Koleksi hand tools [Part 03]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

yanuarra wrote: Wed Nov 18, 2020 2:53
Omnibus wrote: Tue Nov 17, 2020 15:33 numpang pajang foto sinar lampu dulu ah. ini di tol brebes-cirebon


ga pake fog lamp

IMG_20201117_185835.jpg


pake fog lamp

IMG_20201117_185741.jpg


harga emang ga bohong ya. philips ultinon H16. :big_smoking:
Mbah shifu bukan pengikut aliran fog lamp always on kan? :mky_03:
aslinya bukan mbah. dalam kota ga pernah pake. kecuali tol.

tp pas jalan ke ubud krn gelap sy pakai itu pun ga pernah dibalas dim sm mobil lain yg papasan krn sorotan lampu sy sopan. :mky_03:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Nov 18, 2020 3:21
adityabp wrote: Wed Nov 18, 2020 2:57
Sebagai pemakai c24 yg masih trauma ganti bushing arm depan yg gak bertahan 1 bulan, saya mo tanya, itu masang "tusuk konde" kembali ke bushing gimana caranya om? Mesti digetok, atau cukup baut bushingnya aja yg diputer?

ngga ada getok-getok om.

tusuk konde toh istilahnya....
ini ngebahas kita ngga punya tools yang proper ya, alias dengan kunci ala kadarnya.
jadi si tusuk konde kemaren saya jepit ke ragum, musti kuat jepitnya, kalo enggak bakal mencolot. trus buka itu mur 11/16" boleh pake impact gun kalo ada, atau pake breaker bar panjang.

ada cara lain yang agak gila.
lepasin boljoin + 2 baut gantungan belakang + 3 baut tusuk konde, sisain 1 baut nomer 2 dari depan atau dari belakang, bebas mau yang mana.
kendorin sisa 1 baut tadi.
puter control arm 90° sampe mur gede tusuk konde ngadep ke arah samping mobil (arm kanan 90° CW, arm kiri 90° CCW), kencengin lagi baut tusuk kondenya sekitar 80an n.m.
dari arah samping mobil keliatan itu mur gede, silahkan kendorin, jangan lupa extension-nya. kemaren saya pake yang 10" + 5".

selamat mencoba.



*tambahan ilustrasi posisi breaker bar dan extension


20201118_102320.jpg
ehem .... kulo nuwun mbah

tusuk konde iki opo yo mbah?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11872
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

yanuarra wrote: Wed Nov 18, 2020 3:21

Mbah rektor... Bukannya aspal musuh besarnya itu air yak? Kok malah nyerep air :big_think:

jujur saya nggak ngerti awal mula kenapa mereka berdua bisa musuhan.
yang saya tau, aspal musti sekasar mungkin porinya sebagai drainase air. tapi disaat yang bersamaan musti sehalus mungkin porinya supaya awet nggak gampang lepas atau burak dan nggak berisik saat mobil melintas.
kalo aspal mau dibikin halus permukaannya, ya bagian tengah/as jalan harus lebih tinggi supaya air segera minggir dan bikin saluran drainase yang bagus di sepanjang jalan.

*hanya analisa sotoy seorang asemregeser.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11872
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Wed Nov 18, 2020 3:30

ehem .... kulo nuwun mbah

tusuk konde iki opo yo mbah?

semoga saya nggak salah ngerti ya....
sepertinya ini yang dimaksud ;


20201118_104006-1.jpg

itu yang megang control arm ke body, yang ada baut 3 berderet sama 1 baut agak jauhan.
sebetulnya itu nggak perlu dilepas kalo ada kunci yang proper buat buka mur besar di sebelah kanan foto.

ini posisinya kalo di zoom out ;


20201118_104006.jpg




*untung yang nanya mahaguru, kalo enggak, gue suru ngolong sendiri.

:ngacir:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Nov 18, 2020 3:48 --------
*untung yang nanya mahaguru, kalo enggak, gue suru ngolong sendiri.

:ngacir:
wakakakaka maha guru kok masih nanya tusuk konde apaan.

woo mobilnya nginep toh msh ada disitu. eh jempling ... jangan2 ownernya ada di SM lagi. :big_weee: :big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11872
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Wed Nov 18, 2020 4:03

wakakakaka maha guru kok masih nanya tusuk konde apaan.

woo mobilnya nginep toh msh ada disitu. eh jempling ... jangan2 ownernya ada di SM lagi. :big_weee: :big_biglaugh:

kalo urusan istilah, lain ladang lain belalang mbah.... wajar.
misal aja clutch shaft, disini ada yang kasi nama as blender, ada juga yang bilangnya kntl-kntlan.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Nov 18, 2020 4:11
Omnibus wrote: Wed Nov 18, 2020 4:03

wakakakaka maha guru kok masih nanya tusuk konde apaan.

woo mobilnya nginep toh msh ada disitu. eh jempling ... jangan2 ownernya ada di SM lagi. :big_weee: :big_biglaugh:

kalo urusan istilah, lain ladang lain belalang mbah.... wajar.
misal aja clutch shaft, disini ada yang kasi nama as blender, ada juga yang bilangnya kntl-kntlan.
:big_biglaugh:
:big_biglaugh:
:big_biglaugh:

lg makan kupat tahu sm kacang bali matahari langsung ngakak. yg ngasih nama paling terakhir itu pasti mau gampangnya aja orangnya ....
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1844
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by MSU »

marmut wrote: Wed Nov 18, 2020 4:11
Omnibus wrote: Wed Nov 18, 2020 4:03

wakakakaka maha guru kok masih nanya tusuk konde apaan.

woo mobilnya nginep toh msh ada disitu. eh jempling ... jangan2 ownernya ada di SM lagi. :big_weee: :big_biglaugh:

kalo urusan istilah, lain ladang lain belalang mbah.... wajar.
misal aja clutch shaft, disini ada yang kasi nama as blender, ada juga yang bilangnya kntl-kntlan.
kl ga salah sy pernah denger malah kntl bebek om..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11872
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

MSU wrote: Wed Nov 18, 2020 4:22

kl ga salah sy pernah denger malah kntl bebek om..

itu buat stut kopling motor.....
sebaiknya disudahi saja istilah-istilah menyenangkan ini daripada nanti kena pasal UU ITE.


:ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by DOHC »

mungkin istilah2 kampus asemregesers tsb perlu kita rangkum jadi satu kli yah, sperti misal

- kepala babi = kaliper rem
- rante keteng : timing chain
- metal bulan = metal duduk
- trekstang / terot = tie rod
- tusuk konde / kntl bebek / kntl kntl an = bushing tusuk
- dst
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by DOHC »

adityabp wrote: Wed Nov 18, 2020 2:32
DOHC wrote: Wed Nov 18, 2020 2:17
Omnibus wrote: Tue Nov 17, 2020 17:04

tembus mbah kl garis marka jalan. kebetulan tadi ujan gede bangettt. tp kl jalanan yg habis ujan (hitam) ga keliatan. kayanya lampu apa juga ga tembus kl ini mah.
Ad mbah yg bsa tembus

Dl 1 dekade lalu waktu masi sering laga pantura, saya pake bohlam philips halogen yg extreme apa gt, 100 watt, tandem ama relay DIY, itu sinar nya terang banget tp kekuningan walaupun ga sekuning halogen standard 55 watt

Cuman itu bkin mika plastik nya cepet kalah

Btw si ultinon tembus yah, jd pengen..
Aspal basah abis kena ujan emang gak bakalan bisa ditembus. Pasti gelap gulita.
Itulah kenapa saya lebih suka beton karena "lebih terang" daripada aspal.
betul

untuk penglihatan pas ujan2an malem, beton jauh lebi enak

tp yg horor malah traksi nya.. dl jaman cipularang baru jadi, jalanan masi mayoritas beton, pas ujan2 an mantep bener
setiap kl saya ngerem, berasa begeser mobil nya padahal ban masi tebal (mobil belom ber ABS)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by adityabp »

marmut wrote: Wed Nov 18, 2020 3:21
adityabp wrote: Wed Nov 18, 2020 2:57
Sebagai pemakai c24 yg masih trauma ganti bushing arm depan yg gak bertahan 1 bulan, saya mo tanya, itu masang "tusuk konde" kembali ke bushing gimana caranya om? Mesti digetok, atau cukup baut bushingnya aja yg diputer?

ngga ada getok-getok om.

tusuk konde toh istilahnya....
ini ngebahas kita ngga punya tools yang proper ya, alias dengan kunci ala kadarnya.
jadi si tusuk konde kemaren saya jepit ke ragum, musti kuat jepitnya, kalo enggak bakal mencolot. trus buka itu mur 11/16" boleh pake impact gun kalo ada, atau pake breaker bar panjang.

ada cara lain yang agak gila.
lepasin boljoin + 2 baut gantungan belakang + 3 baut tusuk konde, sisain 1 baut nomer 2 dari depan atau dari belakang, bebas mau yang mana.
kendorin sisa 1 baut tadi.
puter control arm 90° sampe mur gede tusuk konde ngadep ke arah samping mobil (arm kanan 90° CW, arm kiri 90° CCW), kencengin lagi baut tusuk kondenya sekitar 80an n.m.
dari arah samping mobil keliatan itu mur gede, silahkan kendorin, jangan lupa extension-nya. kemaren saya pake yang 10" + 5".

selamat mencoba.



*tambahan ilustrasi posisi breaker bar dan extension


20201118_102320.jpg
Hehehe, tusuk konde istilah saya aja krn 2 kata itu yg sekelebat muncul di kepala pas mo nulis di marih. :mky_01:
Oke, jadi sebenarnya mur 11/16'' (mur bushing) itu yg narik si tusuk konde ya om. CMIIW.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by adityabp »

DOHC wrote: Wed Nov 18, 2020 6:11 mungkin istilah2 kampus asemregesers tsb perlu kita rangkum jadi satu kli yah, sperti misal

- kepala babi = kaliper rem
- rante keteng : timing chain
- metal bulan = metal duduk
- trekstang / terot = tie rod
- tusuk konde / kntl bebek / kntl kntl an = bushing tusuk
- dst
Kepala babi bukannya flywheel housing ya om?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by DOHC »

adityabp wrote: Wed Nov 18, 2020 6:54
DOHC wrote: Wed Nov 18, 2020 6:11 mungkin istilah2 kampus asemregesers tsb perlu kita rangkum jadi satu kli yah, sperti misal

- kepala babi = kaliper rem
- rante keteng : timing chain
- metal bulan = metal duduk
- trekstang / terot = tie rod
- tusuk konde / kntl bebek / kntl kntl an = bushing tusuk
- dst
Kepala babi bukannya flywheel housing ya om?
Si kpala babi ini emg agak terkenal om

Umumnya dipake buat rumah kaliper rem, tp kadang montir suka hajar sana sini dinamain kpala babi

Bonggol gardan aj kadang dinamain kepala babi jg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by adityabp »

marmut wrote: Wed Nov 18, 2020 3:48
Omnibus wrote: Wed Nov 18, 2020 3:30

ehem .... kulo nuwun mbah

tusuk konde iki opo yo mbah?

semoga saya nggak salah ngerti ya....
sepertinya ini yang dimaksud ;



20201118_104006-1.jpg


itu yang megang control arm ke body, yang ada baut 3 berderet sama 1 baut agak jauhan.
sebetulnya itu nggak perlu dilepas kalo ada kunci yang proper buat buka mur besar di sebelah kanan foto.

ini posisinya kalo di zoom out ;



20201118_104006.jpg





*untung yang nanya mahaguru, kalo enggak, gue suru ngolong sendiri.

:ngacir:
Ini kondisi bushing control arm depan C24 saya setelah +/- 2 minggu diganti di salah satu bengkel kaki terkenal.
Saya curiga waktu masang bushingnya dan/atau masang tusuk kondenya, pake acara digetok-getok. Jadilah karet bushingnya kepuntir.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by DOHC »

adityabp wrote: Wed Nov 18, 2020 7:05
marmut wrote: Wed Nov 18, 2020 3:48
Omnibus wrote: Wed Nov 18, 2020 3:30

ehem .... kulo nuwun mbah

tusuk konde iki opo yo mbah?

semoga saya nggak salah ngerti ya....
sepertinya ini yang dimaksud ;



20201118_104006-1.jpg


itu yang megang control arm ke body, yang ada baut 3 berderet sama 1 baut agak jauhan.
sebetulnya itu nggak perlu dilepas kalo ada kunci yang proper buat buka mur besar di sebelah kanan foto.

ini posisinya kalo di zoom out ;



20201118_104006.jpg





*untung yang nanya mahaguru, kalo enggak, gue suru ngolong sendiri.

:ngacir:
Ini kondisi bushing control arm depan C24 saya setelah +/- 2 minggu diganti di salah satu bengkel kaki terkenal.
Saya curiga waktu masang bushingnya dan/atau masang tusuk kondenya, pake acara digetok-getok. Jadilah karet bushingnya kepuntir.
Ijin nimbrung krn perna kejadian dl kaya gini d bushing panther

Waktu dipasang nya, si bengkel terkenal itu ngencengin nya pas kondisi ban dipasang dan d turunin
Atau pas ban blom kepasang dan masi ngantung d jack stand om ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11872
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

adityabp wrote: Wed Nov 18, 2020 7:05

Ini kondisi bushing control arm depan C24 saya setelah +/- 2 minggu diganti di salah satu bengkel kaki terkenal.
Saya curiga waktu masang bushingnya dan/atau masang tusuk kondenya, pake acara digetok-getok. Jadilah karet bushingnya kepuntir.

kalo kondisi begitu ada beberapa faktor, salah satunya kualitas karet.
yang pasti, setelah mur kendor, si tusuk konde sudah bebas berputar.
mur lepas, ya tusuk konde juga bebas keluar masuk gaada acara getok.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by adityabp »

DOHC wrote: Wed Nov 18, 2020 7:47
adityabp wrote: Wed Nov 18, 2020 7:05
marmut wrote: Wed Nov 18, 2020 3:48


semoga saya nggak salah ngerti ya....
sepertinya ini yang dimaksud ;



20201118_104006-1.jpg


itu yang megang control arm ke body, yang ada baut 3 berderet sama 1 baut agak jauhan.
sebetulnya itu nggak perlu dilepas kalo ada kunci yang proper buat buka mur besar di sebelah kanan foto.

ini posisinya kalo di zoom out ;



20201118_104006.jpg





*untung yang nanya mahaguru, kalo enggak, gue suru ngolong sendiri.

:ngacir:
Ini kondisi bushing control arm depan C24 saya setelah +/- 2 minggu diganti di salah satu bengkel kaki terkenal.
Saya curiga waktu masang bushingnya dan/atau masang tusuk kondenya, pake acara digetok-getok. Jadilah karet bushingnya kepuntir.
Ijin nimbrung krn perna kejadian dl kaya gini d bushing panther

Waktu dipasang nya, si bengkel terkenal itu ngencengin nya pas kondisi ban dipasang dan d turunin
Atau pas ban blom kepasang dan masi ngantung d jack stand om ?
Nah itu dia. Karena waktu itu adalah kali pertama saya berurusan dgn bushing arm, jadinya saya gak terlalu ngeh. Padahal dah saya tongkrongin terus di bengkel. Lha wong kapan mereka bongpas bushingnya aja saya gak ngeh, padahal saya dah notice alat presnya ada di bagian belakang bengkel. Tau2x mereka datang dari belakang sambil nenteng arm yg dah diganti bushingnya. :mky_07:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Nov 18, 2020 8:22
adityabp wrote: Wed Nov 18, 2020 7:05

Ini kondisi bushing control arm depan C24 saya setelah +/- 2 minggu diganti di salah satu bengkel kaki terkenal.
Saya curiga waktu masang bushingnya dan/atau masang tusuk kondenya, pake acara digetok-getok. Jadilah karet bushingnya kepuntir.

kalo kondisi begitu ada beberapa faktor, salah satunya kualitas karet.
yang pasti, setelah mur kendor, si tusuk konde sudah bebas berputar.
mur lepas, ya tusuk konde juga bebas keluar masuk gaada acara getok.
bebas keluar masuk? udah ga peret toh. ehh

hadehhh aku benci pikiranku :mky_01:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11872
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Wed Nov 18, 2020 9:03

bebas keluar masuk? udah ga peret toh. ehh

hadehhh aku benci pikiranku :mky_01:

21+ ada trit husus mbah.... dan sudah lama kelelep. mau dibangkitin lagi?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11783
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Wed Nov 18, 2020 9:17
Omnibus wrote: Wed Nov 18, 2020 9:03

bebas keluar masuk? udah ga peret toh. ehh

hadehhh aku benci pikiranku :mky_01:

21+ ada trit husus mbah.... dan sudah lama kelelep. mau dibangkitin lagi?
jangan mbah rektor, ga usah.

sy ga suka sebetulnya. apalagi diomongin n dibahas. bagusnya langsung action aja.




............ :ngacir:
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by adityabp »

marmut wrote: Wed Nov 18, 2020 8:22
adityabp wrote: Wed Nov 18, 2020 7:05

Ini kondisi bushing control arm depan C24 saya setelah +/- 2 minggu diganti di salah satu bengkel kaki terkenal.
Saya curiga waktu masang bushingnya dan/atau masang tusuk kondenya, pake acara digetok-getok. Jadilah karet bushingnya kepuntir.

kalo kondisi begitu ada beberapa faktor, salah satunya kualitas karet.
yang pasti, setelah mur kendor, si tusuk konde sudah bebas berputar.
mur lepas, ya tusuk konde juga bebas keluar masuk gaada acara getok.
Ngeliat kualitas karetnya gimana ya om? Susah kayaknya. :big_childish:
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Poporing »

ngeliat poto suhu omnibus di page sebelumnya, jadi kepikiran...
aim/arah headlamp suhu omnibus itu proper ya? maksudnya, emg seharusnya segitu?

saya abis ganti headlamp kmrn jadinya ketinggian, bbrp kali dikasi dim ama mobil lawan arah..
trus akhirnya saya turunin puol...
jadi pgn setel lg arah headlamp saya.....

*headlamp saya led reflektor... ada pengaturan ke atas bawah ke kiri kanan... walau saya ga nemu tuas buat setel ke kiri kanan. ahahah
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by Taufiq6210 »

Reflektor kalau diganti LED bukannya emang bakal bikin silau ya?
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 03]

Post by yanuarra »

Jd yg dimaksud kntl kntl an tuh yg mana? :big_think:

:big_biglaugh:


:ngacir: