GRANDIS MPV Baru KTB ?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Wah Mr. Digit beruntung banget pakai Alphard. Sekali kali tukaran dong ama Serenaku. :lol:

Wah, sekarang aku baru ngerti kenapa Innova ada versi 2.7. Rupanya untuk bersaing dengan MPV lain bermesin besar dan berfitur lengkap seperti Grandis, Carnival, Odyssey(???), dll.

Mungkin HPM sengaja set harga Odyssey tinggi, supaya orang2 jangan bandingkannya dengan Innova 2.7. Ini namanya price differentiation strategy. Seperti seri 3/A4/S60, kan ngak ada orang yang menbandingkannya dengan Altis/Civic/Lancer, ya kan?

Ibarat main catur, Toyota moves first, Honda moves next. Kemudian Mitsubishi baru move. Pasti tidak kebetulan harganya Grandis ditentukan 2 hari setelah launching Odyssey. Sepertinya mereka ingin tahu harganya Odyssey berapa dulu, baru ditentukan harganya Grandis. Dengan harga yang jauh dibawah Odyssey, Mitsubishi ingin mengambil pangsanya Odyssey sebesar-besarnya. Tapi dia lupa, dengan harga segitu, orang mulai bandingkannya dengan Innova 2.7, yang masih lebih murah lagi!!

Tapi biar bagaimana, aku yakin diantara Innova 2.7, Grandis, Odyssey, and Serena, volume penjualannya Serena pasti paling besar. Gimana menurut teman2??
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Sepertinya akan begitu, Mr. Observer..

Karena pada kasus Odyssey, ia adalah flagship model sehingga Honda pun hanya memasang target 1000an unit setahun.
Sedangkan Innova 2.7L, tidak akan terlalu banyak yang beli karena image Innova yang sebenarnya murah. Grandis, cukup banyak orang akan turned off karena brand image Mitsubishi.

Tapi, keunggulan penjualan Serena lebih dikarenakan perbedaan kelas dengan pesaing2nya, karena ia adalah sebuah minivan. Kalian mungkin bosan mendengarku menekankan point ini lagi, tapi kalau misalnya yang dijual bukan Serena tapi Nissan Liberty/Presage, aku yakin tidak akan sesukses Serena. Betul tidak, Mr. Observer? :wink:

Sekarang aku juga baru mengerti mengapa dik Gio pernah membuat thread Grandis vs Wish. Karena secara harga mereka berhadapan langsung, walaupun secara kelas Wish satu kelas di bawah Grandis.

Btw, aku tidak terbayang, kalau berikutnya Galant Grunder dimasukkan, akan dipasang harga berapa. Tapi sepertinya Galant tidak akan diteruskan, karena pasar sedan medium sudah sangat berat kompetisinya, dan Mitsu memutuskan untuk bermain di segmen medium MPV saja, yang belum banyak pemainnya. Apalagi karena Toyota, yang padahal paling banyak model MPVnya, malah tidak menyiapkan MPV apapun karena mereka mau mengeruk uang kita sebanyak2nya dengan varian2 Innova (the second era of kapsul, kekekeke).

Oya, bagi mereka yang mengincar captain seats, berarti Odyssey dan Grandis tidak masuk daftar, dan pilihannya adalah antara Serena, Sedona (hmm? apakah ini kebetulan, nama kedua model ini berawal dengan 'S' dan berjumlah 6 huruf? :mrgreen: )..dan Innova 2.7L.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
caldina
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Thu Jul 01, 2004 14:29
Location: Jakarta

Post by caldina »

Dengan harga segitu, kelihatannya yang kena akan luas cakupannya. Mulai Serena, Innova 2.7L bahkan yang paling kena bisa jadi CRV dan Xtrail. Grandis itu kan mobil bagus
Last edited by caldina on Sun Jan 23, 2005 15:49, edited 1 time in total.
caldina
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Thu Jul 01, 2004 14:29
Location: Jakarta

Post by caldina »

Odyssey 1.000 unit per tahun, kelihatannya cukup berat loh, karena yang pengen Odyssey sudah pada beli :D

conan wrote:Sepertinya akan begitu, Mr. Observer..

Karena pada kasus Odyssey, ia adalah flagship model sehingga Honda pun hanya memasang target 1000an unit setahun.
Sedangkan Innova 2.7L, tidak akan terlalu banyak yang beli karena image Innova yang sebenarnya murah. Grandis, cukup banyak orang akan turned off karena brand image Mitsubishi.

Tapi, keunggulan penjualan Serena lebih dikarenakan perbedaan kelas dengan pesaing2nya, karena ia adalah sebuah minivan. Kalian mungkin bosan mendengarku menekankan point ini lagi, tapi kalau misalnya yang dijual bukan Serena tapi Nissan Liberty/Presage, aku yakin tidak akan sesukses Serena. Betul tidak, Mr. Observer? :wink:

Sekarang aku juga baru mengerti mengapa dik Gio pernah membuat thread Grandis vs Wish. Karena secara harga mereka berhadapan langsung, walaupun secara kelas Wish satu kelas di bawah Grandis.

Btw, aku tidak terbayang, kalau berikutnya Galant Grunder dimasukkan, akan dipasang harga berapa. Tapi sepertinya Galant tidak akan diteruskan, karena pasar sedan medium sudah sangat berat kompetisinya, dan Mitsu memutuskan untuk bermain di segmen medium MPV saja, yang belum banyak pemainnya. Apalagi karena Toyota, yang padahal paling banyak model MPVnya, malah tidak menyiapkan MPV apapun karena mereka mau mengeruk uang kita sebanyak2nya dengan varian2 Innova (the second era of kapsul, kekekeke).

Oya, bagi mereka yang mengincar captain seats, berarti Odyssey dan Grandis tidak masuk daftar, dan pilihannya adalah antara Serena, Sedona (hmm? apakah ini kebetulan, nama kedua model ini berawal dengan 'S' dan berjumlah 6 huruf? :mrgreen: )..dan Innova 2.7L.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

caldina wrote:Odyssey 1.000 unit per tahun, kelihatannya cukup berat loh, karena yang pengen Odyssey sudah pada beli :D
Ya, dan tidak apa2 kan, karena sebagai flagship model. :)
Last edited by conan on Sun Jan 23, 2005 15:41, edited 1 time in total.
caldina
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Thu Jul 01, 2004 14:29
Location: Jakarta

Post by caldina »

Pertimbangannya karena harganya cukup tinggi, dulu mereka menanti mobil ini krn mengira akan dijual di sekitar Rp. 350 juta-an. Alasan lainnya orang sini tidak begitu suka bentuknya yang agak pipih, dan yang suka bentuk itu sudah pada beli, kecuali muncul peminat baru :D
Sorry jadi OOT

conan wrote:
caldina wrote:Odyssey 1.000 unit per tahun, kelihatannya cukup berat loh, karena yang pengen Odyssey sudah pada beli :D

Ya, dan tidak apa2 kan, karena sebagai flagship model. :)
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

conan wrote: Tapi, keunggulan penjualan Serena lebih dikarenakan perbedaan kelas dengan pesaing2nya, karena ia adalah sebuah minivan. Kalian mungkin bosan mendengarku menekankan point ini lagi, tapi kalau misalnya yang dijual bukan Serena tapi Nissan Liberty/Presage, aku yakin tidak akan sesukses Serena. Betul tidak, Mr. Observer? :wink:
Point noted, I knew u were gonna say that. :wink:
conan wrote: Oya, bagi mereka yang mengincar captain seats, berarti Odyssey dan Grandis tidak masuk daftar, dan pilihannya adalah antara Serena, Sedona (hmm? apakah ini kebetulan, nama kedua model ini berawal dengan 'S' dan berjumlah 6 huruf? :mrgreen: )..dan Innova 2.7L.
And the winner is........quite a no brainer, don't u think??
caldina wrote:Dengan harga segitu, kelihatannya yang kena akan luas cakupannya. Mulai Serena, Innova 2.7L bahkan yang paling kena bisa jadi CRV dan Xtrail. Grandis itu kan mobil bagus
So Mr. Caldina is one of the few Grandis optimists!!
caldina wrote:Odyssey 1.000 unit per tahun, kelihatannya cukup berat loh, karena yang pengen Odyssey sudah pada beli :D
Apakah IU masih akan memasukkan unit yang baru, mengingat harga ATPM cukup tinggi??
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

observer wrote:
conan wrote: Tapi, keunggulan penjualan Serena lebih dikarenakan perbedaan kelas dengan pesaing2nya, karena ia adalah sebuah minivan. Kalian mungkin bosan mendengarku menekankan point ini lagi, tapi kalau misalnya yang dijual bukan Serena tapi Nissan Liberty/Presage, aku yakin tidak akan sesukses Serena. Betul tidak, Mr. Observer? :wink:
Point noted, I knew u were gonna say that. :wink:
:mrgreen:
Observer wrote:
conan wrote:Oya, bagi mereka yang mengincar captain seats, berarti Odyssey dan Grandis tidak masuk daftar, dan pilihannya adalah antara Serena, Sedona (hmm? apakah ini kebetulan, nama kedua model ini berawal dengan 'S' dan berjumlah 6 huruf? :mrgreen: )..dan Innova 2.7L.
And the winner is........quite a no brainer, don't u think??
Yup.. 8)
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bung Obs, why don't U say the magic word ? The winner is the.... " Serena c24 " of course !! Scared anda ke tembak seperti saya ? Of course not dong.

Dan saya setuju, jika c24 ngak keluar malah Liberty / Presage, pasti hasilnya tidak akan sebagus c24. Liberty kan sama dengan Nissan Prairie di Singapura. And I have tried it. She is the ugliest and pitiful MPV I have seen. Baris 3nya sempit sekali ! I will never buy the Liberty. Tapi Presage lumayan cakep. Cuman interiornya selega apa saya belum tau.

Once again its the Design that counts. Not just brand name alone.

Di toko car accessories/audio saudara waktu saya di situ ada Innova G lagi pasang audio. Ada satu visitor lebih tajam dari saya. (Saya sama sekali tidak bicara apapun tentang Innova vs Serena) Saya kan ngak mau cari penyakit !

Dia bilang ama yang punya G " Ngapain beli Innova ? Beli saja tuh Serena ". Pemilik Innova yang saksi kata orang itu. saya sendiri tidak dengar dan kaget kejujuran pemilik Innova itu.

Dan pemilik Innova akui ama saya, dia sebenernya suka Serena, cuman selisih harga 50 juta agak berat untuk dia. Saya iseng tanya, jika harganya sama, apakah anda akan ambil Serena ? Dia jawab " Iya dong ". Thus I think jika c24 harganya 160-200 juta, bisa saja salesnya ribuan unit per bulan juga. But that will never happen now.

Oh. Sebelum OOT, Grandis adalah MPV Mitsu yang paling cantik yang mereka pernah offer Indo. Jauh dengan Kuda ! Dan harga 292 OTR CBU bung Obs, its unbelievable ! So cheap for a modern, fully equipped MPV CBU !

Tapi kalau lihat baris 3 Grandis yang juga sempit itu, saya bilang seperti Odyssey, pembeli Grandis pasti tipe orang yang pentingkan styling banding praktis.

Dan saya yakin c24 HS tidak akan hancur gara gara Grandis ini. The c24 sells for 500-700 per bulan sekarang. Can the Grandis do this ? Lets see.

I mean if many people told me that they will buy the c24 if harganya sama dengan Innova, apalagi banding Grandis yang lebih sempit dan sedikit mahal banding c24HS. And I think sekarang merek Nissan sudah lebih baik banding Mitsu sekarang.

Pikir pikir, where is Mitsu's SUV ? Belum ada yah kalau ngak salah.
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Oya, bangku baris ke-3nya Grandis kan bisa direbahkan secara sendiri sendiri (kalau Odyssey harus dua2nya), dan bangkunya juga bisa 'dibalik' (entah dengan cara apa) menghadap ke belakang untuk yang mau menikmati romantic sunset. :)
Aku kok kasihan ya ama Mitsubishi. Kalau Grandis dengan harga segitu aja gagal, mau bagaimana lagi?? Teman2 ada yang tahu gak bagaimana penjualannya Colt & Fuso??
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Kalau penjualan truck 2 tidak tau deh tapi memang kelihataannya Mitsu lagi gawat. Coba lihat line up mereka sekarang :

1.Galant
2. New Lancer
3. Colt T120
4. New Kuda
5. L-200

Yang di atas, sepertinya tidak ada satu pun model baru yang saya sering lihat di jalan. Sepertinya hilang entah kemana. Paling cuman Kuda generasi sebelumnya yang kadang lihat.

Mungkin image Mitsu di Indo yang selama ini harga sparepartnya mahal dan resale value tidak bagus yang masukin Mitsu dalam lingkaran setan. Padahal dealer / bengkel Mitsu kan banyak.

Kalau saya bilang utamanya juga gara 2 Kuda mereka harga mirip Kijang tapi lebih sempit. Apalagi Kuda sekarang kalah tech. ama Innova. SUV tidak ada. Nah, sedan pasarnya kecil.

Jika Grandis fail, Mitsu bisa nangis nanti. Mungkin induknya harus sembuh dulu baru yang di Indo bisa kuat lagi
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Szli wrote:Oh. Sebelum OOT, Grandis adalah MPV Mitsu yang paling cantik yang mereka pernah offer Indo. Jauh dengan Kuda !
I share your enthusiasm, Mr. Szli :
conan wrote:This is by far and large, the single most attractive Mitsubishi model from the ATPM!
Szli wrote:Once again its the Design that counts. Not just brand name alone.
Mean if many people told me that they will buy the c24 if harganya sama dengan Innova, apalagi banding Grandis yang lebih sempit dan sedikit mahal banding c24HS.
Aku mungkin akan dijitak Mr. Observer for saying this again :mrgreen:, but it's NOT the DESIGN, Mr. Szli, but the CLASS that makes the difference.

Innova, Odyssey, Grandis yang MPV tentu lebih sempit daripada Serena yang minivan. Dan Serena tidak akan menang jika Toyota merakit Noah/Voxy di sini, even you have to admit it.
I'm not against Nissan, just being objective. :)
Observer wrote:dan bangkunya juga bisa 'dibalik' (entah dengan cara apa) menghadap ke belakang
Really?? Wow...quite an interesting feature! :o
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Szli wrote:Pikir pikir, where is Mitsu's SUV ? Belum ada yah kalau ngak salah.
Ada, sih, bung Szli, namanya Pajero. Mitsu juga menjualnya secara resmi (CBU). Tapi seharusnya sih sekarang sudah diganti next generation modelnya, sayang sekali keuangan Mitsu sedang ck ck ck...
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

conan wrote:
Observer wrote:dan bangkunya juga bisa 'dibalik' (entah dengan cara apa) menghadap ke belakang
Really?? Wow...quite an interesting feature! :o
A picture (or two) is worth a thousand words. :D
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

The upper-left one of the second pic. Very nice feature!! :o
User avatar
gio
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Oct 12, 2004 11:48
Location: surabaya

Post by gio »

Apakah IU masih akan memasukkan unit yang baru, mengingat harga ATPM cukup tinggi??[/quote]
kalau sekarang di sby harga odyssey absolute di IU sekitar 420jt-430jt.
MENGAPA IU BERANI BERTAHAN DI HARGA YG HAMPIR SAMA DG ATPM??? menurut saya harga odyssey di atpm terlalu mahal dan HPM terlalu banyak untung mengingat bea masuk odyssey 45% lewat atpm dan 75%lewat IU.
User avatar
gio
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Oct 12, 2004 11:48
Location: surabaya

Post by gio »

observer wrote:Oya, bangku baris ke-3nya Grandis kan bisa direbahkan secara sendiri sendiri (kalau Odyssey harus dua2nya), dan bangkunya juga bisa 'dibalik' (entah dengan cara apa) menghadap ke belakang untuk yang mau menikmati romantic sunset. :)
utk odyssey IU jok baris ke-3nya bisa direbahkan secara dendiri2, saya kurang tau kalau yg ATPM.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

szli wrote:
Pikir pikir, where is Mitsu's SUV ? Belum ada yah kalau ngak salah.
Hehehe jangan salah bung szli,mitsu jg punya "X-Trail" nih.
Nih yg seperti ini:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by edward on Mon Jan 24, 2005 12:05, edited 1 time in total.

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

gio wrote:Apakah IU masih akan memasukkan unit yang baru, mengingat harga ATPM cukup tinggi??
kalau sekarang di sby harga odyssey absolute di IU sekitar 420jt-430jt.
MENGAPA IU BERANI BERTAHAN DI HARGA YG HAMPIR SAMA DG ATPM??? menurut saya harga odyssey di atpm terlalu mahal dan HPM terlalu banyak untung mengingat bea masuk odyssey 45% lewat atpm dan 75%lewat IU.[/quote]

Karena harga di IU selama ini adalah harga yang sudah 'berdarah-darah', karena over supply dan rendahnya expected demand. Sekarang setelah harga ATPM keluar, tampaknya IU merasa tidak perlu 'banting2' harga lagi, dan mereka hanya akan menghabiskan stok yang model year 2004 saja. Untuk model year 2005 sepertinya tidak akan banyak dimasukkan oleh IU karena harganya tidak bisa kompetitif dengan ATPM untuk grade yang setara.
Aku juga lihat Odyssey Absolute 2004 dijual IU Rp 425 juta, dan Absolute ini masih lebih murah daripada grade 'L'.
Btw, Gio, ini kan thread Grandis...bagaimana kalau Gio mengambil Grandis saja, yang harganya bahkan 'kemurahan'? :wink:
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

gio wrote:
observer wrote:Oya, bangku baris ke-3nya Grandis kan bisa direbahkan secara sendiri sendiri (kalau Odyssey harus dua2nya), dan bangkunya juga bisa 'dibalik' (entah dengan cara apa) menghadap ke belakang untuk yang mau menikmati romantic sunset. :)
utk odyssey IU jok baris ke-3nya bisa direbahkan secara dendiri2, saya kurang tau kalau yg ATPM.
No, no. Odyssey (IU maupun ATPM) untuk baris ke-3 yang bisa direbahkan secara sendiri2 hanya seatback saja, tidak seperti Grandis yang bisa sendiri2 semuanya (lihat teliti gambar Grandis2 diatas).
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Oh yeah, the Pajero. Tapi mahal man that car !

I mean Mitsu should keluarkan an SUV sekitar 200-250 juta & join the party !

Di luar negeri banyak SUV Mitsu, tapi di Indo kurang deh. Cuman Pajero yang mahal itu tidak akan effect banyak ke salesnya.

This Grandis I must admit jika harga segitu, its an audacious and daring gamble by Mitsu Indo. Nice try ! Saya paling suka lihat barang bagus harga makes sense and affordable to more people !

292 juta for a CBU modern MPV 2400cc ! Wow ! Matematikanya saya tidak tangkap. How did KTB come out with such a price ? Bung Caldina. Any ideas ?

Bung Obs. Mudah mudahan yr sumber accurate. Kalau ngak nanti banyak orang yang kecewa nanti.
User avatar
gandalf
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Sat Jul 10, 2004 17:53
Location: in the piston

Post by gandalf »

szli wrote:Kalau penjualan truck 2 tidak tau deh tapi memang kelihataannya Mitsu lagi gawat. Coba lihat line up mereka sekarang :

1.Galant
2. New Lancer
3. Colt T120
4. New Kuda
5. L-200

Yang di atas, sepertinya tidak ada satu pun model baru yang saya sering lihat di jalan. Sepertinya hilang entah kemana. Paling cuman Kuda generasi sebelumnya yang kadang lihat.

Mungkin image Mitsu di Indo yang selama ini harga sparepartnya mahal dan resale value tidak bagus yang masukin Mitsu dalam lingkaran setan. Padahal dealer / bengkel Mitsu kan banyak.

Kalau saya bilang utamanya juga gara 2 Kuda mereka harga mirip Kijang tapi lebih sempit. Apalagi Kuda sekarang kalah tech. ama Innova. SUV tidak ada. Nah, sedan pasarnya kecil.

Jika Grandis fail, Mitsu bisa nangis nanti. Mungkin induknya harus sembuh dulu baru yang di Indo bisa kuat lagi
oh yaaa????

saya lupa kalau 7 dari 10 light truck di indonesia adalah Mits. Colt Diesel

dan saya juga lupa beberapa hal yang berhubungan dengan angka2 di 2004 kemaren
penjualan terbanyak :
Kend. Penumpang komersil : L300 MB
Kend. Angkutan Barang : L300 PU
Light Truck : Colt Diesel (hingga 70% market share)
Weight Truck : Fuso
DoubleCab : L200 Strada

dan kalo gak salah penjualan total kendaraan mitsu di indo diatas 78 ribu unit dan persentasenya hingga 19%
ini melebihi target nya KTB yg cuma 75rb unit di tahun 2004

dan saya dengar sekarang perusahaan besar tidak bisa memesan kendaraan tronton (Fuso) ke pabrik karena KTB sedang memenuhi pemesanan di 2004 hingga august 2005

hmmm itu juga kalo nggak salah ya.....

di indo khan yang namanya mobil bukan cuma mpv, suv, sedan dan van
tapi masih ada yg namanya truck, pik up, light truk, doublecabin dan tronton

CMIIW
caldina
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Thu Jul 01, 2004 14:29
Location: Jakarta

Post by caldina »

Ya aku sempat ingat bahkan sempat beberapa bulan Mitsu mengungguli Toyota di dalam unit penjualannya di Indonesia. Kesimpulan sementara mereka mungkin mereka jual mobilnya di daerah, yang masih suka pada suka pakai Colt T120SS dan dengar-dengar memang Colt Diesel dan L300 jadi jawara di Lintas Sumatera.
Di Jakarta saja kita lihat yang pakai mpv semacam carry semakin jarang, tetapi begitu kita ke daerah masih banyak yang pakai ini mobil.
gandalf wrote:
szli wrote:Kalau penjualan truck 2 tidak tau deh tapi memang kelihataannya Mitsu lagi gawat. Coba lihat line up mereka sekarang :

1.Galant
2. New Lancer
3. Colt T120
4. New Kuda
5. L-200

Yang di atas, sepertinya tidak ada satu pun model baru yang saya sering lihat di jalan. Sepertinya hilang entah kemana. Paling cuman Kuda generasi sebelumnya yang kadang lihat.

Mungkin image Mitsu di Indo yang selama ini harga sparepartnya mahal dan resale value tidak bagus yang masukin Mitsu dalam lingkaran setan. Padahal dealer / bengkel Mitsu kan banyak.

Kalau saya bilang utamanya juga gara 2 Kuda mereka harga mirip Kijang tapi lebih sempit. Apalagi Kuda sekarang kalah tech. ama Innova. SUV tidak ada. Nah, sedan pasarnya kecil.

Jika Grandis fail, Mitsu bisa nangis nanti. Mungkin induknya harus sembuh dulu baru yang di Indo bisa kuat lagi
oh yaaa????

saya lupa kalau 7 dari 10 light truck di indonesia adalah Mits. Colt Diesel

dan saya juga lupa beberapa hal yang berhubungan dengan angka2 di 2004 kemaren
penjualan terbanyak :
Kend. Penumpang komersil : L300 MB
Kend. Angkutan Barang : L300 PU
Light Truck : Colt Diesel (hingga 70% market share)
Weight Truck : Fuso
DoubleCab : L200 Strada

dan kalo gak salah penjualan total kendaraan mitsu di indo diatas 78 ribu unit dan persentasenya hingga 19%
ini melebihi target nya KTB yg cuma 75rb unit di tahun 2004

dan saya dengar sekarang perusahaan besar tidak bisa memesan kendaraan tronton (Fuso) ke pabrik karena KTB sedang memenuhi pemesanan di 2004 hingga august 2005

hmmm itu juga kalo nggak salah ya.....

di indo khan yang namanya mobil bukan cuma mpv, suv, sedan dan van
tapi masih ada yg namanya truck, pik up, light truk, doublecabin dan tronton

CMIIW
caldina
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Thu Jul 01, 2004 14:29
Location: Jakarta

Post by caldina »

Coba kita hitung-hitungan lagi :D

Harga off the roadnya 292/1.1 = Rp. 265.45 juta
Harga sebelum PPN = Rp. 265.45/1.1 = Rp. 241.32 juta
Kalau dibalikkin ke kurs JPY di mana 1 JPY = Rp. 90 = JPY 2,680,000
Kalau ke kurs Baht Thailand berapa yach ?

JPY 2,680,000 ini masih terdiri dari import duty, luxury taxes, margin dan cogs mobil ini sendiri.

Terusin deh, kira-kira berapa Mitsu Indo beli ini mobil, bingung juga :D

szli wrote:Oh yeah, the Pajero. Tapi mahal man that car !

I mean Mitsu should keluarkan an SUV sekitar 200-250 juta & join the party !

Di luar negeri banyak SUV Mitsu, tapi di Indo kurang deh. Cuman Pajero yang mahal itu tidak akan effect banyak ke salesnya.

This Grandis I must admit jika harga segitu, its an audacious and daring gamble by Mitsu Indo. Nice try ! Saya paling suka lihat barang bagus harga makes sense and affordable to more people !

292 juta for a CBU modern MPV 2400cc ! Wow ! Matematikanya saya tidak tangkap. How did KTB come out with such a price ? Bung Caldina. Any ideas ?

Bung Obs. Mudah mudahan yr sumber accurate. Kalau ngak nanti banyak orang yang kecewa nanti.
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Ya, aku baru lihat2 lagi kliping koran ada statistik sbb:

Untuk tahun 2004 s/d bulan Nopember, untuk kategori mobil komersial, penjualan Mitsubishi sebesar 75,267 unit dari jumlah 365.675, yaitu sekitar 20.5%, ada diurutan no. 2. Nomor 1 ditempati Toyota dengan angka penjualan 100.053, atau 27.3%.

So kondisi keuangannya Mitsubishi Indo pasti masih cukup memadai, dan tidak mungkin gulung tikar seperti yang dikhawathirkan.

Apalagi keluarga besar grup Mitsubishi lagi habis habisan membackup Mitsubishi Motor. My feeling is: Mitsubishi Motor might become a much smaller, but healthier company, but it will never be closed down. Bagaimana pendapat teman2?

Kalau teman2 setuju dengan pendapatku then this Grandis is probably one of the best bargain of year 2005?!!