Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by exflowly »

Mau nimbrung sedikit mengenai pemakaian oli diesel di mesin bensin berdasarkan pengalaman saya.

Saya pernah pakai PFD, Kendall Diesel (10w30 dan 15w40), Gulf Diesel (lupa namanya apa TDci atau apa gitu) dan Delvac 1 di mesin bensin tuir, M52 dan 7k. Berdasarkan pengalaman, oli diesel yang saya pakai di mesin bensin cepat mengental dan cenderung membuat tarikan mesin jadi berat, kadang cuman dalam jangka waktu 1000-2000km saja. Mesin bensin di atas biasanya memakai oli bensin dengan grade 5w40/10w40.

PFD di M52 hanya enak di 500-1000km pertama. Setelah itu saya ganti karena kental sekali (dari dipstick). Kendall Diesel yang 10w30 di M52 ok... tapi saya juga ganti pas di 3000km, karena saya lihat di tutup oli mesin sudah mulai menguning dan banyak blow by yang nempel. Gulf tidak sempat lama karena pemakaian hanya sebentar di 7k. Delvac 1 di M52 keliatannya ok, tapi memang tarikan jadi berat setelah jalan 1000km.... sekarang hampir mencapat 3000km. Mungkin oli diesel lebih cepat mengental (karena suhu temperature panas mesin bensin di ruang bakar lebih besar dari mesin diesel ~ silahkan koreksi apabila saya salah) atau memang jeroan mesin saya kotor banget (jadi oli cepat mengental), atau memang ada sebab lainnya yang tidak saya ketahui.

Jadi, kalau dari pengalaman saya, kalau memang mau pakai oli diesel di mesin bensin, pilih oli diesel yang tahan panas (dari specnya mestinya keliatan) dan minimal kudu synthetic grade. Berangkat dari pengetahuan ini, kalau saya mau nyuci/memakai oli diesel di mesin bensin, saya bakal pilih yang gradenya double.... SN dan CI-4/CJ-4/CK-4 ACEA C3 dan tidak menggunakan oli diesel grade A2 di mesin bensin. Syukur2x bisa ketemu oli yang gradenya VW504 (bensin)/507 (diesel).....ini kayaknya jarang banget dan gradenya masuk low SAPS. Semoga membantu.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

exflowly wrote:Mau nimbrung sedikit mengenai pemakaian oli diesel di mesin bensin berdasarkan pengalaman saya.

Saya pernah pakai PFD, Kendall Diesel (10w30 dan 15w40), Gulf Diesel (lupa namanya apa TDci atau apa gitu) dan Delvac 1 di mesin bensin tuir, M52 dan 7k. Berdasarkan pengalaman, oli diesel yang saya pakai di mesin bensin cepat mengental dan cenderung membuat tarikan mesin jadi berat, kadang cuman dalam jangka waktu 1000-2000km saja. Mesin bensin di atas biasanya memakai oli bensin dengan grade 5w40/10w40.

PFD di M52 hanya enak di 500-1000km pertama. Setelah itu saya ganti karena kental sekali (dari dipstick). Kendall Diesel yang 10w30 di M52 ok... tapi saya juga ganti pas di 3000km, karena saya lihat di tutup oli mesin sudah mulai menguning dan banyak blow by yang nempel. Gulf tidak sempat lama karena pemakaian hanya sebentar di 7k. Delvac 1 di M52 keliatannya ok, tapi memang tarikan jadi berat setelah jalan 1000km.... sekarang hampir mencapat 3000km. Mungkin oli diesel lebih cepat mengental (karena suhu temperature panas mesin bensin di ruang bakar lebih besar dari mesin diesel ~ silahkan koreksi apabila saya salah) atau memang jeroan mesin saya kotor banget (jadi oli cepat mengental), atau memang ada sebab lainnya yang tidak saya ketahui.

Jadi, kalau dari pengalaman saya, kalau memang mau pakai oli diesel di mesin bensin, pilih oli diesel yang tahan panas (dari specnya mestinya keliatan) dan minimal kudu synthetic grade. Berangkat dari pengetahuan ini, kalau saya mau nyuci/memakai oli diesel di mesin bensin, saya bakal pilih yang gradenya double.... SN dan CI-4/CJ-4/CK-4 ACEA C3 dan tidak menggunakan oli diesel grade A2 di mesin bensin. Syukur2x bisa ketemu oli yang gradenya VW504 (bensin)/507 (diesel).....ini kayaknya jarang banget dan gradenya masuk low SAPS. Semoga membantu.
ada kemungkinan si oli Diesel tsb "mencuci" endapan2 / sludge2 / kerak2 karbon pada mesin bensin anda

si oli melarutkan semua endapan / sludge dari bagian2 mesin yang tak terlihat oleh kita
* Bukan ajakan Beli *
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by exflowly »

Mungkin om turbo....tapi untuk PFD saya rasa cepat sekali kentalnya. Yang Kendall 10w30 dan Delvac ok, mungkin ke depannya saya cari oli diesel full syn yang buntut 30 untuk M52.
DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

exflowly wrote: Sat Mar 09, 2019 14:27 Mau nimbrung sedikit mengenai pemakaian oli diesel di mesin bensin berdasarkan pengalaman saya.

Saya pernah pakai PFD, Kendall Diesel (10w30 dan 15w40), Gulf Diesel (lupa namanya apa TDci atau apa gitu) dan Delvac 1 di mesin bensin tuir, M52 dan 7k. Berdasarkan pengalaman, oli diesel yang saya pakai di mesin bensin cepat mengental dan cenderung membuat tarikan mesin jadi berat, kadang cuman dalam jangka waktu 1000-2000km saja. Mesin bensin di atas biasanya memakai oli bensin dengan grade 5w40/10w40.

PFD di M52 hanya enak di 500-1000km pertama. Setelah itu saya ganti karena kental sekali (dari dipstick). Kendall Diesel yang 10w30 di M52 ok... tapi saya juga ganti pas di 3000km, karena saya lihat di tutup oli mesin sudah mulai menguning dan banyak blow by yang nempel. Gulf tidak sempat lama karena pemakaian hanya sebentar di 7k. Delvac 1 di M52 keliatannya ok, tapi memang tarikan jadi berat setelah jalan 1000km.... sekarang hampir mencapat 3000km. Mungkin oli diesel lebih cepat mengental (karena suhu temperature panas mesin bensin di ruang bakar lebih besar dari mesin diesel ~ silahkan koreksi apabila saya salah) atau memang jeroan mesin saya kotor banget (jadi oli cepat mengental), atau memang ada sebab lainnya yang tidak saya ketahui.

Jadi, kalau dari pengalaman saya, kalau memang mau pakai oli diesel di mesin bensin, pilih oli diesel yang tahan panas (dari specnya mestinya keliatan) dan minimal kudu synthetic grade. Berangkat dari pengetahuan ini, kalau saya mau nyuci/memakai oli diesel di mesin bensin, saya bakal pilih yang gradenya double.... SN dan CI-4/CJ-4/CK-4 ACEA C3 dan tidak menggunakan oli diesel grade A2 di mesin bensin. Syukur2x bisa ketemu oli yang gradenya VW504 (bensin)/507 (diesel).....ini kayaknya jarang banget dan gradenya masuk low SAPS. Semoga membantu.
Kalau udah low SAPS kadar antiwear nya di batasin 800 jadi agak beda kadar proteksi nya dari saya pnasaran coba :big_peace:
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by exflowly »

Kayaknya kalo dr pengalaman saya, plg pas buat M52 adalah 0/5w30 tp yg anti wearnya bagus (bkn roller rocker abisnya).
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rendr »

Turboman wrote: Sat Mar 09, 2019 2:00
rendr wrote:
DevilS wrote: Fri Mar 08, 2019 18:35

Mixed fleet brarti yang api nya dua jenis seperti api CI-4/SL aman buat mesin diesel dan mesin bensin ya kan?
Agak penasaran coba oli mixed fleet karna baca baca antiwear nya banyak
Yes betul om.. tp buat mesin bensin pastiin TBN nya ga kelewat tinggi aja..
utk HDEO 5W30 API CJ-4 modern banyak yang karakterisitik udah mirip oli bensin

TBN 10 an

Calcium 2000 - 2200 ppm
Wah thanks infonya om turbo...

Jd pengen coba FK massimo crdi CJ-4..
:mky_01:
gaspol resing tim
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rendr »

exflowly wrote: Sat Mar 09, 2019 14:27 Mau nimbrung sedikit mengenai pemakaian oli diesel di mesin bensin berdasarkan pengalaman saya.

Saya pernah pakai PFD, Kendall Diesel (10w30 dan 15w40), Gulf Diesel (lupa namanya apa TDci atau apa gitu) dan Delvac 1 di mesin bensin tuir, M52 dan 7k. Berdasarkan pengalaman, oli diesel yang saya pakai di mesin bensin cepat mengental dan cenderung membuat tarikan mesin jadi berat, kadang cuman dalam jangka waktu 1000-2000km saja. Mesin bensin di atas biasanya memakai oli bensin dengan grade 5w40/10w40.

PFD di M52 hanya enak di 500-1000km pertama. Setelah itu saya ganti karena kental sekali (dari dipstick). Kendall Diesel yang 10w30 di M52 ok... tapi saya juga ganti pas di 3000km, karena saya lihat di tutup oli mesin sudah mulai menguning dan banyak blow by yang nempel. Gulf tidak sempat lama karena pemakaian hanya sebentar di 7k. Delvac 1 di M52 keliatannya ok, tapi memang tarikan jadi berat setelah jalan 1000km.... sekarang hampir mencapat 3000km. Mungkin oli diesel lebih cepat mengental (karena suhu temperature panas mesin bensin di ruang bakar lebih besar dari mesin diesel ~ silahkan koreksi apabila saya salah) atau memang jeroan mesin saya kotor banget (jadi oli cepat mengental), atau memang ada sebab lainnya yang tidak saya ketahui.

Jadi, kalau dari pengalaman saya, kalau memang mau pakai oli diesel di mesin bensin, pilih oli diesel yang tahan panas (dari specnya mestinya keliatan) dan minimal kudu synthetic grade. Berangkat dari pengetahuan ini, kalau saya mau nyuci/memakai oli diesel di mesin bensin, saya bakal pilih yang gradenya double.... SN dan CI-4/CJ-4/CK-4 ACEA C3 dan tidak menggunakan oli diesel grade A2 di mesin bensin. Syukur2x bisa ketemu oli yang gradenya VW504 (bensin)/507 (diesel).....ini kayaknya jarang banget dan gradenya masuk low SAPS. Semoga membantu.
Mesin diesel umumnya lebih tinggi om suhu mesinnya.. rata2 temp kerja di 100-105°C atau lebih.. kalo bensin di 88-98°C

Memang pengecualian buat mesin M52 ini.. udah pake thermostat gede (88) aja di obc stalk pernah nyentuh 110°C..

Tapi sekedar saran, soal block M52 yg konon alusil issues, jgn pake HDEO macem delvac 1 dkk yg TBN nya tinggi bgt itu.. mana M52 pake timing chain..

Malah sepertinya dari yg saya baca2, block alusil n nikasil bmw ini harusnya pake yg PAO based...

CMIIW
gaspol resing tim
exflowly
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by exflowly »

rendr wrote:
exflowly wrote: Sat Mar 09, 2019 14:27 Mau nimbrung sedikit mengenai pemakaian oli diesel di mesin bensin berdasarkan pengalaman saya.

Saya pernah pakai PFD, Kendall Diesel (10w30 dan 15w40), Gulf Diesel (lupa namanya apa TDci atau apa gitu) dan Delvac 1 di mesin bensin tuir, M52 dan 7k. Berdasarkan pengalaman, oli diesel yang saya pakai di mesin bensin cepat mengental dan cenderung membuat tarikan mesin jadi berat, kadang cuman dalam jangka waktu 1000-2000km saja. Mesin bensin di atas biasanya memakai oli bensin dengan grade 5w40/10w40.

PFD di M52 hanya enak di 500-1000km pertama. Setelah itu saya ganti karena kental sekali (dari dipstick). Kendall Diesel yang 10w30 di M52 ok... tapi saya juga ganti pas di 3000km, karena saya lihat di tutup oli mesin sudah mulai menguning dan banyak blow by yang nempel. Gulf tidak sempat lama karena pemakaian hanya sebentar di 7k. Delvac 1 di M52 keliatannya ok, tapi memang tarikan jadi berat setelah jalan 1000km.... sekarang hampir mencapat 3000km. Mungkin oli diesel lebih cepat mengental (karena suhu temperature panas mesin bensin di ruang bakar lebih besar dari mesin diesel ~ silahkan koreksi apabila saya salah) atau memang jeroan mesin saya kotor banget (jadi oli cepat mengental), atau memang ada sebab lainnya yang tidak saya ketahui.

Jadi, kalau dari pengalaman saya, kalau memang mau pakai oli diesel di mesin bensin, pilih oli diesel yang tahan panas (dari specnya mestinya keliatan) dan minimal kudu synthetic grade. Berangkat dari pengetahuan ini, kalau saya mau nyuci/memakai oli diesel di mesin bensin, saya bakal pilih yang gradenya double.... SN dan CI-4/CJ-4/CK-4 ACEA C3 dan tidak menggunakan oli diesel grade A2 di mesin bensin. Syukur2x bisa ketemu oli yang gradenya VW504 (bensin)/507 (diesel).....ini kayaknya jarang banget dan gradenya masuk low SAPS. Semoga membantu.
Mesin diesel umumnya lebih tinggi om suhu mesinnya.. rata2 temp kerja di 100-105°C atau lebih.. kalo bensin di 88-98°C

Memang pengecualian buat mesin M52 ini.. udah pake thermostat gede (88) aja di obc stalk pernah nyentuh 110°C..

Tapi sekedar saran, soal block M52 yg konon alusil issues, jgn pake HDEO macem delvac 1 dkk yg TBN nya tinggi bgt itu.. mana M52 pake timing chain..

Malah sepertinya dari yg saya baca2, block alusil n nikasil bmw ini harusnya pake yg PAO based...

CMIIW
Yakin suhu oli di mesin diesel lbh tinggi?

Saya ngertinya di diesel sering lean burn/solar semprotannya amat sedikit pas cruise. Suhu ruang bakar dia tinggi hanya kalau akselerasi... sedangkan di mesin bensin, ruang bakar pasti kena api dr spark plug terus.

Boleh tau mengapa Delvac 1 tidak cocok di M52? Saya pake termo 80, suhu cruising stabil di 91-92 dr KTMP, mesin sdh modif dan tdk standard. Kalau macet dan sering idle baru naik suhunya. Termo 92 trll tinggi..88 cuman beda tipis. 80 saya bilang pas.. 70 mungkin lbh ok, tp saya gak mau DME rich mixture terus kalo jalan di daerah dingin dan suhu coolant gak naik2x.

TBN D1 adalah 10... berdasarkan hasil test lab. Dia juga ada Boron dan Moly (kalau tdk salah ingat) jadi untuk blok alusil dan nilkasil cocok. Ada oli yg lbh cocok dr kandungan kedua zat ini, yaitu M1 0w40... tp harganya jauh.

Silahkan pencerahannya om
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

rendr wrote:
exflowly wrote: Sat Mar 09, 2019 14:27 Mau nimbrung sedikit mengenai pemakaian oli diesel di mesin bensin berdasarkan pengalaman saya.

Saya pernah pakai PFD, Kendall Diesel (10w30 dan 15w40), Gulf Diesel (lupa namanya apa TDci atau apa gitu) dan Delvac 1 di mesin bensin tuir, M52 dan 7k. Berdasarkan pengalaman, oli diesel yang saya pakai di mesin bensin cepat mengental dan cenderung membuat tarikan mesin jadi berat, kadang cuman dalam jangka waktu 1000-2000km saja. Mesin bensin di atas biasanya memakai oli bensin dengan grade 5w40/10w40.

PFD di M52 hanya enak di 500-1000km pertama. Setelah itu saya ganti karena kental sekali (dari dipstick). Kendall Diesel yang 10w30 di M52 ok... tapi saya juga ganti pas di 3000km, karena saya lihat di tutup oli mesin sudah mulai menguning dan banyak blow by yang nempel. Gulf tidak sempat lama karena pemakaian hanya sebentar di 7k. Delvac 1 di M52 keliatannya ok, tapi memang tarikan jadi berat setelah jalan 1000km.... sekarang hampir mencapat 3000km. Mungkin oli diesel lebih cepat mengental (karena suhu temperature panas mesin bensin di ruang bakar lebih besar dari mesin diesel ~ silahkan koreksi apabila saya salah) atau memang jeroan mesin saya kotor banget (jadi oli cepat mengental), atau memang ada sebab lainnya yang tidak saya ketahui.

Jadi, kalau dari pengalaman saya, kalau memang mau pakai oli diesel di mesin bensin, pilih oli diesel yang tahan panas (dari specnya mestinya keliatan) dan minimal kudu synthetic grade. Berangkat dari pengetahuan ini, kalau saya mau nyuci/memakai oli diesel di mesin bensin, saya bakal pilih yang gradenya double.... SN dan CI-4/CJ-4/CK-4 ACEA C3 dan tidak menggunakan oli diesel grade A2 di mesin bensin. Syukur2x bisa ketemu oli yang gradenya VW504 (bensin)/507 (diesel).....ini kayaknya jarang banget dan gradenya masuk low SAPS. Semoga membantu.
Mesin diesel umumnya lebih tinggi om suhu mesinnya.. rata2 temp kerja di 100-105°C atau lebih.. kalo bensin di 88-98°C

Memang pengecualian buat mesin M52 ini.. udah pake thermostat gede (88) aja di obc stalk pernah nyentuh 110°C..

Tapi sekedar saran, soal block M52 yg konon alusil issues, jgn pake HDEO macem delvac 1 dkk yg TBN nya tinggi bgt itu.. mana M52 pake timing chain..

Malah sepertinya dari yg saya baca2, block alusil n nikasil bmw ini harusnya pake yg PAO based...

CMIIW
Suhu coolant Diesel dan Oil Temp mesin Diesel umumnya lebih rendah drpd mesin bensin

2KD FTV suhu coolant 83 - 85 deg C, suhu oli mesin saat jalan normal di 85 deg C, kalo ngebut high RPM baru dia naik suhu nya.......(saya pernah ukur pake Oil Temp gauge)

Dulu pernah Test Drive VW 1.4 TSI ada Oil Temp indicator, jalan normal aja udah 92 deg C

Tapi baik mesin Diesel / Petrol, kalo kita jalan normal (bukan high RPM) spt nya rata2 suhu oli mesin mirip dengan suhu coolant, jadi tergantung suhu kerja Termostat nya


* Bukan ajakan Beli *
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rendr »

exflowly wrote: Sat Mar 09, 2019 18:08
rendr wrote:
exflowly wrote: Sat Mar 09, 2019 14:27
Mesin diesel umumnya lebih tinggi om suhu mesinnya.. rata2 temp kerja di 100-105°C atau lebih.. kalo bensin di 88-98°C

Memang pengecualian buat mesin M52 ini.. udah pake thermostat gede (88) aja di obc stalk pernah nyentuh 110°C..

Tapi sekedar saran, soal block M52 yg konon alusil issues, jgn pake HDEO macem delvac 1 dkk yg TBN nya tinggi bgt itu.. mana M52 pake timing chain..

Malah sepertinya dari yg saya baca2, block alusil n nikasil bmw ini harusnya pake yg PAO based...

CMIIW
Yakin suhu oli di mesin diesel lbh tinggi?

Saya ngertinya di diesel sering lean burn/solar semprotannya amat sedikit pas cruise. Suhu ruang bakar dia tinggi hanya kalau akselerasi... sedangkan di mesin bensin, ruang bakar pasti kena api dr spark plug terus.

Boleh tau mengapa Delvac 1 tidak cocok di M52? Saya pake termo 80, suhu cruising stabil di 91-92 dr KTMP, mesin sdh modif dan tdk standard. Kalau macet dan sering idle baru naik suhunya. Termo 92 trll tinggi..88 cuman beda tipis. 80 saya bilang pas.. 70 mungkin lbh ok, tp saya gak mau DME rich mixture terus kalo jalan di daerah dingin dan suhu coolant gak naik2x.

TBN D1 adalah 10... berdasarkan hasil test lab. Dia juga ada Boron dan Moly (kalau tdk salah ingat) jadi untuk blok alusil dan nilkasil cocok. Ada oli yg lbh cocok dr kandungan kedua zat ini, yaitu M1 0w40... tp harganya jauh.

Silahkan pencerahannya om
Oke.. hanya analogi saya begini, kompresi bakar mesin diesel lebih tinggi dari bensin right? Jika dipersamaan gas ideal P(tekanan) semakin tinggi maka T(suhu) akan semakin tinggi pula? Kalo di fluida memang akan berbanding terbalik...
Ini untuk case mesin yg sama2 naturally aspirated, kalo forced induction tentu akan beda hasilnya..

Sorry2 ralat, maksud saya ZDDP bukan TBN.. betul memang boron nitrade itu yg dibutuhkan untuk alusil n nikasil block nya bmw.. tapi...
ZDDP terlampau tinggi akibatnya buruk buat timing chain.. saya lihat hasil riset yg pernah di post oom turboman..

Mohon koreksinya kembali..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
gaspol resing tim
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rendr »

Turboman wrote: Sat Mar 09, 2019 22:47
rendr wrote:
exflowly wrote: Sat Mar 09, 2019 14:27 Mau nimbrung sedikit mengenai pemakaian oli diesel di mesin bensin berdasarkan pengalaman saya.

Saya pernah pakai PFD, Kendall Diesel (10w30 dan 15w40), Gulf Diesel (lupa namanya apa TDci atau apa gitu) dan Delvac 1 di mesin bensin tuir, M52 dan 7k. Berdasarkan pengalaman, oli diesel yang saya pakai di mesin bensin cepat mengental dan cenderung membuat tarikan mesin jadi berat, kadang cuman dalam jangka waktu 1000-2000km saja. Mesin bensin di atas biasanya memakai oli bensin dengan grade 5w40/10w40.

PFD di M52 hanya enak di 500-1000km pertama. Setelah itu saya ganti karena kental sekali (dari dipstick). Kendall Diesel yang 10w30 di M52 ok... tapi saya juga ganti pas di 3000km, karena saya lihat di tutup oli mesin sudah mulai menguning dan banyak blow by yang nempel. Gulf tidak sempat lama karena pemakaian hanya sebentar di 7k. Delvac 1 di M52 keliatannya ok, tapi memang tarikan jadi berat setelah jalan 1000km.... sekarang hampir mencapat 3000km. Mungkin oli diesel lebih cepat mengental (karena suhu temperature panas mesin bensin di ruang bakar lebih besar dari mesin diesel ~ silahkan koreksi apabila saya salah) atau memang jeroan mesin saya kotor banget (jadi oli cepat mengental), atau memang ada sebab lainnya yang tidak saya ketahui.

Jadi, kalau dari pengalaman saya, kalau memang mau pakai oli diesel di mesin bensin, pilih oli diesel yang tahan panas (dari specnya mestinya keliatan) dan minimal kudu synthetic grade. Berangkat dari pengetahuan ini, kalau saya mau nyuci/memakai oli diesel di mesin bensin, saya bakal pilih yang gradenya double.... SN dan CI-4/CJ-4/CK-4 ACEA C3 dan tidak menggunakan oli diesel grade A2 di mesin bensin. Syukur2x bisa ketemu oli yang gradenya VW504 (bensin)/507 (diesel).....ini kayaknya jarang banget dan gradenya masuk low SAPS. Semoga membantu.
Mesin diesel umumnya lebih tinggi om suhu mesinnya.. rata2 temp kerja di 100-105°C atau lebih.. kalo bensin di 88-98°C

Memang pengecualian buat mesin M52 ini.. udah pake thermostat gede (88) aja di obc stalk pernah nyentuh 110°C..

Tapi sekedar saran, soal block M52 yg konon alusil issues, jgn pake HDEO macem delvac 1 dkk yg TBN nya tinggi bgt itu.. mana M52 pake timing chain..

Malah sepertinya dari yg saya baca2, block alusil n nikasil bmw ini harusnya pake yg PAO based...

CMIIW
Suhu coolant Diesel dan Oil Temp mesin Diesel umumnya lebih rendah drpd mesin bensin

2KD FTV suhu coolant 83 - 85 deg C, suhu oli mesin saat jalan normal di 85 deg C, kalo ngebut high RPM baru dia naik suhu nya.......(saya pernah ukur pake Oil Temp gauge)

Dulu pernah Test Drive VW 1.4 TSI ada Oil Temp indicator, jalan normal aja udah 92 deg C

Tapi baik mesin Diesel / Petrol, kalo kita jalan normal (bukan high RPM) spt nya rata2 suhu oli mesin mirip dengan suhu coolant, jadi tergantung suhu kerja Termostat nya
Well noted.. saya setuju pada akhirnya semua bergantung ke kinerja thermostatnya..

Kalo sudah sama2 forced induction gini memang... spt contoh yg sama bmw f30 320i vs 320d bensin dan diesel, 320i stabil di suhu 120°C, 320d di 100°C pas.. (temp gauge masing2 tipe)
gaspol resing tim
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 177
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by rudyzanetti »

Sy sekarang lagi pake kendall diesel 10w-30 di k3ve xenia. Uda jalan 1000an km. Jalan 2bulan.
Ntr coba saya liat, ada endapan ato engga.
Sebelumnya pake kixx 5w30.
Kl di mobil ini, oli nya sering disiksa. Oli temp nya sering tembus 110 c.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1361
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by arfs »

Image Image Image

Ikut nimbrung juga mengenai pemakaian Diesel Engine Oil on Gasoline Engine.
Kondisi PTT Dynamic Commonrail 10W30 (Semi Synthetic) sedang dipakai di HR15DE ver.2 sudah berjalan 2.351 km selama dua bulan kurang sedikit.
Tarikan masih enak sama seperti ketika baru ganti oli. Penguapan tetap ada dikit :frm_bang_head: (*karena karakter mesin sepertinya?). Warna oli masih ok. Sludge di plat penuangan oli nya masih ada juga :roll:.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2306
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by PRBS »

rendr wrote: Wed Mar 06, 2019 2:12
PM sent Oom..
:big_smile]

K12M ignis enak kok om.. dan ternyata non VVT ya.. tp ngacir bgt.. pernah liat ada yg tembus 185 kpj stock engine.. gokil juga.. even non VVT tapi irit luar biasa juga.. no gimmicks.. hahahaha

Kalo terpaksa bgt pake oli suzuki, boleh coba minta pake SGO 5w30 SN botol biru om.. dan pastiin dapet yg botolan bukan drum.. saya lg pake itu gara2 terpaksa di service wajib kemaren, jauh lebih enak dari SGO 0w20 SM.. malah lebih irit, dan kyknya VI nya lbh bagus, kondisi panas terik macet2an ga gitu berasa drop performancenya.. tapi ya pake buat di interval 5rb km aja

Next saya mau coba SGO Diesel Acea A5/B5 di M15A gimana hasilnya... lumayan buat input temen2 user suzuki yg terpaksa pake oli SGO..
Many thanks sharenya om rendr 👍🏼👍🏼

Sangat menambah ilmu hehe
DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

Mobil delvac 1 125rb di toko ijo kira kira ori apa ga ya?
Kurang tau harga pasar delvac 1 soalnya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

DevilS wrote:Mobil delvac 1 125rb di toko ijo kira kira ori apa ga ya?
Kurang tau harga pasar delvac 1 soalnya
Cross Check ke Indo One aja

kalo bener Indo One jual ke toko tsb ya monggo

ini kalo toko nya di wilayah Jkt & sekitar

di ToPed juga ada Official store ExxonMobil
* Bukan ajakan Beli *
DevilS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Soluna

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by DevilS »

Turboman wrote: Sun Mar 10, 2019 6:18
DevilS wrote:Mobil delvac 1 125rb di toko ijo kira kira ori apa ga ya?
Kurang tau harga pasar delvac 1 soalnya
Cross Check ke Indo One aja

kalo bener Indo One jual ke toko tsb ya monggo

ini kalo toko nya di wilayah Jkt & sekitar

di ToPed juga ada Official store ExxonMobil
Sip om turbo thankyou ya
mcc
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Apr 14, 2013 14:49

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by mcc »

om Turbo,
ada alternatif Q8 T800 ga buat Innova Diesel 2010, harganya duniaoli di toped kok murah banget yah ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

mcc wrote:om Turbo,
ada alternatif Q8 T800 ga buat Innova Diesel 2010, harganya duniaoli di toped kok murah banget yah ?
duniaoli utk Q8 barang dari distro resmi

aman
* Bukan ajakan Beli *
hadztracker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Thu Nov 23, 2017 14:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by hadztracker »

halo om,
ada saran bentar lagi rush 2013 saya mau masuk km 40rb, sebelumnya pakai astra shell 10W-30.. 4rb lebih keliatan udh butek banget.
sekalian saya juga mau kuras matic, rekomend flush biasa pake alat atau yang sampai dibongkar-bongkar?
dan spek oli maticnya pakai apa ya / habis berapa liter?

trims,
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by marmut »

hadztracker wrote: Mon Mar 11, 2019 3:13 halo om,
ada saran bentar lagi rush 2013 saya mau masuk km 40rb, sebelumnya pakai astra shell 10W-30.. 4rb lebih keliatan udh butek banget.
sekalian saya juga mau kuras matic, rekomend flush biasa pake alat atau yang sampai dibongkar-bongkar?
dan spek oli maticnya pakai apa ya / habis berapa liter?

trims,

shell astra 10w30 bukannya API SM? emang rush pake roller rocker arm?
hadztracker
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Thu Nov 23, 2017 14:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by hadztracker »

marmut wrote: Mon Mar 11, 2019 3:53
shell astra 10w30 bukannya API SM? emang rush pake roller rocker arm?
kemarin waktu promo aja isinya.
mcc
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Apr 14, 2013 14:49

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by mcc »

Turboman wrote: Mon Mar 11, 2019 2:45
mcc wrote:om Turbo,
ada alternatif Q8 T800 ga buat Innova Diesel 2010, harganya duniaoli di toped kok murah banget yah ?
duniaoli utk Q8 barang dari distro resmi

aman
T800 sama ptt 10W-30 lebih ok mana om ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by Turboman »

mcc wrote:
Turboman wrote: Mon Mar 11, 2019 2:45
mcc wrote:om Turbo,
ada alternatif Q8 T800 ga buat Innova Diesel 2010, harganya duniaoli di toped kok murah banget yah ?
duniaoli utk Q8 barang dari distro resmi

aman
T800 sama ptt 10W-30 lebih ok mana om ?
beda dong 10W40 dan 10W30.......Apple & Orange

mau utk mesin Diesel apa duluu ?

2KD ?

2KD kalo kondisi prima bisa pakai 10W30 API CI-4 kalo mau tarikan enteng

Kalo udah modip berat / Power naik banyak, ane pilih buntut 40
* Bukan ajakan Beli *
satukata
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Tue Jul 29, 2014 10:37

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09

Post by satukata »

Tanya om suhu turbo,
Avanza 2016,
Oli metik, di manual ditulis atf T-IV,
kalo pake atf aisin, pake yg afw+ ?
trims sblmnya..