Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Ijin gabung & tanya mbah.
Ada review atau pernah pake coolant 70-30 gk mbah? Saya rencana mau ganti dari toyota llc ke denso 70-30. Taunya cuman merk denso, jadi mungkin cuman itu refrensinya.
dinatara wrote: Fri Dec 10, 2021 12:31
Ijin gabung & tanya mbah.
Ada review atau pernah pake coolant 70-30 gk mbah? Saya rencana mau ganti dari toyota llc ke denso 70-30. Taunya cuman merk denso, jadi mungkin cuman itu refrensinya.
totota llc warna merah kan memang 30/70, dan denso jg sama2 ok buat mobil jepang. toyota yang 50/50 itu sllc warna pink
dinatara wrote: Fri Dec 10, 2021 12:31
Ijin gabung & tanya mbah.
Ada review atau pernah pake coolant 70-30 gk mbah? Saya rencana mau ganti dari toyota llc ke denso 70-30. Taunya cuman merk denso, jadi mungkin cuman itu refrensinya.
totota llc warna merah kan memang 30/70, dan denso jg sama2 ok buat mobil jepang. toyota yang 50/50 itu sllc warna pink
Eh iya ternyata llc 30/70 ya mbah. Dulu beli di auto2000 adanya 50/50 katanya
Tanya lagi mbah, klo 50/50 ini dicampur 30/70 (sama merk toyota) aman kan ya? Saya rencana drain dari bawah plug radiator aja. Paling konsentratnya coolant nya diatas 30% kan gegara kecampur sedikit 50/50
dinatara wrote: Fri Dec 10, 2021 12:31
Ijin gabung & tanya mbah.
Ada review atau pernah pake coolant 70-30 gk mbah? Saya rencana mau ganti dari toyota llc ke denso 70-30. Taunya cuman merk denso, jadi mungkin cuman itu refrensinya.
totota llc warna merah kan memang 30/70, dan denso jg sama2 ok buat mobil jepang. toyota yang 50/50 itu sllc warna pink
Eh iya ternyata llc 30/70 ya mbah. Dulu beli di auto2000 adanya 50/50 katanya
Tanya lagi mbah, klo 50/50 ini dicampur 30/70 (sama merk toyota) aman kan ya? Saya rencana drain dari bawah plug radiator aja. Paling konsentratnya coolant nya diatas 30% kan gegara kecampur sedikit 50/50
totota llc warna merah kan memang 30/70, dan denso jg sama2 ok buat mobil jepang. toyota yang 50/50 itu sllc warna pink
Eh iya ternyata llc 30/70 ya mbah. Dulu beli di auto2000 adanya 50/50 katanya
Tanya lagi mbah, klo 50/50 ini dicampur 30/70 (sama merk toyota) aman kan ya? Saya rencana drain dari bawah plug radiator aja. Paling konsentratnya coolant nya diatas 30% kan gegara kecampur sedikit 50/50
Bagus sih dikuras aja, takutnya beda kandungan.
Dicopy mbah, klo kiranya susah kuras yg di blok mesin paling flush sekali baru isi baru
Eh iya ternyata llc 30/70 ya mbah. Dulu beli di auto2000 adanya 50/50 katanya
Tanya lagi mbah, klo 50/50 ini dicampur 30/70 (sama merk toyota) aman kan ya? Saya rencana drain dari bawah plug radiator aja. Paling konsentratnya coolant nya diatas 30% kan gegara kecampur sedikit 50/50
Bagus sih dikuras aja, takutnya beda kandungan.
Dicopy mbah, klo kiranya susah kuras yg di blok mesin paling flush sekali baru isi baru
Dicopy mbah, klo kiranya susah kuras yg di blok mesin paling flush sekali baru isi baru
Kalau mau flush pake air aki biru / akuades dulu.
2x baru masukin coolant baru.
Flush ini maksudnya :
- drain dulu yg diradiator, trus isi air aki biru
- di pake muter mobilnya sampe tersirkulasi, trus drain radiator
- isi air aki biru trus dibikin tersirkulasi
- drain radiator, baru isi coolant baru ya?
Dicopy mbah, klo kiranya susah kuras yg di blok mesin paling flush sekali baru isi baru
Kalau mau flush pake air aki biru / akuades dulu.
2x baru masukin coolant baru.
Flush ini maksudnya :
- drain dulu yg diradiator, trus isi air aki biru
- di pake muter mobilnya sampe tersirkulasi, trus drain radiator
- isi air aki biru trus dibikin tersirkulasi
- drain radiator, baru isi coolant baru ya?
Yes, kalau bisa sudah sampe operating temperature jadi termostat kebuka.
Flush ini maksudnya :
- drain dulu yg diradiator, trus isi air aki biru
- di pake muter mobilnya sampe tersirkulasi, trus drain radiator
- isi air aki biru trus dibikin tersirkulasi
- drain radiator, baru isi coolant baru ya?
Yes, kalau bisa sudah sampe operating temperature jadi termostat kebuka.
Yasir bapao mbah, ini mau cari youtube soal drain mesin
1NZ? ada di bagian blok mesin yang menghadap ke firewall. aksesnya musti dari kolong dan pake ratchet 1/4" sama deepwall 10mm 6pt kalo mau enak.
gampang itu.
Yasir bapao mbah, ini mau cari youtube soal drain mesin
1NZ? ada di bagian blok mesin yang menghadap ke firewall. aksesnya musti dari kolong dan pake ratchet 1/4" sama deepwall 10mm 6pt kalo mau enak.
gampang itu.
Yasir bapao mbah, ini mau cari youtube soal drain mesin
1NZ? ada di bagian blok mesin yang menghadap ke firewall. aksesnya musti dari kolong dan pake ratchet 1/4" sama deepwall 10mm 6pt kalo mau enak.
gampang itu.
Selamat malam om,
Jadi gini, sudah semingguan ini crv re dirumah habis dipakai kayak ada bau coolant
Tapi masih saya cuekin aja, mungkin karena panas (pemakaian akhir2 ini sering macet2an), temperatur coolant juga normal (3 bar dibawah 1/2), tidak ada overheat dan kalo malem malah cenderung lebih turun bar nya
Tadi sore saya cek level coolant di reservoir, ternyata berkurang banyak, seinget saya top up coolant terakhir sebulanan lalu, dan gak pernah berkurang banyak, paling top up per 6 bulan hanya 150-200ml
Selama semingguan ini juga tidak ada tetesan coolant di garasi, hanya bau coolant saja ketika habis dipakai
Setelah saya teliti pakai senter, ternyata ada rembes di sepanjang dasaran uppertank, ternyata dari sini biangkeroknya, mungkin karena faktor usia sih, udah 14 tahun
Langkah yang mau saya ambil ganti radiator assy tapi pakai merk aftermarket koyorad
Yang mau saya tanyakan :
1. Merk koyorad recommended untuk aftermarket? Disini apa uda ada yg pernah pakai? Merk trivindo lebih murah tapi agak ragu aja
2. Dengan kondisi crv udah 14 tahun tapi selama ini tidak pernah ada kendala di sistem pendinginan, part lain apa aja yang sekalian diganti? Misal thermostat, sensor ect1 ect2, atau apa? Kalau radiator cap sudah ganti tahun lalu (original denso)
3. Selama ini pakai coolant honda type 1 hijau, terakhir kuras bulan mei kemaren, apa perlu sekalian kuras ganti merk coolant ya, misal toyota sllc/denso sllc yang 50/50
Asumsi saya honda type 1 30/70
Saya pernah baca kalo 50/50 lebih melindungi karet2 dan lebih "melumasi" tapi daya hantar panasnya tidak sebaik 30/70
Terima kasih
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
ariswp wrote: Wed Sep 14, 2022 12:47
Selamat malam om,
Jadi gini, sudah semingguan ini crv re dirumah habis dipakai kayak ada bau coolant
Tapi masih saya cuekin aja, mungkin karena panas (pemakaian akhir2 ini sering macet2an), temperatur coolant juga normal (3 bar dibawah 1/2), tidak ada overheat dan kalo malem malah cenderung lebih turun bar nya
Tadi sore saya cek level coolant di reservoir, ternyata berkurang banyak, seinget saya top up coolant terakhir sebulanan lalu, dan gak pernah berkurang banyak, paling top up per 6 bulan hanya 150-200ml
Selama semingguan ini juga tidak ada tetesan coolant di garasi, hanya bau coolant saja ketika habis dipakai
Setelah saya teliti pakai senter, ternyata ada rembes di sepanjang dasaran uppertank, ternyata dari sini biangkeroknya, mungkin karena faktor usia sih, udah 14 tahun
Langkah yang mau saya ambil ganti radiator assy tapi pakai merk aftermarket koyorad
Yang mau saya tanyakan :
1. Merk koyorad recommended untuk aftermarket? Disini apa uda ada yg pernah pakai? Merk trivindo lebih murah tapi agak ragu aja
2. Dengan kondisi crv udah 14 tahun tapi selama ini tidak pernah ada kendala di sistem pendinginan, part lain apa aja yang sekalian diganti? Misal thermostat, sensor ect1 ect2, atau apa? Kalau radiator cap sudah ganti tahun lalu (original denso)
3. Selama ini pakai coolant honda type 1 hijau, terakhir kuras bulan mei kemaren, apa perlu sekalian kuras ganti merk coolant ya, misal toyota sllc/denso sllc yang 50/50
Asumsi saya honda type 1 30/70
Saya pernah baca kalo 50/50 lebih melindungi karet2 dan lebih "melumasi" tapi daya hantar panasnya tidak sebaik 30/70
Terima kasih
Wah case persis seperti saya dulu ini.
1. Koyorad so far sih oke om. Reputable brand kok. Tapi kalo saya dulu ganti ori beres, udah include radiator cap baru juga.
2. Kalo saya dulu setelah 6 bulan ganti radiator, thermostat nya yg tewas, alhasil kalo di lampu merah temp nya langsung naik sampai 2/3. Lebih baik thermostat diganti aja om kalo belum pernah ganti. Untuk ect sih di saya aman sampai dijual.
3. Buat coolant honda sih om better yang type 2 (ini spek bawaan coolant crv re) yang warna biru, usia pakai lebih lama juga. Kalo mau pake yang toyota mungkin ambil yang sllc 50/50 aja karena sesuai spek manual book nya crv re.
Ntar kalo dah ganti radiator om, rutin” ganti coolantnya aja om biar lebih awet. Oh ya boleh juga dicek selang” radiator dan waterpump buat jaga”.
ariswp wrote: Wed Sep 14, 2022 12:47
Selamat malam om,
Jadi gini, sudah semingguan ini crv re dirumah habis dipakai kayak ada bau coolant
Tapi masih saya cuekin aja, mungkin karena panas (pemakaian akhir2 ini sering macet2an), temperatur coolant juga normal (3 bar dibawah 1/2), tidak ada overheat dan kalo malem malah cenderung lebih turun bar nya
Tadi sore saya cek level coolant di reservoir, ternyata berkurang banyak, seinget saya top up coolant terakhir sebulanan lalu, dan gak pernah berkurang banyak, paling top up per 6 bulan hanya 150-200ml
Selama semingguan ini juga tidak ada tetesan coolant di garasi, hanya bau coolant saja ketika habis dipakai
Setelah saya teliti pakai senter, ternyata ada rembes di sepanjang dasaran uppertank, ternyata dari sini biangkeroknya, mungkin karena faktor usia sih, udah 14 tahun
Langkah yang mau saya ambil ganti radiator assy tapi pakai merk aftermarket koyorad
Yang mau saya tanyakan :
1. Merk koyorad recommended untuk aftermarket? Disini apa uda ada yg pernah pakai? Merk trivindo lebih murah tapi agak ragu aja
2. Dengan kondisi crv udah 14 tahun tapi selama ini tidak pernah ada kendala di sistem pendinginan, part lain apa aja yang sekalian diganti? Misal thermostat, sensor ect1 ect2, atau apa? Kalau radiator cap sudah ganti tahun lalu (original denso)
3. Selama ini pakai coolant honda type 1 hijau, terakhir kuras bulan mei kemaren, apa perlu sekalian kuras ganti merk coolant ya, misal toyota sllc/denso sllc yang 50/50
Asumsi saya honda type 1 30/70
Saya pernah baca kalo 50/50 lebih melindungi karet2 dan lebih "melumasi" tapi daya hantar panasnya tidak sebaik 30/70
Terima kasih
Saya sangat tertarik bales untuk point no 1.
Highly recommend koyorad. Mau yg full alu atau oem pun udah adem bener, walaupun koyorad oem ini kisi2 nya lebih jarang dibanding bawaan ya...
Kebalikan trivindo, saya jadi trust issue sama produk buatan mereka, bbrp case di mobil hyundai temp malah lebih tinggi suka naik...
Sekalian aja ganti om selang2, thermostat dan waterpump.. tapi pastiin seal2nya bersih ya pas masang..
Kalo coolant, cek manual book izinin paling sedikit konsentrat brp % beda mobil bisa beda kebutuhan, tapi 50/50 udah paling balance sih...
ariswp wrote: Wed Sep 14, 2022 12:47
Selamat malam om,
Jadi gini, sudah semingguan ini crv re dirumah habis dipakai kayak ada bau coolant
Tapi masih saya cuekin aja, mungkin karena panas (pemakaian akhir2 ini sering macet2an), temperatur coolant juga normal (3 bar dibawah 1/2), tidak ada overheat dan kalo malem malah cenderung lebih turun bar nya
Tadi sore saya cek level coolant di reservoir, ternyata berkurang banyak, seinget saya top up coolant terakhir sebulanan lalu, dan gak pernah berkurang banyak, paling top up per 6 bulan hanya 150-200ml
Selama semingguan ini juga tidak ada tetesan coolant di garasi, hanya bau coolant saja ketika habis dipakai
Setelah saya teliti pakai senter, ternyata ada rembes di sepanjang dasaran uppertank, ternyata dari sini biangkeroknya, mungkin karena faktor usia sih, udah 14 tahun
Langkah yang mau saya ambil ganti radiator assy tapi pakai merk aftermarket koyorad
Yang mau saya tanyakan :
1. Merk koyorad recommended untuk aftermarket? Disini apa uda ada yg pernah pakai? Merk trivindo lebih murah tapi agak ragu aja
2. Dengan kondisi crv udah 14 tahun tapi selama ini tidak pernah ada kendala di sistem pendinginan, part lain apa aja yang sekalian diganti? Misal thermostat, sensor ect1 ect2, atau apa? Kalau radiator cap sudah ganti tahun lalu (original denso)
3. Selama ini pakai coolant honda type 1 hijau, terakhir kuras bulan mei kemaren, apa perlu sekalian kuras ganti merk coolant ya, misal toyota sllc/denso sllc yang 50/50
Asumsi saya honda type 1 30/70
Saya pernah baca kalo 50/50 lebih melindungi karet2 dan lebih "melumasi" tapi daya hantar panasnya tidak sebaik 30/70
Terima kasih
Wah, radiator ori 14thn cuma rembes upper tank mah top banget om.
Saya 14thn 2 kali ganti mobil dah 3 kali ganti radiator krn upper tank: Yg 2 ori retak, 1 kw2 pecah.
Halo rekan2 SM dimari ada yg pernah pakai ini gak? Buat darurat, karena air radiator sering berkurang terus, bocor alusnya belum ketemu jdnya nubi sempet tuang ini di mobil mazdut 2 matic (DE) 2011 https://tokopedia.link/mRG4FIviotb
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Om mau tanya, sorry klo udah dibahas sblmnya, kira2 air radiator yg bagus buat honda hrv apa ya om? Skr saya pakai prestone botol merah, pas baca2 ktnya rada serem jg