freaksha wrote: Wed May 29, 2024 12:52
inspektornya lokal jogja om, kayake ane blm bisa DM dan posting foto/video deh. Kejadian ini kayaknya akumulasi dari beberapa faktor om:
1. penjual bilang unit perfect dari penilaian feelingnya penjual pribadi tanpa ukuran objektif
2. inspektor mobil udah ngecek sesuai listnya dia, udah mention juga perkara radiator mobil pake air biasa dan udah berkarat.
3. ane yg kurang ilmu, ngga tau arti dari panel" di dasbor mobil dan cuma percaya aja sama kata-kata inspektor dan penjual
4. nasib karena partnya brokedown pas banget waktu ane bawa pulang, kurleb 1 tahun dibawa yg jual ga masalah, malah belum lama sebelumnya dibawa ke Solo dan pulang dengan selamat
pas inspeksi udah dicek tutup oli sama jumlah oli, emang menghitam dan disarankan langsung ganti tapi jumlah oli masih acceptable. Perkaranya di radiator,
sama inspektor dibuka doang tutup radiatornya, nyalain mesin, dan mereka lanjut ngecekin unit. Setelah mesin mobil dimatiin, ada suara angin ssssshhhhhhhh a la panci presto, disini ane belum tau apa2 dan inspektor jg cuma bilang ini ada suara
ssssh setelah mesin mati, jadi bagian pendinginan perlu diperhatikan. Selanjutnya mobil dibawa muter buat ngecek kaki-kaki, hasilnya dirasa mobil masih relatif sehat dibagian sini.
Setelah muter dan matiin mesin mobil, suara sssshhh itu masih keluar, tapi inspektor tetep bilang ada suara
ssshhh, gak bilang kl itu indikasi awal radiator bocor. Karena hasil initial check oke dan inspektor bilang itu mobil worth dengan harga yg ditawarkan, maka ane beranikan aja nego harga dan transaksi. Abis itu mobil langsung ane bawa, awalnya masih aman dibawa jalan 7km (menurut gmaps) sampe rumah sodara, setelah jalan mesin mobil tetep bersuara
sssshhh setelah mati. Pas ane berangkat perjalanan pulang, belum ada 10km mobil mulai ngga normal karena tiba-tiba AC panas dan tenaga abis dan ada suara
grrrkkkk waktu jalan, disitu kondisi jalan sempit dan rame jadi ane nyari pom bensin terdekat. Berhenti di pom ane buka kap depan dan keluarlah kemebul asap. Untung ada ipar yg ngikutin dan lebih tau dari ane, dia langsung ngecek oli dan radiator, ternyata air radiator dah kosong dan menurut dia olinya agak kurang, jadi sementara dinginin dulu aja mesinnya, isi radiator dan coba bawa jalan pelan" tanpa AC. Gak lama jalan setelah itu mesinnya overheat lagi, istri sama ipar langsung cari oli sampe jalan gede karena dikira olinya kurang, sedangkan ane nungguin mobil dingin sambil coba ngisi radiator. Disini baru ketauan kl radiator ternyata bocor dan airnya ngucur gede, makanya dari overheat pertama ane isi air radiator pake 2 botol aqua 1.5L gak penuh".
Awalnya ane ga tau apa" soal panel di dashbor mobil kecuali speedo, odo, fuel gauge jadi ga sadar kalo ada indikator OH yg nyala. Baru tau setelah overheat kedua, ane baru engeh kl itu lampu berbentuk termometer warna merah nyala pertanda overheat. Jadi perjalanan yg seharusnya cuma setengah jam, molor sampe hampir 3 jam karena beberapa kali berhenti nunggu mesin dingin.
Ane langsung cari kontak bengkel deket rumah dan paginya langsung bawa ke bengkel spesialis nissan yg kebetulan deket dari rumah.
Karena mesin terlanjur OH, jadi sama tim bengkel pertama diobatin dulu radiatornya, dikorok segala rupa dan ternyata emang udah mampet parah baru ketauan pas disitu, ini ane udah kena bill 2,5jt termasuk ada ganti waterpump yg udah karatan. Cooling system beres, tim mekanik lanjut ngecek kompresi mesin, dan ketauan ada bocor kompresi yg kemarin ane ceritain.
Tadi pagi udah dikasih estimate kalo turun setengah berapa, dan turun full berapa. Ane minta buat cek dulu sebelum eksekusi overhaul, kalo problem cuma di bagian atas, turun setengah aja. Tapi eh tapi ternyata atas mlengkung bawah jg mlengkung, jadi tetep aja full overhaul.
Jadi dari awal pas inspektor ngecek sebetulnya mobil emang masih posisi aman om, cuman radiator aja mereka luput kalo itu radiator udah bocor. Mobil ga aman setelah ane bawa gegara OH akibat radiator rusak.
iya gapapa om malah makasih lho jadi referensi, ini kan udah masanya mau ga mau harus belajar wkekekeke
inspektornya udh ada pengalaman blm, sm apakah om udh cek reputasinya , baik di media sosial ataupun ratingnya, kalo di saya, kalo mau pilih inspektor, pasti yg saya liat media sosialnya dulu, akan keliatan bagaimana dia mengecek mobil, feedback dari customernya, cara menyajian hasilnya kaya gmn & kalo perlu cek youtubenya juga, jd ga buang2 waktu dan buang2 biaya, berkali2 saya pake untuk cek mobil seken yg akan saya beli baik untuk pake sendiri maupun buat dagangan, hasilnya so far memuaskan, yg kedua, usahakan cari yg independen, netral, bagus bilang bagus, biasa aja bilang biasa aja, kurang dibilang kurang. setau saya kalo area lokal jogja, inspektor yg emg cukup bagus menurut saya ada 3, m*s w*h*d, g*s, s* m**i, saya gatau om pake jasa salah 1 dari mereka atau gak. kalo emg bukan salah 1 dari mereka, saya no komen deh
terus poin 2 yg saya bold. kalo inspektor udh bilang gitu, saya bakal putar balik, karena ada indikasi mobil tersebut mohon maaf "asal pake saja" + cenderung kurang terawat. pengalaman saya hunting mobil seken, yg pertama mobil MPV merek T yg julukannya sejuta umat, kedua crossover dari merek h tegak yg basisnya sama kaya jazz + terakhir innova reborn, saya pernah menjumpai mobil yg dari foto baik exterior dan interiornya mulus, dan km nya "rendah" untuk ukuran jenis mobil dan tahunnya, tp pas diliat langsung kondisi kaya yg no 2, saya gasampe 15 menit langsung balik kanan om, mending cari unit lain yg emg mesinnya sehat & terawat, walaupun ketiga mobil yg saya liat minusnya kalo dari bodi & interior cuma baret2 pemakaian aja, saran saya, om sblm hunting mobil, cari tau dulu mengenai plus minus mobil yg akan om ambil , kalo di daerah tempat tinggal om, mobil yg om akan beli adalah mobil yg nonmainstream di daerah tersebut, ada baiknya gabung ke komunitasnya , minimal bs nambah ilmu & nambah pengetahuan serta koneksi hehe, pengalaman saya ambil mobil seken baik mobil sejuta umat, sampe duo ladder diesel sekalipun, saya pasti akan melakukan riset, entah dari komunitas, maupun forum or youtube, mengenai kelebihan, kekurangan & biaya perawatan mobil itu buat jangka panjang + kendala yg akan dihadapi pas hunting unit mobil tsb, jd kalopun ada kendala yg "gak biasa saya alami" saya sudah siap, makanya saya berani ambil mobil itu, kalo saya blm siap, saya gak akan hunting, karena percayalah, cari mobil seken ga gampang, saya udh ngalamin sendiri, apalagi yg umurnya 1 angkatan kaya mobil om TS
no 3 sama, alangkah baiknya om riset dulu sblm ambil, minimal fitur vital dari mobil tsb termasuk indikator dasbor, krn dari situ jg bisa menjadi salah 1 faktor akan kondisi mobil tsb yg sebenernya
no 1 & 4 mohon maaf saya gabisa jelasin disini, kalo mau via pm aja , trims
dari diskripsi yg om jelasin, krn celotehan saya udh terlalu panjang, sorry OOT

, intinya, kalo saya jadi om, saya gak akan ambil mobil tsb. dari semua indikasi yg saya bold, udh jelas mengarah ke indikasi yg emg mohon maaf bisa keluar biaya yg lumayan besar, apalagi buat mobil kaya livina ini. poin terakhir itu bukan overhaul, kl yg melengkung atas bawah itu bagian piston atau ring sahernya atau metal jalan metal duduk, ya itu bukan overhaul lagi, tapi jatohnya udh turun mesin total. which is bakal keluar biaya besar, bukan saya nakut2in, saya cuma mau om belajar dari pengalaman ini jd om ga mengalami nasib yg sama dikemudian hari, saya jg pernah ada di posisi tsnya & rasanya sakit bgt. overhaul itu = turun 1/2. kalo udh bongkar total ya turun mesin full= mesin diangkat dari mobil, diturunin semua, dibongkar, terus dicek part2nya, yg rusak seberapa banyak & penggantian partnya apa aja, total biaya berapa & berapa lama. kalo bengkel juga saran saya jangan asal , apalagi kalo udh soal mesin, bukan saya mau jelek2in bengkel manapun, tp pilih bengkel yg emg punya reputasi bagus, at least udh berpengalaman dalam menangani mobil tsb, apalagi mobil om ts di daerah tempat tinggalnya termasuk mobil "non mainstream" , alangkah baiknya liat dulu rating di medsos, atau pun googlenya entah ig or youtube. semoga bermanfaat