kunaskun wrote: Tue Apr 26, 2022 6:20Om, velocity stack ring dipasang di mana ? Masih bisa pakai filter biasa ?the-mantal wrote: Mon Apr 25, 2022 5:08
terakhir saya coba pakai Velocity Stack Ring (ada di jual di tokopedia), 50-70% gejala diatas berkurang hanya kejadian sesekali dan predictable. kalau sebelumnya kan nyebelin banget, istilahnya: erratic.
Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 181
- Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Tipe x cvt ini jadi paling sensible drpd lmpv lain, sudah ada vsc+hsa udah deal breaker banget dr segi harga (walo kurang immob
) Semoga harganya engga naik 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3027
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
the-mantal wrote: Sun Apr 24, 2022 0:38 Kl nunggu mobil itu dijual br damai sih kayanya nunggu 12 tahun lg

Om .. ane jd ngefans sama ente deh . Keknya orangnya kg neko-neko ya . Mau apa yaudah itu yg dituju . Trus kg lirik2 yg laen lagi sampe lama .
Keknya ane musti berguru nih

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4900
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
sama nih kaya bapak saya, blm lama ini ambil ANKI seken buat gantiin HRV, which is ibu saya gak suka . padahal selama ini nurut terus sm kemauan ibu saya kalo soal mobil (jual cx5 ganti crv turbo sm pengen bmw tapi ambilnya lexus) karena ibu saya hampir tiap hari disopirin sehingga perlu yg nyaman + lega . berawal dari rencana buat gantiin ANF VRZ 2018, rencana mau ganti yg kelasnya agak dibawahnya aja biar ada kembalian lumayan. waktu itu opsinya ada keep HRV 2018 saya atau ganti ke xpander, kebetulan ibu saya masih blm move on dari xpander 2017 saya yg waktu itu dijual karena ada insiden dikit di mobilnya , suka aja sm desainnya yg futuristis. nah , sampe akhirnya, diputuskan buat jual HRV dan diganti sm ANKI G diesel AT seken . awalnya ibu saya agak kesel gitu, karena menurut dia, naik ANKI di row 2 berasa gak nyaman, karena biasa pake mobil monokok kek CRV dan CX5, untungnya, perlahan2 ibu saya bisa nerima, dan udh mulai terbiasa duduk di row 2nya ANKI jg walaupun cuma sesekali aja makenya kwwk. karena untungnya ada CRV turbo pres sm lexus RX yg nyaman, jadi gak terlalu kesel ibu sayanyavipere wrote: Sun Apr 24, 2022 11:26 Selera istri mah kadang aneh2. Saya juga termasuk yg ga mau nurutin istri. Waktu mau ganti gnki..istri kepincut veloz baru dan almaz karena lebih modern, tapi saya belinya venturer yang dia ga suka.

Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
OM KEREN BGT BELI GAK PAKE INFO KE ISTRI WKWKWK




-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Siap om. Sudah mulai tahap acceptance koq dia... Masa2 denial nya sudah lewat. Hahahapcx wrote: Tue Apr 26, 2022 6:04 Congratulation atas AN Xeniana, Um@the mantal![]()
Bilang sama bini kalo AN AvXen itu versi long sasis dari Raize Rocky
Karena memang itu kenyataanna jadi Raize/Rocky panjang 7 seater
Bini jika sering pake jg terbiasa nanti
![]()
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Jgn berguru sama saya om khawatir nya beda output ntar. Saya jg ambil keputusan begini begitu kdg mikir bakal kejadian abc tnyata malah yg tjadi xyz.KielConstantine wrote: Wed Apr 27, 2022 15:57the-mantal wrote: Sun Apr 24, 2022 0:38 Kl nunggu mobil itu dijual br damai sih kayanya nunggu 12 tahun lg![]()
Om .. ane jd ngefans sama ente deh . Keknya orangnya kg neko-neko ya . Mau apa yaudah itu yg dituju . Trus kg lirik2 yg laen lagi sampe lama .
Keknya ane musti berguru nih![]()
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Hush... Info koq om wkt spk.. cm istri nahan jgn spk xenia, spk yg lain aja... Cm aaya ga dengerin

Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Update di 500 km, entah knp belakangan tarikan bawahnya ga sebuas awal2 (brgkali masa inreyen udah lewat) efek stemgah kopling yg saya rasain udha jrg terjadi. Tp msh cukup ok koq utk sruntulan.
Sejauh ini MID sama actual fuel consumption ga beda jauh, terakhir isi 100 rb pertalite utk jalan 160 km. Di MID 1:13. Plus minus ya.
Beberapa hari ini jakarta agak lowong jd bs pulse n glide di dlm kota. Hasilnya :
Sejauh ini MID sama actual fuel consumption ga beda jauh, terakhir isi 100 rb pertalite utk jalan 160 km. Di MID 1:13. Plus minus ya.
Beberapa hari ini jakarta agak lowong jd bs pulse n glide di dlm kota. Hasilnya :
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Aug 16, 2022 5:35
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: Xenia
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Halo ko salam kenal, saya pakai xenia 1.3 cvt juga, rute dalam kota (jogja) lmyn banyak stop n go, dapetnya di mid kok cm 10.7 km/lt ya?
Klo tekanan ban nya gmn ko? sesuai anjuran? 33/32 kok keliatan agak gembos y yg depan?
Thanks
Klo tekanan ban nya gmn ko? sesuai anjuran? 33/32 kok keliatan agak gembos y yg depan?
Thanks
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
gaya nyetirnya om... harus pulse n glide... jadi kelihatan agak kebut2an sih, tp malah jauh lebih hemat.
jd coba aja ditekan gas nya sampai 2000 rpm gitu lalu lepas... klo mobil depan udah agak jauh, gas lagi sampai 2000 rpm lagi, habis itu lepas lagi. begitu terus.
saya ga tahu jogja seberapa macet ya, klo di jkt sih saya macet2an ya dapet 10km/l juga. klo pas hari libur yg mana agak sepi selalu dapat 13-15 km/l
untuk ban saya belum ukur, tapi boleh sampai 35-36 koq
jd coba aja ditekan gas nya sampai 2000 rpm gitu lalu lepas... klo mobil depan udah agak jauh, gas lagi sampai 2000 rpm lagi, habis itu lepas lagi. begitu terus.
saya ga tahu jogja seberapa macet ya, klo di jkt sih saya macet2an ya dapet 10km/l juga. klo pas hari libur yg mana agak sepi selalu dapat 13-15 km/l
untuk ban saya belum ukur, tapi boleh sampai 35-36 koq
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1835
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Om2..so far utk nanjak yg 1.3.cvt ini gmn performanya
Sy udh liat di youtube sih yg 1.5 ada gagalnya.
Cm apa mgkn yg 1.3 cvt ini dikasi rasio gir lbh kasar
Sy udh liat di youtube sih yg 1.5 ada gagalnya.
Cm apa mgkn yg 1.3 cvt ini dikasi rasio gir lbh kasar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Rasa nya cvt nya sama aja om rasio nya.MSU wrote: Tue Aug 16, 2022 10:54 Om2..so far utk nanjak yg 1.3.cvt ini gmn performanya
Sy udh liat di youtube sih yg 1.5 ada gagalnya.
Cm apa mgkn yg 1.3 cvt ini dikasi rasio gir lbh kasar
Nanjak yg ekstrim blm pernah om tp di area jkt sama sentul sih semua tanjakan aman2 aja.
Kl di grup all new xenia ada yg tinggal di punclut bandung pake 1.3 cvt jg, dia blg sih berat nanjaknya disana tp ttp bisa walau pelan
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Aug 16, 2022 5:35
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: Xenia
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
the-mantal wrote: Tue Aug 16, 2022 10:04 gaya nyetirnya om... harus pulse n glide... jadi kelihatan agak kebut2an sih, tp malah jauh lebih hemat.
jd coba aja ditekan gas nya sampai 2000 rpm gitu lalu lepas... klo mobil depan udah agak jauh, gas lagi sampai 2000 rpm lagi, habis itu lepas lagi. begitu terus.
saya ga tahu jogja seberapa macet ya, klo di jkt sih saya macet2an ya dapet 10km/l juga. klo pas hari libur yg mana agak sepi selalu dapat 13-15 km/l
untuk ban saya belum ukur, tapi boleh sampai 35-36 koq
Oh thnx om nanti saya coba gaya pulse n glide nya, oya kalau bensin pake pertalite unt mesin aman om?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Oh thnx om nanti saya coba gaya pulse n glide nya, oya kalau bensin pake pertalite unt mesin aman om?
[/quote]
Sejauh ini saya baru 3000 km sih aman pake pertalite terus2an, cm kdg ngelitik kl nanjak dan nginjak gas nya dalam
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Personal Story...... Gak Ijin Ke Bini, hebat deh, saya gak bayangin tiap bini naik , semoga bisa menerima
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12525
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Emejingnugroho bagor wrote: Wed Aug 17, 2022 8:24 Personal Story...... Gak Ijin Ke Bini, hebat deh, saya gak bayangin tiap bini naik , semoga bisa menerima
Saya belum ada nyali sebesar itu, apalagi klo Bini dah bilang "gak suka!"

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 174
- Joined: Mon Mar 26, 2018 13:04
- Location: Indnesia
- Daily Vehicle: Car
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Om ,New xenia X 1,3 ini udah ada realtime Avg Fc nya jg ga om? Sama Avg speed selama perjalanan?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
aman om. bini udah terima keadaan koq. walau mgkn agak terpaksa juga.nugroho bagor wrote: Wed Aug 17, 2022 8:24 Personal Story...... Gak Ijin Ke Bini, hebat deh, saya gak bayangin tiap bini naik , semoga bisa menerima
jangan ditiru omSuryaputra wrote: Wed Aug 17, 2022 10:33
Emejing
Saya belum ada nyali sebesar itu, apalagi klo Bini dah bilang "gak suka!"![]()
ada om, CFC (Current Fuel Consumption) berupa angka yg berubah2 terus tiap 1-2 detik, utk avg speed ga ada omadrianomyman wrote: Thu Aug 18, 2022 1:42 Om ,New xenia X 1,3 ini udah ada realtime Avg Fc nya jg ga om? Sama Avg speed selama perjalanan?
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Aug 16, 2022 5:35
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: Xenia
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Sejauh ini saya baru 3000 km sih aman pake pertalite terus2an, cm kdg ngelitik kl nanjak dan nginjak gas nya dalamthe-mantal wrote: Wed Aug 17, 2022 2:16
Oh thnx om nanti saya coba gaya pulse n glide nya, oya kalau bensin pake pertalite unt mesin aman om?
[/quote]
Wah ada ngelitik nya jg ya om pake pertalite? Di service yg pertama apakah bs request ke beres nya unt setting ecu-nya disesuaikan ama bahan bakar yg dipake?
Kalau om2 yg lain apakah ada pengalaman or saran antara pakai pertamax or pertalite unt mesin 1NR VE nya? Thnx
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Ngelitik klo ditekan agak dalam dan sedang nanjak.
Emg idealnya pake pertamax sih.
Mobilnya dah otomatis om, ga usah disetting2 dia akan menyesuaikan sama bahan bakarnya
Emg idealnya pake pertamax sih.
Mobilnya dah otomatis om, ga usah disetting2 dia akan menyesuaikan sama bahan bakarnya
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 313
- Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Pengalaman aman pakai pertalite nyaris gak pernah ngelitik, tapi ini di 1.5 MT.the-mantal wrote: Thu Aug 18, 2022 15:18 Ngelitik klo ditekan agak dalam dan sedang nanjak.
Emg idealnya pake pertamax sih.
Mobilnya dah otomatis om, ga usah disetting2 dia akan menyesuaikan sama bahan bakarnya
Yang menyebalkan walau pedal gas diinjak pol, tetap akselerasinya pelan. mungkin agar mesin tidak ngelitik atau biar irit.
Sekalian mau, di belakang mobil ada bunyi2, karena suara ban serep bergesekan ke bodi mobil. Solusinya, taruh kain antara ban mobil dengan bodi mobil agar senyap dan kasi oli bekasi di kait ban.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: Wed Jan 06, 2016 3:16
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
Nah ini yang dikhawatirkan nanti 5-10 tahun pasti bakal diungkit terus kalo ada apa2 ama mobilnyaAbdulHakim wrote: Sat Apr 23, 2022 15:43haha.. kesalahan fatal ini.. kalo bini ngomel-ngomel, siap-siap aja om bakal diungkit2 terus, karena itu berarti selamanya sampe tuh mobil kejual lagi baru perdamaian terjadithe-mantal wrote: Sat Apr 23, 2022 11:25 Hari H saya SPK, bini ngomel2 karena bilang dashboardnya jelek, masak Xenia, dst dst. Tapi saya tutup kuping deh karena saya yakin this is a good car.
Istri blm komen lbh jauh krn msh dongkol gara2 saya ambil xenia tanpa diskusi lbh jauh (dia msh pgn raize) ..![]()

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
update september :
- 3 minggu lalu mobil dibawa ke wonosobo/ dieng utk urusan kerjaan. ngerasain tol palimanan yg ternyata panjang banget ya... selama nyetir mikirnya kapan nyampe. di tol cm bawa kecepatan 80-100 aja ga lebih ga kurang karena takut sama speed camera. ternyata di kecepatan 100 klo gear nya dipake rpm cm 1800-1900 (ga sampai 2000) which is truly marvelous utk mobil 1300 cc. alhasil fuel consumption selama di tol bisa dapet 1:25.
nyetirnya pun enak, kecepatan 100 bener2 berasa kaya pelan aja karena stabil banget.
- sampai ke daerah dieng perlu nanjak2 kan, nah baru berasa keteteran 1300 cc nya. terasa banget berat nya nanjak2 yg curam.
Kejadian yang saya ingat banget itu sampai sekarang itu pas perjalanan ke dieng, pas malam dan sepi n gelap banget itu jalanan di pinggirnya jurang, jalanannya wkt itu nanjak curam, udahlah mobilnya ngeden eh ga kelihatan di depan hrs belok ke kiri atau ke kanan.... jd terpaksa ikut intuisi aja belok ke kiri dan untungnya bener... whew, inget2nya mengerikan banget itu klo sampai salah belok. oh ya di dalam mobil cm saya dan 1 orang penumpang. terus terang ga yakin bisa lewat dengan 7 penumpang klo kejadiannya kaya kemarin itu.
- klo udah nanjak, berarti ada turunan dnk.... nah engine brake nya ini juga saya bilang kurang pas buat jalan pegunungan karena terlalu loss meski pakai manual mode.... alhasil kaki memang harus siap di rem dan harus ngerem terus... saya terus terang sempat khawatir ini rem lama2 blong ga ya diinjek terus. untungnya ngga kejadian.
- handling di pegunungan yg ga curam.... saya angkat 2 jempol, ini mobil yang enak buat di pegunungan (syaratnya 2 penumpang aja ya, klo lebih mgkn COG nya pindah), setir2 kelok2 itu terasa meyakinkan sekali mobilnya. platform DNGA ga boong deh.
- pegel ngga nyetir 7 jam (dengan 1x visit rest area) ? jawabannya saya kasih clue aja ya : habis nyetir 7 jam hari pertama, hari kedua jalan ke dieng utk meeting seharian, hari ketiga lsg pulang 7 jam lagi dan besoknya pun ngantor tanpa tanda-tanda encok pinggang dan kaki.
- 3 minggu lalu mobil dibawa ke wonosobo/ dieng utk urusan kerjaan. ngerasain tol palimanan yg ternyata panjang banget ya... selama nyetir mikirnya kapan nyampe. di tol cm bawa kecepatan 80-100 aja ga lebih ga kurang karena takut sama speed camera. ternyata di kecepatan 100 klo gear nya dipake rpm cm 1800-1900 (ga sampai 2000) which is truly marvelous utk mobil 1300 cc. alhasil fuel consumption selama di tol bisa dapet 1:25.
nyetirnya pun enak, kecepatan 100 bener2 berasa kaya pelan aja karena stabil banget.
- sampai ke daerah dieng perlu nanjak2 kan, nah baru berasa keteteran 1300 cc nya. terasa banget berat nya nanjak2 yg curam.
Kejadian yang saya ingat banget itu sampai sekarang itu pas perjalanan ke dieng, pas malam dan sepi n gelap banget itu jalanan di pinggirnya jurang, jalanannya wkt itu nanjak curam, udahlah mobilnya ngeden eh ga kelihatan di depan hrs belok ke kiri atau ke kanan.... jd terpaksa ikut intuisi aja belok ke kiri dan untungnya bener... whew, inget2nya mengerikan banget itu klo sampai salah belok. oh ya di dalam mobil cm saya dan 1 orang penumpang. terus terang ga yakin bisa lewat dengan 7 penumpang klo kejadiannya kaya kemarin itu.
- klo udah nanjak, berarti ada turunan dnk.... nah engine brake nya ini juga saya bilang kurang pas buat jalan pegunungan karena terlalu loss meski pakai manual mode.... alhasil kaki memang harus siap di rem dan harus ngerem terus... saya terus terang sempat khawatir ini rem lama2 blong ga ya diinjek terus. untungnya ngga kejadian.
- handling di pegunungan yg ga curam.... saya angkat 2 jempol, ini mobil yang enak buat di pegunungan (syaratnya 2 penumpang aja ya, klo lebih mgkn COG nya pindah), setir2 kelok2 itu terasa meyakinkan sekali mobilnya. platform DNGA ga boong deh.
- pegel ngga nyetir 7 jam (dengan 1x visit rest area) ? jawabannya saya kasih clue aja ya : habis nyetir 7 jam hari pertama, hari kedua jalan ke dieng utk meeting seharian, hari ketiga lsg pulang 7 jam lagi dan besoknya pun ngantor tanpa tanda-tanda encok pinggang dan kaki.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 616
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT
mantap nih reviewnya.the-mantal wrote: Fri Sep 23, 2022 6:47 update september :
- 3 minggu lalu mobil dibawa ke wonosobo/ dieng utk urusan kerjaan. ngerasain tol palimanan yg ternyata panjang banget ya... selama nyetir mikirnya kapan nyampe. di tol cm bawa kecepatan 80-100 aja ga lebih ga kurang karena takut sama speed camera. ternyata di kecepatan 100 klo gear nya dipake rpm cm 1800-1900 (ga sampai 2000) which is truly marvelous utk mobil 1300 cc. alhasil fuel consumption selama di tol bisa dapet 1:25.
nyetirnya pun enak, kecepatan 100 bener2 berasa kaya pelan aja karena stabil banget.
- sampai ke daerah dieng perlu nanjak2 kan, nah baru berasa keteteran 1300 cc nya. terasa banget berat nya nanjak2 yg curam.
Kejadian yang saya ingat banget itu sampai sekarang itu pas perjalanan ke dieng, pas malam dan sepi n gelap banget itu jalanan di pinggirnya jurang, jalanannya wkt itu nanjak curam, udahlah mobilnya ngeden eh ga kelihatan di depan hrs belok ke kiri atau ke kanan.... jd terpaksa ikut intuisi aja belok ke kiri dan untungnya bener... whew, inget2nya mengerikan banget itu klo sampai salah belok. oh ya di dalam mobil cm saya dan 1 orang penumpang. terus terang ga yakin bisa lewat dengan 7 penumpang klo kejadiannya kaya kemarin itu.
- klo udah nanjak, berarti ada turunan dnk.... nah engine brake nya ini juga saya bilang kurang pas buat jalan pegunungan karena terlalu loss meski pakai manual mode.... alhasil kaki memang harus siap di rem dan harus ngerem terus... saya terus terang sempat khawatir ini rem lama2 blong ga ya diinjek terus. untungnya ngga kejadian.
- handling di pegunungan yg ga curam.... saya angkat 2 jempol, ini mobil yang enak buat di pegunungan (syaratnya 2 penumpang aja ya, klo lebih mgkn COG nya pindah), setir2 kelok2 itu terasa meyakinkan sekali mobilnya. platform DNGA ga boong deh.
- pegel ngga nyetir 7 jam (dengan 1x visit rest area) ? jawabannya saya kasih clue aja ya : habis nyetir 7 jam hari pertama, hari kedua jalan ke dieng utk meeting seharian, hari ketiga lsg pulang 7 jam lagi dan besoknya pun ngantor tanpa tanda-tanda encok pinggang dan kaki.
untuk yg versi 1.5, sepertinya lebih mantab buat nanjak nanjak kali ya Om?
dua paagraf terakhir sepertinya banyak banget improvement di sasis vs xenia gen lama ya.
