Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Indonesia punya kelebihan di gas alam dan batu bara, jadi bukan produk impor. Jadi dengan aturan domestic market obligation, seharusnya energi listrik bisa melimpah.
Tinggal masalahnya mobil listrik, kompor listrik, lampu listrik, hape listrik nya impor banyak banget
Tinggal masalahnya mobil listrik, kompor listrik, lampu listrik, hape listrik nya impor banyak banget
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Nanti juga muncul E-Man.....Manusia Listrik alias Robot dgn AI super canggih.......bisa jadi asisten.........bahkan di negara lain sudah ada Pria yang married dgn Robot bentuk cewek
* Runnn *
* Runnn *
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Yoi CNG dan Coalilhami wrote:Indonesia punya kelebihan di gas alam dan batu bara, jadi bukan produk impor. Jadi dengan aturan domestic market obligation, seharusnya energi listrik bisa melimpah.
Tinggal masalahnya mobil listrik, kompor listrik, lampu listrik, hape listrik nya impor banyak banget
Coal konon juga sgt berpotensi jadi bahan baku utk pembuatan Graphene........
Graphene battery kalo bisa dibuat murah sgt berpotensi menggusur Li Ion battery
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Sy rencana 2021 jg mau liat implementasi kebijakan PPNBM yg baru. Kl harga mobil hybrid / listrik jadi murah dan masuk budget, saya rencana mau coba minang hehehe.
Yg terpenting itu harga unitnya hrs masuk kantong masyarakat dan charging stasiunnya harus tersebar di mana2. Minimal target di setiap SPBU milik pertamina retail di jabodetabek ada charging stationnya
Yg terpenting itu harga unitnya hrs masuk kantong masyarakat dan charging stasiunnya harus tersebar di mana2. Minimal target di setiap SPBU milik pertamina retail di jabodetabek ada charging stationnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
yang sulit itu charging station. kalau ada, eh diparkirin mobil biasa, common problem bahkan di negara maju sekalipun. apalagi di Indo.mobilover wrote: Tue Nov 12, 2019 5:24 Sy rencana 2021 jg mau liat implementasi kebijakan PPNBM yg baru. Kl harga mobil hybrid / listrik jadi murah dan masuk budget, saya rencana mau coba minang hehehe.
Yg terpenting itu harga unitnya hrs masuk kantong masyarakat dan charging stasiunnya harus tersebar di mana2. Minimal target di setiap SPBU milik pertamina retail di jabodetabek ada charging stationnya
terus batere. TAM saja cuma kasih garansi batere 5 tahun untuk C-HR Hybrid. selebihnya kalau rusak apakah tukar tambah atau gimana?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
kan td asumsinya adalah pemanfaatan energi terbarukan sdh dimaksimalkan spt tenaga surya, angin, panas bumi, ombak, dll seperti disebut di halaman halaman awal. sehingga pemanfaatan oil and gas buat pembangkit jd berkurang.mpvlover wrote: Tue Nov 12, 2019 4:34 Gak sedashyat itu pak, emang listrik asalnya dr mana ?
Di dunia mayoritas pembangkit listrik itu bakar minyak dan gas, yg dr energi alternatif itu masih sedikit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
The key to Electric Cars is Batteries.
https://www.sciencemag.org/news/2019/10 ... 10-minutes
https://www.wsj.com/articles/how-china- ... 1572804489
https://www.iea.org/publications/report ... tlook2019/
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

HR15DE 2014
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
emg om mau nunggu sejam lebih di spbu cm buat ngecas mobil?mobilover wrote: Tue Nov 12, 2019 5:24 Sy rencana 2021 jg mau liat implementasi kebijakan PPNBM yg baru. Kl harga mobil hybrid / listrik jadi murah dan masuk budget, saya rencana mau coba minang hehehe.
Yg terpenting itu harga unitnya hrs masuk kantong masyarakat dan charging stasiunnya harus tersebar di mana2. Minimal target di setiap SPBU milik pertamina retail di jabodetabek ada charging stationnya


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Udah ada kokak4ng wrote: Sun Nov 10, 2019 13:48 Saya malah bermimpi kelak suatu saat nanti, di masa EV booming, akan muncul kendaraan dgn wireless-ultra fast charging, di bawah jalan udh ada panel charge nya sehingga sambil berenti stopan skitar 3menit, sambil isi batre tau2 fullg ada cerita antri2 charge atau apalah:off_good_job:
![]()
![]()
Lama banget malahan
Namanya hotwheels

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
- Location: Lampung
- Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Saya malah lebih seneng nunggu hybrid. Tp bukan hybrid kyk skrg yg masih dipake buat jalanin mobil.
Mesin combustion nya bener2 full cm dipake buat ngecas batere. Jadi cc nya ga usa gede2. Misal 1000/500cc diesel satu atau 2 silinder.
Dibantu lagi ngecas nya pake panel solar diatap mobil dan di kap mesin.
Kalo cuma ngandelin colokan listrik di rumah, wah masih jauh...
Mesin combustion nya bener2 full cm dipake buat ngecas batere. Jadi cc nya ga usa gede2. Misal 1000/500cc diesel satu atau 2 silinder.
Dibantu lagi ngecas nya pake panel solar diatap mobil dan di kap mesin.
Kalo cuma ngandelin colokan listrik di rumah, wah masih jauh...
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Bener om, jadi Dual Power ICE - EV kayak Nissan E Power dan Loko Diesel - Electric GErudyzanetti wrote:Saya malah lebih seneng nunggu hybrid. Tp bukan hybrid kyk skrg yg masih dipake buat jalanin mobil.
Mesin combustion nya bener2 full cm dipake buat ngecas batere. Jadi cc nya ga usa gede2. Misal 1000/500cc diesel satu atau 2 silinder.
Dibantu lagi ngecas nya pake panel solar diatap mobil dan di kap mesin.
Kalo cuma ngandelin colokan listrik di rumah, wah masih jauh...
ICE memutar Generator, ada batere ukuran sedang dan Roda digerakkan Traction Motor
Mesin sama sekali gak konek ke roda
Mobil gak butuh Transmisi multi speed lagi.
Nissan Note E Power cuman pake mesin 1200 cc NA
Mesin ICE nya misal mau pake std Euro 7 kek dgn Particulate Filter + NOx SCR + H2S Cat gak masalah krn mesin cuman muter genset, yg penting PM filter nya mudah dibongkar itk dicuci
Bensin / Solar Euro bintang 7 mau seliter 14.000 kek gak masalah, krn batere mobil bisa di Cas juga, isi BBM jadi jarang2
Tapi itu Nissan E Power gak ada soket charging nya.......koplak
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
https://edition.cnn.com/interactive/201 ... gen-tesla/
Menurut forecast tahun 2040 penjualan EV akan melampaui penjualan ICE
Menurut forecast tahun 2040 penjualan EV akan melampaui penjualan ICE
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

HR15DE 2014
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Krn percuma dicas, baterenya kecil mr turbo. Kalo baterenya gedean, harga langsung meroket kaya ekonomi kita sejak november 2014. Skrg udah nyampe ke jupiter, lima taun meroket terus terus terussTurboman wrote: Tue Nov 12, 2019 17:18Bener om, jadi Dual Power ICE - EV kayak Nissan E Power dan Loko Diesel - Electric GErudyzanetti wrote:Saya malah lebih seneng nunggu hybrid. Tp bukan hybrid kyk skrg yg masih dipake buat jalanin mobil.
Mesin combustion nya bener2 full cm dipake buat ngecas batere. Jadi cc nya ga usa gede2. Misal 1000/500cc diesel satu atau 2 silinder.
Dibantu lagi ngecas nya pake panel solar diatap mobil dan di kap mesin.
Kalo cuma ngandelin colokan listrik di rumah, wah masih jauh...
ICE memutar Generator, ada batere ukuran sedang dan Roda digerakkan Traction Motor
Mesin sama sekali gak konek ke roda
Mobil gak butuh Transmisi multi speed lagi.
Nissan Note E Power cuman pake mesin 1200 cc NA
Mesin ICE nya misal mau pake std Euro 7 kek dgn Particulate Filter + NOx SCR + H2S Cat gak masalah krn mesin cuman muter genset, yg penting PM filter nya mudah dibongkar itk dicuci
Bensin / Solar Euro bintang 7 mau seliter 14.000 kek gak masalah, krn batere mobil bisa di Cas juga, isi BBM jadi jarang2
Tapi itu Nissan E Power gak ada soket charging nya.......koplak
Fungsi baterenya cuman kaya laptop yg baterenya udah koit jadi ditancep kaya desktop
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Gak usah sampe 2040Herman7103 wrote:https://edition.cnn.com/interactive/201 ... gen-tesla/
Menurut forecast tahun 2040 penjualan EV akan melampaui penjualan ICE
di 2030 aja banyak negara yg phase out ICE cars murni, bahkan Norway rencana di 2025
Mungkin ICE PHEV dan Dual Power ICE - EV masih bisa dijual ?
Kalo menurut saya Indo juga harus ancang2 dgn memperbanyak charging station krn pasti harus ikut arus Global kalo pabrikan mobil besar di dunia udah banyak beralih produksi EV / PHEV
Paling nanti yg ICE murni tinggal model2 yg diproduksi lokal aja
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Lexus LF 30 akan world premiere 22 Nov besok
Full EV (battery)
Batere 110 Kw
Jarak tempuh konon bisa 500 Km
Torsi konon 700 Nm
Foto di bawah = konsepnya
Full EV (battery)
Batere 110 Kw
Jarak tempuh konon bisa 500 Km
Torsi konon 700 Nm
Foto di bawah = konsepnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Subaru XV
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Sebagai yang udh pernah hands-on sama e-power, gue percaya ini bakal bisa di terima sama kita, beda total sm mesin ICE rasanya. Harusnya harga bisa di set tidak terlalu mahal, pasti booming yah. Menurut kalian kita bisa nerima teknologi baru kaya gini enggak ya? kan ini bukan mesin turbo, ato hybrid konvensional.
Menurut gue kl full EV, kita udah bisa, tapi masih butuh waktu untuk membiasakan behavior harian di mobil EV. Pulang ke rumah, charge HP sm mobil jangan sampe ketiduran. hahahaha
Menurut gue kl full EV, kita udah bisa, tapi masih butuh waktu untuk membiasakan behavior harian di mobil EV. Pulang ke rumah, charge HP sm mobil jangan sampe ketiduran. hahahaha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Kalau saya usul sepeda motor listrik di dahulukan insentifnya. Karena jumlahnya banyak banget dan polusi nya ternyata tinggi juga. Motor itu hampir 100% baterai hanya untuk menggerakkan sepeda motor. Jadi kalau idle di lampu merah atau macet-macetan, tetap hemat baterai.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Bagus memang konsep Dual Power ICE - EV inininodiablo wrote:Sebagai yang udh pernah hands-on sama e-power, gue percaya ini bakal bisa di terima sama kita, beda total sm mesin ICE rasanya. Harusnya harga bisa di set tidak terlalu mahal, pasti booming yah. Menurut kalian kita bisa nerima teknologi baru kaya gini enggak ya? kan ini bukan mesin turbo, ato hybrid konvensional.
Menurut gue kl full EV, kita udah bisa, tapi masih butuh waktu untuk membiasakan behavior harian di mobil EV. Pulang ke rumah, charge HP sm mobil jangan sampe ketiduran. hahahaha
harapan saya ke depannya kapasitas batere bisa dibesarin dan mesin ICE bisa dikecilin, bahkan mungkin bisa pake mesin 660 - 700 cc aja
Pasang soket CHADEMO / Type 2 is a must, kalo ketemu charge station bisa chass dan isi bensin jadi makin jarang
wkwkwkwkkw
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
tetep ada emisi. dan standard emisi ini yang makin mustahil buat mesin bakar biasa. kalau di negara flower si cocok, ga usah pusing charge dimana.rudyzanetti wrote: Tue Nov 12, 2019 16:33 Saya malah lebih seneng nunggu hybrid. Tp bukan hybrid kyk skrg yg masih dipake buat jalanin mobil.
Mesin combustion nya bener2 full cm dipake buat ngecas batere. Jadi cc nya ga usa gede2. Misal 1000/500cc diesel satu atau 2 silinder.
Dibantu lagi ngecas nya pake panel solar diatap mobil dan di kap mesin.
Kalo cuma ngandelin colokan listrik di rumah, wah masih jauh...
sekarang aja pake mio atau nmax saja berasa naik motor 1000cc, gimana dikasi motor listrik yang instant torque? bisa tambah banyak kecelakaan konyol gara2 manusianya, apalagi ga ada suara sama sekali tiba2 disalip kaget refleks salah malah senggol. kecuali itu motor listrik dikasih restriktor maksimal jadi ga beda dari motor mesin bakar biasa. di singapore e-scooter saja sampe di banned di trotoar, gara2 banyak yang celaka. itu baru ukuran segede e-scooter gimana dijadiin motor di indo? baca berita kemarin cuma grabwheels saja bisa merusak di jakarta...ilhami wrote: Wed Nov 13, 2019 4:27 Kalau saya usul sepeda motor listrik di dahulukan insentifnya. Karena jumlahnya banyak banget dan polusi nya ternyata tinggi juga. Motor itu hampir 100% baterai hanya untuk menggerakkan sepeda motor. Jadi kalau idle di lampu merah atau macet-macetan, tetap hemat baterai.
idealnya di kota2 itu mestinya e-bike, sepeda pake batere. ini paling cocok, perawatan mudah murah gampang, bisa tembus segala medan, batere habis bisa gowes. tapi bukan yang seperti selama ini beredar, e-bike ala Tiongkok yg niru model motor tapi model sepeda mini atau city bike ala2 Mamachari di Jepang. untuk di daerah ya jelas masih unggul motor bakar biasa, tinggal isi bensin.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Setuju sihilhami wrote: Wed Nov 13, 2019 4:27 Kalau saya usul sepeda motor listrik di dahulukan insentifnya. Karena jumlahnya banyak banget dan polusi nya ternyata tinggi juga. Motor itu hampir 100% baterai hanya untuk menggerakkan sepeda motor. Jadi kalau idle di lampu merah atau macet-macetan, tetap hemat baterai.
itu viar uda buat Q1 sampe uda ada versi yang ke 2 tapi nggak ada niat dari pemerintah buat kasih insentif. Misalkan seluruh instansi pengadaan roda 2 baru pakai viar atau gimana, toh denger-denger viar kan juga produsen lokal dalam negeri (CMIIW)
Satu hal yg ane khawatir kalau motor listrik hampir nggak ada suaranyakunaskun wrote: Wed Nov 13, 2019 5:40 -cut-
sekarang aja pake mio atau nmax saja berasa naik motor 1000cc, gimana dikasi motor listrik yang instant torque? bisa tambah banyak kecelakaan konyol gara2 manusianya, apalagi ga ada suara sama sekali tiba2 disalip kaget refleks salah malah senggol. kecuali itu motor listrik dikasih restriktor maksimal jadi ga beda dari motor mesin bakar biasa. di singapore e-scooter saja sampe di banned di trotoar, gara2 banyak yang celaka. itu baru ukuran segede e-scooter gimana dijadiin motor di indo? baca berita kemarin cuma grabwheels saja bisa merusak di jakarta...
idealnya di kota2 itu mestinya e-bike, sepeda pake batere. ini paling cocok, perawatan mudah murah gampang, bisa tembus segala medan, batere habis bisa gowes. tapi bukan yang seperti selama ini beredar, e-bike ala Tiongkok yg niru model motor tapi model sepeda mini atau city bike ala2 Mamachari di Jepang. untuk di daerah ya jelas masih unggul motor bakar biasa, tinggal isi bensin.
Di daerah saya pakai motor standar aja masih banyak yg nggak 'aware' dengan kondisi di sekitarnya, pernah tiba-tiba motor di kiri langsung potong jalur ane ke kanan tanpa nengok spion..
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
ya itu salah satu dari yang lainnya. yang penting itu makhluk yg pake itu motor. sekarang saja begitu, gimana nanti?black2345 wrote: Wed Nov 13, 2019 6:03 Satu hal yg ane khawatir kalau motor listrik hampir nggak ada suaranya
Di daerah saya pakai motor standar aja masih banyak yg nggak 'aware' dengan kondisi di sekitarnya, pernah tiba-tiba motor di kiri langsung potong jalur ane ke kanan tanpa nengok spion..![]()
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Nantinya semua kendaraan listrik wajib mengeluarkan suara, baik motor maupun mobil.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Betulilhami wrote:Nantinya semua kendaraan listrik wajib mengeluarkan suara, baik motor maupun mobil.
ini lagi dirumuskan scr Global & konon akan jadi Mandatory
asik tar tinggal donlod Buzzer sound like Ringtone, install di mobil
Saya suka suara ketoplak2 kaki kuda.......kalo buat jalan pelan2 sounds nice......
atau suara Loko Uap.....jus jus jus jus jus kayaknya bagus juga
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
jadi flashback jaman sandiwara radio Saur Sepuh / Tutur Tinular Om Turbo,Turboman wrote: Thu Nov 14, 2019 7:18 ...
Saya suka suara ketoplak2 kaki kuda.......kalo buat jalan pelan2 sounds nice......
...
jangan lupa suara kuda meringkik kalo rem diinjek..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Perbandingan biaya Charge mobil Listrik VS mobil Bensin dgn Pertabo
Nanti thread racun-racun bbm akan berubah menjadi memilih kawat untuk gulung dinamo...
tapi seseorang masih setia jualan capasitor...atau malah lebih laku
tapi seseorang masih setia jualan capasitor...atau malah lebih laku
Last edited by ilhami on Thu Nov 14, 2019 10:40, edited 1 time in total.