Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
nescafe wrote:hmm.. iya yah, aki gw bsa bertahan 3 tahun karena distroom dulu..
berarti, yg yg sekarang (udah ganti) ketahanannya kurang lama donk? wakz!
iya bos, yg 3in1 original
bro sjamsul magh-nya sudah sembuh?
Tetangga saya umur akinya saat ini sdh 3,5 th dan masih bisa dipakai tuh (panther th 94).
bro nes, mag saya udah sembuh kan paginya sdh minum nescafe 3in1 yg original lagi. he..he..he...
wow.. lama bgt, umm.. kira2 sampai 5 tahun bsa bro?
o'ya, saya pernah lihat aki yg dikhususkan untuk penggunaan audio (deperti aki merek rocksford) apa perbedaannya dengan aki biasa pak?
wah, kalau sudah sembuh, brarti bsa bagi ilmu lebih banyak donk! hehehe..
tp, bukannya penderita magh, sensitif pada kopi yah?
nescafe wrote:hmm.. iya yah, aki gw bsa bertahan 3 tahun karena distroom dulu..
berarti, yg yg sekarang (udah ganti) ketahanannya kurang lama donk? wakz!
iya bos, yg 3in1 original
bro sjamsul magh-nya sudah sembuh?
Tetangga saya umur akinya saat ini sdh 3,5 th dan masih bisa dipakai tuh (panther th 94).
bro nes, mag saya udah sembuh kan paginya sdh minum nescafe 3in1 yg original lagi. he..he..he...
wow.. lama bgt, umm.. kira2 sampai 5 tahun bsa bro?
o'ya, saya pernah lihat aki yg dikhususkan untuk penggunaan audio (deperti aki merek rocksford) apa perbedaannya dengan aki biasa pak?
wah, kalau sudah sembuh, brarti bsa bagi ilmu lebih banyak donk! hehehe..
tp, bukannya penderita magh, sensitif pada kopi yah?
Bisa aja, asal dari pertama sdh diisi vitamin aki tsb dan sebaiknya diulang setiap 2 th sekali.
Aki umumnya kalau sdh diisi harus dipakai, kalau tidak aki tsb bisa mati. Makanya kalo beli aki sebaiknya beli aki yg masih kosong (belum diisi aki zuur). Kalo aki yg sdh diisi, maka kita harus menghitung waktu dari aki tsb diproduksi sampai ke tangan kita, berapa lamanya?. Kalau kita membeli aki yg sdh ada airnya, maka yg harus diperhatikan adalah tingkat berat jenisnya masih baik atau tidak dengan menggunakan alat yg disebut hidrometer. Tapi kalau akinya paten bagaimana?. Yg kata PENJUALnya bebas perawatan. Kita tinggal menunggu nasib sajalah, mudah2an aki tsb bertahan cukup lama.
Nes, sakit mah saya cuma terjadi pada malam2 tertentu saja. he...he...he......
Aku nerusin aja ucapan Bro Nes yang terpotong..."hmm.. malam2 tertentu? malam waktu bulan purnama kah? kekekekeke... Dan berubah menjadi Vampire..hueke..ke.ke.ke"
Yups kita tunggu mata pelajaran selanjutnya.Ada pertanyaan neh bro..kalau aki kering di singgung juga dung...btw..masih agak samar untuk aki kering. Tanks.
dear avansa, aki kering yg banyak beredar di pasaran sekarang ini sebetulnya bukan aki kering beneran seperti yg kita bayangkan. Di dalamnya masih terdapat aki zuur, tapi dibuat sedemikian rupa, sehingga bisa disebut aki kering. Ini salah kaprah, seperti mau beli pompa air dibilang beli sanyo, padahal yg dibeli merk dab. Kenapa disebut aki kering?. Krn sel2nya tertutup rapat alias tidak ada lubang untuk menambah air aki seperti aki basah. Kenapa aki kering umurnya belum tentu lebih panjang dari aki basah?. PERTAMA, aki tsb bisa saja airnya menjadi benar2 kering, krn kita tidak bisa menambahkan air aki. Di aki tsb ada lubang ventilasi yg kecil, yg berguna untuk mengeluarkan gas yg terjadi pada saat aki dipakai. Selain untuk mengeluarkan gas, lubang tsb merupakan jalan keluar uap air, shg aki tsb bisa benar2 kering. Kalo sdh begini aki akan cepat rusak. Pada sekitar th 90an atau sebelumnya pernah beredar aki kering juga kalo tidak salah merknya MF, tapi kelemahannya adalah aki tsb bisa meledak dalam kondisi tertentu. Dan kejadian meledak bukan 1 atau 2 kendaraan, tapi sering. Makanya aki tsb lama2 hilang dari pasaran. Baru belakangan ini beredar lagi yg disebut aki kering, tapi dengan kwalitas yg katanya (kata penjualnya dan kata pabriknya) lebih baik. Menurut saya aki kering hanya dipakai oleh orang2 malas dan orang2 yg kelebihan duit, mengapa?. Krn dipromosikan bebas perawatan, padahal yg namanya aki butuh perawatan berkala.
Apalagi kenyataannya yg namanya jamuran atau kerak putih di kepala aki tetap saja terjadi, yg bisa mengakibatkan loses yg cukup besar. Hal ini bisa dirasakan pada saat distarter, jadi kurang galak. Bisa2 kita berpikir aki tsb sdh mati/lemah, padahal cuma gara2 ada kerak putih saja, bisa berakibat starter jadi agak loyo. Coba saja tanyakan kepada penjual atau pabrikannya, apakah ada cara2 supaya kerak putih bisa dihilangkan. Jawabannya kalo tidak disiram air panas, paling-paling diamplas dan dikasi gemuk. Tidak ada jawaban seperti yg saya uraikan sebelumnya. Saya menulis ini bukan untuk menjelek-jelekan mereka, tapi krn keterbatasan kemauan dan tidak ada kemauan untuk kepentingan konsumen, supaya aki bisa bertahan semaksimal mungkin. Contohnya: di prj kemayoran belakangan ini diadakan pameran yg berhubungan dengan mobil, diantaranya ada dari pabrikan aki. Iseng2 saya bertanya bagaimana cara membersihkan dan mencegah timbulnya kerak putih di kepala aki. Jawabannya biasa2 saja, antara lain disiram air panas , lalu diamplas dan paling top dikasi gemuk. Tidak ada jawaban seperti yg saya harapkan ( sdh 2 x pameran saya datang dan hasilnya sama saja. walaupun dari pabrik aki yg berbeda). Makanya berdasarkan hal tsb saya melakukan berbagai riset supaya bisa menghilangkan kerak putih tsb. Hasil sementara adalah seperti yg saya uraikan sebelumnya. Walaupun hasilnya belum seperti yg saya inginkan, tapi setidaknya saya berusaha supaya kerak tsb tidak mudah timbul dan hasilnya lumayan. Jadi bisa diterapkan di mobil para pembaca yg memperhatikannya.
KEDUA, aki kering dari pabriknya sdh distroom. Jadi siap pakai. Tapi apakah kita sadar dari aki tsb diproduksi sampai ke mobil kita berapa lama waktu yg dibutuhkan. Apakah 1 bulan, 2 bulan atau lebih?. Belum lagi sesampainya di toko si penjual aki tsb mengendap berapa lama baru laku.Setahu saya aki kalau sdh diisi dan tidak dipakai dalam waktu yg cukup lama bisa berakibat aki tsb mati atau koit atau tewas. Terus oleh si penjualnya distroom kembali, supaya bisa distarter kembali. Dan kita tidak tau apakah aki tsb masih baik atau tidak.Lagi2 konsumen yg jadi korbannya. Hiks...hiks....
kasihan deh kalau sudah begini.
Makanya kalau pengen aki berumur lebih panjang ikutilah saran saya, supaya umur aki bisa bertahan lebih lama.
Dear avansa klo ada orang dari pabrikan aki mungkin tulisan saya ini bisa disanggah dengan 1001 atau mungkin 1005 macam alasan.Ok. saya tungguin komentarnya dari para pembaca sekaligus. thanks.
jd sebaiknya d sebut apa "aki kering" itu? maintenance free? karena imho pd dasarnya g ada aki yg betul2 maintenance free.......at least kita harus bersihin terminalnya secara berkala.......
emank bener klo "aki kering" itu g sepenuhnya kering......pd waktu pertama beli d lakukan pengisian air aki.....but thats it.......dan teknologi "aki kering" jg banyak mengalami kemajuan, g spt waktu baru pertama d luncurkan......d dalamnya terdapat kandungan spt gel (namanya lupa ) yg dpt meminimalisasi penguapan setelah d isi air aki pertama X.........
"aki kering" jg bsa d recharge sama halnya spt aki konvensional.......apalagi saat ini kisaran harga antara yg konvensional jg tdk terpaut jauh dan umurnya jg at least sdh bsa menyamai aki konvensional
baleno+apv sy udah kisaran 1,5 th menggunakan "aki kering" n sampai saat ini g ada masalah apapun.........motor pun demikian
yg penting seh klo mo pk "aki kering" carinya merk yg udah reliable
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
doq wrote:jd sebaiknya d sebut apa "aki kering" itu? maintenance free? karena imho pd dasarnya g ada aki yg betul2 maintenance free.......at least kita harus bersihin terminalnya secara berkala.......
emank bener klo "aki kering" itu g sepenuhnya kering......pd waktu pertama beli d lakukan pengisian air aki.....but thats it.......dan teknologi "aki kering" jg banyak mengalami kemajuan, g spt waktu baru pertama d luncurkan......d dalamnya terdapat kandungan spt gel (namanya lupa ) yg dpt meminimalisasi penguapan setelah d isi air aki pertama X.........
"aki kering" jg bsa d recharge sama halnya spt aki konvensional.......apalagi saat ini kisaran harga antara yg konvensional jg tdk terpaut jauh dan umurnya jg at least sdh bsa menyamai aki konvensional
baleno+apv sy udah kisaran 1,5 th menggunakan "aki kering" n sampai saat ini g ada masalah apapun.........motor pun demikian
yg penting seh klo mo pk "aki kering" carinya merk yg udah reliable
Bro reliable artinya apa seh?. tlg donk pake bhs indonesia yg baik dan benar, jangan pake bahasa perancis kuno, krn ane kurang ngerti neh. Maklum rakyat kecil, pendidikan rendah dan hidup susah, jd tlg pake bhs ind yg bisa mudah dimengerti dan mudah dipahami. He...he...he... (becanda lho bro jangan dimasukin ke kantong ye).
Banyak produk aki yg ingin menyamai atau menyamarkan merk yg sdh terkenal. Padahal klo yakin aki buatannya baik pasti akan dicari oleh konsumen. tidak usah ikut2an atau menyamarkan merk yg sudah terkenal. iya ga bro. tq
maksude yg udah terbukti bagus.....or at least bergaransi
sjamsul wrote:
Bro reliable artinya apa seh?. tlg donk pake bhs indonesia yg baik dan benar, jangan pake bahasa perancis kuno, krn ane kurang ngerti neh. Maklum rakyat kecil, pendidikan rendah dan hidup susah, jd tlg pake bhs ind yg bisa mudah dimengerti dan mudah dipahami. He...he...he... (becanda lho bro jangan dimasukin ke kantong ye).
Banyak produk aki yg ingin menyamai atau menyamarkan merk yg sdh terkenal. Padahal klo yakin aki buatannya baik pasti akan dicari oleh konsumen. tidak usah ikut2an atau menyamarkan merk yg sudah terkenal. iya ga bro. tq
menyamarkan merk terkenal?........kaya merk Sony jd Sunny gtu oom? ato Aiwa jd aima? kekekekekeke....kebetulan klo aki blom pernah liat yg merknya mirip gtu
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
doq wrote:maksude yg udah terbukti bagus.....or at least bergaransi
sjamsul wrote:
Bro reliable artinya apa seh?. tlg donk pake bhs indonesia yg baik dan benar, jangan pake bahasa perancis kuno, krn ane kurang ngerti neh. Maklum rakyat kecil, pendidikan rendah dan hidup susah, jd tlg pake bhs ind yg bisa mudah dimengerti dan mudah dipahami. He...he...he... (becanda lho bro jangan dimasukin ke kantong ye).
Banyak produk aki yg ingin menyamai atau menyamarkan merk yg sdh terkenal. Padahal klo yakin aki buatannya baik pasti akan dicari oleh konsumen. tidak usah ikut2an atau menyamarkan merk yg sudah terkenal. iya ga bro. tq
menyamarkan merk terkenal?........kaya merk Sony jd Sunny gtu oom? ato Aiwa jd aima? kekekekekeke....kebetulan klo aki blom pernah liat yg merknya mirip gtu
Dear doq, saya akan kasih contoh merk yg saya maksud. Coba aja datang ke toko aki dan cari aki merk GS. Klo yg jualannya bener, maka akan dikasih merk GS yg buatan PT ASTRA. Bagaimana cara membedakannya?. Klo aki GS bikinan astra di akinya ada tulisan PT GS BATTERY, INC. Aki ini biasanya merupakan bawaan mobil tertentu dari pabrik mobil tsb. Saya perhatikan di pasaran banyak aki meniru2 pakai tulisan GS yg klo diperhatikan tidak ada tulisan PT GS BATTERY, INC.
Kenapa saya tulis demikian?. Krn saya sendiri pernah mengalami hal yg tidak baik dgn GS yg bukan dari Astra. Ceritanya begini, suatu saat saya menyuruh anak buah saya untuk membeli aki GS untuk sepeda motor teman saya. Maka pergilah anak buah saya ke tk aki untuk membelinya. Sepulangnya beliau membawa aki merk GS. Memang benar merknya GS, tapi bukan aki yg saya mau. Krn sdh dibeli saya tidak enak mengembalikan ke toko yg bersangkutan. Dengan berat hati saya pakai aki tsb....Tapi baru kira2 sebulan aki tsb sdh tewas. Hiks...hiks....
Kemudian saya berusaha untuk mengembalikan aki tsb ke tempat saya membeli. Tapi kata si penjual tidak bisa, krn aki tsb sdh dipakai jadi tdk bisa dipulangin / diretur. Belakangan saya mendapat kabar dari teman saya yg lain (yg punya koneksi dg pabrikan aki tsb) bahwa aki tsb sebetulnya cacat produksi. Apa mau dikata akinya sdh dibuang ke tempat sampah, jadi lagi2 konsumen jadi korbannya. Hiks...hiks....Kasihan sekali deh aku, sdh miskin, pendidikan rendah dll menjadi korban dari merk aki yg disamarkan.
Oleh sebab itu buat para pembaca kiranya bisa lebih berhati2 dalam memilih merk aki yg akan dibeli.
Terutama yg sdh bermerk jangan sampai salah beli. Klo beli aki merk yg biasa saya pakai umurnya biasanya tahan lama. Apalagi klo dari baru aki tsb dikasih vitamin aki yg bermerk POWER BATT dan cara pemakaianya mengikuti saran saya di tulisan2 saya sebelumnya, maka dapat dipastikan umur aki paling sial 2 th, klo tidak sial bisa diatas 3 th.**
**= Dengan catatan perawatan aki harus benar dan altenator tidak ada masalah alias bagus.
Mudah2an tulisan saya ini bisa bermanfaat buat para pembaca sekaligus dan juga tidak ada maksud saya untuk berpromosi atau lain2, hanya sekedar berbagi pengalaman saja. Dan juga mudah2an tdk ada pihak yg merasa dirugikan. Kenapa?. Klo yakin bisa membuat aki yg kwalitasnya bagus, kenapa mesti disamarkan merknya, krn pada akhirnya konsumen akan tahu mana yg baik dan mana yg tidak baik. Jadi klo yakin aki buatannya bagus pakai aja merk sendiri, misalkan Aki merk doq, atau aki merk andy ceng pe atau bisa juga pakai aki merk andy ceng kau (1900) atau aki merk avansa. He...he...he....
Jangan marah ya, buat bro doq , andy 1800 & avansa.
wuiihhh, hebaatt...mantepp bang sjamsul....lanjutttttttt
jgn pernah berhenti untuk berbagi sharing nya....
Eh mau nanya...kalo umur batere mobil yg bawaan dari pabrik berapa lama yah?
betere mobil kudu di rawaat dan selalu di cek nih...karena harga batere baru lumayan mahal khan???
Abu2 wrote:wuiihhh, hebaatt...mantepp bang sjamsul....lanjutttttttt
jgn pernah berhenti untuk berbagi sharing nya....
Eh mau nanya...kalo umur batere mobil yg bawaan dari pabrik berapa lama yah?
betere mobil kudu di rawaat dan selalu di cek nih...karena harga batere baru lumayan mahal khan???
Ok, diusahakan.
Tergantung perawatan ada yg 1th ada yg 2 th bahkan lebih, makanya perawatan aki perlu diperhatikan. Juga alternator sekali2 diperiksa apakah pengisiannya masih baik.
Jadi bukannye nyang alus2 aja dirawatin, tapi aki juga butuh perawatan. he..he..he.....
NB: Usulan perawatan : tiap tgl 1 atawa abis pade gajian tengoklah aki, apa airnya berkurang atau tidak, sebab kalo sampe kurang apalagi sampe kering bisa terdeteksi lebih awal, shg dapat menghidari aki tsb tewas alias koit. Usulan ini berlaku juga untuk sepeda motor. ok
nescafe wrote:ingin bertanya lg pak, abis ilmunya mantap bgt.. hehehe..
pak sjamsul, apa kabel grounding bsa membantu memperpanjang umur aki?
Klo yg dimaksud adalah PENAMBAHAN kabel grounding bisa memperpanjang umur aki, maka jawabannya adalah tidak. Tapi penambahan kabel ground bisa membantu memaksimalkan kerja dari mesin mobil tsb. Teman saya pernah melakukan pengetesan di mobil injection. Dengan penambahan kabel ground, maka performa atau tarikan mobil tsb lebih baik (dengan menggunakan alat yg bahasa perancis kunonya bernama osciloskop, klo tidak salah nulisnye). Berdasarkan bukti inilah maka saya bisa menjawab pertanyaan bro kopi, eh bro nescafe. Jadi tidak asal2an menjawabnya.
Di pasaran banyak ditemui berbagai model kabel ground tambahan, tergantung dari kekuatan kantong kita sendiri klo mau ditambahin. Tapi hati2 ya membelinya jangan sampai tertipu oleh kemasan yg bagus, padahal brg tsb barang murah tapi krn bungkusnya bagus bahkan sangat bagus maka harganya menjadi mahal.
Klo untuk memperpanjang umur aki akan saya bahas nanti malam deh, krn saat ini yg alus2 udah nungguin dari tadi.( termasuk pengertian kenapa aki bisa cepat mati ). ok.
Ada lagi neh Bro...Mengecash aki dengan adaptor 12 volt waktu mobil stan bay di malam hari...Bro Sjamsul merekomin enggak,saya sendiri belon pernah mencoba karena belum tahu prosedur yang benar.
avansa wrote:Ada lagi neh Bro...Mengecash aki dengan adaptor 12 volt waktu mobil stan bay di malam hari...Bro Sjamsul merekomin enggak,saya sendiri belon pernah mencoba karena belum tahu prosedur yang benar.
Sorry bro nanti malem ye jawabannya, krn si doi udah ngambek nih, minta ditemenin ke supermarket. ok
avansa wrote:Ada lagi neh Bro...Mengecash aki dengan adaptor 12 volt waktu mobil stan bay di malam hari...Bro Sjamsul merekomin enggak,saya sendiri belon pernah mencoba karena belum tahu prosedur yang benar.
Sebaiknya aki dilepas dulu dari mobil, baru dicharge / distroom. Saya sendiri menggunakan charger aki merk DELTA yg menurut tulisan di brg tsb bikinan jepang dengan kapasitas 5 amper, tapi klo menggunakan adaptor saya blm pernah melakukannya. Teman saya pernah melakukan hal tsb, tapi untuk aki sepeda motor, krn kapasitas adaptornya kecil (kalo tidak salah 5 amper). Bingung kan, sama-sama 5 amper. Lantas apa perbedaannya?. Klo yg merk Delta itu besarnya kira-kira panjang 30 cm, lebar 30 cm dan tingginya kira2 50 cm, sedangkan yg lokal 10 X15 dan tingginya 10 cm juga. Jadi kapasitas yg sebenarnya berbeda juga. Ok. Istirahat dulu ah bentar lagi disambung, krn mau ngopi dulu.
Dear avansa, untuk melepas aki dari mobil harus hati2, kenapa?. Untuk mbl yg canggih ato muahal banget, sebaiknya tanyakan dulu ke bengkel mbl tsb apakah melepas aki boleh dilakukan dengan cara yg sdh dibahas disini. Biasanya ada cara2 tertentu untuk melepas aki tsb, tapi untuk mbl yg biasa2 saja tidak masalah, paling2 memory radio atau setelan dari tape harus dimasukkan kembali.
Lantas untuk melepas aki mobil harus dalam keadaan mati, tidak boleh dalam keadaan hidup dan kunci kontak harus dalam posisi off atau sebaiknya dicabut saja. Kenapa?. Teman saya pernah bercerita klo komputer atau klo tidak salah ecu nya jebol gara2 pada saat mau ganti aki baru mobilnya tidak dimatikan. Harga ecunya kira-kira hanya 5 jt saja. Dan ini terjadi di mobil bensin, klo mobil diesel biasanya tidak masalah, krn klo aki dilepas mbl akan tetap hidup. Tapi daripada daripada mendingan mesin dimatikan saja untuk menghindarkan hal2 yg tidak diinginkan.
Sekali lagi mudah2an tips ini bisa berguna bagi para pembaca sekalian. thanks.
NB: besok akan saya bahas lagi mengenai apakah aki mbl kita benar2 mati atau cuma kehabisan stroom doank, supaya jangan sampe aki masih hidup dibilang sdh mati. Nyang rugi siapa ya.......
avansa wrote:Ada lagi neh Bro...Mengecash aki dengan adaptor 12 volt waktu mobil stan bay di malam hari...Bro Sjamsul merekomin enggak,saya sendiri belon pernah mencoba karena belum tahu prosedur yang benar.
Sebaiknya aki dilepas dulu dari mobil, baru dicharge / distroom. Saya sendiri menggunakan charger aki merk DELTA yg menurut tulisan di brg tsb bikinan jepang dengan kapasitas 5 amper, tapi klo menggunakan adaptor saya blm pernah melakukannya. Teman saya pernah melakukan hal tsb, tapi untuk aki sepeda motor, krn kapasitas adaptornya kecil (kalo tidak salah 5 amper). Bingung kan, sama-sama 5 amper. Lantas apa perbedaannya?. Klo yg merk Delta itu besarnya kira-kira panjang 30 cm, lebar 30 cm dan tingginya kira2 50 cm, sedangkan yg lokal 10 X15 dan tingginya 10 cm juga. Jadi kapasitas yg sebenarnya berbeda juga. Ok. Istirahat dulu ah bentar lagi disambung, krn mau ngopi dulu.
Dear avansa, besok akan saya bahas lagi mengenai berapa lama sebainya aki distroom untuk mencapai full charge. ok