Review Mazda8 2011

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Review Mazda8 2011

Post by andy1800 »

k888 wrote:
andy1800 wrote:
k888 wrote:Mau kasih review, indent Mazda 8 putih ketika IIMS, mobilnya baru datang hari Sabtu kemarin.
congratz :off_good_job:


k888 wrote: Hari Sabtu diajak jalan sesuai dengan Test Drive memang tarikan bawahnya lemot,
sebelumnya pakai C24 jadi nggak terbiasa dengan feature dan tombol yang begitu banyak dimobil :mky_01:

Bantingan memang lebih keras dibanding C24, tapi bisa diterima dengan baik karena posisi duduk pengemudi sangat nyaman sekali.
nah bagus ini, ada user m8 yg sblumnya C24. jd bisa kita minta pendapatnya shg mgkin bs dipakai dasar utk memperkirakan gimana karakteristik serena C26 nantinya. mskipun tetep beda kelas harga ya. (sbnernya klo mau apel tu apel sih mmg formerly user C24 yg meremajakannya ke Biante).

suspensi lbh keras atau lembut bukanlah lbh baik/buruk. tp lbh kpd kesukaan msg2 pribadi. demikian jg masalah feel dr tarikan mesinnya.

jd mohon pendapatnya, dalam kedua posisi: sbg yg nyetir ...dan... sbg penumpang.
- klo melulu cm hal suspensinya saja, mengesampingkan limpahan fitur2, jdnya lbh suka bantingan serena lamanya atau m8 nya ini?
- tarikan nya, lbh suka si nissan atau mazda ini?



.
Nih review sebagai driver.

Alasan pindah dari C24 ke Mazda 8 karena posisi nyetir C24 tidak enak sama sekali, sudah dibandingan dengan Biante, posisi nyetirnya tidak terlalu beda jauh dengan C24.
C24 memang menawarkan kenyamanan bagi penumpang dibaris kedua tapi tidak untuk drivernya, menurut ane semua mobil yang tipicalnya sama seperti C24, Biante bahkan Alphard sekalianpun tidak menawarkan posisi mengendara lebih baik dibanding Mazda 8.
Ini mungkin karena tinggi badan ane 180cm jadi tidak menyukai mobil yang posisi duduknya tinggi.

Nih review sebagai penumpang

Sekilas mata kelapangan kabin antara C24 dengan Mazda 8 jelas lebih lapang C24 disebabkan karena tinggi plafon yang lebih tinggi dan ukuran bangku Mazda 8 jelas lebih besar dibanding C24.
Bagi penumpang yang kakinya cukup panjang, jelas duduk di Mazda 8 lebih enak, karena posisi paha yang tercover penuh oleh ukuran jok mazda 8, sedangkan di C24 ukuran jok lebih kecil, hal ini juga yang menyebabkan kesan luas pada C24 karena size joknya lebih kecil.
Untuk posisi duduk dibaris 3 harus kompromi dengan baris 2 jika mau duduknya nyaman, karena bangku baris 3 tidak bisa digeser mundur (ini adalah salah satu kekurangan Mazda 8 dibanding Biante, walaupun C24 jg nggak bisa digeser bangku baris 3nya)

Untuk Tarikan

C24 toel dikit gasnya udah jalan, ini Mazda 8 harus ditekan lebih dalam baru jalan, menurut ane tarikan awal enakan C24 kemana2x

Untuk Kenyamanan (Bantingan)
C24 bantingan lebih enak dan lebih empuk, untuk penumpang jelas C24 lebih nyaman jika menghadapi jalanan yang tidak mulus. Mazda 8 bantingannya lebih keras tapi ini dikompromikan dengan jok penumpang yang lebih nyaman dari banding C24, bagi pengemudi jelas lebih enak Mazda 8 karena efek limbung dari Mazda 8 tidak sebesar C24.

Untuk Pengereman
Bawa C24 agak ngeri kalau ngerem mendadak, apalagi dari kecepatan tinggi, mobil seakan2x tidak mau berhenti, apalagi jika posisi penumpang penuh.
Mazda 8 kemarin test di tol, sistem pengereman jauh lebih baik kemana2x dibandingkan C24, ditest dengan posisi 6 penumpang (4 dewasa dan 2 anak kecil)

Banyak pertanyaan kenapa dari C24 tidak pindah ke Biante atau menunggu C26 atau Noah.

Jawabannya cukup simple, ketika membeli C24 sebenarnya sudah tau kalau posisi mengemudi pasti sudah tidak nyaman, tapi ane mengalah karena Menkeu dan anak2x lebih diprioritaskan, sekarang jika memilih Biante/C26/Noah, posisi mengemudi kembali akan dikalahkan (Sorry bukan menjelekkan tapi sudah pernah bawa Alphard dan posisinya jg tidak enak dibagian pengemudi).
Makanya ane minta sama Menkeu utk kompromi sedikit dengan pilihan mobil pengganti C24 dan akhirnya disetujui untuk membeli Mazda 8.
WOW
deskripsi yg sangat menjelaskan nih :off_good_job:
many thanks :thanks:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Review Mazda8 2011

Post by andy1800 »

AD74YA wrote:
k888 wrote: ...
Untuk Kenyamanan (Bantingan)
C24 bantingan lebih enak dan lebih empuk, untuk penumpang jelas C24 lebih nyaman jika menghadapi jalanan yang tidak mulus. Mazda 8 bantingannya lebih keras tapi ini dikompromikan dengan jok penumpang yang lebih nyaman dari banding C24, bagi pengemudi jelas lebih enak Mazda 8 karena efek limbung dari Mazda 8 tidak sebesar C24.
...
Diatas menyebutkan kalau C24 lebih nyaman dari Mazda8, keluarga saya pasti langsung tidak setuju.. Karena naik C24 lebih limbung, plus jok yang tidak supportive seperti di M8 bikin kastanya seketika jatuh di pikiran keluarga saya.
ane bisa melihat bahwa 2 pandangan ini nampaknya mmg berkebalikan, tp sebenarnya justru satu kata ....yg intinya adlh: suspensi C24 sama2 diamini sbg empuk.

cm kemudian, spt yg biasa mengemuka, suspensi empuk tu mmg menghasilkan dua efek feeling yg berkebalikan, di msg2 tubuh/individu.
- yg satunya lbh mem-feel nya sbg sebuah kelembutan ayunan, yg efeknya membuat "nyaman" badan.
- sdgkan yg satunya lg lbh mem-feel nya sbg kelimbungan yg efeknya malah "menyiksa" badan.

*) persis spt itu jg lah yg selalu terjadi/mengemuka, ketika membicarakan efek empuknya suspensi xtrail. (trutama jika dibenchmark ke crv atau bahkan skrg cx5)...atau jg ttg efek empuknya suspensi harrier...empuknya panther (kotak)....dan semacamnya gitu deh

klo masalh kenyamanan jok, keduanya (dan byk pihak lain yg) sama2 sangat sepakat,
bhw jok C24 mmg bapuk. jauuuh, aplg dibanding ergonomis nya jok Mazda8. jok yg Benar dr m8 ini lah yg kmudian secara komposit membuat feel para penumpang di m8 jd merasakan lbh nyaman.
mskipun, tetep ada aja yg mikir, "coba klo ni mazda8 suspensinya pakai kayak yg di serena ya, niscaya..... ". atau dg kata lain pas numpang serena, "coba kalau ni serena harganya dinaikin jd 500jt, shg bs mendapatkan kualitas jok dan build quality interior nya setara sm mazda8 ya, maka niscaya..... "






AD74YA wrote:posisi duduk di C24 yang lebih tinggi mengakibatkan legroom 2nd row di C24 lebih luas, dan headroom juga lebih luas C24, kalau ini sih efek dari instalasi sunroof M8 yang bikin plafonnya turun drastis.
sepakat :off_good_job:
klo ini mobil tdk dimaksudkan utk mengangkut anak2 usia TK-SD, maka "urusan low roof nya itu sangat oke2 saja. org dewasa selalu duduk manis dlm mobil.
namun jika mempersembahkan mobil tsb demi utk "menyenang2kan" anak2 dg tinggi badan segitu, maka atap rendah nya mazda8 akan menjadi "disadvantage" tersendiri.
Biante saja jd terasa jauh lbh tinggi ya, roof height nya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mazda8 2011

Post by madcat015 »

Update untuk SPK Mazda8 ane.

Pagi ini Mazda PangSud Surabaya telp ane. Mereka di memo keras sama 'the owner of MMI' mengenai SPK ane. Jadi keputusan yang nunggu bos Mazda PangSud Surabaya langsung di bypass oleh beliau. Usut punya usut, cece ane ternyata teman dekat waktu SMP sama big boss MMI pusat.

Diskon disetujui 30jt, bonus karpet, kaca film Perfecti*n, plat sementara, no plat pilihan, dan yang paling menyenangkan, unit sudah siap (katanya). Jadi tinggal nunggu unit dikirim dari MMI pusat, beres dah. :big_peace:

Untuk custom bonus nya, wood panel di shift knob dan steering wheel JDM masih menunggu konfirmasi. Tapi ane ga peduli, yang penting unit sampe dulu... :mky_01:

Ntar siang, sales sama SPV bakal main ke kantor ane untuk membereskan segala sesuatunya. :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda8 2011

Post by AD74YA »

andy1800 wrote:
mskipun, tetep ada aja yg mikir, "coba klo ni mazda8 suspensinya pakai kayak yg di serena ya, niscaya..... ".
I certainly hope not..

andy1800 wrote:
sepakat :off_good_job:
klo ini mobil tdk dimaksudkan utk mengangkut anak2 usia TK-SD, maka "urusan low roof nya itu sangat oke2 saja. org dewasa selalu duduk manis dlm mobil.
namun jika mempersembahkan mobil tsb demi utk "menyenang2kan" anak2 dg tinggi badan segitu, maka atap rendah nya mazda8 akan menjadi "disadvantage" tersendiri.
Biante saja jd terasa jauh lbh tinggi ya, roof height nya?
Sip,, :frm_salut:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
rizalp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Oct 07, 2009 6:01

Re: Review Mazda8 2011

Post by rizalp »

AD74YA wrote:
rizalp wrote:1st day dgn M8 lsg dibawa ke Bandung, kesannya nyaman bener euy, tenaga rada berat tapi so far ok aja, cuma rem kayaknya kalo dibawa lari trs direm, rada getar ya? Cmiiw
Fc lumayan juga kayaknya 300km/50lt jadi berapa tun ya: 1:6 ya, rada boros, tp kayaknya itu krn di bandung kena macet lumayan parah, kalo di tol sih kayaknya irit.

Sementara itu dulu testinya.
Nah... itu rem geter berarti oom kena masalah di cakramnya.. Biasanya beres menyediakan jasa bubut free of charge... :frm_salut:
gak diganti ama mereka cakramnya?
mino
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Sun Jul 15, 2012 6:43

Re: Review Mazda8 2011

Post by mino »

madcat015 wrote:
Untuk custom bonus nya, wood panel di shift knob dan steering wheel JDM masih menunggu konfirmasi. :
Steering wheel JDM kaya apa tuh? apa ada audio controller nya? :e-think:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mazda8 2011

Post by madcat015 »

mino wrote:
madcat015 wrote:
Untuk custom bonus nya, wood panel di shift knob dan steering wheel JDM masih menunggu konfirmasi. :
Steering wheel JDM kaya apa tuh? apa ada audio controller nya? :e-think:
Yep. Yang ada audio controller. Ane barusan ketemuan sama Mazda PangSud. Unit delivery diperkirakan minggu depan dan hari ini Mazda PangSud sudah menarik unit dari MMI Pusat.

Hanya saja, setir M8 JDM sudah tidak ada karena M8 JDM (AWD Turbo) tidak diproduksi lagi sejak 2010. Jadi apa boleh buat. :ungg:

Bisa milih plat nomor aja udah lumayan banget :big_peace:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
k888
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Wed Oct 03, 2012 3:51

Re: Review Mazda8 2011

Post by k888 »

madcat015 wrote:
mino wrote:
madcat015 wrote:
Untuk custom bonus nya, wood panel di shift knob dan steering wheel JDM masih menunggu konfirmasi. :
Steering wheel JDM kaya apa tuh? apa ada audio controller nya? :e-think:
Yep. Yang ada audio controller. Ane barusan ketemuan sama Mazda PangSud. Unit delivery diperkirakan minggu depan dan hari ini Mazda PangSud sudah menarik unit dari MMI Pusat.

Hanya saja, setir M8 JDM sudah tidak ada karena M8 JDM (AWD Turbo) tidak diproduksi lagi sejak 2010. Jadi apa boleh buat. :ungg:

Bisa milih plat nomor aja udah lumayan banget :big_peace:

Ambil warna apa bro?
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Mazda8 2011

Post by madcat015 »

@k888: Ane ambil warna hitam gan. Yang putih udah ludes dan baru datang awal tahun depan dengan harga baru (baca: naik) :big_slap:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Review Mazda8 2011

Post by MonSTER_GTR »

bro mau tanya kalo keluar kota kan jarang ada pertamax, boleh gak pake aditif + premium?
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Review Mazda8 2011

Post by andy1800 »

AD74YA wrote:
andy1800 wrote:
sepakat :off_good_job:
klo ini mobil tdk dimaksudkan utk mengangkut anak2 usia TK-SD, maka "urusan low roof nya itu sangat oke2 saja. org dewasa selalu duduk manis dlm mobil.
namun jika mempersembahkan mobil tsb demi utk "menyenang2kan" anak2 dg tinggi badan segitu, maka atap rendah nya mazda8 akan menjadi "disadvantage" tersendiri.
Biante saja jd terasa jauh lbh tinggi ya, roof height nya?
Sip,, :frm_salut:
yee, itu nanya. bukannya sip :e-doh:
Biante sm Mazda8, yg dirasakan beda ketinggian roof nya segimana penggambarannya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Review Mazda8 2011

Post by Izark »

paling gampang meneer, kalo di Mazda8 saya kepalanya hampir mentok ceiling di row 2. Kalo di Biante saya mesti ngelurusin tangan ke atas baru bisa nyentuh ceiling.

Makanya saya bilang Biante diupgrade (kualitas interior, desain jok, tambah fitur aneh2, panoramic roof), good bye Mazda8 :mky_02:
mau nulis apa ya...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Review Mazda8 2011

Post by andy1800 »

Izark wrote:paling gampang meneer, kalo di Mazda8 saya kepalanya hampir mentok ceiling di row 2. Kalo di Biante saya mesti ngelurusin tangan ke atas baru bisa nyentuh ceiling.

Makanya saya bilang Biante diupgrade (kualitas interior, desain jok, tambah fitur aneh2, panoramic roof), good bye Mazda8 :mky_02:
:off_good_job: in this case we r in the same language then, meneer.

"coba kalau ni Biante atau Serena C26 harganya dinaikin 100an jt, jd 500jt, shg bs mendapatkan kualitas jok dan build quality interior nya setara sm mazda8 ya, maka niscaya..... "
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Review Mazda8 2011

Post by Izark »

niscaya mazda8 turun kasta :mky_03:
mau nulis apa ya...
mino
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Sun Jul 15, 2012 6:43

Re: Review Mazda8 2011

Post by mino »

Izark wrote:paling gampang meneer, kalo di Mazda8 saya kepalanya hampir mentok ceiling di row 2. Kalo di Biante saya mesti ngelurusin tangan ke atas baru bisa nyentuh ceiling.

Makanya saya bilang Biante diupgrade (kualitas interior, desain jok, tambah fitur aneh2, panoramic roof), good bye Mazda8 :mky_02:
Tinggi saya 180cm+, duduk di baris kedua mazda 8 masih okay aja, saya kira karena kursi baris kedua mazda 8 bisa diatur2 dan ukurannya memang besar (sandaran kepalanya aja gede bangett)

Biante memang interior khusus nya head room terasa lebih besar, lebih mirip alphard, tapi memang beda tujuannya saya kira penciptaan kedua mobil ini. Biante nyupir sendiri kaya bawa bemo raksasa, Mazda 8 nyupir sendiri kaya bawa sedan :big_weee: :wkkk:
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Review Mazda8 2011

Post by MonSTER_GTR »

kok mesinya gak sesuai expektasi saya ya. gak berasa mazda nya nih, but in putaran atas boleh lah. tapi kalo dibandingin
sama mazda5 kayaknya kenyamanan, handling,akselerasi kayaknya mazda5 masih menang.
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Review Mazda8 2011

Post by andy1800 »

MonSTER_GTR wrote:kok mesinya gak sesuai expektasi saya ya. gak berasa mazda nya nih, ...
loh, trus berasa apa dong?
berasa toyota? mitsubishi? atau mlh berasa nissan? :mky_01:

mobil mazda apa aja sih yg gak berasa mazda?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
mino
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Sun Jul 15, 2012 6:43

Re: Review Mazda8 2011

Post by mino »

MonSTER_GTR wrote:kok mesinya gak sesuai expektasi saya ya. gak berasa mazda nya nih, but in putaran atas boleh lah. tapi kalo dibandingin
sama mazda5 kayaknya kenyamanan, handling,akselerasi kayaknya mazda5 masih menang.
Harus diakuin memang mobil ini seolah2 didesain untuk full kenyamanan, terlihat dari perpindahan giginya. Dan ukuran bodi nya ya memang agak susah buat diajak slalom hehe :big_slap:

Tapi kalo mau dipake full manual, mantap kalo menurut saya

Oh ya, FC update untuk komposisis dalkot : luar = 1 : 1, kasi shell super extra 1 : 8 km tp kalo dlem kota aja kayanya koq cepet aje turunnya....
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Review Mazda8 2011

Post by MonSTER_GTR »

@mino aneh ya mazda8 ini, perpindahan gigi nya cepet banget, kayaknya itu yang bikin boyo sama boros.
btw di jepang kan mazda8 dipake buat slalom :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Here Come's The Best Car - Coming soon
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Review Mazda8 2011

Post by MonSTER_GTR »

@andy1800 yaaaahhhh feelnya gak kayak mazda5 sama mazda6 aja gitu :mky_01: :mky_01: :mky_01: :mky_01:
bahkan GL aj akselerasi nya masih lebih enak
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda8 2011

Post by AD74YA »

andy1800 wrote:
MonSTER_GTR wrote:kok mesinya gak sesuai expektasi saya ya. gak berasa mazda nya nih, ...
loh, trus berasa apa dong?
berasa toyota? mitsubishi? atau mlh berasa nissan? :mky_01:

mobil mazda apa aja sih yg gak berasa mazda?
Paling gak berasa Mazda ya Biante...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Review Mazda8 2011

Post by Izark »

2nd that :ngacir:
mau nulis apa ya...
k888
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Wed Oct 03, 2012 3:51

Re: Review Mazda8 2011

Post by k888 »

MonSTER_GTR wrote:kok mesinya gak sesuai expektasi saya ya. gak berasa mazda nya nih, but in putaran atas boleh lah. tapi kalo dibandingin
sama mazda5 kayaknya kenyamanan, handling,akselerasi kayaknya mazda5 masih menang.

Berasa Mazda tuh kaya gimana sih, soalnya baru pertama kali pake Mazda. Mesinnya memang lemot habis bawahnya dan giginya suka banget langsung pindah ke gigi 5, jalan 55km aja udah di gigi 5, tapi RPM di 1300 kalau nggak salah lihat.
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Review Mazda8 2011

Post by MonSTER_GTR »

@k888 coba tes mazda6, mazda3, sama mazda5 dan bandingin sama mazda8 :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda8 2011

Post by AD74YA »

Paling bener cobain Mazda6 deh...
:mrgreen:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...