Tentang mobil listrik (EV cars)

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by b0ku »

hotoriii wrote: Sun Dec 22, 2024 4:28 kemarin2 waktu ngobrol ngalor ngidul untuk mengusir kebosanan dengan rekan kerja yg jauh lebih tua, dibilang
dirimu kalau mau ambil EV karena lebih murah secara operasional, dipertimbangkan jg lifecycle product nya ya
mobil konvensional mu lebih boros bensin dan perawatan dll tp lifecycle product nya bisa jauh lebih panjang (misal 5 vs 20 tahun) tanpa perlu ngakalin ke bengkel atau beli ini itu, sebenarnya gak rugi jg beli yg konvensional
jd kepikiran, sekarang masalahnya running cost nya belum jelas ya lebih murah mana antara EV vs konvensional, kalau kasus pemakaiannya misal 20 tahun gitu
saya baru dapet sigra 2023 sekarang saya jual 135jt km baru 15rb bensin avg 10-11kml tangki kecil sekali isi shell aja full paling 350-400rb beli baru 180jt ud paling mahal kalo buat sekadar kaki asal gelinding ya ngapain beli ev........ :ngacir:

kecuali mau gaya2xan ya ndak tau deh kok nanya saya :big_bored:

apalagi disini kebanyakan saya jual mobil second usia 10thn banyakan di bawah 100rb km kalo cuma segini buat ev sangat amat rugi sekali.........
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by ctopher7 »

b0ku wrote: Sun Dec 22, 2024 4:44
hotoriii wrote: Sun Dec 22, 2024 4:28 kemarin2 waktu ngobrol ngalor ngidul untuk mengusir kebosanan dengan rekan kerja yg jauh lebih tua, dibilang
dirimu kalau mau ambil EV karena lebih murah secara operasional, dipertimbangkan jg lifecycle product nya ya
mobil konvensional mu lebih boros bensin dan perawatan dll tp lifecycle product nya bisa jauh lebih panjang (misal 5 vs 20 tahun) tanpa perlu ngakalin ke bengkel atau beli ini itu, sebenarnya gak rugi jg beli yg konvensional
jd kepikiran, sekarang masalahnya running cost nya belum jelas ya lebih murah mana antara EV vs konvensional, kalau kasus pemakaiannya misal 20 tahun gitu
saya baru dapet sigra 2023 sekarang saya jual 135jt km baru 15rb bensin avg 10-11kml tangki kecil sekali isi shell aja full paling 350-400rb beli baru 180jt ud paling mahal kalo buat sekadar kaki asal gelinding ya ngapain beli ev........ :ngacir:

kecuali mau gaya2xan ya ndak tau deh kok nanya saya :big_bored:

apalagi disini kebanyakan saya jual mobil second usia 10thn banyakan di bawah 100rb km kalo cuma segini buat ev sangat amat rugi sekali.........
:big_exellent: setuju nih, aplagi kalo dibandingin sama harga yang sekelasnya which is guling air ev. saya ada sigra juga, kemana mana jauh lebih enak bawa sigra drpd guling ya :big_biglaugh: bisa bawa barang banyak, proper bawa penumpang ber 5 jg bisa, top speed 160 jg masih nyampe, irit nya najubilah dan gausa repot cari tempat ngecharge
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by fansdiesel »

Pajak tahunan mobil bensin 10 tahun bisa beli batere ev
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by Suryaputra »

fansdiesel wrote: Sun Dec 22, 2024 8:38 Pajak tahunan mobil bensin 10 tahun bisa beli batere ev
Pajak tahunan brio 2.7jt
Or lmpv average 3-4juta

x 10 tahun = 40jt max

Itu sih baru bisa beli accu bmw 4 biji
Batre hybrid aja blm tentu dapat :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by b0ku »

fansdiesel wrote: Sun Dec 22, 2024 8:38 Pajak tahunan mobil bensin 10 tahun bisa beli batere ev
pajak mah akal2xan doank kalo besok sigra gw gak bayar pajak kalah total donk ev :glodak:

tapi uda laku sih move on ah nyari yang laen :big_biglaugh:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by ctopher7 »

fansdiesel wrote: Sun Dec 22, 2024 8:38 Pajak tahunan mobil bensin 10 tahun bisa beli batere ev
fortuner 10 tahun pajak 80jt, w205 pajak 100jt.Ini kalo ga itung depresiasi ya. mungkin kebeli batre, batre guling air ev :big_biglaugh:

lagian sesuai kata kata om bibieight, punya mobil listrik mahal di insurance yang cover batre. harganya ya ujung ujungnya setara pajak mobil ice jg :big_chicken:

harga gantol ya anggep aja setara harga ban ev yang lebih cepet botak pasti karna berat dan torsi instan

terus harga bahan bakar, kalo yang pake solar busuk sama kyk saya buset sebulan gasampe cetiau uda bisa jalan 1000km lebih. lagian fixed cost di awal mau tarik tarik kabel pln juga kudu bayar 10-15 jt saya tanya temen temen yang dah pasang wall charger di rumahnya

honestly blom menarik samsek sih skarang, kecuali mg4 harganya 200jt kecil :big_love:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by ctopher7 »

nih baru 2 tahunan kan keluar ioniq5, dah terjual sebanyak itu
IMG_4556.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by ilhami »

Itu mobil listrik berat nya selisih hampir 1 ton, misal dibandingkan zenix 1,6 ton vs BYD M6 2,5-2,6 ton.
Tentunya ban, rem dan handling nya ada perbedaan ya?
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by ctopher7 »

ilhami wrote: Sun Dec 22, 2024 14:42 Itu mobil listrik berat nya selisih hampir 1 ton, misal dibandingkan zenix 1,6 ton vs BYD M6 2,5-2,6 ton.
Tentunya ban, rem dan handling nya ada perbedaan ya?
kykny 2.5 ton itu gross weight. kalo curb weight di 1.9 ton. nevertheless, 1.9 ton itu hampir setara berat suv ladder frame. pantesan itu kaki kaki pada cepet oblak ya sesuai yang dibilang netizen.

ban dah pastinya lebih cepet abis dr mobil biasa, apalagi yang sekelas ya. handling m6 ngambang sih, mungkin karna suspensi disetting supaya lebih nyaman. kalo rem harusnya di moblis rada awet ya karna ada regen braking, kecuali sering panic braking
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by vanosz »

ctopher7 wrote: Sun Dec 22, 2024 16:40
ilhami wrote: Sun Dec 22, 2024 14:42 Itu mobil listrik berat nya selisih hampir 1 ton, misal dibandingkan zenix 1,6 ton vs BYD M6 2,5-2,6 ton.
Tentunya ban, rem dan handling nya ada perbedaan ya?
kykny 2.5 ton itu gross weight. kalo curb weight di 1.9 ton. nevertheless, 1.9 ton itu hampir setara berat suv ladder frame. pantesan itu kaki kaki pada cepet oblak ya sesuai yang dibilang netizen.

ban dah pastinya lebih cepet abis dr mobil biasa, apalagi yang sekelas ya. handling m6 ngambang sih, mungkin karna suspensi disetting supaya lebih nyaman. kalo rem harusnya di moblis rada awet ya karna ada regen braking, kecuali sering panic braking
buset 2,6 ton,

bodi monokok,


itu sih cepat rontok kaki kaki dan rem,


zaman berlomba ringanin bobot,

ane aja ban serep turunin biar smakin ringan,handling makin yahud,
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1427
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by vanosz »

b0ku wrote: Sun Dec 22, 2024 4:44
hotoriii wrote: Sun Dec 22, 2024 4:28 kemarin2 waktu ngobrol ngalor ngidul untuk mengusir kebosanan dengan rekan kerja yg jauh lebih tua, dibilang
dirimu kalau mau ambil EV karena lebih murah secara operasional, dipertimbangkan jg lifecycle product nya ya
mobil konvensional mu lebih boros bensin dan perawatan dll tp lifecycle product nya bisa jauh lebih panjang (misal 5 vs 20 tahun) tanpa perlu ngakalin ke bengkel atau beli ini itu, sebenarnya gak rugi jg beli yg konvensional
jd kepikiran, sekarang masalahnya running cost nya belum jelas ya lebih murah mana antara EV vs konvensional, kalau kasus pemakaiannya misal 20 tahun gitu
saya baru dapet sigra 2023 sekarang saya jual 135jt km baru 15rb bensin avg 10-11kml tangki kecil sekali isi shell aja full paling 350-400rb beli baru 180jt ud paling mahal kalo buat sekadar kaki asal gelinding ya ngapain beli ev........ :ngacir:

kecuali mau gaya2xan ya ndak tau deh kok nanya saya :big_bored:

apalagi disini kebanyakan saya jual mobil second usia 10thn banyakan di bawah 100rb km kalo cuma segini buat ev sangat amat rugi sekali.........
truk ane 8 taun,kilometer 160 ribuan,bodi bonyok pintu penyok karatan,jok robek,


udah diantri aja klo mau jual,

malah dibilang biarin aja ky orisinil,

palg mau ane rapiin jok rubah hitam GR,klaim asuransi,blink blink ah,

belum tentu ane jual juga,

mobil enak sih,

tenaga masih kuat sensasi pesawat take of,

harian dr diam lgsg ngaspollll loncat loncatin kap mesin,



kencang irit dan hemat,awet
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: Sun Dec 22, 2024 14:42 Itu mobil listrik berat nya selisih hampir 1 ton, misal dibandingkan zenix 1,6 ton vs BYD M6 2,5-2,6 ton.
Tentunya ban, rem dan handling nya ada perbedaan ya?
Nice info.

Pantes, itu aslinya pakai kaki buat mesin bensin kan, yg beratnya paling sekelas wuling cortez.

Diconvert ke EV, cepet kelar itu bushing arm :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by Bibieight »

ctopher7 wrote: Sun Dec 22, 2024 16:40
ilhami wrote: Sun Dec 22, 2024 14:42 Itu mobil listrik berat nya selisih hampir 1 ton, misal dibandingkan zenix 1,6 ton vs BYD M6 2,5-2,6 ton.
Tentunya ban, rem dan handling nya ada perbedaan ya?
kykny 2.5 ton itu gross weight. kalo curb weight di 1.9 ton. nevertheless, 1.9 ton itu hampir setara berat suv ladder frame. pantesan itu kaki kaki pada cepet oblak ya sesuai yang dibilang netizen.

ban dah pastinya lebih cepet abis dr mobil biasa, apalagi yang sekelas ya. handling m6 ngambang sih, mungkin karna suspensi disetting supaya lebih nyaman. kalo rem harusnya di moblis rada awet ya karna ada regen braking, kecuali sering panic braking
Ioniq 5 1.9 ton. Rem awet, sejak nemu teknik one pedal tanpa penumpang mabok dalkot jalan sejauh 20an km sering ndak nginjek rem sama sekali, dah ada feeling dr 100km/h sampe stop ndak injek rem. Ilustrasi : kalo warga jekardah utara jalur Cemput-Gading, jalan jam 5 sore sy bisa ndak injek rem samsek :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: .

Onderstel I5 sejauh ini aman, duluan Rocky anak sy. yg. glodakan, mungkin kerna desain EV murni jd. didesain buat beban berat, terus dia kan RWD, jd. depannya kurang sibuk. PR besar Ioniq 5 memang di handling, terutama shock absorbernya yg kurang nahan, jd travellingnya kebanyakan (kagak mentok ya, cuma kebanyakan travellingnya), kalo tikungan tajam kepala bersedia belok pantat masih mikir2 buat belok, makanya lagi cari tukang pasang coilover yg. bener, kalo mereknya si ada bbrp. alternatif...

Long term user, kalo EV driveability ldbih enak, beda rasa, kalo dah pake EV proper (bukan Air EV ya, ini odong2) udah susah balik ke ICE, di rumah ni I5 pesaingnya G20 padahal.

Bawa ICE ternyata jauh lebih sibuk drpd. bawa EV. Contoh paling gampang, urusan tranny : sadar ndak sadar selama ini kita ngikutin mau-nya tranny, nunggu kapan kick don-kick up, mau ZF8 sekalipun, apalagi CVT, digas sekarang gerak taun depan :big_peace: , urusan rem, lepas gas kalo EV kita bisa nentuin presisi banget mau coasting, regen atau full stop, kalo ICE dibawah sadar kan nungguin itu tranny, bener split second, tp tetep ada waktu. Ibarat teori manajemen : EV itu sopir bisa berpikir strategik, kapan masuk tikungan, kapan nyelip, kapan ngerim, kalo ICE masih taktikal ama mobilnya dulu baru mikir strategik. Makanya penasaran sy ama MG4, kalo handling bener deket bimmer si kalo bekas dah dibawah 300 sy uber....

Kalo fasilitas charger, percayalah fasilitas di Wakandah tercyintah ini juauh lebih baik drpd di Oz. Pas libur nataru ini di resta dgn. Ultra Fast Charger dijagain mbak2 SPG, jd. bapack2 pembawa EV kagak berkelahi. Kalo bawa ibu2 enak, I5 dr. 20% ke 80% pake DC200 cuma 15 menit, jd. antri 15 mnt. + cas 15 mnt. cukup buat antri toilet wanita. Lagian sejauh ini profil supir EV kecuali gaptek doang, rata2 masih bener, kagak kayak profil bapack2 duo cumi gajah pencari validasi.... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by fansdiesel »

ctopher7 wrote: Sun Dec 22, 2024 13:07
fansdiesel wrote: Sun Dec 22, 2024 8:38 Pajak tahunan mobil bensin 10 tahun bisa beli batere ev
fortuner 10 tahun pajak 80jt, w205 pajak 100jt.Ini kalo ga itung depresiasi ya. mungkin kebeli batre, batre guling air ev :big_biglaugh:

lagian sesuai kata kata om bibieight, punya mobil listrik mahal di insurance yang cover batre. harganya ya ujung ujungnya setara pajak mobil ice jg :big_chicken:

harga gantol ya anggep aja setara harga ban ev yang lebih cepet botak pasti karna berat dan torsi instan

terus harga bahan bakar, kalo yang pake solar busuk sama kyk saya buset sebulan gasampe cetiau uda bisa jalan 1000km lebih. lagian fixed cost di awal mau tarik tarik kabel pln juga kudu bayar 10-15 jt saya tanya temen temen yang dah pasang wall charger di rumahnya

honestly blom menarik samsek sih skarang, kecuali mg4 harganya 200jt kecil :big_love:
batere kan makin lama makin murah, 10 tahun lagi mungkin dapet batere kelas ioniq :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by b0ku »

fansdiesel wrote: Mon Dec 23, 2024 2:16

batere kan makin lama makin murah, 10 tahun lagi mungkin dapet batere kelas ioniq :big_biglaugh: :big_biglaugh:
sekarang itu masih hasil subsisidi sama ngotorin lingkungan :big_bored:
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by Ibet »

ilhami wrote: Sun Dec 22, 2024 14:42 Itu mobil listrik berat nya selisih hampir 1 ton, misal dibandingkan zenix 1,6 ton vs BYD M6 2,5-2,6 ton.
Tentunya ban, rem dan handling nya ada perbedaan ya?
ini orang yg ga aware deh, wuling air ev aja 1.1-1.2 ton
udah kebayang kan undercarriage kaya apa tipisnya
bannya ukuran 145/70 R12
gimana ga cepet abis itu ban haha

ini suzuki xl7 aja beratnya 1.1-1.2 ton
bisa bawa 7 penumpang
bannya ukuran 195/60 R17

==========

jangan lupa itu BYD M6 dari kemaren november rame shock rusak,
kastemer balik ke dealer, ganti shock baru, ga lama rusak lagi
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3027
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by KielConstantine »

ctopher7 wrote: Tue Dec 03, 2024 22:55
KielConstantine wrote: Tue Dec 03, 2024 13:37
ctopher7 wrote: Tue Dec 03, 2024 11:39 ngeri biyadi. dah jadi raja ev dimana mana

Pengen cobain pelihara BYD Seal .. tapi yg type dm-i plug in. Keknya lebih bener buat wara wiri di indo, tinggal isi bensin aja bisa jalan 1000 kilometer

Atau paling banter Civic hybrid e:hev yg ntah kapan dijual sama HPM :big_bored:
kalo dipikir pikir sedan hybrid yang dijual di indo dikit banget ya. cmn kepikir altis, camry sama lexus es. smuanya punya toyota dan spertinya lebih passanger oriented. ada sih yang mantep sedan hybrid, panamera tapi lompatnya kejauhan spertinya :big_biglaugh:

IMG_4458.png
(ss dulu siapa tau kejatuhan durian runtuh :mky_02:)
Ahahahaha

Iya nih om. Makanya kemaren lumayan ajaib sedan EV (byd seal) bisa penjualan gede bener tembus 1000+ / bulan
Skarang udah normal sih jd 300an unit / bulan


Tapi liat taon depan lah. Keknya makin parah harga mobil baru gegara ppn naek dicombo rupiah melemah :mky_07:

Ujung2nya palingan pelihara eropa seken lg buat irit2 an daily drive . Bmw 520d dah tuh paten abis
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by ctopher7 »

fansdiesel wrote: Mon Dec 23, 2024 2:16
ctopher7 wrote: Sun Dec 22, 2024 13:07
fansdiesel wrote: Sun Dec 22, 2024 8:38 Pajak tahunan mobil bensin 10 tahun bisa beli batere ev
fortuner 10 tahun pajak 80jt, w205 pajak 100jt.Ini kalo ga itung depresiasi ya. mungkin kebeli batre, batre guling air ev :big_biglaugh:

lagian sesuai kata kata om bibieight, punya mobil listrik mahal di insurance yang cover batre. harganya ya ujung ujungnya setara pajak mobil ice jg :big_chicken:

harga gantol ya anggep aja setara harga ban ev yang lebih cepet botak pasti karna berat dan torsi instan

terus harga bahan bakar, kalo yang pake solar busuk sama kyk saya buset sebulan gasampe cetiau uda bisa jalan 1000km lebih. lagian fixed cost di awal mau tarik tarik kabel pln juga kudu bayar 10-15 jt saya tanya temen temen yang dah pasang wall charger di rumahnya

honestly blom menarik samsek sih skarang, kecuali mg4 harganya 200jt kecil :big_love:
batere kan makin lama makin murah, 10 tahun lagi mungkin dapet batere kelas ioniq :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ya kemungkinan ini ada, tapi batre mobil hybrid macem kemri dah dari 10 tahun lalu, harga nya masih puluhan juta belom jadi belasan juta aja
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by fansdiesel »

ctopher7 wrote: Mon Dec 23, 2024 4:26
fansdiesel wrote: Mon Dec 23, 2024 2:16
ctopher7 wrote: Sun Dec 22, 2024 13:07

fortuner 10 tahun pajak 80jt, w205 pajak 100jt.Ini kalo ga itung depresiasi ya. mungkin kebeli batre, batre guling air ev :big_biglaugh:

lagian sesuai kata kata om bibieight, punya mobil listrik mahal di insurance yang cover batre. harganya ya ujung ujungnya setara pajak mobil ice jg :big_chicken:

harga gantol ya anggep aja setara harga ban ev yang lebih cepet botak pasti karna berat dan torsi instan

terus harga bahan bakar, kalo yang pake solar busuk sama kyk saya buset sebulan gasampe cetiau uda bisa jalan 1000km lebih. lagian fixed cost di awal mau tarik tarik kabel pln juga kudu bayar 10-15 jt saya tanya temen temen yang dah pasang wall charger di rumahnya

honestly blom menarik samsek sih skarang, kecuali mg4 harganya 200jt kecil :big_love:
batere kan makin lama makin murah, 10 tahun lagi mungkin dapet batere kelas ioniq :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ya kemungkinan ini ada, tapi batre mobil hybrid macem kemri dah dari 10 tahun lalu, harga nya masih puluhan juta belom jadi belasan juta aja
pajak fortuner GR 2.8 aja uda 13 juta yak blom progresif :big_biglaugh: :big_biglaugh: , masa 10 tahun lagi 130 juta gak dapet batere sekelas bingguo atau mg4 :big_smoking: :big_smoking:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by lemonadelovers »

harga jual EV murah krna insentif tax
operating cost murah tp mesti ada biaya beli batre

win2 mobil hybrid spek mesin DM-I mesinnya isi BBG hehe
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by Suryaputra »

fansdiesel wrote: Fri Dec 27, 2024 19:06
ctopher7 wrote: Mon Dec 23, 2024 4:26
fansdiesel wrote: Mon Dec 23, 2024 2:16

batere kan makin lama makin murah, 10 tahun lagi mungkin dapet batere kelas ioniq :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ya kemungkinan ini ada, tapi batre mobil hybrid macem kemri dah dari 10 tahun lalu, harga nya masih puluhan juta belom jadi belasan juta aja
pajak fortuner GR 2.8 aja uda 13 juta yak blom progresif :big_biglaugh: :big_biglaugh: , masa 10 tahun lagi 130 juta gak dapet batere sekelas bingguo atau mg4 :big_smoking: :big_smoking:
Pertanyaannya, nanti msh disubsidi? :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Fri Dec 27, 2024 23:34
Pertanyaannya, nanti msh disubsidi? :big_biglaugh:
malah lebih buruk lagi masih di produksi ????? :ngacir:

hp aja batrenya bisa stop produksi padahal barang murah gimane batre mobil sama casing2xnya :big_dunno:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by b0ku »

fansdiesel wrote: Fri Dec 27, 2024 19:06
pajak fortuner GR 2.8 aja uda 13 juta yak blom progresif :big_biglaugh: :big_biglaugh: , masa 10 tahun lagi 130 juta gak dapet batere sekelas bingguo atau mg4 :big_smoking: :big_smoking:
batre kemry aja dari 40jt jadi 60jt ini juga cocotnya sama bakalan makin murah bla bla bla bla 10thn kemudian :glodak:

jgn sampe saya keluarin list sakti jualan camry hybrid saya aja karena tiap jual sellernya selalu bacot ganti batre abis berapa duit jd keliatan tuh naek harganya terakhirnya si ud di 60jtan sama ongkos 70jt :wkkk:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by b0ku »



another fail by hybrid cuma bikin kabin sempit mobil juga gak enak karena mesinnya CC kecil batrenya pun gak nolong :mky_07:

akhirnya mendingan beli LEXCUS V6 TURBO non hybrid dengan chasis sama.............. :wkkk:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Tentang mobil listrik (EV cars)

Post by Bibieight »

b0ku wrote: Sat Dec 28, 2024 0:29
malah lebih buruk lagi masih di produksi ????? :ngacir:

hp aja batrenya bisa stop produksi padahal barang murah gimane batre mobil sama casing2xnya :big_dunno:
Yg saya kuatir bukan batere ama casing-nya oom, yg. kuatir itu arsitektur BMS-nya. Contoh : Ioniq 5, pake arsitektur daisy chain. Tiap2 modul ada sensor volt ama amper yg baca masing2 cell (6S2P), jd. modul kirim bacaan 6 cell. Data dikirim ke cell monitoring unit (salah satu kerjaan jd. kontroller cutoff-nya), kirim lagi ke BMS (ini otaknya, semua algoritma kumpul disini). Terus selain data batere, ada sensor termistor kirim suhu langsung ke BMS.
Naah, kalo sensor di modul las mati di modul, kayaknya bisa bikin ndiri, wong tugasnya cuma baca volt ama amper masih bisa, ndak ada koding standar. Yg runyam itu yg CMU ama BMS, codingan diflash kesini.
Kira2 ada gak sih yg bisa donlot koding di chip flash terus upload ke tempat lain ?, kalo bisa si bisa reverse engineer, wong tukang custom PCB aja ada : https://www.pcbway.com/project/sponsor/?country=91

Kalo cungkuo-an (kecuali AirEV) kayaknya sentral batere langsung ke BMS, mangkanya arsitekturnya rata2 1P, jalur kabel ama sensor jadi satu sepanjang battery pack.