Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Mau nimbrung sedikit mengenai pemakaian oli diesel di mesin bensin berdasarkan pengalaman saya.
Saya pernah pakai PFD, Kendall Diesel (10w30 dan 15w40), Gulf Diesel (lupa namanya apa TDci atau apa gitu) dan Delvac 1 di mesin bensin tuir, M52 dan 7k. Berdasarkan pengalaman, oli diesel yang saya pakai di mesin bensin cepat mengental dan cenderung membuat tarikan mesin jadi berat, kadang cuman dalam jangka waktu 1000-2000km saja. Mesin bensin di atas biasanya memakai oli bensin dengan grade 5w40/10w40.
PFD di M52 hanya enak di 500-1000km pertama. Setelah itu saya ganti karena kental sekali (dari dipstick). Kendall Diesel yang 10w30 di M52 ok... tapi saya juga ganti pas di 3000km, karena saya lihat di tutup oli mesin sudah mulai menguning dan banyak blow by yang nempel. Gulf tidak sempat lama karena pemakaian hanya sebentar di 7k. Delvac 1 di M52 keliatannya ok, tapi memang tarikan jadi berat setelah jalan 1000km.... sekarang hampir mencapat 3000km. Mungkin oli diesel lebih cepat mengental (karena suhu temperature panas mesin bensin di ruang bakar lebih besar dari mesin diesel ~ silahkan koreksi apabila saya salah) atau memang jeroan mesin saya kotor banget (jadi oli cepat mengental), atau memang ada sebab lainnya yang tidak saya ketahui.
Jadi, kalau dari pengalaman saya, kalau memang mau pakai oli diesel di mesin bensin, pilih oli diesel yang tahan panas (dari specnya mestinya keliatan) dan minimal kudu synthetic grade. Berangkat dari pengetahuan ini, kalau saya mau nyuci/memakai oli diesel di mesin bensin, saya bakal pilih yang gradenya double.... SN dan CI-4/CJ-4/CK-4 ACEA C3 dan tidak menggunakan oli diesel grade A2 di mesin bensin. Syukur2x bisa ketemu oli yang gradenya VW504 (bensin)/507 (diesel).....ini kayaknya jarang banget dan gradenya masuk low SAPS. Semoga membantu.
Saya pernah pakai PFD, Kendall Diesel (10w30 dan 15w40), Gulf Diesel (lupa namanya apa TDci atau apa gitu) dan Delvac 1 di mesin bensin tuir, M52 dan 7k. Berdasarkan pengalaman, oli diesel yang saya pakai di mesin bensin cepat mengental dan cenderung membuat tarikan mesin jadi berat, kadang cuman dalam jangka waktu 1000-2000km saja. Mesin bensin di atas biasanya memakai oli bensin dengan grade 5w40/10w40.
PFD di M52 hanya enak di 500-1000km pertama. Setelah itu saya ganti karena kental sekali (dari dipstick). Kendall Diesel yang 10w30 di M52 ok... tapi saya juga ganti pas di 3000km, karena saya lihat di tutup oli mesin sudah mulai menguning dan banyak blow by yang nempel. Gulf tidak sempat lama karena pemakaian hanya sebentar di 7k. Delvac 1 di M52 keliatannya ok, tapi memang tarikan jadi berat setelah jalan 1000km.... sekarang hampir mencapat 3000km. Mungkin oli diesel lebih cepat mengental (karena suhu temperature panas mesin bensin di ruang bakar lebih besar dari mesin diesel ~ silahkan koreksi apabila saya salah) atau memang jeroan mesin saya kotor banget (jadi oli cepat mengental), atau memang ada sebab lainnya yang tidak saya ketahui.
Jadi, kalau dari pengalaman saya, kalau memang mau pakai oli diesel di mesin bensin, pilih oli diesel yang tahan panas (dari specnya mestinya keliatan) dan minimal kudu synthetic grade. Berangkat dari pengetahuan ini, kalau saya mau nyuci/memakai oli diesel di mesin bensin, saya bakal pilih yang gradenya double.... SN dan CI-4/CJ-4/CK-4 ACEA C3 dan tidak menggunakan oli diesel grade A2 di mesin bensin. Syukur2x bisa ketemu oli yang gradenya VW504 (bensin)/507 (diesel).....ini kayaknya jarang banget dan gradenya masuk low SAPS. Semoga membantu.
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
ada kemungkinan si oli Diesel tsb "mencuci" endapan2 / sludge2 / kerak2 karbon pada mesin bensin andaexflowly wrote:Mau nimbrung sedikit mengenai pemakaian oli diesel di mesin bensin berdasarkan pengalaman saya.
Saya pernah pakai PFD, Kendall Diesel (10w30 dan 15w40), Gulf Diesel (lupa namanya apa TDci atau apa gitu) dan Delvac 1 di mesin bensin tuir, M52 dan 7k. Berdasarkan pengalaman, oli diesel yang saya pakai di mesin bensin cepat mengental dan cenderung membuat tarikan mesin jadi berat, kadang cuman dalam jangka waktu 1000-2000km saja. Mesin bensin di atas biasanya memakai oli bensin dengan grade 5w40/10w40.
PFD di M52 hanya enak di 500-1000km pertama. Setelah itu saya ganti karena kental sekali (dari dipstick). Kendall Diesel yang 10w30 di M52 ok... tapi saya juga ganti pas di 3000km, karena saya lihat di tutup oli mesin sudah mulai menguning dan banyak blow by yang nempel. Gulf tidak sempat lama karena pemakaian hanya sebentar di 7k. Delvac 1 di M52 keliatannya ok, tapi memang tarikan jadi berat setelah jalan 1000km.... sekarang hampir mencapat 3000km. Mungkin oli diesel lebih cepat mengental (karena suhu temperature panas mesin bensin di ruang bakar lebih besar dari mesin diesel ~ silahkan koreksi apabila saya salah) atau memang jeroan mesin saya kotor banget (jadi oli cepat mengental), atau memang ada sebab lainnya yang tidak saya ketahui.
Jadi, kalau dari pengalaman saya, kalau memang mau pakai oli diesel di mesin bensin, pilih oli diesel yang tahan panas (dari specnya mestinya keliatan) dan minimal kudu synthetic grade. Berangkat dari pengetahuan ini, kalau saya mau nyuci/memakai oli diesel di mesin bensin, saya bakal pilih yang gradenya double.... SN dan CI-4/CJ-4/CK-4 ACEA C3 dan tidak menggunakan oli diesel grade A2 di mesin bensin. Syukur2x bisa ketemu oli yang gradenya VW504 (bensin)/507 (diesel).....ini kayaknya jarang banget dan gradenya masuk low SAPS. Semoga membantu.
si oli melarutkan semua endapan / sludge dari bagian2 mesin yang tak terlihat oleh kita
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Mungkin om turbo....tapi untuk PFD saya rasa cepat sekali kentalnya. Yang Kendall 10w30 dan Delvac ok, mungkin ke depannya saya cari oli diesel full syn yang buntut 30 untuk M52.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Soluna
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Kalau udah low SAPS kadar antiwear nya di batasin 800 jadi agak beda kadar proteksi nya dari saya pnasaran cobaexflowly wrote: ↑Sat Mar 09, 2019 14:27 Mau nimbrung sedikit mengenai pemakaian oli diesel di mesin bensin berdasarkan pengalaman saya.
Saya pernah pakai PFD, Kendall Diesel (10w30 dan 15w40), Gulf Diesel (lupa namanya apa TDci atau apa gitu) dan Delvac 1 di mesin bensin tuir, M52 dan 7k. Berdasarkan pengalaman, oli diesel yang saya pakai di mesin bensin cepat mengental dan cenderung membuat tarikan mesin jadi berat, kadang cuman dalam jangka waktu 1000-2000km saja. Mesin bensin di atas biasanya memakai oli bensin dengan grade 5w40/10w40.
PFD di M52 hanya enak di 500-1000km pertama. Setelah itu saya ganti karena kental sekali (dari dipstick). Kendall Diesel yang 10w30 di M52 ok... tapi saya juga ganti pas di 3000km, karena saya lihat di tutup oli mesin sudah mulai menguning dan banyak blow by yang nempel. Gulf tidak sempat lama karena pemakaian hanya sebentar di 7k. Delvac 1 di M52 keliatannya ok, tapi memang tarikan jadi berat setelah jalan 1000km.... sekarang hampir mencapat 3000km. Mungkin oli diesel lebih cepat mengental (karena suhu temperature panas mesin bensin di ruang bakar lebih besar dari mesin diesel ~ silahkan koreksi apabila saya salah) atau memang jeroan mesin saya kotor banget (jadi oli cepat mengental), atau memang ada sebab lainnya yang tidak saya ketahui.
Jadi, kalau dari pengalaman saya, kalau memang mau pakai oli diesel di mesin bensin, pilih oli diesel yang tahan panas (dari specnya mestinya keliatan) dan minimal kudu synthetic grade. Berangkat dari pengetahuan ini, kalau saya mau nyuci/memakai oli diesel di mesin bensin, saya bakal pilih yang gradenya double.... SN dan CI-4/CJ-4/CK-4 ACEA C3 dan tidak menggunakan oli diesel grade A2 di mesin bensin. Syukur2x bisa ketemu oli yang gradenya VW504 (bensin)/507 (diesel).....ini kayaknya jarang banget dan gradenya masuk low SAPS. Semoga membantu.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Kayaknya kalo dr pengalaman saya, plg pas buat M52 adalah 0/5w30 tp yg anti wearnya bagus (bkn roller rocker abisnya).
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Wah thanks infonya om turbo...
Jd pengen coba FK massimo crdi CJ-4..
gaspol resing tim
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Mesin diesel umumnya lebih tinggi om suhu mesinnya.. rata2 temp kerja di 100-105°C atau lebih.. kalo bensin di 88-98°Cexflowly wrote: ↑Sat Mar 09, 2019 14:27 Mau nimbrung sedikit mengenai pemakaian oli diesel di mesin bensin berdasarkan pengalaman saya.
Saya pernah pakai PFD, Kendall Diesel (10w30 dan 15w40), Gulf Diesel (lupa namanya apa TDci atau apa gitu) dan Delvac 1 di mesin bensin tuir, M52 dan 7k. Berdasarkan pengalaman, oli diesel yang saya pakai di mesin bensin cepat mengental dan cenderung membuat tarikan mesin jadi berat, kadang cuman dalam jangka waktu 1000-2000km saja. Mesin bensin di atas biasanya memakai oli bensin dengan grade 5w40/10w40.
PFD di M52 hanya enak di 500-1000km pertama. Setelah itu saya ganti karena kental sekali (dari dipstick). Kendall Diesel yang 10w30 di M52 ok... tapi saya juga ganti pas di 3000km, karena saya lihat di tutup oli mesin sudah mulai menguning dan banyak blow by yang nempel. Gulf tidak sempat lama karena pemakaian hanya sebentar di 7k. Delvac 1 di M52 keliatannya ok, tapi memang tarikan jadi berat setelah jalan 1000km.... sekarang hampir mencapat 3000km. Mungkin oli diesel lebih cepat mengental (karena suhu temperature panas mesin bensin di ruang bakar lebih besar dari mesin diesel ~ silahkan koreksi apabila saya salah) atau memang jeroan mesin saya kotor banget (jadi oli cepat mengental), atau memang ada sebab lainnya yang tidak saya ketahui.
Jadi, kalau dari pengalaman saya, kalau memang mau pakai oli diesel di mesin bensin, pilih oli diesel yang tahan panas (dari specnya mestinya keliatan) dan minimal kudu synthetic grade. Berangkat dari pengetahuan ini, kalau saya mau nyuci/memakai oli diesel di mesin bensin, saya bakal pilih yang gradenya double.... SN dan CI-4/CJ-4/CK-4 ACEA C3 dan tidak menggunakan oli diesel grade A2 di mesin bensin. Syukur2x bisa ketemu oli yang gradenya VW504 (bensin)/507 (diesel).....ini kayaknya jarang banget dan gradenya masuk low SAPS. Semoga membantu.
Memang pengecualian buat mesin M52 ini.. udah pake thermostat gede (88) aja di obc stalk pernah nyentuh 110°C..
Tapi sekedar saran, soal block M52 yg konon alusil issues, jgn pake HDEO macem delvac 1 dkk yg TBN nya tinggi bgt itu.. mana M52 pake timing chain..
Malah sepertinya dari yg saya baca2, block alusil n nikasil bmw ini harusnya pake yg PAO based...
CMIIW
gaspol resing tim
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Sat Apr 30, 2016 9:04
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Yakin suhu oli di mesin diesel lbh tinggi?rendr wrote:Mesin diesel umumnya lebih tinggi om suhu mesinnya.. rata2 temp kerja di 100-105°C atau lebih.. kalo bensin di 88-98°Cexflowly wrote: ↑Sat Mar 09, 2019 14:27 Mau nimbrung sedikit mengenai pemakaian oli diesel di mesin bensin berdasarkan pengalaman saya.
Saya pernah pakai PFD, Kendall Diesel (10w30 dan 15w40), Gulf Diesel (lupa namanya apa TDci atau apa gitu) dan Delvac 1 di mesin bensin tuir, M52 dan 7k. Berdasarkan pengalaman, oli diesel yang saya pakai di mesin bensin cepat mengental dan cenderung membuat tarikan mesin jadi berat, kadang cuman dalam jangka waktu 1000-2000km saja. Mesin bensin di atas biasanya memakai oli bensin dengan grade 5w40/10w40.
PFD di M52 hanya enak di 500-1000km pertama. Setelah itu saya ganti karena kental sekali (dari dipstick). Kendall Diesel yang 10w30 di M52 ok... tapi saya juga ganti pas di 3000km, karena saya lihat di tutup oli mesin sudah mulai menguning dan banyak blow by yang nempel. Gulf tidak sempat lama karena pemakaian hanya sebentar di 7k. Delvac 1 di M52 keliatannya ok, tapi memang tarikan jadi berat setelah jalan 1000km.... sekarang hampir mencapat 3000km. Mungkin oli diesel lebih cepat mengental (karena suhu temperature panas mesin bensin di ruang bakar lebih besar dari mesin diesel ~ silahkan koreksi apabila saya salah) atau memang jeroan mesin saya kotor banget (jadi oli cepat mengental), atau memang ada sebab lainnya yang tidak saya ketahui.
Jadi, kalau dari pengalaman saya, kalau memang mau pakai oli diesel di mesin bensin, pilih oli diesel yang tahan panas (dari specnya mestinya keliatan) dan minimal kudu synthetic grade. Berangkat dari pengetahuan ini, kalau saya mau nyuci/memakai oli diesel di mesin bensin, saya bakal pilih yang gradenya double.... SN dan CI-4/CJ-4/CK-4 ACEA C3 dan tidak menggunakan oli diesel grade A2 di mesin bensin. Syukur2x bisa ketemu oli yang gradenya VW504 (bensin)/507 (diesel).....ini kayaknya jarang banget dan gradenya masuk low SAPS. Semoga membantu.
Memang pengecualian buat mesin M52 ini.. udah pake thermostat gede (88) aja di obc stalk pernah nyentuh 110°C..
Tapi sekedar saran, soal block M52 yg konon alusil issues, jgn pake HDEO macem delvac 1 dkk yg TBN nya tinggi bgt itu.. mana M52 pake timing chain..
Malah sepertinya dari yg saya baca2, block alusil n nikasil bmw ini harusnya pake yg PAO based...
CMIIW
Saya ngertinya di diesel sering lean burn/solar semprotannya amat sedikit pas cruise. Suhu ruang bakar dia tinggi hanya kalau akselerasi... sedangkan di mesin bensin, ruang bakar pasti kena api dr spark plug terus.
Boleh tau mengapa Delvac 1 tidak cocok di M52? Saya pake termo 80, suhu cruising stabil di 91-92 dr KTMP, mesin sdh modif dan tdk standard. Kalau macet dan sering idle baru naik suhunya. Termo 92 trll tinggi..88 cuman beda tipis. 80 saya bilang pas.. 70 mungkin lbh ok, tp saya gak mau DME rich mixture terus kalo jalan di daerah dingin dan suhu coolant gak naik2x.
TBN D1 adalah 10... berdasarkan hasil test lab. Dia juga ada Boron dan Moly (kalau tdk salah ingat) jadi untuk blok alusil dan nilkasil cocok. Ada oli yg lbh cocok dr kandungan kedua zat ini, yaitu M1 0w40... tp harganya jauh.
Silahkan pencerahannya om
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Suhu coolant Diesel dan Oil Temp mesin Diesel umumnya lebih rendah drpd mesin bensinrendr wrote:Mesin diesel umumnya lebih tinggi om suhu mesinnya.. rata2 temp kerja di 100-105°C atau lebih.. kalo bensin di 88-98°Cexflowly wrote: ↑Sat Mar 09, 2019 14:27 Mau nimbrung sedikit mengenai pemakaian oli diesel di mesin bensin berdasarkan pengalaman saya.
Saya pernah pakai PFD, Kendall Diesel (10w30 dan 15w40), Gulf Diesel (lupa namanya apa TDci atau apa gitu) dan Delvac 1 di mesin bensin tuir, M52 dan 7k. Berdasarkan pengalaman, oli diesel yang saya pakai di mesin bensin cepat mengental dan cenderung membuat tarikan mesin jadi berat, kadang cuman dalam jangka waktu 1000-2000km saja. Mesin bensin di atas biasanya memakai oli bensin dengan grade 5w40/10w40.
PFD di M52 hanya enak di 500-1000km pertama. Setelah itu saya ganti karena kental sekali (dari dipstick). Kendall Diesel yang 10w30 di M52 ok... tapi saya juga ganti pas di 3000km, karena saya lihat di tutup oli mesin sudah mulai menguning dan banyak blow by yang nempel. Gulf tidak sempat lama karena pemakaian hanya sebentar di 7k. Delvac 1 di M52 keliatannya ok, tapi memang tarikan jadi berat setelah jalan 1000km.... sekarang hampir mencapat 3000km. Mungkin oli diesel lebih cepat mengental (karena suhu temperature panas mesin bensin di ruang bakar lebih besar dari mesin diesel ~ silahkan koreksi apabila saya salah) atau memang jeroan mesin saya kotor banget (jadi oli cepat mengental), atau memang ada sebab lainnya yang tidak saya ketahui.
Jadi, kalau dari pengalaman saya, kalau memang mau pakai oli diesel di mesin bensin, pilih oli diesel yang tahan panas (dari specnya mestinya keliatan) dan minimal kudu synthetic grade. Berangkat dari pengetahuan ini, kalau saya mau nyuci/memakai oli diesel di mesin bensin, saya bakal pilih yang gradenya double.... SN dan CI-4/CJ-4/CK-4 ACEA C3 dan tidak menggunakan oli diesel grade A2 di mesin bensin. Syukur2x bisa ketemu oli yang gradenya VW504 (bensin)/507 (diesel).....ini kayaknya jarang banget dan gradenya masuk low SAPS. Semoga membantu.
Memang pengecualian buat mesin M52 ini.. udah pake thermostat gede (88) aja di obc stalk pernah nyentuh 110°C..
Tapi sekedar saran, soal block M52 yg konon alusil issues, jgn pake HDEO macem delvac 1 dkk yg TBN nya tinggi bgt itu.. mana M52 pake timing chain..
Malah sepertinya dari yg saya baca2, block alusil n nikasil bmw ini harusnya pake yg PAO based...
CMIIW
2KD FTV suhu coolant 83 - 85 deg C, suhu oli mesin saat jalan normal di 85 deg C, kalo ngebut high RPM baru dia naik suhu nya.......(saya pernah ukur pake Oil Temp gauge)
Dulu pernah Test Drive VW 1.4 TSI ada Oil Temp indicator, jalan normal aja udah 92 deg C
Tapi baik mesin Diesel / Petrol, kalo kita jalan normal (bukan high RPM) spt nya rata2 suhu oli mesin mirip dengan suhu coolant, jadi tergantung suhu kerja Termostat nya
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Oke.. hanya analogi saya begini, kompresi bakar mesin diesel lebih tinggi dari bensin right? Jika dipersamaan gas ideal P(tekanan) semakin tinggi maka T(suhu) akan semakin tinggi pula? Kalo di fluida memang akan berbanding terbalik...exflowly wrote: ↑Sat Mar 09, 2019 18:08Yakin suhu oli di mesin diesel lbh tinggi?rendr wrote:Mesin diesel umumnya lebih tinggi om suhu mesinnya.. rata2 temp kerja di 100-105°C atau lebih.. kalo bensin di 88-98°C
Memang pengecualian buat mesin M52 ini.. udah pake thermostat gede (88) aja di obc stalk pernah nyentuh 110°C..
Tapi sekedar saran, soal block M52 yg konon alusil issues, jgn pake HDEO macem delvac 1 dkk yg TBN nya tinggi bgt itu.. mana M52 pake timing chain..
Malah sepertinya dari yg saya baca2, block alusil n nikasil bmw ini harusnya pake yg PAO based...
CMIIW
Saya ngertinya di diesel sering lean burn/solar semprotannya amat sedikit pas cruise. Suhu ruang bakar dia tinggi hanya kalau akselerasi... sedangkan di mesin bensin, ruang bakar pasti kena api dr spark plug terus.
Boleh tau mengapa Delvac 1 tidak cocok di M52? Saya pake termo 80, suhu cruising stabil di 91-92 dr KTMP, mesin sdh modif dan tdk standard. Kalau macet dan sering idle baru naik suhunya. Termo 92 trll tinggi..88 cuman beda tipis. 80 saya bilang pas.. 70 mungkin lbh ok, tp saya gak mau DME rich mixture terus kalo jalan di daerah dingin dan suhu coolant gak naik2x.
TBN D1 adalah 10... berdasarkan hasil test lab. Dia juga ada Boron dan Moly (kalau tdk salah ingat) jadi untuk blok alusil dan nilkasil cocok. Ada oli yg lbh cocok dr kandungan kedua zat ini, yaitu M1 0w40... tp harganya jauh.
Silahkan pencerahannya om
Ini untuk case mesin yg sama2 naturally aspirated, kalo forced induction tentu akan beda hasilnya..
Sorry2 ralat, maksud saya ZDDP bukan TBN.. betul memang boron nitrade itu yg dibutuhkan untuk alusil n nikasil block nya bmw.. tapi...
ZDDP terlampau tinggi akibatnya buruk buat timing chain.. saya lihat hasil riset yg pernah di post oom turboman..
Mohon koreksinya kembali..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
gaspol resing tim
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Well noted.. saya setuju pada akhirnya semua bergantung ke kinerja thermostatnya..Turboman wrote: ↑Sat Mar 09, 2019 22:47Suhu coolant Diesel dan Oil Temp mesin Diesel umumnya lebih rendah drpd mesin bensinrendr wrote:Mesin diesel umumnya lebih tinggi om suhu mesinnya.. rata2 temp kerja di 100-105°C atau lebih.. kalo bensin di 88-98°Cexflowly wrote: ↑Sat Mar 09, 2019 14:27 Mau nimbrung sedikit mengenai pemakaian oli diesel di mesin bensin berdasarkan pengalaman saya.
Saya pernah pakai PFD, Kendall Diesel (10w30 dan 15w40), Gulf Diesel (lupa namanya apa TDci atau apa gitu) dan Delvac 1 di mesin bensin tuir, M52 dan 7k. Berdasarkan pengalaman, oli diesel yang saya pakai di mesin bensin cepat mengental dan cenderung membuat tarikan mesin jadi berat, kadang cuman dalam jangka waktu 1000-2000km saja. Mesin bensin di atas biasanya memakai oli bensin dengan grade 5w40/10w40.
PFD di M52 hanya enak di 500-1000km pertama. Setelah itu saya ganti karena kental sekali (dari dipstick). Kendall Diesel yang 10w30 di M52 ok... tapi saya juga ganti pas di 3000km, karena saya lihat di tutup oli mesin sudah mulai menguning dan banyak blow by yang nempel. Gulf tidak sempat lama karena pemakaian hanya sebentar di 7k. Delvac 1 di M52 keliatannya ok, tapi memang tarikan jadi berat setelah jalan 1000km.... sekarang hampir mencapat 3000km. Mungkin oli diesel lebih cepat mengental (karena suhu temperature panas mesin bensin di ruang bakar lebih besar dari mesin diesel ~ silahkan koreksi apabila saya salah) atau memang jeroan mesin saya kotor banget (jadi oli cepat mengental), atau memang ada sebab lainnya yang tidak saya ketahui.
Jadi, kalau dari pengalaman saya, kalau memang mau pakai oli diesel di mesin bensin, pilih oli diesel yang tahan panas (dari specnya mestinya keliatan) dan minimal kudu synthetic grade. Berangkat dari pengetahuan ini, kalau saya mau nyuci/memakai oli diesel di mesin bensin, saya bakal pilih yang gradenya double.... SN dan CI-4/CJ-4/CK-4 ACEA C3 dan tidak menggunakan oli diesel grade A2 di mesin bensin. Syukur2x bisa ketemu oli yang gradenya VW504 (bensin)/507 (diesel).....ini kayaknya jarang banget dan gradenya masuk low SAPS. Semoga membantu.
Memang pengecualian buat mesin M52 ini.. udah pake thermostat gede (88) aja di obc stalk pernah nyentuh 110°C..
Tapi sekedar saran, soal block M52 yg konon alusil issues, jgn pake HDEO macem delvac 1 dkk yg TBN nya tinggi bgt itu.. mana M52 pake timing chain..
Malah sepertinya dari yg saya baca2, block alusil n nikasil bmw ini harusnya pake yg PAO based...
CMIIW
2KD FTV suhu coolant 83 - 85 deg C, suhu oli mesin saat jalan normal di 85 deg C, kalo ngebut high RPM baru dia naik suhu nya.......(saya pernah ukur pake Oil Temp gauge)
Dulu pernah Test Drive VW 1.4 TSI ada Oil Temp indicator, jalan normal aja udah 92 deg C
Tapi baik mesin Diesel / Petrol, kalo kita jalan normal (bukan high RPM) spt nya rata2 suhu oli mesin mirip dengan suhu coolant, jadi tergantung suhu kerja Termostat nya
Kalo sudah sama2 forced induction gini memang... spt contoh yg sama bmw f30 320i vs 320d bensin dan diesel, 320i stabil di suhu 120°C, 320d di 100°C pas.. (temp gauge masing2 tipe)
gaspol resing tim
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 177
- Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Sy sekarang lagi pake kendall diesel 10w-30 di k3ve xenia. Uda jalan 1000an km. Jalan 2bulan.
Ntr coba saya liat, ada endapan ato engga.
Sebelumnya pake kixx 5w30.
Kl di mobil ini, oli nya sering disiksa. Oli temp nya sering tembus 110 c.
Ntr coba saya liat, ada endapan ato engga.
Sebelumnya pake kixx 5w30.
Kl di mobil ini, oli nya sering disiksa. Oli temp nya sering tembus 110 c.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1361
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Ikut nimbrung juga mengenai pemakaian Diesel Engine Oil on Gasoline Engine.
Kondisi PTT Dynamic Commonrail 10W30 (Semi Synthetic) sedang dipakai di HR15DE ver.2 sudah berjalan 2.351 km selama dua bulan kurang sedikit.
Tarikan masih enak sama seperti ketika baru ganti oli. Penguapan tetap ada dikit (*karena karakter mesin sepertinya?). Warna oli masih ok. Sludge di plat penuangan oli nya masih ada juga .
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2306
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Many thanks sharenya om rendrrendr wrote: ↑Wed Mar 06, 2019 2:12
PM sent Oom..
K12M ignis enak kok om.. dan ternyata non VVT ya.. tp ngacir bgt.. pernah liat ada yg tembus 185 kpj stock engine.. gokil juga.. even non VVT tapi irit luar biasa juga.. no gimmicks.. hahahaha
Kalo terpaksa bgt pake oli suzuki, boleh coba minta pake SGO 5w30 SN botol biru om.. dan pastiin dapet yg botolan bukan drum.. saya lg pake itu gara2 terpaksa di service wajib kemaren, jauh lebih enak dari SGO 0w20 SM.. malah lebih irit, dan kyknya VI nya lbh bagus, kondisi panas terik macet2an ga gitu berasa drop performancenya.. tapi ya pake buat di interval 5rb km aja
Next saya mau coba SGO Diesel Acea A5/B5 di M15A gimana hasilnya... lumayan buat input temen2 user suzuki yg terpaksa pake oli SGO..
Sangat menambah ilmu hehe
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Soluna
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Mobil delvac 1 125rb di toko ijo kira kira ori apa ga ya?
Kurang tau harga pasar delvac 1 soalnya
Kurang tau harga pasar delvac 1 soalnya
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Cross Check ke Indo One ajaDevilS wrote:Mobil delvac 1 125rb di toko ijo kira kira ori apa ga ya?
Kurang tau harga pasar delvac 1 soalnya
kalo bener Indo One jual ke toko tsb ya monggo
ini kalo toko nya di wilayah Jkt & sekitar
di ToPed juga ada Official store ExxonMobil
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Fri Feb 01, 2019 3:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Soluna
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Sip om turbo thankyou yaTurboman wrote: ↑Sun Mar 10, 2019 6:18Cross Check ke Indo One ajaDevilS wrote:Mobil delvac 1 125rb di toko ijo kira kira ori apa ga ya?
Kurang tau harga pasar delvac 1 soalnya
kalo bener Indo One jual ke toko tsb ya monggo
ini kalo toko nya di wilayah Jkt & sekitar
di ToPed juga ada Official store ExxonMobil
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sun Apr 14, 2013 14:49
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
om Turbo,
ada alternatif Q8 T800 ga buat Innova Diesel 2010, harganya duniaoli di toped kok murah banget yah ?
ada alternatif Q8 T800 ga buat Innova Diesel 2010, harganya duniaoli di toped kok murah banget yah ?
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
duniaoli utk Q8 barang dari distro resmimcc wrote:om Turbo,
ada alternatif Q8 T800 ga buat Innova Diesel 2010, harganya duniaoli di toped kok murah banget yah ?
aman
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Thu Nov 23, 2017 14:58
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
halo om,
ada saran bentar lagi rush 2013 saya mau masuk km 40rb, sebelumnya pakai astra shell 10W-30.. 4rb lebih keliatan udh butek banget.
sekalian saya juga mau kuras matic, rekomend flush biasa pake alat atau yang sampai dibongkar-bongkar?
dan spek oli maticnya pakai apa ya / habis berapa liter?
trims,
ada saran bentar lagi rush 2013 saya mau masuk km 40rb, sebelumnya pakai astra shell 10W-30.. 4rb lebih keliatan udh butek banget.
sekalian saya juga mau kuras matic, rekomend flush biasa pake alat atau yang sampai dibongkar-bongkar?
dan spek oli maticnya pakai apa ya / habis berapa liter?
trims,
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11461
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
hadztracker wrote: ↑Mon Mar 11, 2019 3:13 halo om,
ada saran bentar lagi rush 2013 saya mau masuk km 40rb, sebelumnya pakai astra shell 10W-30.. 4rb lebih keliatan udh butek banget.
sekalian saya juga mau kuras matic, rekomend flush biasa pake alat atau yang sampai dibongkar-bongkar?
dan spek oli maticnya pakai apa ya / habis berapa liter?
trims,
shell astra 10w30 bukannya API SM? emang rush pake roller rocker arm?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Thu Nov 23, 2017 14:58
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sun Apr 14, 2013 14:49
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
beda dong 10W40 dan 10W30.......Apple & Orange
mau utk mesin Diesel apa duluu ?
2KD ?
2KD kalo kondisi prima bisa pakai 10W30 API CI-4 kalo mau tarikan enteng
Kalo udah modip berat / Power naik banyak, ane pilih buntut 40
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Tue Jul 29, 2014 10:37
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 09
Tanya om suhu turbo,
Avanza 2016,
Oli metik, di manual ditulis atf T-IV,
kalo pake atf aisin, pake yg afw+ ?
trims sblmnya..
Avanza 2016,
Oli metik, di manual ditulis atf T-IV,
kalo pake atf aisin, pake yg afw+ ?
trims sblmnya..