Mobil buat antar jemput anak

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Wed Oct 23, 2019 5:34
yah setiap market emang unik oom ga cm di +62 heheheh. india jg unik brio dikasih pantat aja laku pdhl bentuknya bikin mata ane tiba-tiba minus :mky_01:
yep, dan kalau saya perhatikan rata2 Asian itu bener2 antik. India, Malaysia, Indonesia, Thailand, Phillipines, semuanya beda total. tapi menurut saya paling antik ya itu tetep Indonesia. bukan cuma geografis (India dan ASEAN ga beda2 amatlah ancurnya dan topografinya), contoh lain: apapun mesti 7 seater. bajaj kalau ada 7 seater juga laku. :mky_01: padahal bisa jadi kalau ada yang survey 80-90% paling banyak diisi 2 orang dari total usage life.
Freed sempat booming, tp selera marketnya ga kesitu (dianggep ground clearance nya pendek lah, orang INA tinggal di kota aja berasa tinggal di hutan mesti pake SUV lederprem) dan sialnya cost produksi MPV sliding door elektrik ga bisa murah macem panjah, harga mepet Innova yang dianggep "kelas atasnya".

Pdhl Freed IMHO fiturnya dulu sangat-sangat bagus dibanding Innova base trim, practicality juga oke. Jaman itu Innova G aja blom ada ABS :mky_01: Freed all type sudah ABS.

Orang product planning HPM sama TAM ketuker kayaknya waktu mikirin jual Mobilio dan Sienta :big_slap: HPM udah sadar jualan mobil gini ga laku makanya gak dilanjutin, TAM malah coba-coba :big_slap:

Innova dan Avanza memang dari product planning saja sudah mateng di sini sih... gak heran skrg expandir pun mulai tumbang.
ya zaman itu jargon Ahond masih belum sampe tahap: salam satu sunatan. :mky_06:

soal Sienta bisa jadi TAM kelewat pede? ga ada Freed otomatis sendirian, juga karena merasa udah waktunya MPV mini sliding door masuk ASEAN. makanya Thailand, Indonesia, Malaysia masuk bareng di tahun yang sama. Terus program salam satu mesin juga bikin tambah napsu, untuk maksimalin engine plant. eh malah flop di Indo dan Malay. karena ternyata Malay ga doyan mobil kaya gini, disono org2 malah mendingan sekalian big mpv atau hatchback daripada mobil tanggung gitu, karena kayanya budaya guyub disono ga seheboh Indo. Thailand doang yang bisa agak lumayan, ya market Thai di ASEAN memangnya kaya paling mature, segala merek komplit tempur disono.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Wed Oct 23, 2019 7:02
yep, dan kalau saya perhatikan rata2 Asian itu bener2 antik. India, Malaysia, Indonesia, Thailand, Phillipines, semuanya beda total. tapi menurut saya paling antik ya itu tetep Indonesia. bukan cuma geografis (India dan ASEAN ga beda2 amatlah ancurnya dan topografinya), contoh lain: apapun mesti 7 seater. bajaj kalau ada 7 seater juga laku. :mky_01: padahal bisa jadi kalau ada yang survey 80-90% paling banyak diisi 2 orang dari total usage life.


ya zaman itu jargon Ahond masih belum sampe tahap: salam satu sunatan. :mky_06:

soal Sienta bisa jadi TAM kelewat pede? ga ada Freed otomatis sendirian, juga karena merasa udah waktunya MPV mini sliding door masuk ASEAN. makanya Thailand, Indonesia, Malaysia masuk bareng di tahun yang sama. Terus program salam satu mesin juga bikin tambah napsu, untuk maksimalin engine plant. eh malah flop di Indo dan Malay. karena ternyata Malay ga doyan mobil kaya gini, disono org2 malah mendingan sekalian big mpv atau hatchback daripada mobil tanggung gitu, karena kayanya budaya guyub disono ga seheboh Indo. Thailand doang yang bisa agak lumayan, ya market Thai di ASEAN memangnya kaya paling mature, segala merek komplit tempur disono.
kayak disini, apapun yang terjadi harus 7 seater dan ground clearance tinggi. buset padahal rute rumah kantor rumah kantor jalan 100% aspal :mky_06:

dulu sunatannya si malah lebih parah, Mprit first batch ga ada dobel blower, ACnya kompor sampe dibully netizen. Inget dulu Freed tiap taun selalu facelift. 2010 nambah AC digital, 2011 ganti grill, 2012 nambah dobel blower, 2013 ganti grill, klo dibandingin ahond jaman skrg, jauh lebih royal yang skrg. Klo ngomong sunat kualiti kayaknya sama aja, prit temen ane 2011 odo 70k plafonnya kayak mau runtuh, kriyat kriyet semua kalo jalan. GE ane dl plastik bawah setir bisa copot odo 10k pake setaun.

Dulu inget beberapa mobil ahond tipe tertinggi pun foglampnya dijual terpisah... GE RS, Freed, bahkan City GM2 yang harganya waktu itu udah deket 300-an. :mky_05: yah biarpun itungannya masih terdepan soal keamanan, spt itu contohnya innova G blom ada ABSnya, prit all type (sampe tipe terndah yang Alpha) udah ada ABS.

bisa jd juga kelewat pede krn sampe CKD, mungkin niatnya diversifikasi produk macem Voxy - Venturer, ada MPV kotak buat yang mau kenyamanan, ada yang agak tinggi macem innova buat utilitas. Avanza-Sienta mungkin niat awalnya begitu, tp yah terlalu optimisnya sampe CKD segala. Maklum sejak ga ada oom JD direksi TAM kan isinya orang dai nippon, banyak bikin marketing blunder.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16678
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by ChZ »

Clonz wrote: Tue Oct 22, 2019 7:34 Jadi intinya om2 sini menganjurkan antara ertiga atau sienta kalau di kasus ane ?

Dengan segala kebutuhan ane?
Dan kira2 solusi dari PR yg menghantui apa ya kalau ambil salah satu itu om.
Ertiga saja.

Kelangsungan hidup produknya lebih terjamin krn laris. Artinya mau pake sampe 10 taun partsnya terjamin berlimpah.

robust feel nya juga lebih dapet di ertiga. Sienta lebih terkesan mobil alusan dibanding ertiga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by IGedeAmat »

kunaskun wrote: Wed Oct 23, 2019 7:02
[...]
contoh lain: apapun mesti 7 seater. bajaj kalau ada 7 seater juga laku. :mky_01: padahal bisa jadi kalau ada yang survey 80-90% paling banyak diisi 2 orang dari total usage life.
[...]
ChZ wrote: Wed Oct 23, 2019 8:40

kayak disini, apapun yang terjadi harus 7 seater dan ground clearance tinggi. buset padahal rute rumah kantor rumah kantor jalan 100% aspal :mky_06:
yah, pada pake prinsip
"mending ada gak kepake dari pada mau dipake malah gak ada.. "
:mky_01:
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by piraku »

IGedeAmat wrote:
kunaskun wrote: Wed Oct 23, 2019 7:02
[...]
contoh lain: apapun mesti 7 seater. bajaj kalau ada 7 seater juga laku. :mky_01: padahal bisa jadi kalau ada yang survey 80-90% paling banyak diisi 2 orang dari total usage life.
[...]
ChZ wrote: Wed Oct 23, 2019 8:40

kayak disini, apapun yang terjadi harus 7 seater dan ground clearance tinggi. buset padahal rute rumah kantor rumah kantor jalan 100% aspal :mky_06:
yah, pada pake prinsip
"mending ada gak kepake dari pada mau dipake malah gak ada.. "
:mky_01:
Sama satu lagi:
Punya 1 mobil yg bisa diajak kemana mana entah jalan jalan ke wisata alam atau mudik ke pelosok. Gausah jauh jauh deh, di daerah kab. Bandung aja masih banyak tempat wisata yg treknya butuh mobil GC tinggi. Mau org jakarta sekalipun yg 80% aktifitas mobilnya di perkotaan kalau seneng explore wisata di bandung pasti bakal kepikiran buat waspada terhadap medan.

Kecuali punya mobil >1 bebas mau pilih apa aja selama ada satu bisa diajak 'perang'
nylekamin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Sat Jul 01, 2017 15:23

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by nylekamin »

Ertiga lama aja..
Saya pake Jkt-Medan lewatin Jalur tengah dan timur pp no problemo..ground clearance buat jalanan rata2 Indonesia mah lewatlah..kenyamanan lumayan, dibawah Innova tp diatas Avanza..konsumsi bbm bisa 1:14..dan surprisingly enak diajak selap selip kota..setir ringan, tenaga cukupan..Nanjak jgn khawatir..
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Wed Oct 23, 2019 8:40 kayak disini, apapun yang terjadi harus 7 seater dan ground clearance tinggi. buset padahal rute rumah kantor rumah kantor jalan 100% aspal :mky_06:
salah satu alasan lain: biar bisa jalan2 ke gunung sama anak, kali2 aja jalan rusak, atau pas mudik ke luar jawa = lah emang mau masuk gunung mana ya? mentok objek wisata [emo-yesno] yang sebenernya mau seberapa jelek? lah logisnya Mio aja bisa lewat, apalagi zaman sekarang, jalanan sudah mulus2 terutama obyek wisata baru yang dikelola desa/kabupaten. kecuali nyarinya extra power buat nanjak = more engine power = bigger engine = takut bensin boros = perang FWD dan RWD, RWD lebih kuat nanjak. [emo-yesno]
dulu sunatannya si malah lebih parah, Mprit first batch ga ada dobel blower, ACnya kompor sampe dibully netizen. Inget dulu Freed tiap taun selalu facelift. 2010 nambah AC digital, 2011 ganti grill, 2012 nambah dobel blower, 2013 ganti grill, klo dibandingin ahond jaman skrg, jauh lebih royal yang skrg. Klo ngomong sunat kualiti kayaknya sama aja, prit temen ane 2011 odo 70k plafonnya kayak mau runtuh, kriyat kriyet semua kalo jalan. GE ane dl plastik bawah setir bisa copot odo 10k pake setaun.

Dulu inget beberapa mobil ahond tipe tertinggi pun foglampnya dijual terpisah... GE RS, Freed, bahkan City GM2 yang harganya waktu itu udah deket 300-an. :mky_05: yah biarpun itungannya masih terdepan soal keamanan, spt itu contohnya innova G blom ada ABSnya, prit all type (sampe tipe terndah yang Alpha) udah ada ABS.
oh ya, freed generasi pertama banget ya, jadi mirip lowest trim Freed Jepang. the infamous rinnai AC control.

ah ternyata issue built quality memang sudah sejak lama ya.

soal foglamp, alesan ahond waktu itu: indonesia belum butuh foglamp atau semacamnya kalau tidak salah ingat.
bisa jd juga kelewat pede krn sampe CKD, mungkin niatnya diversifikasi produk macem Voxy - Venturer, ada MPV kotak buat yang mau kenyamanan, ada yang agak tinggi macem innova buat utilitas. Avanza-Sienta mungkin niat awalnya begitu, tp yah terlalu optimisnya sampe CKD segala. Maklum sejak ga ada oom JD direksi TAM kan isinya orang dai nippon, banyak bikin marketing blunder.
nah iya, mungkin juga isi celah pasar MPV, antara 250-300an, pas antara veloz dengan innova G, juga sekalian untuk jegal xpander, eh flop juga. ya itulah indo, bahkan daitoyo juga bisa flop.

seinget saya, dulu ada kenalan cerita soal TMMIN selaku pabrik = perpanjangan tangan dari TMC + TAM = distributor + pemegang merek yoyota, sebetulnya mau bikin bajaj label yoyota juga boleh, tapi in the end, tetep harus di acc TMC, bahkan percaya atau ga, jangankan general design, tapi baut pun mesti di acc TMC. jadi mereka launching produk, di saat bersamaan sudah siapkan Facelift plan, jadi tinggal lanjut terus saja, karena namanya acc nyeberang laut dulu jadi butuh waktu.

Jadi mestinya ga ada mr Kumis pun sebenernya ga ngaruh banget, karena Mr Kumis kasarnya hanya kaya perwakilan TMC di indo saja, karena kontrol utama ada di TMC. cerita kenalan saya ini sudah lama sekali. ketika daitoyo masih zaman kegelapan dengan pelit fitur. soal marketing blunder juga jadi keingat cerita "politik" gimana ketendangnya Bapaknya Avanza di Indo. https://oto.detik.com/berita/d-3421982/ ... -indonesia. gossipnya dan logis si: setelaah avanza, banyak failed product = bikin rugi.

juga jadi teringat soal avanza 2012 itu sudah beberapa tahun sebelumnya ada kalau ga salah sejak 4/5 tahun sebelumnya, atau cerita kenapa ANKI itu 11 tahun baru nongol penggantinya dan jadi ga ada rasa "kijang", karena "perang" 3 main region: Japan + ASEAN + Australia, Australia jelas jatahnya hilux, sisanya ASEAN, dan semua mesti di acc TMC. TMC = godfather of Autos.
IGedeAmat wrote: Wed Oct 23, 2019 9:04 yah, pada pake prinsip
"mending ada gak kepake dari pada mau dipake malah gak ada.. "
:mky_01:
so true :mky_07:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: Thu Oct 24, 2019 3:58
ChZ wrote: Wed Oct 23, 2019 8:40 kayak disini, apapun yang terjadi harus 7 seater dan ground clearance tinggi. buset padahal rute rumah kantor rumah kantor jalan 100% aspal :mky_06:
salah satu alasan lain: biar bisa jalan2 ke gunung sama anak, kali2 aja jalan rusak, atau pas mudik ke luar jawa = lah emang mau masuk gunung mana ya? mentok objek wisata [emo-yesno]
Kalo menurut saya sih alasan yg rasional itu lebih ke arah antisipasi sih. Karena pada prinsipnya emang mobil diciptakan untuk memudahkan hidup, bukan menyulitkan.

Contoh kayak temen saya secara kebutuhan sih harusnya hatchback cukup karena cuma sendirian juga dan dipake nya jg mall to mall aja dan ngga ada jalan rusak/banjir. Cuma tetep dia pilihnya LSUV, alasannya ya dia bilang siapa tau suatu saat butuh nerjang banjir, atau angkut2 jd lebih fleksibel.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: Thu Oct 24, 2019 4:18 Kalo menurut saya sih alasan yg rasional itu lebih ke arah antisipasi sih. Karena pada prinsipnya emang mobil diciptakan untuk memudahkan hidup, bukan menyulitkan.

Contoh kayak temen saya secara kebutuhan sih harusnya hatchback cukup karena cuma sendirian juga dan dipake nya jg mall to mall aja dan ngga ada jalan rusak/banjir. Cuma tetep dia pilihnya LSUV, alasannya ya dia bilang siapa tau suatu saat butuh nerjang banjir, atau angkut2 jd lebih fleksibel.
iya, persiapan sebelum kejadian. tapi ya pengalaman saya sebelumnya: ga lagi2 d terabas banjir. angkut2 barang juga, karena jarang banget, mendingan cari taxol saja, buat saya lebih repot cari parkiran mobil karena saya di daerah. tapi ini kan saya dengan pengalaman dan kebutuhan berbeda2 tentunya.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by Clonz »

Salam om2 sekalian, maaf membangkitkan lahi thread lama yg udah terkubur.
Seiring berjalannya waktu sambil melihat2 pilihan mobil skrg yg beredar di indonesia, saya ingin bertanya lagi, jika opsinya adalah all new suzuki ertiga sport dan wuliz cortez CT CVT 1.5L. Lebih worthed yang mana ya?

Faktor yg dipertimbangkan masih tetap sama:
1. Kenyamanan dan durability
2. Keiritan
3. Space yg lega dan bagasi yg lega jg tentunya
4. Resale value
5. Worhted ambil 2ndnya atau unit baru aja?

*tambahan pertanyaan: untuk kedua mobil itu head unitnya apakah bisa diganti? Saya merasa HU nya audionya ajubileh bikin pusing.
*sempat kepikiran masukin cortez karena captain seatnya yg kayaknya enak dan cozy lapang banget dan anak suka jalan dr depan ke kursi belakang di mobil itu haha. Cuman kepikiran durability mesin serta keiritannya.

Mgkn om2 ada yg udah pernah pake keduanya mohon sharingnya om

[emoji120][emoji120][emoji120][emoji120] terima kasih sebelumnya
FU27
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 739
Joined: Wed May 03, 2017 9:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Karimun Wagon R

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by FU27 »

Clonz wrote: Tue Dec 17, 2019 2:38 Salam om2 sekalian, maaf membangkitkan lahi thread lama yg udah terkubur.
Seiring berjalannya waktu sambil melihat2 pilihan mobil skrg yg beredar di indonesia, saya ingin bertanya lagi, jika opsinya adalah all new suzuki ertiga sport dan wuliz cortez CT CVT 1.5L. Lebih worthed yang mana ya?

Faktor yg dipertimbangkan masih tetap sama:
1. Kenyamanan dan durability
2. Keiritan
3. Space yg lega dan bagasi yg lega jg tentunya
4. Resale value
5. Worhted ambil 2ndnya atau unit baru aja?

*tambahan pertanyaan: untuk kedua mobil itu head unitnya apakah bisa diganti? Saya merasa HU nya audionya ajubileh bikin pusing.
*sempat kepikiran masukin cortez karena captain seatnya yg kayaknya enak dan cozy lapang banget dan anak suka jalan dr depan ke kursi belakang di mobil itu haha. Cuman kepikiran durability mesin serta keiritannya.

Mgkn om2 ada yg udah pernah pake keduanya mohon sharingnya om

[emoji120][emoji120][emoji120][emoji120] terima kasih sebelumnya
Klo keiritan dan resale value masuk faktor penting, merem lah pilih All New Ertiga SS
mbingtampan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Mon Jun 24, 2019 1:23
Location: Depok
Daily Vehicle: Innova Avanza

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by mbingtampan »

FU27 wrote:
Clonz wrote: Tue Dec 17, 2019 2:38 Salam om2 sekalian, maaf membangkitkan lahi thread lama yg udah terkubur.
Seiring berjalannya waktu sambil melihat2 pilihan mobil skrg yg beredar di indonesia, saya ingin bertanya lagi, jika opsinya adalah all new suzuki ertiga sport dan wuliz cortez CT CVT 1.5L. Lebih worthed yang mana ya?

Faktor yg dipertimbangkan masih tetap sama:
1. Kenyamanan dan durability
2. Keiritan
3. Space yg lega dan bagasi yg lega jg tentunya
4. Resale value
5. Worhted ambil 2ndnya atau unit baru aja?

*tambahan pertanyaan: untuk kedua mobil itu head unitnya apakah bisa diganti? Saya merasa HU nya audionya ajubileh bikin pusing.
*sempat kepikiran masukin cortez karena captain seatnya yg kayaknya enak dan cozy lapang banget dan anak suka jalan dr depan ke kursi belakang di mobil itu haha. Cuman kepikiran durability mesin serta keiritannya.

Mgkn om2 ada yg udah pernah pake keduanya mohon sharingnya om

[emoji120][emoji120][emoji120][emoji120] terima kasih sebelumnya
Klo keiritan dan resale value masuk faktor penting, merem lah pilih All New Ertiga SS
Setujuu..

Btw untuk head unit bisa kok diganti..
tonylomena
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Fri Aug 09, 2019 6:02
Daily Vehicle: Sirion 1NR VE - HRV L15ZF

Re: Mobil buat antar jemput anak

Post by tonylomena »

Skalian mau nanya om, all new ertiga versi diesel masih dijual gak ya? Reliable gak mesinnya, kalo dibanding sm tucson diesel tahun 2015 an ?