Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sintoni wrote: Wed Apr 28, 2021 0:16
Efek ke mobil gimana om?
Itu itungannya pake coolant yg mana?
Wah pertanyaan tentang efek ke mobil harusnya ditujukan ke suhu suhu di sini om...
Sepengetahuan nubie sih pengaruhnya bikin jarak antara temperatur kerja dan temperatur didih makin deket, semacam safety margin-nya berkurang lah. Karena kalau airnya sampai mendidih berarti ada kekosongan cairan di bagian itu dan jadi muncul hot spot.
Dulu pernah ngalamin bleedingan ga bener. Lagi jalan normal dengan temperatur 90º C, tiba tiba ada udara numpang lewat kebacanya jadi 110º C, begitu udah lewat udaranya, balik lagi ke 90º C. Itu sekedar udara terperangkap aja udah bikin suhu tinggi, apalagi kalau disebabkan karena mendidih, bisa-bisa nyampe lebih dari 140º C hot spot-nya.
Itu itungannya pake air biasa om, kalau pake coolant 30% ditambah 2,2º C dari air biasa, dan kalau pake coolant 50% tambah 5,5º C.
Makasih om, soalnya susah banget cari yang 127kPa..
Bleeding yg bener pas ganti coolant gmn ya?
Tuang aja sampe penuh dulu di radiator trs isi tabung reservoir dan baru nyalakan mesin dgn tutup radiator belum terpasang. Msh benarkah old style begitu?
Satu lagi, air aki yg dipake u campuran dgn concentrate coolant itu yg botol biru khan ya?
blloewy wrote: Wed Apr 28, 2021 15:33
Bleeding yg bener pas ganti coolant gmn ya?
Tuang aja sampe penuh dulu di radiator trs isi tabung reservoir dan baru nyalakan mesin dgn tutup radiator belum terpasang. Msh benarkah old style begitu?
Satu lagi, air aki yg dipake u campuran dgn concentrate coolant itu yg botol biru khan ya?
Old style lainnya: bagian depan mobil lebih tinggi dari bagian belakang, biar udara ngalir ke bagian depan.
Air demineral/distilasi, cek aja label botolnya. Yuasa botolnya udah bening soalnya.
blloewy wrote: Wed Apr 28, 2021 15:33
Bleeding yg bener pas ganti coolant gmn ya?
Tuang aja sampe penuh dulu di radiator trs isi tabung reservoir dan baru nyalakan mesin dgn tutup radiator belum terpasang. Msh benarkah old style begitu?
Satu lagi, air aki yg dipake u campuran dgn concentrate coolant itu yg botol biru khan ya?
Ane sih begitu om..
Ya biasa orang campur coolant pake air aki biru atau akuades..
Tanya tentang coolant Honda HRV 2018 akhir, saya lihat yang type 2 warna biru long life coolant.
Type 2 per liter nya 120 rb an
Type 1 per liter nya 30 rb an
Apakah boleh saya kuras pakai type 1? karena pasti ada yang tersisa di dalam mesin dan jadinya tercampur.
Profith83 wrote:Tanya tentang coolant Honda HRV 2018 akhir, saya lihat yang type 2 warna biru long life coolant.
Type 2 per liter nya 120 rb an
Type 1 per liter nya 30 rb an
Apakah boleh saya kuras pakai type 1? karena pasti ada yang tersisa di dalam mesin dan jadinya tercampur.
Kalau 2018 akhir berarti masih 2.5 thn ya mbah. Kok kayaknya kecepetan mbah sudah dikuras karena manual book bilang bisa 120 bln/100k km. Saya rencana pas 5 thn baru kuras yg diradiator aja (gerobak brv), dan tetep pake type 2.
Profith83 wrote: Tue Jun 15, 2021 13:32
Tanya tentang coolant Honda HRV 2018 akhir, saya lihat yang type 2 warna biru long life coolant.
Type 2 per liter nya 120 rb an
Type 1 per liter nya 30 rb an
Apakah boleh saya kuras pakai type 1? karena pasti ada yang tersisa di dalam mesin dan jadinya tercampur.
Kl di lipindut nich...Coolant bawaan mobil dikuras setelah 80 rb km walaupun Manual Book ama Service bilang di 100 rb km. Tp Beresnya waktu itu ngga mau ambil resiko. Nah setelahnya itu per 40 rb km atau 2 tahun sekali versi Manual.Book. itu di Lipindut saya HR15DE kelahiran 2012 ya Om
Profith83 wrote: Tue Jun 15, 2021 13:32
Tanya tentang coolant Honda HRV 2018 akhir, saya lihat yang type 2 warna biru long life coolant.
Type 2 per liter nya 120 rb an
Type 1 per liter nya 30 rb an
Apakah boleh saya kuras pakai type 1? karena pasti ada yang tersisa di dalam mesin dan jadinya tercampur.
Dulu mobilio saya pas mau ganti merk coolant dr oem ke prestone sih jadinya 2x drain n refill. Biar meminimalisir jumlah coolant yg lama (oem).
Profith83 wrote:Tanya tentang coolant Honda HRV 2018 akhir, saya lihat yang type 2 warna biru long life coolant.
Type 2 per liter nya 120 rb an
Type 1 per liter nya 30 rb an
Apakah boleh saya kuras pakai type 1? karena pasti ada yang tersisa di dalam mesin dan jadinya tercampur.
Kalau 2018 akhir berarti masih 2.5 thn ya mbah. Kok kayaknya kecepetan mbah sudah dikuras karena manual book bilang bisa 120 bln/100k km. Saya rencana pas 5 thn baru kuras yg diradiator aja (gerobak brv), dan tetep pake type 2.
Saya rencana 4 sd 5 thn tetapi kalau balik ke type 2 lumayan mahal tuh om. Masak cuma coolant saja bisa jadi 600 rb bahkan lebih.
Misal HRV bisa masuk 4 liter + isi tangki cadangan + kalau turun lagi. Total bisa 5-6 liter x 120rb = 720 rb lebih.
Mending type 1. 5-6 liter x 30 rb = 180 rb. setelah itu 1.5-2 thn diganti ....
Harga lebih mahal 4x tapi waktu pemakain tidak 4x nya
Profith83 wrote:Tanya tentang coolant Honda HRV 2018 akhir, saya lihat yang type 2 warna biru long life coolant.
Type 2 per liter nya 120 rb an
Type 1 per liter nya 30 rb an
Apakah boleh saya kuras pakai type 1? karena pasti ada yang tersisa di dalam mesin dan jadinya tercampur.
Kalau 2018 akhir berarti masih 2.5 thn ya mbah. Kok kayaknya kecepetan mbah sudah dikuras karena manual book bilang bisa 120 bln/100k km. Saya rencana pas 5 thn baru kuras yg diradiator aja (gerobak brv), dan tetep pake type 2.
Saya rencana 4 sd 5 thn tetapi kalau balik ke type 2 lumayan mahal tuh om. Masak cuma coolant saja bisa jadi 600 rb bahkan lebih.
Misal HRV bisa masuk 4 liter + isi tangki cadangan + kalau turun lagi. Total bisa 5-6 liter x 120rb = 720 rb lebih.
Mending type 1. 5-6 liter x 30 rb = 180 rb. setelah itu 1.5-2 thn diganti ....
Harga lebih mahal 4x tapi waktu pemakain tidak 4x nya
Saya sih di CRV R20 pake coolant nya Toyota ya, kuras tiap 40rb so far aman sih sampe skg 120rb lebih
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
indeskey wrote: Tue Jun 15, 2021 16:25
Kalau 2018 akhir berarti masih 2.5 thn ya mbah. Kok kayaknya kecepetan mbah sudah dikuras karena manual book bilang bisa 120 bln/100k km. Saya rencana pas 5 thn baru kuras yg diradiator aja (gerobak brv), dan tetep pake type 2.
Saya rencana 4 sd 5 thn tetapi kalau balik ke type 2 lumayan mahal tuh om. Masak cuma coolant saja bisa jadi 600 rb bahkan lebih.
Misal HRV bisa masuk 4 liter + isi tangki cadangan + kalau turun lagi. Total bisa 5-6 liter x 120rb = 720 rb lebih.
Mending type 1. 5-6 liter x 30 rb = 180 rb. setelah itu 1.5-2 thn diganti ....
Harga lebih mahal 4x tapi waktu pemakain tidak 4x nya
Saya sih di CRV R20 pake coolant nya Toyota ya, kuras tiap 40rb so far aman sih sampe skg 120rb lebih
waktu pertama kali ganti dr coolant Honda ke Toyota, bagaimana cara supaya coolantnya terbuang bersih? karena di jalur mesin masih tersisa air coolant honda. mungkin ada 1 sd 2 liter an
Profith83 wrote: Wed Jun 16, 2021 3:31
waktu pertama kali ganti dr coolant Honda ke Toyota, bagaimana cara supaya coolantnya terbuang bersih? karena di jalur mesin masih tersisa air coolant honda. mungkin ada 1 sd 2 liter an
Profith83 wrote: Wed Jun 16, 2021 3:31
waktu pertama kali ganti dr coolant Honda ke Toyota, bagaimana cara supaya coolantnya terbuang bersih? karena di jalur mesin masih tersisa air coolant honda. mungkin ada 1 sd 2 liter an
Kalau ane kemaren isi air aki dulu 2x baru kuras..
Terakhir baru masukin coolant yg diinginkan.
Kalau ga bisa coba cara youtuber Semarang, jadi baut kupu2 di radiator di buka, terus disemprot air mengalir dari radiator cap selama mesin dihidupkan om..
Profith83 wrote: Wed Jun 16, 2021 3:31
waktu pertama kali ganti dr coolant Honda ke Toyota, bagaimana cara supaya coolantnya terbuang bersih? karena di jalur mesin masih tersisa air coolant honda. mungkin ada 1 sd 2 liter an
Kalau ane kemaren isi air aki dulu 2x baru kuras..
Terakhir baru masukin coolant yg diinginkan.
Kalau ga bisa coba cara youtuber Semarang, jadi baut kupu2 di radiator di buka, terus disemprot air mengalir dari radiator cap selama mesin dihidupkan om..
Ini ada Tanda Bintangnya ngga Om?
Resiko ditanggung oenumpang
Profith83 wrote:Tanya tentang coolant Honda HRV 2018 akhir, saya lihat yang type 2 warna biru long life coolant.
Type 2 per liter nya 120 rb an
Type 1 per liter nya 30 rb an
Apakah boleh saya kuras pakai type 1? karena pasti ada yang tersisa di dalam mesin dan jadinya tercampur.
Kalau 2018 akhir berarti masih 2.5 thn ya mbah. Kok kayaknya kecepetan mbah sudah dikuras karena manual book bilang bisa 120 bln/100k km. Saya rencana pas 5 thn baru kuras yg diradiator aja (gerobak brv), dan tetep pake type 2.
Saya rencana 4 sd 5 thn tetapi kalau balik ke type 2 lumayan mahal tuh om. Masak cuma coolant saja bisa jadi 600 rb bahkan lebih.
Misal HRV bisa masuk 4 liter + isi tangki cadangan + kalau turun lagi. Total bisa 5-6 liter x 120rb = 720 rb lebih.
Mending type 1. 5-6 liter x 30 rb = 180 rb. setelah itu 1.5-2 thn diganti ....
Harga lebih mahal 4x tapi waktu pemakain tidak 4x nya
Mihil juga ya ternyata
Berarti coolant lipindut 90 rebu dikali 3 liter olus air demin 2 liter msh lbh murah u pake 2 tahun atau 40 rb km
Profith83 wrote: Wed Jun 16, 2021 3:31
waktu pertama kali ganti dr coolant Honda ke Toyota, bagaimana cara supaya coolantnya terbuang bersih? karena di jalur mesin masih tersisa air coolant honda. mungkin ada 1 sd 2 liter an
buka coolant drain plug di mesin.
trus jumpalitin begini ......
Mbah Shifu ini pake Tools nyang mana bisa begini yaks?
Yurop apa Nihon ini?
Profith83 wrote: Wed Jun 16, 2021 1:24
Saya rencana 4 sd 5 thn tetapi kalau balik ke type 2 lumayan mahal tuh om. Masak cuma coolant saja bisa jadi 600 rb bahkan lebih.
Misal HRV bisa masuk 4 liter + isi tangki cadangan + kalau turun lagi. Total bisa 5-6 liter x 120rb = 720 rb lebih.
Mending type 1. 5-6 liter x 30 rb = 180 rb. setelah itu 1.5-2 thn diganti ....
Harga lebih mahal 4x tapi waktu pemakain tidak 4x nya
Saya sih di CRV R20 pake coolant nya Toyota ya, kuras tiap 40rb so far aman sih sampe skg 120rb lebih
waktu pertama kali ganti dr coolant Honda ke Toyota, bagaimana cara supaya coolantnya terbuang bersih? karena di jalur mesin masih tersisa air coolant honda. mungkin ada 1 sd 2 liter an
Pakai mesin flush + sirkulasi aja diisi yg baru terus dibuang lg. Memang jdnya butuh banyak sih waktu itu 3 gallon kalo gak salah
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Saya sih di CRV R20 pake coolant nya Toyota ya, kuras tiap 40rb so far aman sih sampe skg 120rb lebih
waktu pertama kali ganti dr coolant Honda ke Toyota, bagaimana cara supaya coolantnya terbuang bersih? karena di jalur mesin masih tersisa air coolant honda. mungkin ada 1 sd 2 liter an
Pakai mesin flush + sirkulasi aja diisi yg baru terus dibuang lg. Memang jdnya butuh banyak sih waktu itu 3 gallon kalo gak salah
gak pakai cara buka selang besar yang dari mesin ke radiator yang kelihatan diatas?
Profith83 wrote:Tanya tentang coolant Honda HRV 2018 akhir, saya lihat yang type 2 warna biru long life coolant.
Type 2 per liter nya 120 rb an
Type 1 per liter nya 30 rb an
Apakah boleh saya kuras pakai type 1? karena pasti ada yang tersisa di dalam mesin dan jadinya tercampur.
Kalau 2018 akhir berarti masih 2.5 thn ya mbah. Kok kayaknya kecepetan mbah sudah dikuras karena manual book bilang bisa 120 bln/100k km. Saya rencana pas 5 thn baru kuras yg diradiator aja (gerobak brv), dan tetep pake type 2.
Saya rencana 4 sd 5 thn tetapi kalau balik ke type 2 lumayan mahal tuh om. Masak cuma coolant saja bisa jadi 600 rb bahkan lebih.
Misal HRV bisa masuk 4 liter + isi tangki cadangan + kalau turun lagi. Total bisa 5-6 liter x 120rb = 720 rb lebih.
Mending type 1. 5-6 liter x 30 rb = 180 rb. setelah itu 1.5-2 thn diganti ....
Harga lebih mahal 4x tapi waktu pemakain tidak 4x nya
Emang sih lebih mahal om, tapi kalau dibandingin ganti oli yg 6-8 sekali coolant nggak ada apa2nya.
Coolant banyak jalur ke mana2 termasuk jadi warmer nya cvt jadi maunya maen aman saya.
indeskey wrote: Tue Jun 15, 2021 16:25
Kalau 2018 akhir berarti masih 2.5 thn ya mbah. Kok kayaknya kecepetan mbah sudah dikuras karena manual book bilang bisa 120 bln/100k km. Saya rencana pas 5 thn baru kuras yg diradiator aja (gerobak brv), dan tetep pake type 2.
Saya rencana 4 sd 5 thn tetapi kalau balik ke type 2 lumayan mahal tuh om. Masak cuma coolant saja bisa jadi 600 rb bahkan lebih.
Misal HRV bisa masuk 4 liter + isi tangki cadangan + kalau turun lagi. Total bisa 5-6 liter x 120rb = 720 rb lebih.
Mending type 1. 5-6 liter x 30 rb = 180 rb. setelah itu 1.5-2 thn diganti ....
Harga lebih mahal 4x tapi waktu pemakain tidak 4x nya
Emang sih lebih mahal om, tapi kalau dibandingin ganti oli yg 6-8 sekali coolant nggak ada apa2nya.
Coolant banyak jalur ke mana2 termasuk jadi warmer nya cvt jadi maunya maen aman saya.
5 thn yah ... terus interval berikutnya tiap berapa tahun?
Profith83 wrote:
Saya rencana 4 sd 5 thn tetapi kalau balik ke type 2 lumayan mahal tuh om. Masak cuma coolant saja bisa jadi 600 rb bahkan lebih.
Misal HRV bisa masuk 4 liter + isi tangki cadangan + kalau turun lagi. Total bisa 5-6 liter x 120rb = 720 rb lebih.
Mending type 1. 5-6 liter x 30 rb = 180 rb. setelah itu 1.5-2 thn diganti ....
Harga lebih mahal 4x tapi waktu pemakain tidak 4x nya
Emang sih lebih mahal om, tapi kalau dibandingin ganti oli yg 6-8 sekali coolant nggak ada apa2nya.
Coolant banyak jalur ke mana2 termasuk jadi warmer nya cvt jadi maunya maen aman saya.
5 thn yah ... terus interval berikutnya tiap berapa tahun?
Rencana 2.5 sampai max 3 thn. Ngikutin beres tapi diperpendek waktunya. Kalau beres 10 thn, next nya tiap 5 thn. Cmiiw.
waktu pertama kali ganti dr coolant Honda ke Toyota, bagaimana cara supaya coolantnya terbuang bersih? karena di jalur mesin masih tersisa air coolant honda. mungkin ada 1 sd 2 liter an
Pakai mesin flush + sirkulasi aja diisi yg baru terus dibuang lg. Memang jdnya butuh banyak sih waktu itu 3 gallon kalo gak salah
gak pakai cara buka selang besar yang dari mesin ke radiator yang kelihatan diatas?
Wah detailnya saya gak gitu perhatiin sih Om, tp so far sih skg udah pink semua yg keliatan di reservoir nya udah gak ada coolant Honda nya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T