- trekstang / terot = tie rod
- tusuk konde / kntl bebek / kntl kntl an = bushing tusuk
- dst
Kepala babi bukannya flywheel housing ya om?
Si kpala babi ini emg agak terkenal om
Umumnya dipake buat rumah kaliper rem, tp kadang montir suka hajar sana sini dinamain kpala babi
semoga saya nggak salah ngerti ya....
sepertinya ini yang dimaksud ;
20201118_104006-1.jpg
itu yang megang control arm ke body, yang ada baut 3 berderet sama 1 baut agak jauhan.
sebetulnya itu nggak perlu dilepas kalo ada kunci yang proper buat buka mur besar di sebelah kanan foto.
ini posisinya kalo di zoom out ;
20201118_104006.jpg
*untung yang nanya mahaguru, kalo enggak, gue suru ngolong sendiri.
Ini kondisi bushing control arm depan C24 saya setelah +/- 2 minggu diganti di salah satu bengkel kaki terkenal.
Saya curiga waktu masang bushingnya dan/atau masang tusuk kondenya, pake acara digetok-getok. Jadilah karet bushingnya kepuntir.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
semoga saya nggak salah ngerti ya....
sepertinya ini yang dimaksud ;
20201118_104006-1.jpg
itu yang megang control arm ke body, yang ada baut 3 berderet sama 1 baut agak jauhan.
sebetulnya itu nggak perlu dilepas kalo ada kunci yang proper buat buka mur besar di sebelah kanan foto.
ini posisinya kalo di zoom out ;
20201118_104006.jpg
*untung yang nanya mahaguru, kalo enggak, gue suru ngolong sendiri.
Ini kondisi bushing control arm depan C24 saya setelah +/- 2 minggu diganti di salah satu bengkel kaki terkenal.
Saya curiga waktu masang bushingnya dan/atau masang tusuk kondenya, pake acara digetok-getok. Jadilah karet bushingnya kepuntir.
Ijin nimbrung krn perna kejadian dl kaya gini d bushing panther
Waktu dipasang nya, si bengkel terkenal itu ngencengin nya pas kondisi ban dipasang dan d turunin
Atau pas ban blom kepasang dan masi ngantung d jack stand om ?
Ini kondisi bushing control arm depan C24 saya setelah +/- 2 minggu diganti di salah satu bengkel kaki terkenal.
Saya curiga waktu masang bushingnya dan/atau masang tusuk kondenya, pake acara digetok-getok. Jadilah karet bushingnya kepuntir.
kalo kondisi begitu ada beberapa faktor, salah satunya kualitas karet.
yang pasti, setelah mur kendor, si tusuk konde sudah bebas berputar.
mur lepas, ya tusuk konde juga bebas keluar masuk gaada acara getok.
semoga saya nggak salah ngerti ya....
sepertinya ini yang dimaksud ;
20201118_104006-1.jpg
itu yang megang control arm ke body, yang ada baut 3 berderet sama 1 baut agak jauhan.
sebetulnya itu nggak perlu dilepas kalo ada kunci yang proper buat buka mur besar di sebelah kanan foto.
ini posisinya kalo di zoom out ;
20201118_104006.jpg
*untung yang nanya mahaguru, kalo enggak, gue suru ngolong sendiri.
Ini kondisi bushing control arm depan C24 saya setelah +/- 2 minggu diganti di salah satu bengkel kaki terkenal.
Saya curiga waktu masang bushingnya dan/atau masang tusuk kondenya, pake acara digetok-getok. Jadilah karet bushingnya kepuntir.
Ijin nimbrung krn perna kejadian dl kaya gini d bushing panther
Waktu dipasang nya, si bengkel terkenal itu ngencengin nya pas kondisi ban dipasang dan d turunin
Atau pas ban blom kepasang dan masi ngantung d jack stand om ?
Nah itu dia. Karena waktu itu adalah kali pertama saya berurusan dgn bushing arm, jadinya saya gak terlalu ngeh. Padahal dah saya tongkrongin terus di bengkel. Lha wong kapan mereka bongpas bushingnya aja saya gak ngeh, padahal saya dah notice alat presnya ada di bagian belakang bengkel. Tau2x mereka datang dari belakang sambil nenteng arm yg dah diganti bushingnya.
Ini kondisi bushing control arm depan C24 saya setelah +/- 2 minggu diganti di salah satu bengkel kaki terkenal.
Saya curiga waktu masang bushingnya dan/atau masang tusuk kondenya, pake acara digetok-getok. Jadilah karet bushingnya kepuntir.
kalo kondisi begitu ada beberapa faktor, salah satunya kualitas karet.
yang pasti, setelah mur kendor, si tusuk konde sudah bebas berputar.
mur lepas, ya tusuk konde juga bebas keluar masuk gaada acara getok.
Ini kondisi bushing control arm depan C24 saya setelah +/- 2 minggu diganti di salah satu bengkel kaki terkenal.
Saya curiga waktu masang bushingnya dan/atau masang tusuk kondenya, pake acara digetok-getok. Jadilah karet bushingnya kepuntir.
kalo kondisi begitu ada beberapa faktor, salah satunya kualitas karet.
yang pasti, setelah mur kendor, si tusuk konde sudah bebas berputar.
mur lepas, ya tusuk konde juga bebas keluar masuk gaada acara getok.
Ngeliat kualitas karetnya gimana ya om? Susah kayaknya.
ngeliat poto suhu omnibus di page sebelumnya, jadi kepikiran...
aim/arah headlamp suhu omnibus itu proper ya? maksudnya, emg seharusnya segitu?
saya abis ganti headlamp kmrn jadinya ketinggian, bbrp kali dikasi dim ama mobil lawan arah..
trus akhirnya saya turunin puol...
jadi pgn setel lg arah headlamp saya.....
*headlamp saya led reflektor... ada pengaturan ke atas bawah ke kiri kanan... walau saya ga nemu tuas buat setel ke kiri kanan. ahahah