Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by singachu »

Shaqilla wrote:belum pernah di Oreo, tapi pernah di Maestro.. kayanya posisi sama persis deh di dalam tangki tuh saringannya.. jadi, yah harus kuras & turunin dulu tangkinya, baru bisa dibuka dan dikeluarin tuh saringan.. umumnya sih langsung ganti... tapi ndak tauk deh kalo di oreo..
hmm kalo langsung ganti mesti sama fuel pumpnya juga, harganya lumayan 2,5 s/d 3 juta tuh

regards,
singachu
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by poeticmind »

singachu wrote:om poeticmind, untuk aerio/nextG untuk mengeluarkan filter bensin apa mesti nurunin tangki bensin ?
gimana cara ngebersihin filter bensin ? kalo diganti emang harus beserta fuel pump nya juga ?

regards,
singachu


utk fuel filter aerio sebenernya maintenance free, jadi tidak perlu dibersihkan periodik seperti pada mobil2 lama... letaknya memang ada di dalam fuel tank.
Fuel pump ada 2 jenis, yaitu mechanical fuel and electrical fuel pump. utk aerio menggunakan electric fuel pump dengan higher pressure typically 10 to 50 PSI. cukup utk memberikan tekanan ke ruang pembakaran secara konstan.

secara claim, fuel filter ini diganti setiap 240.000km. dan fuel pump diganti menurut tahun produksi aerio, ada pada buku manual. Tapi utk lebih mudah, penggantian disamakan karena letaknya yg tidak gampang.

jika ada kendala di mesin, seperti kurang tenaga atau yg lainnya, belum tentu dari fuel filter/pump. sebaiknya cek di bengkel agar lebih yakin.

cheers.
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by poeticmind »

Shaqilla wrote:ada yg oreonya udah ganti velg ndak? beberapa waktu ini kan velg yg lg trend itu yg celong yah.. tapi gw masih belum pake yg celong, karena takut bibirnya gampang penyok/dekok soale kadang2 lewat jalur yg kacau.. any advice untuk velg celong ini?? sekarang gw pake velg TW mereknya KSpeed.. model non celong, ternyata velg murah ini kuat juga loh.. padahal pake ban lumayan tipis 205/40 .. kanan-kiri, depan-belakang udah ngehajar beraneka lubang sampe bikin badan mental tapi velgnya ndak apa2 so far...


penggantian velg ada resiko nya bro... setiap velg ada karakter sendiri2 dan peruntukan nya.
jika lebih sering melewati jalanan rusak, coba cari ban dengan karakter pinggirnya lebih lebar dan dindingnya bersudut. tanyakan ke toko ban utk merek2 nya beserta harganya. cukup aman melindungi bibir velg meskipun tidak maksimal.
Image
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 718
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by Shaqilla »

weh... melengkapi filter replacement, header custom 4-21, custom resons & freeflow muffler kemarinan akhirnya instal juga dastek unichip typeC di oreo gw.. enggak terlalu banyak naik di HP cuma jadinya grafik kenaikannya rata progresif dari 108HP(6500rpm) jadi 116.9(6500rpm).. yg banyak justru di torsi dari 135.6 (5000rpm) jadi 150+ rata di 4000-5000rpm.. enak banget untuk pake harian, nyalip2 di rpm 2500-4500 makin responsif... enggak ada lagi deh oreo boyo di rpm low-middle... kalo ada yg butuh reference hasil dynonya nti gw email aja, males kalo posting..

but.. di hi rev improvementnya enggak segalak low-mid (tapi tetep lebih ringan dari sebelumnya) mungkin penyebabnya di header 421 (yg memang jago di low-mid) dan air filter yg belum open air..

kesimpulannya untuk pake harian, budget reasonable dan mesin yg tetep terpelihara keperawanannya, install unichip is very recommended dari gw..
oh iya, barusan mampir ke bengkel per langganan.. ganti per belakang (std) karena bantingannya terlalu lembut.. bikin limbung kalo lagi rada kenceng.. kalo custom yg depan sih udah mantep... belum dicoba di trek yg sama sih, nanti kalo udah gw laporan lagi...

yuukk.. aerio lagi dong...

Thanks,
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by poeticmind »

wah, boleh juga review selanjutnya... harga dastek brp sekarang bro?
and, pasang dan setting dimana nih?

harga dyno nya sekalian... hehe soalnya gue liat banyak juga yg nanya harga tuh...

kenaikan bhp nya kok kecil ya...
Image
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 718
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by Shaqilla »

gw pasang, sekalian tunning di atas dynno udah termasuk paket bos di Rev.. gak enak ngomong harga disini, pokoke mereka lagi program cuci gudang, jadi dapet harga yg bagus banget..

yup.. kenaikkannya memang +/- segitu kan dengan mesin perawan.. jangan dibandingin sama versi mesin pnp yah.. jauuh banget soale.. untuk pake harian mending liat di kurva torsi yg jadi gemuk.. berasa banget bedanya di jalan..
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by poeticmind »

oh di rev ya... oke oke... :D
Image
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by singachu »

Shaqilla wrote:weh... melengkapi filter replacement, header custom 4-21, custom resons & freeflow muffler kemarinan akhirnya instal juga dastek unichip typeC di oreo gw.. enggak terlalu banyak naik di HP cuma jadinya grafik kenaikannya rata progresif dari 108HP(6500rpm) jadi 116.9(6500rpm).. yg banyak justru di torsi dari 135.6 (5000rpm) jadi 150+ rata di 4000-5000rpm.. enak banget untuk pake harian, nyalip2 di rpm 2500-4500 makin responsif... enggak ada lagi deh oreo boyo di rpm low-middle... kalo ada yg butuh reference hasil dynonya nti gw email aja, males kalo posting..
<cut>
headernya ukuran berapa bro diameter dan panjangnya, juga knalpot ampe belakang....
suara gimana bro ? kalo lewat perumahan masih bisa ditolerir ?
mau dong reference hasil dyno nya

thanks,
singachu
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 718
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by Shaqilla »

[/quote]
headernya ukuran berapa bro diameter dan panjangnya, juga knalpot ampe belakang....
suara gimana bro ? kalo lewat perumahan masih bisa ditolerir ?
mau dong reference hasil dyno nya

thanks,
singachu[/quote]

headernya customn buatan RKK.. mereka udah punya ukuran 421 yg khusus untuk aerio mesin std.. tinggal bilang aja, kecuali kalo oreonya udah korek N/A.. pasti lain lagi ceritanya tuh.. kalo resonantor (2biji) gw ganti dgn yg diameter dalam yg sedikit lebih besar dan panjang dari std.. ukuran gak jelas.. gw pasang di Budi Knalpot yg di Jl. P Antasari.. muffler freeflow model replika tanabe yg gw pake rada berisik karena tabung overallnya kecil dan kayaknya glasswoolnya gak banyak.. suara kalo cuma rpm 1000-1500 sih enggak mengganggu kok.. bulet ngebasnya.. tapi di rpm 3500-5500 terlalu dengung.. rpm tinggi banget justru jadi asik kombinasi sama teriakan M15A.. Barusan ini gw beli replika HKS yang rapi banget buatannya & diklaim glasswoolnya lebih bagus.. cuma karena belum dipasang jadi gw belum bisa testimoni...

PM emailnya bos.. nti gw email hasil dyno gw..

thanks,
@pri
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by poeticmind »

fotonya dong, bro... hehehehe! :)
Image
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 718
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by Shaqilla »

wuih.. buka dapur tuh namanya, huehehehe....
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 718
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by Shaqilla »

nti yah bouz... mau ngecat header dulu sbiar meyakinkan, hehehe...
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by poeticmind »

kok dicat? lebih baik pake header wrap... selain lebih meredam panas, dan gunanya mempercepat pelepasan udara panasnya... ada pengeruh sedikit ke tendangan kudanya...

wah kok buka dapur? gapapa lah... jadi saya juga bisa belajar banyak dari yg udah dicustom performance, hehe... kek gimana sih bentuknya... gitu bro... :)
Image
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 718
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by Shaqilla »

gak direkomen sama bengkel knalpotnya.. tadinya memang pake headerwrap tapi karena sering keguyur/kecipratan air dan gak bisa melepas panas/uap air yg ngumpet di baliknya dengan sempurna malah bikin karat n material jadi getas.. makanya mau coba alternatif pake cat yg untuk bahan stove itu loh pak...

sip-sip.. pasti nti gw foto2in deh...

thanks,
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by poeticmind »

oh itu... sebenernya, rata2 pipa header meskipun custom sudah anti karat... pipa besi putih atau hitam... (putih lebih bagus >>> jarang), dan header wrap disarankan ambil yg agak bagus... warna bisa dipilih (general nya hitam atau putih).
pada waktu nge-wrap memang tidak gampang, malah kemungkinan utk dilepas ulang sering terjadi... karena sangat diusahakan belitan nya kencang dan rapat. Menghindari air masuk ke sela2 wrapping...

agak repot sih, tapi boleh juga pake cat stovel (High Temp spray paint), solusi murah dibanding ceramic coating yg sekitar 1,2-2jt.
High Temp sspray paint umumnya dari merek RJ, yg agak berkualitas dari Rust Oleum.

ditunggu lho poto2nya... uplot di poto mobil Smers saja... :)
Image
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 718
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by Shaqilla »

sip bos.. memang cat itu yg gw cari... nti pasti di aplod...

thanks,
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by singachu »

Shaqilla wrote:
headernya ukuran berapa bro diameter dan panjangnya, juga knalpot ampe belakang....
suara gimana bro ? kalo lewat perumahan masih bisa ditolerir ?
mau dong reference hasil dyno nya

thanks,
singachu[/quote]

headernya customn buatan RKK.. mereka udah punya ukuran 421 yg khusus untuk aerio mesin std.. tinggal bilang aja, kecuali kalo oreonya udah korek N/A.. pasti lain lagi ceritanya tuh.. kalo resonantor (2biji) gw ganti dgn yg diameter dalam yg sedikit lebih besar dan panjang dari std.. ukuran gak jelas.. gw pasang di Budi Knalpot yg di Jl. P Antasari.. muffler freeflow model replika tanabe yg gw pake rada berisik karena tabung overallnya kecil dan kayaknya glasswoolnya gak banyak.. suara kalo cuma rpm 1000-1500 sih enggak mengganggu kok.. bulet ngebasnya.. tapi di rpm 3500-5500 terlalu dengung.. rpm tinggi banget justru jadi asik kombinasi sama teriakan M15A.. Barusan ini gw beli replika HKS yang rapi banget buatannya & diklaim glasswoolnya lebih bagus.. cuma karena belum dipasang jadi gw belum bisa testimoni...

PM emailnya bos.. nti gw email hasil dyno gw..

thanks,
@pri[/quote]

thanks bro buat hasil dynonya...... mantap banget tuh bro..... aku langsung liat grafik torque nya langsung ngiler....significant banget bok.....
wah sayang aku posisi di jawa timur jadinya ga bisa langsung ke RKK.
kalo tenaga dah kebaca nih dari dyno, bagaimana dengan Fuel Consumption, ada perubahan ? (drive style sama dengan sebelumnya)
soalnya kalo liat torque bawahnya ok banget, buat dalkot enak bener neh ga perlu injek gas dalem2 jadi perkiraanku lebih irit nih.... gimana realitasnya ?

regards,
singachu
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by singachu »

Shaqilla wrote:wuih.. buka dapur tuh namanya, huehehehe....
lho ??? bukannya kalo mo foto header itu buka kap mesin yah ? kok buka dapur ? :ungg:

regards,
singachu
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 718
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Haayyy para pemilik... Aerio lagi dong..

Post by Shaqilla »

memang begitu adanya bro... torque besar enak untuk salip2 rpm mid..
dulu pake premium (kondisi sehari2 di jkt) 1:8, luar kota 1:11.. sekarang kalo pake premium (sehari2) 1:10an, keluar kota 1:13-14..
tapi jauh lebih enak performancenya kalo pake shell super sih, hehehe....