Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »

trebla88 wrote: Wed May 29, 2024 14:21
freaksha wrote: Wed May 29, 2024 13:08
trebla88 wrote: Tue May 28, 2024 9:47 Lipindut L11 ok kok.... :big_biglaugh:
Cuma banyak bekasnya salah urus
Oli dikasi kentel² ama radiator asal isi air biasa
Cari L11 mesin mr18 paling ok sebenernya

Ati² aja beli mobil grand lipindut intinya
Perilakunya sadis2 meliharanya apalagi yg uda tangan keberapa
Bisa² cvt nya yg mungkin jebol bukan mesinnya

Kmungkinan ts ambil yg tipe L10
Ati² aja itu sering karatan juga di tutup tangki bensin
Siap² beresin EGR ama flap di manifold juga :big_weee:
Betul kecelik jg ambil L10, kirain bedanya cuman di bentuk luar grille doang om, balik lagi sih ane yg kurang ilmu. Niatnya cuman cari mobil bekas bagus yg masuk budget, jadi ane ga spesifik merhatiin sejarah GL waktu kemarin. Ketauan kl ini L10 malah pas ngecek sama inspektor yg ngeliat kode rangka atau kode mesin gitu yg bilang L10, padahal ane jg nyarinya yg L11.

tutup tanki bensin?wah kudu bersihin itu jg om?pencegahan nya gimana?
Cek youtube karat bensin livinia kata kuncinya
L11 uda ga harusnya
oh oke om makasih, besok pas ke bengkel tak tanyain sisan deh wakakak
freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »

trebla88 wrote: Wed May 29, 2024 14:22
zonepublic wrote: Tue May 28, 2024 11:30
trebla88 wrote: Tue May 28, 2024 9:47 Lipindut L11 ok kok.... :big_biglaugh:
Cuma banyak bekasnya salah urus
Oli dikasi kentel² ama radiator asal isi air biasa
Cari L11 mesin mr18 paling ok sebenernya

Ati² aja beli mobil grand lipindut intinya
Perilakunya sadis2 meliharanya apalagi yg uda tangan keberapa
Bisa² cvt nya yg mungkin jebol bukan mesinnya

Kmungkinan ts ambil yg tipe L10
Ati² aja itu sering karatan juga di tutup tangki bensin
Siap² beresin EGR ama flap di manifold juga :big_weee:
Jujur saya pribadi kok ga tertarik pelihara mobil2 umum nissan di indo kalo bukan GT-R sih :big_biglaugh:
Kalo ada dana piara salah 1 dari 2 pilihan itu saya akan cari tahu gimana pemeliharaannya
Teana series mayan kok
Xtrail ama terra juga :big_biglaugh:
kalok seri yg dipengen sih Terrano sama XTrail kayaknya gagah om, masalahnya konsumsi BBM yg ngga sustainable :big_childish:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by Suryaputra »

alvin23 wrote: Thu May 30, 2024 3:06
ChZ wrote: Tue May 28, 2024 4:00
Pororo wrote: Tue May 28, 2024 3:08
Ada petuah suhu disini yang pernah bersabda: cari mobil seken, buka tutup radiator, isinya air biasa CORETTT
Sekarang ane semakin paham kristal rule nya tsb
palagi ada embel embel "jarang dipake". kebayang tuh aer diem berapa lama.

klo sering dipake minimal aernya sirkulasi
Betul nih, ane juga kemaren gambling pas ambil freed, catatan inspektornya, radiator isi air biasa. Setelah ngobrol dengan inspektor, dia berkesimpulan, tp kayaknya belum lama ini pak pake airnya, gaada karat kok.

Oke deh, bungkus sambil doa.

Ga berapa lama, saya ganti2 fluida di Mbah Marmut. Eh dipanggil ama mbah, "Ini kayaknya coolant kok, cuma udh lama ga diganti aja mungkin dari baru, warnanya udh gaada :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Terselamatkan dah
agak lain
coolantnya bisa nguap pewarnanya
atau mengendap dan nempel?... :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »

Pboyz97 wrote: Wed May 29, 2024 17:00
freaksha wrote: Wed May 29, 2024 12:52

inspektornya lokal jogja om, kayake ane blm bisa DM dan posting foto/video deh. Kejadian ini kayaknya akumulasi dari beberapa faktor om:
1. penjual bilang unit perfect dari penilaian feelingnya penjual pribadi tanpa ukuran objektif
2. inspektor mobil udah ngecek sesuai listnya dia, udah mention juga perkara radiator mobil pake air biasa dan udah berkarat.
3. ane yg kurang ilmu, ngga tau arti dari panel" di dasbor mobil dan cuma percaya aja sama kata-kata inspektor dan penjual
4. nasib karena partnya brokedown pas banget waktu ane bawa pulang, kurleb 1 tahun dibawa yg jual ga masalah, malah belum lama sebelumnya dibawa ke Solo dan pulang dengan selamat

pas inspeksi udah dicek tutup oli sama jumlah oli, emang menghitam dan disarankan langsung ganti tapi jumlah oli masih acceptable. Perkaranya di radiator, sama inspektor dibuka doang tutup radiatornya, nyalain mesin, dan mereka lanjut ngecekin unit. Setelah mesin mobil dimatiin, ada suara angin ssssshhhhhhhh a la panci presto, disini ane belum tau apa2 dan inspektor jg cuma bilang ini ada suara ssssh setelah mesin mati, jadi bagian pendinginan perlu diperhatikan. Selanjutnya mobil dibawa muter buat ngecek kaki-kaki, hasilnya dirasa mobil masih relatif sehat dibagian sini. Setelah muter dan matiin mesin mobil, suara sssshhh itu masih keluar, tapi inspektor tetep bilang ada suara ssshhh, gak bilang kl itu indikasi awal radiator bocor. Karena hasil initial check oke dan inspektor bilang itu mobil worth dengan harga yg ditawarkan, maka ane beranikan aja nego harga dan transaksi. Abis itu mobil langsung ane bawa, awalnya masih aman dibawa jalan 7km (menurut gmaps) sampe rumah sodara, setelah jalan mesin mobil tetep bersuara sssshhh setelah mati. Pas ane berangkat perjalanan pulang, belum ada 10km mobil mulai ngga normal karena tiba-tiba AC panas dan tenaga abis dan ada suara grrrkkkk waktu jalan, disitu kondisi jalan sempit dan rame jadi ane nyari pom bensin terdekat. Berhenti di pom ane buka kap depan dan keluarlah kemebul asap. Untung ada ipar yg ngikutin dan lebih tau dari ane, dia langsung ngecek oli dan radiator, ternyata air radiator dah kosong dan menurut dia olinya agak kurang, jadi sementara dinginin dulu aja mesinnya, isi radiator dan coba bawa jalan pelan" tanpa AC. Gak lama jalan setelah itu mesinnya overheat lagi, istri sama ipar langsung cari oli sampe jalan gede karena dikira olinya kurang, sedangkan ane nungguin mobil dingin sambil coba ngisi radiator. Disini baru ketauan kl radiator ternyata bocor dan airnya ngucur gede, makanya dari overheat pertama ane isi air radiator pake 2 botol aqua 1.5L gak penuh".

Awalnya ane ga tau apa" soal panel di dashbor mobil kecuali speedo, odo, fuel gauge jadi ga sadar kalo ada indikator OH yg nyala. Baru tau setelah overheat kedua, ane baru engeh kl itu lampu berbentuk termometer warna merah nyala pertanda overheat. Jadi perjalanan yg seharusnya cuma setengah jam, molor sampe hampir 3 jam karena beberapa kali berhenti nunggu mesin dingin. Ane langsung cari kontak bengkel deket rumah dan paginya langsung bawa ke bengkel spesialis nissan yg kebetulan deket dari rumah.

Karena mesin terlanjur OH, jadi sama tim bengkel pertama diobatin dulu radiatornya, dikorok segala rupa dan ternyata emang udah mampet parah baru ketauan pas disitu, ini ane udah kena bill 2,5jt termasuk ada ganti waterpump yg udah karatan. Cooling system beres, tim mekanik lanjut ngecek kompresi mesin, dan ketauan ada bocor kompresi yg kemarin ane ceritain. Tadi pagi udah dikasih estimate kalo turun setengah berapa, dan turun full berapa. Ane minta buat cek dulu sebelum eksekusi overhaul, kalo problem cuma di bagian atas, turun setengah aja. Tapi eh tapi ternyata atas mlengkung bawah jg mlengkung, jadi tetep aja full overhaul. :capede: Jadi dari awal pas inspektor ngecek sebetulnya mobil emang masih posisi aman om, cuman radiator aja mereka luput kalo itu radiator udah bocor. Mobil ga aman setelah ane bawa gegara OH akibat radiator rusak.

iya gapapa om malah makasih lho jadi referensi, ini kan udah masanya mau ga mau harus belajar wkekekeke
inspektornya udh ada pengalaman blm, sm apakah om udh cek reputasinya , baik di media sosial ataupun ratingnya, kalo di saya, kalo mau pilih inspektor, pasti yg saya liat media sosialnya dulu, akan keliatan bagaimana dia mengecek mobil, feedback dari customernya, cara menyajian hasilnya kaya gmn & kalo perlu cek youtubenya juga, jd ga buang2 waktu dan buang2 biaya, berkali2 saya pake untuk cek mobil seken yg akan saya beli baik untuk pake sendiri maupun buat dagangan, hasilnya so far memuaskan, yg kedua, usahakan cari yg independen, netral, bagus bilang bagus, biasa aja bilang biasa aja, kurang dibilang kurang. setau saya kalo area lokal jogja, inspektor yg emg cukup bagus menurut saya ada 3, m*s w*h*d, g*s, s* m**i, saya gatau om pake jasa salah 1 dari mereka atau gak. kalo emg bukan salah 1 dari mereka, saya no komen deh

terus poin 2 yg saya bold. kalo inspektor udh bilang gitu, saya bakal putar balik, karena ada indikasi mobil tersebut mohon maaf "asal pake saja" + cenderung kurang terawat. pengalaman saya hunting mobil seken, yg pertama mobil MPV merek T yg julukannya sejuta umat, kedua crossover dari merek h tegak yg basisnya sama kaya jazz + terakhir innova reborn, saya pernah menjumpai mobil yg dari foto baik exterior dan interiornya mulus, dan km nya "rendah" untuk ukuran jenis mobil dan tahunnya, tp pas diliat langsung kondisi kaya yg no 2, saya gasampe 15 menit langsung balik kanan om, mending cari unit lain yg emg mesinnya sehat & terawat, walaupun ketiga mobil yg saya liat minusnya kalo dari bodi & interior cuma baret2 pemakaian aja, saran saya, om sblm hunting mobil, cari tau dulu mengenai plus minus mobil yg akan om ambil , kalo di daerah tempat tinggal om, mobil yg om akan beli adalah mobil yg nonmainstream di daerah tersebut, ada baiknya gabung ke komunitasnya , minimal bs nambah ilmu & nambah pengetahuan serta koneksi hehe, pengalaman saya ambil mobil seken baik mobil sejuta umat, sampe duo ladder diesel sekalipun, saya pasti akan melakukan riset, entah dari komunitas, maupun forum or youtube, mengenai kelebihan, kekurangan & biaya perawatan mobil itu buat jangka panjang + kendala yg akan dihadapi pas hunting unit mobil tsb, jd kalopun ada kendala yg "gak biasa saya alami" saya sudah siap, makanya saya berani ambil mobil itu, kalo saya blm siap, saya gak akan hunting, karena percayalah, cari mobil seken ga gampang, saya udh ngalamin sendiri, apalagi yg umurnya 1 angkatan kaya mobil om TS

no 3 sama, alangkah baiknya om riset dulu sblm ambil, minimal fitur vital dari mobil tsb termasuk indikator dasbor, krn dari situ jg bisa menjadi salah 1 faktor akan kondisi mobil tsb yg sebenernya

no 1 & 4 mohon maaf saya gabisa jelasin disini, kalo mau via pm aja , trims :big_peace:

dari diskripsi yg om jelasin, krn celotehan saya udh terlalu panjang, sorry OOT :big_peace: , intinya, kalo saya jadi om, saya gak akan ambil mobil tsb. dari semua indikasi yg saya bold, udh jelas mengarah ke indikasi yg emg mohon maaf bisa keluar biaya yg lumayan besar, apalagi buat mobil kaya livina ini. poin terakhir itu bukan overhaul, kl yg melengkung atas bawah itu bagian piston atau ring sahernya atau metal jalan metal duduk, ya itu bukan overhaul lagi, tapi jatohnya udh turun mesin total. which is bakal keluar biaya besar, bukan saya nakut2in, saya cuma mau om belajar dari pengalaman ini jd om ga mengalami nasib yg sama dikemudian hari, saya jg pernah ada di posisi tsnya & rasanya sakit bgt. overhaul itu = turun 1/2. kalo udh bongkar total ya turun mesin full= mesin diangkat dari mobil, diturunin semua, dibongkar, terus dicek part2nya, yg rusak seberapa banyak & penggantian partnya apa aja, total biaya berapa & berapa lama. kalo bengkel juga saran saya jangan asal , apalagi kalo udh soal mesin, bukan saya mau jelek2in bengkel manapun, tp pilih bengkel yg emg punya reputasi bagus, at least udh berpengalaman dalam menangani mobil tsb, apalagi mobil om ts di daerah tempat tinggalnya termasuk mobil "non mainstream" , alangkah baiknya liat dulu rating di medsos, atau pun googlenya entah ig or youtube. semoga bermanfaat
Inspektornya kayaknya bukan yg om tulis deh, cuman search Instagram keyword inspeksi mobil jogja njuk cek beberapa beberapa yg hasilnya paling atas, ada alternatif lain tapi kok ya yg ane pilih yg kayaknya belum banyak followernya :upss:

wahaha iya om, setelah dipikir-pikir sih kemarin emang aslinya mendingan balik kanan om. Berarti nambah lagi faktornya, terlalu terburu-buru . Semuanya balik lagi ke ane yg kurang riset sih om, karena harganya udah cocok duluan makanya kayak FOMO gitu lho kemarin tu. Soal biaya, ini termasuk reparasi cooling system udah ada tanggungan 11.195.500 kalok ga perlu ganti part, blok mesin yg mlengkung bagian silinder housing atas bawah di piston 2 & 3, lupa tapi namanya apa tu, yg dilapisi water jacket pokoke. Yg ngerjain spesialis nissan deket rumah sih om, kalo tau AHA motor?situ yg ngerjain. Menurut google review dah banyak yg kesitu dan kata temen jg ncen spesialis Nissan jadi yaudah percaya dulu aja sama yg itu. Setiap update jg dikasih foto atau video dan dikirim ke ane sih ngga langsung ketok palu minta 11jt.

Pelajaran dan pengalaman yang mahal om, serius, ane sama istri nangis tu malem pas bengkel ngasih vonis :mky_07: Sekarang dah diterima sih, cuman masih kesel aja niat mo beli legion go pake sisa budget ey malah kepake buat turun mesin wakakakkka
freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »

ChZ wrote: Thu May 30, 2024 2:40
freaksha wrote: Wed May 29, 2024 12:59

lha harusnya brp om?ane baru ngecekin harga kali ini jadi gatau history nya bejimane wakakakka
bener, langsung kena radiatornya, eh dan karena ane ga tau apa2 jg malah kena ke mesinnya jadi mlengkung
kalau ane memantau terakhir pasaran lipindut itu 70-80an tp early models macem 2008-2010 an gitu tapi kalau om bilang L10 2013 last model berarti bener di 90an. kalo L11 udah 93juta kok murah bener

lah serius sampe block mesinnya melengkung om :ungg: skalian overhaul total ganti mesin aja cari mesin MR18 yg 1.8 :ngacir:
oh ya berarti itu, ane kecelik harga murah dan tampilan body, katanya beda grille kan yg L10 sama L11, ane kira yg ane liat udan L11 ternyata L10. Kudunya dari ini aja langsung balik kanan aja ya wakakakakak

iyak, blok mesin bawah atas masing-masing mlengkung 0.09 sama 0.10 mm berdasarkan hasil ukur tim bengkel. Om ini ngajak gelut malah nyuruh ganti mesin om akwkawkakak :glodak:
freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »

Pboyz97 wrote: Wed May 29, 2024 17:00
freaksha wrote: Wed May 29, 2024 12:52

inspektornya lokal jogja om, kayake ane blm bisa DM dan posting foto/video deh. Kejadian ini kayaknya akumulasi dari beberapa faktor om:
1. penjual bilang unit perfect dari penilaian feelingnya penjual pribadi tanpa ukuran objektif
2. inspektor mobil udah ngecek sesuai listnya dia, udah mention juga perkara radiator mobil pake air biasa dan udah berkarat.
3. ane yg kurang ilmu, ngga tau arti dari panel" di dasbor mobil dan cuma percaya aja sama kata-kata inspektor dan penjual
4. nasib karena partnya brokedown pas banget waktu ane bawa pulang, kurleb 1 tahun dibawa yg jual ga masalah, malah belum lama sebelumnya dibawa ke Solo dan pulang dengan selamat

pas inspeksi udah dicek tutup oli sama jumlah oli, emang menghitam dan disarankan langsung ganti tapi jumlah oli masih acceptable. Perkaranya di radiator, sama inspektor dibuka doang tutup radiatornya, nyalain mesin, dan mereka lanjut ngecekin unit. Setelah mesin mobil dimatiin, ada suara angin ssssshhhhhhhh a la panci presto, disini ane belum tau apa2 dan inspektor jg cuma bilang ini ada suara ssssh setelah mesin mati, jadi bagian pendinginan perlu diperhatikan. Selanjutnya mobil dibawa muter buat ngecek kaki-kaki, hasilnya dirasa mobil masih relatif sehat dibagian sini. Setelah muter dan matiin mesin mobil, suara sssshhh itu masih keluar, tapi inspektor tetep bilang ada suara ssshhh, gak bilang kl itu indikasi awal radiator bocor. Karena hasil initial check oke dan inspektor bilang itu mobil worth dengan harga yg ditawarkan, maka ane beranikan aja nego harga dan transaksi. Abis itu mobil langsung ane bawa, awalnya masih aman dibawa jalan 7km (menurut gmaps) sampe rumah sodara, setelah jalan mesin mobil tetep bersuara sssshhh setelah mati. Pas ane berangkat perjalanan pulang, belum ada 10km mobil mulai ngga normal karena tiba-tiba AC panas dan tenaga abis dan ada suara grrrkkkk waktu jalan, disitu kondisi jalan sempit dan rame jadi ane nyari pom bensin terdekat. Berhenti di pom ane buka kap depan dan keluarlah kemebul asap. Untung ada ipar yg ngikutin dan lebih tau dari ane, dia langsung ngecek oli dan radiator, ternyata air radiator dah kosong dan menurut dia olinya agak kurang, jadi sementara dinginin dulu aja mesinnya, isi radiator dan coba bawa jalan pelan" tanpa AC. Gak lama jalan setelah itu mesinnya overheat lagi, istri sama ipar langsung cari oli sampe jalan gede karena dikira olinya kurang, sedangkan ane nungguin mobil dingin sambil coba ngisi radiator. Disini baru ketauan kl radiator ternyata bocor dan airnya ngucur gede, makanya dari overheat pertama ane isi air radiator pake 2 botol aqua 1.5L gak penuh".

Awalnya ane ga tau apa" soal panel di dashbor mobil kecuali speedo, odo, fuel gauge jadi ga sadar kalo ada indikator OH yg nyala. Baru tau setelah overheat kedua, ane baru engeh kl itu lampu berbentuk termometer warna merah nyala pertanda overheat. Jadi perjalanan yg seharusnya cuma setengah jam, molor sampe hampir 3 jam karena beberapa kali berhenti nunggu mesin dingin. Ane langsung cari kontak bengkel deket rumah dan paginya langsung bawa ke bengkel spesialis nissan yg kebetulan deket dari rumah.

Karena mesin terlanjur OH, jadi sama tim bengkel pertama diobatin dulu radiatornya, dikorok segala rupa dan ternyata emang udah mampet parah baru ketauan pas disitu, ini ane udah kena bill 2,5jt termasuk ada ganti waterpump yg udah karatan. Cooling system beres, tim mekanik lanjut ngecek kompresi mesin, dan ketauan ada bocor kompresi yg kemarin ane ceritain. Tadi pagi udah dikasih estimate kalo turun setengah berapa, dan turun full berapa. Ane minta buat cek dulu sebelum eksekusi overhaul, kalo problem cuma di bagian atas, turun setengah aja. Tapi eh tapi ternyata atas mlengkung bawah jg mlengkung, jadi tetep aja full overhaul. :capede: Jadi dari awal pas inspektor ngecek sebetulnya mobil emang masih posisi aman om, cuman radiator aja mereka luput kalo itu radiator udah bocor. Mobil ga aman setelah ane bawa gegara OH akibat radiator rusak.

iya gapapa om malah makasih lho jadi referensi, ini kan udah masanya mau ga mau harus belajar wkekekeke
inspektornya udh ada pengalaman blm, sm apakah om udh cek reputasinya , baik di media sosial ataupun ratingnya, kalo di saya, kalo mau pilih inspektor, pasti yg saya liat media sosialnya dulu, akan keliatan bagaimana dia mengecek mobil, feedback dari customernya, cara menyajian hasilnya kaya gmn & kalo perlu cek youtubenya juga, jd ga buang2 waktu dan buang2 biaya, berkali2 saya pake untuk cek mobil seken yg akan saya beli baik untuk pake sendiri maupun buat dagangan, hasilnya so far memuaskan, yg kedua, usahakan cari yg independen, netral, bagus bilang bagus, biasa aja bilang biasa aja, kurang dibilang kurang. setau saya kalo area lokal jogja, inspektor yg emg cukup bagus menurut saya ada 3, m*s w*h*d, g*s, s* m**i, saya gatau om pake jasa salah 1 dari mereka atau gak. kalo emg bukan salah 1 dari mereka, saya no komen deh

terus poin 2 yg saya bold. kalo inspektor udh bilang gitu, saya bakal putar balik, karena ada indikasi mobil tersebut mohon maaf "asal pake saja" + cenderung kurang terawat. pengalaman saya hunting mobil seken, yg pertama mobil MPV merek T yg julukannya sejuta umat, kedua crossover dari merek h tegak yg basisnya sama kaya jazz + terakhir innova reborn, saya pernah menjumpai mobil yg dari foto baik exterior dan interiornya mulus, dan km nya "rendah" untuk ukuran jenis mobil dan tahunnya, tp pas diliat langsung kondisi kaya yg no 2, saya gasampe 15 menit langsung balik kanan om, mending cari unit lain yg emg mesinnya sehat & terawat, walaupun ketiga mobil yg saya liat minusnya kalo dari bodi & interior cuma baret2 pemakaian aja, saran saya, om sblm hunting mobil, cari tau dulu mengenai plus minus mobil yg akan om ambil , kalo di daerah tempat tinggal om, mobil yg om akan beli adalah mobil yg nonmainstream di daerah tersebut, ada baiknya gabung ke komunitasnya , minimal bs nambah ilmu & nambah pengetahuan serta koneksi hehe, pengalaman saya ambil mobil seken baik mobil sejuta umat, sampe duo ladder diesel sekalipun, saya pasti akan melakukan riset, entah dari komunitas, maupun forum or youtube, mengenai kelebihan, kekurangan & biaya perawatan mobil itu buat jangka panjang + kendala yg akan dihadapi pas hunting unit mobil tsb, jd kalopun ada kendala yg "gak biasa saya alami" saya sudah siap, makanya saya berani ambil mobil itu, kalo saya blm siap, saya gak akan hunting, karena percayalah, cari mobil seken ga gampang, saya udh ngalamin sendiri, apalagi yg umurnya 1 angkatan kaya mobil om TS

no 3 sama, alangkah baiknya om riset dulu sblm ambil, minimal fitur vital dari mobil tsb termasuk indikator dasbor, krn dari situ jg bisa menjadi salah 1 faktor akan kondisi mobil tsb yg sebenernya

no 1 & 4 mohon maaf saya gabisa jelasin disini, kalo mau via pm aja , trims :big_peace:

dari diskripsi yg om jelasin, krn celotehan saya udh terlalu panjang, sorry OOT :big_peace: , intinya, kalo saya jadi om, saya gak akan ambil mobil tsb. dari semua indikasi yg saya bold, udh jelas mengarah ke indikasi yg emg mohon maaf bisa keluar biaya yg lumayan besar, apalagi buat mobil kaya livina ini. poin terakhir itu bukan overhaul, kl yg melengkung atas bawah itu bagian piston atau ring sahernya atau metal jalan metal duduk, ya itu bukan overhaul lagi, tapi jatohnya udh turun mesin total. which is bakal keluar biaya besar, bukan saya nakut2in, saya cuma mau om belajar dari pengalaman ini jd om ga mengalami nasib yg sama dikemudian hari, saya jg pernah ada di posisi tsnya & rasanya sakit bgt. overhaul itu = turun 1/2. kalo udh bongkar total ya turun mesin full= mesin diangkat dari mobil, diturunin semua, dibongkar, terus dicek part2nya, yg rusak seberapa banyak & penggantian partnya apa aja, total biaya berapa & berapa lama. kalo bengkel juga saran saya jangan asal , apalagi kalo udh soal mesin, bukan saya mau jelek2in bengkel manapun, tp pilih bengkel yg emg punya reputasi bagus, at least udh berpengalaman dalam menangani mobil tsb, apalagi mobil om ts di daerah tempat tinggalnya termasuk mobil "non mainstream" , alangkah baiknya liat dulu rating di medsos, atau pun googlenya entah ig or youtube. semoga bermanfaat
wahahahah bener sih om setelah dipikir-pikir lagi harusnya kemarin balik kanan aja, inspektor cuman modal search di instagram keyword inspeksi mobil jogja, cek beberapa yg paling atas, dan baru sadar jg kenapa milih yg itu padahal followernya cuman dikit dibanding sebelahnya wakkakaka :mky_01:

Nambah faktor lagi berarti om, teralu terburu-buru. Gara-gara kemarin harganya udah cocok om dan kata inspektor unitnya sip sih om makanya ane gas, jadi kayak kena FOMO gitu lho om. Padahal harusnya ya emang setelah pilih model, harusnya ane cari info soal penyakit umum unitnya, tpi ane malah cari review feel nya mobil itu. Gak sadar kalok reviewnya bilang enak dengan catatan mobil sehat, asumsi ane kl cek inspektor OK, berarti insya Allah mobil sehat. Ndilalah kenyataan tidak sebaik rencana awal wakakakakak :mky_04:

Disisi biaya sih emang ane dah ada beban tambahan 11.195.500 include benerin cooling, awalnya kami nangis om barang baru beli dah digetok harga segitu, tapi yaudah lah teguran karena kurang sedekah kali ya ini, diajarin ikhlas :mky_08:
Meski kesel sih niatnya budget lebih itu mo beli Legion Go, eh gajadi gegara turun mesin, wasem emang :upss:
freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »

trebla88 wrote: Wed May 29, 2024 14:21
freaksha wrote: Wed May 29, 2024 13:08
trebla88 wrote: Tue May 28, 2024 9:47 Lipindut L11 ok kok.... :big_biglaugh:
Cuma banyak bekasnya salah urus
Oli dikasi kentel² ama radiator asal isi air biasa
Cari L11 mesin mr18 paling ok sebenernya

Ati² aja beli mobil grand lipindut intinya
Perilakunya sadis2 meliharanya apalagi yg uda tangan keberapa
Bisa² cvt nya yg mungkin jebol bukan mesinnya

Kmungkinan ts ambil yg tipe L10
Ati² aja itu sering karatan juga di tutup tangki bensin
Siap² beresin EGR ama flap di manifold juga :big_weee:
Betul kecelik jg ambil L10, kirain bedanya cuman di bentuk luar grille doang om, balik lagi sih ane yg kurang ilmu. Niatnya cuman cari mobil bekas bagus yg masuk budget, jadi ane ga spesifik merhatiin sejarah GL waktu kemarin. Ketauan kl ini L10 malah pas ngecek sama inspektor yg ngeliat kode rangka atau kode mesin gitu yg bilang L10, padahal ane jg nyarinya yg L11.

tutup tanki bensin?wah kudu bersihin itu jg om?pencegahan nya gimana?
Cek youtube karat bensin livinia kata kuncinya
L11 uda ga harusnya
woke om noted, besok mo sekalian ane tanyain jg pencegahannya gmn, td pagi sih katanya karena saluran pembuangan air mampet kotoran makanya bikin itu keropos.
freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »

trebla88 wrote: Wed May 29, 2024 14:22
zonepublic wrote: Tue May 28, 2024 11:30
trebla88 wrote: Tue May 28, 2024 9:47 Lipindut L11 ok kok.... :big_biglaugh:
Cuma banyak bekasnya salah urus
Oli dikasi kentel² ama radiator asal isi air biasa
Cari L11 mesin mr18 paling ok sebenernya

Ati² aja beli mobil grand lipindut intinya
Perilakunya sadis2 meliharanya apalagi yg uda tangan keberapa
Bisa² cvt nya yg mungkin jebol bukan mesinnya

Kmungkinan ts ambil yg tipe L10
Ati² aja itu sering karatan juga di tutup tangki bensin
Siap² beresin EGR ama flap di manifold juga :big_weee:
Jujur saya pribadi kok ga tertarik pelihara mobil2 umum nissan di indo kalo bukan GT-R sih :big_biglaugh:
Kalo ada dana piara salah 1 dari 2 pilihan itu saya akan cari tahu gimana pemeliharaannya
Teana series mayan kok
Xtrail ama terra juga :big_biglaugh:
wah nah iya, nurutin kepengen sih pengen ambil sekelas XTrail apa Terrano, tapi yha konsumsi BBM nggak sustainable buat ane om :big_slap:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by ChZ »

freaksha wrote: Thu May 30, 2024 6:45
oh ya berarti itu, ane kecelik harga murah dan tampilan body, katanya beda grille kan yg L10 sama L11, ane kira yg ane liat udan L11 ternyata L10. Kudunya dari ini aja langsung balik kanan aja ya wakakakakak

iyak, blok mesin bawah atas masing-masing mlengkung 0.09 sama 0.10 mm berdasarkan hasil ukur tim bengkel. Om ini ngajak gelut malah nyuruh ganti mesin om akwkawkakak :glodak:
hihi kalo L11 soalnya denger2 banyak refinement cuma kalo matic CVTnya nissan zaman itu kurang responsif aja.

iya om kalo ud terlalu parah buat dipapras kan enak ganti mesin paling ongkos naik turunnya sama :ngacir: apa MR20DE sekalian :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »

ChZ wrote: Thu May 30, 2024 7:10
freaksha wrote: Thu May 30, 2024 6:45
oh ya berarti itu, ane kecelik harga murah dan tampilan body, katanya beda grille kan yg L10 sama L11, ane kira yg ane liat udan L11 ternyata L10. Kudunya dari ini aja langsung balik kanan aja ya wakakakakak

iyak, blok mesin bawah atas masing-masing mlengkung 0.09 sama 0.10 mm berdasarkan hasil ukur tim bengkel. Om ini ngajak gelut malah nyuruh ganti mesin om akwkawkakak :glodak:
hihi kalo L11 soalnya denger2 banyak refinement cuma kalo matic CVTnya nissan zaman itu kurang responsif aja.

iya om kalo ud terlalu parah buat dipapras kan enak ganti mesin paling ongkos naik turunnya sama :ngacir: apa MR20DE sekalian :mky_03:
yg ane pilih L10 manual sih om, demi melantjarkan nyetir mobil jugak :mky_01:
Istri jg biar dipaksa bawa manual dulu kalo belajar nyetir, ini aja udah step-up lumayan jauh dibanding Karimun kotak punya mertua :big_peace:

ohh, lha harga mesinnya di kisaran brp?lipindut ane masih sehat banget mesinnya kalo kata tim mekanik tadi, olinya belum ngelumpur, cuman sayang aja overheat jadi harus turun mesin :big_grin:

tapi daripada ganti mesin, mending ganti mobil aja sekalian ngga sih?
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3027
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by KielConstantine »

KielConstantine wrote: Wed May 22, 2024 16:37
newrubble wrote: Tue May 21, 2024 13:30 kalo udah biasa dapet layanan bengkel astra ya jgn coba-coba layanan bengkel yg lain
krn (maap ya) peluru** mu ga banyak (** duit) u ukuran jaman skrg
beli aja luxio matic thn 2012 an
betulin nya gampang n populasi nya banyak (mobil laku)
nyari kampakan masih susah (kec ex mampir warung / bak truk / head-on dummy)
avanza nya emang knapa? kalo blm dijual ya pertahankan aja tinggal pasangin ac
Biarin aja udah om :big_grin:
:mky_03:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7650
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by newrubble »

KielConstantine wrote: Thu May 30, 2024 18:37
KielConstantine wrote: Wed May 22, 2024 16:37
newrubble wrote: Tue May 21, 2024 13:30 kalo udah biasa dapet layanan bengkel astra ya jgn coba-coba layanan bengkel yg lain
krn (maap ya) peluru** mu ga banyak (** duit) u ukuran jaman skrg
beli aja luxio matic thn 2012 an
betulin nya gampang n populasi nya banyak (mobil laku)
nyari kampakan masih susah (kec ex mampir warung / bak truk / head-on dummy)
avanza nya emang knapa? kalo blm dijual ya pertahankan aja tinggal pasangin ac
Biarin aja udah om :big_grin:
:mky_03:
1 hal yg sulit di bantah .... astra membikin lokal mobil yg husus u operasional di negri susah & domesticated by orang-orang susah. itu rumus nya (buat yg komplen knapa bikinan astra miskin fitur, membosankan, terliat lbh jelek dibanding kompetitor)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by ChZ »

freaksha wrote: Thu May 30, 2024 8:50
yg ane pilih L10 manual sih om, demi melantjarkan nyetir mobil jugak :mky_01:
Istri jg biar dipaksa bawa manual dulu kalo belajar nyetir, ini aja udah step-up lumayan jauh dibanding Karimun kotak punya mertua :big_peace:

ohh, lha harga mesinnya di kisaran brp?lipindut ane masih sehat banget mesinnya kalo kata tim mekanik tadi, olinya belum ngelumpur, cuman sayang aja overheat jadi harus turun mesin :big_grin:

tapi daripada ganti mesin, mending ganti mobil aja sekalian ngga sih?
wah sempurna kalo L10, abis ahli bawa L10 manual pasti bawa mobil lain auto halus :ngacir:

nah harganya vary om tergantung kampakannya mau jual berapa :mky_03: tp kalo masih sehat ya gak usah wkwkwkkwkw.

wakakakk bener juga ganti BPKB ke 1.8 lebih mudah dan murah :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kaujiro
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Mon Jan 30, 2023 2:59
Location: Tangerang
Daily Vehicle: 2013 - Civic FB2

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by kaujiro »

freaksha wrote: Tue May 21, 2024 3:22 Halo agan agan, first time poster dan newbie lurker disini :mky_01:

Nyuwun saran mobil seken dengan kriteria
- maksimal 100jt, hard limit 110jt
- nyaman dibawa jarak jauh muterin pulau Jawa-Madura
- nyaman yg tadi termasuk bisa ngatur setiran, tinggi driver seat, AC kaki driver(pengalaman bawa avanza 2005 ga ada AC kaki, badan kedinginan kaki keringetan wkwk)
- maintenance gampang buat pemula
- mesin bandel dan irit bensin
- aman dipake di jalan rusak a la jalan agak ndeso dan camping ground
- prefer 3 baris, kalo ngga dapet 2 barispun oke

selain itu, LCGC buat mobil pertama dan mementingkan kenyamanan itu masuk gak sih?katanya mobil LCGC build quality ampas dan kurang nyaman buat dibawa jarak jauh, tapi harganya masuk (misal GO+ Panca, Karimun)

Sedikit cerita, tempo hari dateng ke bursa mobil bekas deket rumah, nyobain duduk di Ignis GL 2017 sama Kia Rio 2012, heran ternyata fitur AC kaki sama setiran adjustable tu fitur lumrah, maklum sehari-hari naik sepeda Supra aja :mky_01:
Manual apa matic ngga masalah, tapi belum pernah pake matic sih, dan kata temen sebaiknya pilih tahun muda kalo ga ngerti apa-apa soal mobil

demikian permohonan saran dari ane, tengkyu sebelumnya yak agan agan semua

Nyimaak
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 672
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by quyquy »

Harga mobil2 seken di Indonesia nggak pernah bohong..

Kalo ngeliat harga pasaran mobil seken merek X kok jauh lebih murah ketimbang kompetitornya padahal dibilang itu mobil X lebih nyaman dan stylish berarti ada something di mobil X itu, ntah susah partnya, ntah partnya mahal harganya, ntah mobilnya rewel.

Biasanya orang2 yang demen utak-atik yang berani ambil mobil2 kayak merek X tadi.

Yang males mbengkel atau males nyari2 info toko part atau mungkin duitnya ngepres buat rekondisi mendingan cari mobil seken yang kategori 'aman' walau mengesampingkan misal kenyamanannya atau mengesampingkan fitur2nya.
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 463
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by daimler »

kalo inspector yg menurut ane cukup terpercaya area jogja udah disebutin ada m*s w*h*d, terus yg udh cukup trusted di pulau jawa ada inspector_mobil (nama ownernya sundoro edi eks-mekanik daihatsu, cm bisa cek seluruh mobil made in nihon katanya) bisa di search IG atau yutubnya dia banyak share2 soal inspeksi mobil. terus kalo bengkel spesialis nissan jogja search aja yutubnya ahapedia kalo ga salah lokasi bengkelnya di area jombor jl. magelang. semoga masalah headnya meleting bisa terselesaikan om atau ga ganti BPKB lagi sekalian hunting lg :big_peace:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by suketcell »

Selamat Atas boil barunya om...
semoga cepat teratasi & kalopun rewel lagi,ya yang wajar2 aja (maintenance)...
:big_comfort:
Pelajaran bagi ane, cari inspektor juga harus jeli, maklum, awam juga soale... :big_blushing:
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.
ShnAngie
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Jul 11, 2024 3:16
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Chevrolet

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by ShnAngie »

freaksha wrote: Tue May 21, 2024 3:22 Halo agan agan, first time poster dan newbie lurker disini :mky_01:

Nyuwun saran mobil seken dengan kriteria
- maksimal 100jt, hard limit 110jt
- nyaman dibawa jarak jauh muterin pulau Jawa-Madura
- nyaman yg tadi termasuk bisa ngatur setiran, tinggi driver seat, AC kaki driver(pengalaman bawa avanza 2005 ga ada AC kaki, badan kedinginan kaki keringetan wkwk)
- maintenance gampang buat pemula
- mesin bandel dan irit bensin
- aman dipake di jalan rusak a la jalan agak ndeso dan camping ground
- prefer 3 baris, kalo ngga dapet 2 barispun oke

selain itu, LCGC buat mobil pertama dan mementingkan kenyamanan itu masuk gak sih?katanya mobil LCGC build quality ampas dan kurang nyaman buat dibawa jarak jauh, tapi harganya masuk (misal GO+ Panca, Karimun)

Sedikit cerita, tempo hari dateng ke bursa mobil bekas deket rumah, nyobain duduk di Ignis GL 2017 sama Kia Rio 2012, heran ternyata fitur AC kaki sama setiran adjustable tu fitur lumrah, maklum sehari-hari naik sepeda Supra aja :mky_01:
Manual apa matic ngga masalah, tapi belum pernah pake matic sih, dan kata temen sebaiknya pilih tahun muda kalo ga ngerti apa-apa soal mobil

demikian permohonan saran dari ane, tengkyu sebelumnya yak agan agan semua
hallo om salam ,

used car under 100 bandel 3 baris, nyaman, part gampang dan valueable, opini aku Chevrolet Spin matic or manual ok, ac kebagian semua, masalah part after market banyak, mekanik eks GM pun banyak yg buka bengkel after marketnya

demikian saran dari aku
salam Angie
hybridsystem
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Aug 10, 2012 6:14

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by hybridsystem »

freaksha wrote: Tue May 21, 2024 3:22 Halo agan agan, first time poster dan newbie lurker disini :mky_01:

Nyuwun saran mobil seken dengan kriteria
- maksimal 100jt, hard limit 110jt
- nyaman dibawa jarak jauh muterin pulau Jawa-Madura
- nyaman yg tadi termasuk bisa ngatur setiran, tinggi driver seat, AC kaki driver(pengalaman bawa avanza 2005 ga ada AC kaki, badan kedinginan kaki keringetan wkwk)
- maintenance gampang buat pemula
- mesin bandel dan irit bensin
- aman dipake di jalan rusak a la jalan agak ndeso dan camping ground
- prefer 3 baris, kalo ngga dapet 2 barispun oke

selain itu, LCGC buat mobil pertama dan mementingkan kenyamanan itu masuk gak sih?katanya mobil LCGC build quality ampas dan kurang nyaman buat dibawa jarak jauh, tapi harganya masuk (misal GO+ Panca, Karimun)

Sedikit cerita, tempo hari dateng ke bursa mobil bekas deket rumah, nyobain duduk di Ignis GL 2017 sama Kia Rio 2012, heran ternyata fitur AC kaki sama setiran adjustable tu fitur lumrah, maklum sehari-hari naik sepeda Supra aja :mky_01:
Manual apa matic ngga masalah, tapi belum pernah pake matic sih, dan kata temen sebaiknya pilih tahun muda kalo ga ngerti apa-apa soal mobil

demikian permohonan saran dari ane, tengkyu sebelumnya yak agan agan semua
Salam Setir Bundar,
mungkin udah agak telat kasih info, dan kemungkinan agan udah punya mobil sesuai pilihan, dari pengalaman naik merk dari toyota avanza , nissan livina, peugeot, honda, bmw, suzuki, chevrolet , volvo , dengan syarat diatas cocoknya :
1. SUZUKI ERTIGA 2016 keatas.
mobil ini value for money, mesin ok, nyaman, spare part melimpah ruah dari sabang sampai merauke, produk suzuki terkenal daya tahan mesin dan kaki2nya.dan hebatnya bisa nyaman, pengalaman ane gan dari anak dan istri ngga betah kalo naik Avanza (mual katanya..) kalo ertiga bisa tidur pules.
iritnya luar biasa baik manual dan matic, maticnya juga awet

2. NISSAN LIVINA 1.5
nyaman, kedap suara, mesin manual ok. AC yg dingin spare part melimpah ruah.
manual irit. matic awet

3. Toyota Altis 2003-2006
mungkin agak beda dgn yg lain, tp ini mobil ciamik. Corolla mantap, mesinnya bandel, cukup irit dan nyaman.

demikian my humble opinion gan.
Good car is Goofy
freaksha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue May 21, 2024 0:30
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Motor

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by freaksha »

wah lama ngecek trit sendiri wkakaka

to summarize supaya ngga kejeblok kayak ane, jangan ambil mobil yg coolant pake air biasa dan mobil jarang dipake jg ngga mesti mobil bagus. awas karet-karetnya udah pada getas, support shock udah keras atau malah udah robek dan minta ganti, ban masih tebel pas dilihat tahun ternyata tahun 2018 (soalnya GL yg tak bawa begini ceritanya, kayaknya dari awal beli belum pernah diganti blas dan ane yg ketimpanan ganti" wkwkwk)
tapi setelah beres diganti, GL dibanding avanza mayan jauh sih bedanya wkwkwk
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 906
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by tesna »

suka heran sm yg make air biasa, itu logikanya dimana sih. semoga cepat sembuh ya mobilny om TS. harus was2 emang sama indikator di dashboard, klo overheat langsung cari tempat berhenti yang aman sesegera mungkin.

kalau radiator udah bocor, baiknya ganti radiator saja ga usah di servbice, harga radiator baru ga gitu mahal. 1 juta dapet koyorad sptnya.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 829
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by Greenhunter »

freaksha wrote: Mon Aug 12, 2024 3:07 wah lama ngecek trit sendiri wkakaka

to summarize supaya ngga kejeblok kayak ane, jangan ambil mobil yg coolant pake air biasa dan mobil jarang dipake jg ngga mesti mobil bagus. awas karet-karetnya udah pada getas, support shock udah keras atau malah udah robek dan minta ganti, ban masih tebel pas dilihat tahun ternyata tahun 2018 (soalnya GL yg tak bawa begini ceritanya, kayaknya dari awal beli belum pernah diganti blas dan ane yg ketimpanan ganti" wkwkwk)
tapi setelah beres diganti, GL dibanding avanza mayan jauh sih bedanya wkwkwk
Mobilnya sdh beres berarti om ? Total damaged cost berqpa jadinya ?
Saya jiga pengguna L10 yg lebih tua malah, tahun 2008 matic. Sempt ada masalah bunyi²an di kaki kaki tapi sdh selesai. Nissan livina kalau sehat emang bener² nyaman, irit, empuk. So far saya gak berencana jual mobil ini sampai punya budget ganti mobil harus baru, bukan mobil bekas lag karena sesama nobil bekas menurut ane paling enak ya si GL ini, mobil ane sdh sehat walafiat, seger badannya.
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Saran mobil pertama under 100jt, mentok maksimal 110jt

Post by suketcell »

freaksha wrote: Mon Aug 12, 2024 3:07 wah lama ngecek trit sendiri wkakaka

to summarize supaya ngga kejeblok kayak ane, jangan ambil mobil yg coolant pake air biasa dan mobil jarang dipake jg ngga mesti mobil bagus. awas karet-karetnya udah pada getas, support shock udah keras atau malah udah robek dan minta ganti, ban masih tebel pas dilihat tahun ternyata tahun 2018 (soalnya GL yg tak bawa begini ceritanya, kayaknya dari awal beli belum pernah diganti blas dan ane yg ketimpanan ganti" wkwkwk)
tapi setelah beres diganti, GL dibanding avanza mayan jauh sih bedanya wkwkwk

Wkwkwk, otomatis mobil ane kecorettt....
Kalo diitung2 dari owner sebelomnya,
mungkin 15taon pake air biasa...
:big_grin: :big_grin:



Semoga boilnya cuma rewel maintenance aja om...
:big_peace:
*T&C: Sekedar berbagi informasi, resiko mohon ditanggung sendiri.