Akhirnya Mazda8 bisa ane boyong ke rumah hari ini.
Odometer waktu di showroom 59.3, sekarang uda 77km. Ane bawa muter2 dulu untuk mengenali karakter mobil gambot ini dan isi pertamax+.
Ane hanya mereview apa yang ane rasakan waktu menyetir nih mobil selama beberapa belas km tersebut.
Dari sisi ukuran, mungkin ane harus membiasakan diri dengan mobil sepanjang 4.8m dan lebar 1.8m. PJS punya paman ane aja ga kerasa segede ini.
Ambient kabin cukup terang dan cerah. Kombinasi warna terang di jok dan atap berpadu apik dengan dashboard warna hitam dan setir full leather. Built quality memang seperti yang bro AD74YA sampaikan dengan gamblang di depan: khas seri CX, terutama CX-7. Konsistensi nya patut diacungi jempol.
Untuk performa, begitu ane start, ni mesin bunyi nya kok kayak penegak solar gini... Eh, begitu di gas, baru kayak kucing dah. Ane suka pergantian gear otomatisnya. Nyoba activematic nya tapi ternyata ane lebih ngeh pake full automatic. Maklum masih nubie....
Waktu di traffic light, ane gas pelan2 di 1,600rpm sampe gear pindah ke 3. Liat jalan kosong dikit, iseng injak gas rata lantai, langsung gear turun ke 1 dan rpm naik ke 5,000 dengan cepat. Abis itu ane sadar, ni mobil baru 60an km uda ane perkosa mesinnya. Balik kalem lagi dah. Hahahaha.... Tapi suara mesinnya cukup menyenangkan dan rem juga sangat baik.
Penumpang pertama, ko2 ane sama nyokap ane. Nyokap suka sama empuknya suspensi dan atmosfer kabin (kata nyokap 'lebih empuk dari Alphard, Fortie, dan PJS'). Akses ke baris kedua dan ketiga cukup nyaman. Pas kena jalan berlubang memang ane rasakan ni suspensi cukup mumpuni untuk meredam goncangan, cuman ane curiga kalo body roll bakal terasa. Berhubung belum terbiasa, sesi tes body roll akan ane lakukan nanti. O iya, mama ane suka sama warna hitamnya yang ga terlalu hitam.
Head unit Alpine cukup rumit untuk digunakan dan cukup bego.

Ga bisa puter file video via USB. Ane bakal utak-atik itu HU, kalo gagal ya.... convert video klip favorit ke DVD...

Untungnya, kualitas suara cukup bagus untuk kuping ane yang pekak ini.
Kunci keyless sangat menarik dengan tombol untuk power lift gate bagasi dan tombol sliding door kanan-kiri.
Seluruh keluarga ane sangat menyukai mobil ini. Mulai dari tampilan(depan)nya yang gagah, interiornya yang cukup baik, hingga kenyamanannya.
Bokap ane yang paling seneng, ni mobil akte lahirnya 18 Sept 2012 tapi karena baru datang, surat2 dan BPKB baru bisa di proses di taon depan. Ga nyambung memang tapi yah, yang penting bokap senyum daripada protes ni mobil kalo ditukar bisa dapat 3 apanjah atau 2 ipah atau 20 truk isi krupuk udang.
Januari nanti, ane sudah janjian sama bos Aswin untuk multistage paint correction-protection, detailing, dan tentu saja glass coating. Untuk upgrade ECU akan dikerjakan setelah ane mengenal karakter ni mobil.
Overall, saya setuju dengan pendapat kalo ni mobil worth every penny dibandingkan mobil lain sekelasnya (seperti Odyssey atau Wish).
Pro:
- Tampilan cukup gagah, tapi juga cukup humble.
- Suspensi nyaman, akses baik, karakter mesin cukup sporti, handling cukup kalem
- Built quality sangat baik, peredaman suara bagus
- Power sliding doors, power lift gate.
- Kursi baris kedua yang cukup menarik bagi para maharaja di rumah ane. Bakalan jadi rebutan.
- Panel instrument yang eye catching dan ga bakal keliatan uzur 20 taon lagi
- Triple zone climate (2 di depan, 1 di blower tengah)
- Auto head light, rain sensor, integrated parking camera
- Ukuran bagasi yang gede... Nyokap bakal demen nih...
Cons:
- Ukuran, kayak nyetir kapal induk di terusan Panama... Ane kuatir sama bokongnya.
- MID kurang informatif (ga ada FC + range) tapi siapa peduli FC kalo ni mobil begitu fun to drive.
- Ga ada sunroof baris kedua (apa gara2 blower ac ya...)
- Kursi penumpang depan ga elektrik, kursi pengemudi ga 16 way, kursi baris kedua ga elektrik (ngarep), kursi baris ketiga kenapa ga bisa dilipat elektrik? lha wong bisa dikembalikan ke posisi semula dengan elektrik... Apa Mazda salah pasang dinamo yang ga bisa two way ya?
- Rpm rendah tenaga nya boyo... Injak gas dalam baru kerasa kalo ni mobil pengen lari, tapi ya itu, FC lagi FC lagi...
- Tangki gambot! nyaris 70 liter. Kalo kelupaan bawa duit bisa nangis di pom bensin.
- Blower AC baris kedua pas tepat di kepala. Sinting juga desainer nya. Bakal siapin kupluk atawa syal di mobil nih.
- Ga ada tombol buat ngunci pintu. Doh. SX-4 aja ada...
- Ban serep Bridgestone...
Jika ada yang salah dengan review ane, ane mohon maaf. Masih nubie dalam menulis review.

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.