Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kok pemerintah ga malu ya ngeluarin usulan kayak gitu? Bukannya itu menunjukkan ke dunia bahwa rakyat kita masih bodoh-bodoh dan gaptek sampai-sampai ga bisa bawa mobil matik? Mendingan daripada buat kebijakan yang aneh-aneh gitu mendingan ngadain acara bertajuk "smart driving" yang dibuka untuk umum yang bisa memberi pendidikan ke orang-orang mengenai cara mengemudi yang benar, baik matik maupun manual.
Sebenernya bedanya apa sih sama yang bawa mobil manual di gedung parkir? Karena menurut saya, orang yang pake manual sama bahayanya sama orang yang bawa matik.
Kmaren malah ada orang pake manual, karena ragu-ragu dia sempat berhenti di tanjakan parkiran (lantai 2 naik ke lantai 3), mungkin belum mahir ato panik & ga punya feeling atas perbandingan gas & kopling, mobilnya tiba-tiba loncat, mesinnya mati & malah nggelinding mundur. Saya yang dibelakangnya cepet-cepet mundur (untuk di belakang saya kosong). Coba kalo belakang saya ada mobil & saya ga bisa langsung ngehindar mundur, beuh, bakal ancur mobil saya. Orang itu trus nyoba lagi, uda di gas sekencang-kencangnya ga mau nanjak juga (kali' ragu-ragu ngangkat kopling, takut mesinnya mati). Coba kalo tu pake matik, malah ga bakal nggelinding mundur gitu. Beuh, saya hampir hilang kesabaran ada belakang orang itu.
Tuh khan, orang pake manual aja bisa gaptek. Kmaren kebetulan aja tu smuanya matik yang celaka, tapi kemungkinan celaka buat pengemudi mobil manual sebenernya sama aja.
Untuk masalah valet, sebenernya saya tidak terlalu percaya. Seharusnya yang paling mengerti mobil sendiri adalah kita sendiri yang sehari-hari menggunakannya. Banyak tukang valet yang justru kadang bingung caranya makek mobil. Pengalaman saya di Novotel Jogja, saya bawa Chevrolet Aveo manual & ditawari jasa valet. Karena saya sedang buru-buru, saya mau aja langsung ninggal kunci mobil. Setelah urusan saya selesai, mobil saya ada di posisi yang menurut saya 'aneh', dia ga diparkir di tempat parkir yang semestinya. Trus begitu saya tanya, "loh mas, kok mobil saya diparkir disitu?". Petugas valetnya trus bilang, "mobilnya kok ga bisa mundur mas? di tuasnya 'R'nya ada di depan, tapi kok masuknya 1 terus ya? trus saya coba geser tuas ke belakang kok masuk 4 ya? rusak ya mas?".
Aduh, payah banget ni petugas valet, padahal jaman skarang dah banyak mobil yang kalo mundur tu harus ngangkat cincin yang di tuas persenelingnya, baru digeser ke depan untuk masuk posisi 'R'. Tambah tersinggung lagi dibilang mobil saya rusak. Hhhgggg....
Belum lagi petugas valet yang bingung ngeliat tuas matik yang bentuknya kayak joystick di BMW X5. Kalo ga terpaksa mendingan parkirin sendiri deh. Itung-itung bisa nambah 'pengalaman & jam terbang' kita memarkirkan mobil sendiri & bikin kita lebih trampil.
Di sini memang aneh, lebih banyak yg 'bisa' mengemudi mobil manual drpd matic, padahal lebih mudah mobil matic.
Kalo negara maju most kebalikannya, lebih jarang yg bisa mengemudikan mobil manual.
hehehehehehe.... emang disini persepsi tentang mobil matik masih dikenal dengan mobil yg sering bermasalah, mahal perawatan.
untuk yg bermasalah saya kurang setuju asal perawatan + penggunaan sesuai dengan petunjuk pemakaian hampir bisa dibilang mobil matik trouble free, tp untuk mahal perawatan... emang bener seh....sekali flush oli transmisi matik gak kurang dr 500k biaya yg harus d kluarkan, harga yg harus ditebus untuk kenyamanan kaki kiri
GTR wrote:Di sini memang aneh, lebih banyak yg 'bisa' mengemudi mobil manual drpd matic, padahal lebih mudah mobil matic.
Kalo negara maju most kebalikannya, lebih jarang yg bisa mengemudikan mobil manual.
Kan udah mulai nge-tren nih mobil matic di Indo. Kemungkinan masalah ga bisa nyetir mobil manual akan terjadi beberapa tahun kedepan