Review Mazda 3

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Post by bushkntl »

FortunerMan wrote:
uch wrote:Masa sih di USA merek Eropa jg hancur...??


Ya model2 tertentu memang banyak dicari, seperti seri 3 atau A4. Soalnya anak muda masih doyan. Coba liat resale Audi A6 atau 7 series. Jaguar gak usah tanya. Seri 5 terjun juga. Pokoknya dibanding mobil Jepang (terutama Toyota dan Honda), mobil Eropa tetap jauh kalah deh...gak usah liat Edmunds...reality hidup disana 10 thn aja. Kalo Porsche 911 sih udah iconic car, sampe kapan pun dicari org.

Di Indonesia knp Audi jatuh? Wah...saya banyak sekali kok denger cerita horor ttg Audi. Toyota Kijang knp digemari? Karena reliability. It's simple to maintain and keeps going and going and going. Sekali lagi, kualitas tidak sama dgn feature list. Kemampuan untuk dipakai lama dgn maintenance minimal juga menunjukkan kualitas.

Mobil kalo udah umur 3 thn ke atas pasti kalah features and gadgetsnya. Yg dicari dr mobil uzur adalah reliabilitynya. Audi mungkin menggunakan bahan top quality untuk bahan kulit dan dash nya. Tapi tiap tahun mesti ganti tie rod, overheat, electrical problems. Sementara Kijang ya dashboard murahan abis, tapi jalan terus di kasarin juga cuek aja...sama dgn Corolla atau Civic......
Sorry, saya nggak setuju sama statement diatas dan karena bicara realitas saya pemakai audi walau di US (jadi tidak dengar dari orang) 00 audi TT saya sampai awal tahun ini waktu saya jual (85.000miles+) tidak ada masalah besar kecuali normal wear and tear parts nggak pernah tuh ganti tie rod, overheat, electrical problem etc sama juga dengan 04 e46 m3 saya yg di pakai "kasar" karena hampir setiap ada BMWCCA track days saya ikut dan tidak ada masalah sampai hari ini jadi tolong jangan membesarkan mitos mobil eropa susah di maintain dan harga jual jatuh.

Anda bilang realitas US bahwa seri 5 harganya jatuh kenyataannya tidak tuh coba lihat di auto trader harga e39/e60 seri 5 berapa sih depresiasinya? Apalagi jika anda memfaktorkan 3yrs/36000miles atau 5 yrs/60000 all inclusive warranty yg datang dengan mobil mobil tersebut. Kalau jaguar punya resale value jelek sih saya nggak heran karena setau saya 1 generasi yg lalu jaguar = ford jadi tahu sendirilah kualitasnya malah temen saya suka bercanda "nice taurus" ke temen saya yg naik jaguar X type(?).

Memang saya akui untuk memaintain mobil eropa bekas jauh akan lebih mahal daripada mobil jepang tapi jika bisa merawatnya degan baik tetap tidak ada masalah contohnya masih banyak e30 yg berpartisipasi di track days dan di pakai sebagai daily driver. Yang saya lihat di Indonesia problem terbesar mobil eropa tua adalah tidak adanya infrastruktur yg cukup dari segi spare part availability dan service jadi lumrah saja terjadi cerita cerita nightmare mengenai susahnya mengurus mobil eropa wong partsnya aja suka susah dicari, problemnya adalah infrastruktur bukan produknya sendiri.

maaf saya newbie disini dan tidak bermaksud untuk start flame war :D dan saya harap anda tidak menganggap ini sebagai personal attack tapi hanya mau meluruskan persepsi dan saya bukan anti mobil jepang karena saya sendiri masih ada honda accord 88 yg saya beli 4 tahun lalu karena waktu saya masih sma saya fell in love sama accord tersebut tapi nggak sanggup beli waktu itu.
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

Audi shock aja 7 jt.. gw sih sumpe deh EMOH...

dan emang dari pengalaman temen2 n sodara2 gw mobil eropa kalo dah tua lebih rewel dari mobil jepang

that's the fact
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review Mazda 3

Post by ZombiEE »

idup mobil jepang...blant...bleh..sorri nge OOT...but, Mazda 3, pernah liat dashboardnya..styling nya ok sekali:)subtle....
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Re: Review Mazda 3

Post by blindzero »

taun depan nih mazda3 berubah bentuk... ngliat mazda6 ganteng banget, pasti mazda3 juga ganteng WAKAKAK
FortunerMan

Re:

Post by FortunerMan »

bushkntl wrote:
FortunerMan wrote:
uch wrote:Masa sih di USA merek Eropa jg hancur...??


Ya model2 tertentu memang banyak dicari, seperti seri 3 atau A4. Soalnya anak muda masih doyan. Coba liat resale Audi A6 atau 7 series. Jaguar gak usah tanya. Seri 5 terjun juga. Pokoknya dibanding mobil Jepang (terutama Toyota dan Honda), mobil Eropa tetap jauh kalah deh...gak usah liat Edmunds...reality hidup disana 10 thn aja. Kalo Porsche 911 sih udah iconic car, sampe kapan pun dicari org.

Di Indonesia knp Audi jatuh? Wah...saya banyak sekali kok denger cerita horor ttg Audi. Toyota Kijang knp digemari? Karena reliability. It's simple to maintain and keeps going and going and going. Sekali lagi, kualitas tidak sama dgn feature list. Kemampuan untuk dipakai lama dgn maintenance minimal juga menunjukkan kualitas.

Mobil kalo udah umur 3 thn ke atas pasti kalah features and gadgetsnya. Yg dicari dr mobil uzur adalah reliabilitynya. Audi mungkin menggunakan bahan top quality untuk bahan kulit dan dash nya. Tapi tiap tahun mesti ganti tie rod, overheat, electrical problems. Sementara Kijang ya dashboard murahan abis, tapi jalan terus di kasarin juga cuek aja...sama dgn Corolla atau Civic......
Sorry, saya nggak setuju sama statement diatas dan karena bicara realitas saya pemakai audi walau di US (jadi tidak dengar dari orang) 00 audi TT saya sampai awal tahun ini waktu saya jual (85.000miles+) tidak ada masalah besar kecuali normal wear and tear parts nggak pernah tuh ganti tie rod, overheat, electrical problem etc sama juga dengan 04 e46 m3 saya yg di pakai "kasar" karena hampir setiap ada BMWCCA track days saya ikut dan tidak ada masalah sampai hari ini jadi tolong jangan membesarkan mitos mobil eropa susah di maintain dan harga jual jatuh.

Anda bilang realitas US bahwa seri 5 harganya jatuh kenyataannya tidak tuh coba lihat di auto trader harga e39/e60 seri 5 berapa sih depresiasinya? Apalagi jika anda memfaktorkan 3yrs/36000miles atau 5 yrs/60000 all inclusive warranty yg datang dengan mobil mobil tersebut. Kalau jaguar punya resale value jelek sih saya nggak heran karena setau saya 1 generasi yg lalu jaguar = ford jadi tahu sendirilah kualitasnya malah temen saya suka bercanda "nice taurus" ke temen saya yg naik jaguar X type(?).

Memang saya akui untuk memaintain mobil eropa bekas jauh akan lebih mahal daripada mobil jepang tapi jika bisa merawatnya degan baik tetap tidak ada masalah contohnya masih banyak e30 yg berpartisipasi di track days dan di pakai sebagai daily driver. Yang saya lihat di Indonesia problem terbesar mobil eropa tua adalah tidak adanya infrastruktur yg cukup dari segi spare part availability dan service jadi lumrah saja terjadi cerita cerita nightmare mengenai susahnya mengurus mobil eropa wong partsnya aja suka susah dicari, problemnya adalah infrastruktur bukan produknya sendiri.

maaf saya newbie disini dan tidak bermaksud untuk start flame war :D dan saya harap anda tidak menganggap ini sebagai personal attack tapi hanya mau meluruskan persepsi dan saya bukan anti mobil jepang karena saya sendiri masih ada honda accord 88 yg saya beli 4 tahun lalu karena waktu saya masih sma saya fell in love sama accord tersebut tapi nggak sanggup beli waktu itu.
Jangan liat pengalaman sendiri saja bro bushkntl. Kalo cuman diri sendiri aja anda bisa bilang bagus, the next guy bilang ancur. Mau percaya yg mana? Itulah gunanya statistics....alias pengalaman banyak orang.

Point saya anda sudah setuju sendiri - "Memang saya akui untuk memaintain mobil eropa bekas jauh akan lebih mahal daripada mobil jepang tapi jika bisa merawatnya degan baik tetap tidak ada masalah " - ya inilah permasalahannya. "Merawat dgn baik" memerlukan ongkos lebih besar. Yg bisa beli BMW baru (dan 4 year maintenance guaranteenya) di Indonesia hanyalah segelintir manusia (bandingkan dgn populasi seluruh Indonesia) - liat aja harga 320i aja IDR 500 juta, jadi bekas adalah pilihan kebanyakan org.
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Re: Review Mazda 3

Post by blindzero »

beli mobil bekas eropa kan udah terkenal bahaya ?! walaupun harganya murah meriah tapi perawatan udah mulai susah mengingat mobilnya itu bekas...kecuali mobil bekas yang memang kualitas masih bagus dan pemakaian tidak lama.

Temen gw jual mobkas, dia sendiri bilang kalau bisa mobil eropa beli baru jangan bekas. Kebanyakan udah hancur dijual... ga kuat biaya perawatan.

btw, mazda ini barangnya CBU dari Jepun semua.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review Mazda 3

Post by ZombiEE »

ini toh permasalahan nya..py duit beli tapi ga tahan rawat?they should have known better:0
fajarm2k
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Dec 17, 2007 2:03

Re: Review Mazda 3

Post by fajarm2k »

ambil mazda 6 AT aja, udah gampang lari >200kpj jg walau standart. mobil2 mazda sekarang buaguss banget kualitasnya dibanding mazda jadul (maklum mazda tua user europe 2.0 th 88), wong mazda tua jadul ane masih kuat lari 170kpj kok....... ini jg masih make teknologi th 80an mesinnya. kondisi standart cuman nambah modul pengapian doank.

kebayang donk mazda yang barunya.... larinya gimana.... serem ah..... tanya kenapa patwal ngambil mazda 6 zoom2 buat patroli jalan tol ? ? ?

cuman masalahnya :
1.di harga ---> cbu jepang seh, pajak masuk sini masih gede

2. aftersales and service ---> mazda jadul <th2000 ditolak masuk dialer resmi --->BUSYEETTTT, mekanik2nya mungkin udah lupa cara benerin mazda jadul hehehehehehehee. nasib jadi pemakai mazda jadul ---> mana part2 di toko2 non resmi masukin barang kudu lewat dealer resmi kalo ngak salah sekarang ----> kebayang donk gimana jadinya harga jual spartnya?

kalo emang mo jadi dealer resmi mazda / autorized part seller seh gpp beli mazda yang baru. kalo kagak.......hmmmmmm......... zoom zooom...........

fajarm
626 user mimpi make mazda 6 zoom22
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Review Mazda 3

Post by uch »

ZombiEE wrote:ini toh permasalahan nya..py duit beli tapi ga tahan rawat?they should have known better:0
Tepatnya "Tidak tahu merawat" atau mungkin "tidak mau tahu merawat". Lama2 "tahu" berubah jadi "tahan"== Tidak tahan merawat.. :D. Apalagi kalo boil nya kurang banyak gaul... :D

Kalo soal imej mobil eropa "rewel" saya kurang setuju tuh. Imej itu tercipta karena sekian puluh or belas tahun lalu perbandingannya apple to tomat. Kalo mobil jepang selalu yg kebayang kijang or sedan 100-150 jt. Yg nggak pake ecu, masih carbu, kipas non elektrik yg ngikut RPM dan udah nyala sejak suhu mesin masih 28%.. :D, tanpa sensor2 dll. Sisi lain mobil eropa nya udah injeksi/ecu, kompresi 1:9 or pertamax yg relatif bikin mesin lebih panas, dll.

Contohnya imej mobil yurop electricity nya rewel, kalo rusak muahalll..!! Lha iya lah. Boil japan yg dimaksud itu electricitynya cuman buat lampu dan busi. Rusaknya cuman kalo kabel digigit tikus :D COba boil japan sekarang. Otomotif edisi lalu ada tuh CRV and oddsey yg ECU nya jebol gara2 install audio. Hangus Rp 25 jt. Gile dah. Atau coba Livina electricitynya dibongkar2.. :D Minimal garansi hangus.. ha..ha.. No offense . Peace... :beer:
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Re: Review Mazda 3

Post by blindzero »

namanya juga mau punya mobil mewah tapi harga murah ya pasti masalah perawatan juga keberatan. Kecuali beli mobil mewah harga mewah masalah perawatan ga akan menjadi masalah yang besar. Entah orangnya memang mampu atau emang mobil kondisi baru !

Kira kira mazda yang baru baru ini ntar bakal tetep CBU dari Jepang ga ya.....
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review Mazda 3

Post by ZombiEE »

yah..teknologi yg maju yah hrs dirawat dgn bener...kadang ada sih..org yg beli mobil mewah tapi bensin nya aza tetep premium...uda jelas2 ditulisin min requirement nya apa pun masi dihajar premium...itu diliat dari yg paling simpel nya..wanna count on those guys to take care the ride?,,,hahahaa
mahal nya perawatan mobil eropa yah sebanding sama kelasnya..nyamannya..etc etc...cuma tinggal kemauan sendiri aza buat mau apa ngak nya kita memakai mobil eropa IMO:)
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Review Mazda 3

Post by poeticmind »

penasaran juga, soalnya mazda akhir2 ini agak jarang terdengar... terus terang, naksir bgt sama RX8. :)
Image
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Re: Review Mazda 3

Post by blindzero »

poeticmind wrote:penasaran juga, soalnya mazda akhir2 ini agak jarang terdengar... terus terang, naksir bgt sama RX8. :)
2009 ntar rame lagi, khususnya mazda 3 soalnya kluar baru.
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Review Mazda 3

Post by poeticmind »

blindzero wrote:
poeticmind wrote:penasaran juga, soalnya mazda akhir2 ini agak jarang terdengar... terus terang, naksir bgt sama RX8. :)
2009 ntar rame lagi, khususnya mazda 3 soalnya kluar baru.
lampu depan nya... bro, cakep! :)

dash panel nya juga... mewah. wah...
Image
ariefsinda
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sun Apr 06, 2008 0:37

Re: Review Mazda 3

Post by ariefsinda »

Mazda3 emg cakep banget, tapi sayang transmisi otomatisnya kurang responsif, kurang greget gitu.....kickdown ada jeda sktr 1 detik, lagian yg cukup ngganggu, suara ban kalo lewat aspal kasar terdengar keras masuk kabin, jadi kurang comfort deh..... :? :(
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Review Mazda 3

Post by poeticmind »

suara ban kalo tidak salah, teman saya pernah bilang juga... tapi hanya karena jenis ban, bisa diganti saja. tapi kalo lewat aspal kasar mobil2 saya juga begitu kok bro... keras suaranya.
kalo transmisi saya tidak tahu, belom pernah coba... perbandingan dgn mobil A/T lain rata2 memang begitu kan? jeda 1 detik.
Image
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Re: Review Mazda 3

Post by blindzero »

Kayaknya mazda 3 ini fun to drive ya ?
Beberapa kali jadi penumpang doang di mazda 3, memang agak berisik di bangku belakang...suara ban'nya masuk...
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Review Mazda 3

Post by poeticmind »

betul, itu karena jenis ban saja kalo kata teman... well, masih bisa sedikit usaha pasang peredam sih...

wah fun to drive... belum nyoba bro... pengen juga sih test drive, apa seperti RX ya? :D
Image
ariefsinda
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sun Apr 06, 2008 0:37

Re: Review Mazda 3

Post by ariefsinda »

Hehee...jangan dibandingin ma RX-8 Bang...ga imbang atuh...
saingannya ya ford focus itu sih, tp kliatannya msh sdkt lebih nyaman mazda3 kok, soalnya meski mazda3 suspensinya keras tapi focus lebih keras lagi... :)
yg jelas handling nya stabil banget waktu diajak lari kenceng..tapi terus terang kalo pas jalan luar kota dan perlu salip sana sini lebih enak pake transmisi activematic-nya, lebih responsif...

kalo soal ban lbh enak dipasang peredam lagi ato ganti jenis ban aja ya?
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Review Mazda 3

Post by poeticmind »

hahahaha! gitu ya? :)
Ford Focus memang agak keras suspensinya, mungkin agar lebih rigid/sport. well, belum bisa komentar apa2 nih kalo mazda3, belum nyoba...

soal noise pada cabin, saya lebih prefer utk peredam... selain lebih murah, ban kan sayang jika diganti. sebaiknya dibiarkan saja sampai habis, ekonomis lah... toh pada saatnya ganti ban nanti lebih terasa nyaman karena peredaman sudah duluan ada.
coba beri peredam semprot pada bagian spatbor atas ban, buka dulu plastik pelindung nya. itu cukup efektif. dan pada bagian cabin, cukup dari dinding firewall dalam sampai depan jok front driver (pijakan kaki). utk bagian belakang sama, cukup pada bagian atas lekukan dan bawah jok rear seat.
jika mau sekalian pada ke 4pintu, silahkan.

bagian cabin, gunakan peredam bakar agar lebih rapih... dan tambahkan peredam akustik secukupnya/seperlunya. pada peredaman luar atas ban, berikan peredam semprot saja.
so, peredam tidak usah full seluruh cabin... agar mobil tidak terlalu berat.
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Review Mazda 3

Post by GTR »

ford focus kan = mazda3 ?
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Review Mazda 3

Post by poeticmind »

platform nya sama, tapi tetap beda di utility, cost, comfort, dimensions, handling, performance and drivetrain nya...
Image
ariefsinda
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sun Apr 06, 2008 0:37

Re: Review Mazda 3

Post by ariefsinda »

Wah gitu ya kalo pasang peredam...
kira2 bisa sampe berapa tuh tarifnya?Lagi ngirit nih... :D
Dan enaknya dipasang di bengkel umum ato di dealer mazda aja?
di surabaya di mana ya bengkel yg bagus??
kalo udah pasang ga nggugurin asuransi ato garansi kan...?
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Review Mazda 3

Post by GTR »

tapi mirip juga dgn escape/tribute, parts mesin, transmisi, suspensi mazda = ford (small cars / eropa) yah.. harusnya ride, karakter, handling dan performa masih mirip2.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Review Mazda 3

Post by GTR »

mirip mazda 323 dgn ford laser di indo.