yep, dan kalau saya perhatikan rata2 Asian itu bener2 antik. India, Malaysia, Indonesia, Thailand, Phillipines, semuanya beda total. tapi menurut saya paling antik ya itu tetep Indonesia. bukan cuma geografis (India dan ASEAN ga beda2 amatlah ancurnya dan topografinya), contoh lain: apapun mesti 7 seater. bajaj kalau ada 7 seater juga laku.ChZ wrote: Wed Oct 23, 2019 5:34
yah setiap market emang unik oom ga cm di +62 heheheh. india jg unik brio dikasih pantat aja laku pdhl bentuknya bikin mata ane tiba-tiba minus![]()

ya zaman itu jargon Ahond masih belum sampe tahap: salam satu sunatan.Freed sempat booming, tp selera marketnya ga kesitu (dianggep ground clearance nya pendek lah, orang INA tinggal di kota aja berasa tinggal di hutan mesti pake SUV lederprem) dan sialnya cost produksi MPV sliding door elektrik ga bisa murah macem panjah, harga mepet Innova yang dianggep "kelas atasnya".
Pdhl Freed IMHO fiturnya dulu sangat-sangat bagus dibanding Innova base trim, practicality juga oke. Jaman itu Innova G aja blom ada ABSFreed all type sudah ABS.
Orang product planning HPM sama TAM ketuker kayaknya waktu mikirin jual Mobilio dan SientaHPM udah sadar jualan mobil gini ga laku makanya gak dilanjutin, TAM malah coba-coba
Innova dan Avanza memang dari product planning saja sudah mateng di sini sih... gak heran skrg expandir pun mulai tumbang.

soal Sienta bisa jadi TAM kelewat pede? ga ada Freed otomatis sendirian, juga karena merasa udah waktunya MPV mini sliding door masuk ASEAN. makanya Thailand, Indonesia, Malaysia masuk bareng di tahun yang sama. Terus program salam satu mesin juga bikin tambah napsu, untuk maksimalin engine plant. eh malah flop di Indo dan Malay. karena ternyata Malay ga doyan mobil kaya gini, disono org2 malah mendingan sekalian big mpv atau hatchback daripada mobil tanggung gitu, karena kayanya budaya guyub disono ga seheboh Indo. Thailand doang yang bisa agak lumayan, ya market Thai di ASEAN memangnya kaya paling mature, segala merek komplit tempur disono.