Pilih Mana Transmisi MATIC atau MANUAL
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Ada yang bisa mbantuin ... dimana bengkel yang bagus untuk flush ?dion wrote:busyet, manja banget nih boil. 5rb km sdh dpt minuman seger. btw di BERES itu ada flush gak? klo di jaksel sd depok bengkel flush yg bagus dimana ya?PenyuTurbo wrote:Untuk ATF ... gw praktekin ... ganti barengan dengan ganti oli ... setelah 4 kali ganti ... yang ke lima terus FLUSH.
Kalau gak nemu ... terpaksa flush sendiri ... DIY ...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
kayaknya di bengkel2 biasa bisa deh.. liat2 aja bengkel yang kliatannya agak rame dan teknologiny cukup canggih... he3...
Oiya, mau nanya nih.. Gw kemarin cobain naik mobil matic temen gw..
Parah banget, masa gw bawa matic, bisa mati mobilnya...
Gw liat kalo masuk ke D atau R, lagi idle rpmnya turun, kayak manual koplingnya diangkat sedikit...
Kalo gitu, apanya ya yg udah kena?
Katanya sih, pernah turun mesin...
Oiya, mau nanya nih.. Gw kemarin cobain naik mobil matic temen gw..
Parah banget, masa gw bawa matic, bisa mati mobilnya...
Gw liat kalo masuk ke D atau R, lagi idle rpmnya turun, kayak manual koplingnya diangkat sedikit...
Kalo gitu, apanya ya yg udah kena?
Katanya sih, pernah turun mesin...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Tue May 01, 2007 7:58
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Pada saat idle ... gak ada engine load (beban mesin) ... lalu pada waktu masuk ke D atau ke R ... mesin akan terbebani karena torque conventer udah engange ... hal ini akan nyedot tenaga mesin ... kalau IDLE UP VALVE gak cukup response maka mesin boil akan mati ... IDLE UP VALVE ini mengatur pemasukan udara pada intake manifold sesuai dengan kebutuhan (Throttle masih tetap tertutup) supaya putaran mesin berada disekitar putaran Idle-nya.r1210g wrote:kayaknya di bengkel2 biasa bisa deh.. liat2 aja bengkel yang kliatannya agak rame dan teknologiny cukup canggih... he3...
Oiya, mau nanya nih.. Gw kemarin cobain naik mobil matic temen gw..
Parah banget, masa gw bawa matic, bisa mati mobilnya...
Gw liat kalo masuk ke D atau R, lagi idle rpmnya turun, kayak manual koplingnya diangkat sedikit...
Kalo gitu, apanya ya yg udah kena?
Katanya sih, pernah turun mesin...
SO ... CHECK IDLE UP VALVE ... atau orang juga nyebut ISCV (Idle Speed Control Valve). Biasanya sih cuman kotor ... buka dan bersihkan dengan CARB CLEANER atau INJECTOR CLEANER. Supaya gak nanggung ... bersihkan sekaligus THROTTLE PLATE ... Mudah-mudahan problem bisa solved.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Sebenarnya sih masalahnya masih ada di MESIN ... bukannya di TRANSMISI MATIC - nya ... Please Read my Reply (above), TQ.dion wrote:mungkin regulator primernya yg kena kali shg oli gakngalir/dikit shg mekanisme kopling tdk bekerja.
nah, ini awal yg bagus buat pakar2 matic untuk kasih pencerahan mekanisme kerja mesin matic. ayo..lanjut

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33
lha ini cara DIY nya segera dijelasakan dong jangan nunggu lebaran...............PenyuTurbo wrote:Ada yang bisa mbantuin ... dimana bengkel yang bagus untuk flush ?dion wrote:busyet, manja banget nih boil. 5rb km sdh dpt minuman seger. btw di BERES itu ada flush gak? klo di jaksel sd depok bengkel flush yg bagus dimana ya?PenyuTurbo wrote:Untuk ATF ... gw praktekin ... ganti barengan dengan ganti oli ... setelah 4 kali ganti ... yang ke lima terus FLUSH.
Kalau gak nemu ... terpaksa flush sendiri ... DIY ...

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
bisa, asal transfer dulu ke rekeningnya....(katanya)...abdoel wrote:lha ini cara DIY nya segera dijelasakan dong jangan nunggu lebaran...............PenyuTurbo wrote:Ada yang bisa mbantuin ... dimana bengkel yang bagus untuk flush ?dion wrote: busyet, manja banget nih boil. 5rb km sdh dpt minuman seger. btw di BERES itu ada flush gak? klo di jaksel sd depok bengkel flush yg bagus dimana ya?
Kalau gak nemu ... terpaksa flush sendiri ... DIY ...


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Bisa aje nih ...Hansen wrote:bisa, asal transfer dulu ke rekeningnya....(katanya)...abdoel wrote:lha ini cara DIY nya segera dijelasakan dong jangan nunggu lebaran...............PenyuTurbo wrote: Ada yang bisa mbantuin ... dimana bengkel yang bagus untuk flush ?
Kalau gak nemu ... terpaksa flush sendiri ... DIY ...

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Oang udah ditungguin di OL Acct Bank ... kagak ada yang masuk ...Hansen wrote:td katanya ga mao...PenyuTurbo wrote:Lho yaa ... mau donk ... zaman sekarang kan SEMUANYA BUTUH UANG ... sedang zaman dulu UANG BUKAN SEGALANYA.Hansen wrote:lho?kaga mo duit? hari gene? tumben...
ok de, kasi ke gw ajah, lumayan buat makan...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
Maaf, Mod Hansen harap jangan memicu pembicaraan OOT
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Kalau ngerawatnya baik ... Life Cycle biaya perawatan matic akan relatif lebih murah dari yang manual ... karena manual mesti gati PELAT KOPLING, Transmission Oil (Gear Oli) ... sedang MATIC cuman secara teratur ganti ATF aja.Risol1 wrote:gak salah pilih bro....jangka panjang enakan matik hehehe...axr wrote:masih tetep gw pilih manual
tapi dapetnya matic

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Untuk generasi Matic 3 speed dan 4 speed ... harganya ATF hampir sama dengan oli transmisi manual ... sekitar 30rb/liter. Kalaulah perlu 8 liter baru 240rb.
Manual paling banyak perlu 4 literan ... ya separuh nya 120rb.
Untuk generasi matic yang 5 speed, harga ATF sekurang-kurangnya 1.5 kali ... sampai ada yang 10 kali lipat se liternya ... bergantung kepada merek ... WALAUPUN ATF nya sama. Contoh ATF Toyota Type-IV ... harga 45rb/liter, kalau udah dikasih label VOLVO ... harganya jadi 250rb/liter.
Manual paling banyak perlu 4 literan ... ya separuh nya 120rb.
Untuk generasi matic yang 5 speed, harga ATF sekurang-kurangnya 1.5 kali ... sampai ada yang 10 kali lipat se liternya ... bergantung kepada merek ... WALAUPUN ATF nya sama. Contoh ATF Toyota Type-IV ... harga 45rb/liter, kalau udah dikasih label VOLVO ... harganya jadi 250rb/liter.
