Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
carvadrive wrote: Fri Oct 30, 2020 5:35
pakai oli apa om? dan "relatif baru" nya oli sdh jalan brp km?
hrsnya cuma rute segitu ga kenapa2 sih kecuali mungkin kl digeber mentok redline terus2an dr ujung ke ujung.
TGMO Om, blm ada 700 Km semenjak ganti oli. Kalo mobil nya jarak tempuh nya memang udh agak tinggi, lebih dari 180rb Km.
Mgkn emg udh waktunya
feeling saya...kalo metal rusak karena usia..mgkn ga sampe stall..ini lebih mirip oli ga bisa sirkulasi
ntah krn mampet atau kehabisan oli apalg sebelumnya bs lari 150km/h
feeling saya sih ini kasus "starving of lubricant".
makin kenceng mobil maka makin kenceng muter itu crank-shaft. maka olinya juga harusnya makin kenceng masuk ke celah celah gap antar metal parts.
nah, saat digeber 150 kmpj itu, entar krn sludge atau dll - maka olinya tidak melumasi dengan baik semua permukaan yg saling bergesekan.
maka dari itu terjadi friksi tanpa oli yg memadai,,
oli kelihatannya masih bisa bersirkulasi, tp tidak memadai..
makanya kena metal-nya.
[/quote]
setuju om....itu TS-nya udh balas lampu indikator oli nyala..
kalo saya sih utk turmes mending ke bengkel non beres dah...menurut saya lebih jago
TGMO Om, blm ada 700 Km semenjak ganti oli. Kalo mobil nya jarak tempuh nya memang udh agak tinggi, lebih dari 180rb Km.
Mgkn emg udh waktunya
feeling saya...kalo metal rusak karena usia..mgkn ga sampe stall..ini lebih mirip oli ga bisa sirkulasi
ntah krn mampet atau kehabisan oli apalg sebelumnya bs lari 150km/h
feeling saya sih ini kasus "starving of lubricant".
makin kenceng mobil maka makin kenceng muter itu crank-shaft. maka olinya juga harusnya makin kenceng masuk ke celah celah gap antar metal parts.
nah, saat digeber 150 kmpj itu, entar krn sludge atau dll - maka olinya tidak melumasi dengan baik semua permukaan yg saling bergesekan.
maka dari itu terjadi friksi tanpa oli yg memadai,,
oli kelihatannya masih bisa bersirkulasi, tp tidak memadai..
makanya kena metal-nya.
setuju om....itu TS-nya udh balas lampu indikator oli nyala..
kalo saya sih utk turmes mending ke bengkel non beres dah...menurut saya lebih jago
[/quote]
Mesin 2AZ-FE itu lemah di as balance, gejalanya mesin bergetar saat gas di putaran RPM tinggi.
Penyebabnya as balance yang tidak balance, biasanya karena telat ganti oli, kualitas oli jelek atau aditif oli yang gak jelas.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Saya dan keluarga baru aja ngalamin, pake alphard yg ban dan olinya relatif baru. Mobil dipake jalan2 ke Blitar dari Jakarta, nginep di Blitar, dan pulangnya mampir muter2 di Jakarta. Pulang ke Jakarta, tiba2 di KM 290 sebelum exit tol Tegal, mesin tiba2 stall. Di derek dan cek di Nasmoco Tegal, menurut ternyata metal nya sdh kena.
Padahal di jalan hampir ngga kerasa apa2 sebelumnya, mesin pun masih sanggup lari smooth sampe 150 km/h.
Oli nya yakin ASLI ?
Filter oli gak pernah pake Kw en selalu ganti saat ganti oli ?
- Jkt - Solo non stop (cuman setop di rest area)
- Semarang - Tawangmangu - Madiun - Cirebon
- Salatiga - Cirebon
- Solo - Pacitan (liat2 pantai) - Kaliurang
Never problemo
Kalo di Tol......sikaatttt (Long cruise rata2 EGT dijaga 300 - 350 C), kalo nyusul baru bejek.....EGT sampe 400 - 450 C
So far so good
oli antara Semi Syn - Full Syn.....PTT / Schaeffer / Q8 (yg semi syn cuman Seffer 15w40)
sepertinya ini karena efek jangka panjang maintenance yg tdk proper spt kena oli palsu atau telat ganti. tapi lumayan jg ya kl sampai lewat 180k km sih.
carvadrive wrote: Fri Oct 30, 2020 2:50
Izin sharing.
Saya dan keluarga baru aja ngalamin, pake alphard yg ban dan olinya relatif baru. Mobil dipake jalan2 ke Blitar dari Jakarta, nginep di Blitar, dan pulangnya mampir muter2 di Jakarta. Pulang ke Jakarta, tiba2 di KM 290 sebelum exit tol Tegal, mesin tiba2 stall. Di derek dan cek di Nasmoco Tegal, menurut ternyata metal nya sdh kena.
Padahal di jalan hampir ngga kerasa apa2 sebelumnya, mesin pun masih sanggup lari smooth sampe 150 km/h.
saya belum pernah nemu metal rusak bikin mesin stall.
yang sudah-sudah, mesin tetap menyala normal hanya saja suara logam beradu sangat keras yang jelas terdengar dan sangat menakutkan.
penyebab mesin stall biasanya karena piston memuai.
carvadrive wrote: Fri Oct 30, 2020 2:50
Izin sharing.
Saya dan keluarga baru aja ngalamin, pake alphard yg ban dan olinya relatif baru. Mobil dipake jalan2 ke Blitar dari Jakarta, nginep di Blitar, dan pulangnya mampir muter2 di Jakarta. Pulang ke Jakarta, tiba2 di KM 290 sebelum exit tol Tegal, mesin tiba2 stall. Di derek dan cek di Nasmoco Tegal, menurut ternyata metal nya sdh kena.
Padahal di jalan hampir ngga kerasa apa2 sebelumnya, mesin pun masih sanggup lari smooth sampe 150 km/h.
saya belum pernah nemu metal rusak bikin mesin stall.
yang sudah-sudah, mesin tetap menyala normal hanya saja suara logam beradu sangat keras yang jelas terdengar dan sangat menakutkan.
penyebab mesin stall biasanya karena piston memuai.
kl di saya malah pernah mbah
kes nya di VW golf mak 5 temen saya di aussie.. mesin ud full sludge ampe skali nya ngejim d highway, sehari sblom nya mesin ud sempet kluar suara tek tek tek kl di gas. Tunggu seharian baru mesin nya ga ngejim dan dibsa di crank.. Bawa ke bengkel di cek sana sini, akhirnya di vonis metal duduk ama jalan yg kena malah, trus strainer oli mampet.
akhirnya work report nya bengkel cuman bersihin oil pan, strainer, ganti oli ama filter ama buka enjin head cover bersihin (doi ogah kl ampe turun mesin katnaya, mending di scrap aj mobil nya skalian).. anehnya mesin nya nyala lgs, tek2 jg ilang..
feeling saya...kalo metal rusak karena usia..mgkn ga sampe stall..ini lebih mirip oli ga bisa sirkulasi
ntah krn mampet atau kehabisan oli apalg sebelumnya bs lari 150km/h
feeling saya sih ini kasus "starving of lubricant".
makin kenceng mobil maka makin kenceng muter itu crank-shaft. maka olinya juga harusnya makin kenceng masuk ke celah celah gap antar metal parts.
nah, saat digeber 150 kmpj itu, entar krn sludge atau dll - maka olinya tidak melumasi dengan baik semua permukaan yg saling bergesekan.
maka dari itu terjadi friksi tanpa oli yg memadai,,
oli kelihatannya masih bisa bersirkulasi, tp tidak memadai..
makanya kena metal-nya.
setuju om....itu TS-nya udh balas lampu indikator oli nyala..
kalo saya sih utk turmes mending ke bengkel non beres dah...menurut saya lebih jago
Mesin 2AZ-FE itu lemah di as balance, gejalanya mesin bergetar saat gas di putaran RPM tinggi.
Penyebabnya as balance yang tidak balance, biasanya karena telat ganti oli, kualitas oli jelek atau aditif oli yang gak jelas.
[/quote]
halo oom @Or4cle saya mau tanya...
ini Alphard oom TS mesin 2AZ-FE itu setara dengan mesin Camry XV40 atau XV30 ya ?
feeling saya sih ini kasus "starving of lubricant".
makin kenceng mobil maka makin kenceng muter itu crank-shaft. maka olinya juga harusnya makin kenceng masuk ke celah celah gap antar metal parts.
nah, saat digeber 150 kmpj itu, entar krn sludge atau dll - maka olinya tidak melumasi dengan baik semua permukaan yg saling bergesekan.
maka dari itu terjadi friksi tanpa oli yg memadai,,
oli kelihatannya masih bisa bersirkulasi, tp tidak memadai..
makanya kena metal-nya.
setuju om....itu TS-nya udh balas lampu indikator oli nyala..
kalo saya sih utk turmes mending ke bengkel non beres dah...menurut saya lebih jago
Mesin 2AZ-FE itu lemah di as balance, gejalanya mesin bergetar saat gas di putaran RPM tinggi.
Penyebabnya as balance yang tidak balance, biasanya karena telat ganti oli, kualitas oli jelek atau aditif oli yang gak jelas.
halo oom @Or4cle saya mau tanya...
ini Alphard oom TS mesin 2AZ-FE itu setara dengan mesin Camry XV40 atau XV30 ya ?
[/quote]
Mesin 2AZ-FE dipakai di Camry XV30 dan XV40, kalau Camry XV50 pakai 2AR-FE. Alphard / Previa / Estima juga sharing platform mesin yg sama.
ginting wrote: Fri Oct 30, 2020 12:39
halo oom @Or4cle saya mau tanya...
ini Alphard oom TS mesin 2AZ-FE itu setara dengan mesin Camry XV40 atau XV30 ya ?
bantu jawab ya Om Ginting,
kl alphard yg ini pakai 2AZ 2.4L sama dgn camry XV40
carvadrive wrote: Fri Oct 30, 2020 2:50
Izin sharing.
Saya dan keluarga baru aja ngalamin, pake alphard yg ban dan olinya relatif baru. Mobil dipake jalan2 ke Blitar dari Jakarta, nginep di Blitar, dan pulangnya mampir muter2 di Jakarta. Pulang ke Jakarta, tiba2 di KM 290 sebelum exit tol Tegal, mesin tiba2 stall. Di derek dan cek di Nasmoco Tegal, menurut ternyata metal nya sdh kena.
Padahal di jalan hampir ngga kerasa apa2 sebelumnya, mesin pun masih sanggup lari smooth sampe 150 km/h.
saya belum pernah nemu metal rusak bikin mesin stall.
yang sudah-sudah, mesin tetap menyala normal hanya saja suara logam beradu sangat keras yang jelas terdengar dan sangat menakutkan.
penyebab mesin stall biasanya karena piston memuai.
kl di saya malah pernah mbah
kes nya di VW golf mak 5 temen saya di aussie.. mesin ud full sludge ampe skali nya ngejim d highway, sehari sblom nya mesin ud sempet kluar suara tek tek tek kl di gas. Tunggu seharian baru mesin nya ga ngejim dan dibsa di crank.. Bawa ke bengkel di cek sana sini, akhirnya di vonis metal duduk ama jalan yg kena malah, trus strainer oli mampet.
akhirnya work report nya bengkel cuman bersihin oil pan, strainer, ganti oli ama filter ama buka enjin head cover bersihin (doi ogah kl ampe turun mesin katnaya, mending di scrap aj mobil nya skalian).. anehnya mesin nya nyala lgs, tek2 jg ilang..
Ngejim karena metal duduk & metal jalan di kruk as sangat mungkin terjadi. Piston dan connecting rod semuanya kan bermuara ke situ.
Sebenarnya kalau ngejim di sektor ini bisa dibilang bencana katastropik dlm otomotif, setara dengan kerusakan di transmisi.
Wajar aja teman om Klep mau di scrap mobilnya, lha wong labor cost di sana mihul apalagi buat full overhaul.
ginting wrote: Fri Oct 30, 2020 12:39
halo oom @Or4cle saya mau tanya...
ini Alphard oom TS mesin 2AZ-FE itu setara dengan mesin Camry XV40 atau XV30 ya ?
bantu jawab ya Om Ginting,
kl alphard yg ini pakai 2AZ 2.4L sama dgn camry XV40
kl yg ini pakai 2AR 2.5L sama dgn camry XV50
apakah kerusakan seperti itu cukup banyak di mesin 2AZ, oom ?
secara sy juga tertarik ama Camry XV40...
Jpkusumo wrote: Fri Oct 30, 2020 15:45
Nah kalau bannya gimana?
Terutama kalau tol beton dan kondisi panas
so far saya coba dari toll Probolinggo Timur sampai Toll Pondok Aren, Bintaro...aman aman saja, oom..
kan yg penting jangan melebihi speed rating tertera di ban mobil.
ginting wrote: Fri Oct 30, 2020 15:08
apakah kerusakan seperti itu cukup banyak di mesin 2AZ, oom ?
secara sy juga tertarik ama Camry XV40...
kl sludge di inet belum ada report spt MZ engine di XV30 sih mbah. tapi 2AZ di mamarika ada TSB ttg excessive oil consumption krn ring piston sdh aus di odo 100k Miles ke atas. ada juga report ttg timing chain dan vvti actuator problem. nah tp itu kan di mamarika yg engine nya diproduksi disana. sptnya sampai component level bukan japan sourced, cmiiw. jd mungkin aja disini ga begitu krn yg disini kan japan/asian sourced components.
kl om mau beli, saran sy cari yg ex one owner dan maintenance recordnya bukan hanya bagus tp juga olinya pakai apa, gantinya brp lama. jangan sampai dapat yg rutin service sesuai bukman 10k km tapi olinya semi syn. krn pemilik begini merasa sdh sesuai jadwal service bukman tapi olinya ga tahan utk OCI 10k km + macet. apalagi kl yg pakai driver (atau bahkan mobil kantor) dan ownernya bukan maintenance enthusiast. sebab menurut sy selama olinya bagus (syukur kl dpt yg pakai kelas keraton), interval gantinya ga sampai kaya org pelit ga mau rugi, dan bensinnya kelas pertamax up rasanya sih mobilnya bagus. apalagi kl simpennya di garasi tertutup, bukannya apa2, kabel2 bebas dr gigitan tikus.
hoki2an sih mbah, kl terlalu mau perfect malah ga dapet2 juga nanti huntingnya.
ginting wrote: Fri Oct 30, 2020 15:08
apakah kerusakan seperti itu cukup banyak di mesin 2AZ, oom ?
secara sy juga tertarik ama Camry XV40...
kl sludge di inet belum ada report spt MZ engine di XV30 sih mbah. tapi 2AZ di mamarika ada TSB ttg excessive oil consumption krn ring piston sdh aus di odo 100k Miles ke atas. ada juga report ttg timing chain dan vvti actuator problem. nah tp itu kan di mamarika yg engine nya diproduksi disana. sptnya sampai component level bukan japan sourced, cmiiw. jd mungkin aja disini ga begitu krn yg disini kan japan/asian sourced components.
kl om mau beli, saran sy cari yg ex one owner dan maintenance recordnya bukan hanya bagus tp juga olinya pakai apa, gantinya brp lama. jangan sampai dapat yg rutin service sesuai bukman 10k km tapi olinya semi syn. krn pemilik begini merasa sdh sesuai jadwal service bukman tapi olinya ga tahan utk OCI 10k km + macet. apalagi kl yg pakai driver (atau bahkan mobil kantor) dan ownernya bukan maintenance enthusiast. sebab menurut sy selama olinya bagus (syukur kl dpt yg pakai kelas keraton), interval gantinya ga sampai kaya org pelit ga mau rugi, dan bensinnya kelas pertamax up rasanya sih mobilnya bagus. apalagi kl simpennya di garasi tertutup, bukannya apa2, kabel2 bebas dr gigitan tikus.
hoki2an sih mbah, kl terlalu mau perfect malah ga dapet2 juga nanti huntingnya.
ginting wrote: Fri Oct 30, 2020 15:08
apakah kerusakan seperti itu cukup banyak di mesin 2AZ, oom ?
secara sy juga tertarik ama Camry XV40...
kl sludge di inet belum ada report spt MZ engine di XV30 sih mbah. tapi 2AZ di mamarika ada TSB ttg excessive oil consumption krn ring piston sdh aus di odo 100k Miles ke atas. ada juga report ttg timing chain dan vvti actuator problem. nah tp itu kan di mamarika yg engine nya diproduksi disana. sptnya sampai component level bukan japan sourced, cmiiw. jd mungkin aja disini ga begitu krn yg disini kan japan/asian sourced components.
kl om mau beli, saran sy cari yg ex one owner dan maintenance recordnya bukan hanya bagus tp juga olinya pakai apa, gantinya brp lama. jangan sampai dapat yg rutin service sesuai bukman 10k km tapi olinya semi syn. krn pemilik begini merasa sdh sesuai jadwal service bukman tapi olinya ga tahan utk OCI 10k km + macet. apalagi kl yg pakai driver (atau bahkan mobil kantor) dan ownernya bukan maintenance enthusiast. sebab menurut sy selama olinya bagus (syukur kl dpt yg pakai kelas keraton), interval gantinya ga sampai kaya org pelit ga mau rugi, dan bensinnya kelas pertamax up rasanya sih mobilnya bagus. apalagi kl simpennya di garasi tertutup, bukannya apa2, kabel2 bebas dr gigitan tikus.
hoki2an sih mbah, kl terlalu mau perfect malah ga dapet2 juga nanti huntingnya.