Nah ini yg sering bikin konsumen galau, mending ambil Daihatsu tampang lebih enak diliat apa ambil Toyotanya yg fitur lebih lengkap tapi lebih aneh designnya...akbarfit wrote: Mon Feb 19, 2018 13:34 -skip-
Saya ingat betul namanya Terios TX Adventure first facelift, itu bodykitnya bagus banget . wajah ayla dan sigra saat ini, lebih bagus dan in-flow daripada Toyotanya.
Jadi kompensasinya disitu. Andai saya bisa dan baru mampu beli Toyota-Daihatsu... Yakin saya akan langsung ajak orang utk swap exterior design top trim mereka dengan top trim punya saya. . .
Saya butuh top spec amenities toyota, tapi saya butuh style milik daihatsu. Some how fits my taste.
All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- SM Moderator
- Posts: 307
- Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Ya itulah, by design mechanical sebuah mobil gak akan mampu melewati suatu batasan.. Unless ada technological advancement yang bisa bikin harganya melambung atau maintenancenya tidak semudah yang tadi. Efeknya UUD.
Ingat sigra calya, top trim selisih harga termahal hanya beda 5jt dengan beda cukup dikit? Ya gitulah toyo-dai. U ambil amenities, atau ambil style.
Ingat sigra calya, top trim selisih harga termahal hanya beda 5jt dengan beda cukup dikit? Ya gitulah toyo-dai. U ambil amenities, atau ambil style.
DoctorJDM
Human that can humanize human is the best human.
Human that can humanize human is the best human.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Bener banget, saya paling gak mentingin konsumsi bbm.. Nyetir sesuka hati aja, tancep gas sesuka hati. Gak perlu dah sekolah sekolahin kaki. Apalagi sampe kumloun.wakaka.tapi semua biaya bbm dan service selalu dicatet di aplikasi.iwidiyanto wrote: Mon Feb 19, 2018 13:54boros dong apanjah sy, 1300cc, diisi pertamax terus cuman dapat 11km per liter.. tapi gapapa, punya mobil emang harus dinikmati... cape melototin rpm mulu wkwkwk. akur om?akbarfit wrote: Mon Feb 19, 2018 13:34 Saya dah ga mau lagi omong soal FC...
Karena saya punya patokan...
3.0 up <6km/l
2.0up <8km/l
1.5up <10km/l
1.0up <12-13km/l
Makanya innova 2kd ane konsumsi bbm nya cuman 9.xx.
Sekarang isinya dex terus. Dulu waktu pake biosolar ya segitu2 juga konsumsi nya 9.xx.
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
practically true... secara praktis ane setuju...akbarfit wrote: Mon Feb 19, 2018 13:34 Saya dah ga mau lagi omong soal FC...
Karena saya punya patokan...
3.0 up <6km/l
2.0up <8km/l
1.5up <10km/l
1.0up <12-13km/l
Udah rumus mutlak Dalkot. Jadi avanza dalkot dapet 10km/l dah wajar.
Kalo lebih irit ya itu bonusan...
Kalo lebih boros ya wajar...
Mau adu FC pake MID? Ah rugi.... Dihitung2 totalnya sama saja... Lain cerita kalo lukot.
Irit boros itu hitungnya dari kapasitas dan timing muncratnya bensin dari sebuah injector. Lu mau itung dari situ? Ga sampe ati broo hahahha... Mending mikir mau jalan kemana kita turing hepi-hepi nikamti suasana dan lagu dalam perjalanan.
Jadi... Mau jalan 100km pake mobil 2.5L ya siapin bensin minimal 100÷8
Kira-kira 100ribu rupiah Pertalite (+-12Liter)
Mau jalan pake mobil 1.2L 200km, ya kira2 100ribu pertalite (+-12L) cukup lah.. Contoh PP Soerabaia-Malang
Jadi... Saya mudahnya gitu aja sih.... Seirit-iritnya mobil, larinya segitu-segitu aja. Bensinnya segitu-segitu aja.
Kata teman saya, dan saya akui benar bila mau deep thinking :
"Nduwe mobil X sik abot mikir bensin yo berarti rung wayahe. Mudun kelas o."
Silahkan isi X dengan mobil anda atau mobil impian anda..
Artinya... Ya kalo punya mobil kok masih mikir dan berat soal bensin, ya berarti emang belum waktunya... Turun kelas lah.. Cari yang lebih fit in dengan dompet. Soalnya begitu dipikir lebih lanjut... Hal begini akan berujung di oprek-oprek dan cari alternatif murah pada maintenance. Ini terbukti di banyak mobil mahal yg menjadi murah... Lalu semakin lama semakin banyak yang busuk. Karena mampu untuk membeli dan punya tapi gak mampu untuk mempertahankan dan merawat.
End of discussion.
tapi klo dibalik, semua kecanggihan mekanikal yang dikasih sama suatu pabrikan tujuannya apa sih ?
IMHO, betul nyetir mobil tp kok masih mikir bensin tu agak kebangetan... tapi coba dibalik, definisi dari efficiency itu apa ? Bukan bikin mobil seirit-iritnya (yang bikin ane kesel juga klo ada tukang review sok tau yang bilang mobil skrg buat efisien makanya lambat)... tapi how much energy used dibanding berapa besar kerja yang dihasilkan.
Bwat ane sebagai tech-geek sebuah mobil, ketika mobil itu cuma bisa irit tapi nggak lari, ya itu nggak efisien.
Sebaliknya, klo mobil itu harus diborosin dulu baru bisa lari, itu juga nggak efisien. Too much effort buat menghasilkan suatu kerja.
Jujur, ane ngukur konsumsi BBM bukan karna ane pelit... karena sebenernya alasan ilmiah... pengen tau seberapa besar technology has improved... seberapa efisien sih mesin yang tertanam di mobil ini... seberapa baik sih transmisi menyalurkan tenaga... seberapa besar sih efek power to weight ratio... kasarannya... FC speaks much kalo bicara efficiency... somehow ngeliat kemampuan mobil ane mengolah bahan bakar itu jadi suatu hiburan tersendiri...
Istilahnya klo Evo tuned sampai 400 hp bisa bensinnya 1:4 ya ane rela-rela aja krn kencang... tapi klo seandainya nih, toyota agya yang lcgc cuma sanggup 1:8 ya ngapain dong, mending sekalian kasih mesin gede jadiin hothatch, yegak?

hanya perumpamaan aja, untungnya toyota agya masih sanggup 1:12 dalem kota

klo pengen irit... percayalah... selama di jalan sopan sih rasanya ya irit-irit aja... kaki gak perlu sekolah sampe S3 cumlaude...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Fri Dec 01, 2017 18:21
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Om, hitungan di atas gak berlaku untuk 2 mobil yang pernah saya punya. Daihatsu Taft GT dan Isuzu Panther. Mesin sama-sama diesel, cc mesin sama tetapi lebih irit Isuzu Panther. Minum sama-sama solbus karena beli dari baru di zamannya cuma ada solbus. Waktu itu belum ada mid jadi pakai feeling saja hehe. Menurut rekan-rekan sm kenapa bisa beda fcnya?akbarfit wrote:Saya dah ga mau lagi omong soal FC...
Karena saya punya patokan...
3.0 up <6km/l
2.0up <8km/l
1.5up <10km/l
1.0up <12-13km/l
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Banyak variabel sih om, mudahnya sih coba hitung power to weight ratio aja. Kan asumsinya udah ada CC sama, minum BBM-nya sama. Lebih tinggi power to weight ratio harusnya yang lebih irit (dalam kasus om si panther lebih irit). CMIIWadnanrio wrote: Mon Feb 19, 2018 18:01 Om, hitungan di atas gak berlaku untuk 2 mobil yang pernah saya punya. Daihatsu Taft GT dan Isuzu Panther. Mesin sama-sama diesel, cc mesin sama tetapi lebih irit Isuzu Panther. Minum sama-sama solbus karena beli dari baru di zamannya cuma ada solbus. Waktu itu belum ada mid jadi pakai feeling saja hehe. Menurut rekan-rekan sm kenapa bisa beda fcnya?
Tapi kalau ternyata si Isuzu panther malah sebenernya power to weight-nya lebih rendah, ya banyak lagi faktornya seperti body aerodynamic (kalau saking penasarannya, bawa aja ke LAGG Serpong om tes aerodynamic di windtunnel mereka hahahaha.....this is serious lho, rasanya windtunnel mereka muat sih 1 mobil), material2 mesin yang digunakan (internal engine friction-nya), dsb.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Skrg di tol banyak yg jalan pelan di kanan mayoritas mbl2 LCGC dan LMPV mgkn mereka lagi membuat prestasi seirit apa mbl mereka buat bahan diskusi di forum.iwidiyanto wrote: Mon Feb 19, 2018 13:54boros dong apanjah sy, 1300cc, diisi pertamax terus cuman dapat 11km per liter.. tapi gapapa, punya mobil emang harus dinikmati... cape melototin rpm mulu wkwkwk. akur om?akbarfit wrote: Mon Feb 19, 2018 13:34 Saya dah ga mau lagi omong soal FC...
Karena saya punya patokan...
3.0 up <6km/l
2.0up <8km/l
1.5up <10km/l
1.0up <12-13km/l
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Tue Feb 21, 2017 3:56
- Location: Jakarta
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Bukan om, itu buat ngetes kita, seberapa berani nyalip dari kirimarama wrote: Tue Feb 20, 2018 2:31Skrg di tol banyak yg jalan pelan di kanan mayoritas mbl2 LCGC dan LMPV mgkn mereka lagi membuat prestasi seirit apa mbl mereka buat bahan diskusi di forum.iwidiyanto wrote: Mon Feb 19, 2018 13:54boros dong apanjah sy, 1300cc, diisi pertamax terus cuman dapat 11km per liter.. tapi gapapa, punya mobil emang harus dinikmati... cape melototin rpm mulu wkwkwk. akur om?akbarfit wrote: Mon Feb 19, 2018 13:34 Saya dah ga mau lagi omong soal FC...
Karena saya punya patokan...
3.0 up <6km/l
2.0up <8km/l
1.5up <10km/l
1.0up <12-13km/l

"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
Colin McRae
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Hahahaha...marama wrote: Tue Feb 20, 2018 2:31Skrg di tol banyak yg jalan pelan di kanan mayoritas mbl2 LCGC dan LMPV mgkn mereka lagi membuat prestasi seirit apa mbl mereka buat bahan diskusi di forum.iwidiyanto wrote: Mon Feb 19, 2018 13:54boros dong apanjah sy, 1300cc, diisi pertamax terus cuman dapat 11km per liter.. tapi gapapa, punya mobil emang harus dinikmati... cape melototin rpm mulu wkwkwk. akur om?akbarfit wrote: Mon Feb 19, 2018 13:34 Saya dah ga mau lagi omong soal FC...
Karena saya punya patokan...
3.0 up <6km/l
2.0up <8km/l
1.5up <10km/l
1.0up <12-13km/l
Tapi cc kadang gak bisa jadi patokan mobil bakal boros atau tidak, tapi tergantung dengan efisiensi teknologi mesinnya (jangan bahas dual pipitiai lagi ya)
Banyak mobil cc kecil yg lebih boros daripada mobil yg cc besar, begitu pula sebaliknya.
Tapi kalo mesin sama, tunningan mesinnya sama, dan dipasang di mobil yg bobotnya lebih besar, mustahil bakal bisa ngalahin fc mobil yg bobotnya lebih ringan dengan mesin yg sama.
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Mungkin diantara lanehogger2 itu, ada salah satu user disini.. yg kakiny udah s3 cumloun sodok sodok mantap.tremonti wrote: Tue Feb 20, 2018 2:39Bukan om, itu buat ngetes kita, seberapa berani nyalip dari kirimarama wrote: Tue Feb 20, 2018 2:31Skrg di tol banyak yg jalan pelan di kanan mayoritas mbl2 LCGC dan LMPV mgkn mereka lagi membuat prestasi seirit apa mbl mereka buat bahan diskusi di forum.iwidiyanto wrote: Mon Feb 19, 2018 13:54
boros dong apanjah sy, 1300cc, diisi pertamax terus cuman dapat 11km per liter.. tapi gapapa, punya mobil emang harus dinikmati... cape melototin rpm mulu wkwkwk. akur om?![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
1308cc bensin ane yang dulu cuma 1:5, terus minimal harus 95 pula.


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Bau2nya engine rotary nih seperti di profpicsintoni wrote: Tue Feb 20, 2018 3:08 1308cc bensin ane yang dulu cuma 1:5, terus minimal harus 95 pula.
![]()



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
tolong dikalikan 1,6 om..... dikalikan 1,6 yaaaaaaa om ganteeeng....sintoni wrote: Tue Feb 20, 2018 3:08 1308cc bensin ane yang dulu cuma 1:5, terus minimal harus 95 pula.
![]()

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 77
- Joined: Sat Jan 13, 2018 16:16
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Terios
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
setting ECU ga dipikirin gan? itu pengaruh bgt lohRundeer wrote: Tue Feb 20, 2018 2:45Hahahaha...marama wrote: Tue Feb 20, 2018 2:31Skrg di tol banyak yg jalan pelan di kanan mayoritas mbl2 LCGC dan LMPV mgkn mereka lagi membuat prestasi seirit apa mbl mereka buat bahan diskusi di forum.iwidiyanto wrote: Mon Feb 19, 2018 13:54
boros dong apanjah sy, 1300cc, diisi pertamax terus cuman dapat 11km per liter.. tapi gapapa, punya mobil emang harus dinikmati... cape melototin rpm mulu wkwkwk. akur om?
Tapi cc kadang gak bisa jadi patokan mobil bakal boros atau tidak, tapi tergantung dengan efisiensi teknologi mesinnya (jangan bahas dual pipitiai lagi ya)
Banyak mobil cc kecil yg lebih boros daripada mobil yg cc besar, begitu pula sebaliknya.
Tapi kalo mesin sama, tunningan mesinnya sama, dan dipasang di mobil yg bobotnya lebih besar, mustahil bakal bisa ngalahin fc mobil yg bobotnya lebih ringan dengan mesin yg sama.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Itu om momod yang saya bold, biasanya kalau orang bilang tuning2 maksudnya ya ECU setting. Asumsi ECU setting ga diutak atik, ga ada remap.momodgalakk wrote: Tue Feb 20, 2018 3:35setting ECU ga dipikirin gan? itu pengaruh bgt lohRundeer wrote: Tue Feb 20, 2018 2:45Hahahaha...marama wrote: Tue Feb 20, 2018 2:31
Skrg di tol banyak yg jalan pelan di kanan mayoritas mbl2 LCGC dan LMPV mgkn mereka lagi membuat prestasi seirit apa mbl mereka buat bahan diskusi di forum.
Tapi cc kadang gak bisa jadi patokan mobil bakal boros atau tidak, tapi tergantung dengan efisiensi teknologi mesinnya (jangan bahas dual pipitiai lagi ya)
Banyak mobil cc kecil yg lebih boros daripada mobil yg cc besar, begitu pula sebaliknya.
Tapi kalo mesin sama, tunningan mesinnya sama, dan dipasang di mobil yg bobotnya lebih besar, mustahil bakal bisa ngalahin fc mobil yg bobotnya lebih ringan dengan mesin yg sama.
edited: Termasuk ECU setting maksudnya

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sun Feb 18, 2018 3:25
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Setuju banget gan, kondisi jalan sehari2 yg berpengaruh besar...itu yg ane posting pake ant r at bisa 1:17 karena di tol kondisi lancar, speed di 80, rpm 2000...begitu kembali ke kondisi sehari2 di jalan sekitar rumah yg kecil dan padat ya kembali ke 1:7-1:9 gan...dan karena sehari2 cuma utk anter jemput anak sekitaran rumah and kaga pernah nyampe tol jadilah fc ant ane di 1:7-1:9 itu...hehehe. Kalo mau irit ya sesuai mobil dng kondisi jalan sehari2, contohnya ane mungkin cocoknya pake lgcc. Tp krn fun to drivenya pake ant ya udah nikmatin ajaChZ wrote: Mon Feb 19, 2018 4:12ini mah dual pipitiai yang lain...808BB wrote: Mon Feb 19, 2018 2:26 Ini mobil saya dual pipitai tapi paling irit cuma segini
Padahal kaki saya sudah S3
Berati ANR lebih bagus dari mobil saya
Waduh kena semprot saya masih bahas FC
![]()
cc nya aja 2x lipet lebih
AWD pulak
![]()
tapi sebenernya gua setuju sama si yutuber kamisukaturbo... soal FC itu gak bisa dibandingin secara langsung kalo kondisi nya total berbeda...
sebagai contoh... ane pernah berdebat sama user CR-V 2.4 di salah satu kota karena ngeluh cuma dapet 5-6 km/l, sementara ane di dalem kota bisa dapet 7 sampe 8... sementara om brago (AD74YA) malah bisa dapet nyaris 9 km/l... doi pernah screenshot MID CR-V nya.
setelah ane pikir-pikir pointless dan gak ada ujungnya mau diajarin eco driving sampe S3 kalo jalanan sehari-hari aja udah beda...
X-Trail ane cuma dapet 7 km/l, tapi klo ada user yang bisa dapet 10 km/l ya wajar saja mungkin rutenya berbeda...
ini case mobil sama-sama dirawat dan sama-sama baru ya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02

Tanya aja om possvet yg pake v8 dan v10 6.2L
Bisa tuh minyaknya 1:16 1:17
Masak kalah irit sama v10

Tapi jalannya di trans america
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Yeeeeee masih belum mope on yeeeeeeeeeeesintoni wrote: Tue Feb 20, 2018 3:08 1308cc bensin ane yang dulu cuma 1:5, terus minimal harus 95 pula.
![]()

There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
wow..om momod udah merambah ke setting ecu ..heheheh.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Tue Mar 29, 2016 5:50
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Dual pipitiay di mobil sy 1329cc AT metode full to full dapet 12,22 km/l, di mid sekitar 11,sekian (kecil) lupa, gak pernah reset mid, karena belum tau,,haha, saat isi full km masih 318
,,macet 50%, luar kota 50% laah, ban standar, tekanan angin sesuai yg ada di pintu mobil, gak pernah bejek, ngegas diurut (gak suka kickdown) speed saat di toll average 100km/jam sesekali tembus 115km/jam (rpm 3500)
Besok mau isi bensin full lagi, sepertinya lebih irit, nanti di share

Besok mau isi bensin full lagi, sepertinya lebih irit, nanti di share
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
jadi yang dipost sama si momodsableng itu punya sampeyan mas?Myrc2203 wrote: Tue Feb 20, 2018 3:54
Setuju banget gan, kondisi jalan sehari2 yg berpengaruh besar...itu yg ane posting pake ant r at bisa 1:17 karena di tol kondisi lancar, speed di 80, rpm 2000...begitu kembali ke kondisi sehari2 di jalan sekitar rumah yg kecil dan padat ya kembali ke 1:7-1:9 gan...dan karena sehari2 cuma utk anter jemput anak sekitaran rumah and kaga pernah nyampe tol jadilah fc ant ane di 1:7-1:9 itu...hehehe. Kalo mau irit ya sesuai mobil dng kondisi jalan sehari2, contohnya ane mungkin cocoknya pake lgcc. Tp krn fun to drivenya pake ant ya udah nikmatin aja


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
kemarin iseng nyoba italian tune up setelah reset MID, sampai rpm 6500 dapat speed cuma 145 kpj. maklum jalanan gak mendukung. Liat MID....damn cuma 1:8
padahal kan livina terkenal irit. Tapi siap tuh tarikan agak enteng, gak perlu tekan gas dalam udah ngibrit


-
- SM Moderator
- Posts: 307
- Joined: Fri Jul 02, 2010 15:23
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
Oh uya maaf saya omong bensin, diesel punya hitungan sendiri.adnanrio wrote: Mon Feb 19, 2018 18:01Om, hitungan di atas gak berlaku untuk 2 mobil yang pernah saya punya. Daihatsu Taft GT dan Isuzu Panther. Mesin sama-sama diesel, cc mesin sama tetapi lebih irit Isuzu Panther. Minum sama-sama solbus karena beli dari baru di zamannya cuma ada solbus. Waktu itu belum ada mid jadi pakai feeling saja hehe. Menurut rekan-rekan sm kenapa bisa beda fcnya?akbarfit wrote:Saya dah ga mau lagi omong soal FC...
Karena saya punya patokan...
3.0 up <6km/l
2.0up <8km/l
1.5up <10km/l
1.0up <12-13km/l
Tapi Taft 2800cc dengan rasio gear lebih berat drpd Panther.. Dua poin ini saja sudah menjelaskan why is that why is this.
Mudahnya gini, Injector panther speknya berapa cc, Injector taft berapa cc... Eh salah ini cara paling susah sih... Jadi nanti settingan mesin dan bensin nyemprotnya banyak mana...
Problemnya.... Taft itu rasio gear saya yakin lebih crawling drpd panther... Makanya boros... Ibarat kata.... Bila semua parameter tersamakan kecuali RPM.... Akan menyebabkan bensinnya lebih banyak...
Contoh :
Taft 100kmh 3500rpm
Panther 100kmh 3000rpm.
Jelas pasti 3500 putaran vs 3000putaran apabila 1 putaran menggunakan 1 unit bensin... Maka yg lebih tinggi putarannya akan makin boros dong... Itu dari segi meain yah...
Masalahnya kalkulus hitungan jadi keluar sekian FCnya akan banyak sekali parameter yg masuk dalam rumus itu...
DoctorJDM
Human that can humanize human is the best human.
Human that can humanize human is the best human.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3054
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
emang ente bisa setting ecu om momod?momodgalakk wrote: Tue Feb 20, 2018 3:35setting ECU ga dipikirin gan? itu pengaruh bgt lohRundeer wrote: Tue Feb 20, 2018 2:45Hahahaha...marama wrote: Tue Feb 20, 2018 2:31
Skrg di tol banyak yg jalan pelan di kanan mayoritas mbl2 LCGC dan LMPV mgkn mereka lagi membuat prestasi seirit apa mbl mereka buat bahan diskusi di forum.
Tapi cc kadang gak bisa jadi patokan mobil bakal boros atau tidak, tapi tergantung dengan efisiensi teknologi mesinnya (jangan bahas dual pipitiai lagi ya)
Banyak mobil cc kecil yg lebih boros daripada mobil yg cc besar, begitu pula sebaliknya.
Tapi kalo mesin sama, tunningan mesinnya sama, dan dipasang di mobil yg bobotnya lebih besar, mustahil bakal bisa ngalahin fc mobil yg bobotnya lebih ringan dengan mesin yg sama.
selain kapasitas mesin, kita perlu inget ada namanya power to weight ratio.
mbl 100 hp angkat mbl 1 ton sama mbl 300hp angkat 1 ton ya lebih effortless mbl 300hp, untuk endurance bisa lebih irit drpd mbl yg powernya lebih kecil.
itu udah dibukttin kan prius vs M3.. duh
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
Re: All New Rush dan Terios 2018 - Part 02
saya banget nih.. Hahaha.. tapi ga pelan pelan amat kok om antara 80-100km/jam lah sesuai batas speed max di tol, kalo ada yg nyalain lampu dim dari belakang baru minggir, kalo yg dibelakang langsung nyalip dari kiri ya monggo.. cruising, ecodriving, dan menikmati jalan berbayar lebih lama.. rugi loh udah bayar tol tapi nikmatin cuma sebentar.. wkwkwkmarama wrote: Tue Feb 20, 2018 2:31 Skrg di tol banyak yg jalan pelan di kanan mayoritas mbl2 LCGC dan LMPV mgkn mereka lagi membuat prestasi seirit apa mbl mereka buat bahan diskusi di forum.