Seminggu stlh Peraturan Lampu Motor siang hari?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

Sebenarnya apa sih yang jadi masalah kalo nyalain lampu siang hari buat bikers ?
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

Kendala yg paling utama tentu saja pada umur pakai komponen. Awalnya lampu, trus merembet ke aki, trus lagi ke kiprok, terakhir yg paling parah tentu saja ke CDI. Tahu sendiri kalau pengendara roda 2 rata2 dari golongan menengah ke bawah.

Kendala yg kedua adalah sinar lampu dari kendaraan yg dari arah berlawanan silau karena langsung menyorot ke mata.

Sama saja kalau misalnya mobil diminta utk menyalakan lampu siang hari, pasti banyak juga yg keberatan.
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

btw Om Singkong, ga dimodif kelistrikannya Om? klo baca di M+ katanya arus AC di bebek bisa dimodif jadi DC plus ganti kiprok..<==aku ga ngerti dah... Om Singkong kan dulu STM pasti bisa ngerjainnya sendiri..
wah..
beda ilmunya, mas.. :)

temen sy yg lulusan STM elektro aja gak berani utak-atik sistim kelistrikan motornya..sayang katanya..takut salah entar salah2 malah konslet lg.. :P

cerita dikit..
dulu dia punya CB dirubah ke CDI rakitan sndri sama dia..eh..malah mati2 terus dibalikin ke platina lg baru deh tuh motor gpp..
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Post by pitbull »

gue baru tau ada yang mempermasalahkan lampu nyala di siang hari. gue sebagai biker malah senang. keberadaan gue dijalan lebih jelas terlihat ama pengguna jalan lain. walaupun akhirnya gue jadi lebih agresif bawa motor, pikirnya lebih aman sih hehehe. (ini jgn ditiru lho).
alasan lampu putus lah, kiprok rusak lah. ah [cencored] banget deh. kalo motor terawat baik ya gak bakal masalah, paling bohlam doang.
gitu aja kok repot :D
peace bro.
User avatar
gozila
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Wed Mar 23, 2005 6:16

Post by gozila »

hehehe.. maap eperibodi.... :oops:
amatir nih yang nanya...

kiprok tuh apaan yah?
maap kalo kedengarannya lucu tapi saya bener2 amatir, so pliss sombodi tell me

THANKS
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

TUFF Stough wrote:Kendala yg paling utama tentu saja pada umur pakai komponen. Awalnya lampu, trus merembet ke aki, trus lagi ke kiprok, terakhir yg paling parah tentu saja ke CDI. Tahu sendiri kalau pengendara roda 2 rata2 dari golongan menengah ke bawah.

Kendala yg kedua adalah sinar lampu dari kendaraan yg dari arah berlawanan silau karena langsung menyorot ke mata.

Sama saja kalau misalnya mobil diminta utk menyalakan lampu siang hari, pasti banyak juga yg keberatan.
Untuk kendala I, gw juga denger2 kalo lampu peda motor gampang putus. Tapi putus tidaknya lampu tidak mempengaruhi AKI selama motor dalam keadaan hidup.

kendala II, Coba anda bedakan malam hari dan siang hari, apakah lampu di siang hari bisa lebih terang daripada matahari sehingga mata bisa silau ? Kalo anda lihat langsung ke arah lampu motor dalam jarak cm pasti silau, tapi kalo lihat dalam jarak bermeter-meter sudah pasti tidak bisa hanya melihat lampunya saja namun juga pengendaranya.
Begitupula halnya lajur sepeda motor itu di kiri, jadi 2 arah berlawanan sudah psati jaraknya jauh jauh karena kiri dan kiri.
Lampu peda motor sendiri juga arahnya bukan keatas (dimana pengendara motor ada diatas motor), melainkan ke arah jalan.

Untuk masalah mobil nyala lampu di siang hari, mobil suzuki grand vitara nih yang baru keluar, sudah ada sistem untuk lampu nyala di siang hari. Memang di Indonesia belum diterapkan mobil untuk nyala lampu siang hari, tapi di luar negeri sudah diterapkan. Honda Accord aja di luar negeri udah ada sistem daylight, sedangkan yang disini tidak ada (keadann tahun 2000'an).
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
Location: Indonesia

Post by budzaemon »

pitbull wrote: alasan lampu putus lah, kiprok rusak lah. ah [cencored] banget deh. kalo motor terawat baik ya gak bakal masalah, paling bohlam doang.
gitu aja kok repot :D
peace bro.
mungkin motornya Om Pitbul motor bagus, jadinya ga nemu kendala gituan... piss ah
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

ttp aj, kl lg bokek... yg ketiban sial ama lampu putus bakalan tereak2 ato nyari2 penyebab masalah...!
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Post by pitbull »

lampu putus, busi mati, ban bocor, pokoknya salah pemerintah :P