Re: Mobil harian untuk orang bangkrut
Posted: Mon Dec 19, 2022 3:38
Kijang super, sukur2 dpt grand extra...
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Waaaah....... Om NR...newrubble wrote: Sun Dec 18, 2022 22:21 vantrend atau mr90. kalo mogok ga bikin repot. urusan parts antara kampakan atau tukang bubut. kan bukan u social climbing tapi ini ga bikin social bungee jumping
tflnr wrote: Sat Dec 17, 2022 12:29 perkenalkan saya silent reader nubitol ingin mendapat saran disini.
saat ini bisa dikatakan usaha saya sedang kolaps dan memulai bangkit lagi. untuk menunjang mobilitas harian (kira2 100km/hari) saya butuh kendaraan yang irit, perawatan mudah, dan tentu saja tidak rewel, mengingat tidak banyak budget untuk ke bengkel. diutamakan sedan kecil atau citycar, karena tidak sering bawa barang juga. saat ini di garasi ada c26 untuk keperluan keluarga sesekali. sekarang mobilitas sering pakai motor Vario, dan cukup membantu dengan bensinnya yang irit, tapi belakangan sering terserang flu karena kehujanan.
mengenai mobil yang saya butuhkan, budget yang tersedia maksimal 50juta udah sama perbaikan, asumsinya bahan 30 perbaikan sampai siap pake 20juta. bentuk eksterior tidak penting, karena bukan buat flexing.
intinya kendaraan untuk survive, nengok pabrik, nengok lapak, dan dipakai setiap hari. bukan buat social climbing. sesekali ke luar kota saya pakai kendaraan umum. saya tinggal di kota Cirebon dan mobilitas kendaraan umum ke luar kota cukup mudah.
berdasarkan kriteria di atas, kendaraan-kendaraan ini masuk bahan pemikiran saya :
1. Isuzu gemini diesel JT 600 eks taksi. bahan rata2 dapat 20-25 juta, ada sisa 25 juta lagi buat restorasi mesin sampai benar-benar sehat. saya coba punya teman, gila bener doyan solar busuk dengan FC sekitar 1 : 20, kalo diuangkan mirip-mirip FC Vario. kelemahannya usia sudah lanjut dan jarak tempuh sudah bolak balik sampai ke bulan. Kenyamanan nggak istimewa, dan saya juga nggak terlalu butuh kenyamanan, yang penting irit dan nggak doyan mogok.
2. Soluna. Bahan yang bagus kira2 dapat 40juta, ada sisa beres-beres sekitar 10juta, entah cukup atau nggak kalau sampai harus ganti ban baru dan reset kaki-kaki. pernah nyoba punya teman, handling biasa banget, kenyamanan juga biasa banget. konsumsi bensin nggak sehemat Gemini, tapi doyan pertalite dan cukup irit di kelasnya. Sparepart relatif mudah didapat dan tidak perlu bengkel spesialis yang ekspert banget untuk handel mobil ini.
3. Suzuki Forsa. Bahan sekitar 20juta, restorasi 30 juta kayaknya udah bisa kembali seperti mobil muda. Pernah pakai punya sodara, mobil kecil dan cukup lincah. Mesin sama kayak carry, di apotek juga ada sparepart nya. kelebihannya model eksterior humble banget cocok untuk orang lagi bangkrut. Konsumsi bensin nggak irit2 amat, sama kayak angkot.
4. Daihatsu charade winner. Mobil mungil dan saya pernah lama pake waktu kuliah. Perawatan seperti merawat angkot Daihatsu, dan elektrikal sederhana sesuai jaman lahirnya dulu. konsumsi bbm pertalite cukup irit, part mesin cukup banyak di pasaran dan printilan mulai agak jarang. Bahan kira2 dapat 25juta, sisanya buat beres2 sampai siap pakai. Masalah kenyamanan no 17 dan bentuknya cukup humble.
barangkali ada saran kendaraan lain, akan saya pikirkan dengan senang hati. kata kuncinya adalah "bangkrut, mobil irit, mudah dirawat, anti mogok". mohon jangan disarankan kendaraan minibus, karena butuh mobilitas yang lebih lincah untuk blusukan. tidak untuk kebut2an, jalan santai saja yang penting selamat sampai tujuan
sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.
Sekedar info aja mbah, greco itu kaki-kaki nya lumayan banget harga nya, dan hitungan tahun pasti rutin perlu peremajaan, tp memang enak sih mobilnya.Ryan Steele wrote: Mon Dec 19, 2022 3:56
Mobil murah, irit, perawatan murah & mudah, bukan minibus.
Kalau hanya sekitaran kota Cirebon, saya gak masalah sama minibus. Tapi kalau sampai blusukan sampai ke pedalaman Indramayu, Kuningan, Majalengka, minibus solusinya.
Kalau dari pilihan om, saya saranin Soluna.
Iseng lihat O*X, filter mobil dijual di Cirebon under 40 jt, ada:
1. Greco. Ini ok
2. Starlet. Kata bengkel langganan, kaki2 gak terlalu kuat
3. espass, carry (skip)
4. Dan Gan karbu. Ini mesin T120SS, spare part gak ada masalah harusnya, tapi a bit pricey. Irit sih sepertinya nggak. Pengalaman f/c T120SS PU di rumah, cuma 1:11an. Gak tau ya klo di Dan Gan
5. Amenity. Ada yang punya di sini, tapi masih rebuild, Sama Forsa sama lah kira2.
6. Aerio. Mungkin lebih fungsional bwt om. Posisi nyetir harusnya sama dengan Balekno Next G
7. Baleno 1.5 gen awal. Pernah ngerasain duduik aja. Nyaman. f/c unknown.
Semoga berkenan
Ya full independen mbahevanbngdor wrote: Mon Dec 19, 2022 6:21Sekedar info aja mbah, greco itu kaki-kaki nya lumayan banget harga nya, dan hitungan tahun pasti rutin perlu peremajaan, tp memang enak sih mobilnya.Ryan Steele wrote: Mon Dec 19, 2022 3:56
Mobil murah, irit, perawatan murah & mudah, bukan minibus.
Kalau hanya sekitaran kota Cirebon, saya gak masalah sama minibus. Tapi kalau sampai blusukan sampai ke pedalaman Indramayu, Kuningan, Majalengka, minibus solusinya.
Kalau dari pilihan om, saya saranin Soluna.
Iseng lihat O*X, filter mobil dijual di Cirebon under 40 jt, ada:
1. Greco. Ini ok
2. Starlet. Kata bengkel langganan, kaki2 gak terlalu kuat
3. espass, carry (skip)
4. Dan Gan karbu. Ini mesin T120SS, spare part gak ada masalah harusnya, tapi a bit pricey. Irit sih sepertinya nggak. Pengalaman f/c T120SS PU di rumah, cuma 1:11an. Gak tau ya klo di Dan Gan
5. Amenity. Ada yang punya di sini, tapi masih rebuild, Sama Forsa sama lah kira2.
6. Aerio. Mungkin lebih fungsional bwt om. Posisi nyetir harusnya sama dengan Balekno Next G
7. Baleno 1.5 gen awal. Pernah ngerasain duduik aja. Nyaman. f/c unknown.
Semoga berkenan
Beda banget biaya peremajaan kaki-kaki nya dibanding soluna yg jauh lebih merakyat. Usia jg lebih muda mestinya sih jauh lebih baik kondisinya dibanding greco
itu dia mbah, ortu jg seneng nya pake itu mobil kalo nyetir sendiri. Cuma ya gitu deh, kaki-kaki pasti jd korban. Dan biaya peremajaan kaki-kaki jauh lebih besar dibanding peremajaan sektor mesinSuryaputra wrote: Mon Dec 19, 2022 6:44Ya full independen mbahevanbngdor wrote: Mon Dec 19, 2022 6:21Sekedar info aja mbah, greco itu kaki-kaki nya lumayan banget harga nya, dan hitungan tahun pasti rutin perlu peremajaan, tp memang enak sih mobilnya.Ryan Steele wrote: Mon Dec 19, 2022 3:56
Mobil murah, irit, perawatan murah & mudah, bukan minibus.
Kalau hanya sekitaran kota Cirebon, saya gak masalah sama minibus. Tapi kalau sampai blusukan sampai ke pedalaman Indramayu, Kuningan, Majalengka, minibus solusinya.
Kalau dari pilihan om, saya saranin Soluna.
Iseng lihat O*X, filter mobil dijual di Cirebon under 40 jt, ada:
1. Greco. Ini ok
2. Starlet. Kata bengkel langganan, kaki2 gak terlalu kuat
3. espass, carry (skip)
4. Dan Gan karbu. Ini mesin T120SS, spare part gak ada masalah harusnya, tapi a bit pricey. Irit sih sepertinya nggak. Pengalaman f/c T120SS PU di rumah, cuma 1:11an. Gak tau ya klo di Dan Gan
5. Amenity. Ada yang punya di sini, tapi masih rebuild, Sama Forsa sama lah kira2.
6. Aerio. Mungkin lebih fungsional bwt om. Posisi nyetir harusnya sama dengan Balekno Next G
7. Baleno 1.5 gen awal. Pernah ngerasain duduik aja. Nyaman. f/c unknown.
Semoga berkenan
Beda banget biaya peremajaan kaki-kaki nya dibanding soluna yg jauh lebih merakyat. Usia jg lebih muda mestinya sih jauh lebih baik kondisinya dibanding greco
Tp maintenis partnya mayan emang![]()
makasih infonya om, sepertinya pilihan low risk yang lumayan menarik. irit dan kalau kadang bawa barang daya angkut lumayan dengan copot seat belakang. saya pelajari lebih lanjut mengenai vantrend.newrubble wrote: Sun Dec 18, 2022 22:21 vantrend atau mr90. kalo mogok ga bikin repot. urusan parts antara kampakan atau tukang bubut. kan bukan u social climbing tapi ini ga bikin social bungee jumping
Ini 100 km bwt keliling kyaknya om. bukan karena keluar kota. Beliau sebenarnya sekarang motoran, tapi ingin membatasi mobilitas bersepeda motor karena umur, om. Udah gak kuat terpaan angin klo motorannervosa872 wrote: Mon Dec 19, 2022 4:20 ikut urun
Mungkin agak beda ya, saya kerja kantoran, rumah - kantor ada kalo 100km an, beda 3 kota, PP naik bus.
motor ada 2 buat dititipin di parkiran kota asal sama kota tujuan. ongkos transport harian 36ribu. diluar bensin motor yang ngisinya cukup 1minggu sekali. sayangnya jam kereta ngga pas sama jam kerja, kalo pas bisa lebih murah lagi.
Saya bacanya om ngga butuh flexig, jarang bawa barang dll.
Kalo tujuan nya itu2 aja, ngga mobile kesana kemari beda tujuan tiap hari, kalo saya mending ambil motor dl buat di kota tujuan, sambil nabung2 buat angkat mobil yg agak lumayan.
Vantrend kan station wagon 5 seater, om. jadi space untuk barang di belakang harusnya lumayan luas tanpa lipat jok belakangtflnr wrote: Mon Dec 19, 2022 7:40makasih infonya om, sepertinya pilihan low risk yang lumayan menarik. irit dan kalau kadang bawa barang daya angkut lumayan dengan copot seat belakang. saya pelajari lebih lanjut mengenai vantrend.newrubble wrote: Sun Dec 18, 2022 22:21 vantrend atau mr90. kalo mogok ga bikin repot. urusan parts antara kampakan atau tukang bubut. kan bukan u social climbing tapi ini ga bikin social bungee jumping
keliling dari lapak ke lapak, memastikan usaha berjalan baik. maklum bisnis tradisional yang masih mengutamakan kontrol tatap muka.Ryan Steele wrote: Mon Dec 19, 2022 7:41Ini 100 km bwt keliling kyaknya om. bukan karena keluar kota. Beliau sebenarnya sekarang motoran, tapi ingin membatasi mobilitas bersepeda motor karena umur, om. Udah gak kuat terpaan angin klo motorannervosa872 wrote: Mon Dec 19, 2022 4:20 ikut urun
Mungkin agak beda ya, saya kerja kantoran, rumah - kantor ada kalo 100km an, beda 3 kota, PP naik bus.
motor ada 2 buat dititipin di parkiran kota asal sama kota tujuan. ongkos transport harian 36ribu. diluar bensin motor yang ngisinya cukup 1minggu sekali. sayangnya jam kereta ngga pas sama jam kerja, kalo pas bisa lebih murah lagi.
Saya bacanya om ngga butuh flexig, jarang bawa barang dll.
Kalo tujuan nya itu2 aja, ngga mobile kesana kemari beda tujuan tiap hari, kalo saya mending ambil motor dl buat di kota tujuan, sambil nabung2 buat angkat mobil yg agak lumayan.![]()
paryohnya dipasangin windshield aja, om. lumayan ngurangin terpaan angin.tflnr wrote: Mon Dec 19, 2022 7:48keliling dari lapak ke lapak, memastikan usaha berjalan baik. maklum bisnis tradisional yang masih mengutamakan kontrol tatap muka.Ryan Steele wrote: Mon Dec 19, 2022 7:41Ini 100 km bwt keliling kyaknya om. bukan karena keluar kota. Beliau sebenarnya sekarang motoran, tapi ingin membatasi mobilitas bersepeda motor karena umur, om. Udah gak kuat terpaan angin klo motorannervosa872 wrote: Mon Dec 19, 2022 4:20 ikut urun
Mungkin agak beda ya, saya kerja kantoran, rumah - kantor ada kalo 100km an, beda 3 kota, PP naik bus.
motor ada 2 buat dititipin di parkiran kota asal sama kota tujuan. ongkos transport harian 36ribu. diluar bensin motor yang ngisinya cukup 1minggu sekali. sayangnya jam kereta ngga pas sama jam kerja, kalo pas bisa lebih murah lagi.
Saya bacanya om ngga butuh flexig, jarang bawa barang dll.
Kalo tujuan nya itu2 aja, ngga mobile kesana kemari beda tujuan tiap hari, kalo saya mending ambil motor dl buat di kota tujuan, sambil nabung2 buat angkat mobil yg agak lumayan.![]()
maksudnya remaja jompo om, kawan baik minyak kayu putih dan jamu tolak angin![]()
do'a terbaik untuk TS, semoga usaha nya lekas pulih & bangkittflnr wrote: Sat Dec 17, 2022 12:29 perkenalkan saya silent reader nubitol ingin mendapat saran disini.
saat ini bisa dikatakan usaha saya sedang kolaps dan memulai bangkit lagi. untuk menunjang mobilitas harian (kira2 100km/hari) saya butuh kendaraan yang irit, perawatan mudah, dan tentu saja tidak rewel, mengingat tidak banyak budget untuk ke bengkel. diutamakan sedan kecil atau citycar, karena tidak sering bawa barang juga. saat ini di garasi ada c26 untuk keperluan keluarga sesekali. sekarang mobilitas sering pakai motor Vario, dan cukup membantu dengan bensinnya yang irit, tapi belakangan sering terserang flu karena kehujanan.
mengenai mobil yang saya butuhkan, budget yang tersedia maksimal 50juta udah sama perbaikan, asumsinya bahan 30 perbaikan sampai siap pake 20juta. bentuk eksterior tidak penting, karena bukan buat flexing.
intinya kendaraan untuk survive, nengok pabrik, nengok lapak, dan dipakai setiap hari. bukan buat social climbing. sesekali ke luar kota saya pakai kendaraan umum. saya tinggal di kota Cirebon dan mobilitas kendaraan umum ke luar kota cukup mudah.
-cut-
barangkali ada saran kendaraan lain, akan saya pikirkan dengan senang hati. kata kuncinya adalah "bangkrut, mobil irit, mudah dirawat, anti mogok". mohon jangan disarankan kendaraan minibus, karena butuh mobilitas yang lebih lincah untuk blusukan. tidak untuk kebut2an, jalan santai saja yang penting selamat sampai tujuan
sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.
setuju banget mbahcarlzeiss wrote: Tue Dec 20, 2022 15:01 Cari yang masih jalan aja dijalanan
Accord pgm fi
Soluna
Carry : ini yang palingg dewa sih nih mobil , di objek wisata wisata tuh mobil udh kaya bekas bakaran aja masih nanjak terjal