ctopher7 wrote: Sun Dec 22, 2024 16:40
ilhami wrote: Sun Dec 22, 2024 14:42
Itu mobil listrik berat nya selisih hampir 1 ton, misal dibandingkan zenix 1,6 ton vs BYD M6 2,5-2,6 ton.
Tentunya ban, rem dan handling nya ada perbedaan ya?
kykny 2.5 ton itu gross weight. kalo curb weight di 1.9 ton. nevertheless, 1.9 ton itu hampir setara berat suv ladder frame. pantesan itu kaki kaki pada cepet oblak ya sesuai yang dibilang netizen.
ban dah pastinya lebih cepet abis dr mobil biasa, apalagi yang sekelas ya. handling m6 ngambang sih, mungkin karna suspensi disetting supaya lebih nyaman. kalo rem harusnya di moblis rada awet ya karna ada regen braking, kecuali sering panic braking
Ioniq 5 1.9 ton. Rem awet, sejak nemu teknik one pedal tanpa penumpang mabok dalkot jalan sejauh 20an km sering ndak nginjek rem sama sekali, dah ada feeling dr 100km/h sampe stop ndak injek rem. Ilustrasi : kalo warga jekardah utara jalur Cemput-Gading, jalan jam 5 sore sy bisa ndak injek rem samsek

.
Onderstel I5 sejauh ini aman, duluan Rocky anak sy. yg. glodakan, mungkin kerna desain EV murni jd. didesain buat beban berat, terus dia kan RWD, jd. depannya
kurang sibuk. PR besar Ioniq 5 memang di handling, terutama shock absorbernya yg kurang nahan, jd travellingnya kebanyakan (kagak mentok ya, cuma kebanyakan travellingnya), kalo tikungan tajam kepala bersedia belok pantat masih mikir2 buat belok, makanya lagi cari tukang pasang coilover yg. bener, kalo mereknya si ada bbrp. alternatif...
Long term user, kalo EV driveability ldbih enak, beda rasa, kalo dah pake EV proper (bukan Air EV ya, ini odong2) udah susah balik ke ICE, di rumah ni I5 pesaingnya G20 padahal.
Bawa ICE ternyata jauh lebih
sibuk drpd. bawa EV. Contoh paling gampang, urusan tranny : sadar ndak sadar selama ini kita ngikutin mau-nya tranny, nunggu kapan kick don-kick up, mau ZF8 sekalipun, apalagi CVT, digas sekarang gerak taun depan

, urusan rem, lepas gas kalo EV kita bisa nentuin presisi banget mau coasting, regen atau full stop, kalo ICE dibawah sadar kan nungguin itu tranny, bener split second, tp tetep ada waktu. Ibarat teori manajemen : EV itu sopir bisa berpikir strategik, kapan masuk tikungan, kapan nyelip, kapan ngerim, kalo ICE masih taktikal ama mobilnya dulu baru mikir strategik. Makanya penasaran sy ama MG4, kalo handling bener deket bimmer si kalo bekas dah dibawah 300 sy uber....
Kalo fasilitas charger, percayalah fasilitas di Wakandah tercyintah ini juauh lebih baik drpd di Oz. Pas libur nataru ini di resta dgn. Ultra Fast Charger dijagain mbak2 SPG, jd. bapack2 pembawa EV kagak berkelahi. Kalo bawa ibu2 enak, I5 dr. 20% ke 80% pake DC200 cuma 15 menit, jd. antri 15 mnt. + cas 15 mnt. cukup buat antri toilet wanita. Lagian sejauh ini profil supir EV kecuali gaptek doang, rata2 masih bener, kagak kayak profil bapack2 duo cumi gajah pencari validasi....
