[Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

garduinduk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sun Aug 07, 2016 7:56

Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE

Post by garduinduk »

ilhami wrote: Mon Nov 06, 2023 0:13
garduinduk wrote: Sun Nov 05, 2023 13:52 Saya pernah baca postingan pak Wicak di Quora dan sangat mencerahkan. Karena selama ini saya hanya tahu taksi BB yang pakai dual fuel bensin-CNG. Dan keluhannya hanya sebatas tenaga yg kurang.

Semoga dengan pengalaman ngoprek pak Wicak, semakin banyak yg tertarik pakai CNG dan ketersediaan SPBG juga semakin banyak. Truk2 diesel perlu jadi prioritas utama untuk program konversi ke CNG ini.
- kapasitas bagasi mengecil karena tabung masuk bagasi.
- CNG hanya cocok untuk kendaraan yang besar yang sanggup antri lama atau punya pool sendiri.
Betul sekali, kapasitas bagasi akan berkurang karena dimakan oleh tabung CNG.

Waktu pengisian CNG memang lebih lama ketimbang isi BBM. Tetapi tidak selama isi battery mobil EV. Bisa diantisipasi dengan penambahan SPBG.

Saya pernah dapat taksi BB yang CNG. Sempat mengisi di SPBG Tugas Pulo gadung, waktu pengisiannya sekitar 5-10 menit.
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE

Post by wicaksono99 »

garduinduk wrote: Wed Nov 08, 2023 5:00
ilhami wrote: Mon Nov 06, 2023 0:13
garduinduk wrote: Sun Nov 05, 2023 13:52 Saya pernah baca postingan pak Wicak di Quora dan sangat mencerahkan. Karena selama ini saya hanya tahu taksi BB yang pakai dual fuel bensin-CNG. Dan keluhannya hanya sebatas tenaga yg kurang.

Semoga dengan pengalaman ngoprek pak Wicak, semakin banyak yg tertarik pakai CNG dan ketersediaan SPBG juga semakin banyak. Truk2 diesel perlu jadi prioritas utama untuk program konversi ke CNG ini.
- kapasitas bagasi mengecil karena tabung masuk bagasi.
- CNG hanya cocok untuk kendaraan yang besar yang sanggup antri lama atau punya pool sendiri.
Betul sekali, kapasitas bagasi akan berkurang karena dimakan oleh tabung CNG.

Waktu pengisian CNG memang lebih lama ketimbang isi BBM. Tetapi tidak selama isi battery mobil EV. Bisa diantisipasi dengan penambahan SPBG.

Saya pernah dapat taksi BB yang CNG. Sempat mengisi di SPBG Tugas Pulo gadung, waktu pengisiannya sekitar 5-10 menit.
Kapasitas bagasi akan berkurang tapi bagi yang sudah pakai CNG baru bisa terasa bagaimana nikmat berhemat pakai CNG, malah sampai rela bangku baris ke 3 dilepas untuk nambah tabung.

Kalau waktu pengisian itu tergantung dispenser, ukuran jalur pipa & tekanan storage spbgnya. Seperti di spbg klender, emang lama ngisinya bisa sampe hampir 4menit /mobil (filling to full) biasanya yg menyita lumayan lama waktunya itu nunggu operator spbgnya nyelesain pelayanan di dispenser sebelah (1 operator untuk 3 dispenser). Yg bikin lama bukan pengisiannya tapi kerjaan diluar itu : lepas pasang nozzle, proses pembayaran cash, minta struk (ini sumpah memang lama sih), ada juga mobil diisi cng supirnya ke toilet.. Mobil dah beres supirnya belum balik :big_dunno: , kebanyakan kelamaan tetek bengeknya dibanding lama waktu isinya.
Tapi kalau saya isi di cikarang memang biasa isi buat industri, ngisi dari kosong sampe full cuma 2 menit. :big_biglaugh:

Sekarang karna udah lumayan pengguna CNG jadi antriannya udah gak kaya dulu yg agak sepi.. Sekarang kalau jam2nya bluebird masuk peak hour pasti spbg rame, pokoknya hindari jam2 peak hour bluebird.. Jam bluebird shift malem/pagi/siang balik kandang (karna pasti sebelum balik tabung harus full jadi spbg ya ngantri), apalagi kalau bajaj udah ngantri panjang.. Ah cari spbg lain saja, kecuali kuat nunggu ngantri bisa 1 jam.. :big_biglaugh:


Truk diesel pengguna solar subsidi bukan target market diesel dual fuel karna cost savingnya ga dapet.. Lama ROI nya. Tapi kalau pemakai dexlite/dex/solar industri masih masuk asal pemakaian bahan bakar per harinya tinggi.
Montero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: Wed Feb 01, 2017 13:13

Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE

Post by Montero »

Maaf oot om, saya sedikit dejavu dengan username om wicak. Hmm anu, Om pernah aktif di forum SSCI kah?
Raihan19
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Jan 07, 2024 2:01
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Mobil

Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE

Post by Raihan19 »

Saya mantan driver Bluebird Kalau pengalaman saya di Taxi Bluebird pakai CNG 1tabung isi full (dari kosong) 70rban bisa menempuh jarak 150km full AC (ini gak tau apa sudah komplit semua nya dalam pemasangan CNG sehingga bisa irit sekali karena saya cuman driver) kalau ada yang mau mending coba ke Bluebird tanya2 link pemasangannya kalau gak salah sekitar 16-17jt garansi 1th ada keluhan di servis sama yg pasang CNG
Raihan19
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Jan 07, 2024 2:01
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Mobil

Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE

Post by Raihan19 »

Pilatypus wrote: Wed Jan 04, 2023 10:09 Kalau baris ke-3 dipakai penumpang, aman nggak naruh barang di atas tabungnya? Minimal barang yang soft kayak pakaian pakai kantung plastik gitu.
Aman....taxi bluebird sdh banyak seperti itu, yang bikin irit kalau narik online juga karena saya pernah jadi driver pakai CNG di Bluebird 150km/tabung (70rban) full AC (AC tidak pernah saya matikan walaupun tidak ada penumpang kalau jarang pakai AC pasti lebih irit lagi
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE

Post by wicaksono99 »

Sudah lama tidak update ini thread, mungkin saya share aja ya mobil2 yang udah pernah saya konversi menjadi mobil bahan bakar CNG.
Ini mobil Ertiga GX AT tahun 2014. Waktu dikonversi odometer sudah 119rb km. Konversi menggunakan kit ekonomis dengan performa mirip seperti bensin:
1. ECU Stag Gofast 200
2. Injector Stag 4 cylinder
3. Reducer CNG up to 200hp
4. Filter gas Alex
5. Timing advance processor (TAP) AEB.
6. Tabung CNG tipe 2 ukuran 65WLC (setara kapasitas 16liter CNG) dengan manual cylinder valve dilengkapi PRD & T-PRD.

Semua konverter kit kondisi baru.
Bangku baris ke 3 dapat dipakai normal tanpa ada modifikasi.
Performa akselerasi & top speed masih mirip seperti pakai bensin. Tanjakan aman tanpa perlu ubah ke mode bensin.
Sekarang udah gak jaman mobil pakai CNG lemot.. Sudah bisa fun to drive layaknya mobil bensin dengan harga CNG yang murah meriah 4500 rupiah/liter. :big_grin:

Saat pengisian di SPBG PGN Klender :
IMG-20250414-WA0032.jpg
Penempatan tabung cng di bagasi :
IMG-20250414-WA0027.jpg
Change over switch BBM - CNG :
IMG-20250414-WA0031.jpg
Posisi Switch di sisi driver :
IMG-20250414-WA0029.jpg
Penempatan posisi ECU CNG & Filling valve :
IMG-20250414-WA0030.jpg
Penempatab posisi TAP AEB, reducer cng dipojok kanan & filter gas :
IMG-20250414-WA0028.jpg
Posisi injektor CNG :
IMG-20250414-WA0026.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 398
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE

Post by wicaksono99 »

Selanjutnya ada mobil brand dari negeri tirai bambu. Wuling Cortez 1800cc MT. Ownernya ganti mobil dari Innova bensin (pakai CNG juga) ke wuling Cortez karna odometer sudah tinggi perlu peremajaan unit. Selama masa transisi, Cortez sudah dirumah tapi belum pakai CNG..ownernya ngepush terus supaya bisa secepatnya pasang CNG di Cortez karna beli pertamax berasa bikin dompet jebol. Akhirnya dieksekusi juga pasang CNG dengan spek :
1. ECU Stag Gofast 200
2. injector Stag 4 cylinder
3. Reducer CNG up to 200hp
4. Filter gas Alex
5. TAP Europegas Dynamics
6. Tabung CNG tipe 2 ukuran 65WLC (kapasitas 16liter CNG).

Mobil dipakai sehari2 buat ke toko Bekasi - Jaktim. Tenaga mobil saat pakai CNG tetap enak seperti pakai bensin dan tetap Fun to drive.. yang pakai Engkoh umur 60an keatas. Tidak ada check engine saat pemakaian menggunakan CNG.
Posisi bangku baris ketiga masih bisa digunakan berbagai posisi dengan normal.

Berikut foto2nya :

Ini saat pengisian di SPBG Pemuda :
IMG-20250414-WA0010.jpg
Penempatan changeover switch CNG dibagian kanan pengemudi :
IMG-20250414-WA0007.jpg
Penempatan tabung di bagasi belakang yang luas :
IMG-20250414-WA0008.jpg
Posisi injektor CNG yang dekat dengan intake:
IMG-20250414-WA0012.jpg
Penempatan filling valve CNG dan filter gas :
IMG-20250414-WA0011.jpg
Posisi ECU Stag & TAP dynamics di kompartemen mesin :
IMG-20250414-WA0013.jpg
Penampakan saat cover engine dipasang :
IMG-20250414-WA0009.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.