Saya member lama, tapi hampir tidak pernah me-review mobil karena saya memang bukan reviewer yang baik.
Tapi kali ini izinkan saya review mobil pertama yang saya beli dengan uang pribadi karena sebelum-sebelumnya mobil yang saya pakai statusnya adalah hibah dari ortu

====
History beli mobilnya (SKIP aja klo mau lsg ke bagian review ada di bawah)
Berawal dari masa COVID yang menyebabkan hampir semua penduduk dunia mobilitasnya dibatasi. Koko saya yang kebetulan punya kantor dan mobil operasionalnya tidak terpakai, daripada didiamkan di kantor dan khawatir lama-lama rusak kalau ga dipakai, si koko pun minta saya untuk pakai Wuling Cortez Turbo unit operasional kantor itu untuk saya pakai sehari-hari (buat pergi belanja ke mal aja).
Saya sendiri bukan orang yang suka jalan jauh, mobil yang saya pakai sebelumnya Avanza A/T th 2010 dipakai dari baru, di tahun 2021 kemarin kilometernya baru 110,000. Sayang sebenarnya menjual Avanza tersebut simply becoz... mobilnya tahan banting dan saya bukan orang yang begitu peduli soal maintenance. Ganti oli mesin setahun sekali (yang penting ga sampai 10 ribu km) dan sempat ganti oli transmisi di km 80 ribu, kemarin sempat ganti lagi sih di km 105 ribu. Perawatan murmer di Shop n Drive aja.
Tapi setelah dibisik2 oleh istri dan juga saya pikir, kalo ga dijual sekarang, itu Avanza n 10 tahun lagi juga ngga akan saya jual karena itu mobil sudah mencukupi kebutuhan saya. akhirnya saya pun ngalah, ya sudah saya pakai mobil Wuling nya, dan Avanza pun dijual dengan harga yang cukup murah karena waktu itu masih COVID dan diskon PPNBM bikin harga mobil lumayan turun banyak

Skip-skip masa COVID sudah hampir berakhir, aktivitas udah hampir normal kan, koko pun bilang Wulingnya mau dipakai balik buat operasional kantor dan saya diminta cari mobil. Itu bulan Maret 2022.
Saat PPnBM tinggal 50%.
Jadilah mencari-cari mobil perang dengan transmisi matic budget 100-200 jutaan. Sempat mempertimbangkan beli bekas kayak Altis 2014 tapi istri maunya baru saja.
OK, waktu itu pilihannya antara lain :
- Honda paling murah Brio sudah indent panjang dan Mobilio entah kapan produksinya. BRV out of budget walau masih 200an juta tp udah hampir 300 yang AT
- Daihatsu pilihan antara Rocky, Ayla, Sigra, Xenia
- Toyota pilihan antara Raize, Calya, Avanza
- Suzuki sudah pasti Ertiga

Saya skip Wuling walau sudah saya pakai sekitar 6 bulan dan masuk budget, karena mobil itu boros buat ukuran saya.
akhir bulan Maret lsg ke dealer deh, ke Toyota dulu yang pertama. Karena udah tahu rasa Calya, jadi mau coba Avanza atau Raize. Tapi ternyata Avanza ga available unit test nya, cuma ada Raize turbo. Kita test dan.... kurang impressed saya. Seperti yang pernah saya bilang di post lain, kesannya mirip seperti Ayla/ Agya yang ditinggiin plus lebih kencang. Mentul-mentulnya cukup parah suspensinya waktu coba di area Sunter sana. Saya ga test Agya dan Calya karena sudah beberapa kali coba nyetir punya saudara dan sudah tahu karakternya.
Lalu ke Daihatsu, sama ternyata, Xenia ga available unit testnya, cuma ada Rocky 1.2, sama kesannya kaya yang Raize Turbo, unimpressive karena karakternya mirip Agya/ Ayla.
Lalu ke Suzuki, cobain Ertiga tapi adanya XL7, katanya mirip, ya sudah ditest dulu. OK ini kelihatannya cukup bagus ride nya. Bawa mobil ini feel nya ya ok lah, mirip Wuling tp lebih hemat which is good point karena yang saya ga suka sama Wuling cm borosnya aja.
Setelah diskusi sama istri, istri malah pengen Rocky/ Raize karena kecil, saya object karena saya ngga suka ride nya. Akhirnya kita sepakat Ertiga saja. Cari diskon disana sini, udah dapat yang cukup besar diskonnya (net 231 jt utk GX AT), tiba-tiba Sales Daihatsu ngabarin "Kita ada Xenia NIK 2021 nih, ada tipe X CVT dan tipe R 1.5 CVT, diskon bagus". Well setelah beberapa kalkulasi dan saya juga lihat ini kayanya deal cukup bagus karena saya dpt harga yang jauh lebih murah drpd waktu diskon PPNBM 100%, akhirnya saya ambil yang tipe X CVT. Hari H saya SPK, bini ngomel2 karena bilang dashboardnya jelek, masak Xenia, dst dst. Tapi saya tutup kuping deh karena saya yakin this is a good car. Saya pengguna Xenia awal 2004 waktu harga masih 76 juta (tipe 1.0 Li) dan saya suka mobil itu.
==========
REVIEW
Exterior
Low slung MPV. yup cici saya punya Avanza yang selalu terpakir di rumah, kalo dibandingin 2 mobil ini kelihatan banget low slung nya. saya sudah design belakang dan depannya. Tapi design samping emg agak kurang gimana gitu....
Interior
Cheap plastic but I dont mind, seperti yang saya bilang saya bukan orang yg maintain mobil dengan baik (mobil Avanza lama saya aja kaca dan bodynya banyak jamur gara-gara saya cuci mobil cm 2-3 bulan sekali) jadi plastic ini blessing in disguise karena saya tahu, ngga perlu dirawat pun ini interior akan baik2 aja. Design.... well... personal review ok sih walau memang bland dan membosankan sekali. Saya rencana mau tambahin beberapa aksesoris aja paling biar lebih cantik.
Seat nya enak karena udah semi bucket dan posisi duduk utk sopir cukup rendah.
Saya ngga akan review soal audio dll nya

Driving feel
Halus n punchy. Yup, ini mobil walau cuma cengsa 1300 cc tp cukup punchy putaran bawahnya. Saya baru pakai bolak balik kantor di rute dalkot yang mana kecepatan max cm 60 km/ jam, dan mobil ini sangat halus, RPM ga perlu lebih dari 1500 kecepatan naik terus. Suspensi nya pun pas tidak seperti karakter Wuling yang terlalu empuk membal membal, Avanza lama yang terlalu keras, ini di tengah-tengahnya. Setirnya hambar... yup... ringan...
Konsumsi BBM
bolak balik Cipinang - Semanggi lewat Kasablanka pas ga tlalu macet, masih dapat 15 KM/L dengan Pertalite di MID, better than Cortez yg cuma dapat 1:9-10 dengan Pertamax dan Avanza lama yg rata2 jg 10 km/l
Komentar dari keluarga
Koko saya yg nyetir xpander n wuling bilang mobil ini enak dan nyaman. Papa mama saya jg blg nyaman. Istri blm komen lbh jauh krn msh dongkol gara2 saya ambil xenia tanpa diskusi lbh jauh (dia msh pgn raize) ..